Aman nonton 123Movies. Apakah legal dan adakah pilihan lain?

Browser window with 123Movies Logo
Klik di sini untuk membuka ringkasan artikel ini
Nonton 123Movies dengan Aman. Apakah legal dan adakah pilihan lain? Ringkasan

123Movies sudah ada sejak lama dan sudah terbukti populer di antara orang-orang yang ingin streaming film online. Namun, mungkin ilegal untuk nonton 123Movies di negara Anda. Di negara seperti itu, kami telah membuat daftar beberapa alternatif (legal) lainnya. Berikut poin-poin penting dari artikel di bawah ini:

  • Menonton streaming di 123Movies mungkin tidak diizinkan di negara Anda. Kemungkinan Anda terkena dihukum atau tidak saat diketahui sedang menonton konten berhak cipta akan bergantung pada sumber daya negara Anda.
  • Pada bulan Maret 2018 situs resmi 123Movies telah ditutup, dengan catatan pada beranda situs mereka yang menyatakan “hargailah pencipta film dengan membayar untuk film dan acara TV”. Ini artinya bahwa semua situs setelah tahun 2018 adalah salinan dari situs asli yang disediakan oleh pihak lain.
  • Beberapa alternatif legal dari 123Movies yang populer adalah layanan berbayar seperti Netflix, Disney Plus, dan Amazon Prime.

Bagi yang tertarik, Anda bisa mengakses 123movies di sini. Tapi mohon untuk membaca paragraf berikut ini sebelum Anda melakukannya.

Mengapa banyak orang menggunakan VPN untuk nonton 123Movies

Ada dua alasan utama mengapa orang menggunakan VPN (virtual private network) untuk 123Movies:

  • Supaya tetap aman dan anonim, karena VPN menyembunyikan alamat IP dan identitas mereka. Dengan begitu, orang-orang secara praktis tidak bisa dilacak saat menggunakan situs-situs seperti 123Movies.
  • Untuk membuka blokir situs 123Movies di negara-negara yang memblokirnya.

VPN populer yang digunakan orang-orang untuk streaming 123Movies secara aman adalah Surfshark. Layanan VPN ini terjangkau dengan garansi 30 hari uang kembali. Anda bisa mencoba Surfshark tanpa masalah dengan menekan tombol oranye di bawah ini.

Ingin tahu lebih banyak tentang 123Movies, dan apakah ada pilihan legal terkenal lainnya? Baca artikel lengkap di bawah.

123Movies dahulunya merupakan situs paling terkenal untuk streaming film dan acara tv online. Dahulu layanan ini juga dikenal dengan nama “GoMovies”, “GoStream”, “MeMovies” dan “123movieshub”. Situs resmi 123Movies sudah ditutup pada bulan Maret 2018, tapi salinan situsnya masih ada dan dapat diakses melalui mirror. Bahkan, 123Movies masih menjadi subyek pencarian yang sangat populer menurut Google Trends and hal ini menunjukkan bahwa orang-orang masih sangat mencari layanan streaming ini.

Mengingat hal itu, agensi penegak hukum dari seluruh dunia telah menjaga ketat situs atau layanan yang memungkinkan pengguna untuk melihat konten berhak cipta tanpa membayar. Ini menimbulkan pertanyaan: apakah Anda diizinkan untuk streaming film dan tayangan dari 123Movies? Apa yang dilakukan orang-orang untuk tetap aman saat menggunakan 123Movies? Dan adakah alternatif lain?

Apakah penggunaan 123Movies ilegal?

Jawaban dari pertanyaan ini adalah penggunaan 123Movies kemungkin ilegal di sebagian besar kasus. Kami dapat menyatakan bahwa kemungkinan setiap negara dan kawasan memiliki kebijakan tersendiri tentang pembajakan konten berhak cipta. Banyak negara berusaha untuk menjaga hak milik intelektual dengan melarang pengunduhan (serta streaming) konten berhak cipta. Akan tetapi, ada sebagian negara yang memperbolehkannya untuk konsumsi pribadi atau menggunakannya secara keseluruhan.

Karena setiap negara punya aturan yang berbeda tentang pelanggaran hak cipta dan pembajakan, Anda harus mengetahui aturan yang berlaku di negara Anda sebelum mengakses situs seperti 123Movies, PrimeWire atau Putlocker. Berikut ini merupakan beberapa sikap umum negara terhadap pembajakan yang bisa kami temukan:

Sikap terkait pembajakanNegara
Pembajakan adalah aktivitas yang legal atau diizinkan (untuk penggunaan pribadi)Polandia, Spanyol, Swiss
Pembajakan termasuk aktivitas yang ilegalAfrika Selatan, Amerika Serikat, Australia, Cina, Finlandia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Latvia, Perancis, Portugal, Rusia
Pembajakan termasuk aktivitas yang illegal tapi nyatanya individu tidak dituntutArgentina, Belanda, Brazil, Denmark, Filipina, India, Iran, Israel, Kanada, Kolombia, Meksiko, Mesir, Republik Ceko, Romania, Singapura, Slovakia, Slovenia, Uruguay, Yunani

Penting untuk diketahui bahwa hampir tidak ada perbedaan antara pengunduhan dan streaming konten berhak cipta. Streaming artinya Anda mengunduh sesuatu dan menontonnya saat itu juga, hanya saja setelah itu kontennya akan dibersihkan dari cache Anda setelah meninggalkan halamannya. Tapi, Anda tetap saja sudah mengunduh film atau tayangan tersebut. Streaming dapat dibandingkan dengan pengunduhan torrent, di mana Anda langsung nonton dan menghapusnya setelah selesai.

Apa Konsekuensi Hukum dari penggunaan 123Movies?

Bukan saja negara-negara punya aturan yang berbeda tentang streaming, tapi mereka juga punya konsekuensi yang berbeda bagi pelanggar aturan. Contohnya, di Jerman Anda bisa didenda cukup berat saat pihak berwajib menemukan bahwa Anda mengunduh konten berhak cipta, sedangkan di negara lain Anda mungkin hanya akan mendapat teguran. Dengan layanan streaming seperti 123Movies, maka akan lebih sulit untuk menuntut Anda, karena tidak ada berkas yang tersisa di komputer seseorang setelah nonton sebuah stream, meskipun Anda bisa dengan mudah dilacak melalui alamat IP Anda.

Tidak semua negara berupaya untuk menerapkan aturan-aturan ini dengan aktif menuntut orang yang menggunakan layanan streaming ilegal. Lebih sering, pihak berwajib akan mencari pihak yang yang menyebarkan konten, daripada orang yang menontonnya. Namun, ketika Anda berada di negara yang aktif menindak kasus pelanggaran hak cipta, Anda mungkin akan mendapatkan denda berat. Dendanya bisa jadi sangat mahal.

Cara Nonton 123Movies dengan Aman

Karena penggunaan 123Movies tidak diizinkan di banyak negara, kami tidak mendukung penyalahgunaan layanan ini di negara-negara tersebut. Namun, ada juga banyak negara di mana Anda boleh menggunakan layanan streaming (meski hanya untuk penggunaan pribadi).

Di negara yang mengizinkannya, Anda tetap harus melindungi diri Anda dari pengintai, virus, dan situs berbahaya jika Anda menggunakan mirror 123Movies. Dianjurkan untuk menggunakan perangkat lunak antivirus guna melindungi data dan perangkat Anda. VPN yang populer saat ini adalah Surfshark. Penggunaan VPN seperti Surfshark akan menyembunyikan semua kegiatan internet dan streaming Anda dari penyedia layanan internet dan pemerintah.

Surfshark
Penawaran:
Internet aman dan anonim hanya dengan modal $2,30 per bulan
Dari
$2.30
9.0
  • Sangat ramah konsumen serta bisa bekerja dengan Netflix dan torrent
  • Garansi 30 hari uang kembali. Tanpa syarat tambahan!
  • Harga murah dengan banyak pilihan tambahan
Kunjungi Surfshark

Penggunaan perangkat lunak antivirus dan VPN menjamin bahwa Anda cukup terlindungi dari malware dan admin situs yang mengintai. Tetap saja, kami ingin menegaskan bahwa pengunduhan dan penayangan konten berhak cipta hanya diperbolehkan di sejumlah negara saja. Meski VPN akan membuat Anda anonim dan mencegah Anda tertangkap ketika menggunakan layanan streaming seperti 123Movies, masih disarankan untuk bertindak sesuai dengan hukum yang berlaku. Apabila Anda masih kurang paham soal peraturan yang berlaku, mohon konsultasikan dengan ahli lokal yang paham isu ini.

Apakah Penggunaan 123Movies Berbahaya?

Kami telah membahas secara singkat apakah Anda bisa atau tidak menonton konten di situs seperti 123Movies. Tapi, kami belum menjelaskan kemungkinan resiko keamanan yang ada saat menggunakan situs tersebut selain dari denda yang bisa didapat.

Ketika kami melihat keamanan situs seperti 123Movies, sulit untuk memberikan jawab sesederhana iya atau tidak dari pertanyaan ‘apakah itu aman?’. Ini semua tergantung pada banyak faktor, yang sebagian besar diatur oleh pihak penyedia situs.

Oleh karena situs resmi dari 123Movies sudah tidak ada lagi, maka satu-satunya cara untuk mengakses ke basis datanya adalah melalui salinan yang dikenal sebagai mirrors. Versi ini disediakan dan dikendalikan oleh pihak ketiga yang tidak harus memiliki keterkaitan dengan situs asli 123Movies. Ini artinya tidak ada yang menjaga kualitas mereka. Pemilik dari salinannya bisa memasukkan malware ke dalam situs atau mungkin melacak sebagian data Anda. Lalu karena ada banyak salinan, maka mustahil untuk memastikan bahwa semua mirror itu aman. Sejujurnya, beberapa mirror ini memang aman dan sebagian lainnya tidak. Salah satu cara untuk menjamin keamanan dan menjaga diri sendiri adalah dengan VPN dan perangkat lunak antivirus, atau dengan tidak menggunakan 123Movies.

Hati-hati dengan Mirrors

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, 123Movies secara resmi sudah ditutup pada tahun 2018. Semua situs yang mirip dengan 123Movies atau menggunakan namanya setelah itu adalah salinan atau mirror. Salinan ini sebisa mungkin akan terlihat mirip dengan halaman aslinya. Kekurangan dari hal ini adalah bahwa siapa pun bisa menjadi pemilik situsnya. Seperti yang sudah kami jelaskan, ada kemungkinan bahwa beberapa mirror digunakan untuk menyebarkan malware. Dan sulit untuk melaporkan versi mirror ini ke pihak berwajib karena situs ini bisa ditutup dan kembali aktif dengan nama yang berbeda.

Cara Mengakses 123Movies

Penggunaan 123Movies tidak legal di semua tempat. Tetapi, layanan ini termasuk legal di kawasan tertentu. Meskipun begitu, orang-orang di kawasan tersebut perlu melakukan upaya-upaya untuk tetap aman saat mengakses situs-situs seperti 123Movies, dan berikut cara melakukannya:

  1. Mereka menggunakan VPN (contohnya Surfshark) dan perangkat lunak antivirus yang bagus (contohnya Kaspersky);
  2. Mereka memastikan bahwa mereka tengah mengakses mirror 123Movies yang benar atau googling kata kunci ‘123Movies Mirror’;
  3. Saat menggunakan Google, mereka perlu mengunjungi situs yang menunjukkan daftar mirror 123Movies, karena Google tidak selalu menunjukkan versi mirror di mesin pencarian mereka.

Dan begitu cara orang mengakses 123Movies (di negara-negara yang mengizinkannya).

Peringatan: Kami tidak mendukung penggunaan ilegal dari situs-situs seperti 123Movies. Kami menyarankan Anda untuk memeriksa terlebih dahulu jika negara Anda mengizinkan akses ke 123Movies dan mengikuti regulasi yang ada. Jika ilegal, jangan gunakan situsnya.

Sayangnya, sekarang sulit untuk mencari situs streaming dan pengunduhan yang gratis dan legal. Kenyataannya, ketika Anda berurusan dengan konten berhak cipta, cara paling cepat untuk mendapat akses adalah melalui situs atau layanan streaming yang berbasis langganan. Situs dan layanan ini akan meminta sejumlah uang yang relatif sedikit untuk koleksi besar film dan tayangan mereka. Meskipun layanan ini tidak selalu menawarkan film dan tayangan terbaru seperti situs streaming ilegal yang lain, mereka tetap memiliki koleksi yang cukup besar. Di bawah ini kami membuat daftar beberapa pilihan legal yang populer sebagai pengganti 123Movies.

Alternatif legal untuk 123Movies:

Layanan streamingSpesifikasi
NetflixHampir semua orang tahu Netflix. Ini mungkin adalah layanan streaming terbesar dengan banyak macam film dan tayangan. Inilah alasan mengapa Netflix menjadi pilihan bagi banyak orang. Selain itu, jika Anda menggunakan VPN, Anda bisa memperluas katalog Netflix Anda.
Amazon Prime VideoAmazon Prime mirip dengan Netflix. Mereka punya basis data film dan tayangan yang lebih sedikit dibanding Netflix, tapi mereka mungkin punya acara yang ingin ditonton. Mereka juga lebih murah.
Disney PlusDisney Plus lebih fokus kepada segala hal yang berhubungan dengan Disney. Jika Anda penggemar berat Disney, maka kami akan menyarankan Disney Plus untuk Anda. Judul yang terkenal pada Disney Plus adalah The Mandalorian.
HBO MaxHBO Go mirip dengan Disney Plus, dan hanya menunjukkan acara dari jaringan tertentu (dalam kasus ini tentunya HBO). Tapi, layanan baru HBO Max punya jumlah konten yang lebih banyak dan tentu koleksinya akan semakin bertambah. Mungkin jumlah film dan tayangannya tidak sebanyak di Netflix, tapi beberapa kontennya berkualitas tinggi seperti Band of Brothers, The Sopranos dan Game of Thrones.
HuluHulu bagus untuk tayangan olahraga langsung. Inilah yang selalu mereka pasarkan. Layanannya lebih murah dibanding Netflix, tapi koleksi filmnya lebih sedikit. Kami menyarankan Anda untuk memeriksa Hulu jika mencari layanan streaming yang memberikan banyak pilihan olahraga langsung. Pada sebagian negara, Hulu tidak tersedia, maka dari itu Anda membutuhkan VPN untuk mengakses Hulu.
YouTube TVYouTube TV cukup mahal, tapi hal ini karena cara kerjanya sedikit berbeda dibanding layanan streaming lainnya. Dibandingkan memiliki tayangan dan film, mereka memberikan Anda akses ke beragam jaringan TV. 70 jumlah tepatnya. Cukup dengan satu program langganan, Anda bisa mengakses jaringan seperti Fox, ESPN, ABC dan CBS.
Sling TVSling TV sangat mirip dengan YouTube TV. Perbedaannya adalah Sling TV mengizinkan Anda untuk membuat gabungan jaringan dan saluran Anda sendiri, dibandingkan memberikan segalanya dengan penawaran harga yang tetap.

Perlu diketahui bahwa tidak semua pilihan di atas dapat bekerja di semua belahan dunia. Sebagian hanya terpusat di Amerika Serikat, dan sebagian lainnya seperti Disney Plus hanya tersedia pada negara tertentu saat ini. Apabila Anda ingin mengakses layanan ini, Anda harus menggunakan VPN berkualitas untuk mengganti lokasi virtual Anda.

Peringatan: artikel di atas dimaksudkan sebagai sarana informasi. Kami bukan ahli hukum dan ini bukan saran hukum, maka jangan dianggap sebagai demikian. Selain itu, setiap negara memiliki hukum tersendiri dan hukum tersebut selalu berubah, maka mohon diperhatikan. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang aturan dan regulasi di negara Anda, maka mohon konsultasikan dengan ahli lokal perihal regulasi tersebut.

Aman Nonton 123Movies. Apakah legal dan adakah pilihan lain? - FAQ

Terjebak dengan pertanyaan tentang 123Movies yang tidak bisa Anda temukan jawabannya? Periksa FAQ ini untuk melihat apakah kami punya jawabannya. Jika Anda tidak mendapatkan jawabannya, maka jangan ragu untuk meninggalkan komentar.

Kemungkinan tidak. Kami berkata demikian karena pengunduhan/streaming konten berhak cipta tidak diizinkan di sebagian besar negara. Namun ini mungkin tidak berlaku untuk setiap negara. Oleh karena perbedaan hukum dan regulasi, Anda harus memastikan aturan yang berlaku pada negara Anda sendiri. Kami juga menyarankan Anda untuk membaca keseluruhan artikel kami tentang 123Movies serta aspek legalitas dan alternatif lainnya.

Semua tergantung pada negara tempat Anda berada pada saat menggunakan 123Movies. Di beberapa negara, hal ini ilegal dan di negara lain termasuk legal. Bahkan jika Anda berada di salah satu negara yang melarangnya, mereka tidak selalu melacak pengunduh individu. Konsekuensinya beragam, mulai dari tidak ada sama sekali, sampai denda ratusan dolar.

Kemungkinan tidak. Bukan hanya Anda beresiko didenda saat menggunakan 123Movies di beberapa negara, situs resmi 123Movies sudah ditutup dan banyak diganti dengan versi salinan. Salinan ini dimiliki oleh pihak yang berpotensi meletakkan malware pada situs atau memperlihatkan iklan yang berbahaya.

Beberapa pilihan populer (yang legal) untuk 123Movies adalah:

  • Netflix
  • Hulu
  • Disney Plus
  • YouTube TV
  • Sling TV
  • HBO Now

Anda membutuhkan program langganan berbayar untuk mengakses sebagian besar dari layanan tersebut dan tidak semuanya bisa bekerja di negara Anda.

Analis keamanan cyber
David adalah seorang analis keamanan cyber dan salah satu pendiri VPNoverview.com. Tertarik dengan fenomena “identitas digital”, dan khususnya peduli dengan hak atas privasi serta perlindungan data pribadi
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar