Apa itu IP dedicated dan kenapa Anda membutuhkannya?

Dedicated IP feature
Klik di sini untuk melihat rangkuman singkat tentang artikel ini
IP dedicated: sebuah rangkuman

Beberapa penyedia VPN menawarkan pelanggan mereka pilihan untuk meminta IP dedicated. Ini artinya Anda akan mendapat alamat IP statis yang hanya digunakan oleh Anda namun tetap menyembunyikan IP asli Anda. Hal ini punya beberapa kelebihan dibanding IP bersama:

  • Kemungkinan lebih kecil bagi Anda untuk masuk daftar blacklist
  • Anda tidak harus melalui banyak proses verifikasi tambahan
  • Anda bisa lebih cepat mengirim email
  • Anda bisa bekerja dari rumah

Alamat IP dedicated juga punya beberapa kekurangan. Pertama, fitur ini mempengaruhi privasi online Anda. Kedua, harganya bertambah. Akan tetapi, IP dedicated adalah solusi yang sempurna untuk banyak pengguna VPN.

Apakah Anda ingin menggunakan IP dedicated? Tidak semua penyedia VPN menawarkan hal ini. Penyedia bagus yang menyediakan fitur ini adalah NordVPN:

Ingin tahu lebih banyak tentang IP dedicated? Baca artikel lengkap kami di bawah ini.

Jika Anda sedang membandingkan beberapa pilihan penyedia VPN, Anda mungkin telah mengenal “IP dedicated”. Sebagian besar penyedia VPN akan melihat hal ini sebagai kelebihan dari layanan yang mereka tawarkan dibanding penyedia lain. Tapi sebenarnya apa itu IP dedicated? Mengapa Anda sebaiknya memilih VPN yang menawarkan pilihan ini? Artikel ini akan menjelaskan semuanya. Kami akan membahas perbedaan antara IP bersama (shared) dan IP dedicated. Setelah itu, kami akan memaparkan kelebihan dan kekurangan dari IP dedicated.

Apa itu IP dedicated?

Laptop With Lock

IP dedicated adalah sebuah alamat IP yang hanya digunakan oleh satu orang. Pada sebagian besar waktu saat terhubung ke sebuah server VPN, Anda akan berbagi alamat IP dengan banyak pengguna lain. Contohnya Anda memiliki lokasi server di New York, maka Anda akan mendapat IP dengan lokasi tersebut. Alamat IP yang sama juga digunakan oleh banyak pengguna lain yang memilih lokasi New York. Singkat kata, traffic data milik banyak orang terkirim melalui server yang sama. Hal ini tidak akan terjadi dengan IP dedicated.

Dengan layanan IP dedicated, penyedia akan memberi alamat IP statis yang hanya bisa digunakan oleh Anda. IP ini tentu akan berbeda dari IP lokal Anda yang asli, sehingga Anda akan tetap terlindungi saat online. Semua traffic data Anda akan dikirim melalui IP tersebut tanpa sama sekali mengurangi tingkat privasi Anda. Selain itu, tidak ada pihak lain yang bisa menggunakan IP dedicated Anda. Sayangnya, sebagian besar IP dedicated membutuhkan biaya tambahan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang alamat IP, Anda bisa baca artikel kami berjudul “Apa itu alamat IP saya”, yang akan memungkinkan Anda untuk memeriksa IP yang digunakan untuk browsing saat ini.

Apa perbedaan antara IP dedicated dan IP bersama?

Perbedaan antara IP dedicated dan bersama mungkin sudah jelas dalam penjelasan di atas. Meskipun begitu, karena perbedaan ini sangat penting untuk memahami kelebihan dan kekurangan dari IP dedicated, maka kami ingin menjelaskan perbedaannya secara lebih lanjut. Dengan alamat IP dedicated, Anda selalu punya alamat IP yang sama, di mana pun Anda berada. Anda bisa selalu terhubung ke alamat IP tersebut dengan server VPN yang spesifik juga.

Seperti namanya, Anda harus berbagi IP bersama (shared) dengan pengguna lain. Norma ini yang berlaku untuk banyak penyedia VPN. Ini artinya Anda akan menggunakan alamat IP yang sama dengan beberapa pengguna lain dari penyedia yang sama. Baik data Anda maupun traffic banyak pengguna lain di seluruh dunia akan dikirim melalui server yang sama. Contohnya, beberapa orang mungkin menggunakan server New York yang sama untuk mengakses Netflix.

Lebih dari itu, Anda sering kali akan diberikan IP yang berbeda saat terhubung ke server VPN yang hanya memiliki alamat IP bersama. Penyedia VPN sering mengalihkan pengguna dari satu alamat IP ke alamat lainnya untuk keamanan tambahan. Baik saat sedang terhubung ke lokasi server yang berbeda atau tidak, kemungkinannya alamat IP Anda selalu berubah saat menggunakan IP bersama.  Hal ini tidak akan terjadi dengan IP dedicated. Gambar di bawah ini menggambarkan perbedaan antara dua jenis alamat IP.

Dedicated IP Indonesian

Kelebihan dari alamat IP dedicated

Ada cukup banyak kelebihan dari penggunaan alamat IP dedicated dibanding IP bersama, baik untuk pengguna individu dan bisnis. Kami telah mengumpulkan beberapa contoh kelebihan terpenting di bawah ini.

Terhindar blacklist

List with magnifying glass

Salah satu kelebihan terbesar dari IP dedicated adalah bahwa alamat IP Anda tidak akan mudah masuk blacklist. Saat Anda punya IP dedicated, Anda akan menjadi satu-satunya orang yang menggunakan alamat IP tersebut, sedangkan alamat IP bersama memiliki banyak sekali pengguna. Dampaknya berbeda dalam aspek cara situs menerima Anda sebagai pengunjung: IP dedicated tidak akan menyebabkan kecurigaan apapun.

Mengambil contoh Netflix. Bayangkan jika Anda menggunakan IP bersama yang ditawarkan oleh penyedia VPN untuk nonton Netflix. Kemungkinan besar Anda bukanlah satu-satunya pengguna yang melakukannya. Oleh karena banyak orang yang mencoba untuk mengakses akun Netflix yang berbeda-beda dari IP bersama yang sama, layanan streaming akan mulai curiga. Mereka akan tahu bahwa alamat IP tersebut kemungkinan milik layanan VPN. Mereka tidak akan bisa melakukan verifikasi perihal lokasi banyak pengguna dari IP tersebut yang ingin mengakses konten mereka. Netflix menawarkan beragam serial TV dan film tergatung pada lokasi Anda. Jika pihak perusahaan tidak bisa memastikan lokasi asli Anda, mereka akan sepenuhnya memblokir akses. IP bersama yang Anda gunakan untuk nonton Netflix akan dimasukkan ke dalam blackslist mereka. Alhasil, Anda tidak akan bisa menonton konten apapun menggunakan alamat IP tersebut. Sebaliknya, Anda akan mendapat notifikasi pemberitahuan untuk mematikan proxy Anda jika ingin mengakses layanan streaming kembali.

Seperti contohnya, sebuah situs dapat memblokir alamat IP bersama saat banyak orang menggunakannya untuk mendapat akses. Tapi, saat menggunakan IP dedicated, Anda akan menjadi satu-satunya orang yang mencoba untuk mengkases situs tersebut, baik itu situs Netflix atau platform lain. Maka, kemungkinannya lebih kecil bagi IP Anda untuk masuk blacklist. Anda bisa menikmati internet bebas selama yang diinginkan. Singkatnya: dengan IP dedicated, Anda akan mendapatkan akses ke semua layanan streaming favorit Anda tanpa harus khawatir diblokir.

Mohon dicatat bahwa alamat IP dedicated tidak menjamin VPN bebas dari deteksi situs dan layanan.

Tidak ada proses verifikasi tambahan

Saat situs memasukkan alamat IP Anda dalam blacklist, biasanya akibat rasa tidak percaya atau kecurigaan. Kemungkinan besar, penggunaan alamat IP tersebut terlihat tidak reguler atau tidak bisa diprediksi. Akibat pola yang tidak teratur, situs mencurigai adanya penyalahgunaan IP atau akun Anda sehingga akhirnya mengambil tindakan. Dalam beberapa kasus, hal ini berarti dengan cara memasukkan IP Anda ke dalam blacklist, tapi bisa juga dengan mewajibkan Anda untuk melalui tahapan verifikasi tambahan sebelum bisa masuk ke dalam sebuah layanan.

Situs seperti Gmail, PayPal, dan eBay dapat meminta verifikasi tambahan jika mereka melihat ada lebih dari satu orang yang menggunakan sebuah alamat IP yang sama sekaligus. Mereka juga menjadi curiga saat Anda menggunakan alamat IP yang berbeda untuk masuk ke dalam akun Anda dibanding IP yang digunakan saat Anda membuat akun tersebut. Sering kali mereka tidak akan mempercayai alamat IP bersama, sehingga mereka ingin memeriksa kembali identitas Anda. Contohnya, mereka bisa meminta Anda untuk melakukan verifikasi untuk memastikan Anda bukan robot. Ada kemungkinan bahwa, setiap kali Anda mengakses jasa tersebut dengan alamat IP yang berbeda-beda, Anda harus melalui tahapan tambahan. Dengan IP dedicated, Anda tidak akan mengalami masalah ini, sehingga menghemat banyak waktu.

Lebih cepat mengirim email

Kelebihan lain dari IP dedicated adalah bahwa email yang datang dari alamat IP jenis ini akan lebih dipercaya oleh jasa persuratan seperti Gmail dibanding email yang datang dari alamat IP bersama. Traffic email yang dikirim melalui alamat IP dedicated akan lebih diutamakan dibanding traffic alamat IP bersama. Hal ini terjadi, karena email yang dikirim melalui alamat IP bersama memerlukan pemeriksaan tambahan oleh pihak penyedia layanan. Email tersebut bahkan bisa berakhir di folder spam. Untuk memastikan email Anda akan sampai tujuan lebih cepat dan tidak berakhir di folder spam, Anda bisa menggunakan alamat IP dedicated. Anda bisa berkomunikasi secara lebih cepat, sebuah hal yang penting dalam beberapa situasi, contohnya saat kerja.

Bekerja dari rumah

Businessmen shaking hands

Untuk para pengguna yang berbisnis, IP dedicated menjadi sangat berguna untuk mendapatkan akses ke sebuah jaringan tertentu. Beberapa jaringan hanya dapat diakses melalui alamat IP spesifik atas dasar alasan keamanan. Dengan begitu, atasan Anda dapat menjamin bahwa hanya pihak yang memiliki akses ke koneksi internet di kantor yang dapat mengakses dokumen penting dan data lainnya yang berhubungan dengan bisnis. Kekurangan dari sistem ini adalah bahwa Anda tidak akan dapat mengakses file tersebut hanya dengan koneksi internet Anda di rumah atau alamat IP bersama yang ditawarkan oleh VPN.

Dengan IP dedicated, Anda akan mendapat akses ke jaringan-jaringan tersebut di mana pun kalian berada. Hal ini bisa sangat membantu Anda saat ingin bekerja dari rumah atau saat sedang bepergian. Melalui IP dedicated, Anda dapat dengan mudah terhubung ke jaringan kerja Anda. Secara terus-menerus, IP dedicated tersebut akan selalu melindungi koneksi Anda.

Satu catatan penting yang harus diperhatikan adalah bahwa Anda tidak akan dapat mengakses jaringan bisnis Anda dengan IP dedicated sembarangan. Hal terbaik yang dapat dilakukan jika Anda ingin menggunakan IP dedicated untuk bekerja dari rumah adalah dengan menghubungi atasan Anda dan meminta mereka untuk menyiapkan koneksi yang aman dengan alamat IP yang tepat untuk digunakan oleh Anda.

Kekurangan dari alamat IP dedicated

Sayangnya, ada beberapa kekurangan saat memiliki alamat IP dedicated. Pertama-tama, layanan ini jarang disediakan secara gratis: kemungkinan besar Anda harus membayar lebih untuk layanan VPN jika menginginkan IP dedicated. Harga IP dedicated bisa berkisar dari beberapa dolar per bulan sampai 100 dolar per tahun. Oleh karena harga itu akan meningkatkan harga program langganan bulanan Anda, maka hal ini penting untuk dipertimbangkan.

Kekurangan lainnya adalah Anda mungkin harus mengorbankan sebagian dari privasi yang disediakan oleh VPN. Jika Anda menggunakan IP dedicated yang statis, situs-situs masih bisa membuat profil tentang Anda berdasarkan preferensi online Anda. Dengan begitu, mereka dapat memperlihatkan iklan yang spesifik berdasarkan profil tersebut. Selain itu, ada kemungkinan yang lebih besar bagi pihak lain untuk mengaitkan aktivitas online Anda dengan diri Anda pribadi. Ini artinya Anda menjadi lebih tidak anonim dengan IP dedicated.

IP dedicated: gambaran luas tentang kelebihan dan kekurangannya

Untuk rangkuman singkat tentang kelebihan dan kekurangan dari IP dedicated, Anda bisa lihat tabel di bawah ini.

Kelebihan dari IP dedicatedKekurangan dari IP dedicated
Kemungkinannya lebih kecil untuk diblokir oleh situs seperti NetflixHarga lebih tinggi
Tidak perlu melalui proses verifikasi ganda saat buka situs seperti Gmail, eBay, atau PayPalAnonimitas berkurang
Email akan dikirim dan diterima secara lebih cepat
Email tidak akan mudah dialihkan ke folder spam
Anda bisa dapat akses ke jaringan yang hanya mengizinkan satu IP spesifik, di mana pun Anda berada

Layanan VPN bermutu dengan pilihan IP dedicated

Apa Anda sudah memutuskan untuk membeli IP dedicated, tapi belum tahu penyedia VPN mana yang sebaiknya dipilih untuk fungsi tersebut? Di bawah ini, kami telah mengumpulkan daftar berisi dua penyedia VPN terbaik yang menawarkan layanan IP dedicated.

IP dedicated dengan TorGuard

Saat membahas layanan IP dedicated, penyedia pertama yang terlintas di pikiran adalah TorGuard. TorGuard mungkin bukan VPN terbaik untuk semua orang, karena perlu orang berpengalaman untuk paham cara kerjanya yang benar. Maka, kami tidak menyarankan VPN ini bagi pemula. Pengguna perlu pengetahuan teknis, maka perangkat lunak TorGuard dikenal kurang ramah konsumen. Namun, TorGuard tetap merupakan VPN yang bagus dengan kecepatan yang tinggi, jumlah server yang banyak, dan kualitas keamanan yang sangat baik. Hal terpenting adalah, dari semua penyedia yang kami sebutkan di dalam artikel ini, TorGuard memiliki pilihan lokasi yang paling banyak untuk pengguna IP dedicated.

Layanan IP dedicated TorGuard termasuk murah. Selain itu, harga dari layanannya akan lebih murah saat Anda memilih program langganan yang berjangka waktu lebih panjang. IP dedicated pun sangat mudah untuk didapatkan dengan TorGuard: Anda bisa pilih satu dari halaman mereka, langsung setelah Anda selesai membeli program langganan.

Torguard
Dari
$5.00
7.8
  • Mengizinkan torrent
  • Penawaran server cepat yang banyak
  • Membutuhkan beberapa pengetahuan teknis
Kunjungi Torguard

IP dedicated dengan NordVPN

NordVPN adalah salah satu penyedia VPN terbaik yang ada di pasar. VPN mereka terkenal cepat, aman, dan mereka menawarkan layanan IP dedicated. Menurut kami, NordVPN adalah penyedia terbaik yang menawarkan layanan IP dedicated. Namun, layanan IP dedicated mereka belum terlalu berkembang dibanding layanan lain, contohnya, TorGuard. NordVPN menawarkan IP dedicated di tujuh lokasi berbeda: Amerika Serikat, Jerman, Inggris, Belanda, dan Perancis.

Sayangnya, pilihan IP dedicated yang ditawarkan masih cukup sulit untuk dipasang di NordVPN. Anda harus memiliki program langganan NordVPN terlebih dahulu, lalu membuat akun baru untuk membayar layanan IP dedicated Anda via kode kupon khusus. Setelah itu, Anda bisa menghubungi layanan pelanggan NordVPN untuk menggabungkan kedua akun tersebut.

Meskipun ada kesulitan tersebut, NordVPN menawarkan kualitas yang bagus untuk uang yang telah Anda bayarkan. Hal ini membuat NordVPN menjadi VPN yang luar biasa, terlepas dari keinginan Anda untuk menggunakan IP dedicated atau tidak. Jika Anda menginginkan IP dedicated, NordVPN akan memberikannya dengan harga tambahan yaitu $70 di samping harga program langganan Anda. Dalam hal performa dari VPN, termasuk tingkat ramah konsumen, kami lebih memilih Nord dibanding TorGuard. Namun, jika Anda secara spesifik ingin mencari pilihan yang beragam untuk IP dedicated, Anda mungkin akan lebih memilih TorGuard.

NordVPN
Pilihan kami
Pilihan kami
Penawaran:
Hanya $3,29 per bulan untuk program langganan 2 tahun dengan garansi 30 hari uang kembali
Dari
$3.29
9.3
  • Perlindungan luar biasa dan jaringan server yang besar
  • Aplikasi yang bagus dan menyenangkan
  • Tidak ada log
Kunjungi NordVPN

Kesan akhir

Alamat IP dedicated memberi Anda kesempatan untuk online dengan cara yang aman menggunakan alamat IP yang sama. Alamat IP ini tidak akan sama dengan IP asli Anda, namun juga tidak akan digunakan oleh pengguna VPN lainnya. Tidak semua penyedia VPN menawarkan pilihan untuk meminta IP dedicated. Jika mereka menawarkan, maka Anda harus membayar lebih dibanding program langganan VPN biasa.

IP dedicated memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dibanding dengan IP bersama. Secara umum, IP dedicated akan membuat Anda lebih terlihat oleh situs dan pihak lain. Hal ini bisa berguna, jika Anda tidak ingin terus-menerus melakukan verifikasi identitas atau tidak ingin IP yang Anda gunakan untuk terkena blokir oleh situs dan layanan seperti Netflix. Namun, Anda juga mengorbankan beberapa unsur anonimitas VPN. Jika Anda ingin membeli VPN yang punya layanan IP dedicated, kami menyarankan TorGuard atau NordVPN.

IP Dedicated: FAQ

Punya pertaan tentang IP dedicated? Kami senang membantu Anda. Langsung klik salah satu pertanyaan di bawah ini untuk melihat jawabannya.

Sebagian besar penyedia VPN memberi Anda alamat IP yang juga digunakan oleh pengguna lain. Beberapa VPN menawarkan pilihan IP dedicated. Anda akan mendapat sebuah alamat IP statis yang unik dan hanya akan digunakan oleh Anda. Alamat IP asli Anda tetap tersembunyi.

Penggunaan IP dedicated memiliki beberapa keuntungan:

  • Alamat IP Anda lebih kecil kemungkinannya untuk masuk blacklist.
  • Anda tidak perlu terus-menerus melakukan verifikasi identitas.
  • Anda bisa lebih cepat mengirim email tanpa masalah.
  • Lebih mudah bekerja dari rumah.

Penggunaan IP dedicated juga punya beberapa kekurangan:

  • IP dedicated mungkin memerlukan biaya tambahan.
  • Jika Anda menggunakan IP dedicated, lebih mudah untuk diikuti saat online sehingga kurang anonim.

Sejauh pemahaman kami, TorGuard dan NordVPN adalah penyedia VPN bermutu dengan pilihan IP dedicated.

Analis keamanan cyber
David adalah seorang analis keamanan cyber dan salah satu pendiri VPNoverview.com. Tertarik dengan fenomena “identitas digital”, dan khususnya peduli dengan hak atas privasi serta perlindungan data pribadi
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar