Memasang VPN di Android

Android phone with VPN logo
Klik di sini untuk melihat rangkuman singkat dari artikel ini
Memasang VPN di Android secara cepat dan terjangkau!

Baca panduan singkat dan mudah di bawah ini jika Anda ingin memasang VPN di Android secepat mungkin! Kami akan menggunakan Surfshark sebagai contoh, karena VPN ini harganya terjangkau, mudah dipasang dan ramah konsumen.

  1. Kunjungi situs Surfshark dan beli program langganan dengan menekan tombol merah.
  2. Buka Google Play Store di perangkat Android Anda dan unduh aplikasi Surfshark.
  3. Buka aplikasi dan isi rincian login Anda. Surfshark mungkin akan meminta izin untuk membuat koneksi, dan Anda dapat mengijinkannya.
  4. Pilih server VPN untuk terhubung dan nikmati pengalaman browsing yang lebih aman, bebas, dan anonim!

Ingin tahu lebih banyak tentang pemasangan VPN di perangkat Android Anda? Baca artikel kami di bawah ini untuk mengetahui semuanya!

Jika Anda sudah memiliki program langganan VPN, kemungkinan besar Anda ingin menggunakannya di perangkat Android Anda juga. Jaman sekarang banyak dari kita yang menghabiskan lebih banyak waktu online melalui mobile phone atau tablet dibanding PC. Ada beberapa cara untuk memasang VPN di perangkat Android Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas dan menjelaskan empat cara.

Bagi Anda yang ingin langsung melihat caranya, kami mungkin akan memulai dengan cara tercepat dan termudah: menggunakan aplikasi VPN yang dibuat untuk Android. Jika Anda membutuhkan informasi lebih banyak tentang ini, jangan khawatir. Artikel ini juga akan membahas jasa VPN terbaik untuk Android dan tiga cara lainnya untuk memasang VPN di perangkat Android Anda.

Memasang VPN di Android menggunakan aplikasi VPN

Menggunakan aplikasi untuk Android, menurut kami, adalah cara termudah dan tercepat untuk memasang dan mengatur VPN di Android. Maka dari itu, kami menyarankan cara ini untuk pengguna Android. Namun, pastikan bahwa VPN Anda menawarkan aplikasi untuk Android jika Anda memilih cara ini. Hal ini penting karena tidak semua penyedia VPN menyediakan aplikasi untuk Android. Akan tetapi, jaman sekarang semua penyedia VPN populer secara virtual memiliki aplikasi untuk Android yang cukup bagus atau bahkan bagus.

Apa Anda kurang yakin dalam memilih aplikasi VPN yang terbaik untuk perangkat Android Anda? Lihat bagian artikel yang membahas hal ini atau, jika Anda ingin langsung mulai menggunakan VPN, pilih salah satu dari top 5 penyedia VPN pilihan kami. Semua VPN dalam daftar ini menawarkan aplikasi yang bagus untuk Android.

Tanpa basa-basi lagi, Anda bisa melihat panduan singkat di bawah ini untuk mengetahui cara memasang VPN di perangkat Android Anda menggunakan aplikasi yang tersedia di Google Play Store.

1. Beli program langganan dan buat akun dengan penyedia VPN pilihan Anda.

2. Unduh aplikasi VPN pilihan Anda untuk Android dari Google Play Store.

Google Play Store search: VPN

3. Pasang aplikasi.

4. Buka aplikasi. Sebuah pesan akan terlihat, aplikasi akan meminta izin Anda sebelum membuat koneksi VPN di perangkat Anda. Klik “izinkan” atau “ya” (atau tombol apapun yang harus Anda tekan untuk memberikan izin).

5. Log in dengan jasa VPN. Anda mungkin sudah mendapatkan sebuah email dari jasa VPN terkait instruksi login dan/atau Anda sudah membuat kata sandinya sendiri. Gunakan informasi tersebut untuk log in ke jasa VPN.

6. Setelah log in, Anda akan sampai pada dashboard aplikasi VPN di mana akan tersedia beragam pilihan tergantung dengan penyedia VPN yang dipilih.

7. Pilih lokasi server dan server untuk terhubung.

Surfshark server selection Android

8. VPN sekarang sudah dinyalakan. Mayoritas perangkat Android akan memberikan indikasi bahwa VPN sudah bekerja. Mereka umumnya memperlihatkan icon kecil di bagian atas layar Anda.

9. Jika ingin, Anda juga bisa menyesuaikan pengaturan tambahan di aplikasi. Contohnya, Anda dapat memilih untuk menyalakan tombol mati daya untuk keamanan tambahan, jika VPN Anda memiliki pilihan tersebut.

Memasang VPN di Android tanpa menggunakan aplikasi

Mayoritas penyedia VPN jaman sekarang menawarkan aplikasi untuk beragam jenis sistem operasi, termasuk Android. Namun, bukan ini kenyataannya untuk semua penyedia VPN. Lebih dari itu, mungkin Anda lebih emmilih untuk memasang VPN di router Anda, karena ingin semua perangkat (Android) Anda untuk terhubung ke VPN. Sayangnya, banyak jasa VPN yang tidak (belum) menawarkan sebuah aplikasi untuk mendukung hal ini. Adapun orang-orang yang sederhananya lebih memilih untuk memasang VPN secara manual, atas dasar alasan apapun.

Dalam kasus apapun, atas dasar alasan apapun Anda tidak menggunakan aplikasi VPN, berikut dapat dilihat tiga cara lain untuk memasang koneksi VPN di Android.

Memasang VPN di Android dengan mengubah pengaturan jaringan Anda

Jika Anda tidak bisa atau tidak ingin memasang aplikasi VPN di perangkat Android Anda, ada cara lain yang relatif mudah untuk memasang VPN: mengubah pengaturan jaringan Anda. Metode ini berguna jika VPN Anda tidak menawarkan aplikasi untuk Android, contohnya. Baca panduan singkat dan mudah di bawah ini untuk menemukan cara kerja metodenya.

  1. Beli program langganan dan buat akun dengan penyedia VPN pilihan Anda.
  2. Buka pengaturan di perangkat Android Anda.
  3. Buka bagian jaringan dan pilih “VPN”.
  4. Anda akan diarahkan ke layar berisi semua koneksi VPN yang Anda miliki (mungkin Anda belum punya sama sekali). Saat Anda menambahkan sebuah koneksi VPN, Anda juga dapat mengaturnya dari layar ini. Pilih “Tambahkan VPN”.
  5. Sekarang Anda akan melihat layar tempat di mana Anda bisa mengisi rincian penyedia VPN dan informasi login yang Anda miliki. Umumnya rincian informasi VPN dapat ditemuakn di situs VPN. Jika tidak, hubungi pelayanan pelanggan dari VPN yang dipilih.
  6. Saat selesai mengisi semua informasi, Anda bisa menyimpannya. Umumnya hal ini dilakukan dengan menekan “check-icon” kecil di bagian sudut kanan atas layar.
  7. Sekarang hubungkan perangkat ke VPN. Hal ini dilakukan dengan menekan tombol daya kecil, sehingga berubah menjadi warna biru.

Cara-cara lain untuk memasang VPN di Android

RouterSelain dari memasang dan mengatur VPN langsung di perangkat Android, Anda juga dapat menghubungkan perangkat Anda ke VPN melalui perangkat lain yang memiliki koneksi VPN. Hal ini umumnya dilakukan dengan memasang VPN di router (virtual) Anda. Dengan begitu, semua perangkat (Android) yang terhubung ke router tersebut akan memiliki koneksi VPN tanpa harus terlebih dahulu mengunduh dan memasang aplikasi VPN apapun atau menyesuaikan pengaturan jaringan di perangkat (Android) Anda. Baca bagian di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut terkait cara kerja metodenya.

Memasang VPN di router Anda

Pemasangan VPN di router tidak sepenuhnya bebas dari resiko. Pasa dasarnya, proses ini meminta Anda untuk sidkit mengotak-atik firmware dari router Anda, atau disebut sebagai “flashing”. Jika hal ini tidak dilakukan secara benar, router Anda dapat rusak. Maka, selalu pastikan untuk mengikuti instruksi kami di bawah ini supaya dapat menghindari masalah besar.

  1. Pertama, periksa jika memungkinkan untuk memasang VPN di router tertentu Anda.
  2. Flash firmware router Anda dan pasang VPN.
  3. Setelah selesai melakukan proses ke-2, Anda dapat menghubungkan perangkat Android ke router tersebut. Sekarang semua perangkat akan secara otomatis terhubung ke VPN.

Memasang VPN di router virtual (PC atau Mac)

Jika Anda tidak bisa atau tidak ingin flash firmware router Anda, ada pilihan lain. Untuk cara ini, Anda dapat menggunakan komputer PC atau Mac sebagai router virtual dan memasang VPN di situ. Ini artinya komputer Anda akan bekerja sebagai sebuah router untuk semua perangkat (Android) yang terhubung. Semua perangkat juga akan terhubung ke VPN. Ikuti panduan singkat di bawah ini untuk menggunakan metodenya.

  1. Pasang VPN di komputer Anda. Proses ini umumnya hanya perlu dengan mengunduh aplikasi untuk komputer PC atau Mac Anda. Jika mengalami kesulitan, Anda bisa melihat bagian ulasan VPN kami. Di situ, Anda akan menemukan banyak ulasan VPN, termasuk instruksi pemasangannya.
  2. Aktifkan fungsi hot spot di komputer Anda. Caranya berbeda pada setiap komputer dan sistem operasi. Pada banyak komputer, Anda hanya perlu membuka bagian koneksi internet dan masuk ke “pengaturan”, di mana akan ditemukan bagian bernama “hot spot mobile” atau nama serupa lainnya.
  3. Hubungkan perangkat Android Anda ke hot spot tersebut. Sekarang perangkat Anda sudah terhubung ke VPN Anda.

Apa VPN terbaik untuk perangkat Android Saya?

Jika Anda melewati panduan singkat kami yang praktis karena merasa butuh informasi lebih banyak tentang pilihan VPN terbaik contohnya, jangan khawatir. Kami paham bahwa tidak semua orang langsung paham sepenuhnya tentang VPN apa yang terbaik untuk mereka. Pilihan yang tersedia bisa membuat Anda kewalahan karena banyak sekali penyedia VPN di luar sana.

Untungnya, memilih penyedia VPN yang baik tidak sesulit yang Anda pikir. Pada dasarnya, seperti halnya saat membeli barang atau jasa lain, Anda hanya perlu mempertimbangkan keinginan dan kebutuhan pribadi saat memilih penyedia VPN. Contohnya, apa Anda ingin menggunakan VPN untuk membuka blokir dan menikmati konten streaming, seperti Netflix Amerika? Atau hanya ingin memiliki tingkat privasi yang lebih tinggi namun dengan harga yang masuk akal?

Kami paham bahwa pengguna Android juga memiliki persyaratan yang berbeda untuk jasa VPN mereka, maka kami telah membuat daftar tiga VPN terbaik untuk Android di artikel ini, semuanya menawarkan kelebihan masing-masing. Pilihan terbaik, menurut kami, adalah Surfshark.

Surfshark: VPN premium murah terbaik untuk Android

Sebuah VPN premium yang murah? Apa mungkin? Berkat Surfshark, kami tahu ternyata mungkin! Surfshark membuktikan bahwa kombinasi yang jarang ditemukan ini, yaitu kualitas premium dan harga yang terjangkau, juga dapat diterapkan ke Android. Pada dasarnya, Surfshark menawarkan beberapa protokol enkripsi yang paling dapat diandalkan, seperti OpenVPN (UDP) dan OpenVPN (TCP). Protokol-protokol ini dinilai oleh para ahli sebagai dua dari sejumlah protokol enkripsi teraman (bahkan yang paling aman), tercepat, dan paling efisien.

Dengan begitu, Surfshark menawarkan kecepatan yang bagus, baik untuk browsing, streaming, pengunduhan, atau bahkan gaming. Lebih dari itu, Surfshark menawarkan beberapa fitur tambahan yang bagus, beberapa di antaranya biasanya hanya ditawarkan oleh pesaing VPN lain yang lebih mahal. Contohnya, Surfshark menawarkan tombol mati daya, alamat IP statis, koneksi VPN ganda dan fitur white-listing. Semua hal ini bisa didapatkan hanya dengan harga $1,99.

Terakhir, Surfshark adalah salah satu sedikit penyedia VPN (khususnya dalam kisaran harganya) yang memungkinkan Anda untuk menggunakan satu program langganan di jumlah perangkat yang sebanyak-banyaknya. Surfshark memungkinkan Anda untuk menikmati semua kelebihan VPN di semua perangkat (Android) Anda!

Surfshark
Penawaran:
Internet aman dan anonim hanya dengan modal $2,30 per bulan
Dari
$2.30
9.0
  • Sangat ramah konsumen serta bisa bekerja dengan Netflix dan torrent
  • Garansi 30 hari uang kembali. Tanpa syarat tambahan!
  • Harga murah dengan banyak pilihan tambahan
Kunjungi Surfshark

Kesan akhir

Mayoritas VPN bekerja dengan sangat baik di Android. Hanya dengan memasang aplikasi yang benar dari App Store atau Play Store, log in ke akun VPN Anda, dan Anda sudah terhubung. Apa penyedia VPN Anda tidak memiliki aplikasi tersendiri untuk Android? Maka Anda selalu bisa memasang VPN melalui pengaturan Android Anda, atau memasangnya di router (virtual) Anda. Jika Anda sedang mencari VPN yang bagus untuk digunakan di Android, kami menyarankan Surfshark.

Memasang VPN di Android: Tanya Jawab

Jika Anda memiliki pertanyaan, dapat menekan salah satu pilihan di bawah ini untuk melihat jawabannya. Apakah pertanyaan Anda belum terjawab? Anda bisa meninggalkan komentar di bawah supaya kami dapat membantu Anda.

VPN melindungi koneksi internet dengan melakukan rute ulang data Anda via server tersendiri. Penggunaan VPN di Android akan memberikan Anda privasi, keamanan, dan kebebasan yang lebih saat online. Ingin VPN untuk HP Android Anda? Hanya butuh beberapa langkah saja. Unduh perangkat lunak yang benar dan buat akun Anda.

Untuk hampir semua fungsi, ExpressVPN adalah pilihan terbaik. VPN ini sangat cepat dan bekerja hampir dengan semua jenis perangkat. Baik NordVPN dan Surfshark juga pilihan yang bagus untuk digunakan di HP Android Anda, karena mereka mudah untuk digunakan dan ramah konsumen. Baca lebih lanjut tentang VPN terbaik untuk Android di sini.

Seperti layaknya komputer desktop, VPN memiliki banyak kelebihan saat dipasang di HP Android Anda. Semua traffic online Anda akan terlindungi sekaligus, sehingga Anda memiliki lebih banyak privasi. Lebih dari itu, Anda juga memiliki akses ke lebih banyak halaman saat online dengan VPN, seperti penawaran film dan serial di Netflix yang lebih banyak.

Analis keamanan cyber
David adalah seorang analis keamanan cyber dan salah satu pendiri VPNoverview.com. Tertarik dengan fenomena “identitas digital”, dan khususnya peduli dengan hak atas privasi serta perlindungan data pribadi
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar