Siapa yang Dapat Melihat Sejarah Browsing dan Situs yang Anda Kunjungi?

Klik di sini untuk melihat rangkuman singkat dari artikel ini
Lindungi diri Anda dari pengawasan banyak pihak saat online!

Saat sedang online, ada banyak pihak yang akan mencoba untuk mengawasi aktivitas Anda, mulai dari situs yang Anda kunjungi sampai pihak pemerintah dan mesin pencarian seperti Google. Penyedia layanan internet juga dapat melihat banyak hal yang Anda lakukan saat online. Maka semakin penting adanya bagi Anda untuk melindungi diri sendiri dari para pihak tersebut. Cara yang baik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan VPN. VPN menyembunyikan alamat IP Anda dan mengenkripsi semua traffic data Anda, sehingga tidak ada pihak lain yang dapat melacak aktivitas Anda.

Penyedia VPN bagus untuk semua orang yang ingin melindungi privasi online mereka adalah Surfshark. Penyedia ini menawarkan protokol enkripsi yang luar biasa, kebijakan no log yang ketat dan beberapa fitur keamanan yang unik untuk menjaga privasi aktivitas online Anda.

Kehidupan online kita menjadi lebih ekstensif setiap harinya. Kita menggunakan internet untuk mengurus keuangan kita, mengawasi kesehatan kita dan berkomunikasi dengan teman, keluarga, serta kolega. Tanpa disadari, masing-masing dari kita semua mengirim banyak informasi keluar ke dalam ruang internet.

Proyek seperti Wikileaks dan pelapor seperti Edward Snowden telah memperlihatkan realita bahwa banyak institusi resmi yang kerap sekali menguping orang, privasi menjadi topik yang sangat sering dibahas. Siapa yang sedang menguping? Apa informasi pribadi Anda sudah dibagikan ke pihak-pihak ketiga? Organisasi apa saja yang melacak Anda saat online, dan apa yang saja yang sebenarnya bisa mereka lihat? Semua pertanyaan ini akan kami jawab untuk Anda.

VPN menyembunyikan aktivitas online Anda dari pengawasan banyak pihak

Sebelum membahas semua pihak yang dapat melacak Anda saat online, kami ingin memberikan tips dalam melindungi privasi Anda: gunakan VPN saat sedang browsing di internet. VPN membuat aktivitas di internet lebih anonim, dengan mengarahkan traffic data melalui server VPN eksternal dengan alamat IP yang berbeda dari alamat IP asli Anda. Pihak lain di internet tidak akan dapat melihat alamat IP Anda, namun akan melihat alamat IP dari server VPN yang sedang digunakan. Dengan begitu, semua pencarian online dan situs yang Anda kungjungi tidak akan bisa dilacak kembali ke Anda. Lebih dari itu, VPN mengamankan traffic data Anda dengan enkripsi yang kuat, sehingga semakin sulit untuk menyusup ke dalam data Anda. Hal ini meningkatkan keamanan Anda saat online.

Surfshark: penyedia VPN yang terjangkau dan aman

Bagi orang-orang yang menganggap serius isu privasi online, Surfshark adalah pilihan yang sangat bagus. VPN ini dapat bekerja hanya dengan mengunduh aplikasi yang sederhana di HP, tablet, atau komputer Anda. Dengan menekan satu tombol saja, identitas dan semua traffic internet Anda sudah aman. Surfshark menawarkan protokol enkripsi OpenVPN yang sangat aman dan juga kebijakan no log. Selain itu, Surfshark menawarkan beberapa fitur keamanan tambahan yang bagus, seperti tombol mati daya dan koneksi VPN ganda untuk keamanan dan tingkat privasi tambahan. Semua hal ini ditawarkan dengan harga yang terjangkau dan garansi 30 hari uang kembali.

Surfshark
Penawaran:
Internet aman dan anonim hanya dengan modal $2,30 per bulan
Dari
$2.30
9.0
  • Sangat ramah konsumen serta bisa bekerja dengan Netflix dan torrent
  • Garansi 30 hari uang kembali. Tanpa syarat tambahan!
  • Harga murah dengan banyak pilihan tambahan
Kunjungi Surfshark

Siapa yang bisa melihat aktivitas online saya?

Ada banyak pihak yang dapat melacak kita saat online. Tabel di bawah ini berisi beberapa hal yang menurut kami perlu Anda pertimbangkan. Kolum kedua memberikan Anda informasi lebih mengenai informasi jenis apa yang setiap pihak miliki tentang Anda dan apa yang mereka bisa lakukan dengan informasi tersebut.

SIAPA YANG BISA MELIHAT ANDAAPA YANG HARUS ANDA KETAHUI
Internet Service Provider (ISP)
  • BISA melihat situs yang Anda kunjungi, media sosial, dan pihak yang Anda kirimkan email
  • BISA melihat kemungkinan rincian dari kesehatan dan keuangan Anda
  • Mereka dapat menyimpan data Anda untuk durasi enam bulan sampai satu tahun (atau bahkan lebih lama), tergantung dari legislasi lokal
  • Kemungkinan untuk meminta laporan data dari mereka (jika Anda merupakan warga negara Uni Eropa)
Administrator jaringan (Wi-Fi) Anda
  • BISA melihat situs yang Anda kunjungi, media sosial yang Anda gunakan, video yang Anda tonton
  • TIDAK BISA melihat apa yang Anda isi di dalam formulir yang terlindungi di situs HTTPS
  • Atasan Anda biasanya masuk dalam kategori ini
Sistem operasi
  • BISA melihat situs yang Anda kunjungi, media sosial, dan video yang Anda tonton
  • BISA melihat lokasi Anda (jika dinyalakan)
  • Kemungkinan untuk meminta laporan data dari mereka (jika Anda merupakan warga negara Uni Eropa)
Situs
  • BISA melihat perilaku online Anda dalam beberapa situs
  • Mayoritas bekerja dengan cookies
  • Mampu menyesuaikan iklan dan mencocokannya dengan perilaku online Anda
Mesin pencarian
  • BISA melihat sejarah pencarian Anda
  • BISA melihat hasil pencarian Anda
  • Google: memiliki data dari semua platform yang Anda gunakan dengan akun Google Anda
Aplikasi
  • BISA melihat lokasi, informasi akun, dan alamat email Anda
  • Berbeda untuk setiap aplikasi
  • Tips: Perhatikan baik-baik pernyataan aplikasi terkait privasi
Pemerintah
  • Bisa menanyakan Penyedia Layanan Internet Anda untuk memberikan data browsing Anda
  • Melacak aktivitas online untuk melawan tindak kejahatan (cyber)
  • Cenderung untuk membatasi kebebasan dan privasi online dengan beberapa cara
Peretas
  • Kemungkinan BISA untuk melihat sejarah browser, data login, dan rincian keuangan Anda, serta hal-hal lainnya
  • Tergantung pada jenis serangan

Apa yang bisa dilihat penyedia layanan internet Saya?

Incognito Mode Icon

Penyedia layanan internet Anda, atau ISP, adalah pintu masuk Anda ke dunia internet. Semua yang Anda lakukan saat online harus melewati ISP Anda. Artinya, mereka secara otomatis akan mendapatkan banyak informasi tentang Anda dan kehidupan online Anda. Selama data online Anda tidak dienkripsi secara benar, ISP Anda akan melihat semua informasi yang ada. Bahkan mode samaran tidak bisa memastikan keamanan Anda. ISP Anda mengetahui situs apa saja yang Anda kunjungi, apa yang Anda lakukan di media sosial, siapa saja yang Anda kirimkan email. Terkadang mereka bahkan mengetahui lebih banyak hal tentang hal-hal pribadi yang berhubungan dengan kesehatan dan keuangan Anda. Dengan menggunakan semua data tersebut, ISP Anda dapat membuat profil yang akurat tentang Anda dan mengaitkannya ke alamat IP Anda. Inilah salah satu alasan mengapa akan lebih baik untuk menyembunyikan alamat IP Anda.

Mayoritas dari negara di dunia memiliki peraturan tentang penyimpanan data. Peraturan-peraturan ini memutuskan berapa lama ISP, paling tidak, sebaiknya menyimpan semua data yang telah mereka kumpulkan. Namun, bentuk legislasi akan berbeda pada setiap negara: di beberapa tempat, durasi yang ditentukan adalah enam bulan, sedangkan di tempat lain bisa mencapai satu tahun. Dalam periode tersebut, pemerintah dan pihak kepolisian dapat menghubungi ISP untuk meminta data tersebut. Setelah itu, apa yang terjadi terhadap data Anda tidak selalu jelas. Kondisinya akan selalu berbeda antara penyedia jasa dan negara. Akan tetapi, biasanya penjualan data pengguna oleh ISP ke pihak ketiga dilarang.

Baik adanya untuk mengetahui bahwa data yang dienkripsi, seperti pesan WhatsApp terkunci di belakang enkripsi end-to-end, tidak akan terlihat oleh ISP Anda. Jika Anda tinggal di Uni Eropa dan ingin tahu mengenai data apa saja yang dikumpulkan oleh ISP tentang Anda, GDPR memberikan Anda hak untuk meminta laporan lengkap dari ISP perihal hal ini.

Apa yang bisa dilihat oleh administrator jaringan (Wi-Fi) saya?

Banyak yang mengetahui fakta bahwa data yang Anda kirim melalui jaringan Wi-Fi yang terbuka tidak terlindungi secara baik. Ini alasan mengapa Anda sebaiknya tidak memeriksa keuangan Anda atau melakukan transaksi pembayaran apapun menggunakan Wi-Fi gratis Burger King. Saat Anda sudah sadar akan hal ini, koneksi internet apapun yang bukan merupakan jaringan Wi-Fi yang terbuka untuk umum terdengar sangat labih aman dan terlindungi. Namun ini hanya setengah dari kasus yang sedang terjadi: berbeda dari Wi-Fi, koneksi kabel tidak memungkinkan semua orang untuk melihat aktivitas online Anda.

Namun tetap saja ada pihak yang bisa melihatnya: administrator dari jaringan Anda mampu untuk melihat sejarah browser Anda. Artinya, mereka dapat menahan dan melihat hampir semua halaman situs yang Anda kunjungi. Sebagian dari sejarah browsing Anda tetap aman: HTTPS menyediakan sedikit keamanan tambahan untuk Anda. Apakah Anda sudah pernah mengunjungi situs yang menggunakan protokol ini? Jika sudah, maka pihak administrator tidak akan bisa melihat secara pasti apa yang Anda telah lakukan dalam halaman situs tersebut.

Apa yang bisa dilihat atasan saya?

Sebuah pertanyaan yang kerap kali ada: Apakah atasan saya dapat melihat apa yang saya lakukan saat online? Jawabannya ya. Selama Anda terhubung ke sebuah jaringan di bawah pengaturan atasan Anda, maka mereka bisa melihat hampir semua hal yang Anda lakukan, sama seperti administrator jaringan apapun. Selain itu, jangan lupa bahwa atasan Anda – atau siapapun yang mempunyai akses terhadap komputer (kerja) dan akun Anda – dapat dengan mudahnya melihat ke dalam sejarah browser Anda. Maka, solusi paling baik adalah untuk tidak memainkan permainan Facebook apapun saat jam kerja.

Apa yang bisa dilihat sistem operasi Anda?

Windows operating system privacy

Sistem operasi perangkat Anda (Windows, iOS, dll.) juga mengetahui beberapa hal tentang Anda. Anda dapat menyesuaikan pengaturan privasi Windows 10 dan iOS untuk memastikan diri Anda dapat seaman mungkin saat menggunakan sistem mereka. Namun bahkan setelah itu, mereka masih memiliki akses terhadap banyak data Anda.

Untuk memberikan gambaran tentang data yang sistem operasi Anda simpan, lihat program pengawasan orangtua yang dibangun di dalam sistem. Dengan pengawasan orangtua, Anda dapat mengawasi aktivitas online anak-anak Anda. Anda dapat melihat situs-situs yang mereka kunjungi, video YouTube apa saja yang mereka sedang tonton dan media sosial apa saja yang mereka gunakan. Semua informasi ini akan dikirim ke Anda melalui sistem operasi, yang berarti sistem itu sendiri memiliki akses terhadap semua data yang ada.

Sama seperti ISP Anda, sistem operasi Anda diwajibkan (atas dasar hukum Uni Eropa) untuk memberikan Anda laporan lengkap perihal semua data yang dikumpulkan. Windows memberikan kemungkinan ini juga. Jika Anda menggunakan sistem operasi ini, Anda akan menyadari bahwa Microsoft mengetahui aplikasi apa saja yang Anda telah buka, istilah pencarian apa saja yang telah Anda gunakan, film apa saja yang telah Anda tonton dan terkadang lokasi di mana Anda berada. Selama Anda menggunakan program dan aplikasi yang dimiliki oleh Windows, seperti browser Edge dan Windows Movie Player, maka Microsoft mengetahui secara pasti apa saja yang telah Anda lakukan.

Apa yang bisa dilihat situs?

Situs yang biasanya Anda kunjungi terkadang mengumpulkan informasi tentang Anda. Mereka menggunakan data Anda untuk meningkatkan jasa mereka atau untuk membuat fungsi spesifik yang akan tersedia untuk Anda. Inilah alasan mengapa Anda membutuhkan nama dan kata sandi untuk login di situs media sosial yang berbeda-beda. Dengan mengumpulkan data dan meletakkan cookies, situs dapat dengan mudah melacak aktivitas online Anda.

Anda mungkin pernah mendengar tentang cookies. Banyak dari kita yang tidak bisa menghindari pop-up di situs yang menanyakan izin untuk menaruh hal tersebut. Aslinya, cookies merupakan hal yang sangat berguna: mereka akan memastikan bahwa Anda memiliki pengalaman internet yang kuat dan sederhana. Cookies menyimpan informasi mengenai situs yang pernah Anda kunjungi di browser Anda, maka penelusuran situs-situs akan terjadi secara lebih cepat dan mulus saat Anda lain kali berkunjung. Mereka akan mengingat login Anda dan memungkinkan situs untuk menyesuaikan iklan mereka agar cocok dengan Anda.

Informasi yang dikumpulkan oleh cookies juga akan dikirim ke situs oleh mereka. Oleh karena GDPR di Eropa, banyak dari situs terserbut akan memberitahu Anda saat dan jika mereka mengumpulkan cookies. Mereka bahkan harus menanyakan pengunjung Uni Eropa mereka secara eksplisit perihal perizinan. Satu-satunya masalah yang ada adalah bahwa banyak situs yang tidak akan bekerja dengan baik jika Anda tidak mendapatkan izin untuk menaruh cookies.

Situs menggunakan cookies untuk mengumpulkan informasi. Cookies mampu, contohnya, untuk mengingat halaman apa saja dalam toko online yang telah Anda kunjungi. Dengan ini, situs akan mengetahui produk apa saja yang Anda sudah lihat, dan dapat menyesuaikan iklan yang mereka tampilkan menurut informasi tersebut. Hal ini meningkatkan kesempatan bahwa Anda akan menemukan sebuah iklan untuk sesuatu hal yang mungkin Anda ingin beli. Di saat yang sama, tentunya, ada pelanggaran privasi yang besar.

Apa yang bisa dilihat oleh mesin pencarian?

Sama seperti situs, mesin pencarian juga mengumpulkan banyak informasi tentang pengguna mereka. Setiap pencarian yang Anda lakukan dan setiap tautan yang Anda tekan memberikan sebuah informasi tentang Anda. Data ini sering kali dikumpulkan dan disimpan. Mesin pencarian yang paling terkenal di dunia, Google, memiliki posisi unik saat berbicara tentang pengumpulan data. Saat Google dimulai ‘hanya’ sebagai sebuah mesin pencarian, perusahaan ini sekarang memiliki banyak sekali jasa yang semuanya dibayar dengan uang iklan. Banyak dari iklan tersebut disesuaikan dengan masing-masing orang menggunakan data yang sudah dikumpulkan oleh Google. Maka, intinya, Google sebenarnya menghasilkan uang melalui data penggunannya yang dijual ke pihak-pihak lain.

Mengingat banyak jasa yang dimiliki Google, perusahaan tersebut memiliki basis data informasi yang sangat besar tentang penggunanya. Google.com, Chrome, Gmail, Maps, Hangout dan YouTube sudah terhubung ke akun Google Anda. Dengan semua data yang mengalir melalui platform tersebut, Google dapat membentuk profil yang sangat akurat tentang Anda. Baik itu informasi tentang rencana masa depan Anda atau penampilan Anda, Google pun tahu.

Sebuah mesin pencarian yang sepenuhnya bekerja seperti biasanya dan tidak terlibat dalam pengumpulan data apapun, adalah DuckDuckGo. Pencarian yang anonim adalah fokus utama dari jasa mereka: pencarian Anda tidak akan pernah disimpan dan sering kali hasilnya tidak akan dikaitkan dengan perilaku Anda. DuckDuckGo menggunakan jaringan Tor, di mana terdapat level enkripsi yang kuat untuk memastikan anonimitas. Kami akan memberi tahu Anda lebih banyak tentang Tor nanti dalam tulisan ini.

Apa yang bisa dilihat aplikasi?

Aplikasi di komputer, laptop, tablet, dan smartphone Anda juga mendapatkan sebagian dari data online Anda. Setiap aplikasi memiliki akses terhadap informasi yang Anda kirim dan dapatkan. Urutan dan jumalh informsi yang terkumpul berbeda pada setiap aplikasinya. Contohnya, aplikasi GPS dan kebanyakan dari aplikasi kencan online akan membutuhkan lokasi Anda untuk dapat berfungsi secara efisien, sedangkan aplikasi lainnya membutuhkan alamat email sebelum mengijinkan Anda untuk membuat sebuah akun. Biasanya, setiap aplikasi memiliki perjanjiannya sendiri perihal privasi, yang menyatakan apa yang mereka lakukan dengan data Anda. Ini selalu menjadi kasus yang terjadi dengan Apple Store, karena Apple membuat perjanjian tentang privasi sebagai syarat untuk semua aplikasi yang diikutsertakan dalam toko. Biasanya sangat berguna untuk membaca pernyataan ini, maka Anda bisa menjadi lebih paham akan jenis data yang dikumpulkan oleh perusahaan.

Apa yang bisa dilihat pemerintah?

Eye on Laptop

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ISP sering kali diperlukan oleh peraturan yang menyimpan data Anda untuk durasi waktu tertentu. Pemerintah lokal atau polisi dapat menanyakan ISP Anda untuk data ini sebagai bagian dari investigasi Anda. Ini adalah salah satu cara pemerintah untuk mendapatkan akses terhadap data online Anda. Informasi ini dapat digunakan untuk melawan kejahatan (cyber). Di beberapa negara, pengunggah ilegal dapat dilihat seperti ini.

Anda mungkin tidak memiliki banyak hal yang harus ditakuti dari upaya kuasa negara Anda selama Anda mematuhi peratura yang ada – namun bahkan jika begitu, pasti masih ada perasaan yang tidak nyaman jika pihak pemerintah (dan bukan hanya pemerintah lokal Anda) dapat melihat aktivitas Anda. Data Anda bisa disimpan oleh otoritas resmi untuk beberapa tahun, dan bukan hanya saat Anda berperilaku mencurigakan.

Situasi ini lebih ekstrim lagi di beberapa negara. Di sana, pemerintah menggunakan informasi online akan para subjeknya untuk menekan kebebasan mereka. Di Mesir, contohnya, beberapa blogger telah ditangkap karena kritis akan pemimpin negaranya di forum online.

Apa yang bisa dilihat peretas?

Tentu saja, banyak yang mungkin juga mencoba untuk melihat aktivitas online Anda dengan cara-cara ilegal. Peretas dan kriminal cyber dapat mengumpulkan data tentang Anda dengan cara menyusup ke dalam komputer atau jaringan Anda. Ada banyak trik untuk membuat informasi Anda lebih rentan bagi mereka. Jika Anda menghadapi peretas black hat atau kriminal cyber asli, data ini dapat dengan mudah digunakan untuk melawan Anda. Kasus kriminal serius ini bisa dikategorikan sebagai pencurian identitas. Maka penting adanya untuk melindungi diri Anda sendiri dari serangan-serangan semacam ini. Oleh sebab itu, kami telah mengumpulkan beberapa cara supaya Anda dapat melindungi data online Anda dan dapat menangani privasi Anda sendiri.

Bagaimana caranya menghalangi pihak yang ingin melihat aktivitas online saya?

Anda mungkin berpikir hal yang sama dengan kami soal adanya banyak pihak yang mampu mengintip aktivitas online: kita semua tidak suka hal itu sama sekali. Untungnya, ada beberapa cara untuk tetap anonim saat online. Trik utama yang bisa dilakukan adalah dengan menyembunyikan alamat IP Anda. Jika IP Anda tersembunyi, maka tidak ada pihak yang bisa melacak aktivitas online Anda. Ada beberapa cara untuk menyembunyikannya: Anda bisa menggunakan sebuah proxy, mengunduh browser Tor, atau memasang sebuah VPN. Di bawah ini, Anda akan menemukan penjelasan untuk setiap pilihan di atas.

Server proxy 

Dengan menggunakan sebuah server proxy artinya alamat IP Anda tidak akan terlihat oleh situs yang Anda kunjungi. Kekurangan dari sebuah proxy adalah bahwa data Anda tidak akan dienkripsi dan, dengan itu, masih dapat dilihat oleh pihak eksternal. Inilah alasannya mengapa proxy sangat berguna untuk memotong batas restriksi geografis online dan pemblokiran, namun tidak dapat digunakan untuk menghindari pertukaran informasi sensitif. Secara umum, anonimitas dan perlindungan yang ditawarkan oleh proxy masih minimal.

Browser Tor

Tor The Onion Router Logo

Browser Tor memungkinkan Anda untuk emngirim semua traffic online Anda melalui jaringan server di seluruh dunia. Di setiap tahapannya, jaringan Tor menambahkan sebuah lapisan enkripsi terhadap data Anda. Lebih dari itu, browser Tor memberikan Anda akses ke web gelap. Tor seharusnya menyediakan pengalaman internet yang aman dan anonim bari para penggunanya. Sayangnya, enkripsinya yang kuat membuat koneksi Tor sangat lamban. Selain itu, pengaturan yang salah di browser Tor juga dapat membuat Anda tidak seaman yang seharusnya.

Koneksi VPN

VPN connection Internet

Koneksi VPN adalah pilihan terdepan dalam privasi dan keamanan online. VPN menyediakan alamat IP baru untuk Anda yang tidak akan bisa dikaitkan kembali ke Anda sebagai seorang pengguna. Lebih dari itu, VPN mengenkripsi data Anda, supaya pihak lain tidak dapat mencuri atau membacanya lagi. Sebuah VPN, pada dasarnya, merupakan koneksi proxy dengan enkripsi tambahan yang kuat: alternatif yang lebih aman dan lebih anonim dari jasa lainnya untuk menyembunyikan IP Anda. Ada banyak penyedia VPN yang berbeda-beda di luar sana, maka pasti akan selalu ada yang cocok untuk kebutuhan Anda.

Kesan akhir

Banyak pihak yang sangat ingin untuk mendapatkan informasi pribadi Anda. Data ini dapat digunakan untuk menyesuaikan iklan yang mereka tayangkan atau untuk meningkat jasa mereka, namun juga digunakan untuk memantau Anda atau bahkan mencuri sesuatu dari Anda. Maka dari itu, penting adanya untuk menjaga privasi Anda dengan baik. Anda dapat melakukan ini dengan menggunakan proxy, browser Tor, atau VPN. Walaupun proxy sebenarnya tidak dapat mengenkripsi aktivitas online Anda, namun Tor dan VPN dapat memberikan perlindungan yang pantas. Dengan menggunakan keduanya, Anda akan lebih terlindungi: Anda dapat dengan mudah mendapatkan VPN dan menggunakan browser Tor dalam waktu yang bersamaan. Alhasil, pihak lain akan kesulitan untuk mendapatkan informasi pribadi Anda.

Siapa yang Dapat Melihat Sejarah Browsing dan Situs yang Anda Kunjungi? - Tanya Jawab

Punya pertanyaan terkait privasi Anda atau cara untuk meningkatkannya? Jika begitu, lihat FAQ kami di bawah ini.

Ada banyak pihak yang dapat memata-matai Anda saat online, seperti situs yang dikunjungi, pemerintah, peretas, mesin pencarian, penyedia layanan internet dan banyak pihak lainnya. Jika Anda mencari gambaran luas terkait semua pihak tersebut, cek artikel kami berjudul “Siapa yang Dapat Melihat Sejarah Browsing dan Situs yang Anda Kunjungi?”. Lalu gulir ke bawah untuk melihat tabel yang memberikan penjelasan terkait setiap pihak.

Hal ini berbeda-beda tergantung dengan setiap pihak dan upaya keamanan yang sudah Anda lakukan. Contohnya, jika Anda menggunakan hotspot WiFi umum untuk online banking tanpa melakukan upaya keamanan apapun, maka ada kemungkinan bahwa informasi keuangan Anda berada di tangan peretas. Google juga tentunya dapat melihat apa yang Anda cari.

Namun untungnya, meskipun banyak pihak yang dapat melihat dan melacak banyak aktivitas Anda saat online, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan privasi Anda. Cara-caranya dapat Anda cek di artikel kami tentang penelusuran internet secara anonim.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan privasi Anda, contohnya dengan menggunakan mesin pencarian yang mengutamakan privasi pengguna seperti DuckDuckGo dan browser Tor, memasang pemblokir iklan dan extensions yang dapat menghilangkan cookies, serta banyak cara lainnya. Cara bagus yang sangat kami sarankan kepada semua orang adalah dengan menggunakan VPN. Pada dasarnya, VPN menyembunyikan alamat IP Anda dan juga mengenkripsi traffic data Anda.

Analis keamanan cyber
David adalah seorang analis keamanan cyber dan salah satu pendiri VPNoverview.com. Tertarik dengan fenomena “identitas digital”, dan khususnya peduli dengan hak atas privasi serta perlindungan data pribadi
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar