Cara Menghapus Sejarah Netflix Anda

Pencil erasing online video on off of computerscreen
Klik di sini untuk melihat rangkuman artikel ini
Rangkuman: Cara Menghapus Sejarah Netflix Anda

Untuk mengedit sejarah tontonan Anda, bisa langsung ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Login ke akun Netflix Anda
  2. Pilih profil yang ingin Anda edit
  3. Pilih opsi Akun (Account)
  4. Buka Profil (Profile) dan Kontrol Orang Tua (Parental Controls)
  5. Klik “Tampilkan” (View) di bawah pilihan Aktivitas Penayangan (Viewing Activities)
  6. Pilih ikon lingkaran di bagian kanan judul untuk menyembunyikan tayangan atau film

Tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang cara memanfaatkan rekomendasi Netflix Anda semaksimal mungkin? Cek artikel di bawah ini selengkapnya!

Terdapat sejumlah alasan mengapa Anda mungkin ingin menghapus sejarah Netflix Anda. Mungkin Anda telah menonton tayangan TV atau film yang sebelumnya Anda kira akan suka, tapi ternyata tidak. Orang lain mungkin telah menggunakan akun Anda untuk menonton sesuatu yang mempengaruhi tampilan rekomendasi Anda. Atau mungkin Anda telah menonton sebuah tayangan atau film beberapa tahun lalu dan tidak menginginkannya lagi di akun Anda.

Saat Anda menyembunyikan judul-judul dari aktivitas penayangan Anda, maka Anda tidak akan lagi menerima rekomendasi berdasarkan judul-judul tersebut. Anda juga tidak akan melihatnya pada deretan ‘Lanjutkan Menonton’ di Netflix. Mohon diingat bahwa butuh waktu sampai dengan 24 jam bagi judul yang disembunyikan untuk dihapus dari semua perangkat Anda.

Saat menghapus sejarah Netflix, perlu dipastikan bahwa Anda sudah masuk ke profil yang benar. Hal ini dikarenakan sejarah penayangan berkaitan dengan setiap profil yang ada di dalam akun Netflix Anda. Langkah ini berlaku pada setiap perangkat yang Anda gunakan untuk Netflix, termasuk iOS, Android, smart TV dan browser internet.

Cara Menghapus Sejarah Netflix Anda di Komputer

Netflix Logo SmallUntuk memodifikasi sejarah tontonan Anda di PC, Mac atau browser web, hanya perlu mengikuti langkah-langkah singkat di bawah ini:

  1. Kunjungi situs Netflix website
  2. Log in ke akun Anda dan pilih profil yang ingin diedit
  3. Pilih opsi Akun (Account)
  4. Buka Profil dan bagian Kontrol Orang Tua (Parental Controls)
  5. Klik “Tampilkan” (View) di bawah Aktivitas Penayangan (Viewing Activities)
  6. Sekarang pilih ikon di samping “Laporkan Masalah” (Report a Problem) untuk menyembunyikan sebuah episode atau film dari sejarah tontonan Anda

Anda juga bisa memilih untuk menyembunyikan sebuah serial TV secara keseluruhan dari sejarah Anda dengan memilih opsi tersebut setelah selesai menyembunyikan satu episode dari profil Anda. Pilihan ini akan tampil dalam warna biru bersama dengan notifikasi 24 jam yang muncul di tempat program yang baru saja Anda sembunyikan.

Notifikasi ini juga akan memberi tahu Anda bahwa tanyangan TV atau film yang disembunyikan tidak akan lagi mempengaruhi rekomendasi Netflix yang Anda dapatkan.

Cara Menghapus Sejarah Netflix Anda di Perangkat iOD dan Android

Selain itu, Anda juga bisa memodifikasi sejarah penayangan Anda dari perangkat iOS atau Android dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Netflix di perangkat Anda
  2. Pilih profil ingin Anda edit
  3. Tekan tab “Lainnya” (More) di bagian sudut bawah layar
  4. Pilih “Akun” (di bawah “Pengaturan Aplikasi” atau App Settings)
  5. Klik pada profil yang ingin Anda edit
  6. Pilih “Tampilkan” (View) di Aktivitas Penayangan (Viewing Activity)
  7. Sekarang pilih ikon di samping “Laporkan Masalah” (Report a Problem) untuk menyembunyikan tayangan atau film dari sejarah tontonan Anda

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, maka tayangan atau film akan dihapus dari profil Anda di semua perangkat. Proses ini bisa membutuhkan 24 jam untuk sepenuhnya selesai. Jika Anda ingin menambahkan program tersebut kembali ke sejarah tontonan, maka Anda perlu menontonnya lagi di Netflix. Ini artinya setelah Anda menghapus program dari sejarah penayangan, maka akan sepenuhnya dihapus dan menguntungkan bagi para pengguna yang lebih menginginkan privasi mereka.

Anda bisa menyembunyikan sebuah tayangan TV secara keseluruhan setelah Anda menyembunyikan satu episode mereka dari sejarah tontonan Anda. Cara kerjanya sama saat Anda melakukannya di komputer.

Cara Membuat Profil Netflix Baru

Anda bisa membuat profil baru jika merasa lelah dengan rekomendasi yang diberikan Netflix dan tidak ingin repot mengedit sejarah tontonan Anda. Meskipun mengedit sejarah tontonan Anda akan membantu Netflix untuk memuat ulang rekomendasi yang mereka berikan, membuat profil baru akan memberikan Anda kesempatan untuk mulai dari awal. Guna membuat profil baru, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik “Manage Profiles
  2. Pilih opsi “Tambahkan Profil” (Add Profile)
  3. Buat nama untuk profil baru dan tentukan jika akun tersebut akan menjadi akun Anak-Anak
  4. Pilih “Selesai” (Done) untuk menyelesaikan proses pemasangan awal
  5. Lalu pilih profil baru tersebut untuk menetapkan bahasa yang digunakan
  6. Terakhir, pilih tayangan TV dan film yang Anda suka untuk membentuk rekomendasi Netflix

Mohon diingat bahwa Anda hanya dapat memiliki maksimal 5 profil di satu akun Netflix yang sama. Jika memiliki 5 profil, Anda tidak akan melihat pilihan untuk menambahkan profil baru sampai Anda menghapus salah satu profil yang sudah ada. Pembatasan ini berlaku terhadap akun Anak-Anak dan juga profil normal di akun Anda. Tidak penting program langganan Netflix apa yang Anda miliki, pembatasannya akan berlaku untuk semua jenis.

Cara Mempengaruhi Rekomendasi Netflix

Netflix melihat beberapa poin data yang berbeda untuk menyediakan Anda rekomendasi. Faktor-faktor tersebut termasuk interaksi Anda dengan Netflix seperti sejarah tontonan dan rating, waktu biasa Anda menonton film atau tayangan di jasa mereka, durasi menonton, dan perangkat yang digunakan.

Untuk mempengaruhi rekomendasi Netflix Anda, ada beberapa upaya yang bisa langsung diambil di dalam platform supaya langsung membuahkan hasil yang lebih beragam. Hal ini termasuk memberikan rating terhadap semua konten yang Anda tonton di Netflix baik dengan jempol ke atas ataupun jempol ke bawah.

Sebaliknya, Anda bisa mengedit rating Anda di pengaturan profil atau dengan menekan “Rating” pada bagian atas dari sejarah penayangan Anda. Mungkin Anda ingin melakukan hal ini jika tidak sengaja memberikan rating buruk terhadap program saat sebenarnya Anda sangat menikmati konten tersebut.

Memanfaatkan Netflix Secara Maksimal

Jika Anda tidak senang dengan rekomendasi di Netflix, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tawaran yang lebih dari program langganan Anda. Dengan sekedar memodifikasi sejarah tontonan Anda, kemungkinan besar rekomendasi yang Anda dapatkan akan lebih menyerupai hal-hal yang menarik untuk Anda.

Saat tidak yakin jika sebuah film atau tayangan TV cocok untuk Anda, maka Anda juga bisa membuat profil untuk menonton pilihan-pilihan yang kurang meyakinkan tersebut. Hal ini akan membantu Anda untuk mengeksplorasi judul-judul konten tanpa mempengaruhi rekomendasi Netflix Anda.

Tip bagus lainnya adalah dengan menggunakan kode Netflix di browser Anda untuk mengakses subset yang berbeda-beda dari situs tersebut. Untuk menggunakan kode ini, ketik struktur URL https://www.netflix.com/browse/genre/CODE dan kata CODE diganti dengan seri angka yang sesuai.

Berikut beberapa kode berguna yang bisa Anda coba:

Terakhir, jika Anda sedang mencoba untuk mengakses judul tertentu yang tidak tersedia di negara Anda maka bisa menggunakan VPN. Dengan menggunakan VPN, Anda bisa menonton tayangan dan film yang tersedia di negara lain dengan cara terhubung ke server yang terletak di negara tersebut.

Kami menyarankan penyedia VPN yang aman yaitu CyberGhost. Penyedia VPN ini mudah digunakan dan memiliki kecepatan streaming yang tinggi. CyberGhost juga memiliki server dedicated yang dioptimalkan untuk menonton Netflix Amerika.

CyberGhost
Penawaran:
Coba CyberGhost seharga $1.99 per bulan!
Dari
$1.99
8.8
  • Sangat ramah konsumen
  • Kualitas tinggi dengan harga rendah
  • Torrent dan Netflix bisa bekerja
Kunjungi CyberGhost

Kesimpulan

Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin tidak ingin sejarah tontonan Anda di Netflix untuk terlihat. Anda mungkin berbagi satu akun dengan teman dan anggota keluarga, dan tidak ingin mereka untuk menghakimi apa yang Anda tonton. Atau mungkin rekomendasi yang tersedia tidak lagi membuat Anda tertarik.

Dalam kasus apapun, mengedit sejarah tontonan Anda adalah cara yang sangat mudah di Netflix. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa mendapatkan rekomendasi yang lebih akurat sesuai preferensi Anda dan menghindari percakapan canggung dengan orang-orang terdekat saat Anda ternyata sudah menonton tayangan yang rencananya akan ditonton bersama-sama.

Jurnalis seputar teknologi
Ronella selalu memikirkan cara supaya kita dapat membuat lingkungan digital yang seaman mungkin. Perkembangan digital yang baik juga berarti kita dihadapkan dengan isu-isu keamanan baru. Maka, Ronella ingin menciptakan kesadaran yang lebih tinggi tentang keamanan cyber dan menarik perhatian orang perihal resiko dan perangkap yang sebaiknya dihindari.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar