Ulasan Kaspersky: Apa Perangkat Lunak Antivirus Ini Sesuai dengan Reputasinya?

Review star bar, magnifier, Kaspersky logo and star showing total review score

Kaspersky Internet Security adalah solusi antivirus dari penyedia keamanan cyber asal Rusia yaitu Kaspersky, yang sebelumnya dikenal dengan nama Kaspersky Lab. Kaspersky dikenal sebagai salah satu penyedia keamanan cyber terbesar, termasuk dengan perusahaan-perusahaan seperti Symantec, Sophos and McAfee. Ini alasan mengapa kami telah menyelidiki tarif Kaspersky, dan membandingkannya dengan penyedia antivirus lain seperti AVG, Avast, Avira dan Bitdefender. Di bawah ini kami menjelaskan penemuan kami.

Paket dan Harga Kaspersky

Kaspersky menawarkan tiga paket antivirus dengan program dan fitur yang berbeda, layanannya tidak hanya melindungi Anda dari virus dan malware, tapi juga menjaga, contohnya, pembayaran online dan privasi Anda. Tentunya, ketiga paket ini menawarkan sebuah fungsi pemindaian; baik itu pemindaian singkat, pemindaian lengkap, pemindaian folder atau subfolder pilihan Anda, atau pemindaian perangkat eksternal – USB, contohnya.

Lihat di bawah ini untuk mengetahui rangkuman paket yang ditawarkan Kaspersky.

Kaspersky Anti-Virus
(Fungsi Dasar)
Kaspersky Internet Security (Fungsi Tambahan)Kaspersky Total Security
(Fungsi Tambahan)
Perlindungan langsung dari virus dan malwareMelindungi lebih dari satu perangkat – di PC, Mac dan mobileSafe Kids: termasuk pemblokir “konten buruk”, pelacak GPC dan hal lainnya
Pemindai virusPerlindungan pembayaran online melalui browsing yang terenkripsiPengelola dan sinkronisasi kata sandi
Perlindungan performaPerlindungan phishingPerlindungan file termasuk back-up – hanya PC
Firewall

Fitur-fitur antivirus langsung dicakup dalam paket Anti-Virus dan Internet Security. Dalam ulasan ini, kami akan fokus pada kedua paket ini. Hanya untuk mengklarifikasi: paket Kaspersky Total Security juga menawarkan pilihan dua paket lainnya dan Kaspersky Internet Security juga menawarkan fitur-fitur Anti-Virus Kaspersky. Dalam ulasan ini, kami akan melihat tingkat ramah konsumen dan kualitas keseluruhan dan, tentunya, keamanan. Saat artikel ini ditulis, harga Kaspersky adalah sebagai berikut:

Kaspersky prices

Ingin langsung membeli langganan untuk salah satu paket Kaspersky? Klik tombol di bawah ini untuk mengunjungi situs penyedia antivirus premium ini.

Kunjungi Kaspersky

Keamanan: Seberapa Baik Kaspersky dalam Melindungi Komputer Anda?

Untuk perlindungan langsung Kaspersky bergantung pada firewall, yang mengatur jika traffic internet tertentu diizinkan atau tidak. Selain itu, semua data yang akan masuk secara otomatis dipindai. Data ini bisa datang dari internet, tapi juga dari sumber-sumber lain, seperti stik USB, contohnya. Fungsi pemindaian juga memeriksa aktivitas semua program yang dipasang, untuk mencegah mereka supaya tidak melakukan hal-hal yang berbahaya.

Tentunya, peminaian yang direncanakan maupuan yang dilakukan oleh pengguna juga bisa dilakukan, mulai dari pemindaian singkat sampai pemindaian keseluruhan sistem. Anda akan membaca lebih banyak tentang ini di bagian “Kecepatan dan Performa”. Untuk menilai tingkat perlindungan dari malware dan file berbahaya lain yang masuk ke PC Anda, kami telah menghitung rata-rata berdasarkan hasil tes AV-Comparatives, sebuah firma riset yang unggul untuk penyedia perangkat lunak antivirus. Penyedia-penyedia di bawah rata-rata ini mendapatkan penilaian yang lebih rendah untuk keamanan dan vice versa.

Lebih dari itu, kami mempertimbangkan seberapa lengkap fitur-fitur Kaspersky dibanding penyedia lain, dan seberapa banyak manfaat yang ditawarkan mengingat harga yang perlu dibayar oleh pengguna. Dalam kasus Kaspersky, fungsionalitasnya cukup ekstensif. Meskipun begitu, sebagian besar penyedia antivirus dengan rentang penawaran harga yang sama juga sebanding dalam aspek fungsionalitas yang mereka tawarkan.

Sub-fungsi spesifik

Beberapa sub-fungsionalitasnya benar-benar bonus yang bagus. On-screen keyboard, contohnya, yang melindungi Anda untuk melawan keyloggers. Bukannya mengetik di keyboard biasa, Anda tinggal menggunakan keyboard di layar untuk memasukkan informasi sensitif, seperti rincian login online banking Anda.

Anda juga bisa menambahkan situs-situs tertentu ke dalam daftar “Safe Money”. Dengan begitu Kaspersky secara otomatis akan membuka situs ini dalam mode Protected Browser dan lalu melindungi proses pembayaran yang dilakukan melalui situs tersebut. Metode ini dirasa sedikit lebih aman dibanding perlindungan yang, contohnya, ditawarkan AVG. Dalam kasus ini, fitur “Payments protection” memblokir situs-situs palsu dan tiruan yang tidak aman.

Fitur keamanan lain yang menarik adalah “System Watcher”. Komponen program ini mencegah ransomware atau program berbahaya lain yang mengunci PC Anda sehingga tidak bisa membuat perubahan. Komponen ini juga memindai sistem Anda untuk mencari serangan jaringan, sehingga mereka bisa dihentikan sebelum sampai ke perangkat Anda.

Fitur anti penipuan

Saat berbicara tentang privasi dan anti penipuan, Kaspersky menawarkan perlindungan dari pengumpulan data oleh situs-situs, begitu juga perlindungan dari pengambil alihan webcam Anda oleh pihak ketiga. Anda juga punya pilihan untuk menyalakan filter anti-banner, guna mematikan tampilan iklan-iklan yang mengganggu. Lebih dari itu, ada sebuah fitur untuk melawan phishing via pesan teks dan email. Kasperky menggunakan basis data ekstensif untuk secara otomatis mengenali pesan phishing di program-program email seperti Outlook.

Performa dan kemudahan penggunaan

Kaspersky juga memiliki beberapa fungsi yang menambah tingkat kemudahaan penggunaan di PC Anda dan performanya. Mode gaming, contohnya, memastikan bahwa Anda tidak akan diganggu oleh notifikasi antivirus saat sedang gaming. Lebih dari itu, tidak ada jadwal aktivitas antivirus yang akan dilakukan pada saat baterai lemah. Di atas itu semua, perangkat lunak Kaspersky tidak akan mempengaruhi performa PC Anda secara drastis.

Tingkat keamanan: nilai

Di uji penggunaan kami, kami langsung menyadari bahwa kapabilitias perlindungan langsung Kaspersky luar biasa. Kami mencoba untuk mengunduh file yang diuji, yang disamarkan sebagai malware untuk pemindai antivirus. Setiap kalinya kami langsung mendapat notifikasi. Jadi, pengguna akan langsung sadar bahwa ada suatu masalah. Di sebagian besar kasus, file-file diblokir di browser.

Kaspersky blocks virus test file message

Di tes AV-Comparatives, Kaspersky dapat melawan 99,9% dari semua ancaman yang ada, tanpa false positives. False positives merupakan file yang secara keliru diberi label ancaman, yang akan mengganggu pada nyatanya, saat Anda ingin mengunduh file yang tidak berbahaya tersebut.

Oleh karena perlindungan 99,9% ancaman Kaspersky, fungsi ekstensifnya dan fakta bahwa program ini tidak menghasilkan false positives sama sekali, kami memberi keamanan Kaspersky nilai 9,5. Ini merupakan salah satu nilai paling bagus di antara semua solusi antivirus yang sudah kami ulas.

Kebijakan Privasi: Bagaimana Cara Kaspersky Menangani Data Anda?

Saat kami melihat aspek privasi, kami bukan hanya mempertimbangkan kapabilitas perlindungan privasi dari Kaspersky saja, tapi juga kebijakan privasi perusahaannya. Dulu, pernah ada beberapa isu, seperti skrip tertentu di halaman web yang dapat dieksploitasi untuk mencuri data. Tidak ditemukan bukti terjadinya penyalahgunaan. Namun, kami memutuskan untuk tetap melihat kebijakan privasi Kaspersky dengan baik.

Kebijakan privasi Kaspersky menyatakan beberapa kali bahwa mereka memberikan pengguna kemungkinan untuk tidak mengikuti “sebagian besar” bentuk pengumpulan data. Tentunya ada situasi yang berbeda-beda di mana Anda bisa mengindikasikan jika Anda ingin mengirim data Anda ke Kaspersky atau tidak. Contohnya, saat ingin mendapatkan buletin mereka, tapi juga untuk tujuan pemasaran dan personalisasi.

Sayangnya, terkadang memilih untuk tidak ikut serta artinya Anda tidak bisa menggunakan perangkat lunaknya. Maka, pada akhirnya, pengguna setuju dan Kaspersky secara sah diperbolehkan untuk mengumpulkan data dari pengguna yang setuju dengan kebijakan privasi mereka:

“Namun, jika Anda tidak menyediakan data pribadi saat diminat, Anda tidak bisa lagi mendapatkan manfaat dari produk-produk lengkap Kaspersky Lab dan layanannya dan kami tidak dapat menyediakan Anda informasi tentang produk, layanan, dan promosi.”

Selain itu, beberapa pemerintah telah melarang penggunaan Kaspersky Antivirus di, contohnya, jaringan agensi federal. Bukan karena ada alasan untuk mencurigai perusahaan Rusai akan spionase, tapi karena perusahaannya berbasis di Rusia dan maka dari itu perlu mengikuti peraturan untuk membantu layanan intelijen Rusia jika diminta. Secara tidak langsung, hal ini tentunya mempengaruhi privasi pengguna.

Penyebaran data Anda jauh dari kata ideal, tapi pada dasarnya, ini merupakan cara bagi penyedia untuk bisa meningkatkan perlindungan mereka. Jadi hati-hati akan apa yang Anda setujui terkait penyebaran data saat menggunakan Kaspersky Internet Security. Kesimpulannya, kami memberi Kaspersky nilai 7,5 untuk kebijakan privasi mereka, karena belum ditemukan bukti penyalah gunaan dan karena kebijakan privasi mereka dengan jelas menyebutkan perihal pengumpulan data.

Kemudahan Penggunaan: Seberapa Ramah Konsumen Kaspersky?

Situs Kaspersky terlihat bersih dan profesional. Di beberapa negara, Anda perlu terlebih dahulu memilih apakah Anda pengguna bisnis atau rumah tangga. Di beberapa negara, Anda bisa langsung ke bagian produk-produk. Untuk memasang Kaspersky, klik di bagian konsumen, lalu PC, Mac atau Mobile. Jika Anda klik di bagian PC, contohnya, Anda akan melihat gambaran luas penawaran harga sebagai berikut:

Kaspersky prices

Paket yang telah kami pasang adalah yang di tengah, karena fitur-fiturnya sebanding dengan paket perangkat lunak paling populer dari penyedia lain, seperti AVG, Bitdefender atau Avira. Dengan begitu, perbandingan antara penyedia yang kami lakukan bisa seadil mungkin.

Bagaimana cara saya memasang Kaspersky?

Proses pemasangan Kaspersky sudah jelas, sama halnya dengan banyak program antivirus lain. Setelah Anda melakukan proses pembayaran, alat pemasang akan terunduh secara otomatis. Lalu, Anda hanya perlu menekan “Run”. Setelah Anda melalui proses ini, Kaspersky langsung memindai sistem Anda, setelah munculnya layar awal program.

Kaspersy installation finished screenshot

Anda mungkin perlu mengindikasikan bagian dunia tempat Anda berada supaya Kaspersky dapat bekerja dengan baik sebelum file pemasangan diunduh. Jika situasinya begini, Anda bisa melakukannya di bagian menu drop down seperti yang terlihat di bawah ini. Pastikan untuk memperhatikan jika Anda perlu melakukan tahapan ini, kalau tidak program yang Anda unduh mungkin tidak akan bekerja.

Kaspersky drop-down menu to choose location before installation

Perangkat lunak Kaspersky

Pilihan-pilihan yang Anda miliki dalam perangkat lunak Internet Security milik Kaspersky tidak jauh lebih ekstensif dibanding penyedia lain, tapi perangkat lunaknya terlihat sangat transparan dan navigasinya mudah selama penggunaan. Contohnya, sangat mudah untuk melihat rincian beragam bagian perangkat lunaknya. Dengan menekan tombol pada bagian ini, Anda bisa melihat sekilas apa yang dilindungi dan apa yang tidak.

Hal yang juga sangat ramah konsumen adalah munculnya penjelasan singkat pada layar Anda saat membuka komponen program tertentu untuk pertama kalinya. Dengan “Safe banking”, contohnya, tidak akan langsung jelas dari interface-nya yang standar apa yang bisa Anda lakukan dengan bagian ini, tapi penjelasannya menjelaskan cara penggunaannya. Anda bisa melihat manual penggunaan ini kapan pun dengan menekan tombol “How does it work?”.

Penjelasan ini tidak tampil di bagian Perlindungan Privasi, tapi interface ini sudah jelas. Hal ini mengindikasikan bahwa pengembangnya sudah sangat memikirkan rancangan dari perangkat lunak ini, sehingga Anda tidak akan dihadapkan dengan konten yang mengganggu atau tidak penting.

Menurut kami, perangkat lunaknya secara umum mudah digunakan dan navigasinya mudah. Cukup jelas di mana pilihan-pilihannya dapat ditemukan. Ditambah dengan situsnya yang halus dan proses pemasangannya yang mudah, maka kami memberikan Kaspersky nilai 9,0 untuk kemudahan penggunaan.

Kaspersky interface screenshot

Layanan Pelanggan

Layanan pelanggan Kaspersky dengan bantuan dari staf dapat dihubungi via live chat. Sama dengan banyak penyedia antivirus lainnya, pilihan ini agak tersembunyi di belakang informasi bantuan lainnya di situs mereka. Ada, contohnya, Basis Pengetahuan yang sangat ekstensif, dan pada banyak kasus dapat menyediakan informasi yang Anda perlukan.

Namun, saat kami benar-benar mencoba menghubungi Kaspersky, perlu beberapa waktu sebelum kami bisa menghubungi stafnya. Pilihan ini hanya tersedia bagi mereka yang memiliki akun pengguna. Tapi bahkan setelah itu, Anda perlu menyelesaikan terlalu banyak tahapan.

Anda bisa mengirim permintaan bantuan, di mana Anda akan mendapatkan jawaban melalui email. Selain itu, ada pun pilihan live chat untuk mendapatkan jawaban yang cepat atas pertanyaan Anda. Bisa juga menghubungi via telepon. Namun, nomor teleponnya tidak dapat ditemukan di bagian halaman bantuan dan hanya disebutkan di halaman “About”.

Setelah kami masuk ke live chat, hanya butuh satu menit bagi permasalahn kami untuk dibenahi. Jadi, kecepatan dan efektivitas layanan pelanggan Kaspersky tentunya bagus. Namun, chat kami terpotong secara tiba-tiba setelah kami menjawab “Ya” saat ditanya jika masalah kami sudah terselesaikan, meskipun ada kemungkinan bahwa kami mempunyai masalah lain yang belum sempat disampaikan.

Setelah itu, kami ditanya jika kami ingin mengisi survei tentang kualitas layanan pelanggannya. Jujur, penilaian kami mungkin akan lebih tinggi jika proses menghubungi layanan pelanggan mereka lebih mudah, dan jika kami tidak dipotong secara tiba-tiba. Maka dari itu kami memberi layanan pelanggan Kaspersky nilai 6,5.

Kecepatan dan Performa

Fungsi pemindaian Kaspersky memberikan Anda dua pilihan: pemindaian singkat atau pemindaian lengkap. Pemindaian lengkap membutuhkan 12,30 menit, sedangkan pemindaian singkat hanya membutuhkan 40 detik. Kecepatan ini luar biasa, artinya Anda bisa dengan cepat memindai tanpa mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Performa sistem saat menggunakan Kaspersky tetap baik. Anda benar-benar tidak sadar bahwa sebuah pemindaian sedang dilakukan atau saat perlindungan langsung malware sedang bekerja di belakang perangkat. Proses-proses ini menggunakan total sekitar 110 MB working memory saat bekerja di belakang perangkat. Penggunaan CPU tetap di bawah 2 persen.

Selain memeriksa fakta dan jumlah, kami juga telah menguji secara ekstensif untuk melihat jika program lain tetap stabil saat Kaspersky digunakan. Kami menyimpulkan bahwa, untuk hal ini, hampir sama sekali tidak terlihat bahwa sebuah program antivirus sedang bekerja. Selama pemindaian, penggunaan CPU dan penggunaan working memory naik dengan cepat, tapi hal ini diharapkan dari perlindungan virus yang bagus.

Di atas itu semua, hal ini tidak menghalangi kami saat menggunakan perangkat lunak lain. Meskipun begitu, saat pemindaian lengkap berlangsung komputer kami menjadi sangat hangat dan kipas asingnnya bekerja pada pengaturan yang maksimal. Hal ini adalah kekurangan minor. Kami bisa memikirkan perangkat-perangkat dengan spesifikasi yang lebih buruk dapat rusak akibat muatan sistem yang terlalu banyak.

Performa sistem Kaspersky yang bagus menghasilkan nilai 9 untuk aspek performa dan kecepatan. Kami mengurangi 0,5 poin untuk alasan pemindaian lengkapnya yang intens, yang meminta cukup banyak dari sistem kami. Kesimpulannya, kami memberikan Kaspersky nilai 8,5.

Penilaian Akhir: Apa Kaspersky Pemindai Virus yang Bagus?

Kaspersky tidak mengecewakan kami, tapi tidak ada pemindai virus yang sempurna. Lihat daftar pro dan kontra di bawah ini.

KelebihanKekurangan
Perlindungan Kaspersky berkualitas tinggiLayanan pelanggan tidak bekerja semulus dan secepat yang kami harapkan
Sangat ramah konsumen dengan banyak informasiKebijakan privasi mereka tidak selamanya sangat jelas
Kaspersky menawarkan banyak ragam pemindaian yang sangat cepatKomputer kami kadang menjadi sangat panas selama pemindaian lengkap dilakukan

Kesimpulannya, Kaspersky merupakan penyedia antivirus tingkat tinggi. Penyedia ini jelas sepadan dengan reputasinya. Meskipun begitu, ada beberapa poin minus yang perlu dicatat, seperti layanan pelanggan dan bantuan pelanggannya. Selain itu, kebijakan privasinya juga tidak terlalu transparan. Sayangnya, jaman sekarang, ini menjadi norma dan bukan pengecualian.

Untuk penilaian akhir, kami telah menggabungkan penilaian untuk keamanan (persentasenya 0,5), kecepatan dan muatan sistem (persentasenya 0,2), privasi (persentasenya 0,1), kemudahan penggunaan (persentasenya 0,1) dan layanan pelanggan (persentasenya 0,1). Lihat gambaran luas di bawah ini. Seperti yang bisa Anda lihat, Kaspersky mendapat nilai tinggi yaitu 8,8. Kami perlu menambahkan bahwa layanan pelanggan yang lebih baik tentunya akan menghasilkan nilai 9 atau bahkan lebih tinggi.

  • Keamanan: 9,5
  • Kecepatan dan muatan sistem: 8,5
  • Kebijakan Privasi: 7,5
  • Kemudahan penggunaan: 9,0
  • Layanan pelanggan: 6,5
  • Nilai akhir: 8,8

Apa Anda, seperti kami, sudah diyakinkan akan kualitas Kaspersky, dan ingin langsung membeli program langganannya? Klik tombol di bawah ini untuk langsung mengunjungi situsnya.

Kunjungi Kaspersky
Kaspersky Antivirus - FAQ

Punya pertanyaan yang segera dibutuhkan jawabannya? Cek FAQ di bawah ini dan masalah Anda mungkin akan langsung terselesaikan.

Kaspersky tersedia dalam tiga paket, yaitu Kaspersky Anti-Virus dengan harga $15,99 per tahun (1 perangkat), Internet Security dengan harga $31,99 per tahun (3 perangkat) dan Total Security dengan harga $39,99 per tahun (5 perangkat).

Di Windows 10, Kaspersky dapat dihapus dengan melakukan tahap-tahap berikut:

  1. Klik kanan pada tombol “Start” di sudut kiri bawah layar Anda untuk membuka menu konteks
  2. Pilih “Apps and Features”
  3. Layar “Apps and Features” terbuka
  4. Pilih “Kaspersky Security Scan”
  5. Klik tombol “Uninstall”

Untuk Mac, Kaspersky dapat dihapus dengan cara berikut:

  1. Buka file pemasangan paket Anda
  2. Klik dua kali pada tombol “Uninstall”
  3. Masukkan username dan kata sandi Anda
  4. Kaspersky terhapus.

Tidak, Kaspersky tidak memiliki versi gratis. Tapi Anda bisa mengunduh versi demo dari situs Kaspersky untuk melihat jika perangkat lunak ini cocok dengan Anda. Selain itu, kami juga menyarankan Anda untuk melihat ulasan mendalam kami guna mengetahui jika Kaspersky sesuai untuk Anda atau tidak.

Jurnalis seputar teknologi
Ronella selalu memikirkan cara supaya kita dapat membuat lingkungan digital yang seaman mungkin. Perkembangan digital yang baik juga berarti kita dihadapkan dengan isu-isu keamanan baru. Maka, Ronella ingin menciptakan kesadaran yang lebih tinggi tentang keamanan cyber dan menarik perhatian orang perihal resiko dan perangkap yang sebaiknya dihindari.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar