Aman nonton PrimeWire. Apa sebaiknya tidak Anda gunakan?

Laptop screen with PrimeWire logo
Klik di sini untuk ringkasan artikel ini
Apa legal untuk nonton PrimeWire, dan adakah alternatif lain? Rangkuman singkat

Layanan streaming gratis seperti PrimeWire mungkin terdengar menarik karena ribuan film dan acara TV yang tersedia secara gratis. Namun, ada beberapa kekurangan darinya sebagai berikut:

  • Layanan seperti PrimeWire termasuk ilegal di sebagian besar negara. Ini bisa membuat penggunanya dikenakan denda.
  • PrimeWire dan situs lain yang mirip nyatanya jauh dari kata aman. Malware, seperti adware dan virus, tidak jarang ditemukan pada platform ini.
  • Situs tersebut sering kali hanya bisa diakses melalui mirrors, yang artinya Anda tidak tahu apa yang bisa terjadi dengan data pribadi Anda. Anda mungkin bisa dilacak atau data Anda bisa dicuri.

Jika tertarik, Anda bisa mengakses situs PrimeWire di sini. Namun kami menyarankan Anda untuk membaca paragraf di bawah ini terlebih dahulu.

Mengapa banyak orang menggunakan VPN saat nonton PrimeWire?

Ada dua alasan utama mengapa orang menggunakan VPN (virtual private network) untuk PrimeWire:

  • Untuk mengamankan koneksi dan melindungi privasi mereka saat streaming. VPN mengenkripsi semua data dan menyembunyikan alamat IP mereka, sehingga sangat sulit untuk dilacak.
  • Untuk membuka blokir situs PrimeWire di negara-negara yang memblokirnya.

Sebuah VPN populer untuk tujuan ini adalah NordVPN. Hal ini tidak mengejutkan, karena layanan ini memang menawarkan kecepatan koneksi yang baik dan aplikasinya ramah konsumen untuk Windows, Mac, iOS dan Android. Adapun garansi 30 hari uang kembali untuk semua penawaran paket mereka. Anda bisa tanpa khawatir mencoba NordVPN melalui tombol oranye di bawah ini.

Meskipun identitas Anda sangat terlindungi dengan VPN dan Anda tidak bisa dilacak, sebaiknya tetap lebih dahulu memeriksa legalitas dari penggunaan PrimeWire di negara Anda. Jika perlu, ada banyak alternatif bagus untuk PrimeWire.

Ingin mengetahui lebih banyak tentang kelebihan dan kekurangan dari PrimeWire, dan pilihan alternatif legal yang ada? Kami akan memberikan semua informasinya pada artikel di bawah ini.

PrimeWire adalah sebuah layanan streaming online gratis untuk serial TV dan film yang bisa dibandingkan dengan Putlocker. Ribuan film dan tayangan yang biasanya harus Anda beli akan tersedia secara gratis di platform tersebut. Situsnya juga dikenal dengan nama LetMeWatchThis dan 1Channel, kemudian diganti menjadi PrimeWire.

PrimeWire juga punya beberapa kekurangan yang signifikan. Pertama, layanannya berisi iklan popup, jenisnya mulai dari iklan normal sampai iklan porno. Selain itu, jika Anda menekan tautan yang salah maka bisa tidak sengaja mengunduh malware, seperti pencuri data. Dalam artikel ini, kami membahas legalitas dari layanan ini dan resiko penggunaan PrimeWire.

Apakah penggunaan PrimeWire ilegal?

Seperti 123movies atau Putlocker, PrimeWire dilarang di sebagian besar kasus. Karena terdapat perbedaan antara streaming dan pengunduhan, banyak orang yang berpikir bahwa streaming termasuk ke dalam aktivitas yang legal. Tetapi, keduanya sama-sama merupakan bentuk pembajakan yang ilegal. Alasannya adalah, meskipun konten yang Anda streaming akan hilang dari perangkat setelah menonton, Anda tetap melanggar hukum hak cipta dengan tidak membayar penciptanya.

Lalu, taktik yang digunakan oleh PrimeWire adalah dengan menjadikan layanannya pusat konten untuk streaming dari beberapa sumber lokasi yang berbeda di (deep) web. Permasalahannya adalah tidak ada satu pun sumber tersebut yang sah. Ini berarti, pihak berwajib bisa menuntut Anda karena melanggar hukum hak cipta, jika aktivitas ini termasuk ilegal di negara Anda.

Konsekuensi hukum

Jika Anda tertangkap saat mengunduh atau streaming film atau acara TV yang berhak cipta, Anda bisa dikenakan denda yang cukup berat. Sebagai contoh, denda pembajakan di Jerman dapat mencapai ribuan euro atau bahkan lebih. Di Amerika Serikat, secara teori, Anda bisa dikenakan denda hingga ratusan ribu dolar, atau bahkan dihukum penjara selama lima tahun. Dalam prakteknya, hukuman ekstrim seperti itu mungkin tidak akan sering terjadi, tapi tidak ada salahnya untuk berhati-hati. Lihat tabel di bawah untuk tahu gambaran situasinya di banyak negara.

Sikap legalNegara
Pembajakan adalah aktivitas yang legal atau diizinkan (untuk keperluan pribadi)Polandia, Spanyol, Swiss
Pembajakan termasuk aktivitas yang ilegalAfrika Selatan, Amerika Serikat, Australia, Cina, Finlandia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Latvia, Perancis, Portugal, Rusia
Pembajakan termasuk aktivitas yang ilegal, tapi nyatanya tidak ada tindak lanjut hukum yang aktifArgentina, Belanda, Brazil, Denmark, Filipina, India, Iran, Israel, Kanada, Kolombia, Meksiko, Mesir, Republik Ceko, Romania, Singapura, Slovakia, Slovenia, Uruguay, Yunani

Catatan penting: streaming dan pengunduhan konten yang berhak cipta dilarang di banyak negara. Streaming pada dasarnya berarti Anda mengunduh sesuatu untuk sementara waktu untuk langsung ditonton. Ketika Anda meninggalkan stream, maka konten yang sudah diunduh akan hilang. Bukan berarti hal ini tidak ilegal seperti saat mengunduh file yang Anda simpan di komputer. Fakta bahwa Anda tidak ‘menyimpan’ konten berhak cipta pada perangkat Anda bukan faktor penentu ilegal atau tidaknya aktivitas Anda.

Seberapa aman PrimeWire dan cara aman menontonnya

Seperti yang bisa dilihat pada tabel di atas, beberapa negara tidak aktif menuntut pengguna layanan streaming gratis seperti PrimeWire. Negara lain bahkan mengizinkan pembajakan untuk penggunaan pribadi. Ini bukan berarti PrimeWire aman digunakan di negara-negara tersebut, melainkan, artinya Anda tidak akan dikenakan denda.

Kekhawatiran terbesar Anda mungkin bukan kemungkinan tuntutan karena menggunakan PrimeWire. Ancaman realistis lainnya adalah virus dan malware lain yang secara teori bisa menyerang komputer Anda hanya dengan salah satu klik. PrimeWire tidak menggunakan sumber resmi untuk kontennya. Secara umum, kami menyarankan penggunaan perangkat lunak anti-malware atau anti-virus yang bagus seperti BitDefender. Hal ini bisa membantu mencegah diri Anda supaya tidak sembarangan mengunduh sesuatu.

Selain itu, jika Anda ingin menggunakan PrimeWire, kami sangat menyarankan Anda untuk menggunakan VPN. VPN menyembunyikan IP dan data lain milik Anda, supaya tidak bisa dikenali oleh pihak lain. Saat VPN mengenkripsi semua traffic internet Anda, komputer Anda akan menggunakan alamat IP dari server VPN yang terhubung. Intinya, jejak Anda akan tertutup dengan berpura-pura sedang menggunakan internet dari lokasi yang berbeda dari lokasi biasanya. VPN yang sangat ramah konsumen, yang kami sarankan kepada pengguna biasa adalah NordVPN.

NordVPN
Pilihan kami
Pilihan kami
Penawaran:
Hanya $3,29 per bulan untuk program langganan 2 tahun dengan garansi 30 hari uang kembali
Dari
$3.29
9.3
  • Perlindungan luar biasa dan jaringan server yang besar
  • Aplikasi yang bagus dan menyenangkan
  • Tidak ada log
Kunjungi NordVPN

PrimeWire mirrors

Selain virus, Anda mungkin dapat dikenali oleh pihak ketiga melalui situs, yang bisa berakibat pada penipuan identitas. Hal ini diperburuk dengan fakta bahwa situs PrimeWire yang asli tidak ada lagi saat ini; hanya ada versi mirrors. Mirrors adalah domain lain yang menyediakan salinan dari PrimeWire pada server yang berbeda.

Cara Mengakses PrimeWire

Jika penggunaan PrimeWire diizinkan di negara Anda, selalu pastikan bahwa Anda melindungi perangkat Anda dari segala jenis ancaman sebelum mengakses versi mirror PrimeWire. Jika Anda tinggal di negara yang mengizinkan penggunaan PrimeWire, tetap jaga keamanan dengan mengikuti beberapa langkah yang digunakan orang-orang untuk memastikan pengalaman mereka dengan PrimeWire sangat aman:

  1. Mereka mulai dengan menggunakan layanan VPN yang bagus, seperti NordVPN, dan perangkat lunak Antivirus yang bagus, seperti Kaspersky;
  2. Langkah ke-2 adalah mengakses PrimeWire melalui mirror PrimeWire atau dengan Googling kata kunci ‘PrimeWire Mirror’;
  3. Jika mereka telah menggunakan Google untuk mencari mirrors, kemungkinannya mereka perlu mengakses situs lain yang punya daftar mirrors. Google tidak selalu menunjukkan mirror di hasil pencariannya.

Begitu cara orang-orang mengakses PrimeWire saat ini (di negara-negara yang mengizinkannya).

Peringatan: Kami tidak mendukung penggunaan ilegal situs-situs seperti PrimeWire. Kami menyarankan Anda untuk memeriksa terlebih dahulu jika negara Anda mengizinkan akses ke PrimeWire and ikuti kebijakan tersebut. Jika ilegal, jangan gunakan situsnya.

Meskipun VPN dan perangkat lunak anti-virus bisa menciptakan keadaan yang lebih aman, PrimeWire bukanlah pilihan paling bagus untuk streaming. Sayangnya, tidak ada layanan streaming legal dan gratis yang bisa bersaing dengan Netflix atau Amazon Prime. Namun, kami bisa menganjurkan Anda untuk memilih alternatif berbayar. Layanan streaming populer seperti Netflix, Amazon Prime, Disney Plus dan HBO Now punya katalognya sendiri, maka pilihan Anda bergantung pada konten yang tersedia dan uang yang ingin Anda bayarkan.

Layanan streaming seperti Hulu dan YouTube TV lebih fokus kepada jaringan acara TV, dengan bonus jumlah konten on-demand yang cukup banyak. Sling TV adalah layanan populer di Amerika Serikat, yang bisa digunakan untuk streaming jaringan TV dari perangkat apa pun yang Anda pilih. Sebagian besarnya bisa di-streaming dari lokasi mana pun di dunia, tapi VPN memungkinkan Anda untuk nonton Hulu di mana saja. Untuk merangkum layanan streaming mana yang terbaik bagi Anda, perlu terlebih dahulu dilakukan riset. Harga program langganan dan ketersediaan konten adalah hal terpenting dalam menentukan pilihan Anda.

Berikut gambaran luas tentang pilihan terbaik untuk streaming, menurut kami:

Layanan StreamingSpesifikasi
NetflixNetflix menawarkan pilihan tayangan dan film yang sangat beragam. Layanannya unggul di pasar streaming dan menjadi pilihan pertama bagi banyak orang. Anda bisa memperluas katalog Netflix dengan menggunakan VPN, karena layanannya menawarkan beragam konten di setiap negara yang berbeda-beda.
Amazon Prime VideoAmazon Prime Video adalah alternatif yang lebih murah dibanding Netflix. Tapi katalog kontennya lebih sedikit.
Disney PlusDisney Plus dibuat secara lebih khusus; bukannya punya jumlah film dan tayangan yang banyak, Disney Plus justru menawarkan semua konten yang berkaitan dengan Disney. Ini artinya judul populer seperti Aladdin akan tersedia (baik versi baru dan lama), juga segala jenis acara dan film ramah keluarga lain dari Disney.
HBO NowHBO Now mirip dengan Netflix, Hulu dan Amazon Prime, tapi hanya untuk acara HBO. HBO Now menawarkan beberapa pilihan acara yang paling banyak mendapatkan pujian. Contohnya Band of Brothers, The Wire, The Sopranos dan Game of Thrones. Baru-baru ini, HBO telah meluncurkan layanan streaming mereka sendiri yaitu HBO Max.
HuluHulu adalah alternatif yang bagus jika Anda ingin nonton acara olahraga langsung, karena mereka baru saja menambahkan stream tayangan olahraga langsung. Hulu lebih murah dibanding Netflix, tapi jumlah film dan tayangan yang tersedia juga lebih sedikit. Di beberapa negara, Hulu tidak tersedia, sehingga Anda perlu VPN untuk mengakses Hulu.
YouTube TVYouTube TV adalah salah satu layanan streaming yang lebih mahal karena memberikan Anda akses ke lebih dari 70 jaringan TV. Dalam satu paket, Anda bisa nonton saluran seperti Fox, ESPN, ABC dan CBS.
Sling TVSling TV dapat dibandingkan dengan YouTube TV. Mereka memberi Anda akses ke banyak jaringan televisi, dan hanya tersedia di Amerika Serikat. Perbedaannya adalah Sling TV memberikan kebebasan bagi Anda untuk menggabungkan beberapa saluran, dibanding harus memilih semua saluran sekaligus.

Menghemat uang

Selain itu, ada banyak cara supaya Anda bisa menghemat uang saat memilih layanan streaming. Contohnya, penggunaan server VPN di negara yang harga langganannya lebih murah adalah cara untuk mengurangi pengeluaran bulanan Anda. Lalu, jika ada diskon tertentu yang hanya tersedia di Inggris, tapi Anda tinggal di Amerika Serikat, Anda bisa terhubung ke server Inggris dan membayar harga yang lebih rendah.

Kesan Akhir

PrimeWire adalah salah satu layanan streaming gratis yang beroperasi di area ilegal. Maka dari itu, kami menganjurkan Anda untuk menggunakan salah satu dari banyak alternatif (yang berbayar dan legal). Sering kali, Anda bisa menghemat uang dengan menggunakan VPN dan memilih server pada negara dengan penawaran harga langganan yang lebih murah.

Perlu diingat: artikel di atas dimaksudkansebagai sarana informasi. Tim VPNOverview bukan terdiri dari ahli hukum dan ini bukan saran legal, maka mohon untuk tidak menganggapnya demikian. Setiap negara punya aturannya sendiri yang bisa berubah sewaktu-waktu. Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut tentang aturan dan regulasi di negara Anda, mohon untuk konsultasi dengan ahli lokal.

PrimeWire - FAQ

Butuh solusi cepat atas permasalahan Anda? Silahkan lihat pertanyaan FAQ ini dan pertanyaan Anda mungkin bisa segera terjawab. Jika Anda punya pertanyaan dan belum menemukan jawabannya, jangan segan untuk meninggalkan komentar.

Tidak, PrimeWire tidak legal di sebagian besar negara (ada beberapa pengecualian). Layanan streaming selalu memfasilitasi pengunduhan acara TV atau film secara ilegal, yang melanggar hukum hak cipta. Tidak peduli jika file videonya tidak berada di perangkat Anda; tetap dilarang tidak membayar konten berbayar. Maka, beberapa pengguna bahkan menggunakan VPN untuk tetap anonim ketika menggunakan layanan streaming seperti PrimeWire.

Jika Anda tertangkap sedang mengunduh atau streaming konten berhak cipta, Anda bisa dikenakan denda yang cukup berat. Banyak negara yang tidak menuntut streaming ilegal, tapi beberapa negara secara aktif mendenda pembajak internet. Setiap negara punya peraturan yang berbeda-beda tentang hal ini.

Layanan streaming berbayar seperti Netflix, Disney Plus, Amazon Prime, Hulu dan HBO adalah cara termudah untuk mengakses konten online secara legal. Selain itu, dengan layanan seperti Sling, Anda bisa streaming jaringan TV pada perangkat apa pun yang diinginkan. Sayangnya, alternatif legal yang gratis tidak tersedia di banyak negara.

Layanan streaming online seperti PrimeWire selalu beresiko; malware adalah salah satu resikonya. Dengan menekan iklan popup yang salah pada PrimeWire, virus, adware atau perangkat lunak berbahaya bisa terunduh ke perangkat Anda.

Mengingat PrimeWire tergolong ilegal di banyak negara, pemerintah bisa memaksa penyedia layanan internet untuk memblokir situs. Karena situsnya diblokir melalui penyedia internet, tak seorang pun bisa mengaksesnya. Hal ini sering kali berakibat pada munculnya versi mirror, yang kemungkinan lebih tidak aman dibanding versi asli.

Analis keamanan cyber
David adalah seorang analis keamanan cyber dan salah satu pendiri VPNoverview.com. Tertarik dengan fenomena “identitas digital”, dan khususnya peduli dengan hak atas privasi serta perlindungan data pribadi
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar