Mengakses Skype di Luar Negeri: Cara Melampaui Blokir VoIP Saat Berpergian

Klik di sini untuk melihat rangkuman artikel ini
Akses Skype di Luar Negeri: rangkuman singkat

Di beberapa negara tertentu, jasa VoIP seperti Skype diblokir. Apa cara terbaik untuk melampaui pembatasan tersebut saat Anda sedang liburan atau berurusan di luar negeri? Cara terbaik untuk melampaui batasan VoIP adalah dengan menggunakan perangkat lunak VPN. VPN memungkinkan Anda untuk mengalihkan traffic internet Anda via server VPN di negara lain. Berikut caranya:

  1. Langganan dengan VPN yang bagus dan buat sebuah akun.
  2. Unduh perangkat lunak VPN ke perangkat Anda.
  3. Log in ke perangkat VPN.
  4. Pilih sebuah server VPN di negara yang tidak memblokir Skype.
  5. Sekarang Anda dapat chat melalui Skype. Selain Skype, Anda juga bisa mengakses jasa lain yang mungkin diblokir di tempat Anda berada saat ini, seperti WhatsApp.

Ingin mulai menggunakan VPN untuk melampaui pembatasan Skype? Kami menyarankan NordVPN. VPN ini memiliki banyak pilihan, menawarkan jasa yang cepat dan aman serta jumlah server yang banyak di seluruh dunia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang alasan pemblokiran Skype, cara kerja VPN dan tips untuk melampaui pemblokiran Skype, baca artikel lengkap kami di bawah ini.

Setelah pembentukannya di tahun 2003, perangkat lunak telekomunikasi VoIP (Voice Over Internet Protocol) milik Skype telah memungkinkan para penggunanya untuk menghabiskan sekitar 2 triliun menit berkomunikasi dengan satu sama lain di seluruh dunia. Dengan pengguna bulanan sebesar 200 juta orang dan lebih dari 1 milyar pengunduhan di perangkat Android, Skype telah menjadi sangat terkenal sampai-sampai masuk ke dalam bahasa sehari-hari kita. “Skyping” sudah masuk ke dalam Kamus Besar Inggris Oxford bersama dengan terminologi lain yang berhubungan dengan teknologi seperti “Googling”, “Whatsapping” dan “Facetiming”.

Selain menjadi bagian dari kamus kita, Skype juga telah menjadi salah satu jasa VoIP yang banyak dibatasi. Di lebih dari 20 negara Skype, bersama dengan alternative VoIP lainnya, diblokir dan dibatasi. Untungnya, pemblokiran Skype di negara asal atau tempat Anda berada sekarang bukanlah akhir dari segalanya. Ada cara untuk melampaui pemblokiran ini. Dalam artikel ini, kami akan melihat negara apa saja yang memblokir Skype dan jasa serupa. Lebih dari itu, kami akan melihat alasan pemblokiran mereka dan cara untuk melampaui batasan-batasan tersebut. Setelah itu, Anda bisa kembali chatting dengan teman dan keluarga Anda.

Mengapa Skype Diblokir di Negara-Negara Tertentu?

Skype Blocked Laptop

Ada banyak alasan mengapa Skype diblokir atau dibatasi di negara tertentu. Namun, mayoritas kasusnya berkaitan dengan salah satu dari tiga faktor berikut: proteksionisme, pengawasan pemerintah atau pembatasan operasi.

Proteksionisme

Mayoritas pemblokiran dan pembatasan jasa VoIP diterapkan sebagai sebuah bentuk proteksionisme oleh perusahaan telekomunikasi. Kemampuan Skype untuk menawarkan jasa panggilan suara dan video yang gratis dan tersedia di seluruh dunia memiliki potensi dampak negatif bagi pendapatan perusahaan telekom dari jasa mereka sendiri. Atas dasar alasan tersebut, mereka memblokir penggunaan Skype dan platform serupa.

Hal ini khususnya terjadi di Amerika Selatan dan Tengah, di mana perusahaan yang sama sering kali mengelola akses telepon dan internet. Skype diblokir oleh penyedia telekom di Belize, Brazil, dan Venezuela supaya pengguna jasanya terpaksa harus berkomunikasi via teleon atau menggunakan jasa VoIP dari perusahaan telekom sendiri. Kurangnya persaingan telekom di negara-negara tersebut semakin memperkeruh masalah. Contohnya, di Belize, Belize Telemedia Limited adalah satu-satunya penyedia telekom dan perusahaan tersebut dimiliki oleh pemerintah. Mereka memblokir penggunaan Skype untuk melindungi pendapatan dari telepon mereka dan memasarkan jasa VoIP mereka sendiri.

Pengawasan

Di beberapa negara, seperti Cina dan sejumlah negara di Timur Tengah, pemerintah menerapkan pembatasan atas Skype dan jasa VoIP lainnya. Mereka mengklaim bahwa karena platform tersebut bersifat independen dan memiliki kebijakan “no phone tracking” (tidak ada pelacakan telepon), maka jasanya memberikan resiko ancaman keamanan.

Skype dihapus dari semua App Store di Cina pada bulan Desember 2017. Mereka bergabung dengan Gmail, Facebook, Snapchat, Twitter, Line, dan Pinterest ke dalam daftar perangkat lunak swasta (tidak dimiliki oleh pemerintah) yang telah disendor oleh pemerintah Cina. Pemerintah Mesir memiliki sebuah kebijakan resmi untuk memblokir jasa-jasa yang tidak dapat mereka awasi, termasuk Skype.

Di bulan Janurari 2018, Microsoft mengumumkan bahwa Skype akan menerapkan fungsi “Private Call” yang menawarkan enkripsi end-to-end. Pengumuman ini telah mengundang spekulasi bahwa negara-negara akan mulai memblokir Skype. Seperti halnya saat mereka memberlakukan pembatasan atas Whatsapp dan Telegram dan Calling. Negara-negara membenarkan keputusan ini dengan menyatakan bahwa mereka tidak dapat lagi mengawasi panggilan di Skype serta lokasi penggunanya.

Pembatasan Operasi

Di beberapa negara tertentu, jasa VoIP seperti Skype harus mendapatkan izin untuk beroperasi. Contoh bagus dari isu ini adalah Uni Emirat Arab (UEA), yang mengharuskan jasa VoIP untuk memiliki izin dari Badan Regulasi Telekomunikasi mereka. Skype saat ini tidak tersedia di UEA karena mereka belum bisa mendapatkan izin yang tepat untuk beroperasi.

Bagaimana Caranya Melampaui Blokir VoIP?

Jika ternyata tempat Anda tinggal atau berpergian adalah negara yang rutin membatasi atau memblokir jasa VoIP seperti Skype, jangan panic. Ada beberapa cara untuk melampaui batasan tersebut. VPN-connection-InternetPerangkat lunak VPN bisa dibilang cara terbaik untuk melampaui batasan VoIP, supaya Anda dapat terhubung ke jasa dan situs yang diblokir tanpa adanya batasan bandwidth atau masalah latency karena penggunaan Tor atau situs proxy.

VPN memungkinkan Anda untuk terhubung ke internet melalui server proxy, dan memberikan Anda alamat IP asing serta melampaui batasan-batasan di jasa VoIP. Perbedaan utamanya dengan jasa proxy yang biasa adalah VPN juga sangat mengenkripsi koneksi Anda supaya menghindari adanya pengawasan lebih lanjut. Oleh karena mayoritas jasa VPN menawarkan program langganan berbayar, mereka dapat menyediakan kecepatan yang lebih baik dan juga lebih terpercaya disbanding VPN gratis atau jasa proxy.

Selain kecepatan, keamanan, dan tingkat kepercayaan yang lebih tinggi, jasa VPN premium sering kali menawarkan layanan pelanggan yang berkualitas. Petugas bantuan teknis umumnya tersedia untuk membantu Anda saat ingin terhubung ke jasa-jasa yang dibatasi melalui perangkat lunak VPN. Ini artinya Anda memiliki pilihan untuk menghubungi tim layanan bantuan teknis mereka jika Anda mengalami masalah saat ingin menggunakan Skype.

Banyak jasa VPN yang juga menawarkan jasa “IP dedicated”, sehingga Anda bisa memiliki alamat IP sendiri dibanding menggunakan alamat IP bersama dengan pengguna VPN lainnya. Manfaat dari alamat IP dedicated termasuk kemampuan untuk mengakses jasa streaming video seperti Netflix, akun online banking, situs gaming online, yang secara rutin memblokir alamat IP shared. Jika alamat IP Anda pada akhirnya diketahui dan diblokir, jasa VPN Anda akan langsung menawarkan alamat IP yang baru.

VPN Apa yang Terbaik untuk Mengakses Skype?

Jika Anda ingin mulai menggunakan VPN untuk mendapatkan akses ke Skype, Anda perlu memastikan bahwa VPN yang dipilih tepat. Di bawah ini, Anda bisa menemukan beberapa rekomendasi dari kami.

NordVPN

NordVPN menawarkan paket yang fantastis dengan harga yang kompetitif. Dikenal dengan jasa mereka yang cepat dan aman, mereka memiliki jumlah server yang banyak di seluruh dunia, dan menawarkan Anda beragam pilihan untuk rute traffic Anda.
Menggunakan Obfsprox untuk menghindari Deep Packet Inspection dan memberlakukan kebijakan no logging, NordVPN memungkinkan Anda untuk mengakses semua konten yang Anda inginkan. Anda tidak perlu khawatir akan pihak lain yang ingin mengawasi Anda. Jika tidak sepenuhnya puas dengan jasa mereka, atau Anda ingin mencobanya terlebih dahulu sebelum berkomitmen untuk berlangganan, NordVPN menawarkan garansi 30 hari uang kembali.

NordVPN
Pilihan kami
Pilihan kami
Penawaran:
Hanya $3,29 per bulan untuk program langganan 2 tahun dengan garansi 30 hari uang kembali
Dari
$3.29
9.3
  • Perlindungan luar biasa dan jaringan server yang besar
  • Aplikasi yang bagus dan menyenangkan
  • Tidak ada log
Kunjungi NordVPN

GOOSE VPN

GOOSE VPN membantu Anda untuk memblokir konten yang diblokir secara geografis dari manapun di dunia. YouTube, Netflix, WhatsApp, Skype, situs berita yang diblokir; semuanya dapat diakses dari mana saja di dunia saat menggunakan GOOSE VPN. Goose sederhana, cepat, dan harganya juga terjangkau. Dikenal karena jasanya yang cepat dan aman, mereka memiliki jumlah server yang banyak di seluruh dunia, dan menawarkan Anda beragam pilihan untuk rute traffic Anda.

GOOSE VPN
Penawaran:
Hemat 30% dengan kode promo "Privacy"
Dari
$2.99
7.4
  • Koneksinya sangat cepat
  • Mudah digunakan di semua perangkat
Kunjungi GOOSE VPN

Negara-Negara Tempat Skype Diblokir atau Dibatasi

Kami telah berupaya sebisa mungkin untuk mengumpulkan informasi tentang negara-negara yang memblokir Skype. Mohon dicatat bahwa daftar ini selalu berubah. Tidak terjamin bahwa semuanya 100% akurat.

Sepenuhnya Diblokir

  • Guyana
  • Venezuela
  • Kuwait
  • Libya
  • Korea Utara
  • Oman
  • Qatar
  • Uni Emirat Arab (UEA)

Pembatasan Jasa

  • Belize – Skype saat ini diblokir oleh Belize Telemedia Limited, satu-satunya penyedia telekom di Belize, yang juga menawarkan jasa panggilan VoIP mereka sendiri.
  • Brazil – Penyedia telekom terbesar di Brazil, Brazil Telecom, memblokir Skype namun mengizinkan panggilan VoIP melalui jasa mereka sendiri.
  • Caribbean – LIME, penyedia telekom yang mendominasi Caribbean, memblokir penggunanya supaya tidak bisa menggunakan Skype.
  • Cina – Skype tersedia di Kuba, namun panggilan dikenakan harga $1,15 per menit, dan kecepatan internetnya lambat supaya penggunaannya dibatasi.
  • Iran – Skype sepertinya tersedia, namun konektivitasnya sangat buruk sehingga jasa ini pada dasarnya tidak dapat digunakan.
  • India – Panggilan Skype di dalam India melalui Skype ke telepon pribadi dan telepon rumah tidak lagi tersedia. Namun, Skype gratis ke panggilan Skype di dalam India masih bekerja.
  • Jordan – Semua jasa VoIP diblokir untuk alasan keamanan.
  • Mesir – Pemerintah Mesir secara regular menganggu atau memblokir semua jasa VoIP yang tidak bisa secara langsung diawasi.
  • Myanmar – Skype, dan jasa VoIP lainnya, hanya tersedia pada waktu tertentu di kawasan-kawasan spesifik.
  • Pakistan – Panggilan Skype, bahkan dari komputer ke komputer, sangat diawasi dan dikenakan harga $0,14 per menit.
  • Panama – Mengenakan pajak 12% untuk semua panggilan VoIP.
  • Suriah – Akses Skype terbatas dan tidak tersedia di warnet.
  • Vietnam – Akses Skype terbatas. Namun jasa proxy dipasang untuk memfasilitasi panggilan Skype dan tersedia di beberapa warnet.
  • Venezuela – Perusahaan layanan penyedia internet (ISP) lokal memblokir Skype dan jasa VoIP lainnya di area-area spesifik namun menawarkan alternatif mereka sendiri.

Kesan Akhir

Perangkat lunak adalah solusi terbaik untuk melampaui batasan VoIP dan mengakses jasa-jasa seperti Skype. VPN adalah kombinasi terbaik yang mencakup kecepatan, kegunaan, keandalan, dan keamanan. Maka jika Anda sedang berpergian ke negara dengan batasan VoIP, atau Anda seorang warga lokal yang ingin chat dengan Skype, langganan jasa VPN akan memungkinkan Anda untuk tetap bisa berbagi pengalaman Anda tanpa batasan apapun. Selain itu, VPN dapat membantu Anda untuk mengakses banyak aplikasi dan situs yang diblokir, seperti TikTok contohnya. Untuk membantu Anda dalam memilih jasa VPN yang tepat, kami telah membuat daftar penyedia VPN terbaik yang ada saat ini.

Mengakses Skype di Luar Negeri: FAQ

Punya pertanyaan tentang cara melampaui blokir Skype saat sedang berpergian? Mohon lihat bagian FAQ kami di bawah ini dan klik salah satu pertanyaan untuk mendapatkan jawabannya!

Mayoritas pemblokiran dan pembatasan jasa VoIP diberlakukan sebagai bentuk proteksionisme oleh perusahaan telekomunikasi. Kemampuan Skype untuk menawarkan jasa panggilan suara dan video yang gratis dan tersedia di seluruh dunia memiliki potensi dampak negatif bagi pendapatan yang didapatkan oleh perusahaan telekom lewat jasa mereka sendiri. Untuk alasan tersebut, mereka memblokir penggunaan Skype dan platform serupa. Skype dan jasa VoIP lainnya juga diblokir oleh beberapa pemerintah. Mereka mengklaim bahwa platform yang bersifat independen seperti Skype dan kebijakan “no phone tracking” (tidak ada pelacakan telepon) mereka mengancam keamanan.

Supaya Skype bisa bekerja lagi, Anda bisa menggunakan koneksi VPN. Setelah Anda terhubung ke sebuah server di negara lain, Anda juga mendapatkan kebebasan dari negara tersebut. Anda bisa mendapatkan alamat IP untuk digunakan dan mulai saat itu, secara digital Anda berada di negara lain. Jika Anda terhubung ke server di sebuah negara yang mengizinkan penggunaan Skype, berarti Anda juga memiliki akses ke jasa tersebut.

Negara-negara yang membatasi atau sepenuhnya memblokir traffic Skype:

Sepenuhnya Diblokir

  • Guyana
  • Venezuela
  • Kuwait
  • Libya
  • Korea Utara
  • Oman
  • Qatar
  • Uni Emirat Arab (UEA)

Pembatasan Jasa

  • Belize
  • Brazil
  • Caribbean
  • Cina
  • Iran
  • India
  • Jordan
  • Kuba
  • Mesir
  • Myanmar
  • Pakistan
  • Panama
  • Suriah
  • Vietnam
  • Venezuela
Jurnalis seputar teknologi
Ronella selalu memikirkan cara supaya kita dapat membuat lingkungan digital yang seaman mungkin. Perkembangan digital yang baik juga berarti kita dihadapkan dengan isu-isu keamanan baru. Maka, Ronella ingin menciptakan kesadaran yang lebih tinggi tentang keamanan cyber dan menarik perhatian orang perihal resiko dan perangkap yang sebaiknya dihindari.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar