Memasang koneksi VPN di Windows 10

VPN Setup Windows 10 Featured Image
Klik di sini untuk melihat rangkuman singkat dari artikel ini
Memasang VPN di Windows 10: Panduan Singkat Tahap per Tahap

Apakah Anda perlu terhubung ke VPN via komputer Windows Anda? Terkadang tidak ada perangkat lunak yang tersedia untuk membantu Anda sehingga VPN harus dipasang sendiri secara manual. Untungnya, prosesnya cukup mudah. Ikuti tahapan berikut ini:

1. Pastikan bahwa Anda memiliki rincian login yang benar untuk akun VPN Anda. Jika Anda masih dalam tahap mencari penyedia VPN yang tepat, mungkin Anda ingin mencoba CyberGhost:

2. Klik logo Windows dan buka ‘Pengaturan’. Pilih ‘Jaringan & Internet’ dan klik ‘VPN’.

3. Tambahkan koneksi VPN dengan menekan ‘Tambahkan koneksi VPN’. Masukan informasi login yang benar dan klik ‘Simpan’.

4. Pilih koneksi dalam layar pengaturan VPN dan langsung terhubung.

Jika Anda mengalami kendala saat mencoba untuk memasang VPN Anda, atau mungkin hanya ingin mencari tahu informasi lebih lanjut, Anda dapat membaca artikel lengkap kami di bawah ini.

Terdapat beberapa cara untuk memasang VPN di komputer Windows 10 Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara emmasang VPN melalui pengaturan Windows Anda. Hal ini berguna jika Anda ingin menggunakan jaringan VPN yang disediakan oleh atasan Anda, contohnya.

Windows operating system privacy

Banyak penyedia VPN yang menyediakan perangkat lunak khusus bagi Anda supaya data terhubugn ke salah satu server VPN mereka dengan mudah dan cepat. Namun, beberapa VPN, termasuk juga banyak jaringan perusahaan, tidak memiliki perangkat lunaknya sendiri. Untungnya, Windows memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk memasang koneksi VPN Anda sendiri. Dalam panduan tahap per tahap ini, kami akan menjelaskan cara supaya Anda bisa memasang koneksi VPN di Windows 10. Apakah Anda memiliki VPN yang menawarkan perangkat lunaknya sendiri, seperti ExpressVPN atau CyberGhost? Gulir ke bawah untuk melihat panduan singkat yang menjelaskan cara memasang VPN Anda dengan perangkat lunak tersebut.

Tahap 1: Mendapatkan rincian login yang benar

Untuk memasang koneksi VPN dengan Windows 10, Anda butuh rincian login yang tepat. Jika tidak, maka Anda tidak akan bisa mengakses server VPN. Jika koneksi VPN tersedia melalui tempat kerja Anda, maka Anda perlu bertanya ke atasan Anda untuk mendapatkan informasi login yang benar. Apakah Anda menggunakan VPN untuk kebutuhan pribadi? Maka Anda sudah membuat rincian yang dibutuhkan saat sedang mendaftar akun. Dengan informasi tersebut, umumnya berisi username dan kata sandi serta mungkin alamat server yang spesifik supaya dapat terhubung, Anda dapat mengikuti tiga tahapan di bawah ini untuk langsung terhubung ke VPN.

Jika Anda belum memiliki akun VPN serta rincian login dan sedang mencari VPN yang bagus untuk melindungi koneksi internet, Anda dapat mencoba CyberGhost. Penyedia ini sangat murah, namun tetap memiliki kualitas yang bagus. Lebih dari itu, mereka memiliki garansi 45 hari uang kembali, sehingga Anda dapat terlebih dahulu mencoba jasa ini.

CyberGhost
Penawaran:
Coba CyberGhost seharga $1.99 per bulan!
Dari
$1.99
8.8
  • Sangat ramah konsumen
  • Kualitas tinggi dengan harga rendah
  • Torrent dan Netflix bisa bekerja
Kunjungi CyberGhost

Tahap 2: Buka Pengaturan VPN di Windows

Ingin memasang VPN di Windows 10? Pertama, Anda perlu memastikan bahwa Anda menggunakan akun Windows yang memiliki hak administrasi. Biasanya pemilik komputer yang memiliki hak tersebut. Mereka juga dapat membagikannya ke pihak lain. Jika Anda hanya memiliki satu akun pengguna di perangkat yang digunakan, maka otomatis Anda pemilik hak tersebut.

Buka start menu (dengan menekan logo Windows di bagian kiri bawah layar Anda) dan klik Pengaturan. Tombol ini sering kali terlihat seperti roda gigi yang kecil. Setelah layar ‘Pengaturan’ terbuka, klik Network dan Internet yang ada di menu. Lalu pilih VPN dari daftar yang ada di bagian kiri layar. Gambar di sebelah kanan teks ini adalah contoh hal yang akan Anda lihat. Sekarang Anda sudah menemukan layar pengaturan VPN di Windows dan siap untuk menambahkan koneksi VPN ke dalam sistem operasi Anda.

Tahap 3: Menambahkan Koneksi VPN

Saatnya untuk menambahkan koneksi VPN. Pertama klik tombol di bagian atas yang berjudul Tambahkan koneksi VPN.

Add VPN connection in Windows settings

Sebuah layar biru akan muncul. Di situ, Anda dapat mengisi rincian dari penyedia VPN pilihan Anda. Di beberapa negara, Anda dapat memilih penyedia VPN dari sejumlah penyedia yang dijadikan standar, namun panduan tahap per tahap ini hanya fokus pada opsi yang sudah tersedia di Windows (built-in).

Buatlah nama yang mudah untuk dikenali bagi koneksi VPN Anda di bawah kolom Nama koneksi. Anda dapat, contohnya, menggunakan nama ‘Koneksi VPN kerja’ jika hanya membutuhkan koneksi tersebut untuk urusan pekerjaan.

Add VPN connection to Windows blue screen settingsDi bawah kolom Nama atau alamat server, masukan alamat IP atau URL dari server VPN yang dipilih. Informasi ini disediakan oleh penyedia koneksi tersebut, contohnya atasan Anda.

Di bawah kolom Tipe VPN, pilih protokol VPN yang ingin Anda gunakan. Dalam banyak kasus, Anda dapat memilih opsi Otomatis di sini. Untuk informasi lebih lanjut terkait protokol VPN, mohon baca artikel kami terkait topik ini.

Di bawah kolom Tipe info sign-in, Anda dapat menentukan cara untuk log in sesuai keinginan Anda. Umumnya, hal yang dibutuhkan adalah username dan kata sandi. Namun alternatif lainnya adalah log in dengan smartcard atau sertifikat.

Di bawah kolom Username dan Kata sandi, masukan rincian login yang diperlukan.

Catatan: jika Anda menggunakan komputer umum, cara paling aman adalah dengan tidak mengijinkan komputer untuk mengingat informasi sign-in Anda. Hanya simpan data jika komputer Anda tidak akan digunakan oleh pihak asing dan terlindungi dengan baik!

Setelah mengisi semua data yang diperlukan, klik Simpan.

Tahap 4: Terhubung ke Server VPN

Dengan menggunakan menu VPN di Pengaturan (seperti yang dijelaskan pada tahap 1), Anda dapat memilih koneksi VPN yang sudah ada dan terhubung ke server VPN tersebut. Sekarang Anda terhubung dengan aman dan dapat mengakses internet secara aman dan pribadi.

Pengaturan Lanjutan

Setelah menambahkan koneksi VPN, Anda memiliki pilihan tambahan di samping fitur untuk menyalakan dan mematikan VPN. Anda dapat, contohnya, memasang sebuah server proxy. Untuk melakukan hal tersebut, buka menu lanjutan. Hal ini dapat dilakukan dengan kembali mengikuti tahap 2, menekan koneksi VPN yang Anda ingin ubah dan memilih Pilihan lanjutan. Hanya ubah pengatuan ini jika Anda sudah sangat yakin akan apa yang Anda lakukan. Windows and penyedia VPN Anda bersama-sama bekerja untuk menyediakan koneksi yang aman bagi Anda. Maka, khususnya bagi para pemula, Anda tidak perlu mengubah pengaturan lanjutan apapun untuk terlindungi saat online.

VPN settings in Windows through Notifications

Untuk mengakses bagian VPN di pengaturan Anda secara cepat dan aman, Anda dapat mengikuti instruksi yang sudah dijelaskan di tahap 2, namun Anda juga dapat menekan Notifikasi (bagian informasi) di bagian kanan bawah taskbar. Gambar di atas menunjukan layar yang akan Anda lihat. Klik VPN dan Anda akan langsung diarahkan ke layar pengaturan VPN.

Perangkat Lunak VPN di Windows 10

Menggunakan VPN via pengaturan Anda di Windows 10 bisa menjadi hal yang sangat berguna. Pada dasarnya, Windows secara otomatis menghubungkan Anda ke server VPN, sehingga Anda tidak perlu lagi menyalakan VPN secara manual setiap kali ingin menggunakannya. Lebih dari itu, Anda juga memiliki kesempatan untuk terhubung ke jaringan pribadi dari jarak jauh dan secara aman. Contohnya, mereka yang bekerja dari rumah menggunakan VPN supaya dapat mengakses semua dokumen dan file lainnya di dalam jaringan perusahaan mereka.

Namun, menghubungkan VPN dengan sistem operasi Anda tidak selalu menjadi solusi yang mudah. Jika Anda menggunakan penyedia VPN berbayar seperti NordVPN atau Private Internet Access, kami menyarankan Anda untuk menggunakan perangkat lunak yang sudah tersedia. Program ini sering kali menggunakan protokol VPN tambahan, di mana mereka memiliki server DNS tersendiri yang mencegah terjadinya kebocoran DNS, dan juga sebuah tombol mati daya yang secara otomatis akan melindungi Anda jika koneksi VPN tiba-tiba terputus. Dalam bahasa lain, jika Anda menggunakan perangkat lunak VPN dibanding metode log in ke server VPN melalui Windows, Anda akan lebih aman.

Memasang VPN di Windows dengan perangkat lunak VPN: panduan tahap per tahap

Memasang VPN di Windows 10 menggunakan perangkat lunak resmi dari VPN sangat mudah dan berikut caranya:

Pasang VPN Desktop Grafik

  1. Buat akun di situs VPN. Buka situs remis dari penyedia VPN pilihan Anda (contohnya situs CyberGhost) dan pilih program langganan yang Anda inginkan. Ikuti tahapan untuk membeli program langganannya dan buat akun.
  2. Unduh perangkat lunak VPN dari situs remis VPN. Sering kali, penyedia VPN akan langsung mengarahkan Anda ke proses pengunduhan setelah Anda selesai memilih program langganan.
  3. Pasang perangkat lunak VPN. Setelah file pemasangan selesai diunduh, Anda dapat menekannya dan mengikuti panduan untuk memasang perangkat lunak VPN di komputer Anda.
  4. Login ke perangkat lunak dengan akun Anda. Hal ini sering kali dilakukan dengan mengisi username dan kata sandi yang sudah Anda buat di tahap 1.
  5. Pilih server VPN yang diinginkan (pilihan). Tergantung dari aktivitas apa yang ingin Anda lakukan saat online, Anda dapat memilih lokasi server yang sesuai. Contohnya, Anda dapat memilih server Amerika untuk menonton Netflix Amerika atau membuka blokir Skype, Facebook atau jasa lain apapun yang mungkin disensor di negara Anda. Jika Anda tidak memiliki tujuan khusus selain dari memastikan keamanan online Anda, maka bisa langsung memilih server terdekat dari lokasi Anda.
  6. Nyalakan VPN. Mayoritas program VPN memiliki tombol daya yang besar dan dapat dinyalakan dengan satu klik saja. Bahkan, jika Anda melewati tahap 5, perangkat lunak VPN kemungkinan besar secara otomatis akan langsung memilih server terdekat atau tercepat untuk Anda.

Mengapa sebaiknya menggunakan VPN di Windows 10?

Ada banyak alasan bagi orang-orang untuk menggunakan VPN. Berikut adalah beberapa alasan yang paling umum:

  • Enkripsi data untuk perlindungan tambahan dari para peretas dan penjahat cyber (serta pihak lain yang ingin menyadap, seperti pemerintah dan pelaku bisnis);
  • Penggunaan jaringan publik yang aman;
  • Akses ke jasa-jasa yang hanya dapat digunakan dalam jaringan perusahaan atau institusi tertentu;
  • Menyembunyikan lokasi dan alamat IP asli Anda;
  • Secara anonim mengunduh torrent;
  • Melampaui, contohnya, blokir regional dari jasa film tertentu (Netflix) atau jaringan media sosial;
  • Melampaui sensor di suatu negara;
  • Meningkatkan kecepatan koneksi ke server lain.

Memasang VPN di komputer Windows 10 Anda selalu menjadi ide yang bagus. Anda mungkin menggunakan perangkat Anda untuk banyak aktivitas setiap hari. Dengan VPN, Anda dapat terlindungi selama melakukan semua aktivitas tersebut serta keamanan dan kebebasan online Anda juga akan bertambah.

Jika Anda belum memiliki VPN dan ingin mulai menggunakannya untuk melindungi jaringan pribadi Anda, maka ada beberapa pilihan yang tersedia. Anda mungkin ingin penyedia VPN untuk urusan pribasi. Jika kurang yakin harus mulai dari mana, mungkin Anda bisa melihat top 5 penyedia VPN terbaik pilihan kami. Daftar ini mungkin akan membantu Anda dalam memilih VPN.

Memasang VPN di Windows: Tanya Jawab

Apakah Anda punya pertanyaan tentang pemasangan VPN di sistem Windows Anda? Klik pertanyaan di bawah ini dan dapatkan jawabannya. Tetap mengalami kendala? Jangan khawatir, tinggalkan komentar di bawah artikel ini. Kami dengan senang akan membantu Anda.

Ada dua cara untuk memasang VPN di komputer Windows Anda. Pertama, dengan VPN seperti ExpressVPN dan Surfshark, Anda dapat memasang perangkat lunak yang sudah disediakan. Lalu Anda bisa langsung menekan tombol daya dan koneksi VPN langsung terpasang. Jika Anda tidak memiliki perangkat lunak apapun, Anda dapat melakukannya secara manual di Windows. Buka bagian “VPN” dari pengaturan dan tambahkan koneksi VPN secara manual.

Penggunaan VPN memiliki banyak kelebihan. VPN melindungi koneksi internet Anda, memberikan Anda akses ke jaringan-jaringan khusus, seperti jaringan tempat kerja saat sedang bekerja dari rumah, dan juga melindungi privasi Anda. VPN juga meningkatkan kebebasan Anda saat berada di internet. Dengan VPN, Anda lebih aman saat online tanpa butuh upaya yang banyak.

Jika Anda ingin menggunakan VPN pribadi untuk mengamankan koneksi internet, maka Anda memiliki banyaj pilihan. Untungnya, ada banyak penyedia VPN yang akan melindungi koneksi dan meningkatkan kebebasan Anda saat online. Kami membuat daftar berisi lima penyedia VPN terbaik yang ada saat ini, semuanya akan bekerja dengan sempurna di komputer Windows Anda.

Analis keamanan cyber
David adalah seorang analis keamanan cyber dan salah satu pendiri VPNoverview.com. Tertarik dengan fenomena “identitas digital”, dan khususnya peduli dengan hak atas privasi serta perlindungan data pribadi
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar