Cara menyembunyikan alamat IP Anda

How to hide my IP address featured
Klik di sini untuk melihat rangkuman
Cara menyembunyikan alamat IP Anda: sebuah rangkuman

Jika Anda ingin menelusuri internet secara anonim dan bebas, langkah pertama yang baik adalah untuk menyembunyikan alamat IP Anda. Alamat IP tersebut berisi banyak informasi tentang Anda. Dengan cara menyembunyikannya di balik sebuah IP yang berbeda, Anda akan dapat beraktivitas online dengan cara yang jauh lebih aman. VPN dapat membantu Anda dalam melakukan hal ini. Cukup dengan mengikuti tahapan di bawah ini:

  1. Pilih sebuah penyedia VPN, contohnya CyberGhost, dan beli salah satu program langganannya
  2. Unduh perangkat lunak VPN dan log in menggunakan akun Anda
  3. Pilih sebuah server (jika diperlukan) dan hubungkan ke VPN

Jika Anda online menggunakan VPN, pihak lain hanya akan mendapat melihat alamat IP dari server VPN Anda, sedangkan alamat IP Anda sendiri akan tetap disembunyikan. VPN baik yang patut dicoba untuk pemula adalah CyberGhost. Penyedia satu ini sangat ramah konsumen dan memiliki tawaran program langganan yang sangat murah.

Ingin tahu lebih banyak? Baca artikel kami selengkapnya di bawah ini untuk informasi lebih mengenai alamat IP Anda, cara menyembunyikan dan mengubahnya, serta manfaat-manfaat lain yang datang dari hal tersebut.

Beberapa tahun belakangan ini, privasi dan perlindungan atas data pribadi kita menjadi sangat penting. Anda mungkin pernah mendengar saran untuk mengubah atau menyembunyikan alamat IP Anda saat menelusuri internet. Google, platform media sosial dan bahkan badan rahasia sedang melacak pola perilaku online Anda dalam skala yang besar. Walaupun hal ini sudah menjadi rahasia umum, masih banyak orang yang tidak menyembunyikan alamat IP mereka seperti yang seharusnya dilakukan. Orang-orang tersebut membahayakan privasi mereka sendiri. Mungkin mereka percaya bahwa kehidupan online tidak perlu ditutupi, karena mereka merasa tidak memiliki apapun yang harus disembunyikan. Namun, sebenarnya ada banyak alasan mengapa Anda sebaiknya mengubah IP Anda. Apakah Anda akan ikut serta untuk mengganti IP Anda? Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara Anda untuk secara mudah menyembunyikan dan mengubah alamat IP Anda – dan alasan mengapa Anda pada akhirnya ingin melakukannya.

Apa itu alamat IP?

Change IP Address

Bagian ‘IP’ dalam alamat IP merupakan singkatan dari ‘internet protocol’. Sebuah alamat IP adalah seri angka unik yang diberikan untuk masing-masing koneksi internet yang ada. Seri angka tersebut akan memudahkan identifikasi perangkat Anda saat terhubung dengan internet. Alamat IP penting dalam pengiriman dan pengumpulan data melalui internet. Tanpa hal ini, Anda tidak akan bisa melakukan hal-hal dasar yang biasanya dapat dilakukan saat online.

Namun, alamat IP Anda dapat pula membahayakan privasi Anda. Alamat IP memperlihatkan lokasi asli Anda, dan pihak ketiga dapat menggunakannya untuk melacak aktivitas online Anda. Lebih dari itu, situs dan pemerintah dapat memilih untuk tidak memperlihatkan beberapa halaman atau jasa kepada Anda sesuai dengan lokasi Anda. Parahnya lagi, kriminal cyber dapat mencegat IP Anda dan menyebabkan banyak macam kerusakan terhadap perangkat Anda. Atas dasar alasan tersebut, banyak pengguna yang memutuskan untuk menyembunyikan atau mengubah alamat IP mereka. Salah satu cara terbaik dan paling sederhana untuk melakukannya adalah menggunakan VPN yang terpercaya. Jasa VPN yang kami sarankan adalah CyberGhost. Penyedia ini menawarkan kecepatan yang sangat baik dan fokus utama pada keamanan dan privasi konsumen. Lebih dari itu, harganya juga sangat murah dan ramah konsumen, maka merupakan VPN yang sangat baik bagi para pemula. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang pengalaman pribadi kami dengan penyedia ini, Anda dapat melihat ulasan ekstensif kami tentang CyberGhost.

CyberGhost
Penawaran:
Coba CyberGhost seharga $1.99 per bulan!
Dari
$1.99
8.8
  • Sangat ramah konsumen
  • Kualitas tinggi dengan harga rendah
  • Torrent dan Netflix bisa bekerja
Kunjungi CyberGhost

Apa Anda memilih untuk mencoba versi VPN gratis yang terbatas terlebih dahulu? Maka langsung saja kunjungi daftar VPN gratis terbaik pilihan kami saat ini. Daftar tersebut berisi penyedia favorit kami pribadi, semuanya merupakan VPN terpercaya yang cocok untuk siapapun yang ingin mencoba jasanya sebelum membeli program langganan tahunan.

Cara mengubah alamat IP Anda dengan VPN: panduan tahap per tahap

Untuk mempermudah sebisa mungkin, kami akan memperlihatkan tahapan cara mengubah alamat IP Anda menggunakan VPN. Sebagai contoh, kami akan menggunakan CyberGhost. Proses pemasangan VPN Anda juga cukup cepat. Untuk mengubah alamat IP Anda dengan CyberGhost, yang harus Anda lakukan hanyalah mengikuti tahap-tahap di bawah ini:

  1. Klik tautan ini untuk mengunjungi situs CyberGhost
  2. Klik tombol ini untuk mendapatkan promonya. Anda secara otomatis akan diarahkan ke halaman harga
  3. Pilih program langganan yang sesuai dengan kebutuhan Anda (bulanan, tahunan, dll.)
  4. Pilih metode pembayaran yang ingin Anda gunakan dan masukan email Anda
  5. Log in ke situs CyberGhost dan download VPN client yang dapat bekerja dengan sistem operasi Anda.
  6. Buka file pemasangan setelah proses pengunduhan selesai
  7. Lalui proses pemasangan untuk memenuhi syarat pemasangan VPN di perangkat Anda
  8. Buka perangkat lunak VPN yang sudah dibayar
  9. Log in dengan akun yang Anda sudah buat
  10. Klik ‘Surf anonymously’ dan nyalakan VPN

Setelah VPN terhubungi, alamat IP Anda akan tersembunyi dan yang digunakan untuk aktivitas Anda adalah alamat IP dari server VPN yang dipilih saat itu. Selama koneksi tidak terputus, Anda dapat menggunakan internet secara aman dan anonim. Biarkan perangkat lunak VPN untuk aktif selama Anda melakukan aktivitas online, supaya koneksi Anda akan lebih terlindungi.

Jika diinginkan, Anda dapat mengubah lokasi dari IP ‘baru’ Anda dengan memilih server yang berbeda. Lihat pilihan server yang ada di menu dan pilih suatu negara sebagai tempat yang Anda inginkan untuk server Anda. Jika hal ini dilakukan dengan pertimbangan yang matang, Anda dapat melampaui restriksi geografis yang diletakkan oleh situs, suatu hal yang akan kami bahas lebih lanjut nanti.

Kenapa Anda sebaiknya menyembunyikan atau mengubah alamat IP Anda?

Laptop With Lock

Menyembunyikan alamat IP Anda adalah cara untuk melindungi privasi dan anonimitas online Anda. Mengubah alamat IP Anda menjadi IP lain dapat meningkatkan kebebasan internet Anda secara besar. Biasanya, menyembunyikan dan mengubah alamat IP Anda dilakukan secara bersamaan, contohnya saat Anda menggunakan sebuah VPN. Artinya, Anda bisa mendapatkan perlindungan tambahan dan akses online lebih banyak dengan satu solusi saja. Ubah IP Anda, dan Anda akan dapat:

Hindari pelacakan yang dilakukan oleh ISP Anda dan pihak ketiga lainnya

Penyedia layanan internet (ISP) Anda dan pihak ketiga lainnya secara reguler melacak aktivitas online penggunanya melalui alamat IP mereka. Di Amerika Serikat maupun banyak negara lainnya, ISP diberikan izin legal untuk melakukan hal ini. Selain merekam aktivitas online, ISP Anda juga mungkin menyebarkan informasi ini dengan pihak lainnya. Mereka dapat, contohnya, memberikan informasi pribadi Anda ke pemerintah, jika diminta oleh pihak pemerintah. Bahkan, informasi tentang sejarah browser Anda dapat dijual oleh mereka ke pihak pembuat iklan di internet dengan tim balik berupa keuntungan.

Bukan hanya ISP Anda, namun situs, platform media sosial dan jaringan iklan dapat mencatat aktivitas online dan kebiasaan browsing Anda. Mereka biasanya menjual data tersebut ke perusahaan periklanan, supaya dapat memperlihatkan iklan ke Anda sesuai dengan apa yang Anda rasa menarik secara pribadi. Jika telah menyembunyikan alamat IP, maka ISP Anda, situs, media sosial dan pihak ketiga lainya tidak akan bisa melacak Anda ataupun perangkat Anda secara efektif.

Tetap aman dan anonim di hotspot Wi-Fi (publik)

Saat menggunakan Wi-Fi publik, penting adanya untuk berhati-hati dalam menjaga alamat IP Anda dan informasi pribadi lainnya agar tetap aman. Walaupun hotospot Wi-Fi publik sangat praktis, mereka juga sangat tidak aman. Siapapun di jaringan tersebut dapat melihat alamat IP Anda dan mengintai aktivitas yang sedang Anda lakukan. Hal ini membuat Anda rentan terhadap kriminal cyber dan pihak lainnya yang memiliki niat buruk. Menyembunyikan alamat IP Anda adalah langkah penting menuju perlindungan informasi pribadi dan aktivitas browsing Anda di jaringan Wi-Fi publik yang tidak terlindungi.

Untuk batas tertentu, hal ini juga berlaku untuk jaringan home. Bahkan keluarga, teman sekamar, ataupun kolega Anda dapat dengan mudah melihat apa yang Anda lakukan saat online jika mereka mengerti teknis yang diperlukan. Hal ini mungkin tidak selalu menjadi masalah, namun mungkin saja dapat menghasilkan kondisi yang tidak baik untuk Anda. Bagaimana jika Anda menemukan hadiah yang sangat bagus untuk ibu Anda sebagai kejutan dan tidak ingin memberitahunya? Bagaimana jika jaringan bisnis Anda tidak memberikan Anda akses terhadap media sosial, namun Anda sangat membutuhkan Twitter – untuk apapun alasannya? Di kasus-kasus seperti ini, mengubah alamat IP Anda akan sangat membantu.

Unduh torrent dengan aman

Mayoritas dari negara di dunia memiliki hukum mengenai pengunduhan. Biasanya, apapun hal (musik, film, buku) yang disebar melalui online tanpa izin dari pemiliknya, termasuk dalam kategori ilegal. Beberapa organisasi hak cipta nasional secara aktif berupaya untuk menghentikan prakter ilegal tersebut. Tergantung pada di mana Anda tinggal, penggunduhan hal-hal ilegal dapat dikenai denda.

Lebih dari itu, mengunduh apapun bisa menjadi hal yang berbahaya untuk dilakukan, karena peretas dan torrent berbahaya dapat menggunakan alamat IP Anda untuk melacak semua sejarah pengunduhan Anda. Informasi ini dapat digunakan untuk banyak tujuan ilegal. Kriminal cyber dapat mengirimkan Anda sebuah ‘denda palsu’ dan berpura-pura menjadi seorang perwakilan dari organisasi resmi yang memantau hak cipta, padahal sebenarnya mereka hanya menginginkan uang Anda saja. Bahkan jika Anda telah mengunduh sesuatu dengan cara yang legal, mereka tetap akan mencoba untuk memeras uang dari Anda dengan cara mengancam untuk memperlihatkan semua file unduhan Anda ke publik – suatu hal yang mungkin sangat ingin Anda hindari.

Dengan kehadiran kriminal cyber dan organisasi yang memantau aktivitas online Anda, ada kemungkinan besar bahwa Anda ingin untuk mendapatkan privasi Anda kembali. Anda dapat melakukan ini dengan menggunakan VPN untuk menyembunyikan alamat IP Anda dan mengunduh sendiri secara aman.

Lampaui restriksi geografis

Map with location

Alasan umum beberapa pengguna mengubah alamat IP mereka adalah untuk tujuan membantu mereka dalam mengakses konten yang secara geografis terkena restriksi. Ini termasuk sistus dan jasa streaming (atau konten spesifik lainnya dalam jasa tersebut) yang hanya tersedia di beberapa negara saja. Contohnya, jasa streaming seperti Hulu dan HBO GO hanya tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat. Namun, jika seorang pengguna yang tinggal di Inggris ingin mengakses jasa tersebut, mereka dapat melampaui restriksi kawasan tersebut dengan menutupi alamat IP asli mereka dan mengubahnya menjadi alamat asal Amerika Serikat. Hal ini marak dilakukan dengan menggunakan VPN, yang bisa Anda atur untuk mengirim data Anda melalui sebuah server yang berbasis di negara lain. Alamat IP Anda akan terlihat seperti datang dari negara lain.

Lampaui sensor pemerintah

Di beberapa negara, seperti Cina dan Iran, sensor (online) pemerintah yang ketat sudah diketahui. Pemerintah ini biasanya memberlakukan restriksi akses untuk jumlah konten yang besar dan memantau aktivitas online warga negaranya secara seksama. Tujuannya adalah untuk mengendalikan media dan saluran berita supaya mereka bisa mempengaruhi masyarakat mereka. Anda dapat melampaui restriksi ini dan mencegah pemerintah untuk mengintai Anda dengan cara mengubah alamat IP Anda. Jika Anda menggunakan VPN untuk menutupi alamat IP asli Anda, pemerintah tidak akan dapat melihat apa yang Anda lakukan saat online.

Bagaimana caranya untuk menyembunyikan atau mengubah alamat IP saya?

Ada beberapa cara untuk menyembunyikan dan mengubah alamat IP Anda. Beberapa darinya akan menghasilkan kondisi yang jauh lebih aman. Untuk memberikan Anda gambaran luas terbaik mengenai cara-cara yang ada, kami akan membahas semua pilihan umum untuk menutupi alamat IP Anda, dan membandingkan satu dengan lainnya selama pembahasan.

Investasi VPN berkualitas tinggi

VPN shield

Seperti yang sudah kami sarankan di bagian-bagian sebelumnya dari artikel ini, cara paling aman untuk menyembunyikan alamat IP Anda adalah dengan menggunakan jasa VPN berkualitas tinggi. VPN adalah koneksi jaringan aman yang mengirimkan data Anda menggunakan server di tempat-tempat terpencil atau tidak terduga. Lebih dari itu, VPN mengenkripsi data Anda untuk menambahkan lapisan tambahan keamanan. Saat Anda terhubung ke VPN, alamat IP asli Anda akan tersembunyi dan Anda akan menggunakan alamat IP dari salah satu server penyedia VPN Anda yang terpencil atau terletak di lokasi tidak terduga. Pihak ketiga hanya akan melihat alamat IP server VPN, membuat proses untuk melacak balik traffic data ke Anda menjadi hal yang sulit atau bahkan mustahil.

Jika Anda ingin mulai untuk menggunakan VPN, Anda dapat dengan mudah membeli program langganan dari sebuah penyedia ternama, seperti yang telah kami gambarkan di atas. Selain dari CyberGhost, ada beberapa penyedia VPN baik lainnya, seperti ExpressVPN dan NordVPN.

Penggunaan server proxy

Server proxy adalah metode lain yang dapat digunakan untuk menyembunyikan dan mengubah alamat IP asli Anda. Namun, fakta penting yang harus diketahui adalah bahwa proxy tidak memiliki fitur kemanan yang biasanya dimiliki banyak VPN. Sebuah proxy adalah tipe server yang berfungsi sebagai perantara antara pengguna dan internet. Saat menggunakan proxy, semua permintaan online Anda akan dikirim melalui server proxy. Proxy nantinya akan mengirimkan permintaan Anda ke server internet yang ingin Anda hubungi. Selama proses berlangsung, proxy mengubah beberapa data Anda, termasuk alamat IP Anda. Server proxy akan memiliki alamat IP sendiri. Oleh sebab semua data Anda dikirim melalui hal ini, IP yang digunakan nantinya akan mengirimkannya kepada seluruh interne, bukan menggunakan IP pribadi Anda.

Proxy sering kali digunakan untuk mengakses konten yang terkena restriksi secara kawasan, khususnya dalam sektor jasa streaming. Namun, sangat baik adanya untuk menggunakan server proxy hanya saat melakukan aktivitas beresiko kecil, hal ini dikarenakan mereka tidak mengenkripsi data Anda dan pihak ketiga akan mengaksesnya. Saat Anda menggunakan proxy, ISP Anda dan pihak ketiga lainnya masih melakukan perhitungan akan apa yang Anda lakukan online. Secara pendek: proxy sangat berguna untuk melampaui restriksi grografis, namun sebaiknya tidak digunakan untuk mengunduh file atau melakukan aktivitas lain yang membahayakan privasi.

Mengunduh browser Tor

Tor The Onion Router Logo

Pilihan lain untuk menyembunyikan alamat IP asli Anda adalah dengan memasang browser Tor. Tor adalah browser gratis yang dapat Anda gunakan untuk menelusuri internet secara anonim. Data Anda akan dienkripsi dan dikirim melalui rute dengan server lain (Tor nodes) di seluruh dunia. Ini akan mempersulit pihak lain untuk melacak aktivitas online Anda. Browser Tor juga menyembunyikan alamat IP Anda supaya pihak lain tidak dapat melihatnya. Satu kekurangannya adalah bahwa Tor hanya mengenkripsi traffic internet yang berada dalam browser-nya saja, sehingga Tor tidak melindungi Anda sepenuhnya seperti VPN. Selain itu, karena data Anda dikirim melalui rute dengan server yang berbeda, maka pengalaman browsing Anda bisa menjadi lebih lamban, tidak seperti saat Anda menggunakan VPN unggul.

Terhubung ke hotspot Wi-Fi publik

Metode terakhir yang dapat digunakan jika Anda ingin menyembunyikan alamat IP dari koneksi internet pribadi Anda adalah dengan terhubung ke hotspot Wi-Fi. Walaupun hal ini bisa membantu Anda untuk menutupi alamat IP pribadi Anda, namun taktik ini beresiko tinggi. Dalam situasi ini, Anda menggunakan alamat IP dari jaringan Wi-Fi publik dibanding koneksi pribadi Anda seperti biasanya. Namun, seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, mayoritas dari hotspot Wi-Fi publik jauh dari kata aman, karena siapapun yang menggunakan jaringan yang sama dapat melihat aktivitas online Anda. Jika mereka mau, mereka dapat mencegat data Anda. Memang benar bahwa Anda dapat menyembunyikan alamat IP asli dengan cara terhubung ke jaringan Wi-Fi publik, namun hal ini pun membuat Anda rentan terhadap peretas. Jika Anda menggunakan Wi-Fi publik, maka kami selalu menyarankan Anda untuk melakukannya dengan bantuan VPN sebagai pelindung Anda.

Kesan akhir

Jika Anda tidak melindungi alamat IP Anda, maka pemerintah, situs yang Anda kunjungi, ISP Anda, dan bahkan orang yang menggunakan jaringan yang sama seperti Anda dapat melihat traffic data Anda kapan saja. Jika Anda tidak suka akan hal ini, maka baik adanya untuk menyembunyikan alamat IP Anda. Tetap lakukan hal ini walaupun Anda berpikir bahwa tidak ada yang perlu Anda tutupi. Pada akhirnya, apa yang Anda lakukan saat online bukan urusan siapapun selain diri Anda sendiri.

Lebih dari itu, mengubah IP Anda akan memberikan beberapa manfaat baik. Anda mampu, contohnya, menggunakan VPN untuk mendapat akses terhadap situs yang diblokir atau konten yang direstriksi sesuai geografis spesifik. Mirip halnya dengan ini, alamat IP Anda yang diubah juga akan mempersulit ISP Anda untuk melacak atau mengintai, dan nantinya akan menghalangi pihak periklanan yang ingin mengakses data Anda. Jika Anda ingin menyembunyikan atau mengubah alamat IP Anda, maka VPN sampai saat ini masih menjadi metode paling aman dan efektif untuk melakukannya. Dengan berinvestasi dalam membeli VPN yang terpercaya kualitasnya, Anda dapat menutupi alamat IP Anda serta mempertahankan level privasi dan keamanan tertinggi setiap kali sedang online.

Analis keamanan cyber
David adalah seorang analis keamanan cyber dan salah satu pendiri VPNoverview.com. Tertarik dengan fenomena “identitas digital”, dan khususnya peduli dengan hak atas privasi serta perlindungan data pribadi
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar