Apa itu Tombol Mati Daya?

Kill Switch Featured
Klik di sini untuk melihat ringkasan artikel ini
Tombol mati daya: sebuah rangkuman

Tombol mati daya adalah tombol berhenti darurat. Fitur ini di sebagian besar perangkat lunak VPN secara otomatis memblokir semua traffic internet jika koneksi VPN Anda terputus. Dengan begitu, data Anda akan tetap aman, terlindungi, dan anonim.

Sebuah VPN terpercaya dengan tombol mati daya yang baik adalah ExpressVPN. Tekan tombol di bawah jika ingin mencoba penyedia VPN satu ini.

Ingin tahu lebih banyak tentang tombol mati daya, cara kerjanya, dan alasan mengapa ada baiknya untuk memilih VPN yang punya fitur tersebut? Baca artikel di bawah ini untuk mengetahui semuanya.

Jika Anda tertarik dengan VPN atau pernah membaca beberapa ulasan kami, kemungkinan besar Anda sudah pernah mendengar tentang “tombol mati daya”. Tombol mati daya sering dianggap sebagai kelebihan besar dari penyedia VPN yang menawarkannya. Tetap saja, banyak dari pembaca kami yang sepertinya tidak tahu secara pasti fungsi tombol mati daya dan alasan penggunaannya. Maka, Anda bisa membaca semua hal tentang tombol mati daya di bawah ini.

Apa itu tombol mati daya?

Kill Switch Off

Pada dasarnya, tombol mati daya adalah mekanisme yang menyebabkan sebuah mesin untuk mati secara tiba-tiba saat terjadi masalah. Tombol ini juga bisa digunakan layaknya tombol berhenti darurat di dalam perangkat lunak, bukan hanya pada mesin fisik saja.

Jika sebuah mesin rusak, bermasalah, atau mulai bekerja dengan tidak baik, tombol mati daya dapat digunakan untuk mematikan mesin secara tiba-tiba. Sebagian besar jenis mesin berat memiliki tombol ini untuk fungsi perlindungan. Seperti yang mungkin Anda bayangkan, tombol mati daya penting pada mesin dengan bor dan gergaji yang mungkin membahayakan para pengguna saat lepas kendali. Tombol mati daya kerap ditampilkan sebagai tombol merah terang pada mesin, supaya mudah ditemukan. Dengan satu tombol itu, Anda bisa langsung menghindari situasi berbahaya. Bukan hanya mesin berat, beberapa kendaraan dan elevator juga memiliki tombol darurat dengan fungsi tombol mati daya. Fungsi ini selalu ditambahkan untuk memastikan keamanan pengguna.

Tombol mati daya untuk perangkat lunak

Sama seperti mesin, beberapa perangkat lunak juga menggunakan tombol mati daya. Contohnya, perangkat lunak yang digunakan oleh perusahaan besar yang mengumpulkan banyak data pengguna, atau perangkat lunak milik pemerintah yang berisi beragam jenis informasi sensitif. Jika perangkat lunaknya sampai pada tangan pihak yang salah, tombol mati daya bisa memastikan bahwa pihak tersebut tidak akan bisa melihat data sensitif apapun. Tanpa perizinan yang tepat, pihak yang ingin mengakses informasi tidak akan mendapat informasi tersebut. Data yang ada akan disembunyikan atau tidak dapat diakses. Tombol mati daya bahkan dapat sepenuhnya menghapus perangkat lunak. Dengan begitu, informasi sensitif akan bebas dari bahaya.

Tombol mati daya juga bisa digunakan untuk hal lain. Smartphone cenderung menggunakan fitur ini untuk mengurangi kesempatan terjadinya pencurian. Mengingat tombol mati daya bisa membuat perangkat sepenuhnya tidak dapat dipakai, maka kemungkinannya lebih rendah bagi pencuri untuk berusaha mencurinya. Beberapa smartphone Windows, Google, dan Apple juga memiliki tombol mati daya untuk memastikan keamanan aplikasi yang sudah dipasang. Jika sebuah aplikasi pada telepon terinfeksi perangkat lunak berbahaya, tombol mati daya bisa langsung memisahkan dan menghentikan aplikasi tersebut. Hal ini mencegah penyebaran infeksi dan mengamankan bagian lain dari perangkat. Lebih dari itu, perangkat lunak yang berbahaya juga bisa langsung dihapus.

Mengapa VPN punya tombol mati daya?

Sebagian besar orang menggunakan VPN untuk melindungi privasi mereka. Harapan mereka adalah untuk bisa tetap anonim saat browsing internet, dan VPN dapat membantu dalam hal ini. Namun, jika VPN Anda mengalami malfungsi sementara, Anda akan kehilangan perlindungan. Data Anda akan dikirim ke internet tanpa perlindungan tambahan dari terowongan VPN. Alhasil, alamat IP Anda tetap akan terlihat oleh pihak eksternal. Tombol mati daya menjadi berguna di bagian ini.

Tombol mati daya memastikan bahwa Anda tidak akan pernah online tanpa perlindungan. Jika VPN Anda mengalami malfungsi saat browsing, tombol mati daya akan langsung mematikan koneksi internet. Selama VPN masih mengalami masalah koneksi, Anda tidak akan bisa browsing, streaming, atau mengunduh apapun. Mengingat koneksi internet Anda seluruhnya dihentikan, alamat IP asli Anda akan tetap dilindungi dan privasi Anda tetap terjaga. Peretas tidak akan mampu mendapatkan data Anda. Dalam bahasa lain, tombol mati daya memastikan bahwa VPN tetap melindungi Anda, bahkan jika VPN tidak bekerja sebaik yang diharapkan. Gambar di bawah ini menggambarkan cara kerja tombol mati daya.

Kill Switch Indonesian

Mengapa koneksi VPN saya terputus?

Putusnya koneksi VPN dapat terjadi karena beberapa alasan. Di bawah ini adalah beberapa yang kerap terjadi:

  • Koneksi internet yang buruk: Jika Anda memiliki koneksi internet yang buruk sejak awal, kemungkinannya VPN Anda juga mengalami masalah yang sama. Hal ini dapat terjadi saat Anda menggunakan jaringan Wi-Fi dengan sinyal yang lemah, contohnya. Berganti dari satu jaringan ke jaringan lain juga punya efek yang mirip.
  • Masalah server VPN: Kemungkinan penyebab lainnya adalah server VPN. Jika sebuah server mengalami beberapa malfungsi internal, maka bisa menyebabkan koneksi VPN Anda sepenuhnya terputus. Masalah ini bisa disebabkan oleh kekuatan sinyal server tersebut, gangguan pada server fisik, atau karena hilangnya koneksi secara sementara. Lalu, saat sebuah server tertentu digunakan oleh banyak orang sekaligus, maka server menjadi terlalu ramai. Dalam keadaan seperti ini, masalah kerap terjadi: koneksi bisa menjadi sangat lambat atau terputus sepenuhnya.
  • Pengaturan firewall, antivirus atau router: Faktor lain yang mungkin menjadi penghalang adalah pengaturan program lain pada perangkat Anda. Beberapa program memiliki pengaturan spesifik, yang mana jika diaktifkan, tidak akan memungkinkan VPN Anda untuk memasang koneksi. Firewall atau program antivirus bisa menganggap koneksi eksternal VPN sebagai resiko. Alhasil, mereka akan berusaha untuk menghentikan VPN, mengubah terowongan koneksi Anda yang aman menjadi koneksi yang tidak teratur dan tidak dapat dipercaya. Bahkan router dan pembaharuan otomatis di perangkat Anda bisa menyebabkan masalah ini.

VPN mana yang punya tombol mati daya bagus?

Secara umum, orang-orang menganggap tombol mati daya sebagai fitur tambahan yang bagus untuk layanan VPN apapun. Oleh karena itu, tombol mati daya yang diaktifkan dapat mencegah Anda online selama jangka waktu tertentu. Namun, dalam sebagian besar kasus, hal ini mengalahkan alternatif lain: tidak terlindungi di internet. Tombol mati daya meningkatkan privasi online Anda dan membantu pengaturan terhadap koneksi internet Anda.

Banyak VPN yang memiliki tombol mati daya. Beberapa penyedia meminta Anda untuk mengaktifkannya secara manual dengan cara mengubah pengaturan, sedangkan penyedia lain telah mengaktifkan fitur ini secara otomatis. Namun, beberapa penyedia VPN lebih bagus dibanding yang lain. Maka, di bawah ini kami telah membuat daftar berisi dua penyedia VPN terbaik yang menawarkan tombol mati daya.

ExpressVPN

Beberapa waktu belakangan ini, ExpressVPN telah menempati peringkat teratas dari daftar VPN terbaik kami. Tombol mati daya mereka disebut ‘Network Lock’ dan tersedia untuk Windows, Mac, Linux, dan semua router (melalui aplikasi mereka). Jika koneksi Anda terputus, Network Lock akan sadar dan langsung memutus semua komunikasi dengan internet. Network Lock akan memastikan bahwa tidak ada informasi pribadi Anda yang terkirim ke luar sebelum ExpressVPN berhasil memulihkan koneksi ke server mereka. Saat itu tiba, Network Lock akan mengizinkan traffic data untuk dikirimkan kembali. Selain tombol mati daya yang bagus, ExpressVPN juga punya server yang cepat, sangat ramah konsumen, dan bekerja dengan Netflix.

ExpressVPN
Penawaran:
Dapatkan diskon langganan tahunan + garansi 30 hari uang kembali!
Dari
$6.67
8.9
  • VPN yang mudah digunakan
  • Cocok untuk browsing, pengunduhan, dan streaming secara anonim (contohnya Netflix)
  • 3000+ server di 94 negara
Kunjungi ExpressVPN

NordVPN

NordVPN adalah pilihan lain yang konsisten dan bisa diandalkan. Tombol mati daya penyedia ini bekerja dengan Windows, macOS, Android, dan iOS. Pilihan ini telah terintegrasi ke dalam perangkat lunak serta mudah dinyalakan dan dimatikan. NordVPN menyarankan penggunanya untuk menggunakan tombol mati daya sebanyak mungkin. Pihak perusahaan melihat hal ini sebagai garis perlindungan terakhir. Lebih dari itu, NordVPN mengizinkan pengguna untuk membuat ‘kill-lists’, di mana Anda bisa mencakup aplikasi yang tidak ingin Anda blokir saat koneksi internet terputus. Dengan begitu, Anda masih bisa mengakses beberapa program bahkan saat tombol mati daya sedang dinyalakan dan koneksi VPN sedang terputus. Secara umum, NordVPN memiliki jaringan server yang ekstensif dan relatif murah. Bahkan layanannya bekerja saat Anda sedang di luar wilayah AS dan tetap ingin nonton Netflix Amerika.

NordVPN
Pilihan kami
Pilihan kami
Penawaran:
Hanya $3,29 per bulan untuk program langganan 2 tahun dengan garansi 30 hari uang kembali
Dari
$3.29
9.3
  • Perlindungan luar biasa dan jaringan server yang besar
  • Aplikasi yang bagus dan menyenangkan
  • Tidak ada log
Kunjungi NordVPN

Kesan Akhir

Tombol mati daya, atau tombol berhenti darurat, adalah fitur perangkat lunak yang berguna untuk membantu perlindungan para penggunanya. Saat membahas tombol mati daya VPN, pengunaannya akan membuat informasi Anda tetap aman bahkan saat perangkat lunak VPN sedang mengalami malfungsi dan koneksi Anda yang terlindungi sedang tidak stabil. Anda tidak akan bisa online tanpa perlindungan dan situs tidak akan bisa mengenali alamat IP asli Anda. Jika Anda sedang mencari VPN dengan tombol mati daya, kami menyarankan ExpressVPN atau NordVPN. Penyedia VPN ini tentunya akan membantu Anda untuk tetap aman!

Analis keamanan cyber
David adalah seorang analis keamanan cyber dan salah satu pendiri VPNoverview.com. Tertarik dengan fenomena “identitas digital”, dan khususnya peduli dengan hak atas privasi serta perlindungan data pribadi
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar