Apa Streaming Film atau Serial Dengan VPN Termasuk Legal?

Is Streaming a FIlm or Series Legal With VPN Featured
Klik di sini untuk melihat rangkuman singkat artikel ini
Ringkasan: Apakah Streaming dengan VPN Diizinkan?

Di sebagian besar negara, sepenuhnya legal untuk menggunakan VPN saat streaming. Hal ini melindungi koneksi internet dan privasi Anda. Tapi, ada beberapa hal yang perlu diketahui:

  1. Di beberapa negara, VPN tidak legal.
  2. Pengunduhan ilegal tidak diizinkan, bahkan dengan VPN.
  3. Beberapa layanan streaming, seperti Netflix, memblokir penggunaan VPN.

Selama Anda tidak lupa akan hal ini dan mengikuti aturan VPN dan layanan streaming, Anda bisa streaming sebanyak mungkin.

Contoh VPN yang bagus untuk streaming adalah Surfshark:

Ingin tahu lebih banyak tentang pemblokiran VPN, streaming yang aman, dan apa saja yang diizinkan dengan VPN? Baca artikel lengkap kami di bawah ini.

Lady JusticeSebagian orang penasaran tentang legalitas streaming menggunakan VPN. Layanan streaming populer seperti Netflix dan Disney Plus berupaya sebisa mungkin untuk memblokir pengguna VPN. Kenapa mereka melakukan ini? Apakah ilegal untuk menonton film dengan VPN? Apa Anda akan terkena masalah jika melakukan hal ini? Di dalam artikel ini, kami akan menjawab semua pertanyaan Anda dan menjelaskan cara pemerintah dan layanan streaming menanggapi penggunaan VPN.

Pertama, mari singkirkan kekhawatiran terbesar Anda: di banyak negara, penggunaan VPN sepenuhnya legal. Bahkan jika Anda menggunakan layanan streaming online, hukum yang berlaku tidak melarang penggunaan VPN.

VPN melindungi traffic data dan identitas Anda. Perlindungan data ini merupakan bagian dari hak Anda. Lagipula, semua orang memiliki hak atas privasi. Itu menjadi alasan mengapa penggunaan koneksi yang aman (seperti dengan VPN) diizinkan.

Pada banyak kasus, penggunaan VPN disarankan. Banyak perusahaan yang bekerja dengan VPN sehingga mereka bisa aman berbagi jaringan bersama pegawai yang bekerja dari rumah. Banyak pemerintah (Barat) juga menyarankan penggunaan VPN untuk mengamankan internet Anda, contohnya. Nonton serial dan film hanya keuntungan kecil yang didapat.

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin menonton serial atau film dengan VPN:

  • Ada beberapa kawasan di dunia di mana penggunaan VPN dianggap ilegal. Pada negara seperti seperti Cina, Irak, dan Turki, bisa sangat sulit untuk menggunakan VPN karena teknologi ini dibatasi oleh pemerintahnya.
  • Aktivitas ilegal tetap dianggap ilegal walaupun menggunakan VPN. VPN menyembunyikan aktivitas internet Anda sehingga Anda lebih aman dan punya lebih banyak privasi online. Tapi, bukan berarti aktivitas ilegal tersebut tiba-tiba berubah menjadi legal.
  • Beberapa layanan streaming melarang penggunaan VPN. Contohnya termasuk Netflix dan Disney Plus. Selalu berhati-hati dalam membaca ketentuan penggunaan sebuah layanan sebelum Anda menggunakannya dengan VPN.

Tiga poin di atas akan dibahas lebih lanjut di bawah.

China with LockDi sebagian besar negara, seperti Amerika Serikat, Perancis dan Inggris, VPN sepenuhnya legal. Namun, penggunaan VPN dianggap ilegal di beberapa tempat lain. Jika Anda memutuskan untuk online via VPN pada negara tersebut, maka Anda beresiko dikenakan denda atau hukuman yang lebih berat.

VPN bisa sepenuhnya dilarang atau hanya pada situasi tertentu. Contohnya, otoritas di Oman mengizinkan penggunaan VPN jika mereka punya lisensi, tapi penggunaan pribadi oleh masyarakat dilarang.

Negara yang melarang VPN sering memiliki pemerintah otoriter yang ketat, seperti Korea Utara dan Cina. Karena VPN bisa digunakan untuk melampaui sensor pemerintah dan pengawasan, aksi yang dilancarkan terhadap pengguna VPN. Semua upaya tersebut dilakukan untuk masyarakat di negara tersebut.

Untuk gambaran luas tentang negara mana saja yang melarang penggunaan VPN, mohon lihat artikel ini. Apakah Anda berada di salah satu negara ini? Maka Anda beresiko saat menggunakan VPN. Semua orang seharusnya bisa menikmati kebebasan internet, tapi sayangnya, hal ini belum terjadi. Kami menyarankan Anda untuk berhati-hati jika ingin menggunakan VPN di salah satu negara ini.

Aktivitas Ilegal Tetap Dianggap Ilegal Saat Menggunakan VPN

Laptop DownloadBeberapa orang mengira bahwa penggunaan VPN membuat aktivitas yang ilegal menjadi legal, seperti pengunduhan film dan serial secara ilegal. Kenyataannya tidak seperti ini. Ilegal tetap saja ilegal, bahkan dengan VPN.

Meskipun ada sejumlah cara legal untuk nonton film dan serial, pengunduhan torrent secara ilegal masih populer saat ini. Di saat yang bersamaan, tidak semua torrent tergolong ilegal: selama Anda menggunakan file unduhan dengan izin dari pemilik hak cipta, maka tidak ada masalah.

Pengunduhan torrent film, serial, musik, game, dan perangkat lunak tanpa izin dilarang. Hukum di Indonesia menyatakan bahwa pengunduhan ilegal dalam jumlah yang besar untuk tujuan komersil sudah masuk dalam kategori pelanggaran hak cipta, dan maka dari itu, ilegal. Selain itu, streaming serial dan film tertentu secara ilegal di beberapa platform seperti Popcorn Time, PrimeWire dan Kodi juga tidak diizinkan. Harus diingat bahwa setiap negara memiliki hukum tersendiri, maka selalu pastikan bahwa Anda paham akan aturan yang berlaku.

Peraturan tersebut berlaku terhadap semua orang yang menggunakan VPN. VPN mempersulit pemerintah dan pihak lain yang ingin melacak pergerakan online Anda, tapi bukan berarti aktivitas online Anda langsung menjadi legal. Selalu hati-hati saat mempertimbangkan keputusan Anda sebelum memilih untuk mengunduh dan nonton film atau serial. Jaman sekarang, lebih mudah untuk mencari hiburan secara legal, contohnya, dengan menggunakan layanan streaming seperti Netflix atau Disney Plus. Hal ini juga berkaitan dengan poin ketiga: tidak semua layanan streaming dapat bekerja dengan VPN.

Beberapa Layanan Streaming Melarang Penggunaan VPN

Di banyak kasus, Anda bisa menggunakan VPN untuk melampaui blokir geografis layanan streaming. Contohnya, Hulu dan Sling TV hanya punya hak siar di Amerika Serikat. Maka, Anda tidak akan punya akses jika sedang berada di luar negeri – artinya di luar Amerika Serikat.

Jika Anda punya program langganan layanan tersebut, Anda masih bisa menggunakannya dengan VPN, bahkan jika sedang ada di luar negeri. Langsung pilih server VPN Amerika Serikat dan Anda akan mendapat akses ke semua film, serial dan siaran yang tersedia pada platform di Amerika Serikat. Hal ini tentunya legal. Meskipun begitu, tetap penting untuk mempertimbangkan ketentuan penggunaan layanan tersebut.

Netflix Dan Layanan Lain Memblokir VPN

Meskipun legal untuk streaming dengan VPN, ada beberapa layanan yang tidak setuju dengan penggunaan VPN. Netflix adalah contoh yang populer. Layanan streaming global ini selalu berupaya untuk mencegah penggunaan VPN. Salah satu upayanya adalah dengan memblokir akses ke layanan jika mereka mengetahui bahwa Anda terhubung ke VPN.

Bukan berarti penggunaan VPN tergolong ilegal, tapi Netflix berusaha untuk mempertahankan batasan geografis pada kontennya. Lagi pula, untuk banyak film dan serial, mereka hanya punya hak siar di negara-negara tertentu saja. Alhasil, beberapa film dan serial hanya bisa dilihat di Netflix Amerika.

netflix error

Anda mungkin pernah melihat pesan error di atas saat ingin coba menonton film atau serial di platformnya dengan VPN. Dalam kasus seperti ini, Netflix telah mengetahui bahwa Anda menggunakan VPN atau proxy sehingga Anda tidak bisa nonton film atau serial.

Jika Anda mematikan VPN, Anda langsung bisa mengakses kembali layanannnya, tapi hanya ke konten dari negara tempat Anda berada. Dengan begitu, Netflix mempersulit para penonton saat ingin nonton semua film dan serial di platformnya. Platform layanan streaming lain, seperti Disney Plus, juga bekerja dengan pemblokir VPN.

Konten yang tersedia di Netflix berbeda pada setiap negara. Di Amerika Serikat, Anda punya akses ke film dan serial yang lebih banyak dibandingkan, contohnya, Jerman – dan bahkan perbedaannya bisa sampai ribuan. Beberapa layanan VPN secara aktif melampaui pemblokir VPN milik Netflix dengan selalu menggunakan alamat IP baru. Ini artinya masih ada banyak VPN bisa Anda gunakan untuk nonton Netflix (Amerika).

Beberapa layanan, seperti Surfshark, juga berkomitmen untuk menyediakan Netflix versi lain, seperti versi Belanda, Jerman atau Jepang. Hal yang perlu Anda lakukan adalah memilih server VPN yang tepat.

Ingin mencoba Surfshark? Klik tombol pada banner di bawah.

Surfshark
Penawaran:
Internet aman dan anonim hanya dengan modal $2,30 per bulan
Dari
$2.30
9.0
  • Sangat ramah konsumen serta bisa bekerja dengan Netflix dan torrent
  • Garansi 30 hari uang kembali. Tanpa syarat tambahan!
  • Harga murah dengan banyak pilihan tambahan
Kunjungi Surfshark

Layanan VPN lain mengambil upaya yang berbeda untuk melampaui blokir VPN. Anda mungkin terhubung ke sebuah server streaming spesial, contohnya. Beberapa layanan juga membutuhkan penggunaan alamat IP dedicated. Langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengakses Netflix berbeda untuk setiap layanan.

Saran kami adalah untuk memilih layanan VPN yang bekerja dengan Netflix. Ketika sudah melakukan itu, Anda bisa cari tahu apakah layanan tersebut punya tips untuk nonton Netflix dengan layanannya. Mereka sering kali punya FAQ yang menjawab pertanyaan seperti ini. Jika tidak bekerja, maka Anda bisa menghubungi layanan pelanggan mereka.

VPN dan Ketentuan Penggunaan

List with magnifying glassSetelah berlangganan dengan sebuah layanan streaming, seperti Disney Plus, Anda harus setuju dengan ketentuan penggunaan mereka. Ketentuan tersebut mungkin juga mencakup  kesepakatan tentang penggunaan VPN. Hal ini dikarenakan sebagian layanan melarang penggunaan VPN. Maka mereka bisa mengambil upaya pencegahan jika mereka sadar bahwa Anda menggunakan VPN.

Apa Anda menggunakan layanan streaming dan ingin nonton konten mereka via koneksi VPN? Maka, selalu baca ketentuan penggunaannya untuk memastikan bahwa Anda tidak melanggar aturan.

Kesan Akhir

Menonton film dan serial dengan VPN sepenuhnya legal untuk dilakukan. Tidak ada hukum di sebagian besar negara yang melarang hal ini. Tapi, kenyataannya tidak selalu begitu di semua tempat. Berhati-hatilah di negara yang melarang penggunaan VPN. Lalu, perlu diingat juga bahwa pengunduhan film dan serial secara ilegal itu dilarang – baik yang menggunakan VPN atau tidak. Jika Anda menggunakannya, Anda beresiko dikenakan denda (atau bahkan lebih buruk). Terakhir, Netflix dan platform lain melakukan banyak hal untuk mencegah penggunaan VPN pada situs mereka. Kadang mereka bahkan melarang penggunaan VPN di dalam ketentuan penggunaan mereka. Selalu pastikan bahwa Anda menggunakan layanan VPN dan streaming yang diizinkan.

Streaming dengan VPN - FAQ

Apa Anda punya pertanyaan tentang streaming dengan VPN? Di bawah ini, kami secara singkat menjawab pertanyaan dari pertanyaan yang sering ditanyakan. Langsung klik pada pertanyaan untuk membaca jawabannya.

Tergantung dari lokasi Anda, jawabannya kemungkinan iya. Di sebagian besar negara, streaming dengan VPN termasuk aktivitas yang legal. Tapi, ada beberapa negara di mana penggunaan VPN dilarang. Maka, berhati-hatilah saat menggunakan VPN di luar negeri dan lihatl informasi tentang penggunaan VPN khusus di negara Anda.

Dengan VPN, Anda bisa dapat akses ke film, serial dan layanan streaming (contohnya Hulu dan BBC iPlayer) yang mungkin sebelumya tidak bersedia di lokasi anda. Namun, jika Anda ingin menggunakan layanan streaming berbayar, seperti Netflix, Anda masih butuh sebuah program langganan, bahkan jika Anda sudah punya VPN. VPN memberi Anda lebih banyak kemungkinan untuk streaming tapi tidak membuat layanan berbayar jadi gratis.

VPN memungkinkan Anda untuk menelusuri dan mengunduh secara anonim. Tapi, bukan berarti pengunduhan film dan serialsecara ilegal tiba-tiba diizinkan. VPN mempersulit orang lain yang ingin melacak aktivitas online Anda, tapi Anda tetap beresiko terkena denda besar jika Anda mengunduh secara ilegal.

Di sebagian besar negara, menonton film dan serial dengan VPN dianggap legal. Tapi, Netflix menggunakan pemblokir VPN, sehingga Anda tidak bisa menggunakan semua VPN dengan Netflix. Jika Anda ingin nonton Netflix Amerika dari luar Amerika Serikat, Anda membutuhkan penyedia VPN yang tepat. Kami menjelaskan hal ini dan lebih banyak lagi di panduan tahap per tahap berjudul  “Menonton Netflix dengan VPN”.

Analis keamanan cyber
David adalah seorang analis keamanan cyber dan salah satu pendiri VPNoverview.com. Tertarik dengan fenomena “identitas digital”, dan khususnya peduli dengan hak atas privasi serta perlindungan data pribadi
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar