Buka Blokir Video YouTube dengan VPN

Youtube Blocked Featured Image
Klik di sini untuk melihat rangkuman artikel ini
Rangkuman: Cara Buka Blokir Video di YouTube

Tidak bisa nonton video karena pemblokiran YouTube? Video Anda mungkin diblokir akibat batasan hak cipta atau penyensoran. Anda tetap bisa mengakses video-video itu dengan koneksi VPN. Caranya sangat mudah:

  1. Berlangganan dengan penyedia VPN pilihan Anda. Mungkin Anda memilih salah satu penyedia VPN bagus dari daftar top 5 pilihan kami atau cek rekomendasi kami di bawah.
  2. Unduh perangkat lunak VPN dari situs resmi penyedia VPN pilihan Anda.
  3. Masuk dengan akun Anda.
  4. Pilih server di negara pilihan Anda dan aktifkan VPN.

Sekarang Anda bisa mengakses internet seperti sedang di negara lokasi server pilihan Anda. Dengan memilih server di lokasi yang punya akses ke video yang diblokir, Anda bisa mudah nonton video tersebut.

Untuk membuka blokir video YouTube, kami menyarankan penyedia NordVPN yang cepat dan aman:

Ingin tahu lebih banyak tentang cara buka blokir YouTube? Baca selengkapnya artikel di bawah ini.

Jika Anda menghabiskan banyak waktu di YouTube, pesan berikut mungkin tidak asing: “Video ini tidak tersedia di negara Anda”. Tidak semua video di YouTube tersedia di seluruh dunia. Sering kali, hal ini disebabkan oleh penyensoran atau hak cipta. Baik pemerintah atau komunitas bisa membuat YouTube, atau konten tertentu di YouTube, tidak dapat diakses. Berikut contoh tampilan layarnya:

video not available youtube

Untungnya, ada cara mudah untuk nonton video YouTube yang diblokir. Klip-klip tersebut mungkin kelihatannya tidak bisa diakses, tapi kerap bukan begitu kenyataannya. Artikel ini akan menjelaskan cara untuk bisa melampaui batasan online dengan VPN.

Mengapa Video YouTube Diblokir?

Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin tidak bisa nonton sebuah video tertentu di YouTube. Berikut sejumlah kemungkinan penjelasannya:

  • Pengaturan jaringan Anda mencegah akses ke YouTube. Hal ini sering terjadi saat Anda menggunakan jaringan tempat kerja. Atasan Anda mungkin sudah memblokir YouTube, atau konten tertentu di platform tersebut, untuk meningkatkan produktivitas.
  • Ada masalah teknis dengan videonya.
  • Akibat batasan terhadap hak siar, videonya tidak tersedia di lokasi Anda. Hal ini terjadi, contohnya, saat sebuah video mengandung gambar milik sebuah organisasi yang belum memberi izin siar akan konten tersebut di negara Anda. Sering kali YouTube adalah pihak yang memasang batasan tersebut.
  • Pengunggah video telah mengindikasikan bahwa videonya tidak diizinkan untuk tayang di kawasan tertentu.
  • Penyensoran nasional yang dipasang oleh pemerintah mencegah akses ke (sebagian) YouTube. Jika hal ini terjadi, seluruh situs kerap cenderung menjadi tidak dapat diakses. Hal ini terjadi di negara seperti Cina dan Korea Utara. Gulir ke bagian bawah artikel ini untuk melihat gambaran luas tentang negara yang diketahui sudah memblokir YouTube.

Pada banyak kasus di atas, ada cara cepat untuk tetap nonton video YouTube pilihan Anda.

Bagaimana Cara Melampaui Blokir YouTube?

Saat sedang di sekolah, tempat kerja, atau luar negeri, Anda tidak perlu khawatir soal akses ke YouTube. Ada beberapa cara untuk melampaui atau menghindari pemblokiran YouTube skala nasional dan lokal. Pilihan pertama, dan yang paling efektif, adalah dengan menggunakan VPN.

Buka blokir YouTube dengan VPN

VPN Shield IconCara paling aman untuk melampaui pemblokiran YouTube adalah dengan menggunakan VPN. Koneksi VPN akan mengenkripsi traffic internet Anda dan mengarahkannya melalui server eksternal. Ini berarti Anda akan mendapat alamat IP yang berbeda, sehingga lokasi virtual Anda juga akan berubah. Dalam bahasa lain, dengan menggunakan VPN Anda bisa terlihat seperti sedang berada di negara lain.

Sebagian besar penyedia VPN punya server di seluruh dunia. Server yang Anda pilih akan menentukan IP dan lokasi virtual Anda. Jika digunakan dengan cerdas, Anda bisa berpura-pura sedang berada di AS walaupung sebenarnya lokasi Anda di Cina. Dengan begitu, Anda bisa mengunjungi situs yang sebelumnya diblokir – termasuk YouTube.

VPN membuka blokir video YouTube di seluruh dunia, tapi juga punya manfaat yang lain, seperti anonimitas dan keamanan online yang meningkat.

VPN Mana yang Terbaik untuk YouTube?

Banyak penyedia VPN independen yang punya layanan untuk Anda gunakan. Tapi, tidak semua memiliki kualitas yang sama. Beberapa layanan tidak aman atau tidak akan bisa membuka blokir konten yang dibatasi. Maka kami memilih tiga penyedia VPN yang pasti bisa bekerja dengan YouTube. Jika Anda kurang yakin harus memilih VPN yang mana, bisa pilih salah satu pilihan di bawah ini.

1. NordVPN: buka blokir beragam platform

NordVPN adalah salah satu VPN paling populer saat ini. Penyedia ini dikenal karena punya banyak fitur untuk buka blokir. Dengan ribuan server NordVPN, Anda bisa nonton YouTube sepuasnya. Selain itu, layanan ini bisa membuka blokir konten di banyak platform online yang lain, seperti Netflix Amerika.

Dengan NordVPN, Anda bisa nonton video YouTube dari seluruh dunia. Lalu, layanan ini juga sangat aman, sehingga anonimitas dan keamanan online Anda tetap terjaga. Lebih dari itu, harga NordVPN relatif murah. Cek situs mereka dengan menekan tombol pada banner di bawah ini.

NordVPN
Pilihan kami
Pilihan kami
Penawaran:
Hanya $3,29 per bulan untuk program langganan 2 tahun dengan garansi 30 hari uang kembali
Dari
$3.29
9.3
  • Perlindungan luar biasa dan jaringan server yang besar
  • Aplikasi yang bagus dan menyenangkan
  • Tidak ada log
Kunjungi NordVPN

2. ExpressVPN: nonton YouTube tanpa lag

Jika khawatir VPN akan berdampak buruk terhadap kecepatan internet Anda, mungkin Anda ingin mencoba ExpressVPN. ExpressVPN telah berulang kali membuktikan diri sebagai penyedia VPN tercepat. Selain itu, layanan ini punya jaringan server yang luas, meskipun tidak sebesar milik NordVPN. Walaupun begitu, video YouTube Anda tidak harus memuat terlalu lama dengan ExpressVPN.

Keuntungan besar dari ExpressVPN adalah layanan ini unggul di hampir semua aspek. Penyedia ini cepat, mudah digunakan, punya layanan pelanggan yang bagus, menawarkan ribuan server, bekerja dengan sejumlah layanan online seperti Netflix, dan sangat aman. Sayangnya, ini ditawarkan dengan harga yang lebih tinggi: dibanting penyedia lain, ExpressVPN tentu lebih mahal. Tapi, layanan mereka memang bagus. Jika Anda mau yang berkualitas, kami sepenuh hati menyarankan ExpressVPN.

ExpressVPN
Penawaran:
Dapatkan diskon langganan tahunan + garansi 30 hari uang kembali!
Dari
$6.67
8.9
  • VPN yang mudah digunakan
  • Cocok untuk browsing, pengunduhan, dan streaming secara anonim (contohnya Netflix)
  • 3000+ server di 94 negara
Kunjungi ExpressVPN

3. Surfshark: hemat uang

Pilihan ketiga yang bagus saat ingin nonton video YouTube yang diblokir adalah Surfshark. Surfshark adalah penyedia VPN yang relatif baru dan dengan cepat menjadi salah satu layanan terbaik yang kami uji sejauh ini. Keuntungan terbesar dari penyedia ini adalah program langganannya yang sangat murah. Dengan beberapa euro saja setiap bulan, Anda sudah bisa sepenuhnya terlindungi dan punya kesempatan untuk membuka blokir konten online.

Jaringan server Surfshark belum sebesar ExpressVPN dan NordVPN. Tetap saja, Anda mungkin akan menemukan hal yang dibutuhkan dengan penyedia ini. Mereka punya server di seluruh dunia, sehingga Anda bisa membuka blokir hampir semua jenis video YouTube. Lebih dari itu, Anda bisa menggunakan Surfshark di jumlah perangkat yang tidak terbatas: seluruh keluarga Anda bisa online secara aman dengan satu program langganan yang murah.

Surfshark
Penawaran:
Internet aman dan anonim hanya dengan modal $2,30 per bulan
Dari
$2.30
9.0
  • Sangat ramah konsumen serta bisa bekerja dengan Netflix dan torrent
  • Garansi 30 hari uang kembali. Tanpa syarat tambahan!
  • Harga murah dengan banyak pilihan tambahan
Kunjungi Surfshark

Bagaimana Cara Memasang VPN?

Pemasangan VPN sangat mudah. VPN sering kali punya perangkat lunak yang bisa langsung Anda untuk dari situs resmi mereka. Setelah dipasang, Anda hampir selesai dengan prosesnya. Jika Anda ingin tahu cara melakukannya, ikuti tahapan di bawah ini:

Installing NordVPN Step by Step Desktop

  1. Buka akun dengan penyedia VPN yang bagus, contohnya NordVPN.
  2. Unduh perangkat lunak VPN dari situs resmi mereka.
  3. Pasang perangkat lunak VPN. Sering kali Anda hanya perlu mengikuti tahapan installation wizard.
  4. Buka aplikasi VPN dan masuk denagn akun yang sudah dibuat di tahap 1.
  5. Pilih server di negara pilihan Anda.
  6. Aktifkan VPN dengan menekan tombol hubungkan (connect).

Sekarang Anda sudah siap nonton YouTube secara aman dan bebas! Untuk informasi lebih lanjut tentang cara pasang VPN di beragam perangkat, seperti Google Chromecast atau iPad Anda, mohon klik di sini.

Cara Lain untuk Buka Blokir Video YouTube

Selain penggunaan VPN, ada cara lain untuk mengakses video YouTube yang diblokir. Berikut beberapa caranya.

Gunakan https:// bukan http://

Banyak perusahaan dan sekolah yang secara manual memasang batasan di dalam jaringan mereka. Ini artinya pemblokiran YouTube ditulis tangan, umumnya menghasilkan entri seperti “http://www.youtube.com”. Jika Anda tambahkan ‘s’ ke ‘http’, kemungkinannya situs tersebut akan tersedia kembali untuk Anda. Pada dasarnya, versi HTTPS dari platform tersebut tidak masuk dalam daftar situs yang diblokir.

Sederhananya, HTTPS adalah versi yang lebih aman dari sebuah situs. Ada kemungkinan bahwa versi ini tidak termasuk ke dalam daftar blokir, sehingga Anda masih bisa nonton YouTube di sekolah atau tempat kerja. Tapi, kemungkinan keberhasilan metode ini sangat tipis. Saat ini, teknologi semakin cerdas, dan sistem yang digunakan untuk memblokir situs dalam sebuah jaringan mungkin secara otomatis membatasi akses ke versi HTTP dan HTTPS dari situs tersebut. Meskipun begitu, Anda masih boleh mencobanya: hasilnya akan langsung diketahui dalam beberapa detik saja.

Gunakan mobile hotspot

wifi logo phoneBatasan kecil dan lokal juga bisa dilampaui dengan terhubung ke sebuah mobile hotspot. Untuk melakukannya, nyalakan hotspot dari mobile phone Anda dan hubungkan komputer Anda ke jaringan Wi-Fi hotspot tersebut. Sekarang Anda bisa mengakses semua situs yang diblokir oleh oleh organisasi di balik jaringan Wi-Fi itu. Pada dasarnya, Anda tidak menggunakan Wi-Fi mereka, tapi paket internet Anda sendiri.

Tentunya, solusi ini meminta Anda untuk menggunakan mobile data Anda sendiri, sehingga bisa jadi harganya sangat mahal. Selalu pertimbangkan hal ini saat ingin melampaui blokir YouTube. Meskipun trik ini tidak bekerja untuk penyensoran skala nasional, hal ini bisa jadi solusi untuk melampaui batasan di jaringan sekolah dan tempat kerja.

Gunakan server proxy

Selain VPN, Anda juga bisa menggunakan server proxy untuk melampaui blokir YouTube. Server proxy mengizinkan Anda untuk mengubah alamat IP Anda menjadi alamat IP proxy. Ada banyak situs pembuka blokir online yang berfungsi sebagai proxy. Jika ingin menggunakan salah satunya, Anda bisa langsung masukkan link video YouTube yang diblokir dan akan diarahkan ke sebuah halaman di mana Anda bisa nonton videonya.

Meskipun proxy mirip dengan VPN dalam beberapa aspek, keduanya tidak sama. VPN melindungi koneksi internet Anda dan memastikan data Anda tidak dilihat oleh pihak lain. Server proxy tidak menyediakan tingkat privasi dan keamanan yang sama. Selain itu, server proxy (umum) cenderung cepat penuh, sehingga menjadi lambat atau sepenuhnya berhenti bekerja. VPN secara umum akan bekerja dengan lebih baik dan memberi Anda akses tanpa batas.

Bagaimana Cara Tahu Negara Mana yang Memblokir Video YouTube Tertentu?

Jika Anda melihat video YouTube yang diblokir di lokasi Anda, video itu bisa dibuka menggunakan VPN. Tapi, Anda perlu tahu negara mana saja yang memblokir video tersebut untuk bisa menontonnya. Pada dasarnya, Anda perlu memilih server VPN di salah satu negara untuk nonton video tersebut.

Ada beberapa situs yang bisa membantu Anda dalam hal ini. Contohnya adalah Unblockvideos. Ketik atau salin tautan dari video YouTube dan situsnya akan menunjukkan peta dunia beserta tempat yang memblokir video tersebut, dan mana yang mengizinkan. Contohnya, beriku peta yang terlihat saat Anda mencari video musik untuk lagu Danza Kuduro, yang ditemukan di saluran Don Omar:

YouTube blocked Don Omar unblockvideos map

 

Seperti yang bisa dilihat, musik videonya tidak tersedia di banyak negara Eropa. Ini mungkin berkaitan dengan hak siar di sana. Oleh karena videonya tersedia di Amerika Serikat, Anda bisa mengaksesnya dengan server VPN di Amerika Serikat. Hal ini juga berlaku untuk server di negara apapun yang berwarna hijau.

Negara yang Memblokir YouTube

YouTube punya lebih dari satu milyar pengguna dan memberi kebebasan bagi pengguna tersebut untuk mengunggah segala jenis video. Ini alasan mengapa beberapa negara melakukan upaya untuk menyensor ‘konten gratis’ tersebut. Negara-negara seperti Cina, Korea Utara dan Iran diketahui memberlakukan pemblokiran sepenuhnya terhadap penggunaan platform ini.

Keputusan untuk memblokir YouTube sering kali didasari atas upaya untuk mengatur dan mempengaruhi pola pikir masyarakat. Pemerintah dari beberapa negara merasa platform tersebut menyebarkan pesan yang ilegal, contohnya. YouTube dilihat sebagai ancaman, karena semua orang bisa membagikan pemikiran mereka di situ. Maka sebagian besar rezim totaliter memilih untuk memblokir YouTube. Anda bisa temukan informasi lebih lanjut tentang jenis penyensoran ini di kategori “Penyensoran” kami.

Tabel di bawah ini berisi negara yang diketahui menggunakan batasan YouTube saat ini. Dijelaskan juga alasan awal dari pemblokirannya.

NEGARAALASAN MEMBLOKIR YOUTUBE
CinaTidak diketahui
EritreaKemungkinan pertimbangan bandwidth
Korea UtaraDilarang secara hukum
Sudan SelatanMenurut pemerintah, YouTube menunjukkan konten ‘anti-Islam’
TajikistanUpaya untuk mencegah masyarakat yang ingin nonton video presiden yang menyanyi dengan nada sumbang di pernikahan anaknya
TurkmenistanAlasan keamanan
UzbekistanTidak diketahui

Kesan Akhir: Akses Bebas ke Semua Video di YouTube

Ada banyak batasan YouTube berskala lokal dan nasional akibat pembatasan di jaringan sekolah dan tempat kerja, penyensoran, dan batasan hak siar. Namun, ada beberapa cara untuk melampaui blokir tersebut. Beberapa solusi, seperi penggunaan server proxy atau mobile hotspot, tidak selalu bekerja. Pilihan lain cenderung lebih mungkin berhasil.

VPN adalah solusi yang selalu berhasil, bahkan dengan pembatasan nasional terhadap YouTube. Pemasangan koneksi VPN hanya membutuhkan beberapa menit saja dan akan memberikan anonimitas, keamanan, dan kebebasan online tambahan untuk Anda. Anda tidak hanya akan terlindungi di YouTube, tapi juga di situs atau layanan online lain yang Anda kunjungi.

NordVPN adalah VPN bagus yang patut dicoba, khususnya bersama dengan YouTube. Tapi, ada VPN bagus lain yang bisa dipilih. Pada dasarnya, dengan VPN yang tepat Anda akan selalu bisa nonton video di YouTube, dari lokasi mana pun di dunia.

Video YouTube Tidak Tersedia: FAQ

Punya pertanyaan tentang artikel ini atau pemblokiran YouTube secara umum? Kami akan menjawabnya untuk Anda. Cek FAQ kami di bawah dan klik salah satu pertanyaan untuk melihat jawabannya.

Terkadang, Anda akan melihat pesan “video ini tidak tersedia di negara Anda” di YouTube. Mungkin keseluruhan platformnya sama sekali tidak bekerja. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa alasan:

  • Pemilik jaringan Anda telah memblokir akses ke YouTube.
  • Video berisi konten yang tidak bisa tayang di negara Anda karena hak siar.
  • Pengunggah video telah mengindikasikan bahwa video tersebut sebaiknya tidak disiarkan di negara Anda.
  • Penyensoran di tingkat nasional memblokir (sebagian) YouTube.

Dengan VPN yang bagus, Anda bisa melampaui blokir ini dan tetap nonton video sesuai keinginan Anda.

Jika menggunakan VPN, Anda bisa nonton video yang diblokir di YouTube. Langsung pilih sebuah penyedia VPN dan unduh perangkat lunak mereka. Lalu masuk dengan akun Anda dan terhubung ke server di negara pilihan Anda. VPN mengubah alamat IP Anda, sehingga Anda bisa melampaui batasan geografis dan nonton video YouTube yang diblokir.

Jika Anda ingin nonton video YouTube yang diblokir, kami menyarankan NordVPN. NordVPN adalah penyedia VPN yang bisa diandalkan dan cepat untuk memberi Anda akses ke semua video di YouTube secara cepat. Anda bisa baca selengkapnya tentang penyedia ini di dalam ulasan lengkap kami tentang NordVPN.

Analis keamanan cyber
David adalah seorang analis keamanan cyber dan salah satu pendiri VPNoverview.com. Tertarik dengan fenomena “identitas digital”, dan khususnya peduli dengan hak atas privasi serta perlindungan data pribadi
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar