Melindungi Anak-Anak di Minecraft: Apa Minecraft Aman untuk Anak-Anak?

Kid playing Minecraft on a computer with the Minecraft logo being displayed in the game

Klik di sini untuk melihat rangkuman artikel ini
Rangkuman: Cara melindungi anak-anak Anda saat di Minecraft

Minecraft adalah video game yang sangat menghibur, dan bisa punya pengaruh positif bagi anak Anda. Namun game ini tidak sepenuhnya aman, khususnya jika anak Anda bermain Minecraft di mode multiplayer.

Kapan pun anak-anak terhubung ke server untuk bermain dengan orang lain, IP rumah Anda terlihat oleh pemilik server tersebut. Belum lagi, ketertarikan dengan Minecraft dapat mengarahkan anak Anda ke tempat-tempat lain di internet, seperti Discord atau Reddit. Maka dari itu Anda perlu:

  1. Mengedukasi anak Anda tentang bahaya online.
  2. Mengunduh Minecraft dari sumber resmi.
  3. Mengawasi aktivitas online anak Anda.
  4. Menggunakan VPN, seperti NordVPN.
  5. Menggunakan server yang ramah untuk anak-anak.
  6. Memblokir atau Melaporkan pemain yang tidak aman.

Jika ingin tahu lebih banyak tentang bahaya dari Minecraft dan cara menjaga keamanan anak Anda saat mereka tengah asik bermain, lanjut baca artikel kami di bawah ini.


Minecraft adalah hobi yang sangat populer untuk anak-anak dan merupakan salah satu game paling populer di dunia, sejak pertama kali dirilis lebih dari sepuluh tahun yang lalu. Kedalaman game ini memungkinkan pemain untuk membuat dunia mereka sendiri, mengumpulkan sumber daya, dan membuat item-item baru. Namun apakah Minecraft aman untuk anak-anak?

Oleh karena mereka bisa main game ini dengan mode single dan multiplayer, penting untuk menjaga keamanan online anak Anda saat sedang main Minecraft. Interaksi multiplayer, khususnya, bisa berbahaya bukan hanya bagi anak Anda tapi juga bagi keamanan cyber keluarga Anda.

Apa itu Minecraft?

Minecraft adalah video game bergenre sandbox-adventure dengan rancangan blok yang ramah untuk anak-anak hasil karya perusahaan Mojang. Bayangkan blok warna-warni, tapi ada dalam format video game dan dilengkapi karakter-karakter yang bergerak.

Sandbox adalah game yang memberi pemain sebuah tempat kreatif tanpa tujuan atau pencarian yang harus dicapai. Hal ini menyediakan game dengan kemungkinan yang tidak terbatas bagi pengguna. Anak-anak belajar untuk main game dengan menjelajah, mencoba fitur-fitur, membaca buku atau blog, dan menonton video YouTube.

Meskipun Anda bisa main game ini sendiri, paling seru untuk dimainkan bersama teman-teman. Kerjasama tim membuat banyak aspek Minecraft lebih mudah dan menyenangkan, seperti mengumpulkan crafting item, membangun struktur, dan melawan zombie.

Maka, pengguna sering kali bergabung ke “server”. Server memungkinkan pengguna untuk main dengan orang lain secara online atau via jaringan area lokal (LAN). Setiap server adalah dunia multiplayer tersendiri, sering kali dengan pemilik server yang mengatur peraturan dan cara bermain dunia tersebut. Mohon diingat bahwa sebagian besar server tidak dimiliki oleh Mojang atau Minecraft; siapa pun bisa membuat server, sehingga penting untuk memeriksanya sebelum mengizinkan anak-anak untuk bergabung.

Batasan umur Minecraft: Paling baik untuk anak-anak umur 10+

Circle with Age 10+

The Entertaining Software Rating Board (ESRB) memberi nilai Minecraft 10+ karena kekerasan fantasi. Namun, mohon diingat bahwa Minecraft mengharuskan semua anak di bawah umur 13 untuk memiliki izin orangtua sebelum bermain.

Meskipun begitu, game ini juga bisa cocok untuk anak-anak di sekolah dasar, karena grafik blok-bloknya dan sifatnya yang mudah dipelajari. Jika Anda mengizinkan anak kecil Anda untuk main, Anda perlu:

  • Menggunakan alamat email Anda, dan tahu informasi login-nya.
  • Hanya mengizinkan permainan single player dengan server private.
  • Pastikan anak Anda bermain di ruangan yang sama dengan orang dewasa untuk jaga-jaga jika terjadi masalah.

Versi-versi Minecraft untuk beragam konsol

Ada empat versi Minecraft:

  1. Java Edition (Windows, Mac, dan Linux)
  2. Bedrock Edition (Windows, Mac, dan Linux)
  3. Pocket Edition (Mobile)
  4. X-box

Perbedaan antara Java Edition dan Bedrock Edition hanya sedikit, tapi kedua edisi ini tidak cocok dengan satu sama lain. Maka sebelum membeli game ini untuk anak Anda, pastikan Anda tahu versi Minecraft mana yang mereka inginkan, karena teman-teman mereka kemungkinan menggunakan salah satu dari kedua edisi itu. Sebagian besar orang main menggunakan Java, tapi tidak ada salahnya untuk bertanya hal yang digunakan teman mereka sebelum mengeluarkan $20 untuk membeli game ini.

Mode game Minecraft: Adventure, Creative, dan Survival

Game ini punya tiga gaya permainan yang tersedia: Adventure, Creative, dan Survival.

Mode Creative berisi jumlah kekerasan yang sangat sedikit. Fokusnya adalah kreativitas, seperti membangun rumah atau membuat item. Mode game ini lebih santai, ideal untuk anak-anak yang hanya ingin menjelajahi dunia, menguji mekanik game-nya, atau membangun dan membuat sesuatu tanpa diganggu. Namun, mohon diingat bahwa mode creative memberi akses bagi pemain ke “TNT”, yang berfungsi sebagai bom di game.

Mode Adventure bekerja seperti game role-play (seperti Genshin Impact atau Final Fantasy XV). Mode game ini berisi beberapa kekerasan dan tidak terlalu fokus pada aspek pembangunan dari game. Berbeda dari mode creative, pemain tidak bisa membuat perubahan terhadap dunia mereka di dalam game.

Survival adalah mode game dengan tingkat kemungkinan kekerasan yang paling tinggi. Seperti mode adventure, anak-anak bisa memilih gaya permainan RPG, tapi mereka juga bisa mengubah dunia game. Selain itu, mode survival punya beragam “tingkat kesulitan”, yang mempengaruhi tampilan mahkluk yang melukai karakter di dalam game (disebut “mobs spawn”).

  • Peaceful Difficulty: Tidak ada mobs spawn
  • Normal Difficulty: Jumlah normal mobs spawn (biasanya di tempat-tempat gelap)
  • Hard Difficulty: Mobs lebih sulit dibunuh dan semakin banyak yang berlipat ganda juga

Apa Minecraft Aman untuk Anak-Anak?

Dibanding video game populer lainnya, Minecraft punya lingkungan permainan yang sangat sehat, komunitasnya sebagian besar tidak berbahaya. Di sebagian besar kasus, hal ini sebenarnya mendorong adanya kolaborasi dan perkembangan kemampuan kognitif.

Namun, seperti layaknya semua game, ada pengecualian yang perlu diperhatikan.

Kekerasan di Minecraft

Meskipun Minecraft hanya punya sedikit kekerasan, game ini mungkin tetap saja tidak aman bagi anak-anak kecil. Grafik blok game ini membuat kekerasan terlihat tidak realistis, berbeda dari yang terlihat di video game lain. Namun, tentu saja semua bergantung pada Anda untuk menentukan apakah beberapa mode game ini tidak cocok bagi anak Anda.

Untuk melawan monster dibutuhkan senjata, seperti pedang atau panah dan busur. Saat monster sudah dikalahkan, monster akan hilang dengan asap, dan berpotensi untuk meninggalkan material berguna yang bisa digunakan untuk perakitan. Saat melawan monster, jumlah “hearts” mereka berkurang untuk menunjukkan efek serangan yang telah mereka terima. Game ini tidak menunjukkan darah atau kerusakan badan.

Jika pemain “mati”, mereka muncul lagi (juga dikenal sebagai “respawn”) di tempat yang sama seperti saat mereka pertama kali mulai bergabung ke permainannya. Mereka juga bisa respawn di tempat tidur mereka jika punya dan jika mereka baru saja tidur di tempat tidur.

Cyberbullying dan konten yang tidak pantas

Mojang, perusahaan di balik Minecraft, tidak mengawasi semua interaksi online. Meskipun beberapa server akan memiliki moderator mereka sendiri, ini bukan jaminan bahwa semua server punya hal serupa. Ini berarti komunikasi pemain dengan anak Anda saat online mungkin tidak diawasi, sehingga bisa jadi tidak pantas dan berbahaya.

Selain itu, kompetisi yang ditemukan dalam interaksi player-versus-player (PVP) bisa membuat pemain menggebu-gebu. Tanpa pengawasan yang benar, kompetisi sehat bisa berubah menjadi cyberbullying atau penuturan hal-hal yang tidak pantas ke satu sama lain via chat.

Server-server besar juga bisa jadi masalah. Server dengan jumlah pemain yang banyak lebih sulit untuk ditangani, dan keanggotaannya sering kali tidak diperiksa secara menyeluruh. Ada kemungkinan anak-anak Anda mungkin akan bermain dengan seseorang yang jauh lebih tua dari mereka atau dengan pemain bermasalah yang berulang-ulang kali melanggar peraturan.

Ancaman terhadap privasi Anda di Minecraft

Censored eye on laptop screenKapan pun anak Anda terhubung ke sebuah server untuk main multiplayer, alamat IP Anda akan terlihat ke pemilik server. Ini mengancam privasi anak Anda – dan Anda sendiri – sehingga penting bagi Anda untuk mengambil langkah-langkah guna mempertahankan anonimitas online Anda.

Interaksi online dengan orang lain terjadi melampaui server-server yang dibuat oleh pemain. Anda harus membayangkan server game ini layaknya komunitas – orang-orang yang bekerjasama untuk membuat dunia virtual yang indah. Satu-satunya masalah adalah komunikasi tidak hanya terjadi di platform.

Sebagian besar server Minecraft juga punya server Discord, dan ketertarikan akan Minecraft akan mengarahkan anak Anda untuk ke tempat-tempat seperti forum tanpa moderator atau Reddit. Lebih dari itu, ada situs-situs pihak ketiga yang menawarkan game mods, yang menjanjikan untuk meningkatkan pengalaman gaming anak Anda.

Tanpa upaya keamanan yang tepat, semua aktivitas online ini bisa membuat mereka rentan akan kebocoran data, upaya phishing, dan bentuk kejahatan cyber lainnya.

Apa Video Minecraft di YouTube Aman?

YouTube Video Recommendations

Minecraft YouTuber adalah bagian besar yang menarik perhatian anak-anak ke Minecraft. Penjelasan mereka yang seru tentang cara membangun kreasi tertentu, trik game mereka, dan kepribadian mereka yang menarik membantu Minecraft menjadi sebuah komunitas, bukan hanya sebuah permainan.

Meskipun ada banyak YouTuber yang ramah untuk anak-anak, ada juga banyak saluran yang tidak ramah untuk anak-anak, jadi hati-hati. Kami sarankan para orangtua untuk membaca ulasan dan nonton beberapa video sebelum mengizinkan anak-anak mereka nonton Minecraft YouTuber.

Beberapa Minecraft YouTuber paling populer yang ramah untuk anak-anak termasuk:

  • DanTDM
  • stampylonghead
  • paulsoaresjr
  • iHasCupquake

Cara Menjaga Keamanan Anak Anda di Minecraft

Prioritas nomor satu Anda saat mencoba untuk memastikan keamanan gaming online seharusnya adalah untuk berkomunikasi dengan anak Anda secara terbuka dan jelas. Anda ingin memastikan bahwa mereka merasa aman dan ingin berkomunikasi. Cyberbullying adalah masalah yang nyata, bahkan meskipun hal ini tidak umum terlihat di Minecraft. Anda ingin anak-anak Anda untuk merasa nyaman menceritakan pengalaman buruk mereka kepada Anda, supaya Anda bisa bersama-sama mencari solusinya.

1. Mengedukasi anak-anak Anda tentang bahaya online

parent talking to kid on couch

Memiliki informasi tentang kejahatan cyber adalah salah satu cara terbaik untuk mencegahnya. Anda sebaiknya mengedukasi anak-anak Anda tentang privasi, kejahatan cyber, dan pentingnya untuk tidak menekan tautan pertama yang mereka lihat di sebuah forum. Pastikan mereka tidak terlibat dalam pembajakan dan tunjukkan contoh cara memiliki kehidupan digital yang sehat.

Jika Anda bingung caranya, kami secara rutin menulis artikel-artikel tentang ini. Secara umum, Anda ingin membahas hal-hal berikut ini dengan anak-anak Anda.

  • Jangan pernah serahkan informasi pribadi. Bahkan dengan menyediakan nama depan dan belakang ke pemain lain atau moderator sudah bisa memberi informasi yang cukup kepada predator online untuk menyebabkan kerugian. Ini adalah salah satu alasan mengapa Anda sebaiknya selalu menggunakan gametag yang unik untuk anak Anda. Jangan pernah gunakan nama atau umur anak Anda di dalam gametag mereka. Hal ini akan memberi informasi yang terlalu pribadi ke pihak asing saat sedang online. Sebaliknya, gunakan sesuatu yang kreatif dan menarik. Contohnya, CraftingSurfer007, MineCrafter8812, LuvCrafting1844.
  • Komunikasikan gangguan atau bullying apa pun ke moderator dan orangtua. Tidak pernah dibenarkan bagi seseorang untuk mengganggu atau mengucilkan orang lain, bahkan saat online. Pastikan anak Anda paham bahwa mereka selalu bisa berbicara dengan Anda jika mereka merasa tidak aman atau dikucilkan.
  • Hati-hati dengan tautan dan unduhan. Ajarkan anak Anda tentang bahayanya menekan tautan dan unduhan dari sumber-sumber yang tidak dikenal. Kebiasaan yang bagus adalah untuk memungkinkan orang dewasa memeriksa konten apa pun sebelum menekannya, baik itu di dalam chat, blog, atau video.

2. Mengunduh Minecraft dari sumber resmi

Laptop DownloadMinecraft adalah video game yang sangat populer. Hal ini juga menjadikannya sangat mudah tersedia secara gratis di internet, mulai dari situs-situs torrent sampai platform seperti TLauncher. Meskipun penggunaan TLauncher atau browsing situs torrent tidak termasuk ilegal, pengunduhan Minecraft secara gratis itu termasuk ilegal. Itu merupakan pembajakan.

Jika ingin memastikan bahwa anak Anda terhindar dari situs-situs bajakan, pastikan Anda membeli dan mengunduh Minecraft dari developer resminya.

3. Mengawasi aktivitas anak Anda di Minecraft

Semua orang pantas memiliki privasi, termasuk anak-anak juga. Namun bukan berarti Anda tidak bisa memeriksa aktivitas Minecraft mereka sesekali. Ini adalah salah satu cara paling pasti untuk memastikan bahwa mereka menikmati Minecraft tanpa terancam bahaya online apa pun.

Pastikan pengunduhan perangkat lunak disetujui oleh Anda terlebih dahulu

Minecraft punya komunitas besar berisi developer independen yang menciptakan modifikasi dan peningkatan terhadap game-nya, ini juga disebut sebagai “mods”.

Mods ini bisa mengubah hal-hal seperti jumlah tujuan pencarian di dalam permainan, visual effect, atau bahkan seluruh gambaran pengaturannya. Mereka adalah bagian penting dari Minecraft, tapi Anda sebaiknya pastikan bahwa anak Anda hanya mengunduh mods dari situs-situs terpercaya, seperti the Cursed Forge.

Gunakan aplikasi parental control di perangkat mereka

Aplikasi parental control (pengawasan orangtua) bisa mengawasi durasi yang dihabiskan oleh anak Anda di program-program spesifik dan bahkan membatasi akses ke platform tersebut. Namun pastikan bahwa Anda tidak terlalu bergantung pada aplikasi ini seiring bertumbuhnya anak Anda; kebutuhan untuk jadi independen dan privasi akan berkembang seiring bertambahnya umur, dan penting bahwa mereka merasa dimengerti dalam aspek ini.

Dengan pembaruan Minecraft yang terakhir, Anda diharuskan untuk memiliki akun Xbox Live untuk main di server Minecraft apa pun. Mulai dari Minecraft Earth (PC) atau Minecraft Pocket Edition (Mobile), Xbox Live menawarkan kemampuan untuk mengatur hal-hal seperti chat dan batasan durasi permainan.

Untuk mengubah parental control pada Minecraft di Xbox Live, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Log in dengan akun parental Anda di http://account.xbox.com/.
  2. Gulir ke menu di bagian atas dan klik My Profile.
  3. Dari halaman profil, klik Privacy Settings.
  4. Klik nama atau gambar Microsoft Gamertag milik anak Anda.
  5. Perbarui beragam pengaturan privasi yang diperlukan.

Gunakan chat filter untuk menjaga kepantasan percakapan

Jika Anda mengizinkan anak Anda untuk chat dengan orang lain, Anda bisa menggunakan chat filter untuk menyaring kata-kata yang tidak pantas. Untuk mengakses chat filter:

  1. Klik kanan di atas karakter pemain milik anak Anda.
  2. Klik “Settings & Visibility”.
  3. Klik “Chat Settings”.
  4. Perbarui “Public Profanity Level” sesuai preferensi Anda.

Main Minecraft dengan anak-anak Anda

Apa Anda pernah berpikir untuk bermain video game dengan anak-anak Anda? Studi baru-baru ini menunjukkan bahwa ini adalah cara yang bagus untuk bisa dekat dengan mereka. Lebih dari itu, jika Anda masuk bersama di satu server, atau memilih mods untuk diunduh bersama, akan lebih mudah untuk memastikan bahwa mereka tetap aman.

Kami tahu ini mungkin terdengar aneh bagi orang-orang yang belum pernah main video game sebelumnya, dan ini pastinya bukan prasyarat untuk memastikan anak Anda aman di Minecraft. Faktanya, mereka mungkin akan ingin main sendiri, atau dengan teman-teman mereka, jadi Anda tidak akan bermain bersama setiap hari.

Tapi jika Anda mencobanya, Anda mungkin akan merasa bahwa Minecraft sangat seru. Kami pikir Anda akan mulai suka memotong pohon-pohon dan membangun rumah di sana.

Gunakan VPN untuk membantu melindungi anak Anda saat main Minecraft

VPN shield

VPN (Virtual Private Network) akan mengubah alamat IP Anda dengan mengarahkan koneksi Anda melalui server yang berbeda. Di atas itu, layanannya akan mengamankan koneksi Anda dengan enkripsi tingkat tinggi, serta menambahkan lapisan keamanan tambahan ke koneksi Anda (seperti tombol mati daya).

VPN mengenkripsi koneksi Anda secara andal, tidak menyimpan log atas aktivitas online anak Anda, dan menyediakan kecepatan koneksi yang tinggi sehingga tidak ada gangguan terhadap kualitas gaming.

Secara teknis, ini melanggar ketentuan layanan Mojang bagi pemain untuk menggunakan VPN dengan Minecraft. Mojang punya pelacak yang ditempatkan untuk memblokir VPN akibat batasan geografis. Ini berarti Anda sebaiknya jangan pernah terhubung ke server yang jauh dan sebaliknya terhubung ke server yang paling dekat dengan Anda.

Jika Anda memilih salah satu VPN unggul dalam daftar kami, Anda tidak perlu terlalu khawatir akan pelacak-pelacak ini. VPN seperti NordVPN punya fitur dan server spesial yang bisa melampaui pelacak Mojang, sehingga Anda bisa menjaga keamanan anak Anda sambil mereka juga menikmati game favorit mereka.

Rekomendasi VPN top pilihan kami yang mana pun akan bekerja bagus untuk main Minecraft, tapi VPN yang kami sarankan untuk game adalah NordVPN. NordVPN punya server-server spesifik untuk video game online, dan mereka menawarkan perlindungan DDoS bagi pengguna mereka. Saat ini, kami tidak menyarankan VPN gratis untuk main Minecraft.

NordVPN
Pilihan kami
Pilihan kami
Penawaran:
Hanya $3,29 per bulan untuk program langganan 2 tahun dengan garansi 30 hari uang kembali
Dari
$3.29
9.3
  • Perlindungan luar biasa dan jaringan server yang besar
  • Aplikasi yang bagus dan menyenangkan
  • Tidak ada log
Kunjungi NordVPN

Koneksi VPN mungkin akan terputus saat anak Anda mematikan perangkat mereka setelah bermain. Ini alasan mengapa penting untuk menunjukkan mereka cara lengkap untuk membuka aplikasi VPN dan terhubung ke sebuah server. Ajari mereka caranya setiap kali mereka membuka Minecraft, dan koneksi Anda akan aman.

Cara alternatifnya, beberapa VPN punya pilihan untuk “terhubung secara otomatis” saat komputer Anda dinyalakan, jadi pastikan untuk memilih fitur ini jika Anda tidak ingin mengajari anak Anda untuk menggunakan VPN setiap kali mereka ingin main Minecraft.

Kunjungi NordVPN

4. Server Minecraft yang Ramah untuk Anak-Anak


Bicarakan dengan anak-anak Anda tentang server yang mereka pilih. Ada banyak server multiplayer yang ramah bagi anak-anak untuk mereka gunakan, jadi Anda harus memastikan bahwa mereka hanya menggunakan yang itu.

  • Pilih server single-player atau multi-player yang private. Saat anak Anda main Minecraft di komputer, tablet, atau HP mereka, pilih server single-player atau multi-player yang private untuk memastikan mereka aman sambil tetap mengizinkan mereka untuk menikmati game Minecraft.
  • Pilih server multi-player yang diawasi. Jika Anda memilih untuk mengizinkan anak Anda menggunakan server multi-player, pilih yang sesuai dengan umur dan menyediakan moderator. Pihak ketiga menawarkan layanan ini yang menyediakan “pengawasan” tambahan untuk mencegah adanya komentar, tautan, atau hal lain yang tidak pantas di dalam server.

Berikut beberapa server yang ramah untuk anak-anak sebagai panduan awal. Tapi selalu lakukan riset tentang komunitas online Minecraft apa pun guna memastikan itu cocok bagi anak Anda.

  • Autcraft: Server ini dibuat untuk anak-anak yang masuk dalam spektrum autisme dan keluarga mereka. Server ini memberi rasa kepastian tambahan bagi para orangtua dan tidak punya fitur voice chat.
  • Blocklandia: Server Blocklandia bagus bagi para pemain baru dengan tur-tur yang terpandu dan mods yang damai (tidak ada mahkluk berbahaya yang dihasilkan komputer).
  • CrazyPig: Jika anak-anak Anda butuh beragam game dan aktivitas untuk mencegah mereka bosan, CrazyPig mungkin pilihan yang bagus. Server ini punya beragam dunia, termasuk mini-game, dunia kreatif, dan beberapa level dunia survival untuk menarik perhatian anak-anak.
  • Cubeville: Cubeville punya fitur perlindungan tanah dan peti yang memungkinkan anak-anak untuk mengklaim sebagian dari peta server dan bahkan mengajukan bangunan mereka sebagai bangunan penting. Selain itu, banyak moderator di server Cubeville yang merupakan orangtua dari anak-anak yang sedang bermain.
  • Famcraft: Famcraft dikenal atas moderatornya yang ramah dan memandu anak-anak saat di server, serta klan mereka yang mengizinkan pemain untuk bekerja dalam proyek kelompok.
  • Intercraften: Server ini adalah pilihan lain yang bagus bagi anak-anak yang menikmati beragam pilihan. Mulai dari beragam jenis dunia dan karir yang dapat dipilih sampai dengan game mini dan kemampuan untuk mendapat koin, pemain di server Intercraften pasti tidak akan bosan.
  • Kid Club: Server Kid Club dijalankan oleh moderator-moderator suportif dengan keahlian di bidang ilmu computer, pengembangan game, dan design. Anak-anak bisa bekerjasama untuk menyelesaikan tantangan bangunan, main game mini, atau main survival.
  • Minesquish: Server Minesquish punya beberapa dunia yang ramah untuk dijelajahi anak-anak dan digunakan untuk membangun kreasi mereka.
  • The Sandlot: Server yang terinspirasi oleh lobi Harry Potter dan dunia Hunger Games ini mencerminkan imajinasi para pemainnya.
  • Ohanacraft: Server Ohanacraft dikenal atas komitmennya untuk mendukung semua pemain. Faktanya, moto mereka adalah “Leave no player behind.”

5. Laporkan gangguan dan cyberbullying di Minecraft

Sayangnya, game ini sekarang tidak punya cara resmi untuk melaporkan bentuk gangguan, cyberbullying, dan serangan lain. Namun, banyak server yang punya kemampuan untuk melapor. Jadi penting untuk secara menyeluruh memeriksa kemampuan melapor dari server apa pun sebelum memutuskan untuk bergabung.

Selain itu, rata-rata umur pemain harus dipertimbangkan, karena kelompok dengan orang-orang dewasa akan meningkatkan kemungkinan anak Anda mendengar bahasa yang menyinggung atau komentar yang tidak baik.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa fitur parental control di dalam Minecraft yang terhubung ke akun Xbox live (dapat dimainkan di Xbox dan komputer) yang akan memungkinkan Anda untuk mematikan atau menyaring fitur chat.

Anda juga bisa mute pemain-pemain tertentu supaya tidak bisa berkomunikasi dengan anak Anda saat mereka bermain. Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk mute pemain di dalam game:

  1. Buka pengaturan Game.
  2. Di bawah menu Cheats, aktifkan “Cheats” dan klik “Continue”.
  3. Buka Cheats dan aktifkan “Education Edition”. Ini akan menambahkan beberapa fitur tambahan, termasuk kemampuan untuk mute pengguna.
    4. Di Dunia Minecraft yang dipilih, gunakan command box untuk mengetik perintah mute seperti ini: : “/ability [player name] mute true” dan tekan “Enter.”

Seperti namanya, perintah “ability” menentukan kemampuan pemain. Saat Anda menggunakannya di command box, Anda akan diminta untuk memilih jenis pemain yang layak. Pilihan-pilihannya termasuk pemain terdekat, pemain acak, semua pemain, semua entitas, atau bahkan diri Anda sendiri.

Untuk memblokir pemain spesifik, Anda perlu mengetik gametag mereka. Setelah Anda memasukkan gametag mereka, command box akan meminta Anda untuk memilih salah satu dari dua argumen: True atau False. Klik “True”, dan seharusnya Anda sudah menyelesaikan tahapannya.

Glosarium Minecraft: Apa yang Dibicarakan Anak-Anak Anda

Logo of Minecraft

Sulit memahami apa yang dibicarakan anak-anak Anda dengan teman-teman mereka? Video game menciptakan komunitas-komunitas unik, yang membuat singkatan atau julukan yang unik. Terminologi ini mungkin membingungkan bagi orang-orang yang tidak main Minecraft, tapi mereka pastinya membantu memfasilitasi komunitas di antara para pemain.

  • Biome — Kata ini mengarah pada bagian di dalam Minecraft, seperti hutan atau gurun.
  • Creeper — Creeper adalah salah satu dari banyak monster di Minecraft, sering kali menyelinap ke dekat pemain dan meledak.
  • Enderman — Enderman adalah mahkluk yang masuk berpasangan ke dalam game dan biasanya mengambil dan menempatkan blok secara acak.
  • Mob — Mob mengarah pada kelompok mahkluk hidup apa pun di dalam game, seperti kuda atau sapi.
  • Mod — Terminologi ini adalah singkatan untuk “modification”, karena ini merupakan bentuk modifikasi terhadap game-nya, baik itu dengan menambahkan material baru ke game atau mengubah tingkat kesulitan game.
  • Nether — “Nether” adalah dimensi alternatif di Minecraft. Hal ini menyerupai tempat mirip neraka yang bisa diakses hanya melalui sebuah portal. Nether menawarkan material-material langka yang tidak dapat ditemukan di pengaturan default Minecraft (“Overworld”).
  • Redstone — Redstone adalah material populer di Minecraft yang digunakan untuk membuat ramuan atau material lain. Ini juga bisa memberi daya kepada item seperti pintu dan lampu.

Tips Tambahan untuk Menjaga Keamanan Anak Anda Saat Online

Minecraft adalah hobi yang seru untuk anak-anak, tapi apakah Minecraft aman? Secara umum, ya. Video game ini ramah untuk anak-anak, lingkungannya sehat, dan aman. Namun, jika ingin memastikan bahwa anak Anda selalu terlindungi, Anda mungkin ingin menggunakan tips kami untuk mempertahankan keamanan online mereka.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara aman menelusuri web bagi orangtua dan anak-anak, jangan lupa untuk melihat artikel kami yang lain tentang topik:

Apakah Minecraft Aman untuk Anak-Anak?: FAQ

Jika ingin tahu lebih dalam tentang Minecraft dan keamanan online, jangan lupa untuk cek jawaban kami tentang pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan terkait topik ini.

Minecraft adalah video game genre sandbox yang memberi pemain kekuasaan penuh atas dunia block di sekitar mereka. Game ini dirilis pada tahun 2011 silam dan telah menjadi game yang sangat sukses semenjak itu. Di dalam Minecraft, Anda bisa mengumpulkan sumber daya, membuat item baru, dan membangun apa pun yang bisa Anda bayangkan dengan beragam material dan warna.

Minecraft secara umum aman untuk anak-anak. Game ini punya rating 10+ dari ESRB (artinya game ini disarankan bagi pemain berumur 10 tahun ke atas).

Namun, game ini tetap bisa beresiko terhadap perkembangan anak Anda – dan privasi rumah tangga Anda – jika Anda tidak mengambil upaya keamanan yang tepat. Baca artikel kami tentang cara menjaga keamanan anak Anda di Minecraft untuk tahu lebih lanjut.

Mojang, perusahaan di balik Minecraft, melarang penggunaan VPN dengan game mereka, karena layanan itu bisa digunakan untuk melampaui batasan regional pada server. Sayangnya, tanpa VPN, aktivitas online anak Anda tidak bisa terlindungi.

Layanan VPN unggul punya server yang bisa melampaui pelacak milik Mojang. Untuk game online seperti Minecraft atau Roblox, kami menyarankan NordVPN.

Guna menjaga keamanan anak Anda (dan diri Anda sendiri), gunakan server single-player atau server multiplayer yang batas umurnya sesuai.

Untuk perlindungan terbaik di server multiplayer, Anda bisa mencoba membuat server private Anda sendiri. Pilihan lainnya adalah dengan menemukan pilihan yang sesuai di internet dengan moderator dan peraturan yang ketat terkait kata-kata dan perilaku yang tidak senonoh.

Untuk mengubah parental control pada Minecraft di Xbox Live, lengkapi langkah-langkah berikut:

  1. Log in dengan akun parental Anda di _.
  2. Gulir ke menu di bagian atas dan klik “My Profile”.
  3.  Dari halaman profil, klik “Privacy Settings”.
  4. Klik nama atau gambar Microsoft gamertag milik anak Anda.
  5. Perbarui beragam pengaturan privasi yang diperlukan.
International security coordinator
Marko has a Bachelor's degree in Computer and Information Sciences. He coordinates and manages VPNOverview.com's team of international VPN researchers and writers.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar