Apakah Roblox Aman? Cara Menjaga Keamanan Anak Anda Saat Online

Kid looking at a laptopscreen with the Roblox logo on it
Klik di sini untuk melihat rangkuman artikel ini
Rangkuman: Cara Menjaga Keamanan Anak Anda di Roblox

Roblox adalah platform besar di mana lebih dari 150 juta pengguna bergabung untuk menciptakan karya, bermain, dan membahas ribuan game. Ini merupakan hobi yang populer di kalangan anak-anak jaman sekarang, dan secara umum, platform ini aman untuk mereka gunakan.

Namun, tetap ada resiko dari penggunaan Roblox, seperti cyberbullying atau peer pressure untuk mengeluarkan uang dalam permainan. Guna melindungi anak Anda saat di platform ini, pastikan untuk memasang parental control. Berikut caranya:

  1. Log in ke akun anak Anda.
  2. Buka Pengaturan. Untuk perangkat mobile, ini ada pada tiga titik di sudut kanan atas layar.
  3. Buka menu Keamanan.
  4. Buka menu Account Restrictions.
  5. Aktivasi Account Restrictions. Ini akan menyaring pesan-pesan sensitif (seperti nomor telepon, alamat, dan nama anak Anda) serta membatasi akses anak Anda ke daftar game yang sudah dipilih.

Jika ingin tahu lebih banyak tentang resiko Roblox dan cara melindungi anak Anda saat mereka bermain di platform ini, lanjutkan membaca artikel kami.

Roblox Game Screenshot of Player Character

Apakah Roblox menarik perhatian anak Anda? Jika Anda di sini, kami tebak jawabannya adalah ya. Meskipun Anda mungkin senang dengan kesukaan baru anak Anda, Anda juga mungkin penasaran: “Apakah Roblox aman untuk anak-anak?”

Masuk akal kalau Anda khawatir tentang kemungkinan resiko keamanan di platform ini. Anak-anak khususnya rentan akan kejahatan cyber, maka penting untuk waspada akan keamanan mereka.

Seberapa aman Roblox? Sebenarnya apa itu “Robux”? Apa itu ‘safe chat’ di Roblox? Bagaimana cara menjamin keamanan online anak-anak Anda?

Dalam panduan tentang keamanan Roblox untuk anak-anak ini, kami menjawab semua pertanyaan itu dan banyak hal lain.

Apa itu Roblox dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Menurut penjelasan dari developer-nya, Roblox merupakan “platform imajinasi” multiplayer online – penjelasan ini cukup akurat. Roblox adalah platform di mana siapa pun bisa main beragam video game dengan berbagai genre atau bahkan membuat game mereka sendiri.

A screenshot of different Roblox games

Roblox menyediakan alat-alat yang dibutuhkan untuk mengembangkan permainan baru bagi semua penggunanya, yang memungkinkan developer pemula untuk menggunakan kreativitas mereka dan merancang game untuk dibagikan dengan komunitasnya.

Dengan sedikit latihan, siapa pun bisa membuat game di platform ini. Orang-orang menggunakannya untuk:

  • Bermain dengan teman-teman
  • Menunjukkan kreativitas mereka
  • Belajar cara mengembangkan game
  • Meningkatkan resume mereka jika mereka mencari karir di bidang pengembangan game
  • Menghasilkan uang, yang merupakan sebuah potensi sumber finansial bagi pengguna Roblox

Tentunya, banyak pengguna yang sudah puas dengan gaming saja, khususnya karena Roblox merupakan sebuah platform sosial dengan fitur chat mereka sendiri. Banyak pemain yang mencoba game tertentu saat teman-teman mereka menyarankannya.

Semua game yang masuk daftar Roblox memperlihatkan rating umur mereka. Banyak yang bergantung pada komunikasi antara pemain untuk menyelesaikan tujuan di dalam game, baik itu membangun rumah atau memecahkan kasus.

Batasan umur Roblox: Paling baik untuk anak-anak berumur 10+

Circle with Age 10+

The Entertaining Software Rating Board (ESRB) memberi nilai 10+ untuk Roblox karena adanya kekerasan fantasi. Tidak disarankan bagi orangtua untuk mengizinkan anak-anak main game ini sebelum mereka berumur 10, seperti halnya dengan game layak umur lain yaitu Minecraft.

Meskipun begitu, jika anak Anda masih berada di sekolah dasar, kami sarankan untuk melakukan beberapa upaya keamanan tambahan:

  • Gunakan alamat email Anda sendiri untuk mendaftar.
  • Catat informasi anak Anda.
  • Pastikan anak Anda main di ruangan yang sama dengan orang dewasa.
  • Awasi interaksi chat.

Bagaimana cara Roblox menghasilkan uang?

 

Roblox bekerja dengan model freemium. Ini berarti game-nya gratis untuk dimainkan; akses ke platform, main dengan teman-teman, dan pembuatan game itu sepenuhnya gratis.

Namun, beberapa game dan item di dalam game bisa dibeli dengan uang asli.

Roblox memiliki mata uangnya sendiri yaitu “Robux”, yang bisa dibeli untuk mengakses konten eksklusif dalam platform ini.

Roblox subscription model (Robux)

Freemium jenis ini bukan model yang jarang ditemukan untuk video game. Game seperti FIFA, Hearthstone, dan Genshin Impact menggunakan mata uang sendiri di dalam game juga.

Namun, kami harus memperingatkan Anda bahwa Roblox bisa jadi sulit untuk dinikmati tanpa membeli mata uangnya. Pemain lain bisa menekan anak Anda untuk membeli Robux supaya mendapat kosmetik premium, dan game-nya sendiri sering kali menampilkan penawaran untuk item premium ke anak Anda.

Roblox menawarkan “paket Robux”, yang memberi akun anak Anda sejumlah mata uang di dalam game setiap kali pembelian. Saat artikel ini ditulis, 40 Robux dikenakan harga $0.49, sedangkan 80 Robux seharga $0.99.

Cara alternatifnya, orangtua bisa membeli langganan keanggotaan Roblox Premium ($4.99 per bulan) untuk anak-anak mereka, yang akan memberi mereka 450 Robux per bulan, asalkan program langganan Anda aktif.

Apakah Roblox Aman untuk Anak-Anak?

Roblox Game Screenshot of Landscape

Seperti layaknya semua jenis gaming, ada beberapa resiko bawaan jika anak Anda punya akses bebas ke Roblox. Pertama, durasi yang terlalu lama di depan layar bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti obesitas dan kesulitan untuk tidur.

Chat dan interaksi online lain juga bisa berbahaya. Cyberbullying bisa punya pengaruh negatif yang kuat terhadap perkembangan anak. Lebih dari 10 juta orang yang main game telah melaporkan adanya kasus cyberbullying.

Predator juga bisa memanfaatkan anak-anak yang main game online. Mereka biasanya tidak akan menganggu anak Anda di aplikasi Roblox; melainkan, mereka akan meyakinkan anak Anda untuk bergabung ke aplikasi lain seperti Discord atau Reddit.

Resiko lain yang harus diperhatikan adalah konten yang dibuat oleh pengguna. Jika akun anak Anda belum mengaktifkan fitur parental control, mereka akan punya akses ke game apa pun yang dibuat di Roblox. Ini bisa termasuk konten-konten tidak layak yang bersifat seksual.

Selain itu, konten seputar Roblox di platform seperti YouTube juga bisa punya tema yang berbahaya, jadi perlu waspada saat anak Anda nonton video dan berinteraksi dengan orang di luar lingkungan game-nya.

Tapi orangtua tidak perlu khawatir. Semua resiko ini bisa dimitigasi supaya anak Anda bisa main Roblox dengan aman.

Apakah Roblox mahal?

Moneybag with dollar sign on computer

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Roblox bisa lebih sulit dinikmati bagi anak-anak tanpa Robux. Namun, jika orangtua secara serius membahas Robux dan pembelian mata uang tersebut dengan anak mereka, maka mereka seharusnya bisa main game tanpa mengeluarkan uang asli.

Orangtua harus hati-hati akan potensi masalah dari pembelian item di dalam game menggunakan Robux. Kelihatannya tidak sering terjadi, tapi ada sebuah kasus di mana seorang ayah dari Michigan menuntut pihak perusahaan karena menghapus item di dalam game yang telah dibeli oleh anaknya menggunakan Robux.

Apa itu ‘safe chat’ di Roblox?

Roblox sebelumnya punya fitur Safe Chat yang memungkinkan pengguna untuk memilih dari daftar respon yang sudah diprogram dibanding mengetik pesan sendiri. Tujuannya adalah untuk mengurangi adanya kata kasar atau konten tidak layak lainnya di dalam game multiplayer yang beragam.
Laptop With Lock
Saat ini, situs bantuan Roblox tidak menjelaskan secara mendalam tentang fitur-fitur keamanan chat game ini. Menurut situsnya, aplikasi Roblox menyaring chat dan unggahan dari pemain yang berumur 12 tahun ke bawah, baik untuk mencari konten yang tidak layak dan informasi pribadi.

Sedangkan, aplikasi mengizinkan pemain berumur 13 tahun ke atas untuk menggunakan lebih banyak kata dan frase dibanding pemain yang lebih muda.

Roblox mengklaim bahwa sistem penyaringan ini berlaku untuk semua area komunikasi pada perangkat lunaknya, baik itu yang publik dan private.

Cara Menjaga Keamanan Anak Anda di Roblox

Roblox secara umum aman untuk anak-anak. Keberadaan moderator asli, serta upaya privasi dan keamanan game ini, menjadikan platform ini komunitas yang indah.

Beberapa resiko seperti cyberbullying masih ada, tapi ini ancaman yang secara aktif dilawan oleh Roblox. Pihak perusahaan juga menentang adanya pengungkapan informasi pribadi. Contohnya, saat anak Anda pertama kali mendaftar, mereka akan dianjurkan untuk tidak menggunakan nama asli mereka:

The Roblox Sign-up Form

Untuk memastikan bahwa anak Anda terlindungi saat main game favorit mereka, pastikan untuk membaca saran kami di bawah ini:

1. Awasi interaksi chat di Roblox

Roblox sudah mengawasi interaksi chat; kata umpatan disensor (diganti dengan hashtag), dan ada moderator asli yang mempertahankan standar komunitas dalam semua interaksi Roblox, apa pun game yang sedang dimainkan anak Anda. Ini berarti gaming online bagi anak Anda di Roblox secara umum akan layak untuk umur mereka.

Namun, orangtua tetap bisa terlibat dan memastikan bahwa anak mereka aman di platform ini.

Seperti yang dinyatakan pada halaman Safety Features milik Roblox, orangtua bisa memblokir pengguna lain yang mungkin mengganggu, mengucilkan, atau melakukan spamming ke anak mereka. Ini upaya bagus yang diterapkan jika anak Anda mengalami cyberbullying atau peer pressure.

Pemblokiran pengguna akan mencegah pengguna yang tidak baik supaya tidak menghubungi anak Anda melalui Roblox. Berikut caranya:

  • Buka akun mereka di Roblox.
  • Pilih tiga titik di bagian sudut kanan atas layar.
  • Klik “Block User” di menu yang muncul.

Jika menurut Anda sanksi yang lebih keras harus diberikan kepada pemain, Anda juga bisa melaporkan siapa pun di dalam Roblox.

Satu upaya lagi yang bisa Anda lakukan adalah deaktivasi chat sepenuhnya. Namun, kami tidak menyarankan hal ini. Interaksi antara pemain adalah bagian besar dari pengalaman Roblox, dan tidak ada alasan untuk merenggut hal ini dari anak Anda. Anda bisa menyaring chat mereka atau bahkan memeriksa pesan mereka sesekali.

2. Pasang parental control di Roblox

Jika ingin merasa lebih lega saat anak Anda main di Roblox, Anda sebaiknya terlebih dahulu memasang parental control di akun mereka. Untuk melakukan ini, Anda perlu:

  1. Buka aplikasi Roblox di perangkat anak Anda. Pastikan mereka sudah masuk ke akun mereka.
  2. Klik icon tiga titik di bagian sudut kanan bawah layar.
  3. Klik menu Security di Pengaturan.
  4. Buka tab Account Restrictions.
  5. Klik slide untuk membuatnya jadi hijau.

Account Controls In Roblox

Dengan melakukan ini, Anda bisa membatasi akses anak Anda ke game spesifik atau menambahkan filter ke chat.

Contohnya, Anda bisa membuat aplikasinya menyensor pesan-pesan yang dikirim anak Anda jika pesan tersebut berisi informasi pribadi, seperti alamat atau nama lengkap mereka. Dengan begitu, jika mereka pernah diminta untuk memberi informasi sensitif, mereka tidak akan bisa membagikannya.

Aktivasi pengaturan ini juga akan membatasi akses anak Anda ke daftar game Roblox pilihan yang ramah keluarga.

Anda juga bisa memasang PIN untuk akun yang menggunakan parental control. Ini akan membatasi akses ke Account Restrictions, sehingga seorang pengguna tidak bisa mengubah perubahan yang sudah Anda buat kecuali mereka tahu PIN Anda.

Meskipun begitu, kami sebenarnya tidak menyarankan Anda untuk memeriksa aktivitas game anak Anda setiap hari.

Privasi penting untuk siapa pun, termasuk anak kecil Anda. Anda bisa periksa aktivitas mereka setiap beberapa hari dan membahas pentingnya pengawasan orangtua. Dengan begitu, Anda menghargai privasi mereka, dan Anda tetap sepemahaman dengan anak Anda.

3. Buat kata sandi yang kuat dan aktifkan pilihan keamanan tambahan

Laptop With Password

Pastikan anak Anda punya kata sandi yang aman di akun mereka.

Selain itu, pastikan juga mereka mengaktifkan autentikasi dua-faktor saat main. Ini secara signifikan akan mencegah upaya pembajakan apa pun terhadap akun Roblox anak Anda.

4. Bicara dengan anak Anda tentang Roblox

Jika Anda secara terbuka membahas tentang Roblox, keamanan digital, dan keamanan online, anak Anda akan siap jika seseorang ingin mengucilkan mereka atau mendapat informasi mereka.

Remaja dan anak kecil mungkin terlihat lebih paham teknologi dibanding orangtua mereka, tapi bukan berarti mereka sudah siap berurusan dengan gangguan, phishing, atau bentuk kejahatan cyber yang lain. Percakapan terbuka tentang jenis media yang mereka gunakan akan membantu mereka dalam menelusuri internet secara lebih yakin dan aman.

Glosarium Roblox: Apa yang Dibicarakan Anak-Anak Anda

Roblox LogoBingung cara memahami apa yang dibicarakan anak-anak Anda dengan teman-teman mereka? Video game menciptakan komunitas unik, yang menciptakan singkatan dan julukan unik. Terminologi-terminologi ini mungkin membingungkan bagi orang-orang yang tidak main Roblox, tapi mereka tentu membantu rasa komunitas di antara pemain.

Berikut arti beberapa terminologi spesifik Roblox yang lebih umum:

  • ABC — “A-B-C, easy as 1-2-3.” Ini berarti seorang pemain bersedia untuk melakukan sesuatu. Terminologi ini bisa digunakan sebagai pertanyaan dan jawaban.
  • Blox — Ini artinya membunuh pemain di game Roblox.
  • Brick — Blok bangunan Roblox, brick artinya material yang paling umum digunakan dan bisa digunakan untuk membuat segala jenis hal dalam game.
  • Brick Battle — Ini berarti pertempuran di dalam game, baik one-on-one atau dalam kelompok.
  • Cord/Discord — Ini mengarah pada platform pesan yang populer yaitu Discord, yang bisa jadi tempat berbahaya bagi anak-anak yang tidak diawasi. Meskipun Disocrd punya fitur seru dan menarik seperti video call dan game bot, layanan ini juga mempermudah orang asing untuk terhubung dengan anak Anda.
  • Obby/Obbie — Ini adalah singkatan dari “obstacle course game”, sebuah genre populer pada platformnya.
  • Robloxian — Ini mengarah pada siapa pun yang main Roblox.

Tips Tambahan untuk Menjaga Keamanan Anak Anda Saat Online

Roblox adalah aktivitas seru untuk anak-anak, tapi juga bisa memiliki beberapa resiko jika mereka main game berjam-jam. Jika ingin tahu lebih lanjut tentang cara melindungi anak Anda selama mereka main game online atau browsing internet, kami punya lebih banyak panduan yang bisa Anda lihat:

Apakah Roblox Aman?: FAQ

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang cara kerja Roblox, dan apakah platform itu aman atau tidak, silahkan cek bagian FAQ kami di bawah ini.

Roblox merupakan platform besar dengan ribuan game yang diciptakan oleh pengguna. Ini seperti pasar untuk video game, tapi sebagian besar game-nya gratis. Anak Anda bisa menikmati permainan apa pun itu atau membuat game sendiri.

Namun, ada resiko keamanan saat menggunakan Roblox. Jika ingin tahu lebih lanjut tentang resikonya dan cara melampaui resiko tersebut, baca artikel lengkap kami tentang cara menjaga keamanan anak Anda di Roblox.

Roblox adalah platform yang aman untuk anak-anak. Komunitasnya ramah, dan moderatornya memastikan interaksi multiplayer di dalamnya tetap sopan. Meskipun begitu, platform ini bisa punya beberapa resiko, seperti layaknya game multiplayer lainnya. Jika ingin paham cara mitigasi resiko ini, baca artikel kami tentang cara melindungi anak Anda di Roblox.

Roblox menghargai privasi, dan layanannya menawarkan banyak alat bagi orangtua yang ingin mengawasi aktivitas anak-anak mereka di platform tersebut.

Berikut hal yang bisa Anda lakukan:

  • Aktifkan parental control di tab Pengaturan. Ini akan menyaring pesan-pesan chat yang bisa dikirim anak Anda, dan membatasi akses mereka ke daftar game Roblox pilihan.
  • Bicara dengan anak Anda tentang Roblox. Pastikan mereka paham upaya pencegahan dasar untuk keamanan online, dan bicara dengan mereka tentang keputusan Anda mengenai pembelian item di dalam game.
  • Awasi aktivitas chat mereka. Secara alternatif, Anda bisa sepenuhnya mematikan fitur chat, tapi kami tidak menyarankan hal tersebut. Chat adalah bagian integral dari Roblox.

Jika ingin tahu lebih lanjut tentang cara menjaga keamanan anak Anda di Roblox, baca artikel kami tentang topik ini di sini.

Pemasangan parental control di Roblox mudah dan langsung. Berikut hal yang perlu Anda lakukan:

  1. Buka aplikasi Roblox di perangkat anak Anda. Pastikan mereka sudah masuk ke akun mereka.
  2. Klik icon tiga titik di bagian sudut kanan bawah layar.
  3. Klik menu Keamanan di Pengaturan.
  4. Buka tab Account Restrictions.
  5. Klik slider untuk membuatnya jadi hijau.

Setelah Anda pasang parental control, pastikan untuk menambahkan PIN supaya tidak ada orang lain yang bisa mengubah perubahan yang sudah Anda buat terhadap pengaturan privasi akunnya.

Roblox sebelumnya punya fitur “Safe Chat”, yang mencegah pengguna muda supaya tidak mengetik pesan mereka sendiri; sebaliknya, mereka harus memilih dari pilihan jawaban pesan yang sudah sesuai ditentukan. Menurut Roblox Wiki, pilihan untuk mengaktifkan Safe Chat menggunakan chat command sudah lama ditiadakan.

Robux adalah mata uang di dalam platform. Pengguna perlu membayar uang asli untuk bisa membeli Robux. Anak-anak Anda bisa membeli peningkatan permainan, baju, aksesoris, dan banyak hal lain menggunakan Robux.

Pastikan untuk bicara dengan anak Anda tentang cara bijak menggunakan Robux mereka. Roblox menawarkan “paket Robux”, yang bisa Anda beli untuk memberi anak Anda sejumlah Robux setiap kali pembelian. Saat artikel ini ditulis, 40 Robux dikenakan harga $0.49, sedangkan 80 Robux seharga $0.99.

Anda juga bisa membeli program langganan keanggotaan Roblox Premium untuk anak Anda dengan harga $4.99 per bulan. Ini akan memberi mereka “jatah” 450 Robux per bulan, asalkan program langganan Anda tetap aktif.

International security coordinator
Marko has a Bachelor's degree in Computer and Information Sciences. He coordinates and manages VPNOverview.com's team of international VPN researchers and writers.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar