ExpressVPN vs CyberGhost: Siapa yang Akan Menang?

ExpressVPN vs CyberGhost Featured Image New
Klik di sini untuk melihat rangkuman artikel ini
ExpressVPN vs CyberGhost: Rangkuman Singkat

Untuk membuat pemilihan VPN Anda lebih mudah, kami telah membandingkan dua VPN dari daftar penyedia VPN yang paling populer: ExpressVPN dan CyberGhost. Kategori-kategori yang kami gunakan untuk menilai kedua penyedia ini adalah kecepatan, keamanan, privasi, harga, kemudahan penggunaan dan layanan pelanggan. Di bawah ini, Anda dapat melihat mana yang lebih unggul di masing-masing kategori:

  • Keamanan: ExpressVPN
  • Kecepatan: Seri
  • Privasi: ExpressVPN
  • Harga: CyberGhost
  • Kemudahan penggunaan: ExpressVPN
  • Layanan Pelanggan: ExpressVPN

Di semua kategori, kedua penyedia ini termasuk pilihan yang bagus, namun seperti yang dapat Anda lihat, perbanding kami menunjukkan bahwa ExpressVPN sedikit lebih bagus.

Baca lebih lanjut jika Anda ingin tahu secara pasti cara kami mengambil keputusan ini.

Untuk membantu Anda dalam memilih antara ExpressVPN dan CyberGhost, mari membandingkan keduanya: penyedia VPN mana yang lebih bagus? Dalam kategori-kategori apa saja ExpressVPN lebih unggul seperti biasa, dan di kategori-kategori apa saja yang CyberGhost ternyata lebih unggul? Di bawah ini Anda akan melihat perbandingan yang kami lakukan terhadap keamanan, kecepatan, tingkat ramah konsumen, kebijakan privasi (contohnya penyimpanan log) dan fungsionalitas dari kedua penyedia ini. Kami juga akan menjelaskan fitur-fitur spesifik dari kedua VPN, seperti kemampuan untuk mengakses film-film dari koleksi Netflix Amerika atau penggunaan VPN di negara-negara yang memiliki rezim pemerintahan represif.

ExpressVPN vs CyberGhost: Fungsionalitas, Fitur dan Pilihan Tambahan

Berikut fitur-fitur dasar dari kedua penyedia.

FiturExpressVPNCyberGhost
Server3.000+ server di 94 negara6.800+ server di 89 negara
Kemampuan torrent/P2P
Netflix
Koneksi simultan57
Sistem operasiWindows, Mac, iOS, Android, LinuxWindows, Mac, iOS, Android, Linux
ProtokolOpenVPN, IKEv2/IPsec, L2TP/IPsec, Lightway (beta)OpenVPN, IKEv2/IPsec, WireGuard
HargaMulai dari $6,67 per bulanMulai dari $2,25 per bulan
Kebijakan loggingTidak ada logTidak ada log
Garansi uang kembali30 hari45 hari
Uji Kebocoran DNS
Tor over VPN
Server yang digelapkan
VPN ganda
IP dedicated
Tombol mati daya
Split tunneling
Adblocker
Server diskless
Pemblokir situs berbahaya
Pilihan custom DNS
Pemblokir pelacak online
Automated HTTPS redirect
Pilihan pemadatan data
Tautan ke situsKunjungi ExpressVPNKunjungi CyberGhost

Di bawah ini, Anda akan menemukan penjelasan singkat dari semua fitur yang telah disebutkan di atas:

  • Server: Menunjukkan jumlah server yang dimiliki masing-masing penyedia VPN dalam jaringan server mereka.
  • Kemampuan torrent/P2P: Menjelaskan jika masing-masing penyedia VPN mengizinkan traffic P2P di server mereka, contohnya untuk mengunduh torrent.
  • Netflix/Streaming: Mengindikasikan jika Anda bisa mengakses Netflix atau tidak, khususnya Netflix Amerika, dengan masing-masing penyedia VPN.
  • Koneksi simultan: Menjelaskan jumlah koneksi VPN simultan yang bisa Anda miliki per program langganan dengan masing-masing penyedia VPN.
  • Sistem operasi: Mengindikasikan sistem operasi apa saja yang sesuai dengan VPN tersebut.
  • Protokol: Menyediakan daftar beragam jenis protokol VPN. Hal ini merupakan protokol enkripsi yang digunakan atau didukung oleh penyedia VPN tertentu.
  • Harga: Menyediakan informasi terkait harga program langganan termurah dari masing-masing VPN.
  • Kebijakan log: Menjelaskan jika sebuah penyedia VPN menyimpan log atau tidak. Log memiliki banyak bentuk, namun penting bagi penyedia VPN untuk tidak menyimpan log jenis apapun.
  • Garansi uang kembali: Menyatakan periode waktu di mana Anda bisa meminta kembali uang Anda yang digunakan untuk membeli program langganan. Periode waktu tersebut bisa berbeda jika Anda membeli program langganan satu bulan.
  • Uji Kebocoran DNS: Mengindikasikan jika penyedia VPN tersebut memiliki uji kebocoran DNS sebagai bagian dari perangkat lunak mereka. Pengujian ini dapat digunakan untuk melihat jika alamat IP Anda ternyata bocor.
  • Tor over VPN: Menjelaskan jika masing-masing penyedia VPN menyediakan server spesial yang bekerja secara baik dengan browser Tor. Browser ini digunakan untuk mengakses web gelap.
  • Server yang digelapkan: Mengindikasikan jika penyedia VPN menggunakan server yang digelapkan. Server ini bahkan dapat melampaui blokir VPN yang paling ekstrim.
  • VPN ganda: Mengindikasikan jika sebuah VPN memiliki server VPN ganda. Jika ya, maka Anda bisa memilih untuk terhubung dengan dua server VPN sekaligus. Hal ini menciptakan terowongan ganda.
  • IP dedicated: Menjelaskan jika VPN tertentu menawarkan alamat IP dedicated. Sering kali Anda perlu membayar ekstra untuk fitur ini.
  • Tombol mati daya: Mengindikasikan jika VPN tertentu memiliki tombol mati daya. Hal ini merupakan fitur keamanan yang dapat menghentikan koneksi internet Anda secara sementara jika terjadi malfungsi terhadap penyedia VPN.
  • Split tunneling: Mengindikasikan jika Anda memiliki pilihan untuk memilih secara spesifik traffic apa yang akan disalurkan melalui VPN dan mana yang tidak.
  • Adblocker: Memungkinkan Anda untuk menentukan jika VPN memiliki adblocker mereka sendiri atau tidak.
  • Server diskless: Mengindikasikan jika VPN tersebut menggunakan server RAM diskless. Server ini hanya berfungsi sebagai penyalur dan bukan sebagai hard drive yang menyimpan data.
  • Pemblokir situs berbahaya: Memungkinkan Anda untuk menentukan jika VPN memiliki fitur tambahan yang memblokir situs berbahaya.
  • Pilihan custom DNS: Mengindikasikan jika penyedia VPN memungkinkan Anda untuk memasang DNS records Anda sendiri.
  • Pemblokir pelacak online: Memungkinkan Anda untuk menentukan jika sebuah VPN memiliki fungsi ekstra yang disediakan untuk memblokir pelacak online.
  • Automated HTTPS redirect: Mengindikasikan jika VPN memiliki fitur untuk secara otomatis mengarahkan Anda ke versi HTTPS dari situs-situs dibanding ke versi HTTP.
  • Pilihan pemadatan data: Hal ini merupakan pilihan untuk memadatkan file data yang besar supaya pengalaman browsing Anda lebih cepat.

ExpressVPN vs CyberGhost: Mana yang Lebih Aman?

Untuk aspek keamanan, kami melihat enkripsi yang digunakan, protokol dan pilihan-pilihan ekstra yang ditawarkan oleh kedua penyedia VPN.

  • ExpressVPN memiliki OpenVPN dengan UDP atau TCP. Selain itu, VPN ini bekerja dengan protokol IKEv2/IPSec, L2TP/IPSec, dan Lightway. Namun, dua protokol terakhir tidak disarankan penggunaannya. L2TP lebih tidak aman dibanding OpenVPN dan Lightway masih dalam tahap pengujian. OpenVPN sangat aman, sehingga protokol ini dilihat sebagai pilihan terbaik. IKEv2 berada di antaranya, maka kami menyarankan untuk menggunakan OpenVPN saja.
  • CyberGhost sebagian besar menawarkan protokol yang sama, dengan pengecualian yaitu L2TP dan mengganti Lightway dengan WireGuard. WireGuard seharusnya menjadi hal baru yang bagus dalam ranah protokol VPN, tapi protokol ini masih dalam tahap pengujian.
  • Baik CyberGhost maupun ExpressVPN menggunakan enkripsi 256-bit: tingkat keamanan tertinggi berdasarkan standar internasional. Kedua penyedia ini juga memiliki tombol mati daya, supaya jika sewaktu-waktu koneksi VPN Anda terputus, koneksi internet juga akan mati secara otomatis. CyberGhost memiliki pula sejumlah fitur sebagai bagian dari aplikasinya yang memungkinkan Anda untuk memblokir situs-situs berbahaya, pelacak online, dan situs yang tidak aman. ExpressVPN tidak memiliki fitur-fitur ini.
  • Untuk masing-masing program langganan Anda, CyberGhost menunjukkan pada halaman akun informasi terkait perangkat apa yang Anda gunakan untuk memasang VPN-nya. Hal ini memungkinkan Anda untuk menentukan dari perangkat mana VPN sedang aktif. Sayangnya, hal ini bukanlah fitur yang positif dalam aspek keamanan.

Kesimpulannya, kami dapat mengatakan bahwa baik ExpressVPN maupun CyberGhost sama-sama menawarkan koneksi VPN yang sangat aman. Akan tetapi, sejauh yang kami pahami, ExpressVPN mendapatkan keunggulan dalam aspek ini karena mereka tidak melacak di halaman akun perangkat apa yang digunakan untuk memasang VPN.

VPN teraman: ExpressVPN

VPN Provider vs Provider Winner Security Banner ExpressVPN New


Kecepatan: VPN Mana yang Lebih Cepat?

Untuk membandingkan kecepatan dari dua VPN ini, kami telah melakukan uji kecepatan terhadap keduanya. Namun, sebelumnya kami juga telah menguji koneksi internet kami sendiri tanpa VPN untuk dijadikan tolak ukur kecepatan. Hasilnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Speedtest no VPN

Kami lalu menguji server internasional dan lokal dari ExpressVPN dan CyberGhost. Hasilnya tersedia pada tabel di bawah ini, dengan kecepatan tertinggi yang ditebalkan.

Metrik kecepatanExpressVPNCyberGhost
Kecepatan pengunduhan server lokal (Mbps)322,38441,67
Kecepatan pengunggahan server lokal (dalam Mbps)171,11214,62
Ping server lokal8 ms4 ms
Kecepatan pengunduhan server internasional (dalam Mbps)139,68122,07
Kecepatan pengunggahan server internasional (in Mbps)26,9717,30
Ping server internasional114 ms78 ms

Hasil uji kecepatan menunjukkan bahwa selama penggunaan harian, kedua penyedia VPN berfungsi dengan sempurna. Maka dari itu, kemungkinan Anda untuk mengalami masalah dengan kecepatan internet saat menggunakan dua VPN ini sangatlah kecil. Bahkan jika Anda suka mengunduh atau streaming secara intensif, kedua VPN ini tetap menjadi pilihan yang bagus. Oleh karena kecepatan dari kedua penyedia ini sudah lebih dari cukup untuk menyediakan kondisi penggunaan yang bagus, kami memberikan nilai seimbang bagi keduanya.

Unggul soal kecepatan: Seri

VPN Provider vs Provider Speed Banner Tie


Privasi: Informasi Pengguna Apa Saja yang Dikumpulkan ExpressVPN dan CyberGhost?

Selain aspek kecepatan dan keamanan, penting untuk mengetahui cara penyedia VPN ini dalam menangani data para penggunanya. Jika penyedia VPN menyimpan log, maka tidak peduli seberapa bagusnya keamanannya, pada dasarnya Anda tetap saja tidak anonim saat online. Bagaimana kasusnya dengan kedua penyedia ini?

ExpressVPN

  • ExpressVPN tidak menyimpan log. Namun, seperti layaknya penyedia lain, sebenarnya mustahil untuk membuktikan jika ExpressVPN menyimpan log atau tidak. Meskipun begitu, dalam sejarah dan track record penyedia ini, belum ada kasus yang membuktikan adanya penyimpanan log.
  • Lebih dari itu, ExpressVPN menggunakan TrustedServers sehingga tidak ada yang bisa disimpan secara permanen. Bahkan jika ExpressVPN ingin menyimpan log, TrustedServers membuat hal tersebut mustahil untuk dilakukan.

CyberGhost

  • Seperti ExpressVPN, CyberGhost tidak menyimpan log apapun. Akan tetapi, penyedia ini menyimpan data anonim yang digunakan untuk meningkatkan jasa VPN mereka. Hal ini mencakup, contohnya, data masuk ke CyberGhost untuk melacak waktu saat server paling banyak digunakan. Menurut CyberGhost, informasi ini akan dihapus setelah 24 jam. Data lain, yang disimpan selama satu bulan, akan dihapus setelah bulan tersebut berakhir. Lebih dari itu, CyberGhost sepertinya tidak menyimpan data terkait traffic data, alamat IP, atau jumlah aktivitas tertentu dilakukan oleh para penggunanya.
  • Sesekali, CyberGhost akan mengeluarkan “laporan transparansi”. Hal ini adalah laporan yang menyediakan informasi terkait seberapa sering data pribadi diminta oleh pihak mereka sebagai penyedia jasa. Pihak otoritas perlindungan hak cipta, contohnya, dapat meminta data milik para pengunduh.
  • Laporan ini menunjukkan bahwa CyberGhost tidak merespon permintaan data dari pihak ketiga. Bahkan permintaan dari agensi pemerintah juga dihiraukan. Alhasil, CyberGhost juga memiliki reputasi yang bagus terkait privasi.

Baik ExpressVPN maupun CyberGhost sama-sama memiliki kebijakan privasi yang sesuai. Namun, ExpressVPN menyimpan data yang lebih sedikit dibanding CyberGhost.

Unggul soal privasi: ExpressVPN

VPN Provider vs Provider Winner Privacy Banner ExpressVPN New


ExpressVPN atau CyberGhost: Mana yang Lebih Murah?

Tabel di bawah ini menyediakan gambaran luas terkait harga program langganan dari ExpressVPN dan CyberGhost. Seperti yang bisa Anda lihat, program langganan CyberGhost secara umum lebih murah dibanding ExpressVPN.

LanggananExpressVPNCyberGhost
1 bulan$12,95$12,99
6 bulan$9,99
1 tahun$3,99
Program 1,25 tahun (15 bulan)$6,67
Program 2 tahun$3,49
Program 3,25 tahun (39 bulan)$2,25

Mohon dicatat: kami berusaha sebisa mungkin untuk selalu memperbaharui harga mereka tapi ada baiknya untuk membuka situs penyedia VPN untuk melihat penawaran harga terbaru.

Unggul soal harga: CyberGhost

VPN Provider vs Provider Winner Price Banner CyberGhost


Kemudahan Penggunaan: Pemasangan dan Tampilan

Ulasan kami sebelumnya tentang CyberGhost dan ExpressVPN telah menemukan bahwa kedua penyedia ini memiliki keseimbangan yang baik antara kegunaannya dan jumlah pilihan yang mereka sediakan bagi pengguna. Lebih dari itu, situs dan perangkat lunak kedua penyedia ini sangat jelas. Di bawah ini, kami akan membahas aspek-aspek tertentu secara lebih merinci.

Tampilan layar awal dari perangkat lunak kedua penyedia ini hampir identic. Namun, skema warna ExpressVPN yang mayoritas putih terkesan sedikit lebih tenang dibanding warna hitam dan kuning CyberGhost. Meskipun begitu, kami menyimpulkan bahwa kedua penyedia ini sama-sama bagus. Aplikasi keduanya memiliki tombol besar supaya Anda bisa terhubung, dan mereka memiliki pilihan-pilihan tambahan yang terletak di bawah bagian pengaturan. Namun, CyberGhost terhubung dengan taskbar-nya sedangkan ExpressVPN langsung memperlihatkan tiga server yang terakhir Anda gunakan. Oleh karena itu, kami menilai bahwa ExpressVPN lebih mudah digunakan.

Gambar perangkat lunak ExpressVPN dan CyberGhost tersedia di bawah ini.

Screenshots ExpressVPN and CyberGhost Software

Proses pemasangan

Saat menguji sebuah aplikasi VPN, kami biasanya juga melihat proses pemasangan VPN tersebut. Metode pemasangan dari ExpressVPN dan CyberGhost hampir identic. Proses pemasangannya cukup mudah: Anda mulai dengan membuat sebuah akun, lalu mengunduh perangkat lunaknya, memasangnya dan login dengan informasi akun yang baru Anda buat.

Mengenai proses pemasangan, kami tidak bisa menemukan perbedaan yang signifikan antara ExpressVPN dan CyberGhost. Jika Anda tahu lebih dalam terkait cara kerja proses pemasangan VPN, lihat ulasan kami akan ExpressVPN dan CyberGhost.

Unggul soal Kemudahan Penggunaan: ExpressVPN

VPN Provider vs Provider Winner Ease of Use Banner ExpressVPN New


Layanan Pelanggan: Seberapa Baik Pengguna Dibantu?

  • Mengenai layanan pelanggan ExpressVPN, kami singkat saja. Di fitur liver chat mereka, kami mendapatkan respon langsung dari staff mereka dan bukan bot. Kami juga tidak diarahkan ke sebuah artikel atau tautan lainnya: informasinya disediakan sepenuhnya oleh pihak staff.
  • Fitur live chat CyberGhost sangat responsif dan akurat. Intinya, CyberGhost menyediakan jasa yang luar biasa, jika bukan karena ketidaksesuaian antara layanan pelanggannya dengan halaman bantuan mereka. Saat kami bertanya ke staff CyberGhost terkait protokol apa saja yang didukung oleh CyberGhost, kami diberikan informasi bahwa mereka juga mendukung WireGuard. Sayangnya, informasi ini tidak dapat ditemukan di halaman bantuan CyberGhost. Sedikit ceroboh, namun staff-nya berjanji bahwa masalah ini akan ditindak lanjut secara internal. Akan tetapi, percakapan selanjutnya dengan staf laynanan pelanggan yang lain memperjelas bahwa WireGuard tidak akan tersedia untuk CyberGhost sampai versi perangkat lunak mereka yang baru rilis. Alhasil, terlihat jelas bahwa ExpressVPN memiliki layanan pelanggan yang lebih baik.
  • Di situs ExpressVPN, 99 dari 100% kasus yang ada, Anda akan menemukan jawaban dari pertanyaan Anda. Terkadang membutuhkan sedikit waktu untuk membuka kategori yang tepat, namun pada akhirnya, informasinya tetap tersedia. Meskipun begitu, menurut kami sedikit janggal bahwa Anda perlu menggulir sampai sepenuhnya ke bagian bawah halaman “What is a VPN” untuk menemukan informasi tentang protokol.
  • Sedangkan untuk CyberGhost, situsnya sedikit lebih efisien dibanding ExpressVPN, namun hampir semua informasi tersedia sebagai bagian dari FAQ. Secara prinsip, ide di balik penempatan ini masuk akal: jika orang-orang memiliki pertanyaan, Anda bisa langsung menemukan jawabannya. Namun secara praktik, hal ini membuat pencarian jawaban topik-topik tertentu via navigasi menjadi sedikit sulit.
  • Kami juga ragu tentang keputusan CyberGhost untuk membagi pusat pengetahuan menjadi tiga bagian, yaitu “Guides”, “Troublueshooting” dan “General Info”. Oleh karena tidak terlalu jelas informasi apa yang dapat ditemukan di bagian yang mana, perlu waktu yang lebih lama untuk menemukan artikel atau topik yang dibutuhkan. Alhasil, kami memilih ExpressVPN sebagai penyedia yang lebih unggul di kategori ini.

Unggul soal layanan pelanggan: ExpressVPN

VPN Provider vs Provider Winner Customer Service Banner ExpressVPN


Rekap: VPN Terbaik untuk Beragam Fungsi?

Sepertinya jelas bagi kami bahwa ExpressVPN dan CyberGhost sama-sama menyediakan penggunanya anonimitas online yang diinginkan secara mudah dan aman. Namun, ada kelebihan-kelebihan tertentu yang ditawarkan oleh satu penyedia VPN dan tidak ditawarkan oleh yang lain.

Daftar berikut menyediakan gambaran luas terkait penyedia VPN mana saja yang unggul di setiap kategori:

  • Keamanan: ExpressVPN
  • Kecepatan: Seri
  • Privasi: ExpressVPN
  • Harga: CyberGhost
  • Kemudahan penggunaan: ExpressVPN
  • Layanan Pelanggan: ExpressVPN

Sejauh yang kami pahami, ExpressVPN tetap menjadi penyedia VPN nomor satu dari semua yang telah kami uji sejauh ini. Daftar di atas juga menunjukkan bahwa ExpressVPN unggul di lebih banyak kategori dibanding CyberGhost, bukan sebaliknya.

CyberGhost adalah pilihan yang bagus bagi beberapa pelanggan, karena ada sejumlah fungsinya yang memiliki kelebihan. Bagi pengguna VPN yang mayoritas ingin streaming dan melakukan torrent, contohnya, server dedicated CyberGhost sangat disarankan. Tertarik akan salah satu penyedia ini? Klik tombol di bawah ini.

ExpressVPN
Penawaran:
Dapatkan diskon langganan tahunan + garansi 30 hari uang kembali!
Dari
$6.67
8.9
  • VPN yang mudah digunakan
  • Cocok untuk browsing, pengunduhan, dan streaming secara anonim (contohnya Netflix)
  • 3000+ server di 94 negara
Kunjungi ExpressVPN
CyberGhost
Penawaran:
Coba CyberGhost seharga $1.99 per bulan!
Dari
$1.99
8.8
  • Sangat ramah konsumen
  • Kualitas tinggi dengan harga rendah
  • Torrent dan Netflix bisa bekerja
Kunjungi CyberGhost

Lihat perbandingan VPN kami yang lain untuk menemukan VPN yang lebih baik untuk Anda.

Jurnalis seputar teknologi
Ronella selalu memikirkan cara supaya kita dapat membuat lingkungan digital yang seaman mungkin. Perkembangan digital yang baik juga berarti kita dihadapkan dengan isu-isu keamanan baru. Maka, Ronella ingin menciptakan kesadaran yang lebih tinggi tentang keamanan cyber dan menarik perhatian orang perihal resiko dan perangkap yang sebaiknya dihindari.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar