Apa itu Server Proxy dan Apa Kegunaannya?

Cos'è un server proxy e a che serve?
Klik di sini untuk melihat rangkuman artikel ini
Server Proxy: Rangkuman

Server proxy adalah sebuah komputer yang bekerja sebagai penengah antara pengguna dan internet. Proxy menyembunyikan alamat IP Anda dan bisa bantu menutupi identitas online dan lokasi Anda. Biasanya, mereka akan memastikan bahwa traffic data Anda tidak bisa dilacak kembali ke Anda. Server proxy juga bisa membantu Anda dalam melampaui batasan geografis di internet. Selain keuntungannya, server proxy memiliki kekurangan: mereka tidak 100% aman dan tidak bisa memastikan anonimitas online.

Ingin benar-benar anonim saat menelusuri internet? Maka kami menyarankan penggunaan VPN. VPN mengenkripsi data Anda dan menawarkan perlindungan yang lebih baik. ExpressVPN adalah VPN terandalkan yang sepenuh hati kami sarankan.

Penasaran tentang pro dan kontra server proxy? Baca artikel lengkap kami di bawah ini.

Proxy, atau server proxy, adalah komputer yang berada di antara pengguna dan internet. Pengguna mengirim traffic online mereka ke server proxy. Lalu, server mengirim data Anda ke tujuannya di internet. Dengan proxy, identitas dan lokasi pengguna akan tetap tersembunyi (sebagian). Dalam prakteknya, proxy sebagian besar digunakan oleh orang-orang yang ingin mengunjungi situs yang telah diblokir di kawasan tertentu. Banyak perusahaan dan bisnis yang juga menggunakan proxy untuk menciptakan jaringan bisnis yang tertutup.

Proxy punya beberapa keuntungan, tapi juga ada beberapa kekurangan. Maka, sering kali lebih baik untuk menggunakan VPN. Dalam artikel ini, kami akan menyediakan informasi lebih lanjut tentang cara kerja proxy, beragam jenis proxy, dan seberapa aman mereka.

Bagaimana Cara Kerja Proxy?

Server proxy berdiri di antara komputer lokal atau jaringan lokal dan jaringan yang lebih luas (biasanya internet). Proxy sering kali berupa server eksternal; ini adalah tahapan tambahan dalam proses online. Tanpa server proxy, data Anda akan diarahkan melalui rute berikut: saat Anda mengetik situs ke dalam bar alamat dan menekan enter, informasinya akan masuk ke komputer Anda melalui router penyedia layanan internet (ISP) Anda terlebih dahulu. Lalu akan dilanjutkan ke server dari situs yang Anda minta. Jawaban situs akan dikirim melalui rute yang sama.

Jika Anda menggunakan server proxy, jalur dari komputer Anda ke situs akan sedikit berbeda. Pengguna (artinya Anda) terhubung ke server proxy, contohnya dengan komputer, laptop atau smartphone. Server proxy mengirim permintaan Anda ke tujuannya di internet. Bagian web yang lain tidak akan bisa melihat alamat IP Anda, hanya IP dari proxy. Gambar di bawah ini menjelaskan prosesnya.

IP address change with proxy

Singkat kata, proxy mengirim data. Namun, bukan itu satu-satunya hal yang dilakukannya. Proxy bisa menyediakan lapisan perlindungan online tambahan untuk Anda. Bahkan ada beragam jenis proxy yang masing-masing memiliki fungsi spesialnya sendiri. Ada web proxies yang bekerja di dalam browser Anda, tapi Anda juga bisa memasang proxy di router Anda, supaya semua traffic data secara otomatis diarahkan melalui proxy. Kami akan jelaskan lebih banyak tentang beragam fungsi server proxy di bagian artikel selanjutnya.

Sesuatu hal yang perlu diingat: sebagian besar server proxy tidak akan melindungi data dan privasi Anda sebaik yang diharapkan untuk bisa tetap aman dan anonim saat online. Maka, kami menyarankan Anda untuk mempertimbangkan penggunaan koneksi VPN. VPN memastikan anonimitas dan perlindungan online bagi Anda. Penyedia VPN di bawah ini murah dan bekerja dengan sangat baik. Layanannya aman, terjamin, dan sangat ramah konsumen.

Surfshark
Penawaran:
Internet aman dan anonim hanya dengan modal $2,30 per bulan
Dari
$2.30
9.0
  • Sangat ramah konsumen serta bisa bekerja dengan Netflix dan torrent
  • Garansi 30 hari uang kembali. Tanpa syarat tambahan!
  • Harga murah dengan banyak pilihan tambahan
Kunjungi Surfshark

Ragam Jenis Proxy

Ada beragam jenis server proxy. Pertama, kita bisa membaginya menjadi jenis proxy untuk satu pengguna atau satu kelompok pengguna dan proxy umum yang digunakan oleh sekelompok besar orang. Untuk jenis yang kedua, jauh lebih sulit bagi pihak lain untuk mengetahui data mana yang dimiliki oleh pengguna yang mana, karena banyak yang menggunakan IP yang sama.

Proxy juga bisa dibagi menjadi kelompok yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi spesifik mereka. Beberapa fungsinya termasuk:

  • Caching web proxies
  • Filtering proxies
  • CGI proxies
  • Reverse proxies

Selain itu, proxy bisa dikelompokkan berdasarkan tingkat privasi yang mereka tawarkan. Ini menghasilkan klasifikasi sebagai berikut:

  • Proxy transparan
  • Proxy anonim
  • Proxy dengan tingkat anonimitas tinggi

Caching web proxy

List with magnifying glassCaching proxies cukup sering digunakan. Jenis proxy ini menyimpan salinan situs yang sudah Anda kunjungi. Dengan caching proxy, halaman akan dikirim ke pengguna secara lebih cepat dan aman. Saat seseorang meminta untuk melihat situs melalui caching proxy, proxy pertama-tama akan mencari file lokalnya (cache). Jika situsnya sudah disimpan ke cache, proxy mengirim data ini langsung ke pengguna. Jika proxy belum menyimpan situsnya, maka proxy akan mengumpulkan informasi dari server yang tepat dan mengirimnya kembali ke pengguna. Salinan situs lalu akan disimpan untuk penggunaan selanjutnya.

Cache proxy punya jangka waktu tertentu, lalu setelah itu akan dikosongkan. Penghapusan cache data biasanya dilaksanakan berdasarkan seberapa lama data tersebut sudah ada, ukurannya, dan berapa sering data diminta. Dua algoritme cache yang sederhana adalah Least Recently Used (LRU) dan Least Frequently Used (LFU).

Filtering proxy

Beberapa web proxies juga bisa menyaring konten halaman web. Beberapa batasan internet dan jenis sensor online tertentu, seperti penyensoran oleh pemerintah di Cina, diterapkan melalui web proxy. Proxy ini membatasi bagian internet yang bisa diakses oleh pengguna.

Filtering web proxy lain mungkin menyesuaikan halaman untuk tujuan atau target audiens tertentu. Ini terjadi saat Anda secara otomatis diarahkan ke versi mobile suatu situs saat sedang menggunakan HP atau tablet Anda. Selain itu, ISP menggunakan proxy ini untuk melindungi koneksi mereka dari virus komputer dan konten berbahaya lainnya. Singkat kata: filtering web proxy memblokir konten tertentu. Hal ini bisa membatasi kebebasan internet Anda, tapi juga meningkatkan keamanan internet Anda.

Reverse proxy

Reverse proxy bekerja dengan cara yang terbalik dibanding server proxy biasa. Bukannya melindungi data pengguna internet, jenis proxy ini bekerja untuk mendukung server web. Reverse proxy bisa digunakan sebagai firewall untuk melindungi data online milik server. Akses ke halaman spesifik tertentu bisa diizinkan atau ditolak dengan proxy ini. Dengan begitu, client dari sebuah bank tidak akan bisa salah masuk ke akun bank milik orang lain. Reverse proxy juga sering kali digunakan untuk menyimpan cache halaman statis, sehingga server tidak cepat overload.

CGI proxy

Jenis web proxy yang spesial adalah CGI proxy. Ini merupakan proxy online yang bentuknya seperti situs, dan seorang pengunjung bisa menggunakannya untuk langsung dapat akses ke halaman spesifik lain. Situs/proxy ini biasanya menggunakan PHP atau CGI untuk bisa berfungsi. CGI proxy bisa memberi akses ke situs yang diblokir oleh sekolah, bisnis, atau bahkan pemerintah. Oleh karena mereka juga menyembunyikan alamat IP pengguna, mereka kadang digunakan untuk mendapat tingkat anonimitas yang lebih tinggi.

Proxy transparan

Selain mengelompokkan proxy berdasarkan fungsi mereka, Anda juga bisa membaginya berdasarkan seberapa berguna mereka dalam membantu Anda untuk tetap anonim di internet. Proxy transparan tidak menyembunyikan alamat IP pengguna. Mereka menampilkan diri sebagai server proxy dan bahkan menunjukkan alamat IP asli pengguna kepada situs. Proxy ini biasanya adalah caching proxy, yang tidak digunakan untuk tetap anonim saat online.

Proxy anonim

Jenis proxy ini menampilkan diri sebagai server proxy, tapi tidak menunjukkan alamat IP asli milik pengguna. Proxy anonim menawarkan jumlah perlindungan tertentu bagi pengguna mereka. Mustahil untuk menggunakan proxy anonim saat nonton Netflix. Netflix akan tahu bahwa Anda sedang menggunakan proxy dan tidak akan memberi akses ke konten mereka.

Proxy dengan tingkat anonimitas tinggi

Jenis proxy ini tidak menampilkan diri sebagai proxy server. Mereka juga tidak menunjukkan IP penggunanya. Proxy ini sepenuhnya tidak terlihat oleh situs, sedangkan proxy anonim ‘biasa’ bisa terdeteksi. Proxy dengan tingkat anonimitas tinggi adalah yang paling mirip dengan VPN dalam aspek anonimitas. Namun, mereka tetap kekurangan keamanan dan perlindungan online yang dimiliki VPN.

Keuntungan Penggunaan Server Proxy

Penggunaan server proxy membuahkan beberapa keuntungan. Contohnya, proxy bisa mempengaruhi kecepatan internet dan keamanan online Anda. Selain itu, banyak proxy yang punya keuntungan lain: Anda bisa menggunakannya untuk blacklist situs atau melampaui proxy dan blokir online lain. Terakhir, beberapa proxy menyembunyikan alamat IP Anda. Baca lebih lanjut tentang semua manfaatnya di bawah ini.

Kecepatan

Server caching proxy menyimpan file berisi situs yang Anda kunjungi. Hal ini bisa meningkatkan kecepatan browsing Anda secara signifikan: Anda tidak perlu mengunduh ulang halaman yang sudah pernah diakses, sehingga menghemat waktu. Lebih dari itu, proxy menghemat bandwidth saat Anda melakukan penelusuran.

Keamanan

Server proxy juga digunakan untuk memindai situs guna mencari kode berbahaya. Bagian situs yang berbahaya ini lalu bisa diblokir. Dengan begitu proxy menciptakan sebuah lapisan keamanan tambahan antara Anda dan kode berbahaya di situs yang sedang dikunjungi. Kemungkinan adanya virus atau infeksi digital lain secara signifikan berkurang. Namun, server proxy tidak melindungi Anda dari semua malware, seperti yang nanti akan kami jelaskan secara lebih lanjut.

Memberlakukan batasan

Businessmen shaking handsServer proxy memungkinkan Anda untuk blacklist situs-situs tertentu. Dengan begitu, tidak ada pengguna server yang bisa mengakses situs tersebut. Contohnya, sekolah atau perusahaan mungkin menggunakan proxy supaya murid dan karyawan mereka tidak membuka Facebook selama jam sekolah atau kerja. Selain memberlakukan batasan, proxy juga memungkinkan Anda untuk melihat sejarah browser dari setiap komputer yang terhubung ke jaringan proxy tersebut. Semua traffic yang melalui server proxy bisa disimpan dan dianalisis oleh orang-orang yang berkuasa, seperti bos atau penyedia layanan internet (ISP) Anda.

Menyembunyikan alamat IP Anda

Banyak orang-orang yang tidak ingin situs dan perusahaan untuk melacak mereka saat sedang online – dan atas dasar alasan yang baik. Aktivitas online Anda bukan urusan orang lain. Penggunaan proxy membantu dalam menyamarkan identitas online Anda, karena mereka menyembunyikan alamat IP Anda (kecuali Anda menggunakan proxy transparan). Pihak-pihak lain hanya akan melihat IP milik proxy. Dengan menutupi alamat IP Anda artinya privasi online Anda akan lebih terjaga: situs-situs tidak bisa melacak kegiatan online Anda dan membuat profile berdasarkan hal itu. Dengan proxy, Anda memberikan informasi yang lebih sedikit tentang diri Anda ke situs dan pihak lain. Jika Anda tidak ingin ada iklan khusus yang muncul di browser Anda, server proxy bisa membantu – sampai pada batasan tertentu.

Melampaui proxy lain

Terakhir, server proxy bisa digunakan untuk melampaui batasan blokir online atau bahkan server proxy lain. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sebuah perusahaan atau pemerintah dapat memblokir konten tertentu di server proxy mereka. Dengan terhubung ke situs ini melalui server proxy Anda sendiri, Anda bisa dengan mudah melampaui batasan-batasan tersebut. Ingin mengakses situs berita yang telah diblokir di lokasi Anda saat ini? Pakai proxy yang bagus dan Anda bisa mengaksesnya.

Bahkan layanan streaming seperti Hulu kadang bisa diakses dengan menggunakan proxy. Situs-situs ini sering kali mengubah dan membatasi konten mereka tergantung pada lokasi geografis Anda. Coba nonton video di BBC iPlayer saat Anda tidak berada di Inggris. Anda otomatis akan mendapat pesan error yang menyatakan bahwa layanannya tidak tersedia. Namun saat Anda menggunakan server proxy anonim yang bagus di Inggris, sering kali Anda akan bisa menonton videonya. Tapi bagi banyak layanan, penggunaan proxy tidak akan cukup. Sejumlah platform streaming secara aktif berupaya untuk menangkal proxy. Ini alasan mengapa Netflix hampir selalu menampilkan pesan error saat Anda ingin nonton layanannya melalui proxy.

Kekurangan dari Server Proxy

Sayangnya, proxy juga punya beberapa kekurangan. Ini sebagian besar berhubungan dengan fakta bahwa proxy biasanya hanya menyediakan sebagian solusi dari masalah yang ada: layanannya tidak menawarkan anonimitas atau keamanan sepenuhnya. Kami akan jelaskan klaim ini secara lebih merinci pada bagian berikut ini.

Tidak ada anonimitas sepenuhnya

Laptop no anonymityPengguna server proxy yang private biasanya khawatir tentang cara untuk menyembunyikan kegiatan browsing dan mengamankan informasi pribadi mereka. Namun, server proxy punya kemampuan untuk menyimpan semua informasi yang dikirim dan diterima oleh pengguna. Bos Anda, contohnya, bisa dengan mudah melihat semua hal yang Anda lakukan di jaringan bisnis mereka (yang sering kali dipasang via proxy). Lebih dari itu, mereka bisa mengawasi seberapa lama karyawan mereka menghabiskan waktu di situs-situs tertentu. Jadi hati-hati: bos Anda tahu pasti kapan Anda sedang membeli sepatu baru di Amazon saat Anda seharusnya bekerja.

Singkat kata, proxy tidak melindungi traffic data Anda dari pihak yang ingin mengintip. Khususnya proxy online gratis yang beresiko tinggi: sembilan dari sepuluh kasus yang ada, Anda tidak tahu siapa yang mengatur koneksi proxy-nya, sehingga Anda tidak bisa memastikan apakah data Anda benar-benar aman. Semua traffic online Anda dikirim langsung ke pihak asing. Ingin sepenuhnya punya privasi online? Maka proxy bukan pilihan yang tepat.

Tidak ada enkripsi

Seperti hal sebelumnya, server proxy tidak bisa menjamin keamanan online Anda. Biasanya, saat menggunakan proxy, mustahil untuk melacak traffic data kembali ke Anda, artinya Anda punya tingkat anonimitas tertentu. Namun, data tersebut tidak terenkripsi. Ini berarti situs-situs tetap bisa melihat aktivitas online Anda, meskipun mereka tidak bisa menghubungkan aktivitas tersebut ke alamat IP asli Anda.

Alamat IP Anda bisa bocor

Proxy bukan solusi solid untuk pelacakan online. Dengan beberapa proxy, relatif mudah bagi siapapun untuk menemukan alamat IP asli Anda. Jika hal ini terjadi, Anda bisa kehilangan banyak keuntungan dari proxy. Anda akan jadi jauh lebih rentan saat di internet.

Singkat Kata: Pro dan Kontra Server Proxy

ProKontra
Kemungkinan koneksi yang lebih cepatTidak ada anonimitas sepenuhnya
Perlindungan tertentu untuk melawan kode berbahayaTidak ada enkripsi
Bisa memblokir kontenAlamat IP Anda bisa bocor
Menyembunyikan alamat IP asli AndaTidak semua halaman yang terblokir bisa dibuka
Melampaui proxy atau blokir online lain

Apakah Server Proxy Aman?

Jika ingin menggunakan server proxy untuk tetap anonim saat menelusuri web, Anda perlu mempertimbangkan banyak faktor. Di sebagian besar kasus, akan jauh lebih aman dan praktis untuk menggunakan server VPN dibanding proxy.

Proxy Anda sebaiknya dikonfigurasi dengan benar

Hanya server proxy yang dikonfigurasi dengan baik yang akan menawarkan Anda tingkat privasi yang layak. Konfigurasi server bisa cukup rumit dan tidak selalu tergantung pada Anda. Pemilik proxy harus kompeten dan menggunakan pengetahuan yang layak saat memasang proxy. Baru saat itu Anda bisa yakin bahwa server Anda telah dikonfigurasi dengan benar. Selain itu, servernya harus dirawat dengan baik. Banyak server proxy (gratis) yang tidak mendapatkan hal ini. Tanpa perawatan dan konfigurasi yang tepat, kemungkinannya alamat IP Anda akan bocor, baik secara sengaja atau tidak disengaja.

Siapa yang memiliki server proxy?

Faktor penting lain adalah pemiliki proxy. Penting bagi mereka untuk punya niat yang baik. Banyak server proxy (sering kali gratis) yang dimiliki oleh pihak berbahaya yang menginginkan data pribadi Anda atau ingin menghasilkan uang melalui iklan. Perawatan proxy boros dan sebagian besar pemiliknya berusaha untuk mendapat sedikit keuntungan dengan menjual data (pribadi) pengguna, menambahkan iklan di halaman web, atau menyebarkan malware dan virus melalui server mereka.

Apa proxy mengizinkan HTTPS?

Penggunaan koneksi yang aman sangat penting. Sebuah server proxy tidak mengenkripsi koneksi internet Anda. Tanpa perlindungan tambahan, cukup mudah bagi pihak asing, peretas, dan pemerintah untuk mengintip koneksi dan mencuri data pribadi Anda, seperti alamat email dan informasi login. Guna mencegah itu, ada baiknya untuk menggunakan versi aman dari situs (versi HTTPS). Banyak proxy yang tidak mengizinkan penggunaan HTTPS, sehinga mereka menghapus keamanan tambahan yang dibutuhkan saat online. Perhatikan juga fakta bahwa situs dengan HTTPS tidak selalu sepenuhnya aman. HTTPS hanya berarti bahwa koneksi antara Anda dan situs telah dibuat dengan aman. Namun, situsnya sendiri tetap bisa berbahaya. Anda bisa, contohnya, menemukan versi HTTPS dari situs phishing.

Proxy atau VPN

VPN shieldUntuk merangkum semuanya, proxy tidak sepenuhnya anonim, ataupun 100% aman. Ini alasan mengapa hampir selalu lebih baik untuk menggunakan VPN dibanding proxy. Pada intinya, VPN mengarahkan ulang traffic data Anda seperti layaknya kerja proxy. Di atas itu, VPN mengenkripsi data Anda, sehingga pilihan ini lebih aman. Kemungkinannya kecil bagi VPN untuk membocorkan alamat IP Anda, khususnya saat Anda menggunakan tombol mati daya VPN. Selain itu, koneksi VPN sering kali jauh lebih cepat dibanding proxy. Khususnya untuk browsing dan pengunduhan anonim, VPN adalah pilihan yang lebih bagus. Jika ingin perlindungan paling aman untuk data online Anda, bahkan mungkin Anda ingin memadukan VPN dengan program antivirus yang bagus.

Sebagian besar VPN tidak menyimpan informasi atau data pengguna apapun. Meskipun begitu, ada pentingnya untuk menggunakan layanan VPN yang bisa dipercaya. Beberapa penyedia sudah berjanji untuk tidak menyimpan informasi apapun tentang pengguna, tapi mereka tetap melakukannya. Contoh VPN bagus yang tidak melakukan hal ini adalah ExpressVPN. Ini sebagian alasan mengapa VPN premium ini berada di peringkat 1 dalam top 5 penyedia VPN terbaik pilihan kami.

ExpressVPN
Penawaran:
Dapatkan diskon langganan tahunan + garansi 30 hari uang kembali!
Dari
$6.67
8.9
  • VPN yang mudah digunakan
  • Cocok untuk browsing, pengunduhan, dan streaming secara anonim (contohnya Netflix)
  • 3000+ server di 94 negara
Kunjungi ExpressVPN

Kesan Akhir

Proxy mengarahkan ulang koneksi internet Anda via server – biasanya server eksternal. Proxy bisa meningkatkan kecepatan koneksi internet Anda. Selain itu, layanannya bisa membantu Anda dalam melampaui batasan dan penyensoran online. Terakhir, proxy membantu Anda dalam browsing internet supaya lebih anonim. Namun, perlindungan ini jauh dari kata bagus. Lalu, ada kemungkinan bahwa pemilik proxy mencatat informasi pengguna Anda. Jika Anda peduli akan privasi dan keamanan, lebih baik gunakan VPN.

Server proxy - FAQ

Ingin tahu lebih banyak tentang server proxy? Klik salah satu pertanyaan untuk melihat jawabannya!

Proxy server (atau proxy) adalah sebuah komputer yang bekerja sebagai perantara antara pengguna dan internet. Proxy mengarahkan ulang koneksi internet Anda via server, biasanya yang eksternal. Alamat IP Anda akan tersembunyi dan lokasi serta identitas Anda sebagian tertutupi. Hal ini membuat Anda lebih anonim dan memungkinkan akses ke konten online yang biasanya tidak tersedia di negara Anda.

Namun, perlindungan dan anonimitas yang ditawarkan oleh proxy jauh dari kata baik. Lebih aman dan praktis untuk menggunakan VPN. VPN mengenkripsi koneksi Anda dan menawarkan pilihan tambahan.

Server proxy menawarkan beberapa keuntungan:

  • Kecepatan internet yang kemungkinan lebih tinggi.
  • Perlindungan melawan kode berbahaya.
  • Kemungkinan untuk blacklist situs.
  • Menyembunyikan alamat IP Anda.
  • Melampaui proxy lain dan blokir online.

Proxy juga punya beberapa kekurangan:

  • Mereka tidak menawarkan anonimitas atau keamanan sepenuhnya.
  • Mereka tidak mengenkripsi dan melindungi data Anda.
  • Alamat IP Anda bisa dilacak.
  • Tidak semua halaman yang diblokir bisa diakses.

Perbedaan besar antara proxy dan VPN adalah bahwa VPN mengenkripsi traffic data Anda untuk tingkat keamanan dan privasi yang lebih tinggi. Proxy tidak mengenkripsi data Anda dan tidak menawarkan anonimitas atau keamanan sepenuhnya.

VPN biasanya menawarkan sejumlah lokasi server di negara yang berbeda-beda. Hal ini memberi Anda akses ke lebih banyak konten online. Sebagian besar VPN bagus tidak mencatat informasi pengguna, sedangkan pemilik proxy kemungkinan menyimpan log.

International security coordinator
Marko has a Bachelor's degree in Computer and Information Sciences. He coordinates and manages VPNOverview.com's team of international VPN researchers and writers.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar