ExpressVPN vs NordVPN: VPN Raksasa Mana yang Lebih Bagus?

ExpressVPN vs NordVPN Featured Image New
Klik di sini untuk melihat rangkuman artikel ini
Rangkuman: ExpressVPN vs NordVPN: Mana yang Lebih Bagus Saat Diuji?

Untuk membantu Anda dalam memilih antara ExpressVPN dan NordVPN, kami telah melaksanakan perbandingan secara menyeluruh terhadap kedua penyedia ini berdasarkan kategori yang beragam. Kategori-kategori ini adalah kecepatan, keamanan, privasi, harga, kemudahan penggunaan dan layanan pelanggan. Daftar di bawah ini menyediakan informasi VPN mana yang unggul di setiap kategori:

  • Keamanan: NordVPN
  • Kecepatan: ExpressVPN
  • Privasi: ExpressVPN
  • Harga: NordVPN
  • Kemudahan penggunaan: Seri
  • Layanan Pelanggan: ExpressVPN

Seperti yang bisa dilihat, persaingan kedua VPN ini sangat ketat, namun hanya ExpressVPN yang unggul di paling atas.

Baca lebih lanjut untuk mengetahui informasi spesifik tentang kedua penyedia ini.

Kami memutuskan untuk membandingkan NordVPN dan ExpressVPN karena mereka berdua termasuk penyedia VPN paling populer. Di kategori apa saja ExpressVPN lebih unggul, seperti biasanya, dan di kategori apa saja NordVPN bekerja lebih baik dibanding ExpressVPN? Di bawah ini Anda akan menemukan perbandingan yang kami buat akan aspek keamanan, kecepatan, tingkat ramah konsumen, kebijakan privasi (contohnya penyimpanan log), dan fungsionalitas dari kedua penyedia VPN ini. Kami juga menjelaskan fitur-fitur spesifik dari kedua VPN, seperti kemampuan untuk mengakses film-film dari koleksi Netflix Amerika atau penggunaan VPN di negara-negara yang rezim pemerintahnya represif.

ExpressVPN vs NordVPN: Fungsionalitas, Fitur dan Pilihan Lainnya

Sebelum kami masuk lebih dalam tentang fitur-fitur spesifik VPN, tabel di bawah ini menyediakan gambaran luas akan fitur-fitur yang ditawarkan oleh kedua penyedia VPN.

FiturExpressVPNSurfshark
Server3.000+ server di 94 negara5.500+ server di 59 negara
Kemampuan torrent/P2P
Netflix
Koneksi simultan56
Sistem operasiWindows, Mac, iOS, Android, LinuxWindows, Mac, iOS, Android, Linux
ProtokolOpenVPN, IKEv2/IPsec, L2TP/IPsec, Lightway (beta)OpenVPN, IKEv2/IPsec, NordLynx (WireGuard)
HargaMulai dari $6,67 per bulanMulai dari $3,71 per bulan
Kebijakan loggingTidak ada logTidak ada log
Garansi uang kembali30 hari30 hari
Uji Kebocoran DNS
Tor over VPN
Server yang digelapkan
VPN ganda
IP dedicated
Tombol mati daya
Split tunneling
Adblocker
Server diskless
Pemblokir situs berbahaya
Pilihan custom DNS
Tautan ke situsKunjungi ExpressVPNKunjungi NordVPN

Di bawah ini, Anda akan menemukan penjelasan singkat dari fitur-fitur yang telah disebutkan di atas:

  • Server: Menunjukkan berapa banyak server yang masing-masing VPN miliki untuk digunakan. Keuntungan dari memiliki banyak server adalah penyedia VPN tersebut dapat menjamin stabilitas dan kecepatan yang lebih bagus untuk Anda karena jumlah pengguna mereka bisa didistribusikan secara lebih baik.
  • Kemampuan torrent/P2P: Menjelaskan torrent apa saja yang bisa diunduh/disebar menggunakan jaringan tertentu dari penyedia VPN.
  • Netflix/Streaming: Mengindikasikan jika Anda bisa mengakses Netflix dengan penyedia VPN tertentu (khususnya Netflix Amerika)
  • Koneksi simultan: Menjelaskan berapa banyak koneksi VPN simultan yang bisa Anda miliki pada setiap program langganan
  • Sistem operasi: Mengindikasikan sistem operasi apa saja yang sesuai dengan VPN tersebut
  • Protokol: Memperlihatkan protokol enkripsi VPN apa saja yang didukung oleh masing-masing VPN. Anda bisa mengetahui lebih lanjut tentang protokol enkripsi di sini.
  • Harga: Menyediakan informasi tentang harga program langganan bulanan termurah yang ditawarkan oleh masing-masing VPN.
  • Kebijakan log: Mengindikasikan jika VPN tertentu melacak data sensitif terkait privasi Anda.
  • Garansi uang kembali: Menyatakan periode waktu di mana Anda bisa meminta kembali uang Anda dari penyedia VPN tersebut. Periode waktu tersebut kemungkinan berbeda bagi program langganan satu bulan yang ditawarkan oleh penyedia VPN.
  • Uji kebocoran DNS: Mengindikasikan jika VPN tertentu menyediakan uji kebocoran DNS sendiri.
  • Tor over VPN: Menjelaskan jika browser Tor dapat bekerja secara baik di server penyedia VPN. Browser ini dapat digunakan untuk mengakses web gelap.
  • Server yang digelapkan: Mengindikasikan jika setiap penyedia VPN memiliki server yang digelapkan. Server jenis ini dapat digunakan untuk mengakses internet bahkan dari negara-negara dengan rezim pemerintah yang paling represif.
  • VPN ganda: Mengindikasikan jika sebuah VPN memiliki server “ganda”. Hal ini merupakan server yang terhubung ke bukan hanya satu, melainkan dua server VPN secara bersamaan.
  • IP dedicated: Menjelaskan jika VPN tersebut menawarkan alamat IP dedicated. Anda bisa membaca lebih jauh tentang alamat IP dedicated di sini.
  • Tombol mati daya: Mengindikasikan jika VPN tertentu memiliki tombol mati daya. Hal ini adalah tombol darurat yang menghentikan traffic internet Anda jika VPN mengalami malfungsi saat digunakan.
  • Split tunneling: Mengindikasikan jika sebuah VPN mengizinkan split tunneling. Hal ini merupakan pilihan yang memungkinkan Anda untuk memilih secara spesifik traffic yang ingin Anda salurkan melalui VPN dan mana yang tidak.
  • Adblocker: Memungkinkan Anda untuk menentukan jika sebuah VPN memiliki adblocker mereka sendiri.
  • Server diskless: Mengindikasikan jika VPN tersebut menggunakan server diskless, yaitu server yang tidak bisa menyimpan data apapun. Hal ini khususnya menjadi metode yang bagus untuk melindungi server dari peretas.
  • Pemblokir situs berbahaya: Menjelaskan jika sebuah VPN menawarkan fungsi tambahan untuk memblokir situs-situs berbahaya.
  • Pilihan custom DNS: Mengindikasikan jika VPN tersebut memungkinkan Anda untuk memasang DNS records Anda sendiri (ini khususnya menarik bagi pengguna yang lebih berpengalaman)

ExpressVPN vs NordVPN: Penyedia Mana yang Lebih Aman?

Tingkat keamanan yang dapat disediakan oleh sebuah penyedia VPN bergantung pada kombinasi dari beberapa fitur, yaitu protokol yang ditawarkan, jenis server yang digunakan, dan ketersediaan fungsi-fungsi tambahan seperti pemblokir pelacak online dan hal lainnya. Di bawah ini Anda bisa menemukan gambaran luas tentang fitur-fitur keamanan tambahan dari kedua penyedia tersebut.

  • ExpressVPN bekerja dengan OpenVPN menggunakan protokol UDP atau TCP, serta L2TP/IPSec. Namun, kami tidak menyarankan penggunaan L2TP. Bahkan ExpressVPN hanya menyarankan penggunaan protokol ini saat sedang mengubah lokasi Anda (contohnya, untuk menonton koleksi Netflix Amerika). Manfaat keamanan dari protokol ini sangat terbatas. NordVPN dan ExpressVPN sama-sama menawarkan sebuah protokol yang masih dalam tahap pengujian: NordLynx (NordVPN) dan Lightway (ExpressVPN). Di kemudian hari, protokol-protokol ini mungkin akan menggantikan OpenVPN, tapi untuk saat ini, kami menyarankan Anda untuk tetap menggunakan OpenVPN.
  • Baik NordVPN maupun ExpressVPN sama-sama menggunakan enkripsi 256-bit dan keduanya memiliki tombol mati daya yang berguna saat koneksi VPN tiba-tiba terputus. Namun, NordVPN menggunakan satu firewall NAT tambahan di server mereka dibanding ExpressVPN, sehingga tentunya menjadi bonus. ExpressVPN tidak menggunakan hal ini, atau setidaknya mereka kelihatan tidak menggunakannya berdasarkan apa yang dapat kami lihat di situs dan aplikasi VPN mereka sendiri.
  • NordVPN juga menawarkan Onion over VPN (yaitu koneksi via jaringan Tor), IP dedicated, VPN ganda, sehingga artinya Anda bisa menyalurkan data melalui dua server. Baik NordVPN maupun ExpressVPN memiliki pilihan split tunneling, yakni penggunaan koneksi VPN yang selektif untuk aplikasi-aplikasi tertentu.
  • Lebih dari itu, kedua VPN ini mendukung obfsproxy, yaitu teknik Tor yang dapat menghindari Deep Packet Inspection. Obfsproxy menyembunyikan fakta bahwa Anda sedang menggunakan koneksi VPN, artinya Anda tetap dapat menggunakan VPN di negara-negara yang melarang penggunaan VPN, seperti Cina dan Turki. Selain itu, NordVPN menawarkan perlindungan ekstra dari kebocoran alamat IP. Singkat kata, NordVPN lebih unggul dari ExpressVPN, karena menawarkan fungsi keamanan tambahan.

VPN teraman: NordVPN

VPN Provider vs Provider Winner Security Banner NordVPN


ExpressVPN atau NordVPN: VPN Mana yang Lebih Cepat?

Untuk membandingkan kecepatan dari kedua VPN ini, kami telah melakukan uji kecepatan. Namun, sebelum itu, kami sudah menguji koneksi internet kami sendiri tanpa VPN guna dijadikan tolak ukur kecepatan. Hasilnya ada pada gambar di bawah ini.

Speedtest no VPN

Lalu kami menguji server internasional dan lokal yang dimiliki NordVPN dan ExpressVPN. Hasilnya dapat dilihat pada tabel di bawah ini, dengan jumlah kecepatan “yang lebih unggul” ditebalkan.

Metrik kecepatanExpressVPNCyberGhost
Kecepatan pengunduhan server lokal (Mbps)322,38257,20
Kecepatan pengunggahan server lokal (dalam Mbps)171,11388,64
Ping server lokal8 ms9 ms
Kecepatan pengunduhan server internasional (dalam Mbps)139,68146,64
Kecepatan pengunggahan server internasional (dalam Mbps)26,9727,24
Ping server internasional114 ms78 ms

Hasil tes menunjukkan bahwa selama penggunaan harian, kedua penyedia VPN dapat bekerja dengan lancer tanpa masalah apapun. Maka dari itu, Anda dapat memilih penyedia manapun untuk penggunaan harian karena kecepatan mereka sama-sama bagus. Namun, jika Anda terhubung ke server VPN lokal dan secara reguler melakukan pengunduhan yang intensif atau ingin streaming tanpa buffering, maka ExpressVPN yang lebih unggul karena jelas performanya lebih bagus saat terhubung ke server lokal. Lalu saat terhubung ke server internasional, perbedaan kecepatan pengunduhan di antara kedua penyedia VPN ini tidak signifikan sehingga bisa diabaikan.

VPN tercepat: ExpressVPN

VPN Provider vs Provider Winner Speed Banner ExpressVPN New


Bagaimana Cara ExpressVPN dan NordVPN Menangani Data Anda?

Selain dari keamanan data pihak ketiga, kebijakan internal penyedia VPN tentunya juga penting. Jika sebuah penyedia tidak menyimpan log, kemungkinannya koneksi VPN mereka sangat aman, namun data Anda tetap bisa jatuh ke tangan pihak-pihak lain. Bagaimana cara ExpressVPN dan NordVPN menyimpan data?

ExpressVPN

  • Langsung jelas bahwa ExpressVPN tidak menyimpan log. Perusahaan ini beroperasi di Kepulauan Virgin Inggris, di mana mereka memiliki hukum yang sangat ketat mengenai privasi.
  • Menggunakan TrustedServers, yaitu server yang tidak menyimpan data secara permanan layaknya server “diskless”. Bahkan jika penyedia ini ingin menyimpan log, tidak akan mungkin terjadi karena penggunaan server jenis ini.

NordVPN

  • Secara prinsip, hal yang sama berlaku terhadap NordVPN seperti dengan ExpressVPN, kecuali NordVPN beroperasi di Panama dan bukan di Kepulauan Virgin Inggris. Selain dari hal itu, NordVPN dapat dibandingkan dengan ExpressVPN.
  • NordVPN secara aktif mencoba untuk menangani pemberitaan buruk. Contohnya, di tahun 2018 banyak cerita yang beredar tentang keterlibatan VPN dalam pengumpulan data pengguna, sehingga NordVPN melaksanakan sebuah audit independen terhadap sistemnya untuk menyangkal rumor tersebut. Audit ini sekali lagi menunjukkan bahwa perusahaannya tidak menyimpan log pengguna.
  • Di tahun 2018, kebijakan logging NordVPN juga menjadi subjek isu yang nyata saat salah satu server mereka di Finlandia berhasil diretas. Server tersebut sekarang sudah tidak lagi digunakan dan NordVPN tidak lagi berkolaborasi dengan pusat data yang memiliki server tersebut.
  • NordVPN juga menggunakan server diskless RAM. Server seperti ini perlu mengambil informasi yang diperlukan dari pusat infrastruktur yang aman. Maka dari itu, server VPN yang diskless hanya bisa bekerja sebagai sebuah penyalur.

Di satu sisi, Anda dapat berargumen bahwa ExpressVPN memiliki privasi yang lebih bagus di antara kedua penyedia VPN, karena mereka tidak pernah mengalami skandal seperti layaknya NordVPN. Di sisi lain, Anda juga bisa mengatakan bahwa ExpressVPN hanya belum pernah “benar-benar” diuji oleh peretas. Secara prinsip, kami tidak bisa menyatakan secara kategori apakah ExpressVPN menyimpan log atau tidak. Namun, kami di VPNOverview tetap memberikan keuntungan terhadap ExpressVPN, karena NordVPN harus menangani kasus peretasan server dan ExpressVPN belum pernah.

Unggul soal privasi: ExpressVPN

VPN Provider vs Provider Winner Privacy Banner ExpressVPN New


ExpressVPN vs NordVPN: Penyedia Mana yang Lebih Ramah Kantong bagi Anda?

Seperti yang dapat dilihat dari tabel di bawah ini, harga program langganan bulanan NordVPN lebih murah dibanding program langganan bulanan ExpressVPN. Lebih dari itu, diskon-diskon ditawarkan hampir secara terus-menerus oleh kedua penyedia ini, kemungkinan besar untuk tujuan pemasaran.

Namun, terdapat peringatan terkait harga-harga yang disediakan di bawah ini. Harga program langganan NordVPN yang paling murah hanya tersedia jika Anda membeli program langganan dua tahun, yakni waktu yang cukup lama.

Program langgananExpressVPNNordVPN
1 bulan$12,95$11,95
6 bulan$9,99
Program 1 tahun$4,92
Program 1,25 tahun (15 bulan)$6,67
Porgram 2 tahun$3,71

Mohon dicatat: Kami berusaha untuk selalu memperbaharui tabel ini tapi harga aktualnya bisa berubah dari hari ke hari. Selalu buka situs VPN pilihan Anda untuk melihat harga asli untuk program langganannya.

Unggul soal harga: NordVPN

VPN Provider vs Provider Winner Price Banner NordVPN


Kemudahan Penggunaan: Pemasangan dan Tampilan

Ulasan kami tentang NordVPN dan ExpressVPN sebelumnya menunjukkan bahwa kedua penyedia VPN ini telah menemukan keseimbangan yang bagus antara tingkat ramah konsumen dan jumlah pilihan yang disediakan bagi para penggunanya. Lebih dari itu, baik situs maupun perangkat lunak dari kedua penyedia sama-sama jelas dan tidak menambahkan kompleksitas yang tidak perlu. Meskipun begitu, ada beberapa perbedaan dalam aspek kemudahan pengguna yang ingin kami bahas secara lebih rinci di bawah ini.

Proses pemasangan

Saat menguji sebuah aplikasi VPN, kami selalu melihat proses pemasangannya. Dalam kasus ExpressVPN dan NordVPN, satu-satunya hal yang bisa digambarkan adalah bahwa keduanya sangat mudah untuk dipasang. Setelah Anda selesai mengunduh aplikasi mereka, proses pemasangannya mudah untuk dipahami.

Ingin tahu secara pasti cara kerja proses pemasangan dari kedua penyedia ini? Maka pastikan bahwa Anda membaca ulasan ekstensif kami untuk ExpressVPN dan NordVPN.

Tampilan dan tingkat intuisi

Setelah membuka perangkat lunak VPN, Anda akan langsung melihat perbedaan yang jelas di antara kedua penyedia VPN ini mulai dari tampilan layar awal mereka. NordVPN menunjukkan informasi lebih banyak di layar, sedangkan ExpressVPN memilih tampilan yang lebih sederhana dengan tombol hubung sebagai elemen intinya.

Tampilan layar awal keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan NordVPN, mungkin sedikit membingungkan karena ada peta Eropa yang ditampilkan di mana Anda bisa memilih server, namun Anda juga bisa memilih server melalui daftar yang tersedia di sisi kiri layar. Menurut kami, ExpressVPN memiliki gambaran luas yang lebih jelas akan server mereka dan Anda bisa dengan cepat terhubung.

Sedangkan, perangkat lunak NordVPN menawarkan tampilan dan nuansa yang lebih kontemporer. Selain itu, pilihan server yang tersedia langsung bisa Anda pilih. Terakhir, dengan NordVPN, server yang paling banyak digunakan sudah ada di daftar di sisi kiri layar, sedangkan ExpressVPN hanya memperlihatkan lokasi dari server mereka yang baru saja digunakan.

Gambar tampilan layar awal ExpressVPN dan NordVPN tersedia di bawah ini.

Screenshots ExpressVPN and NordVPN Software

Unggul soal kemudahan penggunaan: Seri

VPN Provider vs Provider Ease of Use Banner Tie


Layanan Pelanggan: Seberapa Baik Pengguna Dibantu?

Selain dari kemudahan penggunaan situs dan aplikasi penyedia VPN, layanan pelanggan juga merupakan faktor yang penting dalam perbandingan ini. Hasil penemuan kami ada di bawah ini:

  • Baik di ExpressVPN maupun NordVPN, kami mendapatkan respon dari orang asli terhadap pertanyaan kami dan bukan dari bot otomatis.
  • Tidak bisa mendapatkan jawaban untuk pertanyaan dalam bahasa selain bahasa Inggris saat menggunakan kedua penyedia ini.
  • NordVPN hanya menghubungkan Anda ke seorang staff setelah Anda memberikan pertanyaan ke sebuah bot. Di ExpressVPN, fitur chat mereka akan langsung menghubungkan kami ke seorang staff layanan pelanggan.
  • Di NordVPN, awalnya, terlihat seperti kami telah diarahkan ke sebuah halaman blog biasa. Hal tersebut ternyata merupakan informasi tambahan, namun, informasinya tidak terlalu membantu.
  • Situs NordVPN dan ExpressVPN memiliki pusat bantuan yang dapat menjawab banyak pertanyaan Anda dengan cukup cepat.

Singkat kata, ExpressVPN memiliki keunggulan berkat fitur live chat mereka. NordVPN tetap bekerja dengan baik, namun sedikit di bawah ExpressVPN.

Unggul soal layanan pelanggan: ExpressVPN

VPN Provider vs Provider Winner Customer Service Banner ExpressVPN New


Keputusan Akhir Kami: Apakah ExpressVPN atau NordVPN yang Akan Menang?

Dalam artikel ini, kami telah membandingkan sejumlah fitur, hasilnya menunjukkan bahwa ExpressVPN dan NordVPN adalah penyedia VPN yang sangat bagus dan tidak terlalu berbeda antara satu sama lain. Namun satu penyedia memang selalu sedikit lebih maju dalam setiap kategori, sehingga hal ini menjadi perbedaan yang penting bagi beberapa pengguna.

Daftar di bawah ini menyediakan gambaran luas yang sekilas memperlihatkan penyedia mana yang unggul di setiap kategori:

  • Keamanan: NordVPN
  • Kecepatan: ExpressVPN
  • Privasi: ExpressVPN
  • Harga: NordVPN
  • Kemudahan penggunaan: Seri
  • Layanan Pelanggan: ExpressVPN

Sejauh yang kami lihat, ExpressVPN tetap menjadi penyedia VPN nomor satu di antara semua VPN yang sejauh ini telah kami uji. Hal ini bukan karena NordVPN jauh lebih buruk dibanding ExpressVPN, tapi karena ExpressVPN ideal untuk pengguna pada rata-ratanya. Berbeda halnya untuk pengguna yang lebih berpengalaman. Mereka yang sangat mementingkan keamanan akan lebih nyaman dengan NordVPN, karena penyedia ini menawarkan pilihan keamanan yang lebih banyak. Jika Anda tertarik pada salah satu dari kedua penyedia ini, maka gunakan kotak di bawah ini untuk membuka situs penyedia VPN tersebut.

ExpressVPN
Penawaran:
Dapatkan diskon langganan tahunan + garansi 30 hari uang kembali!
Dari
$6.67
8.9
  • VPN yang mudah digunakan
  • Cocok untuk browsing, pengunduhan, dan streaming secara anonim (contohnya Netflix)
  • 3000+ server di 94 negara
Kunjungi ExpressVPN
NordVPN
Pilihan kami
Pilihan kami
Penawaran:
Hanya $3,29 per bulan untuk program langganan 2 tahun dengan garansi 30 hari uang kembali
Dari
$3.29
9.3
  • Perlindungan luar biasa dan jaringan server yang besar
  • Aplikasi yang bagus dan menyenangkan
  • Tidak ada log
Kunjungi NordVPN

Penasaran tentang perbandingan lainnya? Lihat artikel-artikel di bawah ini:

Jurnalis seputar teknologi
Ronella selalu memikirkan cara supaya kita dapat membuat lingkungan digital yang seaman mungkin. Perkembangan digital yang baik juga berarti kita dihadapkan dengan isu-isu keamanan baru. Maka, Ronella ingin menciptakan kesadaran yang lebih tinggi tentang keamanan cyber dan menarik perhatian orang perihal resiko dan perangkap yang sebaiknya dihindari.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar