Tetap aman pada Grindr: Cara anda menjaga privasi anda

Grindr Privacy Featured

Grindr Logo

Dengan jutaan pengguna di seluruh dunia, Grindr adalah salah satu aplikasi kencan paling terkenal untuk pria gay dan biseksual. Aplikasi ini diluncurkan pada tahun 2009, dan membuatnya lebih tua dibandingkan Tinder. Semenjak saat itu, Grindr sudah merubah kehidupan gay sepenuhnya. Tujuan dari Grindr tak lain untuk memberikan keamanan bagi pria dari komunitas LGBT sebuah platform untuk berkencan. Pada aplikasinya, pengguna dapat melihat profil orang pada lingkungannya, saling bertukar pesan dan mencari teman kencan.

Kencan online sebagian besar menyenangkan. Akan tetapi, hendaknya selalu bijak untuk mengetahui potensi resiko privacy yang mungkin ada pada sebuah aplikasi kencan seperti Grindr. Kita tidak ingin menciptakan suasana panik atau menyuruh orang berhenti menggunakan aplikasi kencan. Akan tetapi, kita ingin menjamin bahwa anda, dan pengguna lainnya memiliki kesempatan untuk menjaga diri anda dan rahasia anda. Terutama pada sebagian negara, yang dimana hukum setempatnya tidak terlalu menerima komunitas LGBT, maka kewaspadaan sangat diutama.Sayangnya, masih terdapat diskriminasi pada orang berdasarkan pilihan seksualitas yang membuat diperlukannya langkah – langkah keamanan.

VPNOverview berbicara dengan pakar Philip Tjisma, yang menjadi bagian dari COC yaitu sebuah asosiasi resmi LGBT di Belanda dan juga Azza Sultan, direktur muda Grinder for Equality. Setelah itu, kami juga sudah membuat daftar tips bagi yang menanggapi serius privasi di Grindr: tidak membagikan hal pribadi yang tidak perlu, mematikan lokasi anda dan menggunakan aplikasi lokasi palsu melalui emulator Android.

Apa saja risiko rahasia yang Grindr miliki?

Bagi banyak pengguna, Grinder adalah sebuah platform dimana mereka dapat menjadi diri sendiri tanpa malu. Menjadi gay adalah suatu yang wajar. Ini menjadi hal yang melegakan pada dunia yang masih menghakimi dua pria ketika mereka saling berpegangan tangan. Sedihnya, ada sebagian kecil kelompok orang dengan maksud jahat menggunakan Grindr untuk tujuannya masing – masing yang mampu menciptakan potensi berbahaya untuk rpivasi dan kesejahteraan anda.

Pengguna lain dapat mengetahui lokasi anda

Smartphone Location MarkerApabila anda ingin mendapatkan hal lebih dari Grindr, maka aplikasi ini selalu ingin tahu keberadaan anda. Programnya menggunakan GPS dan Wi-Fi untuk mencocokkan anda dengan pengguna Grindr sesuai dengan area geografi anda. Akan tetapi, Grindr, seperti aplikasi kencan terkenal lainnya, memiliki beberapa kelemahan yang dapat membuat orang yang tidak dikenal dapat mengetahui lokasi anda. Sebagai contoh, aplikasi ini menunjukkan seberapa jauh kamu “cocok” secara detil. Pada 2014, peneliti Synack Cybersecurity menemukan bahwa pengguna Grinder dapat dengan mudah meng-eksploitasi informasi untuk mengetahui lokasi pengguna lainnya. Grinder menanggapi masalah ini dengan menonaktifkan berbagi lokasi.

Akan tetapi, penelitian lanjutan, yang dilakukan oleh Trever Faden membuktikan bahwa peneliti Cybersecurity masih dapat menemukan lokasi dimana pengguna Grindr mudah ditemukan. Faden menciptakan sebuah situs dimana pengguna dapat melihat siapa saja yang memblokir mereka pada Grindr. Untuk melihat informasi ini, pengguna hanya perlu menulis nama pengguna dan kode sandi di Grindr.

Melanjuti penelitian Faden, Grindr membatasi akses data pengguna yang memblokir pengguna lainnya. Sebagai tambahan, Grindr mengkonfirmasi ke penggunanya untuk tidak memberikan data registrasinya pada situs lain.

Pengguna Grindr di negara – negara dengan peraturan anti gay bisa berada dalam bahaya

Bersama Grindr memungkinkan orang untuk menentukan lokasi persis pengguna, banyak sekali risiko rahasia, terutama di tempat dimana menjadi seorang gay adalah tindakan kriminal. Homoseksualitas masih dianggap ilegal pada 69 negara, dan pada sebagian negara hukumannya adalah hukuman mati. Sebagai pengguna Grindr di negara tersebut dapat memiliki konsekuensi ekstrim. Pemerintah Mesir sebagai contoh, menggunakan aplikasi Grindr, dengan segala kelemahannya untuk mencari dan bahkan menahan warga gay, meski homoseksual secara teknis tidak ilegal disana. Warga Maroko baru saja menciptakan profil palsu pada aplikasi kencan seperti Grindr untuk memancing dan juga memposting foto mereka ke publik. Sebagai hasilnya, banyak pria gay yang ditelantarkan oleh keluarganya. Iran juga mengalami nasib serupa, menggunakan celah keamanan pada Grindr untuk mengidentifikasikan pengguna aplikasi tersebut. Hasilnya, 200 pengguna Grindr ditangkap. Grindr mencoba untuk melawan bahaya ini dengan menyembunyikan jarak yang dahulu digunakan pada pengguna akan tetapi perubahan ini mudah dielakkan.

Grindr berharap untuk menghubungkan orang yang tinggal pada area yang sama. Maka dari itu, menghilangkan seluruh lokasi para penggunanya adalah hal yang sia – sia. Tanpa informasi ini, para pengguna yang berjarak ratusan atau ribuan kilometer bisa terkoneksi dan menutup penggunanya bertemu pada dunia nyata. Kemungkinan masalah praktis ini memainkan peran besar dalam keputusan Grindr untuk melawan penyalahgunaan aplikasi mereka.

Informasi kesehatan anda dapat terungkap

Smartphone Healthcare IconMasalah resiko privasi lain yang dapat muncul bersama Grindr adalah data pribadi anda. Perusahaan ini sudah dikenal untuk membagi data pribadi anda, terutama informasi kesehatan yang sensitif para penggunanya. Pada April 2018, Grindr berada pada berita buruk pada saat perusahaannya berbagi status penggunanya yang HIV dengan perusahaan lainya, bersama data lokasi dan juga alamat email.

Perwakilan Grindr awalnya membela hal ini. Mereka menyatakan bahwa berbagi data tersebar luas dan para pengguna menyetujui untuk berbagi data pada saat mereka mendaftar di aplikasinya. Akan tetapi, dilapangan, para pengguna Grindr tidak tahu bahwa informasi kesehatan mereka disebarluaskan. Apabila pengguna Grindr memilih untuk memberitahukan status HIVnya, maka informasi ini dapat dilihat oleh pengguna Grindr lainnya yang melihat profilnya. Tetap saja, banyak pengguna yang tidak berharap aplikasi ini untuk memberikan informasi kesehatan yang sensitif ini kepada pihak diluar Grindr.

Pelanggaran privasi yang parah ini menciptakan kemarahan publik dan Grindr akhir mengeluarkan pernyataan bahwa data pengguna tidak akan pernah dijual ke pihak ketiga. Tetap saja, pengguna Grindr harus berfikir lebih serius apakah mereka ingin menambahkan informasi kesehatan mereka di profil mereka.

Grindr membantu pengguna dengan memberikan tips dan arahan

Ternyata, Grindr selalu bekerja dalam perubahan jasanya. Perusahaan ini mencoba untuk lebih terbuka dengan memberitahukan pelanggan sebaik mungkin. Lebih dari itu, mereka mencoba menciptakan opsi baru dan memperbaiki pada saat orang bertanya kepada mereka. Kita bertanya pada Grindr perihal perkembangan terbaru tentang keselamatan dan rahasia pengguna mereka dan mendapat balasan dari Azza Sultan, direktur muda Grindr for equality:

“Kami di Grindr memahami bahwa keamanan itu tidak hanya tanggung jawab dari pengguna aplikasi kencan. Maka dari itu, Grindr selalu mencoba untuk mengembangkan dan memperbaiki fitur keamanan, tidak hanya menjaga penggunanya akan tetapi juga memberikan mereka dengan informasi keselamatan yang diperlukan untuk menciptakan pengalaman kencan yang aman. Selain dari memberikan pedoman keselamatan untuk pengguna kita, kita juga mencoba mengembangkan pedoman keselamatan secara menyeluruh yang secepat mungkin pada dalam beberapa bahasa.”

Pedoman ini sekarang dapat dilihat pada situs Grindr dan dapat diklik pada link ini : grindr.com/safety.

Bahaya pada tiap harinya

Aplikasi kencan seperti Tinder, Happn, dan Grindr dapat membawa informasi sensitif tentang penggunanya. Apabila datanya jatuh pada pihak yang salah, maka dapat menciptakan konsekuensi yang serius,terutama pada kasus pada negara yang dimana melihat LGBT sebagai ancaman pada hukum setempat. Ini mungkin tidak terlihat relevan apabila anda tinggal pada negara dimana homoseksual adalah legal, akan tetapi itu mungkin tidak selalu betul. Prasangka dan juga kurangnya penerimaan sosial menciptakan resiko besar bagi seluruh pengguna Grindr.

Membawa Grindr keluar negeri

Airplane above planet EarthKencan pada destinasi liburan adalah suatu cara menyenangkan untuk bertemu banyak orang baru. Ini semuanya menyenangkan, akan tetapi kamu harus tetap siaga. Apabila negara asal kamu mendukung komunitas LGBT, maka kamu bisa berharap negara lain juga mendukungnya. Hal ini tidak selalu terjadi, Grindr secara otomatis merubah lokasi anda setiap kali anda menjalankan aplikasinya. Seperti yang sudah disebutkan, maka bisa berbahaya pada beberapa tempat seperti Aljazair, Nigeria, Barbados, India dan Pakistan. Semua negara ini memiliki aturan bahwa seks sesama jenis adalah ilegal.

Sama halnya, ada beberapa negara dimana homoseksual ada legal secara hukum, akan tetapi masih dihukum. Contohnya di Rusia dan Mesir. Di Mesir, masih menjadi destinasi liburan yang terkenal bagi banyak orang dan pemerintah menyuruh pemukulan dan menahan beberapa individu setelah mereka mengajak kencan melalui Grindr. Anak muda, Firas adalah salah satu korbannya; dia sudah merencanakan kencan dengan seorang pria yang dia kenal melalui aplikasi tersebut akan tetapi dia dijebak, ditahan, dan dihukum untuk ‘penyelewengan’, yaitu ilegal menurut hukum Mesir.

Apakah anda menggunakan Grindr atau aplikasi kencan yang mirip dan anda akan bepergian? Maka dari itu pastikan bahwa hukum setempat yang anda akan kunjungi dan juga sikap umum rakyatnya terhadap homoseksual. Laporan penelitian tahunan tentang homofobia yang disponsori negara oleh ILGA (the International Lesbian, Gay. Bisexual, Trans dan Intersex Association) adalah awal yang tepat. Pada akhir artikelnya, kita dapat melihat daftar rangkuman negara mana saja yang melihat seks sesama jenis adalah ilegal. Pesan kita untuk memikirkan secara matang dari daftar tersebut dan juga melakukan riset lebih lanjut maka anda tidak dengan sengaja berada di tempat seperti Mesir dan menyalakan aplikasi Grindr.

Lebih dari itu, bahkan di negara yang secara penuh menerima homoseksual secara hukum akan tetapi praktiknya mungkin tidak selalu menjadi tempat yang ramah homoseksual. Individu yang menghakimi mungkin akan mencoba menggunakan Grindr sebagai cara jahat pada anggota komunitas LGBT. Maka dari itu, sangatlah penting untuk menjaga diri anda sendiri dan juga rahasia anda sebaik mungkin – juga perihal berkencan.

Kencan Anonim pada Grindr

Anonymity SmartphoneMenjaga privasi anda secara utuh selagi berkencan mungkin menimbulkan dilema. Apabila semua pengguna Grindr memprioritaskan privasinya, maka berkencan akan bertambah sulit lagi – jika tidak mungkin. Bagaimana anda akan mengetahui apa pasangan anda berkata sesuai dengan yang dia sebutkan? Kapankah waktu yang aman untuk bertemu seseorang? Dan bagaimana anda mengetahui bahwa orang lain tidak bermaksud jahat kepada anda dan benar mencari kencan?

Terlepas dari perhatian negatif yang Grindr dapatkan baru – baru ini, akan tetapi tetaplah ada ruang positifnya. 99% dari segala kencan, percakapan dan juga pertemuan berjalan dengan baik dan tanpa masalah. Untuk memastikan hal ini untuk anda, maka ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan. Grindr membuat daftar dengan segala langkah – langkah keamanan bahwa semua penggunanya bisa melakukannya. Contohnya adalah: selalu memberitahukan teman atau anggota keluarga tentang lokasi anda pada saat anda akan menemui seseorang dari Grindr dan mempercayakan insting anda pada saat ada yang aneh karena kemungkinan besar akan benar.

Bagaimana menjaga rahasia anda di Grindr

Terlepas dengan mengikuti pedoman keselamatan umum yang disediakan oleh Grindr, anda dapat juga melakukan beberapa langkah – langkah keselamatan untuk menjaga diri anda. Berikut adalah 3 tips baik yang dapat membantu anda:

Tidak berbagi terlalu banyak

Sebagaimana dengan aplikasi kencan lainnya, selalu bijak untuk membatasi jumlah informasi pribadi yang digunakan pada profil anda. Hindari menggunakan nama lengkap, nomor telepon, alamat surel, status HIV dan informasi sensitif lainnya Akan tetapi, cukup bijak untuk mengunggah sebuah foto profil yang tidak digunakan dimanapun secara online. Kalau tidak, pengguna dapat mencoba membalikkan pencarian gambar foto anda dan mencari ada pada akun sosial media lainnya. Apabila anda menggunakan foto yang sama dengan Facebook atau Twitter, maka mereka akan menemukan akun anda dengan mudah dan menggunakan informasi yang mereka temukan di sana untuk mencari tahu identitas anda.

Sebagai tambahan, apabila anda memutuskan untuk melanjutkan percakapan diluar dari aplikasi, maka jauh lebih aman untuk menggunakan Google Voice atau aplikasi yang mirip. Aplikasi tersebut dapat membuat nomor telepon kamu tersembunyi dan bekerja dengan memberikan nomor telepon lainnya.

Nonaktifkan fungsi jarak

Grindr dan juga aplikasi kencan lainnya menggunakan lokasi GPS pada handphone anda untuk mencocokkan dengan orang yang ada di lokasi anda. Anda dapat melihat seberapa jauh Anda dengan orang – orang dengan waktu sebenarnya. Cukup praktis apabila kalian ingin berjumpa: pada sebuah bar dipojokkan yang mudah dijangkau oleh kalian berdua! Sayangnya, berarti pengguna lain dapat mengetahui lokasi pasti anda. Apabila pengguna Grindr lainnya mengetahui jarak antara kalian berdua maka dapat dihitung dan mengetahui keberadaan anda menggunakan proses yang disebut trilateration. Dengan alasan ini, maka sangatlah penting untuk menyembunyi informasi jarak anda.

Anda dapat menyembunyikan jarak pada Grindr dengan melakukan langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Grindr pada perangkat anda
  2. Pindah ke profil anda
  3. Klik “settings” pada pojok kanan atas
  4. Pindah ke “Display Preferences
  5. Matikan “Show My Distance

Mesti diingat, bahwa dengan mematikan fungsi ini maka hanya menjaga pengguna lainnya dari melihat seberapa jauh keberadaan anda. Profil anda masih dapat dikategorikan dan dilihat oleh para pengguna Grindr lainnya di area anda. Maka dari itu, lokasi anda masih rentan apabila pengguna Grindr masih menggunakan informasi jaraknya.

Menggunakan aplikasi lokasi palsu

Map with locationMenyembunyikan jarak anda di Grindr mungkin sudah meredakan pikiran anda. Semenjak anda masih dapat cocok dengan orang yang disekitar anda, akan tetapi tidak memberikan privasi penuh. Mungkin Anda tidak berpikir bahwa anda membutuhkan ini: Grindr adalah tentang bertemu dengan orang pada akhirnya.

Apabila anda ingin mengambil langkah lebih jauh, opsi terbaik anda yaitu untuk download aplikasi lokasi palsu dan menipu lokasi anda. Aplikasi ini dapat menipu aplikasi lainnya dan membuatnya berpikir bahwa anda berada di lokasi lain. Pada banyak cerita, hal ini dapat dipergunakan pada aplikasi kencan. Sayangnya, dengan update Grindr terbaru ini, maka penipu lokasi tidak dapat digunakan pada handphone. Ini dapat menyebabkan situasi yang berbahaya bagi pengguna lainnya. Apabila anda tetap ingin menipu lokasi anda, maka anda bisa download emulator Android pada komputer anda dan menggunakan Grindr disana. Ini dapat menyembunyikan lokasi sebenarnya anda.

Bluestacks untuk komputer anda

Sebuah emulator Android yang dapat membantu anda mengatasi batasan Grindr terkini perihal menipu lokasi yaitu dengan Bluestacks. Apabila anda download Bluestacks pada komputer anda dan lanjut menggunakan Grindr disana, anda masih dapat merubah lokasi virtual anda di Grindr. Ikut langkah – langkah ini agar dapat menggunakan Bluestacks pada komputer anda

  1. Download versi terbaru Bluestacks pada situs resmi mereka.
  2. Login pada akun Google Play.
  3. Download aplikasi resmi Grindr pada di Play Store.

Sebelum lanjut lagi, maka anda harus mencari sebuah aplikasi yang dapat membuat anda untuk menipu lokasi anda. Opsi terkenal adalah Fake GPS GO location Spoofer. Kita sudah mencoba aplikasi ini dan bisa digunakan baik Grindr dan Happn.

Fake GPS GO Location Spoofer

Fake GPS GO cukup mudah diinstall dan tersedia untuk Android 6.0 dan lebih. Untuk menggunakannya, ikuti langkah berikut:

  1. Download aplikasinya di Bluestacks
  2. Buka aplikasinya dan klik “Enable Mock Locations” pada layar pertama.
  3. Buka peta dan pilih lokasi yang anda ingin gunakan dan klik tombol putar pada pojok kiri bawah layar anda.
  4. Apabila muncul pesan “Mock locations are disabled or the app is not the default Mock Location app, please enable to continue” maka klik enable.
  5. Pada layar “Developer Options” muncul maka klik “Select Mock Location App” dan pilih “FakeGPS Free
  6. Kembali dan tekan tombol putar lagi untuk memungkinkan pengaturan GPS palsu

Ketika anda sudah mengatur lokasi palsu anda, maka anda dapat gabung kembali pada akun Grindr anda di emulator dan gunakan seperti biasa.

iTools’ Fake GPS Location*

Ikuti langkah – langkah ini untuk menipu lokasi anda pada iOS dengan iTools:

  1. Install iTools pada komputer anda.
  2. Buka program dan pilih “Free Trial”.
  3. Pilih tab “Toolbox”.
  4. Pilih “Device Toolkits” dan pilih “Virtual Location”.
  5. Masukkan fake location pada kotak teks di peta dan pencet putar.
  6. Pada saat penanda pada lokasi palsu muncul pada peta. Klik “Move Here” untuk mengatur iPhone anda pada lokasi tersebut.

*Semenjak update terbaru Grindr, menggunakan emulator Android diperlukan apabila anda ingin memanipulasi lokasi anda. Ini artinya anda harus menggunakan aplikasi menipu Fake GPS GO Location.

Tetap aman akan tetapi mencari profil yang tepat

Atur GPS handphone anda menjadi lokasi palsu adalah hal yang paling efektif saat ini untuk dapat menjaga rahasia lokasi anda pada Grindr dan aplikasi kencan lainnya. Harus diingat, bahwa anda akan tetap dicocokan dengan profil yang berapa pada lokasi yang diubahnya dan bukan pada lokasi asli anda. Walaupun demikian, menipunya bisa sangat berguna: anda akan cocok dengan orang yang di lingkungannya akan tetap tidak memberitahukan lokasi asli anda.

Mungkin bisa menjadi tidak adil kepada teman kencan anda ketika anda menggunakan lokasi palsu. Apabila demikian, sebaiknya dibicarakan hal ini pada saat kencan pertama atau kedua, maka anda tidak terkesan menipu mereka. Bicarakan tentang kemungkinan untuk mengubah lokasi Grindr anda dan bicarakanlah keuntungannya. Akan selalu ada kesempatan bahwa orang yang duduk di depan anda memiliki ketakutan yang sama perihal privasi dan juga keselamatan seperti anda. Bahkan mungkin dia lebih ingin tau lagi tentang hal ini.

SCRUFF

Grindr selalu mencoba mencari solusi dari masalah yang dihadapi oleh penggunanya. Keamanan memainkan peran besar pada hal ini. Namun, Grindr bukanlah satu – satunya aplikasi yang bekerja untuk menanggulangi hal tersebut. Salah satu aplikasi kencan untuk gay dan pria biseksual adalah SCRUFF. Tujuan mereka adalah untuk menciptakan jaringan orang-orang (gay) yang dapat bertukar informasi untuk menjaga keselamatan satu sama lain. Aplikasi memiliki pilihan untuk menghubungi anggota khusus duta lokal dari aplikasi yang kamu dapat menanyakan saran-sarannya ketika anda bepergian ke negara atau kota mereka.

Kita mencoba untuk menguji aplikasi ini dan menghubungi duta SCRUFF di negara yang berbeda. Pertanyaan kita selalu dijawab dengan cepat dan jelas dan kita mendapatkan banyak tips perihal bepergian yang berguna. Jelas ini adalah suatu sistem yang sukses. Terlebih dari duta mereka maka SCRUFF menggunakan data ILGA untuk mengingatkan penggunasituasi lokal nya pada lebih dari 80 negara, sesuatu yang Tinder sedang lakukan saat ini. Ini sangat berguna apabila anda tidak terlalu tahu bagaimana kondisi ditempat tujuan yang anda sedang kunjungi.

Pemikiran terakhir

Kencan, baik itu didunia nyata atau secara daring, seharusnya aman buat semua orang. Aplikasi kencannya sendiri tidaklah berbahaya; dan hanya sebagai alat yang memudahkan untuk orang saling bertemu. Sebagian besar hanyalah untuk bersenang – senang. Sayangnya, masih banyak orang dengan niat yang jahat dan membenci aplikasi seperti Grindr karena bertujuan untuk pria gay dan biseksual. Orang – orang inilah yang menciptakan masalah terutama dinegara yang homoseksual itu masih ilegal.

Grindr memiliki kerentanan keamanan sebagaimana aplikasi kencan lainnya terutama perihal keamanan lokasi dari penggunanya. Meskipun usaha Grindr untuk memperbaiki kerentanan ini, ada kemungkinan pengguna Grindr dan terkadang pemerintah untuk menggunakannya untuk mencari tahu identitas penggunanya. Saat ini, pembatasan informasi yang anda bagi pada profil anda dan menggunakan aplikasi lokasi palsu pada komputer anda merupakan tindakan pencegahan yang terbaik pada saat menggunakan Grindr.

Dengan Grindr, sangat penting untuk anda mengetahui kemungkinan resiko yang anda akan hadapi dengan menggunakan jasa kencannya. Meski demikian, hal tersebut sejatinya tidak membuat membuat anda ragu untuk menggunakan aplikasi tersebut. Selama anda mampu menjaga informasi pribadi anda secara bijak dan selalu berfikir sebelum bertindak maka kecil kemungkinan hal buruk tersebut terjadi akan menjadi.

Dimanakah seks sesama jenis dianggap ilegal?

Peta dunia interaktif yang dibawah menunjukkan gambaran perihal legalitas homoseksual pada setiap negara di dunia. Musti diingat bahwa ada sebagian negara yang anggap homoseksual adalah legal secara hukum akan tetapi tidak selalu mendukung hak LGBT. Seseorang mungkin masih kena diskriminasi, kekerasan dan stigmatisasi ditempat tersebut, sebagai contoh di Rusia.

Peta dunia interaktif untuk hak LGBT (menunjukkan ilegalitas dari homoseksual)

Beberapa negara membutuhkan penjelasan lebih karena situasinya tidak mudah untuk dijelaskan. anda dapat menemukan negara tersebut dan penjelasan lebih pada tabel dibawah

NEGARALEGALITAS HOMOSEXUALITASKETERANGAN
MesirSecara hukum legal akan tetapi masih ada yang dihukumSecara hukum, sebagai homoseksual bukan ilegal akan tetapi prakteknya masih sering dilihat sebagai pelanggaran dari ‘hukum moral’. Aturan untuk wanita masih tidak jelas.
IndonesiaTergantung dari lokasiMenjadi gay adalah legal disebagian besar Indonesia dan berhati – hati pada beberapa tempat: Aceh, Sumatra Selatan dan kota Palembang.
IrakLegalMenurut hukum, homoseksual adalah legal di Irak akan tetapi mengekspresikan diri sebagai anggota komunitas LGBT adalah sangat berbahaya karena masyarakat suka bertindak masing – masing.
LebanonIlegal untuk pria dan wanitaSebagian hakim memutuskan untuk tidak menghukum individu akan tetapi belum ditetapkan secara hukum.
Korea UtaraLegalTidak ada hukum terhadap homoseksual di Korea Utara. Negara ini tidak menganggap adanya homoseksual secara menyeluruh.
PalestinaTergantung lokasinyaMenjadi gay di Gaza adalah ilegal. Homoseksual adalah resmi di lain tempat di negara ini.
RusiaTergantung lokasinyaIlegal di Chechnya. Sudah dilaporkan bahwa orang gay dimasukkan pada kamp konsentrasi.
SingapuraIlegal untuk priaLegal untuk wanita. Untuk kasus pria, hukum tidak ditegakkan sejak 1996.
SrilankaTidak jelasBeberapa sumber laporan menyatakan homoseksual dianggap sebagai kriminal.

Salah satu organisasi terbesar perihal hak LGBT adalah the International Lesbian, Gay, Bisexual, Trans and Intersex Association atau ILGA singkatnya. Mereka telah melakukan pemetaan dunia secara rinci perihal hukum dan juga aturan tentang orientasi seksual.

Ke ILGA peta dunia tentang hukum orientasi seksual
Analis keamanan cyber
David adalah seorang analis keamanan cyber dan salah satu pendiri VPNoverview.com. Tertarik dengan fenomena “identitas digital”, dan khususnya peduli dengan hak atas privasi serta perlindungan data pribadi
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar