NordVPN vs Surfshark: VPN Mana yang Lebih Bagus?

NordVPN vs Surfshark Featured
Klik di sini untuk melihat rangkuman artikel ini
NordVPN vs Surfshark: VPN Mana yang Lebih Bagus?

Dengan menguji NordVPN dan Surfshark secara ekstensif serta menilai mereka untuk dibandingkan, kami telah menemukan pemenang yang jelas. Kami mempertimbangkan kriteria di bawah ini dan menentukan pemenang berdasarkan kriteria tersebut:

  • Keamanan: NordVPN
  • Kecepatan: Surfshark
  • Privasi: Seri
  • Harga: Surfshark
  • Kemudahan penggunaan: NordVPN
  • Layanan Pelanggan: NordVPN

Maka kami berkesimpulan bahwa NordVPN yang lebih bagus di antara keduanya.

Ingin tahu lebih banyak tentang hasil pengujian dan perbandingan kami? Maka baca artikel di bawah ini selengkapnya.

NordVPN dan Surfshark sama-sama penyedia VPN yang populer. NordVPN telah lama membangun reputasi mereka, sedangkan Surfshark adalah pendatang baru. Guna bersaing dengan VPN besar, Surfshark telah menawarkan produk-produk mereka dengan harga murah. Hal ini sukses menghasilkan peningkatan jumlah pengguna reguler mereka.

Untuk melihat VPN mana yang terbaik, kami telah membandingkan kedua penyedia VPN ini. Bukan hanya dalam aspek harga dan fungsionalitas, namun juga dalam aspek kecepatan, keamanan, kemudahan penggunaan, dan layanan pelanggan.

NordVPN atau Surfshark: Fungsionalitas, Fitur, dan Pilihan Tambahan

Berikut adalah fitur-fitur dasar dari kedua penyedia VPN.

 

FiturNordVPNSurfshark
Server5.500+ server di 59 negara3.200+ server di 65 negara
Kemampuan torrent/P2P
Netflix
Koneksi simultan6Tidak ada batas
Sistem operasiWindows, Mac, iOS, Android, LinuxWindows, Mac, iOS, Android, Linux
ProtokolOpenVPN, IKEv2/IPsec, NordLynx (WireGuard)OpenVPN, IKEv2/IPsec, WireGuard, Shadowsocks (proxy)
HargaMulai dari $3,71 per bulanMulai dari $2,49 per bulan
Kebijakan loggingTidak ada logTidak ada log
Garansi uang kembali30 hari30 hari
Uji kebocoran DNS
Tor over VPN
Server yang digelapkan
VPN ganda
IP dedicated
Tombol mati daya
Split tunneling
Adblocker
Server diskless
Pemblokir situs berbahaya
Pilihan custom DNS
Pemblokir pelacak online
Server beralamat IP statis
Mesin pencarian anonim
Notifikasi kebocoran email
Tautan ke situsKunjungi NordVPNKunjungi Surfshark

Di bawah ini, Anda akan menemukan penjelasan singkat tentang fitur-fitur yang disebutkan di atas:

  • Server: Menunjukkan jumlah server yang dimiliki VPN dan jumlah negara tempat server tersebut tersebar.
  • Kemampuan torrent/P2P: Menjelaskan jika masing-masing penyedia VPN memungkinkan traffic P2P di server mereka, contohnya untuk mengunduh torrent.
  • Netflix/Streaming: Mengindikasikan jika VPN tersebut bekerja dengan Netflix Amerika.
  • Koneksi simultan: Menjelaskan jumlah perangkat yang dapat Anda hubungkan dengan VPN secara bersamaan.
  • Sistem operasi: Mengindikasikan sistem operasi apa yang bekerja dengan VPN tersebut.
  • Protokol: Menunjukkan protokol VPN apa yang didukung oleh VPN. Anda bisa menemukan informasi lebih banyak terkait protokol enkripsi di sini.
  • Harga: Menyediakan harga program langganan termurah per bulan yang ditawarkan oleh masing-masing penyedia VPN.
  • Kebijakan logging: Mengindikasikan jika penyedia VPN tersebut menyimpan data (yaitu log).
  • Garansi uang kembali: Menyatakan periode waktu di mana Anda bisa meminta kembali uang Anda jika tidak puas akan jasa VPN tersebut.
  • Uji kebocoran DNS: Menjelaskan jika masing-masing VPN memiliki uji kebocoran DNS mereka sendiri, yang menentukan jika alamat IP Anda sedang bocor.
  • Tor over VPN: Menjelaskan jika masing-masing penyedia VPN memiliki server khusus untuk web gelap yang tersedia. Server Tor over VPN adalah server spesial yang sesuai untuk penggunaan browser Tor.
  • Server yang digelapkan: Mengindikasikan jika sebuah VPN memiliki server yang digelapkan. Server ini dapat membuka blokir internet bahkan di negara-negara dengan rezim pemerintah yang paling represif. Mereka adalah server yang khususnya dirancang untuk melawan penyensoran.
  • VPN ganda: Mengindikasikan jika sebuah penyedia VPN memiliki server VPN ganda. Bukan hanya terhubung ke internet dengan satu server VPN, saat menggunakan VPN ganda, Anda bisa terhubung ke dua server sekaligus.
  • IP dedicated: Menjelaskan jika VPN tersebut menawarkan alamat IP dedicated. Anda tidak akan berbagi alamat IP tersebut dengan orang lain, namun, sering kali jasa ini membutuhkan biaya tambahan.
  • Tombol mati daya: Menunjukkan jika VPN tersebut memiliki tombol mati daya. Tombol ini akan memastikan bahwa data Anda tidak bocor jika terjadi malfungsi VPN.
  • Split tunneling: Beberapa VPN, seperti VPN menyebut split tunneling sebagai “Whitelister”. Secara prinsip, dengan fitur ini, Anda bisa memilih aplikasi apa saja yang ingin Anda hubungkan via VPN dan mana yang tidak.
  • Adblocker: Beberapa VPN mulai menawarkan adblocker sebagai upaya privasi tambahan mereka.
  • Server diskless: Server ini tidak bisa menyimpan apapun. Server diskless hanya menggunakan RAM. Alhasil, tidak ada yang disimpan di dalamnya dan server ini hanya berperan sebagai penyalur.
  • Pemblokir situs berbahaya: Pilihan ini melindungi Anda supaya tidak mengakses situs-situs berbahaya.
  • Pilihan custom DNS: Hal ini merupakan pilihan yang memungkinkan Anda untuk menggunakan DNS records Anda sendiri.
  • Pemblokir pelacak online: Fitur tambahan ini memblokir pelacak online yang ada di situs-situs tertentu dan jasa online lainnya.
  • Server beralamat IP statis: Surfshark tidak memiliki alamat IP dedicated namun ada beberapa servernya yang memiliki alamat IP tetap. Namun, server-server ini digunakan bersama dengan pengguna lain.
  • Mesin pencarian anonim: Surfshark memiliki mesin pencarian mereka sendiri yang tidak melacak penggunaan data.
  • Notifikasi kebocoran email: Surfshark memiliki crawler yang memungkinkan mereka untuk melihat jika alamat email Anda ditemukan pada basis data lain di internet. Mereka akan memberi tahu Anda jika alamat email Anda berada di pusat data seperti itu.

NordVPN atau Surfshark: VPN Mana yang Lebih Aman?

Perbedaan terbesar antara NordVPN dan Surfshark dalam aspek keamanan:

  • Protokol Enkripsi: Hanya ada perbedaan kecil antara protokol-protokol yang didukung oleh NordVPN dan Surfshark. NordVPN memiliki NordLynx, yaitu sebuah versi WireGuard yang telah dimodifikasi. Surfshark memiliki WireGuard dan proxy Shadowsocks, yang sebenarnya bukanlah protokol enkripsi, namun sebuah proxy untuk melampaui penyensoran. Saat ini, baik WireGuard atau Shadowsocks yang digunakan tidak akan terlalu berpengaruh terhadap aspek keamanan. Hal ini karena WireGuard masih dalam fase percobaan dan Shadowsocks adalah alat untuk melampaui penyensoran yang lebih sesuai digunakan dengan server NordVPN yang digelapkan.
  • Server bertujuan khusus: NordVPN memiliki server Tor dedicated yang digunakan dengan browser Tor, sedangkan Surfshark tidak. Lebih dari itu, kedua penyedia ini memiliki server yang digelapkan dan server VPN ganda. Server Tor memberikan NordVPN sedikit keuntungan keamanan bagi pengguna browser Tor.
  • Memblokir pelacak online: Surfshark memiliki fungsi spesial untuk memblokir pelacak online. Hal ini baik untuk privasi dan keamanan, namun bukanlah keuntungan yang besar karena ada browser extension gratis yang bagus dan mampu mencapai hal yang sama. NordVPN memiliki pemblokir situs berbahaya, namun hal ini hanya menyediakan keuntungan kecil di atas Surfshark.

VPN teraman: NordVPN (margin-nya sangat kecil, hanya berkat server Tor mereka)

VPN Provider vs Provider Winner Security Banner NordVPN


NordVPN atau Surfshark: VPN Mana yang Lebih Cepat?

Untuk melihat penyedia VPN mana yang paling cepat, kami telah melakukan uji kecepatan terhadap kedua penyedia ini. Namun, sebelumnya kami menguji koneksi internet kami sendiri tanpa VPN untuk menetapkan tolak ukur kecepatan. Tolak ukur kami tersedia pada gambar di bawah ini.

Speedtest no VPN

Hasil pengujian untuk NordVPN dan Surfshark tersedia pada tabel di bawah ini (nilai terbaik yang ditebalkan).

Metrik kecepatanNordVPNSurfshark
Kecepatan pengunduhan server lokal(Mbps)257.20381.40
Kecepatan pengunggahan server lokal (dalam Mbps)388.64265.15
Ping server lokal9 ms4 ms
Kecepatan pengunduhan server internasional (dalam Mbps)146.64372.46
Kecepatan pengunggahan server internasional (dalam Mbps)27.2419.02
Ping server internasional78 ms78 ms

Selama penggunaan harian, kami tidak menyadari perbedaan spesifik antara NordVPN ataupun Surfshark. Meskipun begitu, kami dapat melihat adanya perbedaan yang jelas dari hasil pengujian di atas. Surfshark mendapatkan nilai yang lebih tinggi untuk kecepatan pengunduhan, dan NordVPN sedikit lebih baik dalam kecepatan pengunggahan. Namun, karena mayoritas pengguna menganggap kecepatan pengunduhan lebih penting dibanding kecepatan pengunggahan, kami memberikan keunggulan kepada Surfshark untuk kategori kecepatan.

Unggul soal kecepatan: Surfshark

VPN Provider vs Provider Winner Speed Banner Surfshark


NordVPN vs Surfshark: VPN Mana yang Lebih Bagus dalam Menangani Data?

Keamanan dan privasi berkesinambungan. Maka dari itu penting adanya, selain aspek enkripsi, untuk melihat pula cara VPN dan perusahaannya menangani data Anda. Jika enkripsi sebuah VPN bagus, namun penyedia VPN menjual data Anda ke pihak lain, maka Anda sebaiknya memilih VPN lain. Di bawah ini, Anda akan menemukan informasi tentang tingkat privasi yang disediakan oleh NordVPN dan Surfshark.

Rincian privasi NordVPN

  • Mengingat NordVPN terletak di Panama, ini artinya mereka tidak perlu menyimpan data apapun. NordVPN juga tidak perlu menerima permintaan oleh pihak lain untuk mengakses data mereka (jika ada data yang disimpan).
  • Pada tahun 2018, sebuah server NordVPN yang terletak di Finlandia berhasil diretas. Meskipun hal ini termasuk mengkhawatirkan, ternyata tidak ada data yang sebenarnya berhasil diretas. Hal ini karena tidak ada data yang disimpan di dalam server. NordVPN merespon dengan cepat dan tanggap, serta semenjak itu mereka telah menghentikan kolaborasi dengan pemilik server yang berhasil diretas tersebut.
  • Anda bisa membayar via Bitcoin saat membuat akun NordVPN, yakni sebuah cara anonim untuk membuat akun.
  • NordVPN sepertinya tidak menyimpan log apapun. Hal ini juga sudah dikonfirmasi melalui sebuah audit independen.
  • Oleh karena NordVPN menggunakan server RAM diskless, tidak ada data yang disimpan di dalam server. Server ini hanya bekerja layaknya penyalur. Maka, bahkan jika seseorang berhasil mengakses server mereka, tidak ada data yang bisa digunakan.

Rincian privasi Surfshark

  • Surfshark terletak di Kepulauan Virgin Inggris. Seperti layaknya lokasi NordVPN di Panama, teritori ini tidak memiliki peraturan yang ketat mengenai penyimpanan data. Alhasil, Surfshark seperti NordVPN, tidak perlu menyimpan catatan akan pengguna mereka.
  • Surfshark juga memungkinkan Anda untuk membayar melalui cryptocurrency. Alhasil, Anda tidak perlu menghubungkan akun Anda dengan sebuah metode pembayaran pribadi.
  • Surfshark juga menggunakan server RAM diskless. Dalam aspek privasi dan keamanan, VPN ini juga sebaik NordVPN.
  • Dalam aspek privasi, Surfshark memiliki beberapa fitur yang bagus namun tidak terlalu baik untuk privasi. Bukannya alamat IP dedicated (seperti yang ditawarkan NordVPN), Surfshark memiliki beberapa server IP statis. Meskipun hal ini tidak memiliki semua manfaat dari alamat IP dedicated, namun tetap lebih bagus untuk privasi dibanding tidak memiliki bantuan fitur apapun. Lebih dari itu, Surfshark memiliki sebuah browser anonim sebagai pilihan tambahan, dan notifikasi yang akan memberi tahu Anda saat alamat email Anda kelihatan bocor di internet. Hal-hal ini merupakan fitur privasi tambahan yang bagus, meskipun mereka juga tersedia melalui browser extension gratis atau situs seperti “haveibeenpwned?”. Pada dasarnya, hal ini didasari oleh niatan yang bagus, namun efeknya tidak terlalu baik bagi privasi dibanding yang diharapkan.
  • Surfshark menawarkan pilihan untuk menggunakan mesin pencarian anonim mereka. Hal ini adalah tambahan bagus yang lain, namun Anda mungkin sebaiknya menggunakan mesin pencarian anonim yang gratis yaitu DuckDuckGo.

Dalam aspek privasi, sulit untuk memilih pemenang. Baik NordVPN maupun Surfshark sama-sama memiliki uji kebocoran DNS sebagai sebuah fitur tambahan, namun secara prinsip, Anda dari awal pasti sudah berharap bahwa VPN yang digunakan tidak akan membocorkan alamat IP Anda. Surfshark memiliki beberapa fitur (terkadang berbayar) untuk meningkatkan privasi, namun fitur ini juga tersedia dari browser extension dan situs gratis lainnya yang sering kali kualitasnya juga tidak kalah bagus. Kami menemukan perbedaan yang sangat kecil terkait privasi di antara kedua penyedia ini sehingga sulit untuk menentukan pemenang. Menurut kami, kategori ini berakhir dengan hasil seri.

Unggul soal privasi: Seri

VPN Provider vs Provider Privacy Banner Tie


NordVPN vs Surfshark: Penyedia VPN Mana yang Lebih Murah?

Seperti yang terlihat pada tabel di bawah ini, program langganan termurah Surfshark lebih murah dibanding NordVPN. Harga NordVPN sedikit lebih murah untuk program langganan satu bulan, namun program langganan Surfshark yang berjangka waktu lebih panjang secara jelas jauh lebih murah. Harga per bulan untuk beragam program langganan mereka tersedia pada tabel di bawah ini:

LangggananNordVPNSurfshark
1 bulan$11,95$12,95
6 bulan$6,49
Program 1 tahun$4,92
Program 2 tahun$3,71$2,49

Mohon diingat: Dengan program langganan jangka panjang, Anda bisanya akan membayar sekali untuk keseluruhan periode waktu langganan. Maka dari itu, Anda akan ditagih per periode langganan dan bukan per bulan. Selain itu, kami berusaha untuk selalu memperbaharui tabel ini, tapi sebaiknya selalu buka situs penyedia VPN untuk melihat harga aktualnya.

Unggul soal harga: Surfshark

VPN Provider vs Provider Winner Price Banner Surfshark


Kemudahan Penggunaan: Tampilan dan Pemasangan

Di dalam daftar penyedia VPN top pilihan kami, semua penyedia sebenarnya sangat ramah konsumen. Maka dari itu, hal yang lebih penting adalah preferensi masing-masing pengguna dibanding penilaian VPN mana yang lebih bagus dalam aspek ini. Di bawah ini, kami membahas secara singkat tampilan perangkat lunak NordVPN dan Surfshark serta kemudahan proses pemasangan masing-masing VPN.

Perbedaan antara tampilan NordVPN dan Surfshark

Seperti layaknya CyberGhost, Surfshark lebih memilih untuk memperlihatkan sebuah daftar berisi server VPN mereka yang tersedia. NordVPN, di sisi lain, memilih untuk memperlihatkan sebuah peta dengan opsi untuk menunjukan server-sever di dalam sebuah daftar, jika itu preferensi pengguna. Maka dari itu, dengan NordVPN, Anda benar-benar memiliki dua pilihan terbaik yang ada. Sebuah peta yang intuitif, dan daftar yang mendalam.

Kami juga merasa struktur halaman “pengaturan” NordVPN sedikit lebih jelas. Selain itu, NordVPN memiliki pilihan untuk ‘sementara menghentikan’ koneksi VPN untuk beberapa menit, sebuah fitur yang sangat ramah konsumen.

Gambar tampilan perangkat lunak NordVPN dan Surfshark tersedia di bawah ini.

Screenshots NordVPN and Surfshark Software

Kedua VPN ini bekerja secara intuitif dan cocok untuk hampir semua pengguna. Kami menilai NordVPN memiliki beberapa fitur-fitur dan pilihan bagus yang membuat jasa ini sedikit lebih ramah konsumen dibanding Surfshark.

Proses pemasangan

Proses pemasangan NordVPN dan Surfshark sangat mirip sehingga mereka hampir identik. Setelah Anda membuat akun, log in ke situs dan unduh file yang sesuai dengan sistem operasi Anda. Lalu sebuah file (.exe) akan terunduh. Anda buka file tersebut, dan setelah itu VPN akan terpasang. Setelah perangkat lunak VPN berhasil dipasang, Anda hanya tinggal melakukan log in.

Di smartphone atau tablet, Anda bisa mengunduh aplikasi VPN dari situs penyedia VPN atau memasangnya dari App Store maupun Google Play. Setelah mengunduh dan memasang aplikasinya, Anda hanya perlu memberikan izin kepada aplikasi untuk menyesuaikan pengaturan jaringan Anda. Setelah Anda menyetujui hal ini, VPN sudah siap digunakan.

Unggul soal kemudahan penggunaan: NordVPN

VPN Provider vs Provider Winner Ease of Use Banner NordVPN


Layanan Pelanggan: Seberapa Baik Para Pengguna Dibantu?

Kualitas layanan pelanggan yang disediakan oleh penyedia VPN juga menjadi aspek yang penting. Bagi mayoritas pengguna, perangkat lunak akan langsung bekerja dengan baik. Namun, jika terjadi sesuatu masalah, Anda sebaiknya mencari bantuan. Kami menghubungi NordVPN dan Surfshark dengan persiapan beberapa pertanyaan dan berikut hal-hal yang kami temukan:

  • NordVPN dan Surfshark sama-sama menawarkan bantuan dalam bentuk fitur chat.
  • Keduanya memiliki staff yang dapat memberikan kami jawaban yang sesuai. NordVPN lebih cepat dalam merespon dan jawabannya lebih jelas.
  • Baik NordVPN maupun Surfshark sama-sama memiliki pusat bantuan informasi yang berisi jawaban atas FAQ dan panduan yang berguna.

Perbedaan antara layanan pelanggan dua penyedia ini sangat sedikit. Namun, oleh karena NordVPN membantu kami dengan sedikit lebih baik, kami memberikan keunggulan dalam aspek ini untuk NordVPN.

Unggul soal Layanan Pelanggan: NordVPN

VPN Provider vs Provider Winner Customer Service Banner NordVPN


Kesimpulan: NordVPN atau Surfshark, VPN mana yang lebih bagus?

NordVPN dan Surfshark sangat mirip dalam aspek kualitas. Kedua VPN ini bagus, namun berdasarkan kriteria kami, salah satu dari mereka lebih bagus dibanding yang lain. Daftar berikut ini menunjukkan pemenang dari setiap kategori:

  • Keamanan: NordVPN
  • Kecepatan: Surfshark
  • Privasi: Seri
  • Harga: Surfshark
  • Kemudahan penggunaan: NordVPN
  • Layanan Pelanggan: NordVPN

Seperti yang bisa Anda lihat, NordVPN adalah pemenangnya. Surfshark secara jelas menang dalam aspek kecepatan dan harga. Untuk kualitas layanan pelanggan, keamanan, dan kemudahan penggunaan, NordVPN jelas menang. Alhasil, kami menyimpulkan bahwa berdasarkan kriteria di atas, NordVPN secara keseluruhan lebih bagu dibanding Surfshark.

NordVPN
Pilihan kami
Pilihan kami
Penawaran:
Hanya $3,29 per bulan untuk program langganan 2 tahun dengan garansi 30 hari uang kembali
Dari
$3.29
9.3
  • Perlindungan luar biasa dan jaringan server yang besar
  • Aplikasi yang bagus dan menyenangkan
  • Tidak ada log
Kunjungi NordVPN
Surfshark
Penawaran:
Internet aman dan anonim hanya dengan modal $2,30 per bulan
Dari
$2.30
9.0
  • Sangat ramah konsumen serta bisa bekerja dengan Netflix dan torrent
  • Garansi 30 hari uang kembali. Tanpa syarat tambahan!
  • Harga murah dengan banyak pilihan tambahan
Kunjungi Surfshark

Ingin melihat perbandingan VPN yang lain? Klik salah satu tautan di bawah ini:

Jurnalis seputar teknologi
Ronella selalu memikirkan cara supaya kita dapat membuat lingkungan digital yang seaman mungkin. Perkembangan digital yang baik juga berarti kita dihadapkan dengan isu-isu keamanan baru. Maka, Ronella ingin menciptakan kesadaran yang lebih tinggi tentang keamanan cyber dan menarik perhatian orang perihal resiko dan perangkap yang sebaiknya dihindari.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar