Cara Kirim Email yang Sepenuhnya Anonim

Laptop with locked email on it
Klik di sini untuk melihat rangkuman artikel ini
Rangkuman: Cara Kirim Email yang Sepenuhnya Anonim

Anda punya beragam pilihan saat ingin mengirim email anonim. Pilihan yang tersedia termasuk hal-hal berikut:

  • Penggunaan layanan email anonim
  • Mendaftar untuk buat akun burner email

Kami sarankan untuk mencoba ProtonMail. Dengan interface yang mudah digunakan dan penawaran harga yang terjangkau, mereka merupakan salah satu pilihan unggul email anonim yang tersedia.

Lalu, pastikan untuk mempertimbangkan juga tips-tips berikut:

  • Daftar burner email menggunakan VPN untuk menjaga alamat IP Anda agar tetap private.
  • Jangan akses akun email Anda di rumah.
  • Jangan pernah menyatakan informasi pribadi Anda di mana pun.
  • Gunakan informasi palsu sebanyak mungkin.
  • Saat mendaftar untuk masuk ke akun email anonim, gunakan VPN untuk menyembunyikan IP Anda.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pengiriman email anonim, baca artikel di bawah ini.

Sedang berusaha memahami cara kirim email anonim? Mungkin Anda bekerja sebagai seorang jurnalis dan perlu berkomunikasi dengan beragam sumber secara anonim. Atau mungkin Anda tengah mencoba untuk mengirim informasi yang sensitif dan tidak ingin terlacak. Apapun alasannya, pengiriman email anonim penting bagi banyak orang untuk keperluan sehari-hari.

Jika ingin mengirim email secara anonim, tapi bingung harus mulai dari mana, Anda sudah datang ke tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan jelaskan cara mengirim email yang anonim dan tidak terlacak, serta menyediakan tips tambahan tentang pengiriman email yang tidak bisa dilacak kembali ke Anda.

Saat sedang berusaha untuk mengirim sebuah email anonim, penting bahwa Anda tidak melakukan kesalahan untuk memastikan privasi Anda. Kami akan memberi saran untuk bantu memastikan setiap email anonim yang Anda kirim tidak memperlihatkan nama dan informasi pribadi Anda ke pihak yang ingin mengintip.

Cara Mengirim Email yang Tidak Terlacak

Supaya dapat mengirim email anonim, Anda perlu pastikan bahwa email tersebut sama sekali tidak bisa dilacak kembali ke diri Anda. Ini bukan saja berarti Anda perlu menggunakan alamat email yang anonim, tapi juga perlu memastikan bahwa email-nya terenkripsi dan pihak lain tidak bisa melihat alamat IP asal surat tersebut. Dua cara paling umum untuk mengirim email secara anonim adalah:

  1. Kirim email menggunakan layanan email anonim.
  2. Kirim email menggunakan akun burner email.

Anda bahkan bisa menggabungkan kedua caranya untuk lebih aman: buat akun burner email dengan layanan email anonim.

Anda akan temukan informasi lebih lanjut tentang akun burner dan layanan email anonim di bawah ini.

Penggunaan layanan email anonim untuk mengirim email yang aman

ProtonMail Logo IconLayanan email anonim fokus dalam menyediakan cara-cara yang sepenuhnya aman dan anonim bagi pengguna untuk mengirim email secara online. Pilihan ini bagus jika Anda ingin tidak terlacak oleh pihak-pihak eksternal. Layanan seperti ini biasanya hanya meminta informasi yang sangat sedikit tentang Anda saat pendaftaran, dan mereka bisa diatur untuk secara otomatis menghapus email Anda dari server mereka.

Layanan email anonim mengamankan email Anda dengan berbagai cara. Pertama, penyedia email yang aman ini menggunakan enkripsi end-to-end. Hal ini menjadikan email-nya jauh lebih sulit untuk dicegat dibanding email biasa yang diarahkan melalui terowongan tak terenkripsi. Lebih dari itu, mereka sendiri yang mengenkripsi email. Ini artinya setiap email dikodekan sehingga hanya pengguna berizin yang bisa membacanya. Maka, bahkan jika seseorang berhasil mencegah email-nya (kemungkinannya sangat rendah), mereka tetap tidak bisa membacanya karena email tersebut teracak.

Enkripsi ini meningkatkan privasi, tapi tidak selalu meningkatkan kualitas kegunaannya. Contoh, oleh karena perangkat lunak Google sebenarnya bisa memindai konten email Anda, Anda bisa mencari subjek, konten, dan file di kotak surat (inbox) Anda. Penyedia aman seperti ProtonMail memilih enkripsi dan privasi dibanding kemampuan untuk bisa melakukan pencarian di kotak email Anda, yang berarti Anda tidak bisa menggunakan bar pencarian untuk memindai seluruh email Anda. Hal ini mungkin membuat ProtonMail sedikit kurang ramah konsumen, tapi jauh lebih aman.

Selain itu, banyak penyedia email aman yang terletak di negara-negara yang tidak membagikan data ke negara lain. Negara tertentu berbagi informasi mereka dengan negara lain. Hal terbaik bagi penyedia email yang aman adalah untuk berlokasi di negara yang tidak berbagi data dan tidak dipaksa untuk melacak data-data tertentu. Beberapa contoh negara yang aman adalah Swiss dan Kepulauan Virgin Inggris.

Untuk merangkum, penyedia email yang aman akan membantu Anda dalam mengirim email anonim karena:

  1. Mereka menggunakan enkripsi end-to-end antara Anda dan pihak penerima, sehingga mempersulit pihak lain yang ingin mencegat email-nya.
  2. Mereka sendiri juga yang mengenkripsi email, artinya, bahkan jika seseorang berhasil untuk mencegat email, isinya sudah dikodekan sehingga tidak dapat dibaca.
  3. Mereka tidak butuh akses ke konten email Anda untuk tujuan pencarian.
  4. Banyak penyedia email aman yang berlokasi di negara yang tidak berbagi data dengan organisasi mana pun.
  5. Mereka tidak meminta banyak info pribadi Anda saat pendaftaran untuk alamat email.
  6. Mereka bisa diatur untuk secara otomatis menghapus email.

Sejauh ini layanan email anonim paling populer dan terbaik adalah ProtonMail. ProtonMail merupakan sebuah penyedia email aman yang menawarkan program gratis dan berbayar. Mereka terletak di Swiss dan bekerja dengan enkripsi dan privasi tingkat paling tinggi. ProtonMail mudah digunakan dan punya perangkat lunak open-source. Hal ini sempurna jika Anda ingin mengirim dan menerima email secara anonim. Layanannya bahkan punya enkripsi PGP yang secara penuh terintegrasi ke dalam perangkat lunaknya. Jika Anda tertarik untuk menggunakan penyedia email yang aman, pastikan untuk mencoba ProtonMail dengan menekan tombol oranye di bawah ini:

Dapatkan ProtonMail

Penggunaan akun burner email untuk mengirim email anonim

Laptop Screen Burner Email IconBurner email adalah akun yang Anda buat untuk tujuan tunggal, biasanya bersifat sementara, seperti mengirim email anonim atau menggunakannya saat mendaftar di beragam platform online. Jika ingin ekstra aman, Anda bisa gunakan penyedia layanan email aman sebagi akun burner. Dengan begitu, Anda bukan hanya bisa melindungi identitas Anda dengan menggunakan akun yang tidak terlacak, tapi juga mendapat manfaat tambahan dari keamanan ekstra bagi semua email yang dikirim.

Selalu pastikan bahwa Anda menggunakan alamat email yang sama sekali tidak bisa dilacak kembali ke Anda. Jangan pakai nama, alamat, tanggal lahir, atau informasi serupa yang bisa digunakan untuk mengenali Anda. Cara paling aman adalah dengan menggunakan sejumlah karakter yang dianonimkan.

Selain itu, jika Anda benar-benar ingin sepenuhnya anonim, Anda mungkin ingin menggunakan VPN sebelum mendaftar dan masuk ke alamat burner email Anda. Hal ini memastikan bahwa bahkan pihak penyedia email tidak mempunyai alamat IP Anda. VPN bagus yang memiliki layanan email aman milik mereka sendiri adalah ProtonVPN.

ProtonVPN
Penawaran:
VPN yang sangat bagus dengan layanan email anonim dan drive yang terenkripsi
Dari
$4.00
7.9
  • Sistem enkripsi yang kuat
  • Server khusus
  • Tersedia program langganan gratis
Kunjungi ProtonVPN

Tips untuk Mengirim Email Anonim

Setelah punya pemahaman lebih baik tentang dasar-dasar cara mengirim email anonim, kami akan memberi Anda gambaran luas tentang beberapa tips keamanan dasar untuk melindungi identitas dan informasi pribadi online Anda. Berikut daftar tips supaya Anda terlindungi:

  1. Gunakan VPN untuk menyembunyikan alamat IP Anda sebelum mendaftar atau masuk ke layanan email aman dan ubah kata sandi Anda secara reguler.
  2. Jangan akses email anonim dari Wi-Fi rumah Anda. Gunakan hotspot umum.
  3. Buat akun email baru (yang disebut burner email) saat mendaftar untuk layanan baru atau saat ingin mengirim email anonim.
  4. Jangan pernah gunakan nama, lokasi, tanggal lahir, atau informasi lain di alamat email Anda yang bisa dilacak kembali ke Anda. Cara terbaik adalah dengan menggunakan kumpulan karakter acak sebagai nama alamat email Anda.
  5. Gunakan informasi palsu, seperti nama depan dan belakang palsu, saat mendaftarkan alamat email.
  6. Jangan gunakan nomor telepon pribadi Anda untuk melakukan verifikasi alamat email Anda. Cek apakah Anda bisa melongkap langkah ini saat pendaftaran.
  7. Langkah ini mungkin sudah jelas, tapi intinya jangan sertakan informasi pribadi apapun di email Anda. Selain itu, jangan perlihatkan file apapun yang berisi informasi pribadi.

Jika Anda sangat peduli akan privasi, Anda mungkin bahkan ingin mempertimbangkan pembuatan ruang kerja tertutup. Anda bisa, contohnya, menggunakan tips dari artikel kami yaitu “Cara Mengakses Dark Web Dengan Aman” untuk membuat ruang kerja di USB yang terpisah dan menggunakan browser Tor dan/atau VPN untuk bisa jadi sepenuhnya anonim. Jika Anda ingin melakukan langkah ekstra lagi, Anda bahkan bisa menggunakan laptop lain yang dipasang untuk melindungi privasi Anda sebaik mungkin. Namun bagi sebagian besar orang, tips di atas seharusnya sudah cukup untuk melindungi identitas Anda saat mengirim email.

Cara Membuat Akun Email Anonim

Supaya bisa membuat akun email anonim, pertama-tama Anda perlu memilih sebuah penyedia email. Untuk konteks panduan singkat ini, kami menggunakan ProtonMail versi berbayar sebagai pilihan penyedia email aman kami. Penyedia ini yang secara pribadi kami sarankan, khususnya karena Anda bisa menggunakan beberapa alamat saat memilih versi berbayar.

  1. Buka situs ProtonMail di https://protonmail.com/ dan berlangganan untuk bisa mengakses halaman di mana Anda perlu mendaftar dengan membuat alamat email dan kata sandi.
  2. Pilih username, kata sandi, dan jangan isi informasi alamat email untuk fungsi pemulihan kembali informasi ProtonMail Anda karena hal ini kurang private.
  3. Masuk menggunakan informasi yang baru saja Anda buat.
  4. Klik “Upgrade” dan pilih program langganan sesuai keinginan Anda.
  5. Pilih tunai atau Bitcoin untuk membayar program langganan Anda. Kedua metode pembayaran ini adalah pilihan terbaik untuk privasi.

Selesai. Begitu cara membuat akun email anonim dari awal.

Mengapa Orang-Orang Ingin Mengirim Email Anonim

Ada sejumlah situasi yang membuat Anda ingin mengirim email anonim. Di bawah ini Anda akan temukan gambaran singkat tentang beberapa alasan mengapa Anda, atau orang lain, mungkin ingin mengirim email secara anonim.

Alasan untuk mengirim email anonimRincian
Anda ingin menghindari spam dan pelacakanSaat masuk ke platform atau situs dengan alamat email pribadi, Anda memberikan informasi pribadi untuk digunakan sesuka hati pihak perusahaan. Beberapa perusahaan teknologi besar mengumpulkan informasi ini dan membagikannya ke pihak ketiga atau menggunakannya untuk tujuan periklanan.

Cara terbaik untuk menghindari pesan spam di akun email utama Anda adalah dengan menggunakan alamat email kedua yang tidak terlalu Anda pedulikan. Jika Anda berusaha menghindar dari pelacak, Anda sebaiknya menggunakan burner email yang tidak mengandung informasi pribadi apapun, serta VPN dan browser private seperti Tor.

Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk tampil di muka publikJika karir Anda secara reguler mengharuskan Anda untuk tampil di muka publik (karena bekerja di bidang politik atau agensi penegak hukum, contohnya), Anda mungkin perlu menggunakan akun email anonim saat mengirim email. Hal ini juga berlaku terhadap jurnalis, karena mereka perlu berkomunikasi dengan sumber-sumber dan berbagi penemuan selama pelaksanaan investigasi yang bisa jadi sensitif.
Anda adalah seorang pelapor atau perlu mengirim informasi yang ‘beresiko’Pelapor (whistleblower) adalah seseorang yang mengekspos informasi tertentu ke publik. Seorang whistleblower yang banyak dikenal adalah Edward Snowden. Tapi mereka juga bisa jadi seseorang yang menyebarkan informasi tentang malpraktik di perusahaan tempat mereka bekerja contohnya.

Saat mengirim email yang berisi informasi berbahaya atau sensitif, Anda membahayakan keamanan diri sendiri. Jika identitas Anda dikenali, Anda bisa mendapat akibat buruk seperti pemecatan, blacklist, atau penuntutan hukum. Kemungkinan akibat-akibat ini menunjukkan seberapa penting bagi whistleblower untuk melindungi identitas mereka.

Anda berada di negara dengan rezim yang opresifAlasan lain mengapa Anda mungkin ingin mengirim email anonim adalah jika Anda tinggal di negara yang pemerintahnya melacak aktivitas online Anda. Pelacakan ini juga mencakup email yang Anda kirim, karena isi email tersebut yang kemungkinan dibaca oleh pihak-pihak asing tanpa izin.

Hal ini khususnya berbahaya jika Anda mengirim email yang berisi informasi yang bisa mengakibatkan masalah hukum atau membahayakan Anda karena iklim politik di negara tempat Anda tinggal.

Sumber-Sumber Tambahan

Kami punya sejumlah artikel dan panduan yang akan menjelaskan lebih lanjut perihal anonimitas dan keamanan. Berikut ini adalah beberapa sumber yang sebaiknya Anda baca jika Anda tertarik untuk tahu lebih lanjut tentang cara supaya tetap aman saat online:

Cara Mengirim Email Anonim - FAQ

Punya pertanyaan spesifik tentang pengiriman email yang sepenuhnya anonim? Langsung cek FAQ kami di bawah ini!

Tidak. Pengiriman email anonim tidak ilegal, tapi kemungkinan konten email-nya yang bisa jadi ilegal. Jika pesan yang Anda kirim menyalahi hukum negara Anda, maka pesan tersebut bisa dianggap ilegal. Namun, cara pengirimannya tidak ilegal. Contohnya, jika Anda melakukan blackmail atau mengancam seseorang secara anonim melalui email, aktivitas blackmail-nya yang dianggap ilegal.

Cara terbaik untuk membuat alamat email yang sepenuhnya tidak terlacak adalah dengan menggunakan layanan penyedia email anonim, seperti ProtonMail, serta VPN bereputasi baik. Terakhir, Anda bisa menggunakan layanan-layanan ini melalui browser Tor untuk memastikan informasi pribadi dan alamat IP Anda sepenuhnya tersembunyi dari pihak mana pun yang ingin melacaknya.

Meskipun pemilihan layanan email anonim yang terbaik itu bergantung pada kebutuhan Anda, pilihan yang paling populer adalah ProtonMail. Alasan mengapa banyak orang menggunakan ProtonMail adalah karena layanannya menyediakan enkripsi PGP bagi penggunanya. Mereka juga punya kebijakan zero-knowledge, yang berarti tidak ada pihak yang bisa mengintip pesan-pesan Anda.

Kami menyarankan Anda untuk tidak menggunakan Gmail jika Anda ingin mengirim email anonim.

Anda juga bisa menggunakan Gmail untuk membuat akun burner dengan informasi palsu. Namun cara ini tetap saja bukan cara yang paling tertutup untuk mengirim email. Anda perlu menyediakan nomor HP untuk melakukan verifikasi akun, yang mungkin merupakan pilihan buruk tergantung pada situasi Anda.

Mohon diingat bahwa Google tetap bisa mendapatkan informasi dari nomor HP Anda, serta lokasi dan aktivitas online Anda.

Jika Anda hanya perlu menerima email, Anda bisa menggunakan penyedia email yang hanya menyediakan fitur inbox. Satu pilihan populer untuk layanan jenis ini adalah TrashMail, yang memberi Anda 25 email sekali pakai dari 16 domain. TrashMail menjaga alamat asli Anda supaya tetap anonim dan punya pilihan fitur durasi waktu yang secara otomatis akan menghapus akunnya setelah waktu tersebut sudah berlalu.

Enkripsi PGP digunakan untuk mengirim email terenkripsi dan mengenkripsi file sensitif. PGP adalah standar keamanan email karena mereka menggunakan kombinasi enkripsi kunci simetris dan enkripsi public-key. Penyedia email anonim menggunakan enkripsi PGP untuk menyembunyikan dan mengamankan identitas serta informasi pribadi Anda saat mengirim dan menerima email.

International security coordinator
Marko has a Bachelor's degree in Computer and Information Sciences. He coordinates and manages VPNOverview.com's team of international VPN researchers and writers.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar