Top 12 Layanan Streaming Video Terbaik

Woman pressing play button on streaming service website
Klik di sini untuk melihat rangkuman singkat artikel ini
Rangkuman: Top 12 Layanan Streaming Terbaik

Streaming film dan tayangan telah mengubah cara dan kapan kita bisa mengkonsumsi media. Generasi-generasi sebelumnya dibatasi untuk menonton program pada jam tertentu di hari-hari spesifik saja karena mereka tidak punya pilihan lain. Jaman sekarang, kita bukan hanya bisa memilih apa yang ingin ditonton tapi kita juga memilih cara dan waktu untuk menontonnya. Perubahan ini berkat layanan streaming seperti Netflix dan Prime Video.

Berikut merupakan top 12 layanan streaming menurut kami:

  • Netflix
  • Disney+
  • Amazon Prime
  • Hulu
  • Sling TV
  • HBO Max
  • Crackle
  • Peacock
  • YouTubeTV
  • Tubi
  • Shudder
  • Crunchyroll

Layanan streaming ini tidak bekerja di semua tempat, sayangnya. Namun, dengan menggunakan VPN, Anda kadang bisa mendapat akses ke layanan-layanan ini, bahkan jika mereka belum tersedia di negara Anda. Salah satu penyedia VPN-nya adalah ExpressVPN.

Untuk informasi lebih lanjut tentang masing-masing layanan ini, dan juga pertanyaan umum terkait streaming, baca artikel lengkap di bawah ini.

Anda lelah membayar saluran kabel atau tagihan satelit yang mahal? Mungkin Anda sedang berusaha untuk mengurangi jumlah layanan streaming yang digunakan. Apapun situasinya, kami hadir untuk membantu mengelola kebutuhan TV dan nonton Anda dengan panduan layanan streaming video terbaik ini.

Kami sudah pastikan untuk mencakup pilihan berbayar dan gratis supaya Anda bisa memilih layanan yang bekerja sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga melihat pro dan kontra layanannya serta memberi Anda rangkuman tentang penawaran dari setiap layanan. Lalu, akan ditemukan juga bagian yang akan membantu Anda saat memilih layanan terbaik sesuai dengan keinginan Anda, begitu pula beberapa informasi tentang penggunaan VPN dengan layanan streaming. Kami akan mengakhiri artikel nantinya dengan menjawab beberapa pertanyaan yang umum ditanyakan.

Kami sebaiknya mengingatkan bahwa tidak semua layanan ini akan tersedia di setiap bagian dunia. Kemungkinan batasan ini menjadi titik di mana layanan VPN yang bisa diandalkan dapat membantu, tapi kami akan membahas lebih banyak tentang hal itu nanti.

Sudah cukup dengan pendahuluannya. Mari mulai pembahasan dengan daftar top 12 layanan streaming video yang mulai dapat Anda gunakan hari ini!

Livestreaming vs Layanan On-Demand

Layanan streaming video bisa dibagi menjadi dua kategori; livestreaming dan streaming on-demand.

Livestreaming pada dasarnya sama seperti apa yang akan Anda dapatkan melalui penyedia kabel atau satelit, namun perbedaan utamanya adalah layanan ini digunakan melalui internet. Penyedia livestreaming juga menggunakan aplikasi di perangkat streaming untuk layanan mereka dibanding penerima fisik. Dengan livestreaming, Anda terhubung ke konten pada waktu yang spesifik di saluran tertentu.

Streaming on-demand adalah hal yang sebagian besar orang pikirkan tentang layanan streaming video. Hal ini termasuk pilihan seperti Netflix, Disney+, HBO Max, dan Prime Video. Layanan on-demand artinya Anda bisa kapan saja memilih konten yang ingin ditonton. Selama program tersebut tersedia di layanannya, Anda bisa nonton kapan saja.

Untuk membantu Anda dalam mengenali penyedia mana di bawah ini yang bisa livestream dan mana yang on-demand, kami akan memberikan label untuk mengindikasikan jenis layanan yang ditawarkan bagi penggunanya.

Top 12 Layanan Streaming Video

Daftar layanan streaming berikut ini tidak disusun dengan urutan tertentu. Maka meskipun Netflix yang paling pertama disebutkan, bukan berarti kami menilai layanan ini lebih baik dibanding Hulu atau Disney+. Kami tahu preferensi setiap orang berbeda-beda jadi kami telah mengumpulkan semua hal yang menurut kami pilihan streaming video terbaik bagi Anda.


Netflix – Layanan streaming terbaik secara keseluruhan

Layanan streaming on-demand seharga $8,99 per bulan.

Netflix LogoNetflix adalah layanan streaming yang mengubah cara kita nonton film dan tayangan. Dengan pilihan program orisinil yang banyak dan katalognya yang semakin beragam, Netflix adalah pilihan streaming paling populer di Amerika Utara. Layanan ini sering mengacak film dan tayangan di katalog mereka, artinya Anda mungkin akan kehilangan suatu konten yang sebelumnya ingin ditonton tapi bisa juga menemukan hal baru untuk ditonton.

Anda bisa nonton Netflix hampir di semua jenis perangkat, yang mempermudah akses ke layanan ini kapan pun Anda inginkan dibanding pilihan layanan lain. Perbedaan penawaran ini juga berarti Anda bisa memilih penawaran yang terbaik sesuai dengan modal dan kebutuhan Anda.

Rekomendasi dari layanan ini tidak bisa dibandingkan dengan layanan streaming lain dan bisa menjadi cara yang bagus untuk menemukan tayangan dan film baru. Anda juga bisa membuat lebih dari satu profil di akun Anda, yang membantu algoritme Netflix untuk menemukan program sesuai dengan selera Anda.

Untuk sisi negatifnya, harga bulanan layanan ini bisa jadi mahal, khususnya jika Anda tidak sering menggunakan Netflix untuk memaksimalkan manfaat layanan ini. Selain itu, tergantung tempat Anda tinggal, katalog Anda mungkin tidak punya program yang Anda cari karena adanya batasan geografis. Terakhir, ada sejumlah film dan tayangan yang mungkin tidak Anda ketahui tersedia karena mereka tidak pernah masuk ke dalam rekomendasi Anda.

ProKontra
Pilihan tayangan dan film yang banyak untuk ditontonHarga awalnya mahal dibanding layanan lain
Interface mudah digunakan di perangkat apa punTayangan dan film sering diacak
Sejumlah pilihan program langgananBisa sulit untuk menemukan film di luar bagian rekomendasi
Algoritme rekomendasi yang kuat
Maksimal lima profil berbeda

Disney+ – Pilihan terbaik untuk keluarga dengan anak kecil

Layanan streaming on-demand seharga $6,99 per bulan.

Disney Plus LogoDisney+ adalah salah satu layanan streaming yang lebih baru dan menampung koleksi film dan tayangan klasik Disney. Layanan ini juga memiliki sejumlah program orisinil yang ditujukan bagi anak-anak dan keluarga. Di Disney+, Anda punya akses ke lima kategori yang berbeda termasuk Pixar, Disney, Marvel, Star Wars, dan National Geographic. Keragaman ini menjadikan layanannya bagus bagi orang-orang yang tidak hanya mencari konten tradisional Disney, khususnya karena selain itu ada juga properti dari Fox seperti The Simpsons.

Anda juga punya pilihan untuk mengunduh film dan tayangan TV jadi Anda bisa nonton mereka secara offline nantinya. Disney+ tersedia di perangkat streaming seperti Amazon Fire TV, Apple TV, Roku, Chromecast, dan Smart TV. Selain itu, Anda bisa mengakses layanan streaming di browser, smartphone, tablet, dan konsol gaming pilihan Anda.

Kekurangan dari Disney+ termasuk adanya beberapa celah di penawaran programnya. Kami juga sadar bahwa beberapa tayangan masuk ke urutan nonton yang salah (tayangan DuckTales yang baru, contohnya).

ProKontra
Tidak terlalu mahal saat dibandingkan dengan layanan lainBeberapa judul yang seharusnya ada saat ini belum tersedia
Banyak program orisinil yang ramah keluargaBeberapa tayangan berada di urutan nonton yang salah
Pilihan film klasik yang banyak

Prime Video – Banyak manfaat dengan Amazon Prime

Layanan streaming on-demand seharga $8,99 per bulan.

Prime Video LogoPrime Video tersedia dalam dua pilihan yang berbeda. Pilihan pertama adalah program langganan Prime Video sendiri dengan harga $8,99 per bulan dan hanya memberikan akses ke katalog streaming. Pilihan kedua adalah sebuah akun Amazon Prime yang mencakup Prime Video dengan sejumlah manfaat lain. Akun Amazon Prime dikenakan harga $12,99 per bulan atau bisa dibeli setahun sekali dengan harga $119.

Anda bisa streaming Prime Video di sejumlah perangkat seperti komputer, smartphone, dan perangkat streaming Anda. Layanan streaming ini baru memperkenalkan profil yang bisa membantu Anda untuk mengatur pengalaman nonton Anda berdasarkan rekomendasi dari Prime Video.

Meskipun Prime Video mungkin tidak punya interface yang paling intuitif, layanan ini punya film dan tayangan yang banyak untuk dipilih dari koleksinya. Program original-nya yang luar biasa juga merupakan tambahan yang bagus bagi layanan ini, begitu juga dengan fitur profil barunya.

Beberapa kekurangan bagi layanan streaming ini termasuk pengalaman pengguna yang terganggu di versi browser, serta Amazon yang menaruh iklan di programnya sebelum stream dimulai. Ada pun banyak konten tambahan yang diblokir dan butuh biaya tambahan.

ProKontra
Program original yang luar biasaInterface yang menganggu dan usang
Pilihan film dan tayangan yang banyakKonten dan saluran tambahan butuh biaya lebih
Mencakup Prime membershipTidak tersedia di semua platform

Hulu – Layanan terbaik untuk menggantikan kabel

Layanan streaming on-demand mulai dari $5,99 per bulan. Live TV dengan streaming on-demand seharga $54,99 per bulan.

Hulu LogoHulu adalah salah satu pilihan yang lebih bagus jika Anda ingin berhenti menggunakan layanan kabel/satelit karena banyaknya pilihan streaming yang tersedia. Bukan hanya Anda bisa memilih streaming on-demand tapi Anda juga bisa berlangganan dengan layanan live TV mereka. Dengan streaming live TV mereka, Anda bisa mengakses lebih dari 60 saluran termasuk olahraga, hiburan, dan berita.

Meskipun penawaran harga layanan ini mulai dari $5,99 per bulan, Anda perlu membayar $11,99 untuk versi yang bebas iklan. Ada juga pilihan untuk menambahkan Enhanced Cloud DVR dan paket Unlimited Screens dengan masing-masing harga $19,99 atau $14,99. Tambahan lain termasuk live TV akan dikenakan harga $54,99, HBO seharga $14,99, dan Showtime seharga $8,99.

Kekurangan terbesar dari Hulu adalah penawaran langganan termurahnya mengharuskan Anda untuk menonton iklan. Selain itu, jika Anda tertarik dengan tayangan TV yang lama Anda mungkin akan sadar bahwa beberapa musim tayangan yang tersedia melalui layanan streaming ini tidak lengkap.

ProKontra
Streaming on-demand yang terjangkau dibanding pilihan lainPerlu menonton iklan
Pilihan program TV yang besarMusim tayangan TV yang lama mungkin ada yang tidak lengkap
Akses ke tayangan yang saat ini sedang tayang serta koleksi lengkap semua musimnyaPilihan live TV bisa jadi mahal

Sling TV – Layanan Live TV terbaik

Layanan streaming live TV seharga $30 per bulan.

Sling TV LogoSling TV merupakan layanan live streaming TV yang menyediakan pemotongan kabel dengan pilihan di luar kabel dan satelit supaya Anda bisa nonton saluran favorit Anda. Layanan ini tersedia dalam dua pilihan yaitu Orange plan dan Sling Blue. Meskipun harganya sama-sama $30, saluran yang Anda dapatkan untuk masing-masing penawaran berbeda. Jika Anda tidak suka apa yang ditawarkan oleh masing-masing paket ini, Anda bisa menggabungkan keduanya dengan harga $45 per bulan.

Ada pun saluran tambahan yang bisa dibeli. Tambahan ini termasuk Sports Extra, Comedy Extra, Kids add-on, News add-on, dan the Hollywood Extra. Meskipun harga paket Sport Extra $10 per bulan, sisa paket yang lain masing-masing ditawarkan dengan harga $5 per bulan. Anda juga bisa menambahkan saluran premium ke program langganan mana pun seperti Showtime, Starz, dan Epix.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang Sling TV adalah bahwa semua add-on ini bisa dengan cepat menambah beban biaya. Jika Anda menghabiskan banyak uang untuk hal tambahan, sebaiknya Anda menggunakan layanan lain seperti YouTube TV karena layanan tersebut menawarkan hal yang lebih banyak dengan harga yang hampir sama. Selain itu, layanan ini hanya tersedia di Amerika Serikat yang berarti Anda perlu menggunakan VPN untuk mengaksesnya di luar negeri. Ingat bahwa server yang Anda pilih di AS akan menentukan program apa yang dapat Anda akses dan waktu layanan Live TV itu tersedia.

ProKontra
Banyak pilihan programBisa jadi mahal jika Anda mulai menambahkan hal lain ke paket
Lebih murah dibanding kabelKonten on-demand terbatas dibanding pilihan lainnya
Tidak ada kontrakTidak ada konten orisinil yang tersedia
Bagus untuk penggemar ESPNHanya tersedia di AS

HBO Max – Layanan terbaik untuk konten eksklusif HBO

Layanan streaming on-demand seharga $14,99 per bulan.

HBO Max LogoHBO Max menaungi beberapa tayangan paling terkenal dan sukses yang ada saat ini. Tayangan ini termasuk Curb Your Enthusiasm, Barry, Six Feet Under, The Sopranos, The Wire, Silicon Valley, Watchmen, dan Veep. Anda juga bisa menonton Friends, South Park, Rick and Morty, dan The Big Bang Theory di HBO Max. Selain pilihan TV ini, Anda juga bisa menemukan film-film terbaru dari WarnerMedia dan film populer lainnya di layanan ini.

HBO Max bisa distreaming di HP Apple dan Android, smart TV, dan konsol gaming seperti Xbox One dan PlayStation 4. Anda juga bisa menggunakan Chromecast untuk streaming perangkatnya ke TV Anda.

HBO Max hanya tersedia di AS saat ini dan tidak bisa digunakan di perangkat Roku atau melalui Amazon Fire TV. Jika Anda tinggal di AS, ada baiknya untuk mencoba hal ini karena jumlah program yang tersedia sangat banyak setiap bulannya. Mohon tetap diingat bahwa konten 4K masih belum tersedia di layanan ini. Anda juga tidak mendapatkan Deskripsi Audio karena belum didukung di HBO Max.

ProKontra
Pilihan film dan tayangan yang banyakTidak tersedia di luar AS
Program original berkualitas tinggiTidak bisa menggunakan Amazon Fire TV atau Roku
Akses ke tayangan eksklusif HBOLebih mahal dibanding pilihan yang lain

Crackle – Layanan streaming terbaik untuk TV dan film

Layanan streaming on-demand gratis.

Crackle LogoCrackle adalah layanan streaming gratis yang punya kumpulan film dan tayangan on-demand. Seperti layaknya layanan streaming lain, katalog mereka sering diacak dengan film dan tayangan yang sesuai dengan penawaran Crackle. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan Crackle, Anda perlu terbiasa dengan adanya iklan di tengah program yang diletakkan untuk mendukung layanan streaming.

Anda bisa mengakses Crackle di perangkat mobile, browser, konsol gaming, perangkat media streaming, dan TV. Semua konten di Crackle juga tersedia dalam 720p untuk distreaming.

Oleh karena layanannya tidak meminta biaya apa pun, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak melihat penawaran Crackle. Layanan ini punya jumlah program yang ternyata banyak untuk streaming, begitu pun konten original untuk Anda tonton.

Selain iklan, kekurangan terbesar dari penggunaan Crackle adalah interface-nya usang dan menyediakan rekomendasi yang terbatas serta kategori film yang lebih sedikit dibanding Prime Video dan Netflix.

ProKontra
Layanan streaming gratisAnda harus nonton iklan
Penawaran program yang beragamTayangan dan film sering berubah
Konten originalKetersediaannya terbatas di luar AS

Peacock – Layanan streaming gratis terbaik untuk program NBC

Layanan streaming on-demand yang dimulai dengan penawaran langganan gratis.

Peacock TV LogoDengan Peacock, Anda punya tiga pilihan penawaran untuk dipilih saat mendaftar ke layanan ini. Hal ini termasuk penawaran program langganan gratis yang didukung iklan dan berisi 13.000 jam konten serta program langganan Premium yang juga memiliki iklan tapi berisi 20.000 jam konten ditambah beberapa tayangan olahraga langsung. Pilihan terakhir adalah Premium Plus yang memberikan Anda semua hal dari penawaran premium sebelumnya tapi tidak akan ada iklan.

Anda bisa menonton Peacock melalui aplikasi di perangkat Android dan iPhone, serta konsol gaming dan perangkat media streaming. Anda tidak bisa nonton Peacock di Amazon Fire TV atau perangkat Roku saat ini, tapi mungkin hal tersebut akan berubah ke depannya.

Peacock merupakan layanan streaming yang masih baru dari NBC dan memiliki sejumlah pilihan penawaran untuk Anda tergantung atas apa yang ingin ditonton. Parental control adalah pilihan yang bagus bagi keluarga dengan anak-anak kecil yang menggunakan layanan ini.

Beberapa batasan dari layanan baru ini adalah tidak adanya pilihan untuk mengunduh program guna ditonton offline di waktu lain, lalu juga tidak ada fitur streaming 4K. Tidak ada program original yang tersedia di Peacock karena saat ini layanannya hanya menarik konten dari katalog yang ditawarkan NBC.

ProKontra
Pilihan parental controlKatalog mereka tidak lengkap (Friends, Seinfield, dan The Office)
Tiga pilihan untuk dipilihTidak ada banyak tayangan original
Tayangan langsung olahragaTidak ada fitur streaming 4K
Program populer NBC seperti Parks and Recreation dan King of QueensTidak ada pilihan pengunduhan
Ketersediaannya terbatas di luar Amerika Utara

YouTube TV – Pengganti kabel terbaik dengan dukungan DVR

Layanan streaming Live TV mulai dengan harga $64,99 per bulan.

YouTube TV LogoYouTube TV punya pilihan saluran berita, hiburan, dan tayangan langsung olahraga yang banyak melalui layanannya. Beberapa saluran yang bisa Anda akses dengan program langganan YouTube TV adalah CNN, Fox, FX, dan ABC. Anda juga bisa menambahkan saluran ke program langganan jika Anda ingin punya lebih banyak pilihan. Paket tambahan ini termasuk NBA League Pass, HBO Max, dan Showtime.

Anda bisa streaming YouTube TV di perangkat mobile dan streaming, begitu pula di smart TV dan konsol gaming. Interface mereka mudah digunakan dan dapat diandalkan, khususnya saat dibandingkan dengan pilihan streaming live TV lain.

YouTube TV merupakan salah satu alternatif televisi tradisional terbaik yang dapat Anda temukan. Hal ini sebagian besar berkat pilihan salurannya yang ekstensif dan pilihan tambahannya, serta manfaat dari penyimpanan cloud DVR-nya yang tidak terbatas. Ingat bahwa penyimpanan cloud akan menyimpan catatan Anda maksimal selama sembilan bulan sebelum menghapusnya.

Beberapa potensi kekurangan dari YouTube TV adalah harga layanan dan ketersediaannya yang masih terbatas di luar wilayah Amerika Serikat. Selain itu, paket tambahannya juga bisa membuat tagihan bulanan Anda mahal jika Anda memasukkan terlalu banyak tambahan.

ProKontra
Penyimpanan cloud DVR yang tidak terbatasTambahannya bisa jadi mahal
Enam akun dalam satu membershipHarga per bulan mahal
Tayangan langsung olahraga dan saluran beritaKetersediaan di luar AS terbatas
Pilihan jaringan yang banyak

Tubi – Layanan streaming gratis terbaik untuk film

Layanan streaming on-demand gratis.

Tubi LogoTubi merupakan layanan streaming gratis lain yang menyediakan film dan tayangan on-demand melalui platform yang didukung iklan. Layanan ini memiliki sejumlah film populer, begitu pula tayangan TV pilihan. Interface Tubi punya rancangan yang bersih dan mudah digunakan, serta fungsi pencarian yang bekerja dengan baik untuk menemukan film atau tayangan di katalog mereka.

Tubi bisa distreaming di perangkat mobile dan web browser. Jika Anda punya Chromecast, Anda bisa menghubungkan Tubi dari HP ke TV Anda. Perangkat layanan streaming lain termasuk Roku, Apple TV, dan Android TV. Smart TV juga bisa mengakses aplikasi ini, begitu pun konsol gaming.

Seperti layaknya Crackle, tidak ada alasan untuk tidak melihat penawaran Tubi dengan layanan streamingnya yang gratis. Meskipun pilihan TV-nya terbatas, ada sejumlah film yang tersedia untuk distreaming. Tubi juga punya parental control dan katalog program mereka terus berpindah-pindah.

Sejumlah kekurangan yang dimiliki Tubi adalah tidak adanya pilihan pengunduhan untuk nonton program secara offline dan batas resolusi yang ditawarkan hanya sampai 720p. Namun, jika ada film tertentu yang Anda cari, Tubi adalah pilihan gratis yang bagus digunakan.

ProKontra
Layanan streaming gratisProgram TV terbatas
Pilihan film yang banyakBatas resolusi streaming sampai 720p
Interface yang mudah digunakanTidak ada pilihan pengunduhan
Ada parental control

Shudder – Layanan streaming horor terbaik

Layanan streaming on-demand seharga $4,75 per bulan.

Shudder TV LogoShudder adalah tempat yang dituju bagi penggemar film horor yang tertarik untuk streaming film-film klasik yang sulit ditemukan. Platform ini juga punya banyak rilis baru yang bisa dinikmati pengguna. Anda bisa menemukan pilihan film dan tayangan yang banyak, dengan beberapa penawaran program original.

Anda bisa nonton Shudder di semua perangkat streaming dan smartphone. Layanan ini juga tersedia di browser dan smart TV. Layanannya bebas dari iklan dan menyediakan masa coba gratis selama 7 hari.

Tentunya, jika Anda tidak suka genre horor Anda tidak harus mempertimbangkan Shudder sebagai salah satu pilihan utama. Selain itu, tidak ada pilihan pengunduhan untuk nonton secara offline sehingga Anda perlu punya koneksi internet setiap kali ingin menggunakan layanan ini.

ProKontra
Harga bulanan yang murahTidak ada pilihan pengunduhan
Cocok bagi penggemar hororKoleksi konten mereka tidak lengkap
Banyak pilihan film yang sulit ditemukan
Program original

Crunchyroll – Layanan streaming anime terbaik

Layanan streaming on-demand seharga $7,99 per bulan.

Crunchyroll LogoPenggemar anime akan menemukan banyak hal yang disukai tentang koleksi Crunchyroll. Dengan lebih dari 1.200 pilihan, Crunchyroll adalah tempat yang dituju untuk tayangan anime seperti Attack on Titan, One-Punch Man, dan Hunter X Hunter. Ada pun beberapa program orisinil yang tersedia di layanan ini.

Terdapat dua penawaran langganan yang tersedia di Crunchyroll, akun gratis yang memiliki iklan dan akun berbayar yang bebas dari iklan. Anda bisa menggunakan layanan ini di perangkat streaming, smartphone, konsol gaming, dan melalui browser Anda.

Crunchyroll tidak punya pilihan pengunduhan, sehingga tidak mungkin digunakan secara offline. Selain itu, interface-nya bisa jadi sulit untuk digunakan dan lebih usang dibanding beberapa pilihan lain dalam daftar ini.

ProKontra
Bagus untuk penggemar animeIklan di pilihan langganan yang gratis
Ada program originalTidak ada pilihan pengunduhan
Tersedia dua pilihan langgananInterface-nya usang dan sulit digunakan

Cara Memilih Layanan Streaming Video

Saat memilih sebuah layanan streaming video, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Faktor-faktor ini termasuk seberapa sering Anda akan menggunakan layanan tersebut, program yang ingin Anda tonton jika Anda menggunakan layanan ini dengan keluarga, dan modal yang Anda miliki.

Jika Anda tidak berencana untuk terlalu banyak menggunakan layanan ini, maka pilihan gratis mungkin pilihan yang lebih bagus dibanding program berbayar. Anda juga bisa memanfaatkan masa coba gratis apa pun yang tersedia untuk memastikan bahwa layanan ini benar-benar punya apa yang Anda inginkan dan kerjanya baik sesuai kebutuhan Anda.

Anda juga perlu mempertimbangkan tingkat langganan yang terbaik untuk situasi Anda. Jika ada lebih dari satu orang di rumah yang menggunakan layanannya, Anda mungkin perlu program langganan lebih mahal yang memungkinkan lebih dari satu orang untuk streaming video sekaligus. Pilihan lainnya adalah memilih layanan streaming yang memungkinkan Anda untuk mengakses koleksi layanan streaming dari alamat-alamat yang berbeda, pada intinya memungkinkan Anda untuk membagi biaya dengan orang-orang lain di rumah Anda.

Hal lain yang perlu Anda pikirkan adalah bonus lain apa saja yang akan didapatkan dengan memilih layanan tersebut dibanding layanan lain. Contohnya, Prime Video sudah masuk dalam akun Amazon Prime Anda sehingga ada sejumlah manfaatnya tersendiri.

Cara Streaming Video Menggunakan VPN

Mendapat akses ke katalog video dari negara lain adalah salah satu alasan paling populer yang membuat orang-orang menggunakan VPN. Oleh karena batasan geografis di situs dan aplikasi, VPN adalah satu-satunya cara supaya Anda bisa nonton pilihan TV dan film yang tersedia di negara lain.

Pertama, Anda perlu mendaftar dengan sebuah penyedia VPN. Setelah punya akun, yang perlu Anda lakukan adalah memilih negara yang punya akses ke program yang ingin Anda tonton dan terhubung ke salah satu server mereka. Sebuah penyedia VPN yang bagus untuk streaming konten adalah ExpressVPN.

ExpressVPN
Penawaran:
Dapatkan diskon langganan tahunan + garansi 30 hari uang kembali!
Dari
$6.67
8.9
  • VPN yang mudah digunakan
  • Cocok untuk browsing, pengunduhan, dan streaming secara anonim (contohnya Netflix)
  • 3000+ server di 94 negara
Kunjungi ExpressVPN

Setelah Anda terhubung ke server di negara lain, Anda seharusnya bisa log in ke akun Anda di layanan streaming dan melihat pilihan video di negara tersebut.

Tentu saja, ada alasan-alasan lain yang membuat Anda ingin menggunakan VPN saat streaming video online. Manfaat-manfaat ini termasuk perlindungan data pribadi Anda, peningkatan keamanan, dan akses ke koleksi video yang biasanya Anda miliki saat sedang berpergian.

Cara Menangani Koneksi Lambat saat Menggunakan VPN untuk Streaming

Tidak ada hal yang lebih buruk dibanding saat ingin nonton film atau tayangan TV dan terjadi masalah buffering atau koneksi. Salah satu kekhawatiran terbesar yang dimiliki orang-orang saat menggunakan VPN untuk streaming video adalah bahwa VPN akan membuat koneksi internet mereka jadi lambat, sehingga pengalaman nonton Anda menjadi tidak nyaman.

Beberapa alasan mengapa hal ini bisa terjadi adalah kecepatan internet yang lambat, jarak yang besar antara lokasi Anda dan server VPN, dan/atau server VPN yang sibuk.

Jika Anda punya kecepatan internet yang lambat, hubungi penyedia layanan internet Anda untuk menanyakan jika ada perbaikan teknis yang bisa mereka sarankan atau untuk mencari tahu jika ada paket langganan yang lebih bagus supaya kecepatan internet Anda bisa lebih cepat.

Saat membahas layanan VPN, secara tipikal Anda akan mendapat kualitas dan tingkat keandalan sesuai dengan harga. Penting bagi Anda untuk memilih penyedia VPN secara hati-hati karena kualitas layanan mereka punya pengaruh langsung terhadap kemampuan Anda untuk streaming video online.

Kesimpulan

Sudah ada banyak cara untuk streaming film atau tayangan dan dengan semakin menurunnya popularitas TV tradisional, perusahaan mencari lebih banyak cara untuk bisa terlibat dalam streaming video. Kemungkinan adanya lebih banyak layanan meningkatkan jumlah pilihan yang akan Anda miliki ke depannya untuk menonton program favorit Anda.

Top 12 Layanan Streaming Terbaik - FAQ

Jika Anda masih punya beberapa kekhawatiran tentang layanan streaming, Anda sebaiknya melihat pertanyaan di bawah ini untuk mendapat jawabannya.

Layanan streaming berikut ini memiliki penawaran masa coba gratis sehingga Anda bisa mencoba penawaran mereka; Crunchyroll, Sling TV, Shudder, Peacock, Amazon Prime, Netflix, HBO Max, Hulu, dan YouTube TV.

Crunchyroll, Netflix dan Amazon Prime menawarkan masa coba gratis selama 30 hari. Sling TV, Shudder, Peacock, HBO Max, dan Hulu dengan Live TV memberikan masa coba 7 hari untuk menguji layanan mereka. YouTube TV saat ini menawarkan masa coba yang diperpanjang sampai 14 hari.

Jika Anda ingin nonton program yang hanya tersedia di negara lain, Anda perlu menggunakan VPN. Hal ini merupakan salah satu alasan paling populer untuk menggunakan VPN karena membantu Anda dalam mengakses koleksi film dan tayangan TV negara lain. Batasan geografis di jenis video lain, seperti beberapa video yang dikunci di YouTube, juga bisa distreaming menggunakan VPN untuk terhubung ke negara yang tidak membatasi video tersebut.

Anda bisa menggunakan kartu kredit prabayar untuk mendaftar dengan layanan streaming dibanding menggunakan kartu kredit tradisional jika Anda mau. Satu-satunya perbedaan antara jenis pembayaran ini dan kartu kredit tradisional adalah Anda perlu ingat untuk membayar layanan bulan depan sebelum langganannya habis.

Anda juga bisa menggunakan gift card yang dirancang untuk layanan ini, seperti gift card Netflix, yang akan menyediakan jangka bulan tertentu dan sudah termasuk ke dalam penawaran harga mereka.

Meskipun layanan streaming paling populer saat ini masih Netflix, pesaing lain dengan cepat memanfaatkan momentum. Layanan tersebut termasuk Prime Video dan Disney+. Layanan streaming gratis juga semakin disukai dibanding pilihan berbayar. Layanan gratis ini termasuk Tubi dan Crackle. Pilihan populer lainnya adalah HBO Max dan Sling TV, meskipun kedua layanan ini hanya tersedia jika Anda tinggal di AS atau menggunakan VPN.

Jika Anda punya model selain smart TV, Anda masih bisa streaming video menggunakan hal tersebut melalui beberapa pilihan yang berbeda. Pilihan pertama adalah dengan membeli perangkat streaming seperti Amazon Fire Stick atau Roku Media Streamer. Kotak media ini akan memberikan Anda akses ke layanan streaming dan bisa menonton mereka di TV Anda melalui input HDMI. Pilihan lain adalah dengan menggunakan Google Chromecast untuk menghubungkan aplikasi streaming dari HP ke layar televisi Anda. Anda juga membutuhkan input HDMI di TV Anda untuk menghubungi Chromecast.

YouTube TV adalah layanan streaming yang menyediakan campuran konten dari live TV dengan film dan tayangan on-demand. Layanan ini juga memiliki fitur DVR yang memungkinkan Anda untuk merekam program sehingga Anda bisa menontonnya nanti. YouTube TV menggunakan interface YouTube dan tersedia untuk streaming di sejumlah platform yang berbeda. YouTube adalah situs video-sharing yang memungkinkan Anda untuk nonton video, serta membuat saluran dan berkomunikasi dengan komunitas lain.

Jurnalis seputar teknologi
Ronella selalu memikirkan cara supaya kita dapat membuat lingkungan digital yang seaman mungkin. Perkembangan digital yang baik juga berarti kita dihadapkan dengan isu-isu keamanan baru. Maka, Ronella ingin menciptakan kesadaran yang lebih tinggi tentang keamanan cyber dan menarik perhatian orang perihal resiko dan perangkap yang sebaiknya dihindari.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar