NordVPN vs CyberGhost: VPN Mana yang Lebih Bagus untuk Anda?

NordVPN vs CyberGhost Featured
Klik di sini untuk melihat rangkuman artikel ini
Rangkuman: NordVPN atau CyberGhost, VPN Mana yang Lebih Bagus

Guna membantu Anda dalam memilih antara NordVPN dan CyberGhost, kami telah membandingkan kedua penyedia ini menggunakan sejumlah kategori. Kategori yang kami gunakan untuk menilai NordVPN dan CyberGhost adalah kecepatan, keamanan, privasi, harga, kemudahan penggunaan, dan jasa layanan pelanggan. Di bawah ini, kami memperlihatkan VPN yang unggul di masing-masing kategori:

  • Keamanan: NordVPN
  • Kecepatan: Seri
  • Privasi: NordVPN
  • Harga: CyberGhost
  • Kemudahan penggunaan: NordVPN
  • Layanan Pelanggan: NordVPN

Seperti yang Anda bisa lihat, NordVPN lebih bagus di sebagian besar kategori. Seharusnya tidak diherankan bahwa NordVPN adalah pemenangnya.

Di bawah ini, Anda akan menemukan penjelasan terkait hasil di atas, termasuk tabel berisi perbandingan fitur-fitur dari dua penyedia ini yang berguna.

NordVPN dan CyberGhost sama-sama merupakan penyedia VPN yang sangat populer. Oleh karena performa mereka di ulasan sebelumnya bagus, kami pikir ada baiknya untuk menilai kedua penyedia ini secara lebih dekat.

Kami mulai perbandingannya dengan menilai fungsionalitas, fitur-fitur, dan pilihan tambahan yang disediakan oleh NordVPN dan CyberGhost. Sebelum mencapai sebuah kesimpulan, kami terlebih dahulu menilai dua VPN ini berdasarkan kecepatan, keamanan, privasi, harga, kemudahan penggunaan, dan layanan pelanggan yang ditawarkan mereka.

NordVPN atau CyberGhost: Fungsionalitas, Fitur, dan Pilihan Tambahan

Sebelum kami masuk lebih dalam tentang fitur-fitur spesifik dari VPN, tabel di bawah ini menyediakan gambaran luas fitur-fitur yang ditawarkan oleh kedua penyedia VPN.

FiturNordVPNCyberGhost
Server5.500+ server di 59 negara6.800+ server di 89 negara
Kemampuan torrent/P2P
Netflix
Koneksi simultan67
Sistem operasiWindows, Mac, iOS, Android, LinuxWindows, Mac, iOS, Android, Linux
ProtokolOpenVPN, IKEv2/IPsec, NordLynx (WireGuard)OpenVPN, IKEv2/IPsec, WireGuard
HargaMulai dari $3,71 per bulanMulai dari $2,25 per bulan
Kebijakan loggingTidak ada logTidak ada log
Garansi uang kembali30 hari45 hari
Uji kebocoran DNS
Tor over VPN
Server yang digelapkan
VPN ganda
IP dedicated
Tombol mati daya
Split tunneling
Adblocker
Server diskless
Pemblokir situs berbahaya
Pilihan custom DNS
Pemblokir pelacak online
Automated HTTPS redirect
Pilihan pemadatan data
Tautan ke situsKunjungi NordVPNKunjungi CyberGhost

Di bawah ini, Anda akan menemukan penjelasan singkat perihal fitur-fitur yang disebutkan di atas:

  • Server: Semakin banyak server yang disediakan oleh penyedia VPN, semakin banyak pilihan yang Anda miliki untuk membuka blokir. Jumlah server VPN yang lebih banyak juga memastikan adanya kecepatan yang lebih tinggi karena jumlah pengguna VPN dapat didistribusikan di antara server yang lebih banyak.
  • Kemampuan torrent/P2P: Menjelaskan jika masing-masing penyedia VPN memungkinkan adanya traffic P2P di server mereka, contohnya untuk mengunduh torrent.
  • Netflix/Streaming: Mengindikasikan jika VPN tersebut bekerja dengan Netflix serta jasa streaming terkenal lainnya. Contohnya, untuk mengakses Netflix Amerika.
  • Koneksi simultan: Menjelaskan berapa banyak perangkat yang bisa Anda hubungkan ke VPN tersebut secara bersamaan.
  • Sistem operasi: Mengindikasikan sistem operasi apa yang sesuai dengan VPN tersebut.
  • Protokol: Menunjukkan protokol enkripsi VPN yang didukung oleh masing-masing VPN. Anda bisa menemukan informasi lebih lanjut tentang protokol enkripsi di sini.
  • Harga: Menyediakan harga awal per bulannya bagi program langganan termurah yang disediakan oleh masing-masing VPN.
  • Kebijakan logging: Log merupakan file yang berisi informasi pengguna. Jika sebuah penyedia VPN tidak menyimpan log, maka artinya ada kemungkinan bahwa VPN tersebut memiliki privasi dan keamanan yang baik.
  • Garansi uang kembali: Menyatakan periode waktu di mana Anda bisa meminta kembali uang Anda yang sebelumnya digunakan untuk membeli program langganan dari penyedia VPN tersebut. Catatan: untuk program langganan yang lebih singkat, periode jaminannya mungkin juga lebih singkat.
  • Uji kebocoran DNS: Kebocoran DNS terjadi saat alamat IP Anda bocor. VPN yang memiliki fitur uji kebocoran DNS dapat melihat jika alamat IP Anda ternyata bocor.
  • Tor over VPN: Menjelaskan jika masing-masing penyedia VPN memiliki server spesial yang tersedia dan sesuai untuk digunakan dengan browser Tor.
  • Server yang digelapkan: Server ini membuat traffic VPN terlihat seperti traffic normal, sehingga memudahkan para pengguna di Cina, contohnya, untuk mengakses situs-situs yang diblokir.
  • VPN ganda: Dengan VPN ganda, Anda terhubung ke internet melalui dua server VPN sekaligus. Keuntungan dari hal ini adalah Anda menjadi lebih anonim. Contohnya, layanan penyedia internet (ISP) hanya akan melihat bahwa Anda terhubung ke server VPN yang pertama, namun tidak melihat yang kedua. Hal ini memastikan tingkat privasi yang lebih tinggi bagi Anda.
  • IP dedicated: Menjelaskan jika VPN tersebut menawarkan alamat IP dedicated. Anda bisa menemukan lebih banyak tentang alamat IP dedicated di sini.
  • Tombol mati daya: Tombol mati daya adalah opsi keamanan tambahan yang akan mematikan internet Anda jika koneksi VPN tiba-tiba putus. Anda bisa membaca tentang tombol mati daya di sini.
  • Split tunneling: Split tunneling adalah pilihan tambahan yang tersedia di mana Anda bisa menentukan perangkat atau aplikasi mana yang terhubung via VPN dan mana yang tidak.
  • Adblocker: Memungkinkan Anda untuk menentukan jika VPN memiliki adblocker mereka sendiri.
  • Server diskless: Server jenis ini hanya bekerja sebagai sebuah penyalur. Oleh karena tidak ada informasi yang disimpan dalam server ini, maka penggunaannya bagus untuk tujuan keamanan dan privasi.
  • Pemblokir situs berbahaya: Memungkinkan Anda untuk menentukan jika VPN memiliki fitur ekstra yang memblokir situs berbahaya.
  • Pilihan custom DNS: Mengindikasikan jika penyedia VPN memungkinkan Anda untuk memasang DNS records Anda sendiri.
  • Pemblokir pelacak online: Memungkinkan Anda untuk menentukan jika VPN tersebut memiliki fungsi sendiri untuk memblokir pelacak online.
  • Automated HTTPS redirect: Fitur ini secara otomatis menghubungkan Anda ke versi HTTPS dari sebuah situs dibandingkan versi HTTP-nya.
  • Pilihan pemadatan data: Pilihan ini dapat memadatkan file data yang besar supaya pengalaman browsing Anda bisa lebih cepat.

NordVPN atau CyberGhost: VPN Mana yang Lebih Aman?

NordVPN dan CyberGhost sama-sama menawarkan protokol yang sama, yaitu OpenVPN, IKEv2/IPSec, and WireGuard (disebut NordLynx dengan NordVPN). Alhasil, dalam aspek protokol enkripsi, hampir tidak ada perbedaan antara NordVPN dan CyberGhost. Maka dari itu, untuk menentukan penyedia VPN mana yang lebih aman, kami telah melihat perbedaan-perbedaan utama mereka.

  • Server bertujuan khusus: NordVPN memiliki lebih banyak server khusus dibanding CyberGhost. NordVPN memiliki server yang digelapkan untuk melampaui penyensoran, server VPN ganda untuk menyalurkan traffic internet melalui dua server sekaligus, dan server Tor over VPN yang diperlukan untuk digunakan dengan browser Tor. Baik NordVPN maupun CyberGhost memiliki server streaming dan P2P, namun jelas bahwa NordVPN memiliki server yang lebih banyak selain selain dari dua jenis server tersebut khusus untuk tujuan keamanan.
  • Server diskless: NordVPN menggunakan server diskless, CyberGhost tidak. Server diskless adalah server yang tidak menyimpan data apapun. Alhasil, bahkan jika server tersebut diretas, tidak ada data di dalam situ yang bisa dilihat. Hal ini menjadi kelebihan bagi NordVPN.
  • Pemblokiran pelacak online: Baik CyberGhost maupun NordVPN mampu memblokir iklan online dan situs-situs berbahaya. Namun, CyberGhost juga memiliki fungsi otomatis untuk langsung mengarahkan Anda ke situs versi HTTPS dan sebuah “pemblokir pelacak” untuk memblokir pelacak online. Hal ini merupakan kelebihan bagi CyberGhost, namun hanya berskala kecil. Hal-hal ini termasuk alat tambahan yang bagus, namun sebenarnya masalahnya juga dapat diselesaikan dengan browser add-ons yang gratis. Lebih dari itu, sering kali browser add-ons gratis lebih bagus dibanding alat-alat yang disediakan oleh VPN.

VPN teraman: NordVPN

VPN Provider vs Provider Winner Security Banner NordVPN


NordVPN vs CyberGhost: VPN Mana yang Lebih Cepat?

Untuk membandingkan kecepatan dari kedua penyedia ini, kami telah melakukan uji kecepatan terhadap mereka. Namun, sebelumnya kami terlebih dahulu menguji koneksi internet kami sendiri tanpa VPN supaya dijadikan tolak ukur. Hasilnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Speedtest no VPN
Kami lalu menguji server internasional dan lokal yang dimiliki oleh NordVPN dan CyberGhost. Hasilnya dapat dilihat pada tabel di bawah in, dengan hasil terbaik yang ditebalkan.

Metrik kecepatanNordVPNCyberGhost
Kecepatan pengunduhan server lokal (dalam Mbps)257.20441.67
Kecepatan pengunggahan server lokal (dalam Mbps)388.64214.62
Ping server lokal94
Kecepatan pengunduhan server internasional (dalam Mbps)146.64122.07
Kecepatan pengunggahan server internasional (dalam Mbps)27.2417.30
Ping server internasional7878

Selama penggunaan harian, kami tidak menyadari adanya kekurangan kecepatan dengan NordVPN ataupun CyberGhost. Meskipun begitu, kami dapat melihat adanya perbedaan jelas di antara hasil pengukuran kecepatan mereka. Di ranah server lokal, CyberGhost lebih tinggi dibanding NordVPN untuk hasil kecepatan pengunduhan dan ping-nya. Namun, nilai NordVPN lebih tinggi dibanding CyberGhost di ranah server internasional. Selain itu, NordVPN juga kelihatannya memiliki hasil kecepatan pengunggahan yang lebih dengan server lokal.

CyberGhost kelihatannya lebih bagus saat Anda menggunakan server lokal untuk mengunduh, NordVPN kelihatan lebih bagus saat digunakan untuk situasi lainnya. Namun, karena kecepatan pengunduhan sangat penting, kami memberikan nilai seri bagi kedua penyedia untuk aspek ini.

Unggul soal kecepatan: Seri

VPN Provider vs Provider Speed Banner Tie


NordVPN atau CyberGhost: VPN Mana yang Lebih Baik dalam Menangani Data?

Selain aspek keamanan, sangat penting pula untuk memperhatikan privasi. Bagi banyak orang, aspek ini penting saat memilih VPN. Jika VPN Anda “aman”, namun data pribadi Anda jatuh ke tangan orang yang salah, maka VPN tersebut tetap tidak berguna bagi Anda. Rincian lebih lanjut tentang privasi yang ditawarkan oleh NordVPN dan CyberGhost dapat dilihat di bawah ini.

Rincian privasi NordVPN

  • NordVPN secara hukum terletak di Panama, sehingga tidak perlu mematuhi permintaan negara lain untuk menyerahkan data.
  • Pada tahun 2018, sebuah server NordVPN yang berada di Finlandia berhasil diretas. Namun, tidak ada data yang bocor karena server tersebut tidak berisi data apapun. NordVPN akhirnya mengakhiri kontrak dengan pemilik server yang berhasil diretas.
  • Anda bisa membayar via Bitcoin untuk membuat akun NordVPN.
  • NordVPN melalui sebuah audit independen yang menunjukkan bahwa mereka tidak menyimpan log apapun.
  • Server RAM diskless milik NordVPN memastikan bahwa NordVPN tidak menyimpan data apapun.

Rincian privasi CyberGhost

  • CyberGhost terletak di Romania, sehingga penyedia ini tidak perlu menyimpan data dan data tersebut tidak diserahkan ke pihak lain.
  • Anda bisa membayar via Bitcoin untuk membuat akun CyberGhost.
  • CyberGhost secara reguler mempublikasikan sebuah “laporan transparansi” yang menyatakan seberapa sering mereka diminta untuk menyerahkan data oleh pihak lain. Sampai saat ini, CyberGhost tidak pernah setuju dengan permintaan apapun.
  • Halaman akun CyberGhost menyediakan informasi tentang perangkat apa saja tempat Anda memasang VPN. Fitur ini kelihatannya bukan ide yang bagus untuk privasi.

Lebih sulit untuk menentukan pemenang yang jelas dalam kategori privasi. NordVPN memiliki infrastruktur privasi yang sudah ada, namun, pernah sekali diretas. CyberGhost tidak menggunakan server RAM diskless namun tidak pernah diretas. Akan tetapi, jika kami menghiraukan masa lalu dan hanya melihat tingkat privasi dari kedua penyedia VPN saat ini, NordVPN menjadi pilihan yang lebih bagus karena menggunakan server diskless sehingga tidak ada data yang bisa disimpan.

Unggul soal privasi: NordVPN

VPN Provider vs Provider Winner Privacy Banner NordVPN


NordVPN atau CyberGhost: Mana yang Lebih Murah?

Seperti yang terlihat pada tabel di bawah ini, CyberGhost memiliki penawaran yang sedikit lebih murah dibanding NordVPN untuk program langganan jangka panjangnya. Beberapa tahun belakangan ini, kami menyadari, saat mengulas VPN, bahwa kedua penyedia ini tidak jauh berbeda soal harga. Penawaran harga keduanya berkisar pada $2 sampai $3 per bulan.

Perbedaan yang perlu dipertimbangkan adalah harga program langganan satu bulan mereka, NordVPN menawarkan yang lebih murah dibanding CyberGhost. Di bawah ini, Anda akan menemukan gambaran luas yang lengkap tentang harga NordVPN dan CyberGhost per bulan.

LanggananNordVPNCyberGhost
1 bulan$11,95$12,99
1 tahun$4,92$3,99
Program 2 tahun$3,71$3,49
Program 3,25 tahun (39 bulan)$2,25

Mohon diingat: Dengan program langganan jangka panjang, Anda biasanya membayar sekali untuk keseluruhan periode waktu langganan. Maka, Anda akan ditagih per periode langganan dan bukan per bulan. Selain itu, kami berusaha untuk selalu memperbaharui tabel harga kami, tapi disarankan untuk selalu buka situs penyedia VPN untuk melihat harga aktual saat ini.

Unggul soal harga: CyberGhost

VPN Provider vs Provider Winner Price Banner CyberGhost


Kemudahan Penggunaan: Pemasangan dan Tampilan

Jika kami melihat penyedia VPN terbaik, perbedaan kemudahan penggunaan di antara mereka hanya sedikit. Semua VPN yang bagus pada dasarnya ramah konsumen. Maka dari itu, lebih penting preferensi pengguna sendiri dibanding menilai mana VPN yang lebih bagus daripada yang lain. Meskipun begitu, kami melihat tingkat kemudahan penggunaan dan mencoba untuk menemukan perbedaan yang jelas antara NordVPN dan CyberGhost.

Perbedaan tampilan antara NordVPN dan CyberGhost

NordVPN menyediakan representasi visual yang lebih banyak akan server global mereka. Mereka menyediakan peta dunia di mana Anda bisa memilih negara Anda yang server-nya ingin Anda gunakan. Hal ini sangat intuitif dan merupakan tambahan yang bagus bagi tampilan tradisional VPN.

CyberGhost memilih tampilan yang lebih standar. Lebih dari itu, CyberGhost memiliki layar awal dengan tombol “Turn on VPN” yang jelas. NordVPN langsung menunjukkan peta dan memiliki tombol “Quick Connect”, namun Anda juga bisa memilih untuk memperlihatkan server dalam daftar, sedangkan dengan CyberGhost, Anda tidak bisa memilih untuk melihat peta.

Perbedaan lain adalah CyberGhost dari awal berpatokan pada taskbar, kecuali saat Anda membuka pengaturan lanjutan atau server, sedangkan NordVPN tidak berpatokan pada taskbar. Kami lebih memilih opsi NordVPN. Selain itu, Anda bisa ‘sementara menghentikan’ VPN untuk beberapa menit saat menggunakan NordVPN, sebuah pilihan yang tidak ditawarkan oleh CyberGhost.

Gambar tampilan perangkat lunak NordVPN dan CyberGhost ada di bawah ini.

Screenshots NordVPN and CyberGhost Software

Mengenai aplikasi desktop dan smartphone, kami menemukan bahwa hanya ada sedikit perbedaan antara NordVPN dan CyberGhost. NordVPN terlihat sedikit lebih mudah untuk digunakan dibanding CyberGhost.

Proses pemasangan

Proses pemasangan NordVPN dan CyberGhost hampir identik. Anda log in the situs penyedia VPN pilihan Anda, membuka tab di mana Anda bisa mengunduh VPN, dan memilih sistem operasi untuk pemasangan VPN. Sebuah file (.exe) lalu akan terunduh ke desktop Anda. Setelah membuka filenya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang ditampilkan di layar untuk memasang VPN. Hal yang perlu Anda lakukan setelah itu hanyalah membuka perangkat lunak dan log in. Anda bisa melakukan hal ini dengan menggunakan informasi log in yang sama saat sebelumnya masuk ke situs penyedia VPN.

Di smartphone, Anda bisa mengunduh aplikasi VPN dari situs penyedia VPN, atau memasangnya dari App Store atau Google Play. Saat mengunduh dari App Store atau Google Play, pastikan bahwa Anda mengunduh VPN yang benar.

Unggul soal kemudahan penggunaan: NordVPN

VPN Provider vs Provider Winner Ease of Use Banner NordVPN


Layanan Pelanggan: Seberapa Baik Pengguna Dibantu?

Selain dari kemudahan penggunaan, layanan pelanggan juga menjadi faktor yang penting. Pengalaman baik atau buruk dengan layanan pelanggan dapat mendukung atau menghancurkan sebuah jasa. Di bawah ini, kami membagikan pengalaman kami dengan layanan pelanggan NordVPN dan CyberGhost.

  • NordVPN dan CyberGhost sama-sama memiliki sistem layanan pelanggan yang dapat dihubungi via fitur live chat. Fitur live chat keduanya menghubungkan Anda dengan seorang staff asli.
  • Kami mendapatkan jawaban yang sesuai saat menghubungi NordVPN dan CyberGhost.
  • Dengan kedua penyedia ini, Anda hanya bisa berbicara dalam bahasa Inggris dengan layanan pelanggannya.
  • NordVPN dan CyberGhost memiliki pusat informasi berisi jawaban dari FAQ.
  • Saat mengulas dan membandingkan situs kedua penyedia ini, kami menemukan informasi yang di situs bantuan CyberGhost yang sudah tidak lagi relevan atau tidak lagi berlaku.

Unggul soal Layanan Pelanggan: NordVPN

VPN Provider vs Provider Winner Customer Service Banner NordVPN


Kesimpulan: NordVPN atau CyberGhost, VPN mana yang lebih bagus?

NordVPN dan CyberGost sama-sama merupakan jasa VPN yang bagus, namun terdapat beberapa perbedaan antara keduanya yang bisa jadi penting bagi para pengguna. Daftar di bawah ini menyediakan rangkuman singkat terkait penyedia VPN mana yang menurut kami unggul di setiap kategori yang kami uji:

  • Keamanan: NordVPN
  • Kecepatan: Seri
  • Privasi: NordVPN
  • Harga: CyberGhost
  • Kemudahan penggunaan: NordVPN
  • Layanan Pelanggan: NordVPN

Meskipun dua penyedia VPN ini tidak terlalu berbeda dari satu sama lain, menurut kami NordVPN lebih baik dalam mayoritas kategori yang penting. Lebih dari itu, perbedaan yang ada pada kategori di mana NordVPN kalah unggul dari CyberGhost sangat kecil. Alhasil, kami menyarankan NordVPN, namun CyberGhost tentunya masih merupakan VPN yang sangat bagus.

NordVPN
Pilihan kami
Pilihan kami
Penawaran:
Hanya $3,29 per bulan untuk program langganan 2 tahun dengan garansi 30 hari uang kembali
Dari
$3.29
9.3
  • Perlindungan luar biasa dan jaringan server yang besar
  • Aplikasi yang bagus dan menyenangkan
  • Tidak ada log
Kunjungi NordVPN
CyberGhost
Penawaran:
Coba CyberGhost seharga $1.99 per bulan!
Dari
$1.99
8.8
  • Sangat ramah konsumen
  • Kualitas tinggi dengan harga rendah
  • Torrent dan Netflix bisa bekerja
Kunjungi CyberGhost

Selain itu, cek artikel perbandingan VPN vs VPN kami yang lain untuk mengetahui VPN mana yang menjadi pilihan terbaik.

Jurnalis seputar teknologi
Ronella selalu memikirkan cara supaya kita dapat membuat lingkungan digital yang seaman mungkin. Perkembangan digital yang baik juga berarti kita dihadapkan dengan isu-isu keamanan baru. Maka, Ronella ingin menciptakan kesadaran yang lebih tinggi tentang keamanan cyber dan menarik perhatian orang perihal resiko dan perangkap yang sebaiknya dihindari.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar