Apa itu IP saya? Cari tahu tentang alamat IP dan lokasi Anda!

Globus with location pin icon and a computer with a router on a table
Klik di sini untuk melihat rangkuman singkat dari artikel ini!
Rangkuman: Apa itu alamat IP?

Setiap pengguna internet memiliki alamat IP. Hal ini merupakan ‘alamat pos virtual’ Anda, supaya situs apapun yang Anda kunjungi tahu harus mengirim informasi mereka ke mana. Tanpa alamat IP, Anda tidak akan dapat menelusuri internet.

Alamat IP Anda memperlihatkan banyak hal tentang Anda. Alamat ini terhubung ke penyedia layanan internet Anda dan juga dapat digunakan untuk menentukan lokasi Anda. Mengingat hal ini cukup invasif terhadap privasi pengguna, banyak orang yang memilih untuk mengubah alamat IP mereka secara virtual. Hal ini dilakukan dengan VPN, seperti Surfshark:

Ingin tahu lebih banyak tentang alamat IP dan tahu cara menemukan alamat IP Anda? Baca artikel lengkap kami di bawah ini dan coba gunakan alat kami!

Alamat IP Anda pada dasarnya adalah alamat rumah digital Anda yang dapat digunakan untuk bertukar informasi di internet. Kapanpun Anda sedang mengunjungi situs, Anda sebenarnya sedang mengirimkan permintaan untuk mengakses informasi yang ada di halaman tersebut. Mereka akan mengirim informasi tersebut ke alamat IP Anda, memungkinkan Anda untuk melihat situs mereka. Anda dapat melihat alamat IP Anda pada tabel di bawah ini. Alamat IP ini memungkinkan pihak lain untuk melacak aktivitas online Anda dan mengenali Anda secara pribadi. Situs dapat melihat penyedia internet apa yang Anda gunakan dan di mana Anda sedang berasa. Anda akan mengetahui lebih lanjut tentang alamat IP dan koneksi internet Anda di bawah ini.

Rincian IPRincian anda
Alamat IP
ISP atau lembaga
Kota (perkiraan)
Area
Negara
Zona waktu

Jika tabel di atas tidak memperlihatkan rincian apapun, maka mungkin akan baik adanya untuk mematikan adblocker Anda untuk sementara dan memuat ulang halaman tersebut.

Catatan: lokasi yang tertera adalah perkiraan yang disediakan oleh basis data publik. Penyedia internet (dan pihak pemerintah) adalah dua pihak yang dapat dengan pasti mengetahui alamat IP Anda.


Bagaimana situs dapat melihat alamat IP Anda?

Alamat IP yang terlihat di atas adalah alamat situs yang situs kami berikan saat Anda sedang terhubung ke halaman ini. Alamat ini mungkin adalah alamat jaringan rumah Anda, koneksi mobile data Anda, jaringan sekolah atau bahkan koneksi VPN Anda. Alamat IP penting, karena mereka memperlihatkan situs tempat mereka harus mengirimkan informasi. Tanpa IP, tidak ada komunikasi yang dapat terjalin antara perangkat dan situs. Maka dari itu, situs dapat melihat alamat IP Anda karena perangkat Anda (komputer, laptop, smartphone) secara otomatis memberikannya kepada mereka supaya sistem Anda dapat berfungsi.

Menentukan lokasi sebuah alamat IP

Smartphone Location Marker

Basis data geolokasi menentukan lokasi Anda dengan cara menghubungkan alamat IP Anda ke area geografis yang sudah ditentukan terlebih dahulu. Basis data ini berisi alamat IP berbahaya dan informasi berkaitan tentang negara, distrik, kota, kode pos, koordinat, ISP, dan semua data lainnya. Lokasi alamat IP Anda dapat ditemukan dengan cara pencarian di basis data tersebut, cara ini pun digunakan oleh situs kami untuk melihat identitas Anda. Penting untuk diingat bahwa basis data seperti ini tidak sepenuhnya akurat. Lokasi asli Anda mungkin sedikit berbeda dari apa yang tertulis di tabel. Berbeda dari banyak situs lainnya, kami tidak membuat profil identitas para pengguna. Artinya, kami tidak mungkin dapat menentukan secara pasti lokasi Anda saat ini.

Penyedia internet Anda dapat menghubungkan alamat IP Anda ke layanan internet Anda. Artinya, alamat IP Anda terhubung dengan nama resmi, alamat, dan data personal Anda yang lainnya. Di beberapa situasi, pihak pemerintah (seperti polisi dan pengadilan) memiliki hak untuk mengakses informasi ini. Jika sebuah tindakan kriminal yang serius telah dilakukan menggunakan alamat IP tertentu, pihak kepolisian dapat menggunakan alamat IP untuk mencari tahu lebih lanjut tentang terduga

Selanjutnya, alamat IP Anda secara konsisten dilacak oleh perusahaan-perusahaan seperti Google dan Facebook, supaya mereka dapat membuat profil tentang Anda. Perusahaan ini mengumpulkan rincian informasi tentang Anda, termasuk lokasi tepat Anda berdasarkan alamat IP yang terlihat dan mengikuti aktivitas internet Anda.

Apa itu alamat IP?

Anda kemungkinan besar sampai pada halaman ini melalui tautan yang terdapat di halaman kami yang lain atau melalui pencarian Google seputar ‘apa itu IP saya’ atau ‘apa itu alamat IP saya’. Namun, apakah Anda tahu arti sebenarnya yang dimaksud dari alamat IP?

IP merupakan abreviasi dari Internet Protocol. Alamat IP Anda adalah kode yang ditempatkan di perangkat Anda untuk memungkinkan Anda supaya dapat dikenali, artinya alamat ini berisi informasi yang akan dapat membuat jaringan, laptop, desktop, tablet, atau smartphone Anda dikenali oleh pihak lain. Seperti yang telah dijelaskan sebelunya, kode-kode ini digunakan untuk mengenali dua alamat tempat komunikasi sedang terjalin. Untuk menyederhanakan penjelaskan, Anda dapat memahami alamat IP sebagai alamat pos atau nomor telepon, namun khusus untuk komputer. Inilah caranya komunikasi antara komputer melalui alamat IP dilakukan:

IP address Indonesian

Di banyak kasus, alamat IP Anda terletak di modem yang disediakan oleh penyedia internet Anda. Maka dari itu, semua orang yang menggunakan jaringan internet yang sama (anggota keluarga, teman sekamar, kolega di jaringan bisnis) akan memiliki alamat IP yang sama. IP ini sudah cukup untuk menentukan lokasi Anda dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Apa perbedaan antara antara IPv4 dan IPv6?

Saat berbicara tentang alamat IP, perbedaan dapat ditemukan antara alamat IPv4 dan IPv6. Kebanyakan dari alamat IP yang ada adalah IPv4. Faktanya, alamat IPv6 telah dibuat hanya karena alamat IPv4 sudah mulai habis. Pada akhirnya, setiap alamat IP harus unik. Sebuah alamat IPv4 berisi 32 bits yang menghasilkan kurang lebih 4.3 milyar kombinasi kode berbeda. Sebuah alamat IPv6 berisi 128 bits yang menghasilkan kemungkinan 340 kode decillion (artinya 3.4 dengan 38 nol tambahan) – singkatnya, banyak kode.

Ada lebih banyak lagi kemungkinan kombinasi alamat IPv6 saat Anda membandingkannya dengan IPv4. Oleh karena peningkatan koneksi internet yang konsisten (di mana semuanya membutuhkan alamat IP yang unik), pengenalan IPv6 menjadi tahapan yang penting. Pengguna internet biasanya tidak akan menyadari perbedaan apapun antara dua versi ini. IPv6 secara sederhana memberikan Anda rentang angka yang lebih panjang.

IPv4IPv6
Jumlah bits32128
Jumlah IP yang berpotensi4.3 miliar3.4 x 10^38 (3.4 dengan 38 nol)
Contoh alamat IP213.243.23.1742001:0db8:85a3:0000:0000:8a2e:0370:7334

Apa fungsi dari alamat IP?

Alamat IP digunakan untuk menentukan dua server atau perangkat mana yang digunakan untuk bertukar informasi. Hal ini memiliki cara kerja yang sama seperti saat kita memesan sesuatu di toko. Saat Anda ingin memesan sebuah produk untuk dikirimkan ke rumah Anda, maka Anda perlu untuk mengisi rincian tentang alamar Anda untuk memastikan bahwa paket akan dikirimkan ke tujuan yang benar. Hal yang sama terjadi saat Anda browsing internet. Setiap kali Anda mengunjungi sebuah situs, Anda ‘memesan’ sebuah paket data (informasi di halaman situs yang ingin Anda kunjungi) dari alamat (IP) dari situs. Data ini akan dikirimkan ke alamat Anda, artinya ke IP perangkat Anda.

Alamat IP Anda akan berubah setelah Anda terhubung ke internet menggunakan modem yang berbeda. Dalam bahasa lain, Anda akan memiliki alamat IP yang berbeda di rumah dibanding saat Anda berada di tempat kerja, bahkan saat Anda menggunakan laptop yang sama. Situs dan perangkat mengetahui alamat mana yang perlu mereka hubungi untuk mengirimkan paket data ke pihak yang benar. Hal inilah alasannya mengapa alamat IP Anda secara otomatis akan memberi tahu saat Anda mengunjungi sebuah situs atau mengunduh sebuah file: penting untuk komunikasi, walaupun Anda akan luput dari privasi online.

Map with location

Alamat IP dapat digunakan untuk menentukan lokasi Anda. IP Anda terhubung ke sebuah penyedia internet, yang sudah memberikan indikasi perihal lokasi umum Anda. Penyedia memiliki basis data pengguna yang mencakup rincian tentang pengguna dari sebuah alamat IP tertentu. Informasi ini, contohnya, dapat digunakan saat di pengadilan.

Namun, proses terhubungnya pengguna yang spesifik ke sebuah alamat IP tidak sederhana seperti yang dikira. Sebuah alamat IP akan memberi tahu Anda jika sebuah file telah dikirim atau diunduh dari sebuah koneksi yang spesifik, namun saat komputer atau jaringan WiFi digunakan oleh beberapa orang maka akan sulit untuk menentukan siapa yang mengirim atau mengunduh data tersebut. Sebuah alamat IP tidak akan spesifik untuk satu orang tertentu. Baik pengguna koneksi internet tersebut bertanggung jawab atas penggunaan apapun atau penyalahgunaan data tertentu, semuanya dapat diperdebatkan. Denda pengunduhan, contohnya, akan ditangani secara berbeda-beda di setiap negara.

Apakah sebaiknya Anda menyembunyikan atau mengubah alamat IP Anda?

Saat ini, banyak dari kita yang terhubung dengan internet tanpa henti. Maka dari itu, kita sebaiknya tidak meremehkan jumlah informasi dan data pribadi kita masing-masing yang terpapar di internet. Setiap rincian dan pola perilaku dapat dikaitkan terhadap seorang individu berdasarkan alamat IP mereka. Bahkan jika Anda tidak sedang melakukan hal yang ilegal, akan lebih baik adanya untuk memastikan bahwa Anda telah berupaya untuk menghentikan pihak lain dari memantau dan mengikuti aktivitas Anda saat online. Untungnya, proses untuk menyembunyikan atau mengubah alamat IP Anda cukup mudah. Saat Anda melakukannya, pihak lain akan lebih dipersulit untuk melihat situs mana yang telah Anda kunjungi.

Sembunyikan alamat IP Anda dengan VPN

Sebuah VPN (Virtual Private Network) mengenkripsi semua traffic data Anda dan mengirimnya melalui server eksternal sebelum sampai pada tujuannya. Dengan ini, Anda akan menggunakan alamat IP dari server eksternal VPN, yang berarti alamat IP asli Anda akan tetap tersembunyi dari pihak-pihak lain. Maka dari itu, VPN memungkinkan Anda untuk tetap online secara lebih anonim dan aman. Sejenis dengan ini, Anda dapat menggunakan VPN untuk mengakses internet yang lebih bebas, khususnya saat negara Anda atau salah satu dari jasa online yang Anda gunakan telah menerapkan restriksi online berdasarkan geografi. Saat Anda menggunakan server VPN di lokasi yang berbeda, contohnya satu di Amerika Serikat dibanding Eropa, Anda dapat langsung mengakses situs yang sebelumnya tidak dapat dikunjungi.

Jika Anda ingin menyembunyikan alamat IP Anda untuk melindungi privasi, Surfshark adalah VPN yang bagus untuk memulai langkah tersebut. Surfshark murah, namun sangat terpercaya. Lebih dari itu, penyedia ini memiliki banyak pilihan. Jika Anda ingin melihat situs mereka, bisa klik tombol pada banner di bawah ini.

Surfshark
Penawaran:
Internet aman dan anonim hanya dengan modal $2,30 per bulan
Dari
$2.30
9.0
  • Sangat ramah konsumen serta bisa bekerja dengan Netflix dan torrent
  • Garansi 30 hari uang kembali. Tanpa syarat tambahan!
  • Harga murah dengan banyak pilihan tambahan
Kunjungi Surfshark

Temukan alamat IP router Anda

Seperti layaknya koneksi internet Anda yang biasa, router Anda memiliki alamat IP juga. Alamat IP router ini tidak sama seperti yang dimiliki koneksi internet Anda. Untuk mengubah pengaturan jaringan lokal (rumah), Anda harus masuk ke dalam router. Mayoritas router yang ada akan memungkinkan Anda untuk mengakses dan mengubah pengaturan seperti nama dan kata sandi Anda. Biasanya Anda dapat mengakses bagian ini dengan mengetik alamat IP router yang ada di browser Anda. Tahapan sigkat di bawah ini menjelaskan cara untuk menemukan alamat IP router Anda.

Mencari alamat IP router Anda di Windows

Anda dapat dengan mudah mencari alamat IP router Anda di Windows menggunakan beberapa metode. Cara tercepatnya adalah dengan menggunakan built-in-command prompt:

  1. Tekan kunci Windows dan huruf “R” secara bersamaan. Jika keyboard Anda tidak memiliki kunci Windows, klik ikon Windows di pojok kiri bawah layar untuk membuka menu start.
  2. Ketik “cmd” di kotak kosong yang muncul dan tekan enter.
  3. Ketik “ipconfig” di layar hitam yang tampil setelahnya dan tekan enter.
  4. Berbagai macam data akan ditampilkan. Alamat IP router Anda dapat ditemukan di belakang “Default Gateway”.

IP Address Command Prompt Windows

Mencari alamat IP router Anda di Mac (OSx)

Apple telah membuat proses pencarian alamat IP router di Mac atau MacBook (OSx) sangat mudah. Ikuti tahap-tahap di bawah ini untuk menemukan alamat IP router Anda:

  1. Tekan dan tahan kunci opsi.
  2. Klik ikon Wi-Fi di menu bar Mac.
  3. Anda akan melihat segala jenis data terkait koneksi jaringan Anda, termasuk alamat IP router dan kartu jaringan Anda di Mac.

IP Address Router Mac

Mencari alamat IP router Anda di Android

Saat smartphone Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi rumah, data Anda akan melalui router rumah terlebih dahulu. Ikuti tahap-tahap di bawah ini untuk menemukan alamat IP router yang digunakan oleh telepon atau tablet Android Anda:

  1. Pergi ke bagian Pengaturan dan klik “Wi-Fi”.
  2. Klik tiga titik yang terletak di pojok kanan atas layar Anda.
  3. Klik “Advanced”.
  4. Geser ke bawah. Anda akan menemukan alamat IP router Anda di bawah “IP-address”.

Mencari alamat IP router di iPhone (iOS)

Anda dapat menemukan alamat IP router yang terhubung dengan iPhone atau iPad Anda melalui tahap-tahap di bawah ini:

  1. Pergi ke bagian Pengaturan.
  2. Pilih Wi-Fi.
  3. Tekan lingkaran biru dengan “I” di dalamnya, yang dapat Anda temukan di bagian kanan dari nama jaringan yang sedang terhubung dengan perangkat Anda
  4. Anda akan melihat beragam data, termasuk jaringan dan alamat IP router Anda.

Kesan Akhir

Alamat IP Anda dapat mengungkapkan banyak hal tentang identitas dan keberadaan Anda. Situs dan jasa online menggunakan IP Anda untuk dapat berkomunikasi dengan Anda. Tanpa alamat IP, cukup mustahil untuk bisa menelusuri dunia internet. Oleh karena alamat IP mengungkapkan lokasi Anda, keberadaannya dapat mengancam privasi online Anda saat Anda membagikan IP ini secara bebas saat sedang online. Maka dari itu, sebaiknya Anda menyembunyikan dan mengubah alamat IP Anda secara manual. Jika Anda menggunakan VPN, contohnya, alamat IP lokal Anda akan tetap tersembunyi karena Anda menggunakan alamat IP VPN untuk berkomunikasi dengan halaman situs lainnya.  Anda akan tetap anonim saat online, dan lokasi beserta akitivitas online Anda tidak akan terlihat oleh semua pihak lainnya.

Apa itu IP? - Tanya Jawab

Apakah Anda memiliki pertanyaan terkait alamat IP, atau belum yakin cara untuk menemukan alamat IP Anda? Temukan banyak pertanyaan yang sering ditanyakan di bawah ini. Klik salah satu pertanyaan untuk membaca jawabannya.

Alamat IP adalah akronim dari alamat ‘Internet Protokol’. Hal ini merupakan kode yang diberikan kepada koneksi internet Anda saat sedang mengakses internet. Cara kerjanya mirip dengan alamat rumah Anda, namun secara virtual. Berkat alamat IP, situs yang Anda kunjungi mengetahui ke mana informasi mereka harus dikirim. Namun, alamat IP juga terhubung ke lokasi Anda, sehingga siapapun yang melihat IP Anda maka bisa juga mengetahui lokasi Anda. Maka dari itu, banyak orang yang memilih untuk menyembunyikan IP mereka.

Sangat mudah untuk menemukan alamat IP Anda saat ini. Kami telah membuat alat khusus yang memungkinkan Anda untuk melihat langsung alamat IP Anda dan lokasi yang ditunjukan alamat tersebut. Klik di sini untuk mencoba alatnya.

Alamat IP dari router Anda berbeda dari alamat IP koneksi internet Anda. Apakah Anda sedang mencari alamat IP dari router Anda di komputer Windows? Maka Anda perlu membuka layar Command Prompt. Jika Anda mengetik ‘ipconfig’ di situ, maka akan terlihat alamat IP dari router Anda setelah ‘Default gateway’. Di Mac, Anda akan menemukan alamat IP dari router Anda dengan menekan lama kunci opsi dan menekan icon Wi-Fi.

Alamat IP Anda terhubung dengan lokasi Anda. Maka jika seseorang memiliki alamat IP asli Anda, mereka mengetahui kurang lebih keberadaan Anda. Mereka juga dapat melihat penyedia atau organisasi apa yang menyediakan alamat IP tersebut. Mengingat alamat IP berpotensi untuk membocorkan informasi sensitif tentang pengguna, maka banyak orang yang memilih untuk mengubah alamat IP mereka sehingga tidak dapat lagi memperlihatkan lokasi fisik mereka.

Proses menyembunyikan atau megubah alamat IP dapat dilakukan dengan beberapa cara. Cara terbaik adalah dengan menggunakan VPN. VPN mengubah alamat IP Anda ke alamat IP dari server VPN yang sedang digunakan, maka artinya alamat IP asli Anda akan tetap tersembunyi. Apakah Anda sedang mencari VPN yang bagus? Kami telah membuat daftar berisi pilihan terbaik untuk Anda di sini.

Analis keamanan cyber
David adalah seorang analis keamanan cyber dan salah satu pendiri VPNoverview.com. Tertarik dengan fenomena “identitas digital”, dan khususnya peduli dengan hak atas privasi serta perlindungan data pribadi
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar