Pemasangan VPN untuk Fire TV Stick Anda

man using Amazon Fire TV Stick remote to Watch Amazon TV with a VPN
Klik di sini untuk melihat rangkuman artikel ini
Pasang VPN untuk Amazon Fire TV Stick Anda: rangkuman singkat

Amazon Fire TV Stick adalah cara ideal untuk menggunakan semua layanan streaming di TV Anda. Dengan VPN, Anda bisa pastikan aktivitas ini terjadi dengan aman dan anonim. Lebih dari itu, Anda bisa mendapat akses ke lebih banyak hal dengan melampaui batasan geografis. Ada beberapa cara memasang VPN untuk Amazon Fire TV Stick Anda:

  1. Unduh aplikasi VPN langsung di Fire TV Stick Anda (Hanya ExpressVPN dan IPVanish yang menawarkan aplikasi seperti ini).
  2. Pasang VPN di router Anda.
  3. Pasang VPN pada router digital di PC atau Mac Anda.
  4. Pasang VPN dengan APK Android.

Sedang mencari VPN yang bagus untuk Amazon Fire TV Stick? Kami menyarankan ExpressVPN:

Untuk instruksi lebih lengkap tentang cara memasang VPN, baca keseluruhan artikel kami di bawah ini.

Pemasangan VPN untuk Amazon Fire TV Stick Anda bisa cukup rumit, tapi berbeda dari kerumitan Roku atau Chromecast. Maka kami berusaha untuk membuat daftar semua kemungkinan solusi yang tersedia dengan panduan lengkapnya juga. Cara paling mudah adalah dengan mengunduh aplikasi VPN langsung di Fire TV Stick Anda. Namun, hanya ada dua penyedia yang menawarkan aplikasi untuk cara ini. Untungnya, ada cara-cara lain. Contoh, Anda bisa pasang VPN di router atau pada router virtual di PC atau Mac Anda. Terakhir, Anda juga bisa pasang VPN dengan APK Android. Semoga artikel ini akan membantu Anda dalam memasang VPN supaya Anda bisa menikmati manfaat dari fitur-fiturnya saat sedang streaming menggunakan Fire TV Stick.

Amazon Fire Stick Set Up Illustration

Mengapa Sebaiknya VPN Dipasang di Amazon Fire TV Stick Anda

Amazon Fire TV Stick adalah cara ideal untuk menggunakan semua layanan streaming di TV Anda. Dengan VPN, Anda bisa memastikan aktivitas ini aman dan anonim. Selain itu, Anda bisa mengakses lebih banyak hal dengan melampaui batasan geografis.

Pasang Aplikasi VPN di Amazon Fire TV Stick

ExpressVPN dan IPVanish punya aplikasi yang bisa Anda unduh di Fire TV Stick Anda. Kami menggunakan ExpressVPN sebagai contoh pada langkah-langkah berikut ini.

  1. Cari “ExpressVPN” di koleksi aplikasi Fire TV Stick Anda.
  2. Unduh aplikasi ExpressVPN.
  3. Buka aplikasi ExpressVPN dan isi informasi pribadi Anda untuk masuk ke akun ExpressVPN Anda. Belum punya akun? Buka situs mereka untuk membuatnya.
  4. Setelah mengisi informasi login Anda, aplikasinya akan aktif. Sekarang Anda perlu mengubah beberapa pengaturan. Sebuah pesan otomatis dari ExpressVPN akan muncul. Klik “ok”.
  5. Di pop-up tersebut, ExpressVPN meminta izin untuk terhubung via VPN. Klik “ok”.
  6. Sekarang ExpressVPN akan menanyakan jika Anda ingin, secara anonim, berbagi informasi dengan mereka supaya mereka dapat meningkatkan layanan yang ditawarkan. Ini opsional, sehingga Anda bisa klik “allow” atau “don’t allow”.
  7. Aplikasinya sekarang sudah terpasang dan siap digunakan. Saat membuka aplikasinya, Anda akan melihat apakah VPN-nya sedang nyala atau mati. Saat Anda sudah menekan tombolnya, VPN akan bekerja dan Anda bisa streaming di Amazon Fire TV Stick secara aman dan anonim.
  8. Untuk menghentikan koneksi, tekan tombol yang sama di aplikasi ExpressVPN Anda.
  9. Opsional: Untuk tujuan melampaui batasan geografis, Anda bisa pilih server di negara lain. Di aplikasi ExpressVPN, Anda klik tombol “choose location” dan pilih server yang ingin Anda gunakan.
ExpressVPN
Penawaran:
Dapatkan diskon langganan tahunan + garansi 30 hari uang kembali!
Dari
$6.67
8.9
  • VPN yang mudah digunakan
  • Cocok untuk browsing, pengunduhan, dan streaming secara anonim (contohnya Netflix)
  • 3000+ server di 94 negara
Kunjungi ExpressVPN

Pasang VPN di Router Anda

RouterGuna melindungi perangkat di rumah Anda secara sekaligus, Anda juga bisa memasang VPN di router. Namun, untuk melakukan hal ini Anda perlu mengubah firmware di router, hal ini disebut flashing. Tidak semua router cocok untuk flashing jadi pastikan bahwa Anda punya router yang tepat. Selain itu, flashing ini bisa merusak router Anda jika tidak dilakukan dengan benar. Dalam panduan ini, kami menjelaskan jenis router dan VPN yang sebaiknya Anda miliki supaya bisa bekerja. Anda juga bisa membaca langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk bisa flash router secara aman.

Keuntungan penting dari pemasangan VPN di router Anda adalah semua perangkat yang terhubung ke jaringannya akan terlindungi oleh VPN. Anda tidak perlu memasang perangkat lunak VPN di masing-masing perangkat Anda.

Pasang VPN di Router Virtual

Virtual routerJika tidak bisa atau tidak ingin mengubah firmware di router, Anda juga bisa menjadikan PC atau Mac Anda sebagai router virtual. Anda bisa pasang VPN di PC atau Mac Anda dan menghubungkan Fire TV Stick ke router virtual. Pemasangan VPN di PC atau Mac Anda sangat mudah karena penyedia membuat installation wizard yang bagus untuk membantu Anda. Hotspot Wi-Fi yang Anda buat di perangkat yang terlindungi sekarang akan melindungi semua perangkat yang terhubung ke hotspot tersebut, termasuk Fire TV Stick Anda.

Pasang APK Android di Amazon Fire TV Stick Anda

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan untuk melindungi Fire TV Stick dengan VPN, adalah dengan memasang APK Android. APK (Android Package) adalah jenis file yang membelah aplikasi menjadi beragam paket kecil. Anda bisa melihatnya seperti zip file. Jika aplikasinya tidak ada di Play Store, Anda bisa menggunakan jenis file ini untuk memasang aplikasi di perangkat Android Anda.

Ada dua cara untuk melakukannya: melalui pengunduhan langsung atau melalui pengunduhan di perangkat Android kedua. Kedua cara ini dimulai dengan langkah yang sama namun setelah itu prosesnya akan cukup berbeda. Atas dasar alasan tersebut, kami akan membahasnya satu per satu di bawah ini.

Setelah itu, Anda juga bisa baca cara membuka dan memperbarui file-file tersebut di Fire TV Stick Anda.

Pasang VPN di Amazon Fire TV Stick Anda dengan Pengunduhan APK Secara Langsung

  1. Pastikan bahwa Amazon Fire TV Stick Anda mengizinkan adanya aplikasi luar, bisa dilakukan dengan cara:
    1. Buka “settings” di Amazon Fire TV Stick lalu buka bagian “system”.
    2. Gulir ke bawah dan buka “developer options”.
    3. Nyalakan opsi “apps from unknown sources”.
  2. Buka situs penyedia VPN Anda dan cari URL untuk file APK mereka.
  3. Buka Amazon Fire TV dan ketik “downloader” di mesin pencarian.
  4. Pasang “downloader app” dan buka filenya.
  5. Masukkan URL dari file APK dan unduh filenya.
  6. File APK akan langsung terpasang. Jika tidak, buka “downloads” di Downloader App dan klik file APK-nya untuk dipasang.
  7. Aplikasi penyedia VPN Anda seharusnya sudah siap digunakan sekarang. Jika tidak, kami sarankan Anda untuk menghubungi layanan pelangganan penyedia VPN Anda.

Pasang VPN di Amazon Fire TV Stick Anda dengan APK di Perangkat Android Kedua

Untuk metode ini, Anda membutuhkan perangkat Android lain, bisa jadi HP, laptop, atau tablet, tidak masalah.

  1. Pastikan bahwa Amazon Fire TV Stick mengizinkan adanya aplikasi luar, bisa dilakukan dengan cara:
    1. Buka “settings” di Amazon Fire TV Stick Anda lalu buka bagian “system”.
    2. Gulir ke bawah dan buka “developer options”.
    3. Nyalakan opsi “apps from unknown sources”.
    4. Buka menu “system” dan klik “about” dan pilih “network”.
    5. Catat alamat IP dari Amazon Fire TV Anda.
  2. Unduh dan pasang aplikasi penyedia VPN Anda melalui Google Play Store di perangkat Android kedua milik Anda.
  3. Unduh dan pasang aplikasi “Apps2Fire” di perangkat Android kedua Anda.
  4. Buka aplikasi “Apps2Fire” dan klik pada tiga titik yang ada di sudut kanan atas lalu tekan “setup”.
  5. Di jendala yang terbuka, Anda masukkan alamat IP dari Amazon Fire TV yang sudah Anda catat sebelumnya. Lalu klik “save”.
  6. Tekan lagi tiga titik di sudut kanan atas dari aplikasi “Apps2Fire” dan pilih “upload apps”.
  7. Pilih aplikasi penyedia VPN Anda. Aplikasi secara otomatis akan terpasang di Fire TV Anda sekarang. Jika tidak bekerja, kami menyarankan Anda untuk menghubungi layanan pelanggan dari penyedia VPN Anda.

Buka Aplikasi VPN yang Sudah Terpasang dengan APK

Aplikasi APK yang terpasang tidak akan langsung muncul di menu aplikasi standar. Untuk membuka aplikasi dan menggunakan layanan VPN, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Start Menu dari Fire TV Anda.
  2. Buka “settings” lalu “applications”.
  3. Pilih “manage installed applications”.
  4. Anda akan melihat daftar aplikasi yang sudah Anda unggah ke Fire TV. Pilih aplikasi VPN yang ingin Anda gunakan dan klik “launch application”.
  5. Di aplikasinya, Anda sebaiknya login ke akun VPN. Caranya tergantung pada penyedia VPN. Kemungkinan besar Anda perlu memasukkan alamat email dan kata sandi Anda.
  6. Pilih lokasi server yang ingin Anda gunakan dan nyalakan VPN. VPN akan menyala sampai Anda mematikan Amazon Fire TV Stick atau Anda menghentikan koneksi di aplikasi VPN.

Perbarui Aplikasi APK di Fire TV Stick Anda

Setelah memasang aplikasi secara manual di Fire TV Stick Anda, aplikasinya tidak akan diperbarui secara otomatis. Secara teori Anda tidak perlu memperbarui aplikasi asalkan masih bisa bekerja dan koneksinya stabil serta aman. Namun, ada baiknya untuk sesekali memperbarui aplikasi demi keamanan. Anda bisa melakukannya secara manual, seperti ini:

  1. Buka “settings” di Fire TV Stick Anda.
  2. Pilih “applications” dan klik “manage installed applications“.
  3. Pilih aplikasi VPN Anda dan tekan “force stop“.
  4. Sekarang Anda harus memasang ulang aplikasi VPN-nya. Anda bisa melakukannya dengan cara yang sama seperti pemasangan pertama.
  5. Setelah Fire TV Stick terpasang lagi, Anda akan melihat jendela berisi pertanyaan terkait pemasangan dan pembaruan untuk aplikasi Anda. Pilih “yes“.
    Aplikasinya sekarang sudah diperbarui. Setelah selesai, Anda perlu login lagi ke aplikasi untuk membuat koneksi dengan VPN.

VPN Terbaik untuk Amazon Fire TV Stick

Di bawah ini, kami akan memberi usulan VPN yang bagus untuk Amazon Fire TV Stick. Anda juga bisa memilih penyedia VPN lain yang bagus.

ExpressVPN untuk Amazon Fire TV Stick

Menurut kami, ExpressVPN adalah VPN terbaik untuk Amazon Fire TV Stick. VPN ini sangat cepat dan punya banyak server. ExpressVPN sangat mudah digunakan, bahkan untuk orang-orang yang kurang berpengalaman dengan VPN. Selain itu, ExpressVPN punya keamanan yang baik dan menggunakan enkripsi yang kuat. Anda akan selalu terlindungi dengan ExpressVPN. Anda bisa mencoba penyedia ini menggunakan garansi 30 hari uang kembali yang mereka tawarkan.

ExpressVPN
Penawaran:
Dapatkan diskon langganan tahunan + garansi 30 hari uang kembali!
Dari
$6.67
8.9
  • VPN yang mudah digunakan
  • Cocok untuk browsing, pengunduhan, dan streaming secara anonim (contohnya Netflix)
  • 3000+ server di 94 negara
Kunjungi ExpressVPN

Kesan Akhir

Meskipun pemasangan VPN untuk Amazon Fire TV Stick bisa sedikit rumit, Anda masih bisa melakukannya dengan mengikuti tahap-tahapan ini. Untuk penggunaan file APK, Anda bisa mengunduh aplikasi VPN yang tidak ada di Google Play Store dan memasangnya di Fire TV Stick Anda. Hal ini bisa dilakukan, baik langsung di Fire TV Stick, atau melalui perangkat Android kedua. Setelah dipasang, Anda bisa buka dan menggunakan VPN di Fire TV Stick. Mohon ingat bahwa aplikasi yang dipasang secara manual tidak akan diperbarui secara otomatis. Artinya Anda perlu sesekali memperbarui aplikasinya secara manual setelah beberapa waktu. Nikmati streaming dengan Fire TV Stick Anda secara aman, anonim, dan bebas!

Pemasangan VPN di Amazon Fire TV Stick: FAQ

Punya pertanyaan tentang pemasangan VPN di Amazon Fire TV Stick? Klik salah satu pertanyaan di bawah dan Anda akan langsung mendapat jawabannya!

Anda bisa memasang VPN di Amazon Fire TV Stick dengan empat cara. Cara termudah adalah dengan mengunduh aplikasi VPN langsung di Fire TV Stick Anda. Namun, hanya ada dua penyedia yang menawarkan aplikasi seperti ini. Pilihan lain adalah dengan memasang VPN di router atau pada router virtual di PC atau Mac Anda. Terakhir, Anda juga bisa memasang VPN dengan APK Android.

Perpaduan fungsi Amazon Fire Stick dengan fitur-fitur dari layanan VPN adalah cara yang bagus untuk streaming film dan musik secara anonim dan aman. Selain itu, VPN akan memberi Anda akses ke lebih banyak hal dengan melampaui Apa VPN terbaik untuk Amazon Fire TV Stick?batasan geografis.

VPN terbaik untuk Amazon Fire TV adalah ExpressVPN. VPN ini sangat cepat dan mudah digunakan. Lebih dari itu, ExpressVPN punya lebih dari 2000 server di 94 negara.

International security coordinator
Marko has a Bachelor's degree in Computer and Information Sciences. He coordinates and manages VPNOverview.com's team of international VPN researchers and writers.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar