ExpressVPN vs Surfshark: Apakah VPN Pendatang Baru atau VPN Berpengalaman yang Akan Menang?

ExpressVPN vs Surfshark Featured Image
Klik di sini untuk rangkuman singkat
ExpressVPN vs. Surfshark

ExpressVPN dan Surfshark merupakan dua penyedia VPN populer dengan manfaat yang berbeda. ExpressVPN paling dikenal sebagai penyedia yang dapat Anda andalkan; Surfshark adalah pendatang baru yang dengan cepat naik dalam peringkat penilaian VPN. Kami telah menguji keduanya dalam kategori-kategori berikut ini:

  • Keamanan: ExpressVPN
  • Kecepatan: Surfshark
  • Privasi: ExpressVPN
  • Harga: Surfshark
  • Kemudahan penggunaan: ExpressVPN
  • Layanan Pelanggan: Seri

Surfshark menang di dua kategori sedangkan ExpressVPN menang di tiga kategori. Kami telah memberikan nilai unggul secara keseluruhan ke ExpressVPN karena penyedia ini menawarkan privasi yang lebih baik.

Ingin mengetahui secara pasti perbedaan antara kedua penyedia ini? Baca lebih lanjut di bawah ini.

Dalam seri kami tentang perbandingan penyedia VPN populer, kami menilai ExpressVPN dan Surfshark. ExpressVPN tidak dapat dipungkiri adalah penyedia VPN nomor satu di VPNOverview. Meskipun begitu, kami khususnya menghargai Surfshark karena rasio harga vs kualitas mereka yang sangat bagus. Namun, penyedia mana yang pada akhirnya unggul dalam pengujian ini? Anda bisa membaca semuanya di bawah ini.

ExpressVPN vs Surfshark: Sekilas tentang Karakteristik Mereka

Berikut karakteristik dari masing-masing penyedia VPN:

FiturExpressVPNSurfshark
Server3.000+ server di 94 negara3.200+ server di 65 negara
Kemampuan torrents/P2P
Netflix
Koneksi simultan5Tidak ada batas
Sistem operasiWindows, Mac, iOS, Android, LinuxWindows, Mac, iOS, Android, Linux
ProtokolOpenVPN, IKEv2/IPsec, L2TP/IPSec, Lightway (beta)OpenVPN, IKEv2/IPsec, WireGuard, Shadowsocks (proxy)
HargaMulai dari $6,67 per bulanMulai dari $2,49 per bulan
Kebijakan loggingTidak ada logTidak ada log
Garansi uang kembali30 hari30 hari
Uji kebocoran DNS
Tor over VPN
Server yang digelapkan
VPN ganda
IP dedicated
Tombol mati daya
Split tunneling
Adblocker
Server diskless
Pilihan custom DNS
Pemblokir pelacak online
Server beralamat IP statis
Mesin pencarian anonim
Notifikasi kebocoran email
Automated HTTPS redirect
Pilihan pemadatan data
Tautan ke situsKunjungi ExpressVPNKunjungi Surfshark

Di bawah ini, Anda akan menemukan penjelasan singkat tentang fitur-fitur yang disebutkan di atas:

  • Server: Menunjukkan jumlah server yang dimiliki masing-masing penyedia VPN dan jumlah lokasi server tersebut di seluruh dunia.
  • Kemampuan torrent/P2P: Menjelaskan jika torrent dapat diunduh dengan VPN tersebut.
  • Netflix/Streaming: Mengindikasikan jika Anda dapat mengakses Netflix Amerika dengan penyedia VPN tersebut.
  • Koneksi simultan: Menjelaskan berapa banyak koneksi simultan yang dapat Anda miliki per program langganan untuk masing-masing penyedia VPN.
  • Sistem operasi: Mengindikasikan sistem operasi apa aja yang sesuai dengan VPN tersebut.
  • Protokol: Menyediakan daftar protokol enkripsi dari masing-masing VPN.
  • Harga: Menyediakan informasi terkait harga program langganan termurah dari masing-masing VPN. Harga termurah sering kali didapatkan dari program langganan berjangka panjang.
  • Kebijakan logging: Menjelaskan jenis kebijakan logging yang digunakan oleh perusahaan VPN. Penyedia VPN yang tidak menyimpan log lebih diminati dibandingkan yang menyimpan log.
  • Garansi uang kembali: Menyatakan periode waktu di mana Anda bisa meminta kembali uang Anda jika berubah pikiran tentang VPN tersebut. Periode waktu ini sering kali lebih pendek jika Anda membeli program langganan satu bulan.
  • Uji kebocoran DNS: Uji kebocoran DNS adalah pengujian yang mengecek jika alamat IP Anda sedang bocor.
  • Tor over VPN: Menjelaskan jika server milik penyedia VPN tersebut cocok digunakan dengan Jaringan Tor. Jaringan ini digunakan untuk mengakses web gelap.
  • Server yang digelapkan: Server yang digelapkan membuat traffic VPN terlihat seperti layaknya traffic normal. Hal ini mempersulit rezim represif dalam melarang akses Anda ke situs-situs tertentu.
  • VPN ganda: Saat menggunakan VPN ganda, Anda terhubung melalui dua server VPN bukan hanya satu. Hal ini membuat terowongan VPN lebih anonim lagi, namun terdapat efek yang signifikan terhadap kecepatan koneksi.
  • IP dedicated: Menjelaskan jika Anda bisa mendapatkan alamat IP tetap dengan penyedia VPN tersebut (sering kali dengan sedikit tambahan biaya per bulannya).
  • Tombol mati daya: Tombol mati daya merupakan sebuah fungsi yang memastikan bahwa traffic internet Anda akan otomatis berhenti jika Anda kehilangan koneksi VPN.
  • Split tunneling: Memungkinkan Anda untuk secara spesifik menentukan aplikasi dan situs mana saja yang ingin Anda akses menggunakan VPN dan mana yang tidak.
  • Adblocker: Memungkinkan Anda untuk menentukan jika VPN tertentu dapat memblokir iklan-iklan, jika diinginkan, tanpa terlebih dahulu memasang browser extension yang terpisah.
  • Server diskless: Server jenis ini tidak bekerja layaknya server penyimpanan. Kelebihan dari server ini adalah mereka tidak berisi data apapun. Alhasil, mereka tidak berguna jika peretas berhasil mendapatkan akses ke dalam server tersebut.
  • Pilihan custom DNS: Mengindikasikan jika VPN tersebut memungkinkan untuk memasang DNS records Anda sendiri.
  • Pemblokir pelacak online: Menjelaskan jika penyedia VPN tertentu dapat memblokir pelacak online.
  • Server Beralamat IP Statis: Meskipun Surfshark tidak memiliki IP dedicated, jasanya memiliki server dengan alamat IP statis yang dapat digunakan bersama.
  • Mesin pencarian anonim: Surfshark memiliki variasi tersendiri akan DuckDuckGo: sebuah mesin pencarian anonim yang tidak melacak data Anda.
  • Notifikasi kebocoran e-mail: Jika alamat email Anda muncul di basis data online, Anda bisa mengatur supaya Surfshark dapat memberi notifikasi tentang hal ini kepada Anda.
  • Automated HTTPS redirect: Jika Anda mengaktifkan fitur ini, secara otomatis Anda akan diarahkan ke versi HTTPS dari sebuah situs dan bukan ke versi HTTP.
  • Pilihan pemadatan data: Hal ini adalah tambahan yang bagus bagi VPN. Fiturnya memungkinkan Anda untuk mengurangi penggunaan data dengan memadatkan gambar-gambar besar, dll.

ExpressVPN vs Surfshark: Mana yang Lebih Aman?

Keamanan dari sebuah penyedia dapat dirangkum dalam beberapa poin saja: protokol yang ditawarkan, jenis server yang digunakan, dan jika terdapat fitur-fitur tambahan yang ditawarkan, seperti pemblokir pelacak online dan hal serupa.

  • ExpressVPN mendukung OpenVPN dengan protokol UDP atau TCP, serta IKEv2/IPSec, L2TP/IPSec, dan Lightway. ExpressVPN sendiri menyarankan penggunaan L2TP hanya untuk mengubah lokasi Anda (contohnya, untuk menonton film dari koleksi Netflix Amerika). Manfaat keamanan dari L2TP sangat terbatas. Surfshark menawarkan protokol OpenVPN, WireGuard, dan dan IKEv2/IPSec. WireGuard adalah protokol baru yang harapannya lebih cepat dan aman dibanding OpenVPN. Namun, WireGuard masih dalam tahap pengembangan. Sama halnya dengan Lightway oleh ExpressVPN. Protokol ini masih diuji dan menurut kami sebaiknya tidak digunakan oleh pengguna VPN pada umumnya.
  • Shadowsocks juga ditawarkan sebagai sebuah “protokol” oleh Surfshark, tapi sebenarnya hal ini hanya berupa fungsi proxy. Namun, fungsi ini berguna di negara-negara seperti Cina yang melarang penggunaan VPN. Sayangnya, Surfshark tidak menjelaskan secara jelas bahwa Shadowsocks sebenarnya bukanlah protokol VPN asli. Penggunaan proxy untuk membuka blokir konten di beberapa negara kurang aman dibanding penggunaan VPN, maka kami tidak terlalu menyukai pilihan ini.
  • Baik Surfshark maupun ExpressVPN menggunakan enkripsi 256-bit, dan keduanya juga memiliki tombol mati daya yang berguna saat koneksi VPN tiba-tiba terputus.
  • Surfshark menawarkan koneksi VPN ganda. Namun fitur ini tidak terlalu bermanfaat bagi tingkat keamanan Anda.
  • ExpressVPN memiliki opsi untuk membuat custom DNS records. Hal ini cukup berguna.
  • Lebih dari itu, kedua VPN ini bekerja dengan obfsproxy. Teknik Tor ini dapat menghindari Deep Packet Inspection, yang digunakan untuk memastikan bahwa seorang individu sedang menggunakan koneksi VPN atau tidak. Dalam banyak kasus, Anda bisa menggunakan VPN dengan obfsproxy di negara-negara yang melarang penggunaan VPN.

Akhirnya, kami menilai bahwa ExpressVPN mengalahkan Surfshark dalam aspek keamanan, walaupun hanya dengan margin yang sangat tipis.

Unggul soal keamanan: ExpressVPN

VPN Provider vs Provider Winner Security Banner ExpressVPN New


ExpressVPN atau Surfshark: Penyedia Mana yang Unggul Soal Kecepatan?

Untuk membandingkan kecepatan dua penyedia VPN ini, kami telah melaksanakan uji kecepatan terhadap keduanya. Namun sebelum itu, kami telah menguji koneksi internet kami sendiri tanpa VPN untuk dijadikan tolak ukur kecepatan. Hasilnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Speedtest no VPN

Lalu kami menguji server internasional dan lokal yang dimiliki oleh ExpressVPN dan Surfshark. Hasilnya tersedia pada tabel di bawah ini, dengan kecepatan tertinggi yang ditebalkan.

Metrik kecepatanExpressVPNSurfshark
Kecepatan pengunduhan server lokal (Mbps)322.38381.40
Kecepatan pengunggahan server lokal (dalam Mbps)171.11265.15
Ping server lokal8 ms4 ms
Kecepatan pengunduhan server internasional (dalam Mbps)139.68372.46
Kecepatan pengunggahan server internasional (dalam Mbps)26.9719.02
Ping server internasional114 ms78 ms

Hasil uji kecepatan menunjukkan bahwa selama penggunaan harian, kedua penyedia VPN ini pastinya cukup cepat. Maka dari itu, tidak penting penyedia mana yang Anda pilih saat penggunaan harian, Anda kemungkinan besar tidak akan mengalami kelambatan apapun dengan keduanya. Namun, jika Anda secara reguler melakukan pengunduhan atau streaming secara intensif, perbedaan kecepatan yang didapat bisa menjadi alasan untuk memilih Surfshark. Selama uji kecepatan kami, Surfshark unggul sebagai salah satu penyedia VPN terbaik dalam aspek kecepatan.

VPN tercepat: Surfshark

VPN Provider vs Provider Winner Speed Banner Surfshark


ExpressVPN vs Surfshark: Bagaimana Cara Kedua VPN Menangani Privasi Anda?

Selain dari keamanan data pihak ketiga, kebijakan internal penyedia VPN tentunya menjadi hal yang penting. Jika sebuah penyedia VPN menyimpan log, koneksi VPN mereka kemungkinan sangat aman, namun data Anda tetap bisa jatuh ke tangan orang lain. Bagaimana cara ExpressVPN dan Surfshark menangani data Anda?

Di samping kecepatan, penting juga bagi data pribadi Anda untuk tidak jatuh ke pihak ketiga berkat penyedia VPN. Bagaimana cara kedua penyedia ini menyimpan log, dan jika disimpan, apa yang terjadi dengan data tersebut?

ExpressVPN

  • Langsung jelas bahwa ExpressVPN tidak menyimpan log. Perusahaan mereka beroperasi di Kepulauan Virgin Inggris di mana terdapat hukum yang sangat ketat perihal privasi.
  • Lebih dari itu, TrustedServers digunakan sehingga tidak ada data yang bisa disimpan secara permanen karena server mereka “diskless”. Bahkan jika Anda ingin menyimpan log, hal ini mustahil untuk dilakukan dengan server jenis ini.

Surfshark

  • Surfshark juga memiliki kebijakan “no log”. Namun, Surfshark memang meminta beberapa informasi yang digunakannya untuk mengawasi perangkat lunak mereka. Pihak perusahaan menggunakan data (dianonimkan) ini untuk melihat seberapa sibuk server-server mereka.
  • Surfshark baru-baru ini telah pindah menggunakan jaringan server diskless. Seperti layaknya server ExpressVPN, tidak ada data yang bisa disimpan di server ini karena semua datanya hanya ada sementara.

Kedua penyedia ini tidak menyimpan log, namun karena Surfshark menyimpan data anonim, kami memberikan nilai lebih unggul kepada ExpressVPN. Alasan dari penilaian ini adalah karena akibat penyimpanan data anonim tersebut, kami harus dengan buta mempercayai Surfshark bahwa data yang diambil akan tetap anonim.

Unggul soal privasi: ExpressVPN

VPN Provider vs Provider Winner Privacy Banner ExpressVPN New


ExpressVPN vs Surfshark: Penyedia Mana yang Lebih Ramah Bagi Kantong Anda?

Fitur Surfshark yang paling menarik adalah harga murah mereka yang sebelumnya belum pernah ditawarkan oleh VPN lain. Jasa ini merupakan yang paling murah di antara semua penyedia premium yang kami sarankan (dengan pengecualian penawaran VPN yang sesekali ada). Tabel di bawah ini menyediakan gambaran luas terkait beberapa pilihan program langganan Surfshark yang tersedia.

LanggananExpressVPNSurfshark
1 bulan$12,95$12,95
6 bulan$9,99$6,49
Program 1,25 tahun (15 bulan)$6,67
Program 2 tahun$2,49

Mohon dicatat: harga bisa berubah dari hari ke hari. Kami berusaha untuk selalu memperbaharui tabel ini, namun sebaiknya Anda selalu melihat situs penyedia VPN untuk mendapatkan harga yang paling aktual.

Unggul soal harga: Surfshark

VPN Provider vs Provider Winner Price Banner Surfshark


ExpressVPN vs Surfshark: Aplikasi Mana yang Lebih Mudah untuk Digunakan?

Ulasan kami sebelumnya tentang ExpressVPN dan Surfshark menunjukkan bahwa kedua penyedia ini menawarkan aplikasi yang mudah untuk digunakan. Namun, apakah ada perbedaan, dan bagaimana dengan proses pemasangan aplikasi serta situs mereka?

  • Tampilan aplikasi ExpressVPN sangat jelas, di mana tersedia sebuah tombol besar untuk terhubung dengan VPN sehingga Anda tidak membuang waktu banyak untuk bisa online. Anda juga bisa memilih lokasi yang berbeda-beda. Surfshark pada dasarnya memiliki tampilan yang sama seperti ExpressVPN, namun saat menggunakan aplikasi Surfshark Anda bisa memilih mulai dari layar awal jika Anda ingin terhubung dengan “server tercepat” atau “di negara terdekat”. ExpressVPN secara otomatis akan memilih server tercepat untuk Anda.
  • Surfshark hanya menyediakan informasi terbatas mengenai beragam fungsi di aplikasinya. Contohnya, Anda bisa mengaktifkan Shadowsocks tanpa mengetahui fungsinya. Di sisi lain, ExpressVPN menyediakan penjelasan berisi kapan sebaiknya masing-masing protokol digunakan.
  • Situs Surfshark dan ExpressVPN menyediakan pusat informasi di mana pengguna pemula dapat menemukan informasi terkait fungsi-fungsi VPN, begitu pula panduan cara menggunakan fungsi tersebut. Menurut kami situs Surfshark sedikit lebih mudah untuk digunakan, namun ExpressVPN sering kali menyediakan informasi yang lebih dalam.
  • Proses pemasangan kedua aplikasi ini jelas; Anda klik file yang telah diunduh dan ikuti langkah-langkah yang ditampilkan di layar. Proses ini mirip dengan proses pemasangan banyak paket perangkat lunak lainnya.

Pertama-tama, kami harus menyatakan bahwa kedua aplikasi mereka bekerja dengan baik. Namun, Surfshark ke depannya bisa menyediakan informasi yang lebih banyak terkait beragam pengaturannya. Maka dari itu, ExpressVPN unggul tipis dalam kategori ini.

Gambar perangkat lunak ExpressVPN dan Surfshark tersedia di bawah ini.

Screenshots ExpressVPN and Surfshark Software

Unggul soal kemudahan penggunaan: ExpressVPN

VPN Provider vs Provider Winner Ease of Use Banner ExpressVPN New


Layanan Pelanggan: Bagaimana Cara Penyedia VPN Ini Menangani Masalah Anda?

Tentunya, berbagai masalah dapat muncul dan terkadang informasi di situs penyedia VPN Anda tidak cukup untuk membantu penyelesaiannya. Bagaimana cara layanan pelanggan ExpressVPN dan Surfshark menanggapi hal ini?

  • ExpressVPN dan Surfshark sama-sama memiliki perwakilan layanan pelanggan yang dapat dihubungi via fitur live chat. Lebih dari itu, kedua penyedia VPN ini menghubungi kami secara langsung melalui staff asli.
  • Staff mereka sangat berpengetahuan dan memberikan jawaban yang sesuai terhadap pertanyaan kami.
  • Layanan pelanggan keduanya hanya tersedia dalam bahasa Inggris.
  • Seperti yang dijelaskan di atas, situs dua penyedia VPN ini juga mencakup pusat informasi yang berisi jawaban-jawaban atas FAQ.

Terakhir, tidak ada perbedaan yang jelas bagi kami antara dua penyedia ini dalam aspek layanan pelanggan.

Unggul soal Layanan Pelanggan: Seri

VPN Provider vs Provider Customer Service Banner Tie


Keputusan Akhir Kami: Kapan Sebaiknya Memilih ExpressVPN, dan Kapan Sebaiknya Memilih Surfshark?

Sering kali penyedia-penyedia VPN terbaik terus bersaing. Baik Surfshark maupun ExpressVPN merupakan pilihan yang luar biasa, namun jika Anda ingin memilih yang harganya paling rendah, maka sebaiknya Anda menggunakan Surfshark.

Di sisi lain, Surfshark tidak terlalu bagus dalam aspek privasi. Oleh karena hal ini adalah alasan utama orang-orang pada awalnya menggunakan VPN, maka kategori ini dipertimbangkan dengan sangat serius. Pada akhirnya, Surfshark unggul dalam dua kategori sedangkan ExpressVPN unggul di tiga kategori. Ya, Anda perlu membayar lebih banyak untuk ExpressVPN, namun hal ini juga berarti kemungkinan adanya pelanggaran terhadap privasi Anda lebih kecil.

Daftar berikut ini menyediakan gambaran luas terkait hasil dari masing-masing kategori:

  • Keamanan: ExpressVPN
  • Kecepatan: Surfshark
  • Privasi: ExpressVPN
  • Harga: Surfshark
  • Kemudahan penggunaan: ExpressVPN
  • Layanan Pelanggan: Seri

Pada akhirnya, ExpressVPN menang dengan margin yang sangat kecil. Ingin membeli program langganan dengan salah satu penyedia VPN ini? Klik kotak yang sesuai di bawah ini untuk diarahkan ke situs ExpressVPN atau Surfshark.

ExpressVPN
Penawaran:
Dapatkan diskon langganan tahunan + garansi 30 hari uang kembali!
Dari
$6.67
8.9
  • VPN yang mudah digunakan
  • Cocok untuk browsing, pengunduhan, dan streaming secara anonim (contohnya Netflix)
  • 3000+ server di 94 negara
Kunjungi ExpressVPN
Surfshark
Penawaran:
Internet aman dan anonim hanya dengan modal $2,30 per bulan
Dari
$2.30
9.0
  • Sangat ramah konsumen serta bisa bekerja dengan Netflix dan torrent
  • Garansi 30 hari uang kembali. Tanpa syarat tambahan!
  • Harga murah dengan banyak pilihan tambahan
Kunjungi Surfshark

Ingin melihat perbandingan VPN lain? Maka klik salah satu tautan di bawah ini:

Jurnalis seputar teknologi
Ronella selalu memikirkan cara supaya kita dapat membuat lingkungan digital yang seaman mungkin. Perkembangan digital yang baik juga berarti kita dihadapkan dengan isu-isu keamanan baru. Maka, Ronella ingin menciptakan kesadaran yang lebih tinggi tentang keamanan cyber dan menarik perhatian orang perihal resiko dan perangkap yang sebaiknya dihindari.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar