Keamanan di Happn: Inilah Cara Menjaga Diri di Kehidupan Kencan Anda

Safety and Privacy on Happen Featured

Happn dating app logoHappen dilihat sebagai alternatif yang terkenal dan ‘lebih bersih’ dari Tinder. Dapat membuat anda berkenalan dengan orang yang anda sudah temui di kehidupan sehari – hari yang biasanya jarang untuk diajak berbicara. Ingat tentang pelajar lain yang anda temui di kafe favorit anda pada malam Jumat. Dengan aplikasi, anda dapat dengan mudah memulai percakapan dengan orang yang berada di lingkungan sekitar anda. Aplikasi ini diluncurkan pada tahun 2014 dan memiliki lebih dari 70 juta pengguna di seluruh dunia.

Ketika berkomunikasi dengan orang secara pribadi, anda tentu tidak ingin menimbulkan permasalahan. Maka dari itu sangat penting untuk menjaga keamanan privasi anda – terutama pada aplikasi kencan seperti Happn. Jangan membagikan informasi terlalu banyak, sembunyikan lokasi anda sebisa mungkin, dan gunakan aplikasi manipulasi lokasi apabila dibutuhkan. Pada artikel ini, kita akan menjelaskan bagaimana cara untuk selalu aman pada saat Anda kencan online. Kita juga akan memberikan informasi perihal resiko keamanan pada Happn dan bagaimana ini mempengaruhi anda.

Apa Saja Resiko Keamanan pada Happn?

Happn adalah aplikasi pertemuan. Kapanpun anda saling bertemu dan bersinggungan jalan dengan pengguna Happn lainnya, maka anda akan melihat profil mereka di aplikasi Anda (selama mereka terlihat cocok pada aturan yang sudah anda isi). Secepat ada yang cocok, maka kalian berdua menyatakan ketertarikan pada masing – masing, kalian dapat berbicara. Sistem yang sangat menyenangkan dan membuat anda dapat berinteraksi dengan orang yang berada di lingkungan anda. Seperti Tinder dan Grindr akan tetapi ada beberapa kemungkinan resiko keamanan yang mungkin Anda ingin pikirkan.

Happn terkoneksi dengan Facebook

Facebook logoHappn memungkinkan anda untuk menciptakan akun dengan dua cara yang berbeda: dengan nomor handphone anda atau dengan akun Facebook kamu.Opsi dengan nomor handphone anda adalah tambahan fitur terbaru. Sebelumnya, anda hanya dapat mendaftarkan melalui akun Facebook. Sebagian mungkin melihatnya berguna, akan tetapi segala informasi di Facebook akan terkoneksi pada profil kencan anda.

Happn berjanji untuk tidak pernah memposting apapun pada halaman Facebook anda, atau mengirimkan pemberitahuan atau undangan ke teman – teman. Happn bilang bahwa koneksi Facebook hanya digunakan untuk berbagi teman dengan minat yang mirip dengan pengguna Happn lainnya.

Meskipun demikian, penting untuk menjaga keamanan dan privasi anda. Kecuali anda menggunakan nomor handphone anda untuk mendaftar, profil Facebook anda akan terhubung dengan akun Happn. Cara ini memudahkan Happn dari orang yang menggunakan akun palsu. Namun, ketika anda menghubungkan dua akun sosial media, Happn akan secara otomatis mengambil foto dari profil Facebook dan menunjukkannya pada profil kencan anda. Pengguna dapat dengan mudah membalikkan pencarian foto untuk mencari tahu identitas anda dan mencari profil Facebook anda karena inilah cara pengaturan Happn dan sangat sulit untuk menghindarinya.

Bocornya identitas Facebook

Happn pernah mengalami masalah keamanan dengan akun pengguna Facebook sebelumnya. Pada tahun 2017, WIRED menunjukkan bahwa beberapa aplikasi kencan termasuk Happn, tidak secara tepat dapat menjaga privasi penggunanya. Identitas anggota Facebook tersebar, dan dari itu maka nama depan, minat, jenis kelamin dan seluruh profil Facebooknya dapat dilacak balik ke mereka. Happn mencari solusinya. Dengan ide membuat aplikasinya bekerja dengan proksi dan dengan ini, penggunanya dapat memilih informasi apa saja yang ingin terlihat oleh publik.

Happn melanggar ketentuan rahasia dengan membagikan data pribadi

Pada tahun 2016, Happn pernah bermasalah juga. Pada saat ini, Consumer Council of Norway menemukan bahwa perusahaannya telah melanggar ketentuan privasinya sendiri. Happn berjanji untuk tidak pernah membagikan data pribadi kepada pihak lain akan tetapi malah melakukannya sendiri. Mereka mengirim datanya ke sebuah agen pemasaran Amerika bernama UpSight. Mereka berbagi data termasuk preferensi mereka di aplikasi, nama lengkap, tanggal lahir, status pekerjaan, dan jenis kelain. Informasi yang dihubungkan dengan akun Facebooknya juga dibagikan. Dengan kata lain, Happn secara aktif melanggar ketentuan privasinya sendiri dan bohong terhadap penggunanya.

Salah satu masalah lain pada aplikasi ini juga terungkap. Ketika Happn mengklaim bahwa semua informasi dan data yang dihapus maka seketika akan langsung dihapus seluruhnya akan tetapi malah sebaliknya. Sebagian cookies yang termasuk pada saat instal dan penggunaan Happn tidak terhapus. Pada intinya, Happn tidak dapat menghapus aplikasi tersebut dari handphonenya secara menyeluruh. Hasilnya, informasi mereka tidak semuanya dihapus dari server Happn juga.

Pengguna premium tau ketika Anda “suka” mereka

Pada Happn, anda bisa melihat profil pengguna yang “suka” dirinya, menolaknya, atau mengirimkan sebuah “pesona”. Dengan “suka” atau “pesona”, anda menunjukkan ketertarikannya dengan mereka. Akan tetapi, pengguna lainnya hanya akan melihat “suka” dari anda apabila mereka memilih untuk menyukai Anda juga. Apabila kedua dari mereka memiliki “sayang” maka dapat berkomunikasi di aplikasinya.

Akan tetapi, Ada cara untuk menyiasati sistem ini. Dengan akun premium, sebagai contohnya, anda dapat melihat dengan pasti siapa dan kapan saja yang menyukai anda. Banyak pengguna Happn mengambil premium. Dengan kata lain, suka anda tidak lagi terahasia kepada orang yang anda geser pada aplikasinya. Ini bisa menjadi tidak nyaman atau canggung, apabila Anda takut ditolak atau hanya sekedar tidak mau orang tahu kalo anda menyukai mereka kecuali mereka menyukai Anda juga.

Terlebih dari fungsi premium, ada game pada aplikasinya yang bernama Crush Time yang memungkinkan pengguna lainnya untuk mengetahui pilihan anda di aplikasinya. Permainannya yaitu anda dapat mengetahui pengguna Happn yang sudah menyukai anda. Permainannya akan menunjukkan empat profil yang berbeda – beda, dan satu diantaranya sudah memberikan “suka” kepada anda. Apabila, anda dapat menebak orangnya dengan tepat maka anda akan secara otomatis dicocokkan dan dapat berbicara dengannya. Lebih sering anda bermain game ini maka akan lebih mudah dalam menebaknya. Beberapa profil mungkin akan terulang yang dimana orang itu sudah menyukai anda. Meskipun cara ini cukup rumit untuk melihat siapa saja yang menyukai anda, akan tetapi tidaklah mustahil. Apabila anda. Apabila anda lebih memilih untuk menjaga suka anda dalam rahasia sampai orang lain tulus tertarik dengan Anda maka ini adalah resiko yang mesti anda pikirkan.

Lokasi anda tidak lagi rahasia di peta

Map with locationPada tahun 2018, Happn memperkenalkan fitur baru yang bernama Peta. Fitur ini membuat pada pengguna untuk dapat melihat pada peta dimana mereka pernah datang bertemu sesama pengguna. Lokasinya cukup akurat; dan bisa sampai radius 250 meter. Beberapa kali anda dan orang lain tersebut berada dalam satu lokasi pun dapat disebut.

Peta membuat segalanya lebih mudah untuk mencari orang yang sudah ada temui di dunia nyata melalui aplikasinya. Apakah kamu pernah melihat pria atau wanita yang menyenangkan di klub favoritmu? Cukup menggunakan peta untuk mengetahui apakah dia juga menggunakan Happn. Jika iya, maka kamu bisa suka dia.

Ini adalah cara yang menyenangkan untuk berhubungan dengan orang lain tetapi ada perhatian keamanannya juga. Apabila anda dapat melihat dimana dan kapan kamu berjumpa para pengguna Happn, maka pengguna itu juga dapat menggunakan informasi tersebut ke anda. Ini membuat aktifitas kriminal seperti menguntit sangat mudah. Dengan kata lain, orang dapat menyalahgunakan fungsi Peta dan menjadi sebuah bahaya pada privasi anda.

Menguntit: Bahaya dari Happn

stalker in bushesResiko privasi yang sudah disebut adalah hasil dari hal yang tidak diinginkan atau bahkan menjadi sebuah situasi yang berbahaya. Sejauh ini, terdapat sedikit laporan insiden yang terjadi pada pengguna Happn. Akan tetapi, ini bukan berarti Happn adalah benar – benar aman. Sangat penting untuk menyadari kemungkinan bahaya.

Apabila pengguna Happn menggunakannya dengan cara tertentu, maka memungkinkan mereka untuk menguntit lebih secara lebih efektif karena Happn secara aktif mengikuti lokasi (GPS) anda dan menunjukkannya pada pengguna lainnya pada beberapa kasus maka Anda berada di dalam resiko. The Sunday Mail melakukan riset dengan pengguna Peta Happn. Dalam dua minggu, ditemukan bahwa mereka bertemu dengan pengguna yang sama tujuh kali karena mereka dapat mengetahui lokasi pasti pada peta, mereka dapat mengetahui dengan mudah dimana penggunanya tinggal. Menurut ahli cybersecurity, hal ini dapat menyebabkan masalah besar di masa depan. Bagaimana jika salah satu orang yang tidak dikenal yang melihat Anda pada Happn dan tiba – tiba berdiri didepan pintu anda?

Cara untuk Tetap Aman di Happn

Aplikasi kencan selalu memiliki resiko privasi dan termasuk juga dengan Happn. Anda sudah mengambil resiko setiap kali anda memberitahukan diri anda kepada orang yang tidak dikenal. Walaupun demikian, penting untuk menggunakan Happn dan juga aplikasi yang mirip dengan aman dan untuk membatasi resikonya maka ini adalah beberapa tindakan pencegahan yang anda bisa lakukan untuk meningkatkan keamanan anda pada Happn.

Tidak berbagi terlalu banyak

Mungkin ini terdengar sangat jelas dan nyata akan tetapi masih banyak orang yang tidak berpikir panjang untuk membagikan banyak data pribadi tentang mereka secara online. Selalu berhati – hati dengan apa saja yang anda bagikan baik itu umur, nama lengkap, tempat kerja, atau hal pribadi lainnya. Ini termasuk informasi apa saja yang anda taruh pada profil Happn anda dan juga percakapan anda dengan orang yang tidak dikenal. Sejauh tentang profil anda, aplikasi Happn dapat membuat anda menyembunyikan umur, status ‘online’ anda dan juga jarak anda dengan pengguna lainnya.

Juga batasilah koneksi profil Happen anda dengan akun sosial media anda lainnya. Sebagai contoh, Happn memberikan kemungkinan untuk anda menghubungkannya dengan akun Instagram dan Spotify dengan profil anda. Hal ini bisa jadi bermanfaat karena dapat membuat pengguna lainnya melihat bahwa anda adalah tipe orang yang seperti apa dan apa saja minat anda. Akan tetapi, ini dapat menciptakan risiko privasi yaitu dengan hubungan langsung ke Instagram, maka orang yang tidak kenal dapat melihat foto yang sudah anda bagikan disana. Maka dari itu, selalu berpikir tentang apa yang anda bagikan online dan selalu sadar dengan koneksi akun Happn dan profil Facebook anda, apabila anda menggunakan Facebook pada akun Anda.

Batasi informasi pada Facebook

Facebook laptop anonymousUntuk menjadi Happn tidak memiliki akses pada informasi Facebook anda maka terdpat tiga hal yang anda dapat lakukan. Pertama, anda bisa memilih untuk menghubungkan akunnya ke nomor handphone anda dibandingkan ke Facebook anda, dengan kata lain, informasi pada sosial media anda tidak terhubung dengan akun kencan anda. Akan tetapi, ini adalah suatu hal yang Aada harus pastikan ketika anda mulai membuat akun anda. Nantinya, akan lebih susah merubahnya.

Kedua, anda bisa membuat akun Facebook yang kedua. Ini memungkinkan dengan anda menggunakan alamat email yang lain dibandingkan dengan menghubung dengan halaman Facebook ‘asli’ Anda. Taruh sedikit informasi sebisa anda pada akun ini dan gunakanlah untuk menciptakan profil Happn anda.

Terakhir dan opsi terakhir adalah membatasi akses Happn terhadap informasi Facebook anda. Setelah anda masuk ke Facebook anda, maka anda dapat klik ‘Apps’ pada pengaturan. Cari logo Happn dan klik ‘delete’. Sekarang coba masuk pada aplikasi Happn. Akan ada pop up yang muncul pada layar anda dan menanyakan informasi apa saja yang anda ingin bagikan. Disini, anda dapat memilih aplikasi apa saja yang dapat digunakan. Pastikan bahwa Happn hanya dapat melihat sedikit informasi pribadi anda dengan tidak membuat aplikasinya bekerja.

Matikan lokasi Anda

Untuk Happn dapat bekerja yang semestinya, maka aplikasinya mesti secara aktif untuk tahu dimana anda berada. Dengan begitu, anda dapat melihat pengguna lain yang sudah bersinggungan jalan dengan Anda. Akan tetapi, ini tidak selalu ceritanya. Pada beberapa kasus, bahkan ini terlihat menjadi aneh. Pada saat anda sedang konferensi untuk kerja, sebagai contoh maka anda pastinya tidak ingin orang untuk tahu bahwa Anda ada pada sebuah aplikasi kencan.

Untuk menghindari suasana tidak nyaman, anda dapat menyalakan mode tidak terlihat. Dengan mode ini, profil anda tidak akan muncul pada pengguna lain selama delapan jam. Anda dapat menentukannya sendiri kapan orang bisa menemukan Anda pada aplikasi kencan.

Apabila anda ingin istirahat dari Happn maka anda dapat mematikan GPS anda. Dengan cara ini, Happn tidak dapat membaca lokasi anda – bahkan tidak bisa ketika mode tidak terlihat dimatikan. Akan tetapi, apabila anda memilih melakukan ini, maka Anda harus memahami bahwa aplikasinya tidak berguna sama sekali. Filosofi utama dari Happn adalah mengetahui orang – orang pada lingkungan anda dan apabila anda tidak memberitahukan lokasi anda maka anda tidak dapat menggunakan Happn.

Gunakan aplikasi lokasi palsu

Mematikan GPS anda maka Happn tidak berguna. Apakah anda masih ingin menggunakan aplikasinya tapi anda ragu untuk membagikan lokasi pasti anda kepada orang lain? anda selalu bisa mempertimbangkan untuk instal aplikasi lokasi palsu untuk menipu lokasi anda. Pada banyak kasus, ini dapat digunakan pada aplikasi kencan: Happn akan berpikir bahwa anda berada pada suatu lokasi yang anda sudah pilih pada peta dibandingkan lokasi pasti anda. Aplikasi terkenal yang bisa melakukan ini ada Fake GPS GO Location Spoofer untuk Android dan Fake GPS Location through iTools untuk iOS. KIta sudah mencoba Fake GPS GO Location Spoofer dan bisa kita yakinkan bahwa ini berguna pada Happn.

Permasalahan utama dalam menipu lokasi anda bahwa anda hanya dapat berhubungan dengan pengguna Happen yang anda sudah bersinggungan jalan pada lokasi palsu tersebut. anda tidak dapat melihat pengguna lain yang benar – benar berjalan di depan anda di jalan. Untuk menanggulangi masalah ini, anda bisa memilih lokasi palsu yang berada cukup dekat dengan anda atau memilih lokasi publik yang anda sering lewati seperti klub atau restoran favorit anda. Dengan begini, Anda akan tetap cocok dengan orang pada lingkungan Anda tanpa memberitahukan lokasi pasti anda.

Apabila anda ingin tahu cara instal salah satu aplikasi lokasi palsu yang sudah disebut di atas, anda dapat mengikuti pedoman dibawah:

Fake GPS GO Location Spoofer

Fake GPS GO cukup mudah diinstal dan tersedia untuk Android 6.0 dan lebih tinggi. Untuk menggunakannya, silahkan mengikuti langkah – langkah ini:

  1. Download aplikasi Fake GPS GO Location Spoofer.
  2. Buka aplikasinya dan klik “Enable Mock Locations” pada layar pertama.
  3. Pindah ke peta dan pilih lokasi yang Anda ingin gunakan dan klik tombol putar pada pojok kiri bawah pada layar.
  4. Apabila muncul pesan “Mock locations are disabled or the app is not the default Mock Location app, please enable to continue” maka klik “Enable
  5. Layar “Developer Options” akan muncul. Klik “Select Mock Location App” dan pilih “FakeGPS Free”.
  6. Kembali dan tekan tombol putar lagi untuk mengizinkan aturan GPS palsu.

iTools’s Fake GPS Location

Ikuti langkah – langkah ini untuk menipu lokasi anda pada iOS dengan iTools:

  1. Install iTools pada komputer Anda.
  2. Buka program dan pilih “Free Trial”.
  3. Pilih tab “Toolbox”.
  4. Pilih “Device Toolkits” dan pilih “Virtual Location”.
  5. Masukkan lokasi palsu pada kotak teks di peta dan pencet putar.
  6. Pada saat penanda pada lokasi palsu muncul pada peta. Klik “Move Here” untuk mengatur iPhone Anda pada lokasi tersebut.

Pada saat anda sudah selesai, maka kembali ke Happn dan gunakan sebagai anda gunakan akan tetapi lokasi anda akan terlihat seperti lokasi virtual yang Anda sudah pilih bagi pengguna lainnya.

Nyalakan VPN anda

VPN on mobileBanyak aplikasi kencan lainnya yang tidak menjaga data penggunanya dengan tepat. Terkadang, mereka menggunakan koneksi tidak aman seperti HTTP protocol, untuk mengunggah foto. Ini menjadikan mereka rentan terhadap man-in-the-middle attacks. Untuk menjamin data anda tidak jatuh kepada orang yang salah maka akan bijak untuk menggunakan VPN. VPN menciptakan sebuah koneksi terenkripsi antara anda dan server. Karenanya, orang lain tidak akan dapat melihat IP address anda dan tidak akan mengetahui pengetahuan perihal alur data – termasuk segala yang anda lakukan di Happn.

Dua VPN yang anda mungkin ingin coba adalah NordVPN dan Surfshark. Keduanya terkenal untuk koneksi aman dan harga yang cukup murah. Dengan mereka, anda tidak saja terjaga kerahasiaan online dan menjaga data anda akan tetapi anda dapat menjelajah internet dengan kebebasan penuh karena anda dapat melewati segala macam sensor.

Kesimpulan

Happn adalah sebuah aplikasi kencan dengan sebuah filosofi yang berbeda dengan kebanyakan jasa kencan lainnya. Berdasarkan lokasi anda, maka anda dapat bertemu dengan banyak pengguna yang anda sudah bersinggungan pada dunia nyata. Ini adalah cara menyenangkan dan mudah untuk bertemu banyak orang. Platform ini memberikan opsi yang berbeda untuk berkenalan dengan pengguna lainnya dan berbagi minat anda.

Meskipun demikian, anda tetap harus berhati – hati. Pastikan anda menjaga privasi anda dengan membatasi informasi yang anda bagikan online, matikan lokasi anda, gunakan aplikasi lokasi palsu, atau instal VPN. Terlebih lagi, anda harus selalu berhati – hati ketika setuju bertemu dengan seseorang. Pastikan bahwa teman dan keluarga anda tahu bahwa anda akan kemana, ketemu siapa dan kapan kiranya anda akan balik. Sangat bijak untuk bertemu di tempat umum, ramai orang pada kencan pertama. Gunakan saran ini, anda akan dapat menikmati Happn sepenuhnya.

Analis keamanan cyber
David adalah seorang analis keamanan cyber dan salah satu pendiri VPNoverview.com. Tertarik dengan fenomena “identitas digital”, dan khususnya peduli dengan hak atas privasi serta perlindungan data pribadi
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar