Kerja aman dari rumah selama krisis virus corona

work-safely-from-home

Berkat perkembangan teknologi jaman sekarang, bekerja jarak jauh atau dari rumah bukan lagi masalah bagi banyak orang. Sekarang banyak profesi yang hanya membutuhkan laptop dan koneksi internet. Orang-orang memiliki beragam alasan mengapa mereka bekerja dari rumah. Saat ini, virus corona menjadi alasan utama. Namun, sangat mungkin bahwa aktivitas kerja dari rumah, baik karena diharuskan atau berdasarkan pilihan, akan meningkat intensitasnya beberapa tahun ke depan.

Hal yang sering diabaikan, sayangnya, adalah sejumlah resiko keamanan cyber dapat mengancam aktivitas kerja dari rumah. Jaringan dan komputer di rumah pada dasarnya tidak seaman yang ditawarkan di lingkungan perusahaan. Mayoritas perusahaan (besar) memiliki jaringan pengaman tambahan dan sistem komputer yang dijaga dengan aman. Banyak perusahaan yang juga memiliki departemen IT untuk selalu melakukan pengawasan akan sistem perusahaan dan memastikan semuanya tetap aman.

Karena sekarang Anda akan bekerja dari rumah, Anda juga perlu memastikan bahwa aktivitas Anda tetap aman dan tidak ada kebocoran data yang terjadi, contohnya di mana peretas mendapatkan akses ke data perusahaan atau pelanggan Anda.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan instruksi tahapan cara bekerja dari rumah dengan aman. Berguna selama masa krisis virus corona ini, namun juga untuk masa yang akan datang.

1. Gunakan alat kolaborasi

VPN-Privacy-Safe-Internet-CybersecuritySelama bekerja jarak jauh, mayoritas dari diskusi dan pertemuan dilaksanakan online. Akibatnya, alat kolaborasi yang aman perlu digunakan. Banyak perusahaan yang menggunakan konferensi video untuk melaksanakan pertemuan. Hal ini banyak diminati karena orang-orang dapat melihat satu sama lain saat berbicara, sama halnya seperti pertemuan di ruang rapat perusahaan. Ada beberapa opsi untuk melaksanakan video call yang aman, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Adapun program yang hanya mengijinkan komunikasi via chat atau audio. Berikut beberapa opsi populer saat ini. Semua program yang disebutkan di bawah menawarkan fungsi screen sharing, kecuali WhatsApp.

NAMAHARGA PER BULANPRIVASIJUMLAH MAKSIMAL PARTISIPAN DALAM VIDEO CALLUPAYA KEAMANAN
WickrGratis/$4,99-$25,00Good30 (50 dengan versi berbayar)End-to-end-encryption
Wire€4,00-€8,00Good10End-to-end-encryption
JamiGratisGood4TLS 1.3 + RSA-key
SkypeGratisBad50Enkripsi TLS + AES 256-bit
Google HangoutsGratisBad150TIDAK ADA end-to-end-encryption
Microsoft TeamsGratis/€4,20Bad5000Wajib autentikasi dua faktor
WherebyGratis/$9,99Mediocre4 (12 sampai 50 dengan versi berbayar)DTLS-SRTP dan end-to-end-encryption
ZoomGratis/€13,99Bad100 (maksimum 40 menit)Enkripsi TLS + AES 256-bit
EyesonGratis/$9-$299Mediocre4-100SSL/TLS + DTLS/SRTP
WhatsAppGratisBad4End-to-end-encryption
WebExGratis/$9-$299Bad1000End-to-end-encryption
SlackGratis/€6,23-€11,75Mediocre15 (program langganan berbayar)EKM + DLP
MiroGratis/$8-$16Good2-50Enkripsi SSL/TLS + AES 256-bit
Join.meGratis/€9-€24Good5-250Enkripsi 256-bit TLS

Penting untuk mempertimbangkan opsi Anda sebelum akhirnya memilih salah satu program di atas. Perhatikan semua kemungkinan yang disediakan oleh perangkat lunaknya dan pertimbangkan kekurangannya, terutama dalam aspek keamanan dan privasi. Penjelasan lengkap tentang cara kami menentukan peringkat bagi beragam jasa pada tabel di atas dapat ditemukan di artikel kami tentang program konferensi video aman terbaik dan paling aman.

2. Amankan koneksi Anda dengan VPN

VPN-connection-internetMayoritas orang sudah paham bahwa mereka perlu untuk mengamankan koneksi jaringan publik dengan VPN. Hal ini juga berlaku untuk koneksi internet di rumah. Seperti karingan publik, koneksi internet di rumah tidak terenkripsi secara otomatis. Maka, peretas dapat mencegat data atau meletakkan malware dalam sistem Anda. Adapun resiko yang tinggi bagi koneksi internet di rumah untuk disadap dan akibatnya data perusahaan atau pribadi bisa dicuri. Lebih dari itu, dengan adanya GDPR, hal ini bisa berakhir dengan pemberian denda yang tinggi dan citra negatif di mata publik. Banyak perusahaan yang sudah harus menghadapi konsekuensi itu baru-baru ini.

Untungnya, mayoritas perusahaan memiliki kesadaran akan pentingnya memiliki jaringan yang aman. Banyak perusahaan (besar) jaman sekarang yang menggunakan VPN khusus bisnis, seperti Cisco, untuk melindungi jaringan perusahaan mereka supaya karyawan yang bekerja jarak jauh atau dari rumah tetap dapat log in secara aman. Namun, VPN bisnis bukanlah pilihan yang terjangkau atau menguntungkan bagi semua perusahaan. Khususnya untuk bisnis-bisnis kecil yang karyawannya (untuk sementara) bekerja dari rumah, VPN pribadi menjadi solusi alternatif yang bagus.

Seperti VPN yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, VPN pribadi juga menawarkan terowongan VPN yang aman dan sistem enkripsi traffic data supaya semuanya tetap aman. Untuk karyawan bisnis kecil yang ingin bekerja dari rumah dengan aman, berikut dua penyedis VPN yang mungkin diminati:

ExpressVPN: VPN terbaik secara keseluruhan menurun hasil uji coba kami

ExpressVPN telah menjadi jasa yang terpercaya di pasar VPN cukup lama. Terdapat beberapa poin yang harus dipertimbangkan saat memilih VPN. Hal ini mencakup keamanan dari protokol enkripsi yang digunakan, begitu juga dengan kecepatan dan kemudahan penggunaan. Kami menyarankan ExpressVPN untuk yang bekerja jarak jauh dan ingin VPN yang memungkinkan mereka untuk bekerja secara aman, cepat, dan efisien. Menurut uji coba kecepatan kami, ExpressVPN adalah VPN tercepat yang ada saat ini. Selain itu, VPN ini juga menawarkan protokol enkripsi yang luar biasa dan sangat aman, seperti OpenVPN UDP (otomatis terpasang) dan OpenVPN TCP.

Hal yang membuat ExpressVPN unik dalam aspek privasi adalah Trusted Server Technology yang dimilikinya. Berkat teknologi ini, ExpressVPN hanya menggunakan volatile Random Access Memory (RAM) untuk server mereka dan tidak untuk hard drive mereka, seperti penyedia VPN lainnya. RAM membutuhkan tenaga untuk menyimpan data. Maka dengan teknologi ini, setiap kali server ExpressVPN dinyalakan atau dimatikan, semua data yang tersimpan di dalamnya akan terhapus. Teknologi ini memungkinkan ExpressVPN untuk menawarkan perlindungan yang ekstra kuat untuk data perusahaan supaya aman dari peretas server, contohnya.

Efisiensi dan keamanannya membuat ExpressVPN cocok untuk semua jenis profesi. Baik Anda merupakan seorang pembuat film yang secara reguler mengunduh file video berukuran besar dari cloud, atau seorang akuntan yang perlu melindungi data keuangan klien Anda, ExpressVPN dapat menyediakan koneksi internet yang aman untuk Anda. Cek hasil uji coba ExpressVPN kami.

ExpressVPN
Penawaran:
Dapatkan diskon langganan tahunan + garansi 30 hari uang kembali!
Dari
$6.67
8.9
  • VPN yang mudah digunakan
  • Cocok untuk browsing, pengunduhan, dan streaming secara anonim (contohnya Netflix)
  • 3000+ server di 94 negara
Kunjungi ExpressVPN

Surfshark: VPN murah terbaik untuk pekerja jarak jauh

Surfshark, sama seperti ExpressVPN, adalah VPN yang cepat dan aman. Namun, VPN ini menawarkan dua kelebihan utama, yaitu harga dan jumlah koneksi. Surfshark adalah salah satu penyedia VPN premium termurah. Selain itu, sebuah grup kecil dapat bekerja dari rumah dengan aman menggunakan program langganan berkelompok yang ditawarkannnya. Jumlah koneksinya tidak terbatas, asalkan penggunaan Surfshark tetap sesuai dengan kebijakan penggunaan yang ditetapkan oleh Surfshark.

Perbedaan utama dari Surfshark dan ExpressVPN adalah kecepatan dan ketersediaan opsi. ExpressVPN sedikit lebih cepat dan memiliki beberapa opsi khusus yang tidak dimiliki Surfshark. Opsi-opsi ini mencakup Trusted Server Technology yang kami sebutkan sebelumnya dan juga ketentuan server yang telah digelapkan (server yang dapat melampaui batas-batas internet terntentu) untuk digunakan di Cina. Namun, Surfshark tetep menawarkan semua hal yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan kecil dan sering kali menjadi pilihan VPN yang lebih baik mengingat modal yang dimiliki juga lebih kecil.

Surfshark
Penawaran:
Internet aman dan anonim hanya dengan modal $2,30 per bulan
Dari
$2.30
9.0
  • Sangat ramah konsumen serta bisa bekerja dengan Netflix dan torrent
  • Garansi 30 hari uang kembali. Tanpa syarat tambahan!
  • Harga murah dengan banyak pilihan tambahan
Kunjungi Surfshark

Gunakan 4G sebagai alternatif dari koneksi internet di rumah

Beberapa orang bergantung pada jaringan mobile mereka saat bekerja dari rumah untuk membuat hotspot yang terhubung ke laptop mereka. Bekerja dengan koneksi 4G tentunya adalah opsi yang bagus untuk banyak orang, terutama mengingat kecepatan internet yang ditawarkan jaman sekarang. Pastinya, Anda perlu memastikan bahwa data yang Anda miliki cukup (lebih baik lagi jika jumlahnya tidak terbatas). Banyak penyedia yang memungkinkan Anda untuk mengatur jumlah kuota Anda per bulannya. Jika sepertinya Anda akan menggunakan lebih banyak data dibanding biasanya dan tidak melihat adanya kemungkinan untuk menggunakan koneksi tetap selama sementara waktu ini, maka ada baiknya untuk meningkatkan jumlah kuota Anda beberapa bulan ke depan.

3. Perbaharui sistem operasi dan perangkat lunak Anda

computer-updatePembaharuan sistem Anda mungkin kelihatannya tidak penting dan terlalu sulit. Namun sebenarnya yang terjadi adalah kebalikannya. Dalam prakteknya, proses pembaharuan adalah tahapan yang sederhana namun penting, karena akan membantu perlindungan virus dan peretas. Tugas untuk menemukan gangguan dan kerentanan dalam sistem perangkat lunak umumnya dilakukan oleh pihak perancang yaitu perusahaan melalui proses pembaharuan, maka peretas dan pelaku kriminal cyber tidak dapat memanfaatkan situasi tersebut. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda selalu menyempatkan waktu untuk memperbaharui sistem Anda.

Bagaimana caranya memastikan bahwa sistem operasi Anda diperbaharui sepenuhnya? Untungnya, relatif mudah untuk memeriksanya. Di bawah ini, kami menjelaskan cara memeriksa sistem operasi yang paling banyak digunakan, yaitu Windows, Mac, Android dan iOS.

Cara perbaharui Microsoft Windows:

  1. Klik logo Windows di kiri bawah layar Anda.
  2. Pilih Pengaturan dengan cara klik icon roda gigi
  3. Klik “Pembaharuan & Keamanan”. Di sana Anda dapat memerika status pembaharuan dari sistem perangkat lunak Anda.
  4. Jika perlu, klik “Unduh” untuk langsung mengnuduh pembaharuan terakhir yang ada.

Cara perbaharui Mac OSx:

  1. Dalam menu Apple, klik “Preferensi Sistem”.
  2. Klik “Pembaharuan Perangkat Lunak”. Jika pembaharuan tersedia, maka akan diberi tahu di sini.
  3. Klik tombol “Perbaharui Sekarang” untuk memasang pembaharuan terakhir.

Cara perbaharui perangkat Android:

  1. Buka aplikasi Pengaturan di perangkat Android Anda.
  2. Pilih “Sistem”, lalu “Lanjutan” dan terakhir “Pembaharuan Sistem
  3. Status pembaharuan Anda akan terlihat di layar. Ikuti tahapannya untuk memperbaharui sistem Anda.

Cara perbaharui perangkat iOS:

  1. Buka Pengaturan di iPhone atau iPad Anda.
  2. Pilih “Umum” lalu “Pembaharuan Perangkat Lunak”.
  3. Jika tersedia pembaharuan, Anda dapat langsung memasangnya.

Sama seperti sistem operasi Anda, perangkat lunak Anda juga perlu diperbaharui. Mayoritas perangkat lunak di Windows dan OSx akan secara otomatis mengingatkan Anda atau memasang pembaharuan saat sudah tersedia. Di pengaturan, Anda sendiri juga dapat mencari pembaharuan.

Untuk memperbaharui aplikasi di perangkat Android Anda, buka Play Store dan lihat menu di bawah “Aplikasi dan Game Saya”.

Untuk memperbaharui aplikasi di perangkat iOS, buka App Store dan pilih “Hari ini” di bawah layar Anda. Lalu, tekan simbol profil Anda yang berada di atas layar dan turun ke bawah untuk melihat aplikasi-aplikasi yang dapat diperbaharui.

Terakhir, kami sangat tidak menyarankan adanya penggunaan (pengunduhan) perangkat lunak ilegal. Perangkat lunak ini sering kali berisi virus atau backdoors yang dibuat oleh peretas.

4. Gunakan alat pendeteksi virus yang bagus untuk PC dan smartphone Anda

Tentunya ada kemungkinan bahwa atasan Anda sudah menyediakan alat-alat aman untuk membantu pekerjaan Anda, contohnya laptop kerja yang bagus, perangkat lunak anti-malware yang diperbaharui. Namun, pada prakteknya banyak kasus di mana orang-orang harus menggunakan laptop lama mereka yang kemungkinan besar tidak memiliki sistem perlindungan terbaru. Perangkat lunak antivirus dan anti-malware yang bagus sangat penting, khususnya untuk alat yang perlu digunakan saat bekerja. Menurut Cyber Security Monitor 2019, laporan tahunan CBS Belanda (Central Bureau of Statistics) tentang keamanan cyber, sekitar 30% dari semua perusahaan besar di Belanda (yaitu yang memiliki 500 karyawan atau lebih) dan 20% perusahaan kecil pernah mengalami serangan cyber di tahun 2019. Dalam kondisi seperti itu, Anda tidak dapat aman tanpa adanya sistem perlindungan yang memadai.

Perangkat lunak antivirus bagus yang gratis dan berbayar

Terdapat beberapa penyedia perangkat lunak di pasar yang menawarkan perangkat lunak antivirus gratis namun terandalkan. Alat pendeteksi antivirus gratis yang bagus, dan bekerja di Windows, Mac, Android, dan iOS, adalah AVG AntiVirus Free. Jika Anda memilih untuk menggunakan perangkat lunak antivirus berbayar, kami saat ini menyarankan Bitdefender. Penyedia perangkat lunak berhasil mendapatkan nilai yang bagus di banyak uji coba independen dan juga uji perbandingan.

5. Pasang firewall yang bagus di PC dan smartphone Anda

firewall-laptopSelain alat pendeteksi virus yang bagus, penting bagi Anda untuk memiliki firewall yang bisa diandalkan. Sebuah firewall menciptakan, seperti namanya, sebuah tembok di sekitar komputer Anda untuk mencegah masuknya penyusup yang ingin mengakses komputer Anda. Selain itu, berkan firewall, program yang “kekurangan” kecenderungannya lebih kecil untuk membuat koneksi yang tidak diinginkan dengan pihak luar.

Firewall yang terandalkan dan sudah dikonfigurasi menjadi aspek yang sangat penting untuk bekerja dari rumah dengan aman. Bahkan jika Anda log in ke jaringan perusahaan Anda via koneksi yang aman (contohnya via Citrix), Anda tetap perlu kemampuan untuk mencegah peretas supaya tidak mengintai aktivitas Anda di komputer rumah.

Firewalls untuk Windows

Versi lebih baru dari Windows (yaitu sejak Windows 10) memiliki Windows Defender, yaitu firewall bawaan dari Microsoft. Windows Defender dikenal sebagai firewall yang cukup kuat, dan seharusnya berguna di kebanyakan kasus. Jika Anda ingin opsi dengan keamanan ekstra, kami menyarankan Anda untuk mencari perangkat lunak bagus yang menyediakan paket antivirus dan firewall sekaligus, seperti Bitdefender atau versi berbayar AVG.

Firewalls untuk OSx (Macbook dan Mac)

Apple juga menyediakan firewall bawaan yang bagus dengan sistem operasi OSx mereka. Dalam kebanyakan kasus, perangkat lunak firewall ini sudah cukup. Untuk mengaktifkan firewall Apple, Anda perlu melalui beberapa tahapan di bawah ini:

  1. Dari menu Apple, pilih “Preferensi Sistem”.
  2. Klik “Keamanan” atau “Keamanan & Privasi”.
  3. Klik bagian “Firewall”.
  4. Buka kunci panel dengan cara klik gembok yang berada di kiri bawah dan masukan nama administrator beserta kata sandi.
  5. Klik “Aktifkan firewall” atau “Mulai” untuk menghidupkan firewall.
  6. Klik “Lanjutan” untuk menyesuaikan konfigurasi firewall.

6. Gunakan ruang penyimpanan cloud yang aman

laptop-with-lockPastikan Anda membuat data cadangan secara teratur, idealnya cadangan ganda, yang disimpan di dua tempat yang berbeda. Dengan begitu, jika perusahaan Anda contohnya menjadi target dari serangan ransomware, Anda tidak akan kehilangan semuanya. Dengan data cadangan terbaru, Anda dapat mengembalikan kami sistem Anda dengan mudah.

Bijak untuk menyimpan data cadangan secara lokal dan satu lagi di cloud. Pastikan data cadangan lokal disimpan, contohnya, di hard drive eksternal yang dilindungi sepenuhnya dengan kata sandi yang kuat.

Selain itu, bijak juga untuk menyimpan data cadangan di cloud. Ada beberapa jasa ruang penyimpanan cloud yang dapat dipilih. Namun, apapun jasa cloud yang Anda pilih, selalu pastikan bahwa akun Anda terlindungi oleh kata sandi yang kuat dan jika memungkinkan proses autentikasi dua faktor. Di bawah ini, Anda akan menemukan beberapa pilihan aman yang dapat dengan mudah Anda pasang di rumah.

NamePrice per monthStorageSecurity measures
Google DriveTersedia versi gratis dan berbayarGratis 15GB256-bit SSL/TLS dan 128-bit AES
OneDriveTersedia versi gratis dan berbayarGratis 5GBTIDAK ADA ruang penyimpanan yang terenkripsi, koneksi SSL yang terenkripsi
DropboxTersedia versi gratis dan berbayarGratis 2GB128-bit SSL/TLS dan 256-bit AES
SpiderOakMulai dari €6/bulanMulai dari 150GBEnd-to-end-encryption
MegaTersedia versi gratis dan berbayarGratis 50GBEnd-to-end-encryption

Google Drive

Cloud-Service-Google-Drive-Logo-150x150Google Drive menyimpan file Anda menggunakan enkripsi kunci AES 128-bit yang merupakan fitur bawaan. Selain itu, koneksi dari dan ke server Google Drive dienkripsi menggunakan 256-bit SSL/TLS, yang merupakan standar bagus saat ini. Lalu, dalam Google Drive, Anda juga dapat dengan mudah berkolaborasi dengan kolega menggunakan Google Docs. Tanpa program langganan, Anda mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 15 GB, yang lebih dari cukup untuk banyak orang.

OneDrive

onedrive_logo_200x200-min-138x138OneDrive tidak menggunakan enkripsi bawaan untuk menyimpan file. Namun, koneksi dari dan ke server OneDruve menggunakan enkripsi SSL. Satu kelebihan yang dimiliki OneDrive dibanding Google Drive adalah OneDrve memungkinkan Anda untuk menyesuaikan dokumen dari dalam browser Anda secara mudah. Tanpa program langganan, OneDrive memberikan Anda ruang penyimpan sebesar 5 GB. Untuk program langganan $2/bulan, Anda akan mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 10 GB dan untuk $ 7/bulan Anda akan mendapatkan paket lanjutan yang mencakup ruang penyimpanan sebesar 1 TB dan seluruh jasa yang ditawarkan Office Suite.

Dropbox

dropbox_logo_200x200-min-138x138Dropbox adalah salah satu jasa ruang penyimpanan cloud paling populer yang ada saat ini. Keuntungan dari Dropbox adalah Anda diperbolehkan untuk berbagi dokumen dengan orang lain yang juga menggunakan jasa ini secara mudah. Lebih dari itu, koneksi dari dan ke server Dropbox dilindungi dengan enkripsi AES 128-bit SSL/TLS. Dengan versi gratis dari Dropbox, Anda akan mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 2 GB. Untuk € 9,99, Anda akan mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 2 TB.

SpiderOak

spideroak_logo-138x138Penyedia jasa SpiderOak One Backup menyediakan cara aman untuk memiliki data cadangan dengan mudah dan menggunakan enkripsi end-to-end sebagai pelindung privasi Anda. SpiderOak memiliki versi uji coba yang dapat Anda gunakan secara gratis selama 21 hari. Setelah periode uji coba berakhir, penawaran termurah mereka berharga € 6/bulan untuk ruang penyimpanan sebesar 150 GB.

Mega

mega_logo_200x200-min-138x138Mega didirikan oleh Kim Dotcom, seorang cult hero internet yang telah berkomitmen selama bertahun-tahun terhadap kebebasan internet. Alhasil, Mega dirancang dengan pertimbangan mengenai privasi dan menggunakan enkripsi end-to-end untuk mengenkripsi semua file Anda secara benar. Keuntungan dari Mega adalah Anda dapat memulai dengan versi gratis, yang menyediakan ruang penyimpanan sebesar 50 GB. Lebih dari itu, Anda hanya perlu membayar € 4.99 per bualn untuk ruang penyimpanan sebesar 400 GB.

Dengan menyimpan data cadangan Anda secara lokal dan juga di cloud, Anda telah memastikan bahwa kemungkinkan Anda untuk kehilangan data pekerjaan akibat alasan apapun semakin kecil. Jangan lupa untuk melindungi ruang penyimpanan Anda dengan baik supaya data cadangan Anda dan file lainnya tidak terbuka untuk diserang oleh peretas. Jika berminat, Anda dapat membaca lebih banyak tentang opsi ruang penyimpanan cloud teraman.

7. Gunakan kata sandi yang kuat dan manager kata sandi

Penggunaan kata sandi yang kuat dan aman itu penting. Hanya dengan kelalaian satu karyawan saja yang menggunakan kata sandi lemah, seluruh jaringan akan melemah dan mampu berakibat buruk terhadap keseluruhan perusahaan. Maka dari itu kebijakan kata sandi yang benar menjadi kunci.

Selalu gunakan kata sandi yang kuat, aman, dan unik dan jangan pernah menggunakan kata sandi yang sama di lebih dari satu platform.

Apa Anda kesusahan mengingat kata sandi dari semua akun Anda? Tenang, Anda tidak sendiri. Untungnya, jika hal ini terjadi, Anda dapat menggunakan manager kata sandi seperti Remembear atau Blur. Alat-alat ini menyimpan semua kata sandi Anda di tempat yang aman, sehingga Anda tidak perlu lagi mengingat semuanya. Lebih dari itu, Anda dapat mengakses semua aplikasi Anda hanya dengan satu klik.

8. Hati-hati terhadap phishing (terkait corona)

phishing-hook-with-passwordHal yang harus diperhatikan adalah banyakanya pelaku kriminal cyber yang sengaja menjadikan pekerja jarak jauh sebagai target. Taktik yang biasanya digunakan adalah phishing email. Contoh dari email jenis ini adalah kedok phishing email dari World Health Organization untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang COVID-19. Tentu, Anda sebaiknya tidak pernah merespon pesan-pesan seperti ini atau menekan kiriman tautan apapun.

Phishing email adalah salah satu metode paling umum yang digunakan oleh pelaku kriminal cyber untuk menanamkan virus di komputer korbannya dengan menggunakan malware. Phishing email juga digunakan untuk menipu korban supaya memberikan data sensitif. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah para penjahat cyber tersebut menggunakan phishing email seperti contoh di atas untuk menyebarkan virus ke komputer Anda, contohnya dengan spyware yang berbahaya supaya informasi sensitif konsumen Anda dapat dicuri.

9. Rawat ruang kerja Anda

Keamanan online mencakup hal yang lebih dari sekedar mengatur komputer Anda dengan benar. Masalah dapat terjadi terhadap hal-hal yang tidak berkaitan dengan perangkat elektronik. Contohnya, jangan pernah menulis kata sandi Anda di kertas. Jika kertas ini sampai di tangan yang salah, keamanan sistem Anda akan terancam. Selain itu, tidak disarankan bagi Anda untuk menyimpan data cadangan dalam bentuk fisik, contohnya dalam perangkat seperti hard drive eksternal, yang letaknya berdekatan dengan komputer Anda. Mungkin hal ini terdengar ekstrim, namun saat terjadi kebakaran, komputer dan data cadangan Anda dapat hangus terbakar.

10. Kesimpulan: bekerja dari rumah menarik namun memiliki resiko

Dalam banyak kasus, bekerja dari rumah menawarkan solusi alternatif yang menarik bagi orang-orang yang biasanya bekerja di kantor. Khususnya saat masa-masa krisis, seperti sekarang dengan adanya virus corona, bekerja jarak jauh menjadi opsi yang baik untuk banyak orang. Sayangnya, seperti yang telah kita lihat, terdapat beberapa resiko tertentu yang datang dengan aktivitas ini. Pastikan sistem komputer Anda sudah diperbaharui dan dilindungi dengan alat pendeteksi virus serta firewall. Selalu amankan koneksi internet Anda menggunakan VPN yang bagus. Terakhir, pastikan bahwa Anda memiliki sistem data cadangan yang aman dan hati-hati terhadap phishing dan kriminal cyber.

Kerja aman dari rumah: Tanya Jawab

Bagaimana cara bekerja dengan aman dari rumah? Apa yang sebaiknya Anda pertimbangkan? Klik tanya jawab kami di bawah ini untuk mendapatkan informasinya.

Ada beberapa platform yang menawarkan jasa online untuk melaksanakan video call atau chat. Opsi bagus dan aman saat ini adalah Microsoft Teams, Whereby, Eyeson, dan mungkin Skype.

Ada beberapa poin yang harus diingat sebelum Anda mulai bekerja dari rumah secara efektif dan aman.

  1. Perbaharui sistem operasi dan perangkat lunak Anda
  2. Gunakan alat pendeteksi virus yang bagus
  3. Pastikan Anda memiliki firewall yang bagus
  4. Amankan jaringan Anda dengan VPN
  5. Gunakan alat kolaborasi yang aman
  6. Pilih ruang penyimpanan cloud yang aman
  7. Gunakan kata sandi yang kuat dan unik
  8. Hati-hati terhadap Phishing
  9. Rawat ruang kerja Anda

VPN mengamankan traffic data Anda. Artinya pihak ketiga tidak dapat mencegat dan melihat data perusahaan yang sensitif saat Anda sedang mengirimkan atau menerimanya dari tempat kerja. Selain keamanan tambahan, VPN juga menyediakan privasi dan kebebasan lebih di web. ExpressVPN dan Surfshark adalah pilihan-pilihan bagus untuk orang yang bekerja dari rumah.

Windows 10 memiliki firewall yang bernama Windows Defender secara otomatis. Lebih dari itu, program antivirus yang bagus juga sering mencakup fitur firewall. Kami menyarankan Bitdefender dan AVG untuk ini.

Penulis
Analis keamanan cyber
David adalah seorang analis keamanan cyber dan salah satu pendiri VPNoverview.com. Tertarik dengan fenomena “identitas digital”, dan khususnya peduli dengan hak atas privasi serta perlindungan data pribadi
Penulis
Jurnalis seputar teknologi
Nathan adalah seorang jurnalis dengan pengalaman pelatihan internasional dan tertarik dengan upaya pencegahan cybercrime, khususnya jika melibatkan kelompok yang riskan menjadi korban. Di VPNoverview.com, Nathan melakukan riset perihal keamanan cyber, sensor internet, dan privasi online.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar