Dark Web: Apa Artinya dan Apa yang Bisa Anda Temukan Di Sana?

Diamond Dark Web icon on a computer code background
Klik di sini untuk melihat rangkuman artikel ini
Dark Web secara singkat + tips keamanan

Jika kami melihat internet layaknya samudra yang luas, Dark Web adalah bagian dasarnya. Hal ini merupakan bagian “tersembunyi” yang tidak bisa Anda akses menggunakan browser normal seperti Google Chrome. Sebalinya, Anda perlu menggunakan browser Tor yang anonim.

Ada sedikit mitos bahwa Anda hanya bisa menemukan toko web ilegal dan konten grafik mengejutkan seperti pornografi anak di Dark Web. Untungnya, tidak seperti itu nyatanya. Ya, hal-hal tersebut ada di sana, tapi adapun forum untuk jurnalis investigatif sampai dengan halaman tentang manga dan anime. Namun, memang benar tentang bahaya di Dark Web, seperti peretas, malware, penipu, dan hal buruk lainnya.

Maka dari itu, kami menyarankan Anda untuk melakukan beberapa upaya keamanan. Untungnya, browser Tor sudah menawarkan anonimitas dan perlindungan. Namun, untuk privasi dan keamanan tambahan, kami juga menyarankan penggunaan VPN. Kami menyarankan NordVPN lebih tepatnya. Berkat enkripsinya yang kuat dan kebijakan no-log mereka, keamanan dan privasi Anda semakin meningkat di Dark Web.

Penggunaan VPN bersama dengan Tor memiliki banyak keuntungan. Tergantung dari pengaturan Anda, Anda mungkin bisa mencegah ISP Anda supaya tidak mengetahui bahwa Anda sedang menggunakan Tor, atau melindungi Anda dari host titik keluar Tor yang bertujuan untuk mengawasi Anda.

Dark web adalah bagian tersembunyi dari dunia internet yang tidak bisa diakses oleh orang menggunakan browser populer seperti Microsoft Edge, Mozilla Firefox, dan Google Chrome. Halaman-halaman dark web tidak akan terindeks oleh mesin pencarian seperti Google. Dalam bahasa lain, Anda perlu sebuah browser spesial
(seperti browser Tor) dan pengetahuan tentang apa yang dicari saat Anda ingin mengunjungi dark web. Sebagian besar pengguna internet tidak akan berada di dark web secara reguler. Hal ini masuk akal karena beberapa bagiannya tidak aman.

Anda mungkin pernah mendengar istilah dark web. Biasanya digambarkan sebagai bagian berbahaya dari internet di mana semua bisnis mencurigakan terjadi, mulai dari penjualan narkoba ilegal sampai penyewaan tukang pukul. Beberapa klaim tersebut benar, tapi dark web berisi lebih dari sebatas aktivitas kriminal. Ini juga tempat aman bagi jurnalis dan whistleblowers untuk membagikan cerita mereka, contohnya. Bahkan masyarakat biasa dari negara-negara dengan rezim diktator yang ketat dapat menggunakannya untuk berkomunikasi secara bebas.

Artikel ini akan memberi semua hal yang perlu Anda ketahui tentang dark web. Kami akan menjelaskan perbedaan antara deep dan dark web, cara terbentuknya, resiko yang ada, dan cara mengaksesnya.

Jika Anda mencari cara yang aman untuk mengunjungi dark web, kami telah mempersiapkan sebuah panduan komprefehensif tahap per tahap untuk browsing dark web secara aman. Pastikan untuk memeriksa semua upaya keamanan kami sebelum mengunjungi dark web. Jika Anda ingin langsung paham semua terminologi dan kata-kata yang berhubungan dengan dark web, kunjungi Kamus Dark Web kami.

Penjelasan Video: Apa itu dark web?

Kami membuat video animasi singkat tentang penjelasan dark web dan alasan mengapa hal tersebut penting. Artikel ini dilanjutkan setelah video di bawah.

Tetap Aman di Dark Web!

Mengakses dark web itu sangat mudah, namun begitu pula kemungkinkan Anda untuk terjerat masalah saat berada di dark web. Maka, penting untuk selalu menjaga keamanan dan privasi online Anda. Kami sangat menyarankan Anda untuk menggunakan VPN yang mengenkripsi dan membuat semua traffic internet Anda menjadi anonim. Selain itu, selalu pastikan bahwa Anda memiliki perangkat lunak anti-virus yang telah diperbaharui di perangkat Anda. Dengan begitu, data Anda akan sulit dicegat, dan aktivitas online atau PC Anda juga sulit untuk diawasi.

VPN akan melindungi Anda saat sedang menelusuri web di permukaan ataupun deep web, namun juga saat Anda ingin browsing di dark web. Dengan VPN, penyedia layanan internet (ISP) Anda, pihak pemerintah dan peretas akan kesulitan untuk mencari tahu aktivitas online Anda.

VPN yang luar biasa untuk the dark web: NordVPN

Sebuah layanan VPN populer untuk digunakan bersama dengan browser Tor, adalah NordVPN. NordVPN adalah penyedia VPN berkualitas bagus yang memungkinkan Anda untuk melindungi beberapa perangkat sekaligus. Layanan ini menawarkan enkripsi yang kuat dan beragam upaya keamanan tamabahan yang dapat Anda pilih. Hal ini membuat NordVPN menjadi penyedia yang bagus untuk digunakan saat Anda sedang berada di dark web. Lebih dari itu, mereka menawarkan pelayanan pelanggan yang bagus dan sangat ramah konsumen. Anda bisa baca semuanya tentang penyedia ini di ulasan lengkap kami tentang NordVPN.

NordVPN
Pilihan kami
Pilihan kami
Penawaran:
Hanya $3,29 per bulan untuk program langganan 2 tahun dengan garansi 30 hari uang kembali
Dari
$3.29
9.3
  • Perlindungan luar biasa dan jaringan server yang besar
  • Aplikasi yang bagus dan menyenangkan
  • Tidak ada log
Kunjungi NordVPN

Catatan: Secara teknis penggunaan browser Tor (dengan VPN untuk keamanan tambahan) bukan satu-satunya cara untuk mengunjungi dark web. Namun, pastinya ini adalah cara yang paling aman. Jaman sekarang, proyek Tor juga menawarkan sebuah layanan yang memungkinkan Anda untuk mengakses halaman dark web tanpa harus mengunduh browser Tor. Proyek ini disebut Tor2web dan bisa digunakan untuk navigasi ke halaman dark web dari browser web standar Anda (seperti Google Chrome). Meskipun begitu, proyek Tor sendiri mengindikasikan bahwa cara ini tidak seaman penggunaan browser Tor untuk mengunjungi dark web. Tanpa Tor, lebih mudah bagi penjahat cyber untuk membongkar identitas Anda dan memasang malware di PC Anda. Maka, kami sangat menyarankan Anda untuk TIDAK menggunakan Tor2web saat ingin mengunjungi dark web!

Mengakses dark web dengan smartphone

Penasaran jika mengakses dark web menggunakan smartphone Anda itu aman atau tidak? Hal ini tergantung dari apa yang Anda lakukan di dark web dan HP apa yang digunakan. Tor mendukung Android, tapi sistem operasinya sangat rentan dan tidak disarankan untuk mengakses dark web menggunakan perangkat Android Anda. Tor tidak mendukung iOS.

Secara umum, smartphone tidak terlalu cocok untuk anonimitas. Semua yang Anda lakukan saat online bisa dilacak. Dengan smartphone, hal ini bahkan lebih mudah karena pelacak GPS yang digunakan oleh banyak aplikasi. Lebih dari itu, HP Anda beresiko diretas dan data pribadi Anda dicuri.

Apa Anda sangat penasaran tentang dark web? Maka paling baik untuk menggunakan komputer dengan keamanan tambahan.

Apa itu Dark Web?

Dark web memiliki beragam pengunjung, termasuk pengedar narkoba, penggembar komputer, penipu, jurnalis yang melawan penyensoran, dan orang-orang biasa yang ingin berkomunikasi dengan orang lain tanpa pengawasan pemerintah. Hal yang terakhir sering kali terjadi di negara-negara seperti Cina dan Iran di mana terdapat banyak penyensoran internet.

Untuk memahami apa itu dark web sebenarnya, kami perlu membedakan beberapa terminologi. Internet sering kali digambarkan memiliki tiga bagian: web permukaan, deep web, dan dark web. Khususnya terminologi deep web dan dark web sering salah digunakan, sehingga menyebabkan banyak kekeliruan. Berikut beberapa poin utama yang ingin Anda ingat:

  • Internet merupakan jaringan di seluruh dunia.
  • Web adalah alat komunikasi yang menggunakan jaringan internet.
  • Web berisi web permukaan, deep web dan dark web.

Masing-masing terminologi akan dijelaskan di bawah ini.

”Dark

Web permukaan

Web permukaan, bersama dengan deep web, adalah bagian dari internet yang sebagian besar orang gunakan setiap hari. Hal ini dapat diakses melalui browser reguler seperti Chrome, Safari, Firefox dan banyak hal lain. Artikel ini adalah bagian dari web tersebut: Anda bisa mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja, asal memiliki koneksi internet dan browser. Situs-situs lain, termasuk toko dan bisnis online, juga bagian dari web permukaan. Hal ini adalah bagian dari web yang dapat diakses secara mudah melalui sebuah mesin pencarian seperti Google.

Namun, jika Anda mengunjungi sebuah situs sebagai pengunjung biasa, Anda tidak akan melihat setiap bagian dari website tersebut. Anda hanya akan melihat permukaannya. Saat Anda menelusuri Amazon tanpa log in, contohnya, Anda hanya melihat berbagai macam produk, tapi Anda hanya bisa melihat situsnya sebagai pelanggan, bukan penjual atau admin. Untuk dapat melihat “behind the scenes”, Anda perlu sebuah username dan kata sandi. Setelah mendapat hal tersebut, Anda baru bisa melampaui bagian permukaan dan ke bagian deep web.

Deep web

Deep web adalah bagian dari internet penampung informasi yang sangat spesifik. Sebagian besar dari kita tidak memiliki akses ke informasi ini, dan tidak bisa diakses melalui mesin pencarian juga. Dalam bahasa lain, pencarian konvensional di Google tidak akan memperlihatkan halaman deep web. Mayoritasnya, konten deep web berisi halaman dan basis data yang hanya ditujukan untuk kelompok orang tertentu dalam sebuah organisasi. Basis data pekerjaan Anda mungkin dapat ditemukan di bagian web ini. Untuk bisa mengaksesnya, Anda perlu tahu alamat web tepatnya (URL). Di beberapa kasus, Anda perlu kata sandi juga.

Deep web sejauh ini adalah bagian terbesar dari internet, mencakup sekitar 90 sampai 95% dari keseluruhan web di dunia. Contoh-contoh halaman di deep web mungkin berisi data pribadi perusahaan, universitas, perpustakaan, rumah sakit, pemerintah, organisasi internasional, dan hal lain.

Dark web

Terakhir, ada bagian dari internet yang kita sebut dark web. Hal ini lebih sulit untuk diakses dibanding web permukaan dan deep web karena hanya bisa diakses melalui sebuah browser spesial seperti browser Tor. Dark web adalah bagian dari internet yang tidak diatur. Tidak ada organisasi, bisnis, atau pemerintah yang berkuasa atas bagian ini atau dapat menerapkan peraturan tertentu. Hal ini menjadi alasan mengapa dark web sering kali diasosiasikan dengan aktivitas ilegal.

Beberapa orang menyebut bagian internet ini sebagai “deep web”, tapi itu bukan terminologi yang tepat. Benar bahwa dark web adalah bagian dari deep web, tapi dark web bahkan lebih sulit lagi untuk diakses. Seperti yang telah kami jelaskan di atas, sebagian besar dari deep web dapat diakses melalui browser reguler, tapi tidak untuk dark web. Mustahil untuk mengakses dark web melalui browser web seperti Google Chrome atau Edge.

Dark web berfungsi sedikit berbeda dari web permukaan. Bahkan saat menggunakan Tor, Anda tidak bisa menemukan situs dark web manapun yang memiliki akhiran .com atau .org. Sebaliknya, URL biasanya berisi campuran huruf dan angka dan diakhiri dengan .onion. Alamat DuckDuckGo, contohnya, terlihat seperti http://3g2upl4pq6kufc4m.onion. Lebih dari itu, URL situs-situs di darknet selalu berubah. Ini artinya mereka termasuk situs-situs tersembunyi, karena mereka tidak mudah ditemukan seperti sebagian besar platform di web permukaan atau deep web. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang beberapa halaman populer di dark web, pastikan untuk melihat artikel kami tentang “Situs Dark Web yang Layak Dikunjungi”.

”LadySatu kata: ya. Dark web dan browser Tor legal di sebagian besar negara. Namun, jika Anda memilih untuk melakukan tindakan yang melanggar hukum di dark web, tentunya hal tersebut termasuk ilegal. Maka, kami menegaskan pentingnya mematuhi peraturan negara tempat Anda berada.

Meskipun begitu, orang-orang sering lupa bahwa dark web dan Tor hanya alat-alat untuk melakukan hak privasi dan kebebasan berpendapat Anda. PBB menetapkan privasi sebagai hak asasi manusia. Artikel-artikel berikut ini mengkonfirmasi hal tersebut:

  • United Nations Declaration of Human Rights (UDHR) 1948, Artikel 12
  • International Covenant on Civil and Political Rights (ICCPR) 1966, Artikel 17
  • American Convention on Human Rights, Artikel 11
  • American Declaration of the Rights and Duties of Man, Artikel 5
  • European Convention on Human Rights, Artikel 8

Lebih dari 130 negara yang merupakan bagian dari PBB memiliki peraturan terkait perlindungan privasi masyarakat mereka. Kemungkinannya, negara tempat Anda saat ini juga termasuk.

Apa Anda diperolehkan untuk browsing dark web?

Singkat kata, mengakses dark web tidak ilegal di sebagian besar negara. Ini artinya Anda diperbolehkan untuk browsing situs-situs dark web. Namun, mungkin Anda akan terlihat mencurigakan di mata penegak hukum lokal Anda. Banyak hal ilegal yang dijual di dark web, sehingga sudah jelas, pembelian barang-barang ilegal, seperti narkoba, dilarang. Oleh karena barang-barang ini biasanya hanya tersedia di dark web, siapapun yang menelusuri bagian internet ini dapat membeli barang tersebut. Inilah alasan mengapa pemerintah mungkin akan mencoba untuk mengawasi Anda jika Anda mengakses dark web.

Meskipun begitu penggunaan dark web legal di sebagian besar negara, aktivitas dan konten ilegal yang dapat ditemukan di sana membuat dark web menjadi tempat yang mencurigakan. Maka, tempat ini mungkin bagian terbaik dari internet untuk dikunjungi setiap hari jika Anda adalah masyarakat normal yang mematuhi peraturan.

Mengapa dan Bagaimana Dark Web Diciptakan?

Dark web tidak diciptakan oleh pelaku kriminal yang menginginkan cara anonim untuk berkomunikasi. Sebenarnya dark web dikembangkan oleh pemerintah AS. Namun bagaimana hal ini bisa terjadi?

Komunikasi mata-mata

Agen-agen dari beberapa “agensi tiga huruf” seperti CIA ditempatkan di banyak tempat-tempat yang jauh. Saat itu ada jaringan global berisikan mata-mata Amerika yang mengumpulkan informasi untuk AS. Selama masa 1990an, informasi menjadi hal yang semakin tersedia secara digital dan tidak ada lagi kebutuhan bagi agen-agen untuk mengumpulkan laporan mereka via media seperti radio atau surat. Internet dan teknik-teknik cryptographic yang baru menggantikan media komunikasi yang lama.

Mengingat semua informasi ini tiba-tiba bisa dikirim melalui internet, U.S. Naval Research Laboratory memulai program yang pada akhirnya menjadi Tor (The Onion Router) pada tahun 1995. Dengan Tor, agensi memiliki saluran komunikasi yang terenkripsi dengan agen-agen lapangan mereka.

Anonimitas untuk semua pihak

anonymousSekitar tahun 1997, proyek ini dilimpahkan ke Defense Advances Research Project Agency (DARPA), yang setelah itu melimpahkannya ke beberapa kelompok hak sipil. Sekarang, pertanyaannya, mengapa pemerintah memberikan teknik dan jaringan sejenis ini ke kelompok advokasi sipil? Ada beberapa orang yang percaya bahwa Tor tidak pernah sepenuhnya dilepaskan oleh pemerintah AS.

Penjelasan lainnya adalah mereka harus membuka jaringan anonim karena semua agen AS harus bisa menggunakan ini dari lokasi manapun di dunia dan kapan saja. Hal ini membuat jaringan rentan infiltrasi, alasan mengapa orang-orang lain bisa mulai menggunakannya.

Lebih dari itu, jika agen intelijen AS akan menggunakan jaringan tersebut, maka tentunya komunikasi apapun yang diambil dari jaringan itu sangatlah berharga. Maka, akan lebih baik untuk membuka jaringan ke banyak orang lainnya supaya komunikasi intelijen tersembunyi di antara komunikasi non-pemerintah lainnya. Dengan begitu, semua orang tetap anonim dan agen AS dapat menggunakan jaringan untuk mengumpulkan laporan mereka.

Mengapa Mereka Tidak Menutup Dark Web?

Di saat jaringn Tor semakin tersedia untuk semua orang yang memiliki koneksi internet, semakin banyak juga server yang dipasang di dunia. Maka dari itu jaringannya menjadi tidak terpusatkan. Dengan adanya setiap koneksi baru di negara yang berbeda-beda, yuridiksi AS akan internet menjadi semakin kecil. Kekuatan dari jaringan bertumpu pada fakta bahwa jaringan ini tidak bisa dimatikan hanya dari satu tempat. Jika Anda mematikannya di Amerika, jaringan yang tersisa tetap akan bekerja.

Selain dari fakta bahwa setiap negara tidak memiliki kemampuan untuk sepenuhnya menutup jaringan, AS juga mendapatkan manfaat dari adanya jaringan — bahka jika menjadi tempat dilakukannya aktivitas ilegal. Jaringan ini masih digunakan sebagai saluran untuk komunikasi tertutup oleh agensi intelijen. Hal ini merupakan salah satu alat terbaik yang dimiliki aktivis politik untuk membocorkan atau mengeluarkan informasi melawan negara otoriter, dan pemerintah AS mendukung penggunaan jenis ini.

Baik itu Venezuela atau Iran, Amerika, Amerika senang bahwa orang-orang memiliki Tor sebagai alat untuk melawan rezim-rezim seperti itu. Tentunya, hal ini juga berlaku untuk AS, seperti yang telah ditegaskan dengan adanya Wikileaks and aktivitas whistleblowing oleh Snowden.

Pedang bermata dua

Selain itu, dark web juga bisa bermanfaat sekaligus berbahaya. Oleh karena tempat ini bermanfaat untuk banyak hal, pemerintah AS tidak ingin menutupnya. Karena kegunaannya dalam berbagai hal ini, pemerintah AS tidak ingin menutupnya. Bahkan jika ditutup, mereka harus mencoba untuk menutup keseluruhan dark web dan mendapatkan kepatuhan serta kerjasama dari banyak negara lain yang sama sekali tidak tertarik untuk bekerjasama dengan AS.

Hal yang dapat dilakukan oleh otoritas nasional adalah bekerjasama untuk menutup situs-situs tertentu dan memastikan bahwa pemiliki, administrator, dan pengguna dari situs tersebut bertanggung jawab. Sering kali saat sebuah situs di dark web berhasil ditutup berkat kerjasama beberapa agensi. Contohnya, jika Departemen Kehakiman AS ingin menutup pasar gelap di Belanda yang menjual marijuana, maka hal ini akan membutuhkan kerjasama dengan aparat kepolisian Belanda, Europol, dan kemungkinan beberapa agensi serta otoritas lainnya. Gambar di bawah ini menunjukan sejumlah agensi yang terlibat dalam menutup 1 pasar gelap.

Dark Market closed down

Penutupan situs tertentu membutuhkan paling tidak kerjasama antara sepuluh agensi yang berbeda dari empat negara. Fakta bahwa semua agensi ini harus kerjasama untuk menutup satu situs menunjukkan seberapa sulitnya untuk menutup bagian-bagian dari dark web, apalagi dark web secara keseluruhan.

Mengakses Dark Web

Jika Anda ingin mengunjungi dark web, Anda perlu ingat bahwa hal ini bisa jadi berbahaya saat Anda tidak mengambil upaya pencegahan yang benar. Untuk mengakses dark web dengan cara yang paling aman, kami telah membuat panduan lengkap berisi tips dan trik. Di bawah ini, Anda akan menemukan versi sederhana dari panduan tersebut beserta kebutuhan-kebutuhan dasar yang perlu Anda lakukan. Namun, ada baiknya untuk mengingat bahwa tahapan-tahapan di bawah ini akan menjaga Anda supaya relatif tetap aman namun tidak sepenuhnya anonim.

  • Pasang VPN (kami menyarankan NordVPN) di perangkat Anda dan nyalakan.
  • Pastikan bahwa Anda memiliki perangkat lunak antivirus yang telah diperbaharui di perangkat Anda.
  • Unduh dan pasang browser Tor yang anonim.
  • Mulai browser Tor.
  • Pastikan running of scripts di browser Tor tidak diijinkan.
  • Opsional: ubah pengaturan keamanan di Tor.
  • Telusuri dark web, contohnya dimulai dengan Hidden Wiki. Tautannya adalah http://zqktlwi4fecvo6ri.onion/wiki/index.php/Main_Page

Terakhir, sebelum masuk ke dark web, mohon diingat bahwa tempat ini bisa menjadi sangat berbahaya. Pertimbangkan peringatan dari kami dan jangan mempermudah masuknya malware atau peretas ke perangkat Anda! Selain itu, pastikan Anda tidak terlibat aktivitas ilegal apapun. Jika Anda ingin memastikan bahwa Anda memiliki perlindungan terbaik, Anda bisa mengikuti panduan kami untuk dark web.

Apa itu Tor?

Tor (the onion router) adalah perangkan lunak open-source gratis yang berfungsi sebagai browser. Berbeda dari browser lain seperti Chrome, Firefox, dan Edge, Tor bertujuan untuk mempertahankan anonimitas penggunanya. Untuk melakukan hal tersebut, browser Tor menyalurkan aktivitas internet Anda melalui beberapa alamat IP/host yang menggambarkan lapisan bawang. Hasil pencarian Anda akan melalui jaringan nodes tersebut. Pada setiap node, sebagian dari enkripsi akan dibuka. Sampai akhirnya informasi Anda berada di situs yang Anda tujukan. Proses dari onion routing ini bertujuan untuk tetap melindungi anonimitas dari pengguna.

Girl retrieving an internet file through Tor Nodes

Browser Tor digunakan untuk mengakses dark web. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, inilah cara termudah untuk mencapai URL dengan akhiran .onion. Akhiran ini menunjukan online routing yang digunakan oleh Tor untuk melindungi anonimitas dari aktivitas browsing pengguna: berlapis-lapis enkripsi, seperti lapisan bawang. Situs-situs dapat memilih untuk menggunakan domain .onion jika tidak ingin semua orang mengetahui keberadaan situs mereka. Hal ini sederhanya karena mareka ingin situs tersebut tetap eksklusif, atau karena berisikan konten-konten yang dipertanyakan atau ilegal.

Tor dapat memberikan Anda akses ke seluruh web, baik itu situs yang teregulasi ataupun tidak. Meskipun Tor dapat digunakan untuk mengakses dark web, mayoritas pengguna tetap berada di we permukaan. Dalam bahasa lain: Tor kebayanyakn digunakan untuk membuat browsing anonim, namun juga merupakan rute utama ke dark web. Untuk informasi yang lebih merinci tentang browser Tor, kunjungi halaman browser Tor kami.

Singkat kata, penggunaan browser Tor (atau browser anonim sejenis) itu penting untuk mengakses dark web dan membantu Anda supaya lebih anonim di internet. Alamat IP Anda, contohnya, akan tetap tersembunyi. Cek 10 alasan untuk menyembunyikan alamat IP Anda. Mohon diingat, browser Tor tidak menjamin bahwa Anda tidak akan membuat kesalahan. Maka dari itu, selalu disarankan untuk memiliki VPN juga.

Tor dibanding VPN atau VPN dibanding Tor?

Anda mungkin tidak sadar namun ada perbedaan jika Anda terhubung dengan jaringan Tor dibanding dengan VPN, begitu juga sebaliknya.

Keuntungan tambahan dari memasang VPN sebelum memiliki jaringan Tor adalah penyedia layanan internet Anda atau pihak lainnya yang tertarik akan data Anda (agensi pemerintah, peretas, dll) tidak akan tahu bahwa Anda telah mendaftar ke jaringan Tor karena traffic internet Anda sudah terlebih dahulu terenkripsi. Sayangnya, fakta bahwa Anda ingin mendaftar ke jaringan anonim seperti Tor sudah cukup untuk mengundang kecurigaan beberapa kelompok tertentu terhadap Anda.

Meskipun jaringan Tor terenkripsi dan anonim, alat ini tidak mampu memberhentikan penyedia layanan internet Anda atau pihak lainnya yang ingin melihat traffic internet Anda melalui alamat IP saat tahu bahwa Anda telah mendaftar Tor. Hal ini, tentu saja, tidak akan terjadi jika Anda sudah terhubung terlebih dahulu ke VPN.

Anda juga bisa mendapatkan program langganan ke VPN melalui jaringan Tor. Artinya Anda daftar dulu ke Tor, lalu di dalam browser Tor bisa mengunjungi situs NordVPN contohnnya dan mendapatkan jasa VPN. Keuntungan tambahannya adalah penyedia layanan internet Anda tidak akan tahu bahwa Anda tertarik untuk membeli jasa VPN.

Dalam pengalaman kami, memiliki jairngan Tor umumnya lebih mudah dicurigai karena asosiasi yang dimilikinya dengan dark web. Maka dari itu, kami menyarankan Anda untuk membeli program langganan VPN yang bagus terlebih dahulu. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak terkait alternatif VPN bagus dan mana yang tepat untuk kebutuhan Anda, lihat ulasan kami.

Dark Web Infographic Bahasa

The Hidden Wiki

Menelusuri dark web dapat menjadi hal yang sulit. Memulai dari situs seperti The Hidden Wiki akan membantu Anda. The Hidden Wiki menyediakan tautan ke mesin pencarian dan situs, supaya Anda dapat menelusuri dark web dengan lebih mudah. Hal ini membuat The Hidden Wiki tempat yang bagus untuk memulai jika Anda tidak tahu harus ke bagian mana dari dark web. Ada beberapa kategori di The Hidden Wiki yang mungkin ingin Anda hindari. Selalu waspada akan tautan yang Anda klik, bahkan situs-situs yang kelihatannya tidak berbahaya.

Anda dapat menemukan The Hidden Wiki dengan menyalin URL di bawah ini ke dalam browser Tor Anda: http://zqktlwi4fecvo6ri.onion/wiki/index.php/Main_Page. Alamat web di dark web sering berubah, namun banyak situs di web permukaan yang akan menyediakan URL terbaru dari halaman-halaman spesifik di dark web.

Tempat bagus lain untuk memulai adalah artikel kami tentang situs-situs yang layak dikunjungi di dark web.

Dark Web: Mitos

Ada banyak cerita tentang layanan dan halaman mengejutkan di dark web. Penyewaan tukang pukul adalah salah satu contoh yang tersedia. Meskipun kami tidak bisa memastikan bahwa beberapa perilaku ini tidak terjadi di dark web, sebagian besar rumor yang beredar di dark web seperti tukang pukul online atau red room sepenuhnya hanya fiksi.

Contohnya, satu situs penyewaan tukang pukul bernama Besa Mafia tentunya ada, tapi tidak pernah ada penyewaan tukang pukul asli. Situs ini hanya mencuri uang dari pengguna dark web yang mudah ditipu karena ingin melukai seseorang. Tetap saja, banyak hal mencurigakan lain, seperti narkoba dan senjata, yang tersedia di dark web.

Oleh karena keberadaan banyak situs dark web jahat ini, dark web telah mendapat reputasi yang sangat buruk. Sering kali dipercaya bahwa apapun yang terjadi di dark web adalah hal yang ilegal. Hal ini tidak benar. Dark web juga tempat aman bagi jurnalis, whistleblowers, dan masyarakat yang tinggal di bawah rezim diktator.

Apa yang Terjadi di Dark Web?

weapons onlineSulit untuk mengetahui secara pasti apa yang terjadi di dark web. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Anda perlu mengetahui URL spesifik untuk dapat masuk ke situs dark web yang tepat. Sudah cukup sulit untuk masuk ke situs yang benar jika semua alamat web adalah kumpulan angka dan huruf acak.

Kami tidak membuat klaim apapun yang pasti, karena dark web terus-menerus berubah dan tetap menjadi tempat yang sebagian besarnya tidak diketahui oleh banyak orang. Namun, secara umum, berikut beberapa hal yang mungkin akan Anda temukan di dark web:

  • Pasar gelap
  • Situs yang menipu atau situs dark web yang berbahaya
  • Jasa email, fora dan forum lainnya untuk komunikasi online yang anonim
  • Notnets
  • Bitcoin dan situs cryptocurrency

Pasar gelap

black market drugsPasar gelap telah ada sejak lahirnya internet. Dark web adalah rumah bagi banyak pasar gelap, di mana beragam jenis komoditas diperjual-belikan. Keberadaan pasar seperti ini ilegal, namun beberapa figur publik, ilmuwan dan akademik telah menjelaskan beberapa efek samping yang dimiliki pasar gelap.

Silk Road adalah salah satu pasar gelap pertama yang terkenal di dark web. Pengguna secara terbuka membahas penggunaan narkoba di situs tersebut dan mengunggah foto-foto produk mereka. Situs ini mendapatkan julukan “The Ebay of Vice” seiring berjalannya waktu. Setelah beberpaa tahun melakukan investigasi, otoritas AS berhasil untuk melacak adminnya (Ross Ulbricht), yang menggunakan pseudonim “Dread Pirate Roberts” di dalam situs. Dia ditangkap di San Francisco pada bulan Oktober 2013 dan situsnya telah ditutup.

Namun, setelah penangkapan Ulbricht, banyak situs imitasi yang bermunculan. Saat ini, ada lebih banyak situs pasar gelap yang tersedia di dark web. Silk Road adalah yang pertama, namun sekarang banyak situs yang berkompetisi untuk menjadi pengganti Silk Road.

Situs penipu atau berbahaya

dangerous websitesDark web juga penuh dengan situs palsu dan berbahaya. Maka dari itu, penting untuk selalu waspada dan menggunakan VPN serta perangkat lunak antivirus yang bagus. Jangan pernah klik tautan yang ada di dark web jika Anda tidak tahu ke mana tautan itu akan membawa Anda. Komputer Anda dapat diretas atau terkena malware sebelum Anda sadar akan apa yang telah terjadi.

Lebih dari itu, dark web menampung banyak situs dark web yang tidak diperbolehkan di web permukaan karena konten mereka. Sayangnya, Anda dapat menemukan hal-hal seperti kekerasan terhadap binatang dan pornografi anak di sini. Maka, sebaiknya Anda menghindari bagian internet yang ini.

Jasa email, forum, dan bentuk komunikasi anonim lainnya

Dark web juga digunakan untuk komunikasi anonim. Whistleblowers dan jurnalis mungkin menggunakan rute ini untuk membocorkan atau menemukan informasi sensitif. Orang yang ingin melaporkan sebuah perusahaan atau pemerintah atas tindakan ilegal dapat menggunakan dark web dan mencoba supaya tetap anonim. Jurnalis dapat menggunakannya untuk menghubungi sumber anonim. Jaringan WikiLeaks dan whistleblowers seperti Edward Snowden telah menggunakan dark web sebelumnya untuk menyebarkan pesan seperti ini.

Di saat orang-orang dalam contoh ini melakukan aksi tersebut atas nama kebebasan internet dan transparansi, tidak semua orang memiliki motivasi yang sama. Pelaku kriminal dan teroris juga akan menggunakan komunikasi anonim di dark web untuk mencoba kabur secara aman dan aparat hukum.

Di dark web, Anda bisa menemukan forum peretas yang menjual data hasil curian. Hal ini biasanya mencakup data paspor, nomor kartu kredit, dan identitas (digital). Informasi ini diambil oleh penjahat cyber dengan meretas sistem. Informasi yang didapatkan secara ilegal ini lalu dijual di dark web.

Botnets

Botnet adalah jaringan perangkat yang terinfeksi dan dapat dioperasikan oleh peretas yang menguasai sistem mereka. Sering kali, perangkat di jaringan ini terinfeksi tanpa sepengetahuan pemiliknya. Peretas yang menguasai botnet dapat menggunakan perangkat tersebut untuk menyebarkan virus, phish informasi pribadi, atau memfasilitasi serangan DDoS. Hanya ada kemungkinan kecil untuk menemukan botnet, dan ditutup, atau diambil kuasanya dari peretas jika beroperasi di dark web. Di dalam dark web, beberapa peretas menjual botnet yang telah mereka ciptakan. Sebagai ganti dari harga yang mahal, Anda dapat menguasai sebuah jaringan besar berisi perangkat yang terinfeksi.

Bitcoin dan situs cryptocurrency

bitcoinJika Anda mengunjungi dark web, Anda akan menemukan bahwa semuanya dibayar dalam cryptocurrency, seperti Bitcoin. Cryptocurrency adalah mata uang online yang dapat digunakan di seluruh dunia. Supaya lebih spesifik, cryptocurrency adalah aset digital yang dikaitkan dengan nilai dari buku besar digital yang tidak terpusat, seperti protokol blockchaim. Artinya, cryptocurrency tidak seperti mata uang pada biasnaya karena nilai dan sejarah tukar mereka dapat dilihat di blockchain dibanding bank dan institusi keuangan lainnya. Oleh karena metode blockchain, cryptocurrencies memungkinkan adanya pertukaran anonim yang ideal untuk bisnis-bisnis mencurigakan di dark web.

Cryptocurrency paling terkenal, Bitcoin, juga digunakan di luar dark web. Namun, insiden baru-baru ini menunjukkan bahwa mata uang ini mungkin tidak seanonim yang diharapkan beberapa orang. Beberapa cryptocurrency baru tengah mencoba untuk meningkatkan perlindungannya terhadap anonimitas pengguna.

Kesan Akhir

Kami ingin menegaskan bahwa kami telah menyarankan Anda untuk TIDAK menggunakan dark web tanpa terlebih dahulu melakukan upaya keamanan yang sesuai. Rasa penasaran itu masuk akal, tapi tidak sepadan jika harus beresiko membahayakan diri Anda di bagian web yang tidak diatur. Pada nyatanya, ada aktivitas kriminal yang terjadi di dark web.

Jika Anda tetap ingin mengunjungi dark web, selalu lakukan upaya keamanan. VPN bagus dan anti-malware yang solid menjadi penting, tapi tetap saja Anda masih beresiko terkena banyak ancaman. Ada banyak langkah lain yang perlu Anda lakukan untuk benar-benar aman di dark web. Panduan tahap per tahap ini akan menjelaskan tepatnya cara melakukan hal itu. Pada akhirnya, semua resiko akan Anda tanggung sendiri jika mengakses dark web. Tetap pertahankan rasa ingin tahu Anda, namun juga tetap aman!

Dark Web: tanya jawab

Apakah Anda membutuhkan jawaban cepat untuk pertanyaan Anda? Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan dan jawabannya terkait Dark Web.

Dark Web adalah terminologi kolektif untuk situs-situs yang hanya dapat diakses menggunakan browser Tor. Situs ini tidak dapat diakses via ‘Web Permukaan’. Di dalam media, Dark Web sering kali ditampilkan sebagai tempat yang berbahaya, namun adapun situs-situs terpercaya di Dark Web terkait subjek-subjek hukum.

Web Permukaan adalah semua situs yang dapat dikunjungi melalui browser seperti Google Chrome, Microsoft Edge dan Mozilla Firefox. Web Permukaan adalah bagian internet yang diketahui mayoritas orang.

Deep Web adalah situs yang hanya dapat dikunjungi menggunakan kata sandi atau bentuk autentikasi lainnya. Contohnya adalah inbox email Anda dan halaman Facebook, namun juga file yang ada di cloud tempat kerja. Di beberapa negara, terminologi ‘Deep Web’ digunakan untuk menjelaskan ‘Dark Web’.

Untuk mengakses Dark Web, Anda perlu menggunakan browser Tor. Ini merupakan browser spesial yang memungkinkan Anda untuk mengunjungi alamat .onion. Alamat seperti ini yang membuat konten di Dark Web.

Alamat .onion adalah alamat web yang hanya bisa dikunjungi menggunakan browser Tor.

Tor merupakan kependekan dari ‘The Onion Router’ dan merupakan browser spesial yang memungkinkan Anda untuk mengunjungi situs di Dark Web.

Di Dark Web, Anda dapat menemukan beberapa jenis situs. Mulai dari situs ulasan buku dan situs reguler yang memiliki varian .onion (seperti situs berita) sampai pada situs pasar narkoba dan pornografi. Sebagian besar situs di dark web dapat dimasukkan ke satu (atau lebih dari satu) kategori di bawah ini:

  • Tempat jual-beli ilegal untuk narkoba, senjata, dll.
  • Situs untuk whistleblowers guna menyebarkan informasi mereka
  • Situs teknologi
  • Situs pornografi
  • Situs berita
  • Forum dan situs ulasan di mana semua jenis topik dibahas, baik yang legal dan ilegal.

Ya, Dark Web legal. Namun, ada kemungkinan bahwa beberapa situs atau konten Browser apa yang bisa saya gunakan untuk mengunjungi dark web?di dalam situs Dark Web ilegal.

Dark web hanya bisa diakses dengan browser web spesial seperti browser Tor. Melalui browser Tor Anda bisa mengunjungi alamat web .onion (URL). Dengan browser seperti Google Chrome, Microsoft Edge, dan Mozilla Firefox Anda tidak bisa mengakses situs-situs dark web.

Analis keamanan cyber
David adalah seorang analis keamanan cyber dan salah satu pendiri VPNoverview.com. Tertarik dengan fenomena “identitas digital”, dan khususnya peduli dengan hak atas privasi serta perlindungan data pribadi
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar