VPN vs Proxy: Apa perbedaannya?

Cartoon man doubts between three systems: VPN, Proxy, and SmartDNS
Klik di sini untuk melihat rangkuman singkat artikel ini
Apa perbedaan antara proxy dan VPN?

VPN dan proxy bisa membantu untuk mengubah dan menyembunyikan alamat IP Anda. Anda bisa menggunakan kedua layanan tersebut untuk membuka blokir dari konten online yang dibatasi, contohnya. Tapi, proxy tidak memberi Anda perlindungan tambahan dalam jenis apapun. Lebih dari itu, proxy kurang aman dibanding koneksi VPN.

Jika Anda sangat ingin menelusuri internet secara anonim dan aman, maka lebih baik memilih VPN. VPN mengirim semua aktivitas online Anda melalui terowongan terenkripsi, supaya pihak ketiga lebih kesulitan saat sedang mencari tahu aktivitas online Anda. Proxy tidak menyediakan Anda tingkat keamanan seperti ini.

Ingin mencoba VPN yang bagus dan terjangkau? Kami menyarankan NordVPN.

 

Saat ingin menelusuri internet secara anonim, Anda dapat menggunakan VPN atau proxy.

Baik VPN maupun proxy bisa mengubah tampilan lokasi geografis Anda, sehingga Anda bisa melampaui batasan geografis yang ada di situs. Bayangkan banyaknya layanan streaming yang tidak akan memperlihatkan konten mereka saat Anda tidak berada di negara yang tepat. Atau bayangkan bisa nonton Netflix Amerika di luar wilayah AS. Meskipun VPN dan proxy bisa mencapai hal ini, namun keduanya bekerja dengan cara yang berbeda. Bahkan kata ‘proxy’ itu sendiri merupakan kosa kata yang luas penggunaannya dengan arti yang berbeda-beda. Contohnya, ada proxy umum dan pribadi dengan fungsi masing-masing.

Maka, apa sebenarnya yang membedakan VPN dan proxy? Mana yang paling baik untuk digunakan? Walaupun mereka punya fungsi yang mirip, cara mereka membuat koneksi internet sangat berbeda. Kami akan menjelaskan perbedaan yang dimaksud, cara kerja beragam proxy, serta pro dan kontra yang dimiliki keduanya.

Server proxy

Server proxy adalah sebuah server eksternal yang bisa terhubung dan mengarahkan traffic data mereka. Saat Anda online dengan proxy, semua traffic internet Anda akan terlebih dahulu dikirim melalui proxy. Oleh karena itu, maka data Anda akan terlihat seperti langsung datang dari proxy dan bukan dari komputer atau alamat IP Anda. Sedangkan server VPN secara otomatis mengenkripsi dan melindungi semua data Anda, proxy biasanya tidak melakukan hal ini. Maka, sebuah proxy mampu mengatur jumlah koneksi simultan yang besar dari beragam pengguna (biasanya puluhan ribuan). Tapi, hal ini bisa sangat memperlambat koneksi internet Anda. Banyak penyedia VPN yang juga menawarkan layanan proxy terpisah untuk digunakan para pelanggannya.

Proxy IP different Indonesian

Server proxy mampu berkomunikasi dengan internet melalui beberapa cara. Mereka menggunakan salah satu dari dua protokol untuk tujuan ini, yaitu: HTPP atau SOCKS.

Server proxy HTTP

Protokol HTPP telah dirancang untuk menafsirkan traffic apapun di tingkat HTTP. Proxy yang menggunakan protokol ini hanya dapat bekerja dengan halaman situs. Setiap alamat yang dimulai dengan http:// atau lebih amannya https:// akan ditafsirkan oleh proxy ini. Alhasil, proxy yang menggunakan protokol ini hanya akan efektif saat Anda menggunakan browser. Mengingat proxy ini hanya menerima permintaan HTTP, maka kerjanya akan lebih cepat dibanding VPN atau proxy SOCKS yang harus mengolah lebih banyak data. Lebih dari itu, sebuah proxy HTTP juga bisa membantu Anda untuk melampaui beberapa batasan geografis online. Terakhir, proxy HTTP sering kali gratis atau harganya sangat murah.

Kekurangan utama dari proxy yang menggunakan protokol HTTP adalah data Anda bisa dengan mudah dilacak. Saat menggunakan Flash atau JavaScript, di mana keduanya tidak cocok dengan protokol HTTP, banyak situs yang dapat mengenali alamat IP asli Anda meskipun proxy digunakan. Selain itu, proxy pun tidak mengenkripsi data Anda, sehingga peretas, pemerintah, sistem keamanan, dan ISP Anda bisa mengikuti semua gerak-gerik online Anda. Jika Anda sedang berada di situs HTTPS, traffic data Anda tidak akan dilacak oleh pihak ketiga. Tapi, alamat IP Anda masih tetap terlihat. Kekurangan terakhir dari proxy HTTP adalah bahwa Anda harus melakukan konfigurasi proxy secara terpisah di setiap browser yang Anda gunakan. Hal ini akan membutuhkan banyak energi dan waktu.

Untuk merangkum semua pro dan kontra dari proxy HTTP secara singkat, kami telah membuat gambaran umum tentang hal tersebut di tabel ini:

Pro:Kontra:
Murah (bahkan sering gratis)Hanya berguna untuk mengakses situs
Menyembunyikan alamat IP AndaIP Anda bisa mudah dikenali
Cepat saat digunakanData HTTP tidak terenkripsi dan menjadi rentan akan peretas
Menyediakan akses ke beberapa situs yang dibatasiButuh konfigurasi tersendiri untuk setiap browser

Server proxy SOCKS

Selain dari HTTPS, server proxy bisa menggunakan protokol kedua yaitu: SOCKS. Server proxy SOCKS dapat melakukan lebih dari sekedar penafsiran halaman situs. Mereka juga bisa mengolah semua traffic internet lain, contohnya, aplikasi untuk email Anda, chat IRC, dan program torrent untuk pengunduhan Anda. Dengan begitu, Anda akan tetap lebih anonim saat di luar browser.

Mengingat proxy SOCKS mengolah data yang lebih banyak dibanding proxy HTTP, mereka pun umumnya lebih lambat. Mereka menghadapi masalah keamanan yang serupa juga: Anda masih tetap rentan akan peretas dan IP Anda dapat dikenali, meskipun prosesnya tidak semudah proxy HTTP. Terakhir, Anda juga harus melakukan proses konfigurasi secara terpisah untuk setiap perangkat lunak, contohnya, BitTorrent.

Proxy SOCKS memiliki kelebihan dan kekurangan jika dibandingkan dengan proxy HTTP. Namun tetap saja, server proxy ini sangat berguna dalam situasi-situasi tertentu. Contohnya, jika Anda ingin menyembunyikan identitas Anda untuk mengunduh torrent di BitTorrent, proxy SOCKS yang menggunakan koneksi aman SSL (koneksi dengan tingkat enkripsi yang tersertifikasi) sudah cukup. Tapi, jika Anda berencana mengunduh dokumen atau file ilegal di internet, maka selalu perhatikan regulasi lokal tentang jenis pengunduhan tersebut.

Pro:Kontra:
Menyembunyikan alamat IP AndaLebih lambat dibanding proxy HTTP
Memberi Anda akses ke beberapa situs yang dibatasiTidak mengenkripsi traffic data Anda, sehingga rentan akan peretas
Mengolah setiap jenis traffic internet (termasuk torrent)Butuh konfigurasi tersendiri untuk setiap perangkat lunak
Cukup melindungi untuk penggunaan BitTorrent yang anonim

Server proxy umum vs pribadi

Server proxy dapat melakukan berbagai macam tugas. Untuk membedakan antara proxy dan fungsi yang mereka jalankan, proxy dapat dikelompokkan sesuai cara kerjanya. Pertama, ada perbedaan antara proxy umum dan pribadi.

Server proxy umum

Free Proxy List

Server proxy umum, atauterbuka, adalah proxy yang bisa digunakan oleh siapa saja secara gratis. Hal ini dapat dilakukan karena proxy punya kemampuan untuk menangani ribuan koneksi sekaligus. Ada banyak server online umum, semuanya dapat digunakan secara gratis. Ini termasuk proxy HTTP dan SOCKS, namun umumnya ada lebih banyak proxy HTTP yang tersedia. Anda akan menemukan banyak daftar proxy online umum jika Anda harus mencari di mana. HideMyAss, contohnya, menawarkan sebuah proxy umum gratis di situs mereka.

Sayangnya, server proxy umum kerap kurang stabil. Hal ini dikarenakan sebuah server yang digunakan oleh terlalu banyak orang bisa menjadi terlalu padat dan berhenti berfungsi. Saat server umum bisa mudah ditemukan di internet, banyak orang yang ingin menggunakannya, sehingga terjadi banyak jenis masalah. Koneksi Anda dapat terputus secara tiba-tiba, dan biasanya, kecepatan proxy-nya pun sangat buruk. Lebih dari itu, Anda sering kali harus mengirimkan banyak informasi sensitif ke pemilik dari server anonim tersebut. Semua traffic data Anda masuk melalui server mereka. Terakhir, proxy umum kerap kali tidak menawarkan bentuk bantuan tambahan apapun. Tapi, faktanya banyak proxy terbuka ini yang mudah untuk digunakan dan tersedia secara gratis.

Server proxy pribadi

Server proxy pribadi tidak tersedia bagi semua orang: Anda harus membelinya dengan harga yang murah. Server ini secara umum lebih cepat dari proxy umum. Anda akan membutuhkan username dan kata sandi untuk menggunakannya. Server proxy pribadi cenderung lebih terpercaya dibanding server umum karena mereka sering kali dimiliki dan diatur oleh bisnis dengan reputasi yang baik. Mereka biasanya menawarkan dukungan dan perangkat lunak tambahan yang telah dikonfigurasi untuk penggunaan pribadi Anda. BTGuard dan TorGuard, contohnya, memiliki server spesial untuk mengunduh torrent. Layanan ini menawarkan layanan torrent SOCKS, sedangkan VPN lain mungkin menawarkan layanan HTTP dan SOCKS sekaligus.

Beragam jenis proxy

Sebuah proxy bisa tersedia untuk umum atau pribadi. Namun selain itu, ada cara lain untuk mengelompokkan proxy, yaitu berdasarkan fungsi. Ada proxy situs, proxy transparan, proxy anonim, proxy reverse, dan banyak hal lain. Kami akan menjelaskan secara singkat setiap kategori yang disebutkan di atas.

Proxy situs

Layanan proxy situs, seperti yang ditawarkan oleh CyberGhost, memasang sebuah koneksi dengan server HTTP umum. Saat Anda mengirim sebuah permintaan online ke situs, proxy akan menangkap permintaannya. Mereka akan mengubah permintaan tersebut dan mengirimnya ke tujuan aslinya. Dengan proxy situs, Anda mampu melakukan browsing apapun di browser Anda secara lebih anonim tanpa harus mengunduh atau memasang perangkat lunak tambahan. Anda bahkan tidak harus melakukan konfigurasi terhadap browser Anda. Lebih dari itu, proxy situs biasanya sepenuhnya gratis.

Sayangnya, proxy situs juga memiliki kekurangan: mereka cenderung menggunakan banyak iklan, yang terlihat di seluruh layar Anda. Mereka juga cenderung lebih lambat dan hanya mendukung Flash Player dan JavaScript secara separuh. Lebih dari itu, banyak situs yang memblokir alamat IP milik proxy ini, maka kemungkinan Anda akan mengalami kesulitan dalam mengakses informasi di halaman situs saat menggunakan proxy ini. Semua masalah keamanan saat menggunakan server HTTP juga bisa ditemukan di proxy situs: mereka tidak terlalu aman dan tidak bisa memastikan anonimitas secara penuh saat browsing.

Proxy situs sangat mudah digunakan. Meskipun begitu, masalah kecepatan, kemanan, dan pemblokiran akses mereka membatasi tingkat kegunaan proxy situs secara signifikan. Untuk perlindungan yang layak dan koneksi yang lebih cepat, Anda lebih baik menggunakan jenis proxy lain.

Proxy transparan

Sebuah proxy disebut transparan saat tidak bisa dilihat oleh penggunanya. Dalam hal ini, bisa dibilang proxy tersebut ‘tidak kasat mata’. Seperti layaknya proxy situs, Anda tidak harus melakukan konfigurasi terhadap proxy ini di browser Anda. Penggunaan proxy transparan merupakan ‘kewajiban’ di banyak kasus, bahkan jika penggunanya tidak sadar. Proxy transparan posisinya berada di antara pengguna dan layanan. Saat pengguna tidak dapat melihat data mereka yang terkirim melalui proxy terlebih dahulu, penyedia layanan sudah dapat melihatnya.

Keuntungan utama dari proxy transparan adalah mereka meningkatkan kecepatan internet Anda karena menggunakan caching. Contohnya: saat Anda masuk ke dalam jaringan Wi-Fi gratis di Starbucks sebagai pengguna baru, Anda harus menerima syarat dan ketentuan yang berlaku terlebih dahulu. Layar yang berisi syarat dan ketentuan adalah halaman chached yang disediakan oleh proxy. Setelah Anda menekan tombol setuju, Anda akan langsung dialihkan ke layanan asli yang ditawarkan. Dalam bahasa lain, Anda akan terlebih dahulu diarahkan ke salinan halaman situs yang sudah disimpan. Oleh karena proses itu, penggunaan jaringan besar menjadi lebih mudah dan cepat dengan proxy.

Jika Anda sedang mencari proxy untuk menyembunyikan alamat IP Anda, maka proxy transparan bukan solusinya. Proxy jenis ini secara langsung mengirimkan alamat IP Anda ke pihak penyedia layanan. Maka, proxy ini tidak menyediakan bentuk anonimitas apapun dan hanya menawarkan kemudahan penggunaan dan peningkatan kecepatan.

Proxy anonim

Berbeda dari proxy transparan, sebuah proxy anonim akan menyembunyikan alamat IP Anda. Layanan yang Anda gunakan saat sedang terhubung dengan proxy ini akan dapat melihat jika ada pengunjung di situs mereka yang menggunakan proxy. Namun, mereka tidak akan tahu siapa pengunjungnya, karena mereka tidak bisa melihat alamat IP asli Anda, hanya IP server proxy saja. Tapi, ini bukan solusi yang terjamin. Selain proxy anonim biasa, ada proxy anonim yang ‘ekstrim’ (atau anonimitas tingkat tinggi). Server jenis ini tidak akan terlihat seperti proxy oleh situs-situs, sedangkan proxy anonim biasa masih bisa dikenali sebagai proxy.

Proxy reverse

Sebuah proxy reverse akan melakukan hal kebalikan dari proxy normal. Bukannya melindungi data dari pengguna internet browser, proxy satu ini melindungi server situs yang digunakan. Proxy reverse bisa digunakan untuk melindungi data online di sebuah halaman situs dengan cara memasang firewall. Akses ke halaman-halaman tertentu bisa diizinkan ataupun ditolak oleh pihak proxy. Dengan begitu, pelanggan dari sebuah bank tertentu tidak akan bisa secara tidak sengaja browsing di halaman bank orang lain. Selain itu, proxy reverse juga kerap digunakan untuk menyembunyikan halaman-halaman statis, supaya server tidak mudah penuh.

VPN

Dibanding proxy, Anda juga bisa menggunakan VPN. Virtual Private Network (VPN) membuat sebuah terowongan yang terenkripsi antara komputer Anda dan server. Satu-satunya hal yang dapat dilihat oleh penyedia layanan internet (ISP) Anda, peretas, atau kemungkinan pihak pemerintah adalah koneksi Anda yang datang dari IP server VPN Anda. Semua aktivitas online, IP asli, lokasi dan sejarah unduhan Anda akan tetap tersembunyi di balik enkripsi dan server VPN. Lebih dari itu, VPN memberi Anda akses terhadap beragam lokasi server (tentunya di seluruh dunia), artinya Anda bisa mencapai berbagai jenis halaman dan layanan yang sebelumnya dibatasi secara geografis. Sebuah VPN bekerja seperti pada gambar di bawah ini:

How Does a VPN Work Indonesian

Tidak semua VPN dibuat sama. Meskipun masing-masing mempunyai tujuan yang relatif sama, ada beberapa faktor tambahan yang harus dipertimbangkan. Kami akan menjelaskan tiga pertimbangan utama yang perlu Anda perhatikan. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara penyedia VPN menangani hal-hal tersebut serta topik lain, Anda bisa baca ulasan lengkap kami tentang VPN.

Apa Anda ingin langsung mulai menggunakan VPN yang layak? Anda bisa lihat NordVPN.

NordVPN
Pilihan kami
Pilihan kami
Penawaran:
Hanya $3,29 per bulan untuk program langganan 2 tahun dengan garansi 30 hari uang kembali
Dari
$3.29
9.3
  • Perlindungan luar biasa dan jaringan server yang besar
  • Aplikasi yang bagus dan menyenangkan
  • Tidak ada log
Kunjungi NordVPN

Kebijakan pencatatan

Satu-satunya pihak yang dapat melihat aktivitas online Anda saat sedang menggunakan VPN adalah penyedia VPN itu sendiri. Traffic data Anda dikirim melalui server mereka. Maka, penting untuk memilih sebuah penyedia VPN terpercaya yang tidak akan menyimpan jenis informasi apapun tentang Anda. Penyimpanan data bertolak belakang dengan tujuan dari VPN itu sendiri: yaitu untuk memastikan anonimitas dan keamanan Anda saat online.

Pencatatan data Anda yang mungkin dilakukan penyedia VPN berpotensi buruk. Pemerintah dapat memaksa penyedia VPN untuk memperlihatkan data Anda. Maka, penting untuk selalu memeriksa apabila VPN yang Anda pertimbangkan memiliki kebijakan no log atau tidak. Jika begitu,mereka berjanji untuk tidak menyimpan traffic data Anda, sehingga pihak lain tidak dapat melihatnya juga.

Tingkat ramah konsumen

Jika Anda ingin untuk memasang koneksi VPN di perangkat Anda, maka Anda harus mengunduh dan memasang layanan VPN. Terkadang Anda harus melakukan proses konfigurasi di komputer atau perangkat mobile Anda supaya VPN dapat bekerja. Umumnya, proses ini berjalan cukup cepat: banyak penyedia yang memiliki panduan pemasangan tahap per tahap dan Anda bisa menggunakannya meskipun Anda kurang handal dengan komputer. Setelah VPN Anda terpasang dan aktif, maka semua data online Anda akan terkirim secara aman melalui terowongan VPN. Anda tidak harus khawatir akan program atau browser apa yang digunakan, semua traffic akan ditangani.

Perangkat lunak yang disediakan oleh layanan VPN cukup beragam. Meskipun suatu penyedia mungkin memiliki aplikasi yang sederhana dan terstruktur untuk kemudahan penggunaan, VPN lain mungkin memilih untuk menambahkan beberapa pilihan tambahan ke dalam perangkat lunak mereka, sehingga tampilan client sedikit ramai dan sulit digunakan. Tergantung atas keinginan sendiri, Anda mungkin lebih menyukai jenis yang satu dibanding yang lain.

Harga

Program langganan VPN biasanya tidak gratis. Untungnya, harga yang ditawarkan tidak terlalu buruk: hanya dengan beberapa dolar saja per bulan, Anda sudah bisa menikmati layanan VPN yang sangat baik. Saat dibandingkan dengan proxy situs yang gratis, harga VPN mungkin dinilai terlalu mahal, tapi Anda akan mendapat perlindungan dan enkripsi tambahan sebagai timbal baliknya. Ada beberapa VPN gratis yang sangat layak. Saat memilih VPN gratis, Anda harus waspada akan VPN yang Anda pilih. VPN yang baik dan terpercaya biasanya memiliki batasan kecepatan dan data, tapi VPN seperti ini jauh lebih baik dibanding banyak VPN yang berpura-pura gratis. Anda dapat menemukan VPN jenis ini di internet dan kerap mereka tidak dapat bekerja atau penuh dengan malware. Sebuah VPN gratis yang baik akan tetap memberikan Anda perlindungan yang lebih baik dibanding proxy.

Jika Anda ingin perlindungan lengkap tanpa batasan apapun, kami menyarankan Anda untuk menyisihkan beberapa dolar per bulan dan membeli VPN premium. Dibanding proxy, VPN akan membuat pengalaman internet Anda menjadi lebih aman dan anonim. Jika Anda memilih penyedia yang murah, seperti Surfshark, Anda akan mendapat penawaran terbaik yang bisa Anda temukan.

Untuk mempermudah proses Anda dalam memilih antara VPN dan proxy, kami telah membuat daftar pro dan kontra dari VPN untuk Anda dalam tabel di bawah ini.

Pro dari VPN:Kontra dari VPN:
Aktivitas Anda di internet akan terlindungi dengan baikHarga
Tingkat enkripsi yang tinggiKemungkinan adanya pencatatan
Cepat saat digunakan
Tersedia di banyak negara/lokasi server

Mana yang terbaik: VPN atau proxy?

Dalam hal privasi dan keamanan, VPN unggul jauh di depan proxy. Proxy menyembunyikan IP Anda, namun mereka tidak menawarkan hal lain dalam sektor perlindungan. Maka dari itu, Anda mungkin memilih untuk menggunakan proxy dalam situasi tertentu saja. Sebalikya, VPN menyediakan lebih banyak fitur enkripsi dan keamanan dibanding proxy, meskipun fitur itu tidak selalu diperlukan, tergantung pada aktivitas yang dilakukan dan cara pilihan untuk mengatur privasi online Anda.

Kapan proxy digunakan

  • Melampaui firewall atau geoblokir: Saat berusaha untuk mengakses layanan streaming atau situs yang dibatasi, server proxy mungkin sudah cukup. Namun, hal ini biasanya hanya berlaku jika Anda tidak sedang mengirimkan data sensitif dan tidak perlu menyembunyikan aktivitas online Anda. Pengguna juga harus tahu bahwa beberapa layanan seperti Netflix yang memiliki teknologi anti-proxy dan bisa memblokir koneksi dari server proxy.
  • Saat menggunakan sistem operasi yang sudah usang: Proxy tidak mengharuskan Anda untuk memasang perangkat lunak karena mereka dapat berfungsi tanpanya. Hal ini bisa jadi keuntungan jika Anda memiliki sistem operasi yang usang atau sudah kadaluwarsa. VPN dapat memperlambat kecepatan browsing Anda, sedangkan khususnya proxy HTTP hampir tidak mempengaruhi performa kerja mesin Anda. Ada juga server proxy caching yang dapat menyimpan salinan situs yang sering Anda kunjungi untuk mengurangi bandwidth dan meningkatkan performa mesin Anda.

Kapan VPN digunakan

  • Browsing internet: Jika Anda sedang browsing internet atau mengakses informasi sensitif saat online, VPN akan mengenkripsi data Anda dan menyimpannya supaya aman dari peretas dan penjahat cyber.
  • Terhubung ke Wi-Fi umum: Jika Anda sedang terhubung ke Wi-Fi umum atau jaringan lainnya yang tidak terlindungi, VPN menjadi penting. Penjahat cyber kerap meretas jaringan yang tidak terlindungi dan dapat mengakses data apapun yang Anda kirimkan melalui jaringan tersebut. VPN memastikan bahwa data Anda tetap terlindungi dari para peretas.
  • Mengakses konten yang dibatasi berdasarkan kawasan: Meskipun proxy bisa bekerja untuk mengakses beberapa konten tertentu yang dibatasi berdasarkan kawasan, banyak layanan yang memiliki perangkat lunak untuk memblokir proxy. Beberapa layanan tersebut juga punya pemblokir VPN, tapi Anda umumnya dapat menggunakan VPN premium untuk melampauinya.
  • Melampaui sensor pemerintah: Jika Anda tinggal di negara dengan sensor dan pengawasan online yang luas, maka hanya VPN premium yang memungkinkan Anda untuk melampaui sensor secara aman dan menyembunyikan aktivitas online Anda dari pihak pemerintah.

Kesimpulan: penjelasan VPN vs proxy

VPN dan proxy adalah alat yang meningkatkan privasi dan kebebasan online Anda. Namun, cara mereka melakukannya serta tingkat privasi dan kebebasan yang ditawarkan oleh kedua layanan ini cukup berbeda.

Server proxy adalah server eksternal yang bisa terhubung dengan pengguna internet untuk mengarahkan traffic data mereka melalui server proxy dan membuat traffic seakan-akan berasal dari server tersebut. Dalam kondisi itu, situs akan melihat alamat IP dari server proxy dan bukan alamat IP milik penggunanya serta mereka akan mengira bahwa pengguna berada di lokasi server proxy. Hal ini meningkatkan privasi dan kebebasan internet. Pada dasarnya, jika Anda terhubung ke sebuah server proxy di “negara yang tepat” Anda bisa melampaui batasan geografis.

VPN c

Seperti layaknya proxy, VPN mengubah alamat IP Anda dengan terhubung ke server eksternal di jaringan VPN. Tapi, VPN juga mengenkripsi traffic data Anda, yang meningkatkan keamanan dan privasi online Anda. Selain itu, VPN secara umum menawarkan lokasi server di sejumlah negara sehingga ada lebih banyak potensi untuk membuka blokir geografis. Ini alasan mengapa VPN mungkin pilihan terbaik Anda jika ingin privasi, keamanan dan kebebasan online yang lebih banyak.

VPN vs Proxy: FAQ

Punya pertanyaan tertentu tentang perbedaan antara VPN dan server proxy? Lihat bagian FAQ kami di bawah ini.

Ada beberapa perbedaan antara kedua layanan ini. Pertama, VPN mengenkripsi traffic data Anda untuk keamanan dan privasi tambahan, sedangkan proxy biasanya tidak melakukan hal ini. Selain itu, VPN secara umum menawarkan beberapa atau beragam lokasi server di banyak negara, sehingga Anda punya akses ke konten online yang lebih banyak. Terakhir, VPN biasanya menawarkan kecepatan yang lebih bagus dibanding server proxy. Untuk semua perbedaan dan beberapa informasi lainnya, Anda bisa baca artikel ini.

Server proxy adalah sebuah server eksternal yang bisa Anda hubungkan dengan perangkat Anda untuk menyembunyikan dan mengubah alamat IP Anda. Hal ini membuat Anda lebih anonim dan memberi akses ke konten online yang sebelumnya diblokir di negara Anda.

VPN (virtual private network) adalah – sering kali berskala global – jaringan server yang bisa Anda hubungkan dengan perangkat Anda untuk lebih anonim, aman, dan bebas saat online. Pada dasarnya, VPN mengubah alamat IP dan mengenkripsi traffic data Anda. Ini artinya identitas Anda akan tetap tertutup dan data Anda tetap aman. Ini juga berarti Anda mendapat akses ke konten yang biasanya tidak tersedia di negara Anda (jika Anda memilih server di “negara yang tepat”).

Umumnya VPN akan menawarkan pilihan yang lebih banyak serta khususnya privasi dan keamanan yang lebih banyak dibanding server proxy. Hal ini berkat enkripsi yang ditawarkan VPN, banyaknya lokasi server dan pilihan tambahan yang ditawarkan banyak VPN. Baca artikel ini untuk informasi lebih lanjut.

Analis keamanan cyber
David adalah seorang analis keamanan cyber dan salah satu pendiri VPNoverview.com. Tertarik dengan fenomena “identitas digital”, dan khususnya peduli dengan hak atas privasi serta perlindungan data pribadi
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar