Mengakses WhatsApp di Luar Negeri: Cara Melampaui Batasan

Accedere a WhatsApp
Klik di sini untuk melihat rangkuman artikel ini
Cara melampaui batasan WhatsApp: rangkuman singkat

Di beberapa negara tertentu, jasa VoIP seperti WhatsApp diblokir. Apa cara terbaik untuk melampaui batasan tersebut saat Anda sedang berlibur atau berurusan di luar negeri? Cara terbaik untuk melampaui batasan VoIP adalah dengan menggunakan VPN. Perangkat lunak VPN memungkinkan Anda untuk menyalurkan ulang traffic internet Anda via server VPN di negara lain. Berikut caranya:

  1. Langganan dengan VPN yang bagus dan buatlah akun.
  2. Unduh perangkat lunak VPN ke perangkat Anda.
  3. Log in ke perangkat VPN.
  4. Pilih sebuah server VPN di negara yang tidak memblokir WhatsApp.
  5. Sekarang Anda bisa chat di WhatsApp. Selain dari WhatsApp, Anda juga bisa mengakses jasa-jasa lain yang mungkin diblokir oleh negara tempat Anda tinggal, seperti Skype.

Ingin mulai menggunakan VPN untuk bebas dari pembatasan WhatsApp? Kami menyarankan ExpressVPN. VPN ini memiliki banyak pilihan, menawarkan jasa yang cepat dan aman serta memiliki jumlah server yang banyak di seluruh dunia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai alasan pemblokiran WhatsApp, cara kerja VPN dan tips tentang cara melampaui pembatasan WhatsApp, baca selengkapnya artikel kami di bawah ini.

Jasa messaging terkenal WhatsApp memungkin para penggunanya untuk berbagi pesan teks, panggilan video, dan file antara satu sama lain secara aman. Pada jaman di mana kebocoran data adalah hal yang umum terjadi, WhatsApp menjadi menarik bagi banyak orang. Sayangnya, WhatsApp dilarang di Cina dan Uni Emirat Arab serta dibatasi di sejumlah negara lainnya. Akan tetapi, masih ada kemungkinkan bagi pengguna WhatsApp untuk mengakses jasa ini di negara-negara tersebut. Berikut gambaran luas tentang pembatasan WhatsApp di luar negeri dan cara untuk melampauinya.

Negara Mana yang Membatasi WhatsApp dan Apa Alasannya?

Cina secara besar-besaran telah melarang penggunaan WhatsApp beberapa tahun terakhir ini. Pada bulan Juli 2017, pemerintah Cina mulai memblokir banyak fungsi WhatsApp. Hal ini termasuk fitur pembagian file, video, dan voice chat. Cina sempat meniadakan pemblokiran tersebut beberapa minggu setelahnya. Namun pada bulan September 2017, pemerintah memblokir semua fitur dari aplikasi tersebut. Pelarangannya saat ini masih berlaku, meskipun ada banyak kekhawatiran bahwa kebijakan tersebut akan menganggu bisnis di Cina.

Meskipun pelarangan WhatsApp di Cina terkenal, negara lain juga membatasi aplikasi tersebut. Qatar dan Uni Emirat Arab melarang WhatsApp, serta Snapchat dan FaceTime. Arab Saudi sebelumnya pernah membatasi beberapa fitur WhatsApp, khususnya panggilan suara, namun meniadakan larangan tersebut di tahun 2016. Negara-negara lain yang menutup akses ke WhatsApp secara sementara adalah Brazil, Uganda, Zimbabwe, Mesir, dan Moroko.

Mengapa Mereka Melarang WhatsApp?

Whatsapp Logo

Penting untuk mencari tahu alasan beberapa negara secara sementara melarang atau menutup WhatsApp. Masyarakat Brazil dulu memiliki lebih banyak kebebasan online. Negara ini bahkan mengadopsi sebuah regulasi terkait internet yang mendukung net neutrality (netralitas internet) di tahun 2014. Namun pada tahun 2015 dan 2016, pemerintah dua kali memblokir WhatsApp. Hal ini dikarenakan terjadinya perbedaan pendapat antara pemerintah dan Facebook, pemilik WhatsApp, terkait penyerahan data untuk membantu proses investigasi kasus kriminal cyber. Pemerintah Brazil semenjak itu telah mengesahkan lebih banyak regulasi untuk memerangi kasus kejahatan cyber. Akan tetapi, regulasi tersebut juga membatasi kebebasan internet bagi banyak masyarakat Brazil.

Turki memblokir WhatsApp pada bulan November 2016 pasca penangkapan beberapa anggota People’s Democratic Party (PDP) yang didukung oleh Kurdi. Pemerintah Turki semakin sering menggunakan penyensoran internet sebagai cara menangani isu. Hal ini sebagian besar dilakukan untuk menghentikan peliputan oleh pihak media akan peristiwa-peristiwa politik tertentu. Mereka mengklaim bahwa keputusan tersebut diambil untuk menghindari kerusahan sipil. Namun, mereka sangat membatasi kebebasan internet dari masyarakat Turki.

Arab Saudi melarang panggilan suara lewat WhatsApp, Skype dan jasa VoIP (Voice over Internet Protocol) lainnya sebelum tahun 2017. Hal ini mempersulit masyarakat Saudi untuk berkomunikasi dan terhubung dengan dunia luar. Tujuannya adalah untuk membatasi masuknya ide-ide dan informasi asing ke dalam negeri. Kerajaan Arab Saudi meniadakan pelarangan tersebut di tahun 2017 untuk memasarkan pertumbuhan bisnis dan perkembangan ekonomi. Pemikiran bahwa jasa-jasa seperti WhatsApp dan Skype perlu dibatasi untuk menjaga negara dari pengaruh negatif juga dimiliki oleh Cina.

Di beberapa negara, pemblokiran dan pembatasan jasa VoIP diterapkan sebagai bentuk proteksionisme oleh perusahaan telekomunikasi. Kemampuan WhatsApp untuk menawarkan jasa panggilan suara dan video yang gratis dan tersedia di seluruh dunia memiliki potensi dampak buruk bagi pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan telekom melalui jasa-jasa mereka sendiri. Atas dasar alasan tersebut, mereka memblokir penggunaan WhatsApp dan platform serupa.

Pembatasan WhatsApp dan the Great Firewall of China

Pelarangan WhatsApp di Cina memiliki keterkaitan dengan upaya negara tersebut untuk menyensor komunikasi yang bebas dan terbuka. Program penyensoran internet di Cina, dikenal dengan the Great Firewall of China, adalah salah satu yang paling restriktif di seluruh dunia. Pemerintahnya merancang Firewall ini untuk memblokir informasi yang dinilai mengancam prinsip-prinsip Komunis mereka. Program ini juga berfungsi untuk membatasi penyebaran ide-ide asing dan Barat di dalam negara mereka.

WhatsApp menjadi salah satu kekhawatiran utama bagi pemerintah Cina karena jasa ini memiliki fitur enkripsi yang sudah maju. Teknologi enkripsi ini mencegah pihak-pihak ketiga dari melihat percakapan dan pesan yang dikirim melalui WhatsApp. Alhasil, pemerintah takut bahwa masyarakat Cina akan saling bertukar konten anti-Komunis melalui WhatsApp. Inilah alasan aplikasi tersebut dan banyak situs lainnya dibatasi.

Cina memiliki jasa messaging lainnya seperti WeChat, yang mirip dengan WhatsApp namun tanpa dilengkapi fitur enkripsi. Tidak mengherankannya, jasa-jasa seperti WeChat selalu diawasi oleh pihak pemerintah. Lebih dari itu, WeChat menyediakan informasi bagi pemerintah Cina jika diminta. Praktik ini menunjukkan bahwa pihak pemerintah sangat curiga akan komunikasi pribadi masyarakatnya. Sehingga, Cina sangat menyensor para warganya.

Cara Melampaui Batasan-Batasan Tersebut

Penting untuk memahami bagaimana pemerintah membatasi WhatsApp guna bisa melampaui batasan tersebut. Saat pihak pemerintah memutuskan untuk memblokir WhatsApp, mereka akan memberi tahu semua perusahaan layanan penyedia internet (ISP) di negara mereka. Perusahaan ISP diharuskan untuk memblokir koneksi para pengguna jasa mereka supaya aplikasi WhatsApp tidak bisa lagi diakses. Oleh karena semua perusahaan ISP harus mematuhi perintah tersebut, aplikasinya akan diblokir di setiap koneksi internet yang ada dalam negara tersebut.

Meskipun ada pelarangan terhadap WhatsApp, Anda bisa mengakses jasa ini menggunakan virtual private network (VPN). Anda juga dapat menggunakan VPN untuk mengakses konten situs yang dilarang. VPN mengenkripsi data Anda dan mengirimnya melalui server proxy, yang akan memberikan Anda sebuah alamat IP yang berbeda. Hal ini akan menyembunyikan alamat IP asli dan lokasi Anda serta mengirim data Anda melalui negara lain. Dengan begitu, seseorang di Cina dapat melampaui blokir WhatsApp.

Pilihan VPN yang Sesuai untuk Membuka Blokir WhatsApp

Supaya dapat mengakses WhatsApp di negara-negara yang membatasi penggunaannya, Anda perlu terlebih dahulu terhubung ke sebuah jasa VPN. Baru Anda bisa melampaui batasan-batasan yang ada dan menggunakan keseluruhan dari fitur aplikasi tersebut. Di saat yang bersamaan, perlu diingat bahwa tidak semua VPN dapat dipercaya. Anda perlu menemukan jasa VPN dengan fitur keamanan yang maju, jaringan server yang besar, dan kecepatan koneksi yang cepat. Berikut beberapa pilihan VPN yang sangat sesuai untuk membuka blokir WhatsApp.

Mengakses WhatsApp dengan ExpressVPN

ExpressVPN dinilai sebagai jasa VPN terbaik secara keseluruhan saat ini dalam aspek kecepatan, tingkat keandalan, dan keamanan. Jasa ini memungkinkan Anda untuk terhubung ke jaringan berisi lebih dari 3000 server di lebih dari 90 negara. Ini artinya Anda bisa melampaui pemblokiran WhatsApp di banyak negara, termasuk Cina. Bahkan faktarnya, ExpressVPN adalah salah satu VPN terbaik yang dapat Anda gunakan saat berkunjung ke Cina.

Ada banyak ragam fitur keamanan di ExpressVPN yang akan melindungi Anda selama menggunakan WhatsApp. Fitur-fitur ini mencakup enkripsi 256-bit untuk melindungi data Anda, perlindungan dari kebocoran DNS, dan tombol mati daya untuk menghentikan data supaya tidak terkirim melalui koneksi yang tidak terlindungi. Fitur-fitur tambahan lainnya termasuk pemeriksa IP dan kebijakan no log supaya dapat melindungi data pribadi Anda secara lebih lanjut.

Jasa ini juga dikenal karena kecepatannya yang tinggi, sehingga memungkinkan Anda untuk mengirim teks, pesan, dan panggilan suara melalui WhatsApp tanpa penundaan. VPN ini juga secara umum mudah digunakan dan dipasang, sehingga menjadi pilihan yang baik bagi pemula VPN dan juga pengguna yang lebih berpengalaman.

ExpressVPN
Penawaran:
Dapatkan diskon langganan tahunan + garansi 30 hari uang kembali!
Dari
$6.67
8.9
  • VPN yang mudah digunakan
  • Cocok untuk browsing, pengunduhan, dan streaming secara anonim (contohnya Netflix)
  • 3000+ server di 94 negara
Kunjungi ExpressVPN

Mengakses WhatsApp dengan NordVPN

NordVPN sangat aman dan cepat. Kebijakan no log dan pilihan server mereka yang banyak menjadikan VPN ini sangat menarik dengan penawaran harganya yang juga masuk akal. Lebih dari itu, VPN ini cocok jika Anda ingin tetap sepenuhnya anonim saat online. NordVPN memiliki banyak pilihan tambahan lain untuk meningkatkan keamanan online Anda sehingga VPN ini adalah penyedia VPN premium teraman yang ada saat ini.

NordVPN
Pilihan kami
Pilihan kami
Penawaran:
Hanya $3,29 per bulan untuk program langganan 2 tahun dengan garansi 30 hari uang kembali
Dari
$3.29
9.3
  • Perlindungan luar biasa dan jaringan server yang besar
  • Aplikasi yang bagus dan menyenangkan
  • Tidak ada log
Kunjungi NordVPN

Menggunakan VPN di Cina

Apapun pilihan yang akhirnya Anda pilih, jika Anda sedang berkunjung ke Cina maka ada beberapa pertimbangan tambahan. Jika Anda berencana untuk menggunakan VPN di Cina, mohon ingat untuk memilih penyedia VPN secara hati-hati dan mengunduh VPN sebelum meninggalkan tempat tinggal Anda. Hal ini diperlukan karena Cina juga melarang jasa-jasa VPN. Dengan mengikuti tahap-tahap di atas, seharusnya tidak akan ada masalah saat Anda ingin menggunakan WhatsApp di Cina.

Kesan Akhir

Banyak negara yang membatasi jasa seperti WhatsApp untuk beragam alasan. Beberapa negara seperti Cina khawatir bahwa masyarakatnya bisa berbagi pesan anti-pemerintah. Atau mereka ingin mencegah pengaruh yang tidak diinginkan dari mempengaruhi masyarakatnya. Pelarangan sementara terdapat WhatsApp sering kali terjadi pada masa kerusuhan sipil atau protes anti-pemerintah. Sering kali negara-negara menggunakan penyensoran untuk mengurangi kerusuhan dan demonstrasi yang sedang terjadi. Dalam kasus apapun, keputusan pemerintah untuk membatasi kebebasan masyarakatnya adalah praktik yang kontroversial.

Berita baiknya adalah meskipun ada pembatasan oleh pemerintah, masyarakat dan pengunjung masih bisa mengakses WhatsApp. Jika Anda berlangganan dengan VPN dari penyedia jasa yang terkenal bagus, Anda akan mendapatkan semua hal yang diperlukan untuk mengakses WhatsApp di luar negeri. Begitu pun dengan aplikasi lainnya, seperti TikTok dan Facebook. Selama Anda memasang VPN sebelum berpergian, maka pembatasan di negara mana pun bisa dilewati.

Cara melampaui pembatasan WhatsApp: FAQ

Ingin tahu lebih banyak tentang cara melampaui batasan-batasan WhatsApp selama berpergian? Di bawah ini, kami telah membuat daftar FAQ. Mohon klik salah satu pertanyaan untuk melihat jawabannya!

Di beberapa negara, jasa VoIP diblokir sebagai bentuk proteksionisme oleh perusahaan telekomunikasi. Kemampuan WhatsApp untuk menawarkan jasa panggilan suara yang gratis dan tersedia di seluruh dunia memiliki potensi dampak negatif bagi pendapatan perusahaan telekom yang dihasilkan dari jasa-jasa mereka sendiri. Atas dasar alasan tersebut, mereka memblokir penggunaan WhatsApp dan platform serupa. Alasan lain dari pemblokiran WhatsApp adalah penyensoran oleh pemerintah.

Anda bisa menggunakan koneksi VPN untuk kembali mengakses WhatsApp. Setelah Anda terhubung ke server di negara lain, Anda juga bisa menikmati kebebasan dari negara tersebut. Anda akan diberikan alamat IP lain dari VPN dan mulai saat itu Anda berlokasi di negara lain secara digital. Jika Anda terhubung ke server di sebuah negara yang mengizinkan penggunaan WhatsApp, Anda juga akan memiliki akses ke jasa tersebut.

ExpressVPN dinilai sebagai jasa VPN terbaik secara keseluruhan saat ini dalam aspek kecepatan, tingkat keandalan, dan keamanan. Jasa ini memungkinkan Anda untuk terhubung ke jaringan yang berisi lebih dari 3000 server di lebih dari 90 negara. Anda bisa melampaui pemblokiran WhatsApp di banyak negara. Terdapat beragam fitur keamanan di ExpressVPN untuk melindungi Anda saat sedang menggunakan WhatsApp.

Jurnalis seputar teknologi
Ronella selalu memikirkan cara supaya kita dapat membuat lingkungan digital yang seaman mungkin. Perkembangan digital yang baik juga berarti kita dihadapkan dengan isu-isu keamanan baru. Maka, Ronella ingin menciptakan kesadaran yang lebih tinggi tentang keamanan cyber dan menarik perhatian orang perihal resiko dan perangkap yang sebaiknya dihindari.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar