Aman nonton Putlocker. Apakah legal dan adakah alternatif lain?

Computerscreen with Putlocker logo
Klik di sini untuk melihat ringkasan artikel ini
Apa Putlocker legal, dan adakah alternatif lain? Rangkuman

Sebuah layanan streaming gratis seperti Putlocker mungkin terdengar bagus, tapi ada beberapa potensi kerugian dan mungkin saja penggunaannya ilegal di negara Anda. Berikut beberapa poin utama dalam artikel ini:

  • Penggunaan Putlocker mungkin tidak diizinkan di negara Anda. Ada atau tidaknya konsekuensi dari penggunaan Putlocker bergantung pada negara tempat Anda berada.
  • Situs asli Putlocker sudah ditutup pada tahun 2016. Ini artinya semua situs Putlocker saat ini adalah salinan yang disediakan oleh orang lain dan kemungkinan tidak bisa dipercaya.
  • Sulit untuk menemukan situs Putlocker yang bekerja. Ada situs-situs berfungsi yang mirip Putlocker, seperti 123movies dan Primewire.
  • Alternatif lain untuk Putlocker sebagian besar adalah layanan streaming berbayar. Alternatif terkenal lainnya adalah Netflix, Disney Plus dan Amazon Prime.

Faktanya, banyak orang menggunakan VPN saat ini untuk tetap aman dan anonim ketika menggunakan layanan streaming. Hal ini juga berlaku bagi Putlocker. VPN terkenal yang digunakan untuk nonton Putlocker secara anonim adalah Surfshark.

Meskipun VPN menjaga Anda supaya aman dari pihak lain, ada baiknya untuk memeriksa jika Putlocker diizinkan di negara Anda.

Apa Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang Putlocker, dan alternatif legal apa saja yang tersedia? Baca artikel di bawah ini.

Putlocker LogoPutlocker adalah sebuah situs yang digunakan untuk streaming film dan acara tv secara online. Meskipun situs resminya sudah ditutup, salinan dan versi mirror situs ini masih ada. Saat ini, tidak diketahui apakah pendiri awal atau pendiri situsnya masih berkaitan dengan versi mirror tersebut. Beragam situs yang menyimpan salinan Putlocker masih sangat populer hingga saat ini.

Namun, karena penegak hukum telah menindak situs-situs yang mendistribusikan konten berhak cipta, banyak yang telah mencari alternatif (legal) selain layanan ini. Hal ini menimbulkan dua pertanyaan: apakah Anda secara hukum diizinkan untuk menggunakan Putlocker? Dan adakah alternatif lainnya?

Apakah ilegal untuk menggunakan Putlocker?

Jawabannya singkat untuk sebagian besar kasus adalah ya, aktivitas ini termasuk ilegal atau dilarang untuk menggunakan situs seperti Putlocker. Seperti 123Movies atau PrimeWire, Putlocker membuat konten berhak cipta tersedia bagi para penggunanya. Ini adalah konten yang haknya tidak mereka miliki, dan penggunanya tidak membayar pemilik hak cipta untuk nonton film atau tayangan tersebut. Ketika membahas jenis streaming atau layanan pengunduhan seperti ini, Anda bisa melihatnya seperti ini:

Jika Anda tidak membayar untuk konten yang hak ciptanya dimiliki orang lain dan pemegang hak cipta tidak memberikan izin untuk membagikan konten mereka melalui situs atau layanan tertentu, Anda tidak diizinkan untuk streaming atau mengunduhnya.

Namun, tidak semua negara menerapkan aturan yang sama tentang pelanggaran hak cipta. Hal ini tergantung pada negara tempat Anda berada untuk menentukan ada atau tidak adanya konsekuensi dari menonton streaming di situs seperti Putlocker. Berikut sikap beberapa negara berkaitan tentang pembajakan:

Sikap terkait pembajakanNegara
Pembajakan adalah aktivitas yang legal atau diizinkan (untuk penggunaan pribadi)Polandia, Spanyol, Swiss
Pembajakan termasuk aktivitas yang ilegalAfrika Selatan, Amerika Serikat, Australia, Cina, Finlandia, Jerman, Inggris, Italia, Jepang, Latvia, Perancis, Portugal, Rusia
Pembajakan termasuk aktivitas yang ilegal tapi nyatanya individu tidak dituntutArgentina, Belanda, Brazil, Denmark, Filipina, India, Iran, Israel, Kanada, Kolombia, Meksiko, Mesir, Republik Ceko, Romania, Singapura, Slovakia, Slovenia, Uruguay, Yunani

Catatan penting: streaming dan pengunduhan konten berhak cipta tidak diperbolehkan di sebagian besar negara. Streaming pada dasarnya berarti Anda secara sementara mengunduh sesuatu untuk ditonton saat itu juga. Ketika Anda keluar dari stream, konten unduhannya akan hilang. Tapi bukan berarti aktivitas ini tidak ilegal seperti pengunduhan file yang Anda simpan di komputer. Fakta bahwa Anda tidak ‘menyimpan’ konten berhak cipta pada perangkat Anda bukan jadi faktor penentu di sini.

Apa saja Konsekuensi Hukum dari Penggunaan Putlocker?

Konsekuensi dari penggunaan Putlocker pada dasarnya sama terhadap layanan apapun yang menyediakan unduhan konten berhak cipta bagi penggunanya. Di banyak negara, mereka tidak menuntut pengunduh individual atau penonton stream. Mereka utamanya mencari pihak distributor konten berhak cipta. Dengan layanan streaming, akan lebih sulit lagi untuk menuntut karena tidak ada file yang tersisa di komputer seseorang setelah menonton stream online.

Sebagian besar negara tidak punya sumber daya untuk secara aktif menerapkan denda, tapi negara seperti Jerman benar-benar memberi denda kepada pengunduh individu. Maka masih ada kemungkinan bahwa Anda akan mendapat peringatan atau denda.

Cara Aman Nonton Putlocker

Seperti yang sebelumnya sudah disebut, penggunaan Putlocker tidak diizinkan di banyak negara dan kami tidak mendukung penggunaan Putlocker di negara-negara tersebut. Tetap saja, ada beberapa lokasi yang mengizinkan penggunaan layanan streaming jenis ini (untuk penggunaan pribadi). Maka sangat penting bagi orang-orang di negara tersebut untuk melakukan upaya pencegahan yang diperlukan supaya tetap aman dari pengintai, virus, dan situs berbahaya jika mereka memutuskan untuk menggunakan situs seperti Putlocker. Maka dari itu, jika Anda berasal dari negara yang disebutkan di atas, dan ingin menggunakan Putlocker, sebaiknya gunakan perangkat lunak antivirus yang bagus seperti Bitdefender. Selain itu, ide yang baik juga untuk menjaga koneksi internet Anda dengan menggunakan VPN bagus seperti Surfshark.

Surfshark
Penawaran:
Internet aman dan anonim hanya dengan modal $2,30 per bulan
Dari
$2.30
9.0
  • Sangat ramah konsumen serta bisa bekerja dengan Netflix dan torrent
  • Garansi 30 hari uang kembali. Tanpa syarat tambahan!
  • Harga murah dengan banyak pilihan tambahan
Kunjungi Surfshark

Dengan menggunakan VPN dan perangkat lunak antivirus, Anda terjamin keamanannya dari malware dan admin situs yang ingin menggunakan data Anda dengan maksud dan tujuan tersendiri. Tapi, tolong diingat bahwa hal ini hanya diizinkan bagi orang-orang di negara tertentu. Jika Anda tidak yakin bahwa negara Anda mengizinkan penggunaan Putlocker, konsultasikan dengan ahli lokal tentang masalah ini.

Cara Mengakses Putlocker

Jika Anda tinggal di negara yang mengizinkan penggunaan Putlocker, selalu pastikan bahwa Anda mengakses situs Putlocker yang tepat serta melakukan upaya keamanan. Untuk mengakses Putlocker, orang-orang biasanya melakukan tahap-tahap berikut ini:

  1. Supaya tetap aman, orang-orang biasanya memulai proses dengan menggunakan perangkat lunak antivirus, seperti Kaspersky, and VPN, seperti Surfshark;
  2. Setelah itu, mereka mengakses Putlocker dengan mengunjungi  mirror Putlocker atau Googling kata kunci ‘Putlocker Mirror’;
  3. Jika Google digunakan untuk mencari Putlocker Mirrors, kemungkinannya mereka perlu terlebih dahulu mengakses situs yang terhubung dengan Mirrors. Mirorrs tidak selalu muncul dalam hasil pencarian.

Dan begitu caranya orang-orang mengakses Putlocker sekarang.

Peringatan: Kami tidak mendukung penggunaan situs-situs seperti Putlocker di tempat-tempat yang melarangnya. Kami menyarankan Anda untuk memeriksa terlebih dahulu jika negara Anda mengizinkan akses ke Putlocker dan ikuti regulasi tersebut. Jika ilegal, jangan gunakan situsnya.

Apakah Penggunaan Putlocker Berbahaya?

Perihal diizinkan atau tidak penggunaannya, kami tidak menyarankan Anda untuk menggunakan Putlocker. Dengan aturan dan regulasi di banyak negara saat ini, Anda beresiko terkena denda ketika membuka situs seperti Putlocker. Ini tergantung dari negara tempat Anda berada dan kebijakannya tentang pembajakan.

Dalam aspek keamanan, sulit untuk memberi jawaban pasti karena tidak hanya ada satu situs Putlocker. Mungkin situs ini aman, mungkin juga tidak. Ini tergantung versi mirror atau salinan yang sedang Anda akses. Saat mereka menutup situs yang asli, banyak versi mirrors dan salinan yang mulai bermunculan. Siapa pun yang menyediakan versi mirror dapat menambahkan atau mengurangi sesuatu dari versi tersebut. Ini berarti filenya dapat diubah supaya berisi virus atau iklan berbahaya yang diletakkan pada halaman lain. Banyaknya pilihan mirrors berarti ada sebagian yang aman, dan yang lainnya mungkin tidak.

Ini artinya Anda beresiko ketika menggunakan situs seperti Putlocker. Perihal aman atau tidak penggunaannya untuk megunduh konten, atau kemungkinan Anda secara tidak sengaja terpapar virus, sebenarnya banyak mirrors Putlocker yang tidak aman untuk diakses. Apapun yang Anda lakukan saat online, akan selalu bijak untuk menggunakan perangkat lunak antivirus yang bagus guna menjaga perangkat Anda dan VPN untuk melindungi koneksi internet dan anonimitas diri Anda.

Hati-hati dengan Putlocker Mirrors

Situs asli Putlocker sudah tutup pada tahun 2016. Ini artinya segala situs Putlocker yang Anda kunjungi setelah tahun 2016 adalah versi salinan atau mirror. Salinan atau mirror adalah domain yang mencoba menyediakan salinan yang hampir mirip dengan situs asli Putlocker, tapi di server yang berbeda. Mirror ini bisa dimiliki oleh siapa saja dan kualitasnya tidak dapat dijamin. Seperti yang sudah kami bahas di atas, hal ini memungkinkan adanya perubahan terhadap file untuk menyebarkan virus atau meletakkan iklan yang menganggu bagi Anda. Mirror tidak selalu berbahaya, tapi bisa dibilang bahwa Anda mengambil resiko yang besar saat menggunakannya.

Sayangnya, hampir tidak ada situs streaming dan pengunduhan yang gratis dan legal untuk konten berhak cipta. Pencipta konten harus dibayar, dan untuk itu, layanan streaming harus menciptakan semua model bisnis. Biasanya, layanan streaming berbasis langganan. Anda membayar per bulan dan mendapat akses ke banyak macam film dan tayangan. Contoh alternatif legal Putlocker yang terkenal adalah:

Layanan streamingRincian
NetflixNetflix adalah layanan streaming terkenal dengan banyak ragam acara dan film. Netflix adalah pilihan yang tepat jika Anda mencari alternatif untuk Putlocker. Anda bisa mendapatkan akses ke basis data film dan tayangan yang lebih besar jika menggunakan VPN untuk mengakses konten Netflix Amerika. Netflix sering menjadi pilihan utama bagi penggemar streaming ketika mereka berlangganan layanan streaming online. Ini karena Netflix adalah penyedia unggulan layanan streaming.
HuluHulu adalah alternatif Netflix yang bagus jika Anda lebih suka menonton acara olahraga langsung. Layanan ini lebih murah dibanding Netflix, tapi memang koleksi film dan acara yang tersedia juga lebih sedikit. Tetap saja, mereka baru-baru ini menambahkan streaming acara olahraga langsung ke dalam pilihan acara dan film mereka sehingga cocok bagi pecinta olahraga. Di beberapa negara, Hulu tidak tersedia, maka dari itu Anda membutuhkan VPN untuk mengakses Hulu.
Amazon Prime VideoAmazon Prime Video adalah pilihan alternatif lain yang lebih murah dari Netflix. Seperti Hulu, basis data film dan acaranya lebih sedikit dibanding Netflix. Perbedaan utamanya adalah Amazon Prime Video tersedia di banyak negara sedangkan Hulu tidak.
Disney PlusDisney Plus adalah layanan streaming yang khusus. Bukannya menawarkan banyak film dan acara dari beragam penerbit, Disney Plus lebih fokus kepada segala hal yang berbau Disney. Ini artinya Anda bisa mengakses judul-judul terkenal seperti Aladdin (baik versi baru dan lama) dan semua jenis tayangan dan film ramah keluarga. Selain itu, Disney punya acara Disney orisinil. Contoh yang terkenal adalah acara populer berjudul ‘The Mandalorian’.
YouTube TVYouTube TV tentunya adalah layanan streaming yang lebih mahal, tapi karena alasan yang masuk akal. Dibanding menyediakan beberapa film dan acara, YouTube TV memberikan Anda akses kepada 70 jaringan yang berbeda seperti Fox, ESPN, ABC dan CBS. YouTube TV saat ini hanya tersedia di Amerika Serikat, maka tidak tersedia untuk semua orang. Tetap saja, mereka memberikan penawaran jaringan yang menarik, pastinya pantas untuk dilihat.
Sling TVSling TV mirip dengan YouTube TV. Mereka memberikan Anda akses ke banyak jaringan TV dan hanya tersedia di Amerika Serikat. Perbedaannya adalah dengan Sling TV, Anda bisa menggabungkan saluran tertentu dibandingkan mengambil semua saluran seperti YouTube TV. Lalu, ada cara bagi Anda untuk bisa nonton Sling TV di luar Amerika Serikat dengan menggunakan VPN dan membeli gift card. Tapi, harganya cukup mahal, maka ada baiknya untuk melihat pilihan saluran dari Sling TV sebelum Anda menentukan pilihan Anda.
HBO NowHBO Now mirip dengan Netflix, Hulu dan Amazon Prime. Ini adalah layanan streaming online berbasis langganan yang memberikan banyak pilihan tayangan dan film. HBO punya beberapa tayangan yang diakui oleh para kritik dalam koleksinya seperti Band of Brothers, The Sopranos, The Wire, dan Game of Thrones. Ada kemungkinan bahwa HBO Now akan masuk ke dalam layanan streaming HBO yang lebih besar yaitu HBO Max ke depannya.

Mohon diperhatikan bahwa tidak semua alternatif ini bekerja di seluruh negara. Sling TV dan HBO Now tidak tersedia di luar Amerika Serikat, dan Disney Plus hanya dapat diakses di negara tertentu. Untuk bisa mengakses layanan tersebut, Anda perlu menggunakan VPN yang bagus. Anda bisa mengubah lokasi virtual Anda dengan VPN supaya terlihat sedang berada di negara yang lain. Ini cocok untuk membuka blokir layanan streaming tertentu. Selain itu, hal ini dapat melindungi privasi Anda dan menjaga koneksi internet supaya aman.

Peringatan: artikel di atas dimaksudkan sebagai sarana informasi. Kami bukan ahli hukum dan ini bukanlah saran hukum, maka jangan dianggap demikian. Selain itu, setiap negara memiliki kebijakan tersendiri dan hukum tersebut selalu berubah, maka Anda perlu selalu memperhatikannya. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang aturan dan regulasi di negara Anda, mohon konsultasikan dengan ahli lokal perihal regulasi tersebut.

Apakah Putlocker legal dan adakah alternatif lainnya? - FAQ

Punya pertanyaan singkat tentang Putlocker? Periksa FAQ kami untuk melihat jika kami punya jawabannya. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, maka jangan segan untuk meninggalkan komentar di bawah.

Jawabannya adalah kemungkinan tidak. Streaming konten berhak cipta dari situs seperti Putlocker tidak diizinkan di sebagian besar negara. Namun, ada beberapa pengecualian dan kami menyarankan Anda untuk membaca keseluruhan artikel kami tentang Putlocker.

Tergantung dari negara tempat Anda berada, Anda bisa mendapat denda karena menggunakan situs seperti Putlocker. Selain itu, karena situs asli Putlocker sudah tidak ada, Anda hanya bisa mengakses salinan situsnya yang disebut mirror. Pemilik salinan tersebut mungkin meletakkan virus atau perangkat lunak berbahaya di versi mirror mereka. Ini artinya Anda beresiko terkena virus ketika menggunakan versi mirror.

Tidak, bukan saja penggunaan Putlocker dilarang di banyak negara, Anda juga beresiko terkena virus ketika menggunakan salinan atau mirror dari situs Putlocker yang tidak aman. Jika Anda berencana untuk menggunakan Putlocker, maka ada beberapa upaya keamanan yang dapat dipertimbangkan.

Beberapa alternatif (legal) Putlocker yang terkenal adalah:

  • Netflix
  • Hulu
  • Disney Plus
  • YouTube TV
  • Sling TV
  • HBO Now

Harus diingat bahwa layanan ini tidak selalu bekerja di semua negara dan Anda harus membayar langganan untuk mengakses layanan ini.

Analis keamanan cyber
David adalah seorang analis keamanan cyber dan salah satu pendiri VPNoverview.com. Tertarik dengan fenomena “identitas digital”, dan khususnya peduli dengan hak atas privasi serta perlindungan data pribadi
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar