Mullvad PNG Logo Large

Mullvad Ulasan 2022

Pembaruan: 29 Desember 2021
Sorotan
  • Sangat bagus untuk privasi dan keamanan
  • Luar biasa cepat
  • Tidak ada perangkat lunak untuk iOS
Nilai
8.3

Kami Mullvad nilai

  • Kecepatan
    9.0
  • Keamanan
    9.0
  • Kegunaan
    8.0
  • Server
    7.0

Ulasan Mullvad (2022) – Luar biasa dalam aspek privasi dan kecepatan

Mullvad adalah penyedia VPN berbasis di Swedia (negara “14 mata”) yang mengutamakan kualitas aspek privasi. Mereka sangat menganggap serius masalah privasi: bahkan Anda tidak butuh alamat email saat ingin mendaftarkan akun. Di situs mereka, Mullvad akan menyediakan sebuah kode unik yang dapat Anda gunakan untuk masuk ke dalam akun dan membeli program langganan berbayar. Proses pembayarannya juga bisa dilakukan secara anonim.

Selain dari sistem yang sangat private, Mullvad pun juga unggul dalam hal protokol VPN. Pengguna Mullvad dapat memilih untuk menggunakan protokol WireGuard, contohnya. Protokol ini dikembangkan secara khusus untuk pengguna Linux dan diharapkan bisa bekerja lebih baik dibanding IPsec dan OpenVPN.

Spesifikasi Mullvad
Sistem operasi
  • Android
  • ,
  • Linux
  • ,
  • Mac
  • ,
  • Windows
  • ,
  • iOS
Koneksi
  • 5
Torrent
  • Torrenting diperbolehkan
Log
  • Nol log
Protokol
  • OpenVPN
  • ,
  • Wireguard
Cara pembayaran
  • Criptomoneda
  • ,
  • Lain
  • ,
  • Kartu kredit
  • ,
  • Paypal
Money-back guarantee
  • Ya
Bekerja dengan
  • Torrent

Kecepatan – Seberapa cepat Mullvad?

Ingin browsing, streaming, dan mengunduh dengan mudah sambil dilindungi VPN? Maka Anda akan perlu VPN yang hampir sama sekali tidak mempengaruhi kecepatan internet Anda. Itulah alasan mengapa kami telah menguji kecepatan Mullvad secara ekstensif. Berikut hasil tes kami.

Hasil uji kecepatan Mullvad

Sebelum menguji Mullvad, pertama kami menguji kecepatan ‘normal’ koneksi kami tanpa VPN via speedtest.net. Lalu kami menggunakan Mullvad dan memilih sebuah server lokal untuk memeriksa seberapa besar pengaruhnya terhadap kecepatan pengunduhan dan pengunggahan kami. Lalu, kami melakukan hal yang sama dengan menggunakan server di Amerika Serikat. Kami telah berusaha untuk mempertahankan variabel pengujian ini sebisa mungkin tetap konsisten.

Kecepatan tanpa VPN (speedtest.net):

Mullvad speedtest no VPN

Inilah kecepatan koneksi kami saat tidak menggunakan VPN. Kami akan menggunakan hasilnya untuk dibanding dengan tes kami yang lain.

Server lokal (speedtest.net):

Mullvad speedtest local server

Ini kecepatan koneksi kami setelah terhubung ke sebuah server lokal di Belanda yang disediakan oleh Mullvad. Kecepatan pengunggahan dan pengunduhan hampir sama sekali tidak terpengaruhi.

Server di Amerika Serikat (speedtest.net):

Mullvad speedtest USA server

Server Amerika milik Mullvad sangat cepat dibanding server dari penyedia VPN lain. Seperti biasa, ping meningkat dengan kuat, tapi kecepatan pengunduhan dan pengunggahan tetap tinggi.

Kecepatan saat penggunaan harian

Hasil uji coba kecepatan Mullvad sangat memukau. Maka dari itu, kami tidak terkejut waktu tidak menemukan adanya perbedaan kecepatan saat Mullvad diaktifkan selama penggunaan internet harian kami. Streaming di YouTube, gaming via Steam, pengunduhan melalui browser kami ataupun jaringan torrent, dan semua jenis penggunaan internet lainnya dapat berjalan dengan mulus dan tanpa gangguan: kecepatan kami hampir sama sekali tidak terpengaruhi oleh Mullvad. Dengan hasil ini, Mullvad menjadi salah satu VPN tercepat yang pernah kami uji.

Kesimpulan mengenai kecepatan Mullvad

Awalnya, ekspetasi kami akan kecepatan Mullvad sangat rendah, mengingat penyedia VPN ini sangat bertumpu pada kualitas keamanan yang ditawarkannya. Namun pada akhirnya, Mullvad dapat bekerja dengan luar biasa dalam aspek kecepatan dan mampu mengejutkan kami dengan hasilnya. Berikut kesimpulan kami:

  • Mullvad mencapai performa kecepatan yang sangat tinggi dalam uji coba kecepatan kami yang ekstensif
  • Kecepatan internet kami saat penggunaan harian hampir tidak sama sekali terpengaruhi oleh Mullvad
  • Mullvad merupakan penyedia VPN yang sangat cepat – lebih cepat dibanding mayoritas penyedia VPN lainnya

Keamanan – Seberapa aman Mullvad?

Bisa dibilang aspek terpenting dari sebuah VPN adalah keamanan. Hal ini pun sangat berkaitan dengan aspek privasi. Dalam hal ini, Mullvad adalah pilihan yang baik. Mereka menggunakan protokol paling aman dan bahkan merancang sistem yang unik untuk menangani akun pelanggan, sehingga mereka hanya meminta data pribadi sesedikit mungkin.

Protokol

Mullvad memilih untuk hanya menggunakan protokol yang paling aman: OpenVPN dan WireGuard. OpenVPN perlahan-lahan telah menjadi protokol standar bagi para penyedia VPN. Sedangkan WireGuard adalah protokol yang relatif baru dan masih dalam tahap pengembangan, namun sudah lebih bagus dibanding IPsec dan OpenVPN. Dalam bahasa lain: untuk urusan protokol, Mullvad lebih unggul.

Pencatatan dan Privasi

Mullvad memiliki kebijakan no log yang ketat. Pernyataan resmi mereka mengenai privasi sangat jelas, menginformasikan kepada semua orang tentang hal yang mereka catat dan tidak catat. Secara umum, mereka menyimpan informasi tentang Anda dalam jumlah yang minim. Bahkan, mereka menyebutkan cara data tersebut disimpan dan durasi waktu penyimpanannya. Selain itu, mereka pun secara terbuka mengaku bahwa, jika Anda menggunakan metode pembayaran tertentu, ada pihak lain yang akan mendapat informasi tertentu tentang Anda.

Kebijakan privasi Mullvad unik. Meskipun banyak penyedia lain yang juga terbuka perihal kebijakan mereka saat ini, Mullvad mungkin adalah satu-satunya yang memperlihatkan cara kerja mereka secara terbuka. Hal ini tidak asing mengingat Mullvad hampir sama sekali tidak mencatat informasi apa pun dan satu-satunya hal yang mereka perlukan dari Anda saat ingin membuat akun adalah untuk metode pembayaran (beberapa metode akan mencakup informasi tambahan terkait pembayaran pribadi). Anda bahkan tidak butuh alamat email untuk menggunakan VPN ini. Jika Anda ingin mengirim email ke Mullvad, contohnya untuk menghubungi pihak layanan pelanggan, Anda dapat menggunakan email yang terenkripsi PGP. Singkat kata, Mullvad telah memikirkan matang-matang semua hal yang berkaitan dengan privasi.

Apa jenis informasi yang dibutuhkan Mullvad?

Mullvad tidak meminta Anda untuk memberikan alamat email Anda. Inilah keunikan Mullvad, karena mayoritas penyedia VPN lain akan membutuhkan email Anda untuk membuka sebuah akun untuk Anda. Dengan Mullvad, Anda hanya butuh kode unik yang disediakan oleh Mullvad. Anda bisa menghubungkan pembayaran langganan Anda dengan kode ini. Hanya hal itu yang dibutuhkan Mullvad untuk memberikan Anda akses terhadap jaringan VPN mereka.

Kesimpulan mengenai keamanan Mullvad

Mullvad adalah VPN yang luar biasa aman. Bahkan, mungkin merupakan salah satu VPN premium paling aman yang pernah kami temukan. Maka, kesimpulan kami mengenai keamanan Mullvad adalah sebagai berikut:

  • Mullvad hanya menggunakan protokol yang paling aman: OpenVPN dan WireGuard
  • Mullvad tidak menyimpan catatan apapun
  • Anda tidak membutuhkan alamat email untuk buat akun VPN dengan Mullvad
  • Mengirim email ke layanan pelanggan dapat dilakukan melalui email yang terenkripsi PGP
  • Satu hal yang perlu dicatat adalah bahwa Mullvad terletak di negara “14 mata”, yang artinya Mullvad kemungkinan dapat didesak (baik sekarang atau nanti) untuk membagikan hasil log mereka (walaupun mereka tidak punya log sehingga tidak bisa membagikannya)

Kegunaan – Seberapa ramah konsumen Mullvad?

Tingkat ramah konsumen Mullvad terbilang layak. Jaman sekarang, banyak perangkat lunak VPN yang punya tampilan serupa dan Mullvad adalah salah satunya. Formula serupa ini menjadikan Mullvad VPN yang sangat ramah konsumen. Meskipun begitu, ada beberapa opsi yang tidak kami temukan saat kami membandingkan layanannya dengan, contoh, NordVPN. Hal tersebut sebagian besar masuk dalam kategori masalah minor, seperti ketidakmampuan untuk melihat tingkat keramaian suatu server dan server mana yang paling cocok untuk torrent atau streaming. Lebih dari itu, Anda tidak bisa memasang Mullvad di iPhone melalui AppStore. Sebaliknya, Anda perlu memasang Mullvad melalui file konfigurasi OpenVPN atau WireGuard.

Situs Mullvad

Mullvard memiliki situs terstruktur yang berisi beberapa informasi berguna. Anda dapat menemukan sebagian besar informasi yang biasanya dicari di halaman beranda. Informasi mendalam dan spesifik lainnya dapat ditemukan di halaman FAQ mereka. Menurut kami, hal ini tidak selamanya praktis. Meskipun terdapat halaman “about” yang berisi informasi tentang perusahaan di balik Mullvad beserta visi dari penyedia VPN, kami belum menemukan informasi lebih praktis yang biasanya ditampilkan oleh banyak penyedia lainnya di halaman “Features”.

Mullvad VPN website homepage

Untuk masuk ke situs dan mengakses halaman “My Account”, hal yang diperlukan adalah kode untuk akun VPN Anda. Kode ini sempurna untuk aspek privasi, namun kemunduran signifikannya adalah bahwa semua orang dapat masuk ke dalam akun Anda jika sudah memiliki kode tersebut. Dalam praktiknya, tidak ada banyak perubahan, karena pilihan-pilihan yang tersedia di dalam bagian situs ini merupakan tempat pengelolaan akun dan saluran untuk melakukan proses pembayaran. Walaupun begitu, hal ini tetap patut untuk diketahui. Pihak lain dapat menggunakan akun Anda jika mereka memiliki kode Anda dan mengunduh perangkat lunaknya. Maka, sangat penting untuk tidak membagikan kode akun Anda ke orang lain.

Jika Anda ingin mengunduh Mullvad, Anda tidak perlu masuk ke dalam akun terlebih dahulu. Anda dapat mengunduh perangkat lunak Mullvad dan menekan tombol hijau “Download” di atas halaman beranda mereka. Setelah Anda sampai pada halaman pengunduhan, Anda dapat memilih perangkat lunak yang tepat sesuai dengan sistem operasi Anda.

Pemasangan Mullvad

Pemasangan Mullvad mudah, tapi tidak berjalan seperti layaknya pemasangan VPN lain. Maka, kami ingin menjelaskan cara kerjanya secara baik. Anda bisa mulai dengan mengunduh perangkat lunak atau dengan mendapatkan sebuah nomor akun. Memilih cara yang pertama atau kedua tidak akan mengubah prosedurnya. Namun, kami sarankan Anda untuk mendapatkan nomor akun terlebih dahulu, karena alasan berikut.

  1. Kunjungi halaman beranda Mullvad, scroll ke bawah, dan klik ‘Generate Account’. Anda akan sampai ke sebuah halaman yang berisi kode unik. Kode ini adalah satu-satunya hal yang Anda butuhkan untuk masuk dan melakukan konfigurasi akun, maka pastikan untuk menyimpannya dengan aman.
  2. Selesaikan proses pembayaran dengan memilih metode pembayaran pilihan Anda di halaman nomor akun dan ikuti langkah-langkah yang terpandu setelahnya.
  3. Unduh perangkat lunak VPN Mullvad dengan mengunduh file pemasangan .exe untuk OS Anda.
  4. Ikuti langkah yang ada di layar pemasangan VPN Mullvad.
  5. Buka perangkat lunak Mullvad setelah proses pemasangan selesai.
  6. Masukan nomor akun Anda dan hubungkan perangkat dengan server VPN Mullvad yang Anda inginkan!

Tampilan Mullvad dan kemudahan penggunaannya

Mullvad connected Chicago serverMeskipun perangkat lunak Mullvad terlihat seperti tampilan VPN premium lain, namun opsi yang ditawarkannya tergolong minim. Mullvad telah mengambil keputusan untuk membatasi pilihan protokol yang ditawarkan, di antara pilihan lainnya, dan alhasil perangkat lunaknya pun sangat mudah untuk digunakan. Satu-satunya kekurangan adalah ketersediaan informasi yang sedikit tentang server-server yang tersedia, contohnya informasi perihal tingkat keramaian server dan kesesuaian server untuk aktivitas pengunduhan torrent serta membuka blokir Netflix Amerika.

Selain dari hal-hal kecil, tidak ada catatan lain tentang kegunaan Mullvad. Perangkat lunaknya tidak luar biasa, namun semua hal di dalamnya dapat ditemukan dengan mudah dan bekerja secara baik. Sebuah gangguan kecil yang kami temukan adalah bahwa perangkat lunak ini terhubung dengan taskbar sehingga layarnya akan secara otomatis mengecil setiap kali Anda menekan bagian layar selain dari bagian yang memperlihatkan perangkat lunaknya. Namun, secara umum, Mullvad adalah VPN yang cukup baik dan minimalis dalam aspek tampilan dan kemudahan penggunaan.

Harga dan metode pembayaran

Dengan harga €5 per bulan, yaitu sekitar $6,08, Mullvad merupakan VPN yang cukup mahal. Harga ini tidak berubah, walaupun Anda memilih program langganan hanya untuk satu bulan atau berbulan-bulan. Mereka menyarankan pembayaran via Bitcoin atau Bitcoin Cash karena tersedia diskon 10% jika Anda memilih salat satu metode pembayaran ini. Meskipun diskon ini tidak terlalu besar, namun tetap akan membantu jika Anda ingin menggunakan Mullvad untuk durasi waktu yang lebih panjang.

Mullvad payment methods

Dalam urusan metode pembayaran, Anda dapat memilih satu dari jenis-jenis pembayaran di bawah ini:

  • Paypal
  • Kartu kredit
  • Transfer bank
  • Swish
  • Bitcoin
  • Bitcoin Cash
  • Tunai
  • Voucher

Pembayaran via Bitcoin atau Bitcoin Cash adalah pilihan yang paling anonim. Anda pun bisa melakukan transfer uang secara langsung dari akun bank Anda ke akun bank mereka. Dalam kasus ini, Anda akan membagikan informasi akun Anda selama proses transfer, yang artinya Anda tidak akan sepenuhnya anonim lagi. Hal lain yang patut untuk diingat adalah bahwa Mullvad menawarkan garansi 30 hari uang kembali.

Layanan pelanggan

Mullvad menawarkan layanan pelanggan yang luar biasa. Walaupun mereka tidak menawarkan fitur chat live di situsnya, mereka tetap merespon email dengan cepat. Kami sering mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan kami dalam waktu 10 menit. Dapat terlihat bahwa terdapat karyawan asli yang menjawab kami dan bahwa mereka benar-benar berupaya untuk membantu kami dibanding hanya memberikan jawaban standar yang relatif, maka dari itu kami sangat menghargai fitur ini.

Satu-satunya hal yang tidak dapat mereka bantu adalah membuka blokir Netflix Amerika. Mullvad mengutamakan keamanan dan privasi, maka mereka memutuskan untuk tidak mencoba membuka blokir Netflix. Sangat disayangkan, tapi kami mengerti tujuan penyedia seperti Mullvad yang mengutamakan privasi.

Kesimpulan mengenai kegunaan Mullvad

Setelah menguji Mullvad, kesimpulan kami perihal kegunaan penyedia VPN ini adalah sebagai berikut:

  • Mullvad adalah VPN minimalis, tapi ramah konsumen
  • Perangkat lunak Mullvad cepat dan mudah untuk digunakan
  • Proses pembuatan akun sederhana dan dapat dilakukan dengan beberapa klik saja
  • Mullvad mudah untuk dipasang
  • Mullvad tidak punya aplikasi iOS di AppStore
  • Layanan pelanggan Mullvad merespon dengan cepat via email
  • Program langganannya seharga €5 per bulan (sekitar$6,08), maka Mullvad bukan VPN termurah
  • Mullvad menawarkan garansi 30 hari uang kembali

Jaringan server Mullvad

Mullvad memiliki jaringan server yang besar. Meskipun tidak sebanyak ExpressVPN atau CyberGhost, tapi jumlahnya masih mencapai ratusan. Mullvad membagi server-nya menjadi tiga kategori:

  • Server OpenVPN (server VPN yang lebih “standar”)
  • Server WireGuard (jenis server VPN yang “baru”: rumornya lebih cepat dibanding server OpenVPN, namun masih dalam tahap pengembangan)
  • Bridges (jenis server VPN spesial untuk saat server lain tidak tersedia karena sensor online)

Mullvad tidak membedakan antara server streaming atau P2P. Selain itu, mereka tidak menawarkan server ‘Onion’ spesial untuk jaringan Tor, seperti yang dilakukan NordVPN.

Jumlah server dan lokasinya

Mullvad memiliki total 410 server yang tersebar di lebih dari 63 kota di 39 negara. Lokasi dari server-server tersedia pada tabel di bawah ini:

Server OpenVPN milik Mullvad

NegaraJumlah serverLOkasi
Afrika Selatan1Johannesburg
Albania1Tirana
Amerika Serikat67Atlanta, Chicago, Dallas, Denver, Los Angeles, Miami, New York, Phoenix, Piscataway, Salt Lake City, San Francisco, Seattle, Secaucus
Australia10Adelaide, Brisbane, Canberra, Melbourne, Perth, Sydney
Austria3Vienna
Belanda18Amsterdam
Belgia3Brussels
Brasil2São Paulo
Bulgaria2Sofia
Denmark6Copenhagen
Finlandia6Helsinki
Hong Kong2Hong Kong
Hungaria2Budapest
India1Pune
Inggris27London, Manchester
Israel1Tel Aviv
Italia2Milan
Jepang2Tokyo
Jerman20Frankfurt
Kanada13Montreal, Toronto, Vancouver
Latvia1Riga
Luxembourg1Luxembourg
Moldova1Chisinau
Norwegia7Oslo
Prancis3Paris
Polandia3Warsaw
Portugal1Lisbon
Republik Ceko3Prague
Romania2Bucharest
Selandia Baru1Auckland
Serbia2Belgrado, Nis
Singapura2Singapore
Spanyol3Madrid
Swedia57Göteborg, Helsingborg, Malmö, Stockholm
Swiss9Zürich
Ukraina1Kiev
Uni Emirat Arab1Dubai
Yunani1Athens

Server WireGuard milik Mullvad

NegaraJumlah serverLokasi
Amerika Serikat19Atlanta, Chicago, Dallas, Los Angeles, Miami, New York, Phoenix, Piscataway, Salt Lake City, Seattle
Australia4Melbourne, Sydney
Austria2Vienna
Belanda3Amsterdam
Belgia2Brussels
Brasil1São Paulo
Bulgaria3Sofia
Denmark2Copenhagen
Finlandia1Helsinki
Hong Kong1Hong Kong
Hungaria2Budapest
India1Pune
Inggris7London, Manchester
Irlandia1Dublin
Italia3Milan
Jepang2Tokyo
Jerman5Frankfurt
Kanada7Montreal, Vancouver
Latvia1Riga
Moldova1Chisinau
Norwegia3Oslo
Polandia3Warsaw
Prancis3Paris
Republik Ceko3Praha
Romania3Bucharest
Selandia Baru2Auckland
Serbia2Belgrado
Singapura1Singapore
Spanyol3Madrid
Swedia9Göteborg, Malmö, Stockholm
Swiss4Zürich
Ukraina1Kiev

Bridges milik Mullvad

NegaraJumlah serverLokasi
Amerika Serikat4Chicago, Los Angeles, Miami, New York
Australia1Sydney
Belanda1Amsterdam
Hong Kong1Hong Kong
Inggris1London
Jerman1Frankfurt
Kanada1Montreal
Norwegia1Oslo
Polandia1Warsaw
Romania1Bucharest
Singapura1Singapore
Swedia3Göteborg, Helsingborg, Malmö

Alamat IP dedicated

Mullvad tidak menawarkan IP dedicated. Semua alamat IP mereka dapat digunakan oleh semua pelanggan, dan kami tidak mengharapkan adanya perubahan kebijakan dalam waktu dekat. Mullvad fokus dalam aspek privasi dan keamanan, dan alamat IP statis seperti IP dedicated lebih mudah untuk dilacak kembali ke perseorangan. Maka dari itu, masuk akal bagi mereka untuk tidak menyediakan fitur tersebut.

Kesimpulan mengenai jaringan server Mullvad

Berikut merupakan kesimpulan kami akan jaringan server Mullvad:

  • Jumlah server yang dimiliki Mullvad cukup banyak dan tersebar di seluruh dunia
  • Mullad memiliki 288 server OpenVPN, 105 server WireGuard, dan 17 Bridges
  • Pengguna Mullvad hanya bisa menggunakan IP yang digunakan bersama

Pilihan Mullvad

Mullvad tergolong sebagai VPN yang sederhana dan fungsional. Di samping server Bridge dan fitur tombol mati daya yang bekerja dengan baik, mereka tidak menawarkan fungsi tambahan lain layaknya penyedia VPN seperti Surfshark. Tidak ada whitelister, kemungkinan untuk menggunakan server MultiHop ataupun memblokir pelacak. Hal ini adalah bagian dari kekuatan Mullvad: mereka bertujuan untuk menawarkan VPN yang aman dan private. Kemewahan lainnya menjadi prioritas nomor dua.

Mullvad dan Netflix

Kami tidak bisa memastikan bahwa Mullvad mampu membuka blokir Netflix Amerika. Netflix secara aktif mencoba menghalangi pengguna VPN agar tidak dapat menggunakan layanan mereka, dan server Mullvad kelihatannya tidak dapat melampaui blokir tersebut. Saat kami menanyakan hal ini, Mullvad menjelaskan bahwa beberapa pengguna mampu mendapatkan akses saat menggunakan proxy SOCKS5 dan server New York, namun hal ini tidak berhasil untuk kami. Hal ini sangat disayangkan terutama untuk VPN yang mampu mencapai kecepatan tinggi karena mempunyai potensi menjadi VPN yang tepat bagi untuk streaming Netflix, hanya jika VPN tersebut dapat memberikan Anda akses terhadap Netflix.

Mullvad dan torrents

Bittorrent logoMeskipun Mullvad tidak memiliki server P2P dedicated apapun, server lokal kami masih bisa bekerja saat mengunduh torrent. File dapat diunduh dengan cepat karena kecepatan server Mullvad yang tinggi. Lebih dari itu, Anda dapat menemukan instruksi tambahan untuk menjaga klien BitTorrent Anda di dalam situs Mullvad. Klien lain tidak didukung oleh Mullvad karena mereka tidak bersifat open source, dipenuhi dengan adware atau junkware, atau secara umum tidak menawarkan pengaturan privasi yang cukup baik.

Kesimpulan mengenai pilihan Mullvad

  • Mullvad tidak bekerja dengan Netflix
  • Proses pengunduhan torrent dengan Mullvad dapat dilakukan dan terdapat opsi-opsi keamanan tambahan untuk BitTorrent
  • Mullvad memiliki tombol mati daya
  • Server Bridge milik Mullvad dapat membantu Anda untuk melampaui firewall yang ketat.

Kesimpulan – Pengalaman kami dengan Mullvad

ProKontra
Sangat baik dalam aspek keamanan dan privasiNetflix tidak dapat bekerja
Tidak menyimpan catatanRelatif mahal
Hanya menggunakan protokol-protokol VPN terkuatTidak ada perangkat lunak untuk iOS
Server yang sangat cepatTerletak di negara “14 Mata”
Perangkat lunak yang sangat ramah konsumen
Layanan pelanggan merespon dengan cepat
Pilihan server WireGuard
Bisa mengunduh torrent

Secara umum, Mullvad adalah penyedia VPN yang luar biasa. Meskipun mereka utamanya fokus pada keamanan dan privasi, mereka juga bekerja dengan sangat baik dalam aspek kecepatan dan tingkat kegunaan. Menurut kami, Mullvad tentunya merupakan salah satu VPN terbaik yang ada saat ini. Satu-satunya kekurangan adalah harga Mullvad yang cukup mahal dan Mullvad tidak bekerja dengan Netflix (Amerika). Bagi beberapa pengguna, hal ini sudah cukup menjadi alasan mereka untuk memilih VPN yang lebih murah dan dapat memberikan akses ke Netflix.

Pendapat pribadi para ahli VPNoverview.com

“VPN yang sangat aman dengan server yang cepat. Kemungkinan menjadi pilihan terbaik untuk melindungi privasi Anda”
Nilai Kami
8.3
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar

Kunjungi Mullvad