ProtonVPN PNG Logo Large

ProtonVPN Ulasan 2022

Pembaruan: 29 Desember 2021
Sorotan
  • Sistem enkripsi yang kuat
  • Server khusus
  • Tersedia program langganan gratis
Nilai
7.9

Kami ProtonVPN nilai

  • Kecepatan
    7.5
  • Keamanan
    9.0
  • Kegunaan
    7.5
  • Server
    7.5

Ulasan ProtonVPN (2022) – Keamanan yang Kuat

ProtonVPN merupakan penyedia VPN yang relatif baru dan berasal dari Swiss. Mereka menawarkan versi gratis dan berbayar dari perangkat lunak mereka dan berada dalam naungan ProtonVPN AG. Perusahaan ini meluncurkan ProtonMail pada tahun 2014 silam. ProtonMail dengan cepat menjadi penyedia jasa email aman terbesar di dunia yang mengutamakan privasi, anonimitas, dan kualitas enkripsi di atas segalanya. ProtonVPN pun mengikuti kesuksesan ProtonMail. VPN ini dikembangkan guna menawarkan para pelanggan koneksi yang aman di luar dari jasa email mereka. Kedua proyek ini – ProtonVPN dan ProtonMail – pun lanjut dikembangkan menjadi dua bisnis yang berbeda untuk mempertahankan keamanan dan privasi pelanggan Proton.

Tim di belakang ProtonVPN selalu berusaha untuk membuat perubahan di dunia: mereka melatih jurnalis, mendidik publik, dan mempertanyakan akuntabilitas dari pemerintah. Selain itu, mereka juga telah memulai kolaborasi dengan Mozilla di tahun 2018. Mengingat kantor pusat mereka yang terletak di Jenewa, Swiss, mereka tidak diharuskan untuk menyimpan catatan akan aktivitas penggunanya. ProtonVPN tersedia dalam versi Windows, MacOS, iOS, Android dan Linux, serta memiliki banyak opsi penyesuaian tambahan. Adapun penawaran program langganan yang berbeda-beda, dimulai dengan versi gratis yang kualitasnya sudah cukup baik.

Spesifikasi ProtonVPN
Sistem operasi
  • Android
  • ,
  • Linux
  • ,
  • Mac
  • ,
  • Windows
  • ,
  • iOS
Koneksi
  • 2
Torrent
  • Torrenting diperbolehkan
Netflix
  • Bekerja dengan Netflix
Protokol
  • IKEv2
  • ,
  • OpenVPN
  • ,
  • Wireguard
Cara pembayaran
  • Criptomoneda
  • ,
  • Lain
  • ,
  • Kartu kredit
  • ,
  • Paypal
Money-back guarantee
  • Ya
Bekerja dengan
  • Netflix
  • Torrent
  • BBC

Kecepatan – Seberapa cepat ProtonVPN?

Banyak pengguna yang menginginkan VPN cepat. Anda tidak ingin menunggu lama supaya video YouTube dapat dimuat atau file untuk diunduh, karena Anda menggunakan koneksi internet yang aman. Streaming, gaming, dan surfing web dapat menjadi pengalaman yang mudah dan tanpa kendala. Namun, sebuah VPN berpotensi untuk memperlambat koneksi internet Anda. Jika Anda mengalami hal ini, maka sudah pasti VPN yang dipilih kurang memuaskan dalam aspek kecepatan.

Untuk mengetahui apakah sebuah VPN memperlambat (atau mungkin, sebaliknya, mempercepat) koneksi Anda , kami menguji semua penyedia VPN yang kami ulas untuk melihat kecepatannya. Di bawah ini, Anda dapat melihat berbagai hasil uji coba kecepatan yang telah kami lakukan dengan ProtonVPN. Kami pun telah menguji kecepatan VPN selama penggunaan harian. Dengan ini, Anda mendapatkan gambaran yang baik tentang kemungkinan pengaruh ProtonVPN terhadap koneksi internet Anda.

Hasil uji coba kecepatan ProtonVPN

Dalam bagian ini, Anda akan menemukan hasil kecepatan yang kami dapatkan selama menguji coba ProtonVPN. Semua uji coba dilakukan menggunakan Plus deal dari ProtonVPN tanpa menghidupkan fitur Secure Core mereka. Jasa khusus ini akan melakukan rute ulang terhadap koneksi internet Anda sebanyak dua kali, yang akibatnya akan memperlambat kecepatan koneksi Anda, oleh karena itu kami tidak menggunakannya dalam uji coba kami. Mohon diingat bahwa semua hasil di bawah ini bergantung pada lokasi Anda, penyedia internet yang Anda gunakan, dan waktu. Untuk menambah referensi, kami pun menambahkan hasil uji coba kecepatan koneksi internet kami tanpa menggunakan VPN apapun.

Kecepatan tanpa VPN (speedtest.net):

Inilah hasil speedtest.net saat kami menguji koneksi internet kami tanpa menggunakan VPN. Kami akan menggunakan hasil ini sebagai pembanding dari hasil uji coba lainnya.

Kecepatan dengan server lokal (speedtest.net):

Berikut hasil speedtest.net atas kecepatan koneksi internet kami saat menggunakan sebuah server ProtonVPN yang relatif dekat dengan lokasi kami. Dibandingkan dengan hasil uji coba kami yang pertama, ping di sini tetap sama. Ini pertanda baik. Di saat yang bersamaan, kecepatan pengunduhan menurun kurang lebih setengah dari kecepatan awal, namun kecepatan pengunggahan tetap sama. Sepertinya server lokal ProtonVPN bekerja dengan sangat baik.

Server di Amerika Serikat (speedtest.net):

Hasil speedtest.net atas kecepatan koneksi internet kami saat menggunakan sebuah server ProtonVPN di Amerika Serikat memperlihatkan bahwa ping telah meningkat secara besar. Lebih dari itu, hanya satu per sepuluh dari kecepatan pengunduhan awal yang masih tersisa, meskipun kecepatan pengunggahannya sedikit lebih baik.

Kesimpulannya: walaupun server Amerika milik ProtonVPN terlihat lamban, server lokalnya dapat bekerja dengan sangat baik.

Kecepataan saat penggunaan harian

Dengan adanya hasil uji coba kecepatan ini, kami pun terdorong untuk mencari tahu tentang kinerja ProtonVPN selama periode penggunaan harian. Saat browsing, kami telah menemukan sangat sedikit kendala. Pengunduhan torrent berjalan dengan cepat: dalam waktu lima belas menit, kami mampu mengunduh file yang cukup besar. Kami pun dapat menonton video YouTube seperti biasanya, walaupun video-video ini membutuhkan waktu lebih untuk memuat. Gaming pun dapat dilakukan dengan baik: durasi memuat halaman-halaman dan grafik yang tepat sedikit lebih lama dari biasanya, namun setelah itu, permainannya dapat bekerja seperti seharusnya. Streaming dan menonton Netflix pun mungkin untuk dilakukan, hanya dengan satu kekurangan. Untuk menonton Netflix Amerika, kami harus menggunakan server Amerika. Koneksi satu ini, untuk kami, sangatlah lamban dan memiliki kendala serta penundaan yang lebih lama.

Kesimpulan mengenai kecepatan ProtonVPN

  • Uji coba kecepatan menunjukkan hasil yang cukup baik, terutama saat menggunakan server lokal
  • Server Amerika sangat lamban dibanding server lokal
  • Kecepatan internet selama browsing, streaming dan proses pengunduhan juga cukup baik
  • Mengakses Netflix Amerika dapat menyebabkan beberapa kendala dan penundaan

Keamanan – Seberapa aman ProtonVPN?

Keamanan mungkin saja merupakan kualitas terpenting dari VPN. Umumnya VPN dikenal atas kemampuannya untuk melindungi privasi dan anonimitas dari penggunanya. Orang-orang menggunakan VPN saat menelusuri internet supaya mereka tidak diikuti ataupun dilacak. Untuk memastikan kesuksesan VPN dalam hal ini, kami telah melihat aspek keamanan dan sistem perlidungan dari semua VPN yang kami ulas secara mendalam.

Dalam bagian ini, Anda akan membaca semua hal tentang keamanan dari ProtonVPN. Protokol apa yang mereka gunakan? Apakah mereka memiliki kebijakan untuk tidak menyimpan pencatatan? Tombol mati daya? Informasi pribadi apa saja yang mereka minta dari Anda? Setelah menjawab semua pertanyaan-pertanyaan ini, kami akan memberikan keputusan terakhir kami perihal keamanan ProtonVPN.

Protokol

ProtonVPN menggunakan dua macam protokol untuk jaringan server VPN mereka. Protokol-protokol ini membantu untuk mengenkripsi data Anda. Saat ini ProtonVPN bekerja dengan IKEv2/IPSec dan OpenVPN. Saat menggunakan klien-klien ProtonVPN ini, Anda dapat memilih sendiri untuk menggunakan UDP (standar) atau TCP.

Pembuat ProtonVPN memutuskan untuk tidak bekerja dengan server-server yang menggunakan PTTP atau L2TP/IPSec. Protokol-protokol ini lebih murah perawatannya, namun umumnya tidak seaman, contohnya, OpenVPN. ProtonVPN ingin menawarkan pelanggannya kualitas keamanan yang terbaik. Maka dari itu, mereka hanya bekerja dengan protokol teraman.

Pencatatan dan privasi

Kebijakan pencatatan VPN menjelaskan jika penyedia VPN mengumpulkan data apapun tentang penggunaan internet pelanggannya atau tidak. Jika mereka menyimpannya, maka hal ini akan langsung berakibat pada tingkat privasi Anda. Data yang disimpan dapat dibagikan ke pihak ketiga atau dicuri oleh para peretas. Beberapa penyedia VPN bahkan menjadi subjek dari peraturan lokal yang memaksa mereka untuk memberikan informasi tentang pengguna mereka ke pihak pemerintah.

ProtonVPN tidak memiliki masalah dengan peraturan-peraturan semacam ini. Kantor pusat ProtonVPN terletak di Swiss, yang terkenal karena hukumnya perihal privasi. Negara ini bukanlah bagian dari 14 Mata dan tidak terikat dengan banyaknya peraturan Uni Eropa. Atas dasar alasan ini, Swiss secara umum menjadi lokasi yang bagus untuk sebuah penyedia VPN. Penyedia VPN yang terletak di sana tidak diharuskan untuk menyimpan catatan tentang pelanggan mereka dan tidak harus memberikan informasi apapun tentang pelanggan ke pihak eksternal.

Di situs mereka, ProtonVPN mengklaim bahwa mereka bekerja di bawah kebijakan no log. Tidak ada informasi mengenai koneksi atau aktivitas browsing Anda yang disimpan. Namun, kenyataannya tidak sederhana: ProtonVPN masih mengumpulkan ‘catatan koneksi’. Data ini digunakan secara khusus untuk memastikan bahwa akun Anda tetap aman dan berfungsi seperti seharusnya. Atas dasar tujuan ini, catatan waktu aktivitas login Anda yang terbaru akan disimpan. Catatan ini akan diperbaharui setiap kali Anda log in. Informasi ini tidak akan memperlihatkan lokasi Anda, durasi penggunaan koneksi VPN oleh Anda, ataupun tempat di mana Anda melakukan log in.

Catatan koneksi ini dibutuhkan untuk memastikan bahwa akun Anda tidak digunakan secara salah. Catatan waktu hanya terhubung dengan akun Anda dan bukan dengan alamat IP Anda. Aktivitas login terbaru akan disimpan sampai akun tersebut secara aktif digunakan kembali, kecuali jika pengguna mengajukan permohonan untuk menghapus data tersebut.

Tombol mati daya

ProtonVPN memiliki tombol mati daya yang sudah terpasang di perangkat lunaknya. Anda dapat menghidupkan ataupun mematikannya lewat pengaturan di panel kontrol VPN. Tombol mati daya yang menyala akan memastikan bahwa Anda akan tetap aman jika koneksi VPN Anda hilang untuk sementara: semua traffic internet akan diblokir secara otomatis sehingga tidak dapat dilacak kembali ke Anda.

Selain dari tombol mati daya, ProtonVPN juga memiliki ‘fitur VPN Always-on’. Opsi ini secara otomatis menghubungkan Anda ke server yang lain saat Anda mengalami masalah koneksi. Dengan ini, Anda akan tetap online dan selalu terlindungi.

Apa jenis informasi yang dibutuhkan ProtonVPN?

Supaya dapat membuat akun di ProtonVPN, Anda perlu untuk membagikan beberapa data dengan pihak mereka. Informasi ini terutama berupa email Anda dan informasi rincian pembayaran. Untuk versi gratis ProtonVPN, Anda hanya perlu memasukan sebuah alamat email. Halaman pembayaran akan menampilkan pemberitahuan bahwa alamat email yang telah Anda masukan tidak akan pernah dibagikan ke pihak ketiga dan hanya akan digunakan untuk pertanyaan, komunikasi, dan proses pemulihan yang berhubungan dengan akun pelanggan. Tentu saja, Anda dapat dengan mudah membuat alamat email anonim yang tidak dapat dilacak kembali ke Anda (contohnya dengan jasa ProtonMail).

Bagi setiap program langganan ProtonVPN yang berbayar, Anda harus memasukan informasi rincian pembayaran. Saat membayar dengan PayPal atau kartu kredit, Anda akan diminta untuk memberikan beberapa informasi pribadi. Adapun opsi anonim untuk pembayaran yang akan kami jelaskan nanti.

Kesimpulan mengenai keamanan ProtonVPN

  • ProtonVPN hanya menggunakan protokol tercepat dan terbaik yang sudah dienkripsi.
  • Kebijakan logging: hanya menyimpan catatan koneksi yang berisi catatan waktu atas waktu terakhir kali Anda melakukan login.
  • ProtonVPN memiliki tombol mati daya yang terpasang dalam perangkat lunaknya dan opsi untuk berpindah server secara otomatis saat koneksi hilang.
  • Untuk membuat sebuah akun, ProtonVPN membutuhkan alamat email Anda dan informasi rincian pembayaran.

Kegunaan – Seberapa ramah konsumen CyberGhost?

VPN bekerja di belakang layar saat Anda menggunakan perangkat Anda. Tanpa perlu banyak ikut campur dari pihak Anda, VPN sudah mampu memberikan pengalaman internet yang aman dan anonim. Maka dari itu, penting adanya bahwa VPN dapat bekerja dengan mudah dan juga ramah konsumen. Jika proses pemasangan dan pengaturan VPN berlalu dengan cepat, Anda pun dapat mulai menggunakannya lebih awal. Tim pelayanan pelanggan yang baik dan harga yang murah juga membantu tingkat ramah konsumen dari sebuah VPN. Untuk memastikan bahwa Anda memiliki pengalaman terbaik, kami menggunakan bagian ini untuk melihat tingkat ramah konsumen dari ProtonVPN secara umum. Kami telah melihat situs mereka, proses pemasangan, perangkat lunak, harga serta pelayanan pelanggan dan akhirnya memberikan pendapat kami tentang masing-masing dari aspek ini.

Situs ProtonVPN

Bagian beranda dari situs ProtonVPN terlihat bagus dan mudah untuk digunakan. Anda langsung melihat tautan yang akan mengarahkan Anda ke halaman pembayaran dengan informasi mengenai penawaran program langganan ProtonVPN yang berbeda-beda. Selain itu jika Anda scroll ke bawah, Anda akan menemukan informasi tentang beragam fitur ProtonVPN serta keuntungan dari VPN secara umum. Beranda ini juga memperlihatkan tweet dari para pengguna yang membahas pengalaman mereka saat menggunakan ProtonVPN.

Bagian atas beranda akan membantu Anda dalam bernavigasi di bermacam halaman dari situs ProtonVPN: informasi, fitur, harga, blog, dan bantuan. Tombol log in dan tautan langsung yang mengarahkan Anda ke media sosial ProtonVPN pun juga disediakan. Situs ini tersedia dalam bahasa Inggris.

Jika Anda menekan Get ProtonVPN Now atau Pricing, Anda akan diarahkan halaman program langganan di mana Anda dapat memilih program langganan ProtonVPN yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah memilih satu program langganan, maka Anda secara otomatis akan diarahkan ke halaman pembayaran di mana Anda dapat mengisi informasi rincian yang dibutuhkan.

Singkat kata: situs ini sangat mudah untuk digunakan dan juga menyediakan banyak informasi berguna tentang ProtonVPN dan VPN secara umum.

Pemasangan ProtonVPN

Supaya dapat menggunakan ProtonVPN, Anda akan membutuhkan sebuah akun. Untuk membuat sebuah akun, Anda akan diminta untuk menyediakan beberapa informasi, terutama email Anda (walaupun hal ini dapat dilakukan secara otomatis dengan ProtonMail) dan informasi rincian pembayaran. Anda juga butuh memikirkan sebuah nama dan kata sandi untuk akun Anda. Setelah melakukan pembuatan akun, maka langkah selanjutnya adalah untuk mengunduh perangkat lunak ProtonVPN. Halaman ini mudah untuk ditemukan saat Anda sudah membuat akun, namun tersembunyi jika Anda belum membuat akun. Untuk menemukannya, lihat bagian bawah dari situs dan klik Download yang tertera di pojok kiri layar.

Panel kontrol ProtonVPN dapat diunduh untuk Windows, MacOS, dan Linux. Selain dari itu, halaman pengunduhan juga menyediakan Anda tautan yang akan mengarahkan Anda ke Google Play dan aplikasi App Store. Kami telah mengunduh versi Windows dan prosedur untuk versi ini yang akan kami nilai dan bahas di artikel ini.

Setelah menekan Download for Windows, kami membuka file yang telah diunduh.

Layar yang ditampilkan di atas cukup jelas: ikuti instruksi-instruksi selanjutnya dan pasang ProtonVPN. Satu-satunya hal yang kami harus lakukan adalah untuk memberikan izin kepada program supaya dapat digunakan di perangkat kami.

Setelah proses pemasangan berakhir, yang seharusnya tidak memakan waktu lebih dari satu menit, perangkat lunak akan mulai bekerja dengan sendirinya dan sebuah panel kontrol akan muncul. Di sini, Anda dapat melakukan log in dengan informasi akun Anda.

Singkat kata, proses pemasangan termasuk mudah, meskipun halaman pengunduhan sedikit sulit untuk ditemukan jika Anda sudah memiliki akun dan hanya membutuhkan perangkat lunaknya.

Tampilan ProtonVPN dan kemudahan penggunaannya

Perangkat lunak ProtonVPN mudah untuk digunakan dan indah dipandang, namun sedikit sibuk. Panel kontrol berisi daftar negara yang diletakan di samping layar, beserta dengan sebuah mesin pencari dan opsi untuk menghidupkan fitur spesial ProtonVPN yaitu Secure Core (bagi pengguna dengan program ProtonVPN Plus atau Visionary). Opsi ini menyediakan sebuah lapisan perlindungan tambahan. Adapun tombol Quick Connect yang secara otomatis memilihkan server tercepat dan terdekat pada saat penggunaan dan menghubungkan perangkat Anda dengan server tersebut. Selain Tab yang berisi lokasi-lokasi server, adapun Tab lain bernama ‘Profiles’. Di sini, Anda dapat menyusun profil pribadi sesuai dengan preferensi Anda, baik itu mengenai sebuah negara, server, ataupun protokol tertentu. Alamat IP Anda akan ditampilkan di bagian atas layar dan berubah menjadi IP ProtonVPN setelah Anda terhubung.

Mayoritas bagian dari layar sudah penuh dengan sebuah gambar peta dunia. Segitiga di dalam peta melambangkan beragam lokasi server yang dapat Anda pilih. Di bagian bawah layar, Anda dapat melacak seberapa banyak file yang telah Anda unduh dan unggah selama sesi penggunaan VPN saat itu, seberapa cepat koneksi Anda, dan seberapa lama sesi Anda telah berlangsung. Tampilan dari peta sangat menarik. Pada akhirnya, tampilan keseluruhan dari panel kontrol tetap profesional dan indah dipandang.

ProtonVPN memiliki banyak opsi. Banyak yang langsung tersedia di layar utama. Namun sisanya dapat ditemukan di bagian pengaturan. Kunjungi bagian About untuk menemukan informasi perihal versi perangkat lunak yang Anda miliki. Di bawah bagian Account, Anda dapat membuat perubahan terhadap akun dan program langganan yang Anda pilih. Profiles menunjukkan Anda semua profil yang telah Anda buat.

Lalu Settings memungkinkan Anda untuk mengubah cara dan waktu program mulai aktif bekerja serta mengatur notifikasi yang muncul di layar. Anda pun dapat memilih sebuah protokol, baik menghubungkannya secara otomatis atau dengan menyalakan Quick Connect. Kunjungi Tab Advanced untuk menemukan tombol mati daya, perlindungan kebocoran DNS, dan split tunneling.

Kelebihan dari perangkat lunak ProtonVPN adalah banyak dari opsi yang ditawarkannya dapat diakses dengan satu klik saja. Anda dengan mudah mampu menyesuaikan pengaturan. Ini menjadi berguna bagi mereka yang sudah memiliki pengalaman dengan VPN, namun bisa menjadi terlalu rumit bagi para pemula.

Harga dan metode pembayaran

ProtonVPN memiliki empat program langganan VPN yang ditawarkan. Program langganan yang Anda pilih akan menentukan fitur-fitur apa saja yang tersedia untuk Anda.

Versi gratis ProtonVPN tidak mengenakan biaya apapun, jasa ini memberikan akses ke server di tiga negara yang berbeda (Belanda, Amerika Serikat, Jepang). Versi ini hanya dapat bekerja dengan satu perangkat saja untuk setiap akun dalam waktu yang bersamaan. Tidak ada batasan kecepatan yang ditetapkan, namun jumlah server yang kecil akan mempengaruhi kecepatan internet Anda. Semakin banyak orang yang menggunakan sebuah server, maka server tersebut akan semakin lamban. Alhasil, kecepatan Anda akan sangat rendah dibanding sebelumnya. ProtonVPN Free tidak memiliki batasan data, maka Anda dapat menggunakan terus-menerus. Namun, ProtonVPN Free tidak memberikan Anda akses terhadap perangkat lunak Secure Core dan tidak mendukung aktivitas streaming, torrent ataupun Tor.

Pilihan berbayar termurah untuk ProtonVPN adalah Basic. Jika Anda memilih kontrak berlangganan untuk satu tahun penuh dan bukan yang berbasis pembayaran per bulan, Anda akan mendapatkan diskon 20% untuk program langganan tersebut. Jasa Basic ProtonVPN memberikan Anda akses ke semua lokasi server milik ProtonVPN, dan memungkinkan Anda untuk melindungi dua perangkat Anda dalam waktu yang bersamaan serta melindungi Anda saat menggunakan P2P.

Paket Plus ProtonVPN sedikit lebih mahal dibanding opsi Basic dan menawarkan segala hal dari paket Basic dan bahkan lebih: mendukung aktivitas Tor dan streaming, server Plus, dan Secure Core. Anda dapat menggunakan program langganan ini untuk maksimal lima perangkat yang berbeda dalam waktu yang bersamaan.

Jika Anda ingin paket yang lengkap, ProtonVPN Visionary merupakan penawaran yang tepat untuk Anda. Program ini memberikan Anda semua manfaat dari Plus, akses untuk sepuluh perangkat berbeda dalam waktu yang bersamaan, dan ProtonMail Visionary. Dengan ini, Anda juga dapat menggunakan email luar biasa milik Proton yang berorientasi pada kualitas privasi.

Tergantung dengan jenis program langganan yang Anda inginkan, kemungkinan besarnya adalah ProtonVPN memiliki penawaran yang menarik untuk Anda. Salah satu kelebihan dari ProtonVPN adalah mereka menawarkan VPN gratis yang kualitasnya cukup baik. Lebih dari itu, program langganan berbayarnya pun memiliki harga yang terjangkau.

ProtonVPN menerima bentuk-bentuk metode pembayaran yang tertera di bawah ini:

  • Visa, Mastercard
  • PayPal
  • Bitcoin
  • Tunai

Seperti yang bisa dilihat, ada beberapa opsi metode pembayaran yang ditawarkan oleh ProtonVPN. Pembayaran secara anonim pun mungkin untuk dilakukan, contohnya dengan menggunakan Bitcoin. Anda juga dapat membayar dengan tunai, asalkan Anda memiliki akun ProtonVPN. Anda dapat membaca semuanya tentang ini di situs ProtonVPN. Jika Anda membayar menggunakan PayPal atau kartu kredit, Anda harus menyediakan beberapa informasi pribadi. Namun, ProtonVPN bekerja dengan pembayaran terenkripsi SSL yang aman, maka selain dari data Anda yang terkirim ke ProtonVPN untuk proses pembayaran, keamanan Anda tidak akan terancam.

Semua program langganan berbayar ProtonVPN dilengkapi dengan kebijakan garansi 30 hari uang kembali: jika Anda tidak puas dengan jasa mereka, Anda dapat menghubungi mereka dan mereka akan mengembalikan uang Anda. Namun ada catatan penting mengenai hal ini: jika Anda telah membayar secara anonim, pihak penyedia akan lebih sulit untuk mengembalikan uang Anda.

Pelayanan pelanggan

Adapun FAQ ekspansif di situs ProtonVPN yang menyediakan jawaban dari semua jenis pertanyaan Anda. Mereka menyebut halaman ini sebagai ‘basis pengetahuan’ mereka dan Anda akan menemukannya di bawah bagian Support. Jika pertanyaan Anda tidak terdaftar atau jawabannya belum mampu mengatasi masalah yang Anda alami, Anda dapat selalu menghubungi pihak pelayanan pelanggan ProtonVPN untuk mendapatkan bantuan. Terdapat tautan di bawah halaman Support yang akan mengarahkan Anda ke formulir kontak. Isi data mengenai sistem operasi, username dan alamat email Anda, lalu jelaskan permasalahannya. Tim pelayanan pelanggan akan menghubungi Anda kembali melalui email dalam kurun waktu satu atau dua hari kerja.

Saat kami menanyakan perihal sebuah masalah ke pelayanan pelanggan, kami menerima jawaban dalam waktu satu hari. Tim pelayanan pelanggan memberikan kami penjelasan, mengirimkan sebuah tautan ke halaman dari FAQ mereka, dan menanyakan kami lebih lanjut perihal informasi permasalahan yang kami alami. Setelah kami menjawab kembali, kami diberikan beberapa rangkaian solusi. Kesimpulan yang dapat kami tarik dari hal ini adalah bahwa tim pelayanan pelanggan ProtonVPN sangat teliti: mereka mencoba untuk menemukan secara pasti penyebab permasalahan Anda dan mencoba sebaik mungkin untuk mengatasinya.  Selain dari fakta bahwa respon ProtonVPN terkadang lama, pengalamannya secara keseluruhan relatif bagus. Satu-satunya untuk meningkatkan kerjanya adalah jika ProtonVPN memperkenalkan fitur live chat.

Kesimpulan mengenai kegunaan ProtonVPN

  • Situs ProtonVPN berisi banyak informasi namun tetap mudah untuk digunakan.
  • Proses pemasangan ProtonVPN cepat dan cukup mudah
  • Perangkat lunak ProtonVPN memiliki banyak opsi yang mungkin sulit dipahami oleh pemula.
  • Memilih program langganan tahunan akan memberikan Anda diskon sebesar 20%.
  • ProtonVPN menawarkan beberapa metode pembayaran, termasuk cara pembayaran yang anonim.
  • Tim pelayanan pelanggan sangat membantu, namun hanya dapat dihubungi melalui pengisian formulir dan email.

Jaringan server ProtonVPN

Jaringan server yang besar dan berfungsi dengan baik adalah kelebihan yang menguntungkan bagi penyedia VPN manapun atas dasar banyak alasan. Pertama, jaringan yang luas berguna jika Anda ingin menghindari blokir geografis. Semakin banyak lokasi server yang dimiliki oleh sebuah penyedia VPN, maka semakin besar pula kemungkinan bahwa negara Anda adalah bagian dari lokasi-lokasi tersebut. Hal ini pun berlaku saat ingin menonton Netflix Amerika dari luar kawasan Amerika Serikat, namun juga jika Anda ingin membaca surat kabar online tertentu yang tidak tersedia secara gratis di seluruh dunia.

Di bagian ini, kami akan melihat beragam server dan lokasi server yang ditawarkan oleh ProtonVPN. Kami pun akan membahas kemungkinan mengajukan permohonan untuk mendapatkan alamat IP dedicated.

Jumlah server dan lokasinya

Saat menulis artikel ini, ProtonVPN memiliki lebih dari 550 server yang terletak di lebih dari 40 negara. Lokasi server yang berbeda-beda tercantumkan pada daftar di bawah ini:

Server locations ProtonVPN

ProtonVPN terus berupaya untuk meningkatkan jaringan server mereka, artinya jumlah negara dan server yang tersedia akan selalu berubah. Kunjungi situs mereka untuk melihat daftar lokasi yang telah diperbaharui.

Semua server ProtonVPN  dimiliki dan digunakan oleh pihak penyedia VPN, namun tidak semuanya tersedia untuk setiap pengguna. Jumlah server yang dapat Anda akses sebagian bergantung pada tipe program langganan Anda. Dengan versi gratis ProtonVPN, Anda hanya akan dapat mengakses server gratis tertentu di Jepang, Belanda, dan Amerika Serikat. Program langganan Basic, Plus, dan Visionary memiliki akses terhadap semua lokasi server.

ProtonVPN juga menawarkan server spesial untuk P2P (di Swiss, Belanda, Singapura, dan Swedia) dan server yang mendukung penggunaan ganda dengan Tor (di HongKong, Amerika Serikat, dan Swiss).

Terakhir, penggunaan lokasi server dalam mode Secure Core akan sedikit berbeda dari pada biasanya. Server Secure Core memberikan lapisan perlindungan tambahan terhadap koneksi Anda dengan cara menciptakan tunnel ganda. Artinya, Anda dapat terhubung ke lokasi server pilihan Anda melalui server Secure Core yang berada di Swiss, Islandia, atau Swedia. Berikut merupakan pilihan server yang ditawarkan oleh Secure Core:

Server Secure CoreLokasi Server
IslandiaAmerika Serikat, Belanda, Belgia, Brasil, Irlandia, Israel, Jerman, Kanada, Kosta Rika, Norwegia, Rusia, Spanyol
SwediaAfrika Selatan, Estonia, Finlandia, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Prancis, Portugal, Rusia, Selandia Baru, Taiwan
SwissAmerika Serikat, Australia, Austria, Bulgaria, Denmark, India, Inggris, Italia, Kanada, Latvia, Luxembourg, Portugal, Republik Ceko, Romania, Serbia, Singapura, Yunani

Alamat IP dedicated

Saat ini, ProtonVPN tidak menawarkan alamat IP dedicated. Ini artinya Anda hanya dapat menggunakan server yang juga tersedia untuk pelanggan lainnya. Dalam bahasa lain, Anda berbagi sebuah alamat IP dengan beberapa orang. Berbagi alamat IP dengan beberapa orang yang menggunakan VPN yang sama akan lebih baik untuk keamanan pribadi dan privasi Anda: jika semua orang menggunakan IP yang sama, khususnya jika data di dalamnya pun terenkripsi, maka akan lebih sulit atau bahkan mustahil bagi pihak ketiga untuk melacak traffic online kembali ke satu orang. Atas dasar alasan ini, ProtonVPN hanya memiliki alamat IP shared yang dinamis.

Kesimpulan mengenai jaringan server ProtonVPN

  • ProtonVPN memiliki 550+ server di lebih dari 40 negara
  • Jumlah server dan lokasinya yang dapat Anda akses sebagian bergantung pada tipe program langganan Anda (gratis vs berbayar)
  • ProtonVPN tidak menawarkan alamat IP dedicated

Opsi ProtonVPN

Selain dari opsi-opsi yang sudah tersedia di perangkat lunaknya, seperti yang telah kami bahas di bagian tingkat ramah konsumen, ProtonVPN juga memiliki sejumlah fungsi lain. Dengan ProtonVPN, Anda memiliki akses (yang terbatas) ke Netflix dan dapat mengunduh  torrent secara anonim dengan menggunakan salah satu server spesial mereka. Dalam bagian ini, kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang setiap opsi yang ada, begitu juga tentang Secure Core ProtonVPN

ProtonVPN dan Netflix

Pertanyaan yang sering kali ditanyakan tentang VPN manapun adalah kemampuannya untuk membantu Anda saat ingin menonton Netflix. Netflix mencoba untuk memblokir VPN supaya tidak dapat mengakses konten mereka dan tetap patuh terhadap perjanjian restriksi gerografis yang masuk dalam kontrak mereka. Namun, ada banyak VPN yang tetap berupaya untuk melampaui blokiran-blokiran tersebut. ProtonVPN juga mencoba untuk tetap dapat mengakses Netflix demi para penggunanya, yang mana hasilnya bisa gagal atau sukses.

ProtonVPN menyatakan di bagian FAQ bahwa mereka tidak menyarankan aksi pelanggaran hukum hak cipta serta pernyataan-pernyataan yang telah dikeluarkan oleh Netflix. Namun, mereka tetap percaya bahwa Netflix seharusnya tidak melarang adanya penggunaan VPN, karena sebuah VPN menawarkan keamanan dan privasi. ProtonVPN ingin para penggunanya untuk dapat menggunakan Netflix dengan aman tanpa harus menggunakanya untuk melampaui blokir geografis.

Meskipun begitu, Anda dapat menggunakan Netflix Amerika dari luar kawasan Amerika Serikat saat menggunakan ProtonVPN. Setelah terhubung dengan sebuah server Amerika, kami dapat menonton serial seperti The Office Amerika, yang biasanya tidak akan tersedia untuk kami. Waktu memuat sedikit lebih lama dari biasanya, namun kami tidak menemukan masalah lain selain dari itu. Mohon untuk diingat bahwa hal ini hanya berlaku untuk versi Amerika dari Netflix: ProtonVPN saat ini tidak dapat mengakses Netflix dari lokasi server lainnya, seperti yang telah mereka jelaskan di situs mereka.

ProtonVPN dan torrent

Proses pengunduhan torrent dengan ProtonVPN berjalan dengan cepat dan mudah. Kami dapat mengunduh file berukuran cukup besar dalam waktu yang singkat. Selama masa pengunduhan, kami tetap dapat menelusuri internet tanpa merasakan adanya masalah penundaan. Jika Anda ingin mengunduh sesuatu menggunakan ProtonVPN dan Anda ingin memastikan bahwa koneksi Anda aman, maka pastikan untuk selalu menggunakan salah satu server P2P, karena Anda tidak akan terlindungi tanpa server tersebut.

Secure Core

Fitur spesial ProtonVPN adalah jaringan Secure Core milik mereka. Dengan Secure Core, mereka menawarkan kualitas keamanan yang lebih untuk para penggunanya. Secure Core menciptakan sebuah tunnel VPN ganda yang akan menjaga koneksi pengguna supaya tetap aman dari serangan berbasis jaringan. Secure Core akan melakukan rute ulang terhadap traffic internet Anda ke server lainnya sebelum meninggalkan jaringan ProtonVPN. Server Secure Core yang digunakan untuk tujuan ini terletak di Swiss, Islandia, dan Swedia, di mana pusat data ProtonVPN telah ditempatkan.

Secure Core tersedia untuk program langganan ProtonVPN Plus dan Visionary, serta dapat dinyalakan dan dimatikan secara manual. Lebih dari itu, seperti yang telah dijelaskan di bagian ‘Jaringan server’, Anda pun dapat memilih server Secure Core mana yang ingin Anda gunakan untuk mengirim data, tergantung dengan lokasi server exit Anda.

Kesimpulan mengenai opsi ProtonVPN

  • Kemungkinan untuk menonton Netflix Amerika, meskipun durasi muatannya lebih lama dari biasanya dan bergantung pada lokasi Anda
  • ProtonVPN memiliki server P2P spesifik yang memungkinkan Anda untuk mengunduh torrent secara aman
  • Secure Core ProtonVPN menawarkan perlindungan ekstra

Kesimpulan – Pengalaman kami dengan ProtonVPN

ProKontra
Mudah dipasangPelayanan pelanggan hanya tersedia melalui formulir kontak
Mudah menggunakan situsBanyak opsi yang mungkin membingungkan bagi para pemula
Banyak pilihan
Enkripsi yang kuat
Akses ke Netflix
Harga yang cukup terjangkau
Secure Core untuk keamanan tambahan

ProtonVPN telah membangun reputasi yang kuat. Mereka menangani keamanan dari server mereka dengan sangat baik dan menawarkan banyak opsi untuk memperkuat server-server tersebut secara lebih lanjut. Secure Core memastikan bahwa pengguna premium memiliki kesempatan untuk melindungi diri mereka sendiri dengan menggunakan tunnel VPN ganda. Lebih dari itu, VPN ini memiliki harga yang terjangkau, dapat mengakses Netlifx dan melakukan pengunduhan, serta memiliki tampilan yang bagus. Server lokal kami memperlihatkan sedikit penurunan kecepatan. Sayangnya, server-server Amerika yang dimiliki ProtonVPN tidak bekerja sebaik server lokal untuk kami. Selain dari itu, pelayanan pelanggan juga sedikit rumit, meskipun bantuan yang kami dapatkan sangat menyeluruh dan cukup baik. Pada dasarnya, ProtonVPN pastinya merupakan pilihan yang baik jika Anda sedang mencari VPN dengan banyak opsi dan sistem enkripsi yang kuat.

Pendapat pribadi para ahli VPNoverview.com

“VPN baik dan terpercaya yang mengutamakan keamanan”
Nilai Kami
7.9
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar

Kunjungi ProtonVPN