Ulasan Bitdefender: Seberapa Bagus Program Antivirus Ini Saat Diuji?

Review star bar, magnifier, Bitdefender logo and star showing total review score

Bitdefender adalah salah satu program antivirus yang paling banyak digunakan di dunia. Sejak tahun 2007, perangkat lunak antivirus Bitdefender diproduksi dan dikembangkan oleh perusahaan asal Romania dengan nama yang sama. Namun, perangkat lunaknya sudah ada dengan nama yang berbeda (yaitu Antivirus Expert) sejak tahun 1996. Bitdefender mengklaim bahwa layanannya memiliki sekitar 500 juta pengguna di seluruh dunia, sehingga program ini menjadi salah satu pesaing utama dalam dunia perangkat lunak antivirus dan sebanding dengan Avast atau Kaspersky, dan jelas lebih besar dibanding, contohnya, AVG atau Avira.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan semua hal yang ingin Anda ketahui tentang Bitdefender. Kami akan membahas pilihan-pilihan keamanan yang ditawarkan oleh program antivirus ini, kecepatan pemindaian yang dilakukan perangkat lunaknya, muatan yang dibutuhkan perangkat lunak dari sistem Anda, banyak fitur-fitur tambahan yang ditawarkan perangkat lunak, dan masih banyak hal lainnya. Jika Anda ingin mengetahui hal-hal spesifik tentang program antivirus ini, silahkan lihat tabel konten di bagian kanan untuk mencari bagian teks yang tepat dengan cepat.

Kecuali saat dinyatakan secara spesifik, informasi dalam ulasan ini adalah tentang versi berbayar dari Bitdefender (yaitu Total Security). Alasannya adalah ini merupakan versi paling komprehensif dari Bitdefender dan menawarkan pilihan keamanan yang paling banyak. Namun, kami paham bahwa banyak orang yang menggunakan program antivirus gratis. Ini alasan mengapa kami juga telah menguji versi Bitdefender yang gratis, dan Anda akan membaca lebih lanjut tentang ini di dalam ulasan.

Paket dan Harga Bitdefender

Seperti layaknya sebagian besar program antivirus yang ada, Bitdefender menawarkan beragam paket dengan pilihan yang berbeda-beda. Tabel di bawah ini berisi daftar semua paketnya:

Fitur-fiturBitdefender Total SecurityBitdefender
Internet Security
Bitdefender
Antivirus Plus
Perlindungan untuk semua sistem operasi: yaitu Windows, MacOS, Android dan iOSYaHanya WindowsHanya Windows
Pengoptimal perangkatYaXX
Firewall PrivasiYaYaX
Parental ControlYaYaX
Perlindungan dari malware, spyware dan adwareYaYaYa
Perlindungan multi-layered dari ransomwareYaYaYa

Gambar di bawah ini menunjukkan beragam pilihan yang ditawarkan sebagai bagian dari setiap paket dan harga yang ditawarkan, begitu pula dengan jumlah perangkat yang dapat dilindungi dengan setiap paket.

Bitdefender prices and features

Ingin langsung membeli salah satu paket Bitdefender? Klik tombol di bawah ini.

Kunjungi Bitdefender

Fitur-fitur dari Bitdefender Total Security

Kami telah melakukan pengujian sendiri terhadap versi paling lengkap Bitdefender, yaitu Bitdefender Total Security. Di bawah ini, kami akan menjelaskan pilihan-pilihan dari paket antivirus ini secara lebih merinci.

Bitdefender menawarkan ragam pilihan keamanan dan bahkan privasi yang banyak. Pilihan Bitdefender secara strategis dibagi menjadi dua “kategori utama” dan ditampilkan dalam dua jendela terpisah, satu untuk keamanan dan satunya lagi untuk privasi.

Pilihan keamanan

Pilihan paling penting dan standar dapat ditemukan di bawah tab “Antivirus”. Di sini Anda akan melihat, di antara hal lainnya, pilihan untuk melakukan dan menjadwalkan pemindaian, untuk menyalakan atau mematikan deteksi antivirus aktif Bitdefender – tetap nyalakan! –, dan Anda juga punya kemampuan untuk mengaturnya.

Selain itu, seperti layaknya pemindai virus modern mana pun yang layak, Bitdefender juga menawarkan firewall yang solid. Ada beberapa pilihan yang dapat Anda gunakan di sini. Namun, untuk mengoptimalkan penggunaan pilihan-pilihan ini, Anda akan membutuhkan cukup banyak pengetahuan teknis. Ini alasan mengapa kami menyarankan para pengguna pemula untuk menggunakan pengaturan otomatis firewall yang sudah diatur. Pengaturan otomatisnya sudah menawarkan perlindungan yang luar biasa.

Bitdefender juga menawarkan pilihan-pilihan tambahan untuk mendeteksi kerentanan dalam sistem dan jaringan Anda, pilihan untuk melawan spam, mengembalikan file yang sudah “diambil alih” oleh ransomware, mendeteksi ancaman lebih lanjut, dan banyak hal lain.

Pilihan privasi

Pilihan-pilihannya tidak berhenti di situ saja. Bitdefender juga menawarkan pilihan privasi yang spesial. Hal ini termasuk pengelola kata sandi yang terintegrasi, koneksi VPN, dan sebuah anti pelacak, yang memastikan bahwa cookies, di antara banyak hal lain, tidak dapat melacak Anda. Lebih dari itu, Bitdefender menawarkan parental control dan penyimpanan digital yang aman untuk file-file sensitif.

Terakhir, Bitdefender menawarkan beberapa “alat” yang tidak selamanya diperlukan tapi terbukti berguna saat ingin meningkatkan performa sistem Anda, contohnya.

Kesimpulannya, Bitdefender menawarkan banyak pilihan penting dan berguna untuk pengguna antivirus serius mana pun. Interface Bitdefender yang indah dan bersih mempermudah penggunaan pilihan yang relevan dengan Anda dan mengabaikan pilihan yang tidak relevan. Pada akhirnya, semuanya tergantung pilihan Anda. Bandingkan dengan pintu depan Anda. Beberapa mungkin menganggap mengunci pintu sudah cukup, sedangkan orang lain ingin untuk menggunakan rantai pengaman dan penutup protektif. Semuanya mungkin dilakukan dengan Bitdefender.

Pilihan Bitdefender Antivirus Free Edition

Bitdefender juga menawarkan versi gratis yang minimalis, tapi layak bernama Antivirus Free Edition. Versi gratis ini tersedia untuk Windows, Mac dan Android.

Kelebihan dari pemindai virus gratis ini adalah adanya pemindaian manual dan deteksi ancaman langsung. Namun, jelas bahwa versi ini menawarkan pilihan konfigurasi yang jauh lebih sedikit untuk kedua teknik keamanan tersebut. Contohnya, Anda tidak bisa menjadwalkan pemindaian, seperti yang dapat dilakukan dengan Bitdefender Total Security. Selain itu tidak ada pilihan “pemindaian cepat”. Sebaliknya, versi gratis ini menawarkan pilihan berguna untuk memindahkan file, atau bahkan satu folder, ke tempat kecil di dalam aplikasinya untuk dipindai.

Selain itu, untuk deteksi langsung, pilihan Bitdefender Antivirus Free Edition lebih sedikit dibanding yang berbayar. Anda hanya bisa menyalakan atau mematikan fitur deteksi langsung di edisi gratis. Tidak ada pilihan konfigurasi tambahan. Namun, ada kemungkinkan untuk menambahkan pengecualian di program gratisnya. Hal ini memungkinkan Anda untuk menamai file, folder, dan situs tertentu yang ingin Anda lewati saat pemindaian dan deteksi ancaman langsung. Dengan begitu, Anda bisa membuat penyesuaian kecil di pemindaian dan deteksi ancaman langsung untuk sesuai dengan preferensi diri Anda sendiri. Namun, kami menyarankan Anda untuk hanya menggunakan pilihan ini jika Anda tahu apa yang harus dilakukan dan yakin bahwa pengecualian yang Anda tambahkan benar-benar bebas dari malware.

Lebih dari itu, interface Bitdefender Antivirus Free Edition memiliki jendela bernama “Quarantine”, di mana file-file dan “events” yang mencurigakan ditaruh. Anda juga bisa menemukan hal-hal seperti performed scans di sini. Sayangnya, versi gratis ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris.

Secara umum, kami menilai Bitdefender Free jauh lebih terbatas dan menawarkan pilihan yang lebih sedikit dibanding Bitdefender Total Security. Di sisi lain, versi gratisnya terasa lebih mudah dikelola dan lebih sederhana untuk digunakan. Hal ini khususnya berguna untuk pengguna antivirus yang masing pemula dan belum tahu banyak tentang komputer dan jaringan. Namun, untuk solusi antivirus Bitdefender yang paling lengkap dan efektif, kami tetap menyarankan Bitdefender Total Security.

Keamanan: Seberapa Baik Bitdefender dalam Melindungi PC Anda?

Keamanan yang ditawarkan oleh sebuah program antivirus adalah aspek yang paling penting. Bitdefender menawarkan beragam jenis keamanan bagi pengguna. Contohnya, perangkat lunaknya menggunakan deteksi ancaman malware aktif. Pengguna juga bisa melakukan pemindaian singkat atau ekstensif. Pemindaian ini bahkan bisa direncanakan terlebih dahulu dan dijadwalkan untuk waktu yang spesifik. Selain itu, Bitdefender menawarakn banyak fitur-fitur keamanan yang sudah dicakup dalam daftar di atas.

Namun, hal terpenting tentang pemindai virus, tentunya, adalah bahwa programnya mendeteksi dan memblokir virus dan malware lain. Dalam bagian-bagian di bawah ini, kami akan melihat seberapa baik Bitdefender dalam melakukan tugas ini.

Deteksi virus dan malware

Menurut tes yang dilakukan oleh AV-Comparatives (AVC), sebuah agensi terkenal di dunia yang melakukan tes berskala besar terhadap solusi keamanan dengan sampel-sampel malware, Bitdefender telah berhasil bekerja secara konsisten sebagai salah satu pilihan terbaik dalam aspek perlindungan malware. Namun, Bitdefender sayangnya sedikit jatuh di antara peringkat tahun 2020. Jika Anda melihat pemain top 17 dalam dunia antivirus, menurut tes AVC, Bitdefender bekerja pas di bawah rata-rata tahun ini. Di bawah ini merupakan hasil tes Bitdefender untuk tahun 2020:

  • Sistem terancam malware: 0,70%
  • Bergantung pada pengguna: 0%
  • Diblokir: 93,30%
  • False Positives: 2

Meskipun Bitdefender bekerja sedikit kurang bagus pada tahun 2020 dibanding tahun-tahun sebelumnya, hasil tesnya tetap menunjukkan bahwa Bitdefender menyediakan tingkat keamanan yang tinggi. Persentase 0,70% untuk “sistem terancam” artinya tes AVC menunjukkan bahwa malware dapat merusak sistem hanya pada 0,7 dari 100 kasus.

Dalam aspek ketergantungan pengguna, Bitdefender mendapat nilai 0%. Ini artinya Bitdefender tidak memberikan pilihan bagi pengguna (yaitu penguji) untuk membuka malware yang sudah terdeteksi di sistem mereka. Dalam bahasa lain, malware yang diblokir sudah dianggap benar-benar tidak berbahaya oleh Bitdefender. Jumlah malware yang diblokir selama tes tahun ini – meskipun sedikit lebih rendah dibanding tahun sebelumnya (99,70%) – cukup tinggi pada angkat 99,30%. Namun, benar adanya bahwa dibanding dengan produk-produk top, Bitdefender bekerja tepat di bawah rata-rata 99,52%.

Dalam aspek false positives, Bitdefender bekerja dengan sangat baik: sekitar empat kali lebih baik dibanding rata-rata tahun ini. Kami perlu mencatat bahwa rata-rata ini lebih berkaitan dengan kemudahan penggunaan dibanding keamanan, tapi angka ini juga menunjukkan akurasi dari sistem pemindaian Bitdefender.

Nilai Keamanan Bitdefender di Tahun-tahun Sebelumnya

Hasil tes AVC bisa sangat beragam dari tahun ke tahun. Maka penting untuk diingat bahwa, untuk tujuh tahun terakhir, Bitdefender secara konsisten berada di peringkat atas dalam aspek mendeteksi malware dan membuatnya tidak berbahaya. Dalam bahasa lain, fakta bahwa Bitdefender sekarang terkesan kinerjanya sedikit di bawah rata-rata bukanlah alasan untuk mempertimbangkan program antivirus ini. Meskipun begitu, pengembangan ini mungkin menarik untuk ahli-ahli keamanan yang sebenarnya.

Pilihan Keamanan Tambahan dari Bitdefender

Mendeteksi dan membuat malware menjadi tidak berbahaya dengan cara pemindaian berkala dan langsung adalah fungsi yang paling penting dari pemindai virus. Namun, ini bukan satu-satunya cara pemindai virus membuat perangkat Anda lebih aman. Tepatnya karena pemindai virus terbaik saat ini sangat mirip satu sama lain dalam aspek nilai keamanan, sehingga mereka menggunakan pilihan keamanan tambahan yang mereka tawarkan sebagai cara untuk membedakan mereka dari pesaing yang lain. Dapat dikatakan bahwa Bitdefender pastinya telah memanfaatkan kesempatan ini.

Bitdefender Total Security menawarkan ragam pilihan keamanan tambahan yang banyak. Contohnya, perangkat lunaknya menawarkan firewall dengan jumlah pilihan konfigurasi yang banyak. Selain itu juga menawarkan “pemindaian kerentanan”, yang memberi tahu Anda jika ada kerentanan jaringan, aplikasi atau keamanan di sistem Anda.

Nilai Keamanan Bitdefender

  • Tahun ini, Bitdefender bekerja sedikit kurang baik dalam tes keamanan AV Comparatives dibanding tahun-tahun sebelumnya, tapi nilai keamanannya masih bagus.
  • Perangkat lunaknya memblokir lebih dari 99% dari semua malware, menurut tes AV Comparatives.
  • Bitdefender konsisten menjadi salah satu penyedia terbaik dalam aspek keamanan.
  • Bitdefender menawarkan beragam pilihan keamanan tambahan yang berguna, selain dari adanya pemindaian “standar” dan fitur-fitur keamanan langsung.

Berdasarkan semua faktor di atas, kami memberi Bitdefender nilai 8 untuk keamanan.

Privasi: Bagaimana Cara Bitdefender Menangani Data Anda?

Seperti yang akan Anda baca nanti dalam artikel ini, Bitdefender menawarkan banyak fitur-fitur privasi berguna selain dari fungsi antivirusnya. Namun, bahkan hal yang lebih penting dalam aspek privasi adalah suatu hal yang tidak dipikirkan oleh banyak pengguna: kebijakan privasi mereka. Dokumen ini memberi informasi tentang cara sebuah program antivirus menangani data Anda. Bitdefender kelihatannya berusaha sebisa mungkin untuk bisa lengkap dan transparan dalam kebijakan privasi mereka. Contohnya, Bitdefender secara terbuka berkomunikasi tentang cara data pelanggan mereka dikumpulkan, digunakan dan dilindungi.

Bitdefender juga secara jelas menyatakan siapa yang memiliki akses ke data Anda, termasuk karyawan Bitdefender dan prosesor data eksternal. Menurut pemahaman kami, proses data eksternal ini merupakan perusahaan-perusahaan IT yang melakukan (sebagian dari) pengolahan data untuk Bitdefender di bawah basis kontrak. Bitdefender pernah mengatakan bahwa prosesor data eksternal ini dibutuhkan untuk mempertahankan tingkat keamanan data pelanggan yang sama seperti perusahaannya, dan mereka tidak diizinkan untuk membagi data dengan pihak ketiga lainnya.

Bitdefender bahkan menunjukkan negara-negara yang menjadi letak server tempat penyimpanan data Anda. Satu-satunya pengecualian dari kebijakan privasi yang hampir sempurna ini adalah sebagai berikut: dalam kasus-kasus pengecualian, Bitdefender akan memperlihatkan data pelanggan ke “pihak otoritas yang kompeten”, jika diizinkan dan diharuskan menurut hukum. Bitdefender menjelaskannya seperti ini: “Dalam kasus-kasus pengecualian, Bitdefender akan memperlihatkan informasi pribadi ke pihak-pihak kompeten, menurut permintaan legal mereka dan sesuai dengan hukum yang berlaku atau saat perlu melindungi hak dan kepentingan pelanggan kami dan Bitdefender.”

Bagi sebagian besar pengguna, pengecualian di atas tidak akan jadi masalah sama sekali, khususnya jika Anda tidak melakukan hal-hal gila saat online. Berpengaruh juga bahwa Bitdefender jelas tidak memiliki akses ke seluruh traffic jaringan Anda, seperti yang dimiliki VPN, contohnya. Anda hanya berhubungan dengan server Bitdefender saat Anda mengunjungi situs mereka sendiri atau situs yang berkaitan dengan mereka.

Berdasarkan ini semua, kami menyimpulkan bahwa Bitdefender serius berupaya untuk mempertahankan privasi para penggunannya. Maka dari itu kami memberi Bitdefender nilai 8,5 untuk privasi.

Kemudahan Penggunaan: Seberapa Ramah Konsumen Bitdefender?

Bitdefender memiliki jumlah fitur keamanan yang banyak. Fitur-fitur ini berguna, tapi saat Anda memiliki banyak sekali fitur, pengguna bisa bingung jika fitur-fitur tersebut tidak ditampilkan secara berurut. Bagaimana cara Bitdefender menyelesaikan masalah ini? Anda bisa membaca semua hal tentang ini pada bagian ulasan berikut. Kami juga sudah melihat tingkat ramah konsumen dari situs Bitdefender, sistem operasi dan bahasa yang didukung, serta proses pemasangannya.

Situs Bitdefender

Menurut pendapat kami, situs Bitdefender terlihat sedikit berantakan. Jika Anda memindahkan mouse ke bagian menu utama, ada terlalu banyak teks kecil di bagian submenu sehingga navigasi platform menjadi sulit. Selain itu, tidak ada panduan yang jelas di bagian beranda tentang paket yang paling sesuai untuk beragam jenis pelanggan. Hal ini tentunya bisa dibuat lebih ramah konsumen.

Kami juga menemukan bahwa halaman FAQ mereka cukup berantakan dan tidak terlalu membantu. Pertama, kami tidak bisa mengakses FAQ via halaman beranda. Kami baru bisa mengaksesnya via pencarian Google. Lebih dari itu, halamannya terlihat kurang rapih dan tidak jelas. Secara umum, halaman ini mencerminkan keseluruhan dari situs.

Namun, hal tambahnya adalah bahwa situs ini tersedia di lebih dari satu bahasa.

Bagaimana cara saya memasang Bitdefender?

Sekali lagi, menurut kami, proses pemasangan Bitdefender bisa dibuat lebih sederhana dan dan singkat. Dengan versi berbayar dan gratis, kami perlu memulai ulang PC beberapa kali untuk bisa menyelesaikan proses pemasangan. Selain itu, saat memasang versi berbayar, kami mengalami isu kesesuaian yang aneh dan memerlukan sebuah kode aktivasi yang tidak disediakan pada email pemasangan. Di bawah ini, kami akan menggambarkan prosedur pemasangan untuk versi Bitdefender gratis dan berbayar yang telah kami uji.

Pemasangan versi gratis Bitdefender

  1. Buka halaman pengunduhan versi gratis dan klik tombol yang tertulis “Free download”.
  2. Buka file pemasangan dan lakukan prosedur pemasangannya.
  3. Buat akun Bitdefender dengan memasukkan nama, alamat email, dan kata sandi Anda.
  4. Mulai ulang PC Anda untuk menyelesaikan proses pemasangan.
  5. Tunggu program saat diunduh dan log in menggunakan alamat email dan kata sandi Anda.

Pemasangan Bitdefender Total Security (versi berbayar)

  1. Langganan dengan Bitdefender Total Security via situs Bitdefender.
  2. Setelah Anda membeli sebuah program langganan, tambahkan alamat email untuk mengirim email-email pemasangan ke pengguna yang tepat.
  3. Buka email pemasangan Bitdefender di perangkat yang ingin Anda gunakan untuk mengunduh perangkat lunak (catatan: maksimal 5 pengguna).
  4. Klik “download & install”.
  5. Buka file pemasangan jalankan program.
  6. Buat akun Bitdefender.
  7. Hapus aplikasi apapun yang tidak sesuai.
  8. Mulai ulang PC Anda.
  9. Setujui persyaratan program langganan dan tunggu sampai perangkat lunak Bitdefender Total Security terunduh.
  10. Anda mungkin akan diminta sebuah kode aktivasi. Jika Anda bukan pihak yang membeli program langganannya, Anda perlu menghubungi pihak yang membeli perangkat lunak untuk meminta kode tersebut.

Kadang-kadang sebuah masalah masalah muncul saat memasang versi gratis. Kami perlu beberapa waktu dan percobaan untuk bisa melampaui tahap ketiga. Kami terus menerus mendapat pesan bahwa PC kami perlu dimulai ulang, meskipun kami sebenarnya sudah melakukannya dua kali. Pada akhirnya, kami mengatasi masalah ini dengan cara berikut: kami membuka “This PC” – “Windows (C :)” – “Program files” – “Bitdefender Agent” – “Installer”. Dalam folder ini, ada file yang bernama “Installer”. Kami membuka file ini dan masalahnya terselesaikan.

Kami tidak bisa memastikan apakah hal tersebut yang akhirnya mengatasi masalahnya, atau jika kami hanya perlu menunggu beberapa lama setelah memulai ulang PC kami. Pada intinya, jika sebuah masalah seperti ini terjadi, Anda bisa selalu mencoba solusi kami ini.

Apa perangkat lunak Bitdefender mudah digunakan?

Setelah pengujian ekstensif dilakukan, kami menemukan bahwa perangkat lunak Bitdefender mendapat nilai yang bagus untuk aspek kemudahan penggunaan. Perangkat lunaknya menawarkan pilihan yang sangat beragam. Hal yang bagus tentang perangkat lunak Bitdefender adalah pilihan-pilihan ini ditampilkan dalam interface dengan rancangan yang tidak terlalu ramai. Fitur-fitur ini dikelompokkan dengan rapih berdasarkan fungsi utamanya. Dalam bahasa lain, jika Anda hanya ingin melihat fungsi pemindaian dan firewall dari Bitdefender dan mengabaikan semua pilihan lain, maka Anda bisa melakukannya. Setiap pilihan memiliki “kotak” tersendiri dengan pilihan yang berkaitan.

Bitdefender protection features

Hal lain yang juga bagus tentang Bitdefender, adalah bahwa programnya tidak terasa “mengganggu” atau ramai saat Anda sedang menggunakan program lain. Contohnya, Anda hampir tidak menyadari tengah dilakukannya sebuah pemindaian (kecuali untuk muatan CPU). Hal ini karena Anda bisa langsung keluar dari “layar pemindaian” (dengan tombol minimize) dan layaknya hanya akan muncul lagi saat pemindaian selesai atau jika Anda ingin memeriksa progresnya. Ini mungkin kelihatannya hanya hal yang kecil, tapi sebenarnya membuat pengalaman pengguna sedikit lebih baik, rapih, dan mulus.

Bitdefender dapat meningkatkan layanannya dengan membuat terminologi antivirus yang digunakan lebih dapat dipahami oleh pengguna pemula. Namun, kami paham bahwa hal ini bisa sulit dilakukan, khususnya bagi sebuah program antivirus yang menawarkan banyak sekali pilihan. Tetap saja, penting. Kami menduga bahwa banyak pengguna yang tidak akan langsung tahu perbedaan antara “pemindaian sistem” dan “pemindaian kerentanan” yang ditawarkan Bitdefender, ini hanya salah satu contohnya.

Jika Anda menekan beragam pilihan yang ada, Anda akan sering mendapat penjelasan, namun ini sering kali terlalu rumit dan berisi banyak jargon. Sebuah ide untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menambahkan video tutorial ekstensif di situs Bitdefender, atau hal lain yang sejalan dengan ini.

Terakhir, pengguna berbahasa asing akan mengapresiasi bahwa Bitdefender tersedia dalam banyak bahasa. Mengingat beberapa terminology dan pilihan di interface Bitdefender cukup kompleks, tentunya ini adalah sebuah nilai plus.

Layanan pelanggan

Layanan pelanggan Bitdefender memiliki pro dan kontra. Pertama, sebuah kelebihannya adalah Anda bisa menghubungi layanan pelanggan mereka dengan berbagai cara. Anda dapat mengirim email, menelpon layanan pelanggan (9 pagi-6 malam, Senin-Jumat), menggunakan live chat, atau menanyakan pertanyaan Anda di salah satu forum Bitdefender. Sayangnya, tidak semua pilihan tersedia dalam semua bahasa. Di bahasa-bahasa selain Inggris, Anda hanya bisa mengirim email atau menelpon. Live chat dan forum-forum hanya tersedia dalam bahasa Inggris.

Waktu respon live chat Bitdefender sangat cepat – lebih cepat dibanding mengirim email. Kami mendapat jawaban yang jelas untuk semua pertanyaan kami dalam waktu dua menit. Jika pertanyaan Anda sedikit lebih rumit, mungkin akan membutuhkan waktu yang lama. Meskipun begitu, kami sangat puas dengan fitur live chat Bitdefender.

Catatan: Fungsi live chat Bitdefender tidak tersedia dari situs yang menggunakan bahasa asing. Anda perlu mengakses fungsi ini via situs berbahasa Inggris. Ikuti tautan ini untuk mengaksesnya dengan cepat.

Menelpon adalah pilihan lain yang bagus untuk menghubungi Bitdefender. Panggilannya tidak memiliki menu pilihan yang lama dan rumit lalu Anda bisa dibantu dengan cepat. Pertanyaan kami terjawab dalam waktu lima menit dan perwakilan layanan pelanggannya juga mengirimkan video tutorial yang berguna kepada kami.

Forum-forumnya juga bisa sangat berguna. Mereka secara aktif mengawasi dan respon apapun bisa datang dari “komunitas ahli” Bitdefender.

Kesimpulannya, akan lebih baik jika semua pilihan kontak juga tersedia dalam semua bahasa, namun secara umum, Bitdefender masih memiliki layanan pelanggan yang bagus. Pilihan email adalah satu-satunya yang tidak kami sarankan, karena sering kali membutuhkan waktu yang lama (dari satu sampai beberapa jam) untuk mendapat respon. Alhasil, kami memberi layanan pelanggan Bitdefender nilai 8,0.

Nilai kemudahan penggunaan

  • Interface Bitdefender ramah konsumen dan jelas.
  • Banyak terminologi dan fungsi di interface yang cukup rumit. Beberapa video tutorial yang bagus dapat menyediakan penjelasan yang lebih baik.
  • Situsnya terlihat sedikit berantakan dan tidak terlalu mudah navigasinya.
  • Kami tidak menilai proses pemasangan Bitdefender sangat ramah konsumen dan singkat. Masih ada ruang untuk peningkatan.
  • Layanan pelanggannya sangat bagus. Meskipun beberapa metode kontak tidak cocok bagi pengguna berbahasa asing, Bitdefender menawarkan sejumlah cara yang cepat dan mudah untuk mendapat jawaban atas pertanyaan Anda baik dalam bahasa Inggris dan bahasa lainnya. Satu-satunya hal yang dapat ditingkatkan, adalah jika mereka juga menawarkan fitur live chat dalam bahasa selain Inggris.

Berdasarkan hal di atas, kami memberi Bitdefender nilai 7,0 untuk kemudahan penggunaan.

Kecepatan dan Muatan Sistem

Bitdefender merupakan pemindai virus yang cepat. Programnya memulai dengan cepat: Anda hampir tidak akan sadar saat menggunakannya setiap hari. Untuk sebagian basar, perangkat lunaknya bekerja di belakang perangkat selama pemindaian langsung. Jika Anda perlu melakukan sesuatu dengan perangkat lunaknya, hal ini dapat dilakukan dengan cepat di dalam sistem yang lancar, tanpa adanya lag.

Pelaksanaan pemindaian berkala juga bagus dan cepat. Bitdefender menawarkan pemindaian singkat, yang memeriksa file-file penting di perangkat Anda, dan pemindaian yang lebih komprehensif, yang memindai keseluruhan sistem Anda. Kami melakukan kedua jenis pemindaian ini beberapa kali dengan sistem kami, dan rata-rata, pemindaian singkat membutuhkan kurang lebih 3 menit. (Mohon diingat, pemindaian singkat membutuhkan waktu yang lama, tergantung dari ukuran sistem Anda, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini).

Bitdefender Quick Scan results

Pemindaian keseluruhan sistem juga realtif cepat. Selama pengujian, kami mendapat rata-rata sekitar 25 menit untuk melakukan pemindaian lengkap. Bitdefender memindai lebih dari satu juta dalam durasi tersebut, sehingga hal ini tentunya merupakan pencapaian yang luar biasa.

Bagi sebagian orang, durasi pemindaian Bitdefender tidak akan menjadi masalah. Pertama, perangkat lunaknya melakukan pemindaian di belakang perangkat dan tidak mengganggu. Anda bahkan tidak perlu membuka jendela terpisah atau tab saat pemindaian dilakukan.

Singkat kata, untuk sebagian besar orang, pemindaian singkat “pemindaian panjang” sama-sama dapat diterima durasinya. Namun, mohon diingat bahwa durasi pemindaian tergantung pada sistem Anda. Jika Anda punya banyak file di komputer Anda, maka durasi pemindaian juga akan meningkat.

Penggunaan prosesor Bitdefender

Tentunya penting bahwa pemindai virus yang Anda gunakan tidak banyak meminta dari sistem Anda. Sebuah program antivirus yang menangani CPU Anda se-efisien mungkin lebih disukai. Ini artinya sistem Anda tidak akan menjadi lambat, atau hanya sedikit memperlambat. Bitdefender mendapat nilai yang cukup bagus dalam area ini, namun tidak sempurna.

Saat Bitdefender melakukan pemindaian langsung di belakang perangkat, Anda hampir tidak menyadari pengaruhnya terhadap CPU Anda. Kami melakukan pemindaian di belakang perangkat saat tengah mengunjungi situs tanpa sertifikat keamanan yang menyebabkan banyak notifikasi “koneksi yang dicurigai diblokir”. Meskipun begitu, kami menyadari bahwa pengaruh terhadap penggunaan CPU sangat terbatas, seperti rata-rata yang hanya berjumlah sekitar 2 persen.

Namun, jika Anda melakukan pemindaian, ceritanya sangat berbeda. Selama pemindaian singkat, kami menyadari bahwa penggunaan CPU oleh Bitdefender mencapai 50%.

Bitdefender usage quick scan

Persentase tinggi seperti ini kadang juga terjadi dalam pemindaian keseluruhan sistem, meskipun hal ini utamanya terjadi pada awal pemindaian dan beberapa kali pada saat pemindaian. Secara umum, dampak CPU kelihatannya lebih rendah saat pemindaian panjang, dengan rata-rata persentase antara 10 dan 20 persen.

“CPU Glitch” Bitdefender

Bitdefender kelihatannya memiliki sejenis kekurangan, yang menyebabkan penggunaan prosesor untuk meningkat secara drastic, kadang-kadang bahkan sampai 100%. Namun, hal ini secara mudah diatasi dengan melakukan reboot terhadap sistem Anda. Meskipun begitu, hal ini bisa jadi sedikit mengganggu. Kami telah mengalami masalah ini juga, saat pemindaian dan saat menjalankan programnya di belakang perangkat. Kami juga menyadari bahwa isu ini telah dilaporkan secara online beberapa kali, termasuk di Reddit dan forum bantuan Bitdefender.

Penyelidikan lebih dalam tentang pengelola tugas menunjukkan bahwa tugas Bitdefender disebut “Bitdefender virus shield” adalah alasan mengapa terjadi peningkatan penggunaan CPU secara tiba-tiba. Hal ini adalah bagian dari perangkat lunak yang bertanggung jawab untuk perlindungan langsung akan perangkat Anda, sehingga tidak ada pilihan untuk mematikan hal ini. Hanya lakukan ini jika Anda ingin melakan sesuai dengan kemungkinan infeksi malware yang minimal. Hal ini termasuk, contohnya, mengerjakan dokumen atau gaming tanpa terhubung ke internet. Fakta bahwa masalah ini terjadi dari waktu ke waktu, dan bahwa kelihatannya tidak ada solusi yang bagus selain melakukan reboot pada sistem Anda, tentunya hal ini menjadi kekurangan besar.

Mohon diingat bahwa pengujian kami dilaksanakan pada sistem kami dan sistem Anda mungkin sangat berbeda dari kami. Di sebagian besar kasus, perbedaan ini positif, karena tes kami dilakukan menggunakan Intel NUC. Ini merupakan “kotak komputer” mobile kecil yang tidak lebih besar dari kotak rokok. Alhasil, komponen seperti CPU kami sangat ringan. Contohnya, NUC kami memiliki prosesor i3 dan hanya dua inti. Maka masuk akal bahwa, dengan prosesor yang sangat ringan, kami menyadari pengaruh yang lebih besar terhadap sistem kami.

Nilai Kecepatan dan Muatan Sistem Bitdefender

  • Perangkat lunaknya bagus dan mulus, serta pemindaiannya tidak butuh waktu lama.
  • Muatan CPU selam pemindaian cepat meningkat banyak, dalam kasus kami kadang sampai 50%.
  • Perangkat lunaknya kadang menunjukkan “CPU glitch”, yang secara drastis meningkatkan muatan sistem. Satu-satunya solusi untuk ini kelihatannya adalah dengan melakukan reboot terhadap PC Anda.
  • Peningkatan muatan sistem tergantung pada perangkat Anda. Mohon diingat bahwa kami menggunakan PC yang sangat ringat untuk pengujian.

Berdasarkan penemuan ini, kami memberi Bitdefender 7,5 untuk kecepatan dan penggunaan sistem.

Keputusan Akhir

Waktunya untuk ulasan akhir kami tentang Bitdefender. Pertama, kami akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan Bitdefender pada tabel di bawah ini.

KelebihanKekurangan
Banyak ragam pilihan keamanan dan privasi tambahan.Nilai keamanan menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya.
Versi gratisnya menawarkan fungsi pemindaian dan perlindungan langsung.Proses pemasangan seharusnya bisa lebih singkat dan mudah untuk diselesaikan.
Kebijakan privasi yang bagus dan transparan.Kadang, “glitch” terjadi yang menyebabkan Bitdefender untuk mengkonsumsi sumber CPU lebih banyak dibanding biasanya.
Perangkat lunaknya ramah konsumen.User-friendly software.
Layanan pelanggan yang bagus dengan banyak cara untuk menghubungi Bitdefender.
Durasi pemindaian yang cepat.

Bitdefender merupakan sebuah pemindai virus dengan banyak penawaran. Versi paling lengkapnya (yaitu Bitdefender Total Security) mencakup banyak ragam pilihan keamanan dan privasi. Navigasi antar pilihan ini mudah, meskiput ada banyak pilihan, berkat rancangan perangkat lunaknya yang jelas. Jika Anda punya masalah, layanan pelanggan Bitdefender yang luar biasa dapat membantu.

Kekurangan utama dari Bitdefender adalah fakta bahwa penilaian keamanan AV Comparatives telah sedikit menurun tahun ini dan proses pemasangannya sedikit rumit. Tapi perangkat lunaknya secara konsisten memblokir sebagian besar virus dan malware.

Di bawah ini merupakan penilaian akhir kami. Kami sampai pada penilaian akhir ini menggunakan nilai-nilai dan faktor penentu yang tersedia di dalam kurung:

  • Nilai Keamanan: 8 (x 0,5)
  • Nilai Kecepatan dan Muatan Sistem: 7,5 (x 0,2)
  • Nilai Privasi: 8,5 (x 0,1)
  • Nilai Kemudahan Penggunaan: 7,0 (x 0,1)
  • Nilai Layanan Pelanggan: 8,0 (x 0,1)

Berdasarkan angka-angka tersebut, penilaian akhir kami untuk Bitdefender adalah 7,9. Dalam bahasa lain, kami tentunya dapat menyarankan penyedia ini untuk sebagian besar pengguna. Ingin informasi lebih banyak tentang Bitdefender atau langsung membeli program langganan Bitdefender? Maka klik tombol di bawah ini.

Kunjungi Bitdefender
Bitdefender: FAQ

Punya pertanyaan tentang Bitdefender? Lihat FAQ kami di bawah ini untuk memeriksa jika pertanyaan Anda sudah dijawab.

Bitdefender menawarkan tiga paket berbayar yang berbeda serta satu paket gratis. Versi berbayar saat ini seharga antara $35 sampai $55 untuk program langganan satu tahunnya. Jika Anda ingin tahu tepatnya berapa harga setiap paket dan pilihan yang ditawarkannya baca ulasan lengkap kami tentang Bitdefender.

Untuk menghapus Bitdefender, ketik Bitdefender di menu pencarian PC Anda, klik kanan pada program Bitdefender yang ingin dihapus dan pilih “Uninstall”. Anda akan melihat draftar program di mana Anda bisa menghapus Bitdefender.

Namun, menghapus Bitdefender tidak selamanya semudah itu. Kadang Anda akan mendapat pesan yang menyatakan bahwa Anda tidak bisa menghapus program Bitdefender tertentu karena perlu terlebih dahulu menghapus program Bitdefender yang lain. Hal ini biasanya teratasi sendiri jika Anda memulai ulang PC Anda sekali atau dua kali.

Ya, Bitdefender punya versi gratis, yaitu Bitdefender Antivirus Free Edition. Baca ulasan lengkap kami tentang Bitdefender untuk menemukan apa yang ditawarkan oleh pemindai virus ini.

Jurnalis seputar teknologi
Nathan adalah seorang jurnalis dengan pengalaman pelatihan internasional dan tertarik dengan upaya pencegahan cybercrime, khususnya jika melibatkan kelompok yang riskan menjadi korban. Di VPNoverview.com, Nathan melakukan riset perihal keamanan cyber, sensor internet, dan privasi online.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar