Lampaui Sensor Online – Cara Bebas Akses Internet

Sign with hand and laptop screen
Klik di sini untuk melihat rangkuman singkat artikel ini
Lampaui Sensor Online: Rangkuman Singkat

Penyensoran di Internet semakin lama semakin umum terjadi. Sering kali ada alasan politik bagi penerapannya. Di beberapa negara, situs berita atau media sosial tertentu diblokir karena pemerintah tidak ingin masyarakat untuk mendapatkan akses informasi ini.

Koneksi VPN menawarkan solusi untuk melampaui penyensoran ini. Ikuti tahap-tahap di bawah ini:

  1. Dapatkan program langganan dari penyedia VPN bagus, seperti ExpressVPN.
  2. Unduh perangkat lunak VPN di smartphone, tablet, desktop atau laptop Anda.
  3. Buka VPN dan terhubung ke server di negara yang tidak ada penyensoran.
  4. Anda sekarang memiliki akses ke konten yang diblokir, karena traffic data Anda diarahkan ulang melalui negara yang tidak ada penyensoran.

Informasi lebih lanjut tentang cara melampaui sensor online dapat ditemukan pada artikel di bawah ini.

Kami mengasosiasikan penyensoran online dengan negara seperti Cina dan Turki, namun Anda akan terkejut saat mengetahui betapa luas permasalahan ini sebenarnya. Untuk melampaui jenis restriksi geografis seperti ini, Anda dapat menggunakan VPN. Jika, contohnya, penggunaan Facebook dilarang di negara Anda, Anda bisa mengakses situsnya via server VPN di negara yang berbeda. Dengan begitu, Anda terlihat seperti tengah mengakses internet dari negara lain, sehingga mendapat akses ke situs dan layanan yang dibatasi.

Dalam artikel ini, Anda bisa membaca segala hal tentang beragam bentuk penyensoran online dan cara melampauinya dengan VPN. Menurut pandangan kami, kebebasan berpendapat adalah salah satu hak asasi manusia yang paling penting dan kita perlu melindunginya setiap saat. Anda akan menemukan semua yang perlu diketahui tentang penyensoran media sosial, situs berita, dan layanan lainnya di bawah ini. Lebih dari itu, kami akan menjelaskan cara VPN dapat membantu Anda.

Apa yang Dimaksud dari Penyensoran Online?

Apa itu Penyensoran Online? Penyensoran Internet adalah pembatasan terhadap apa yang dapat diakses dan dilihat di Internet. Hal ini sering kali dilakukan oleh pemerintah untuk alasan-alasan politik. Pemerintah di seluruh dunia memilih untuk menyensor web dan memblokir media sosial atau situs berita.

Untungnya Anda bisa melampaui penyensoran internet dengan VPN.

Lampaui Penyensoran Online dengan VPN

Bisa sangat mengesalkan jika, saat liburan atau waktu Anda berada di luar negeri, Anda diganggu oleh penyensoran internet yang berlaku di negara tersebut. Contohnya, Facebook atau WhatsApp mungkin diblokir, atau suatu situs tertentu mungkin diblokir.

VPN adalah solusi yang baik untuk permasalahan penyensoran online. Dengan VPN, Anda bisa melampaui restriksi geografis di negara Anda dan mendapatkan kembali akses ke media sosial san semua situs favorit Anda.

Di bawah ini kami menjelaskan tepatnya cara kerja VPN.

Bagaimana cara VPN bekerja?

Dengan menggunakan koneksi VPN, traffic internet Anda terenkripsi. Anda terhubung via server terpencil dan alamat IP Anda akan berubah.

Penjelasan VPN Bahasa

Saat Anda menggunakan VPN, Anda bisa memilih negara yang menjadi tempat asal Anda mengakses internet. VPN mengirimkan traffic Anda via server di negara tersebut dan Anda mengakses internet bukan dengan alamat IP Anda sendiri, melainkan dengan alamat IP dari server tersebut. Bagi situs, akan terlihat seakan-akan Anda sedang mengakses situsnya dari negara yang sudah Anda pilih. Dengan ini, Anda bisa dengan mudah melampaui sensor di negara Anda.

VPN juga memiliki banyak manfaat lainnya. Anda mendapatkan kebebasan dengan adanya kemungkinan untuk melampaui restriksi geografis. Hal ini dapat, contohnya, membantu Anda untuk menonton konten Netflix di negara lain. Tapi adapun hal lainnya!

VPN juga menyediakan Anda anonimitas karena alamat IP Anda sendiri tidak akan terlihat oleh siapapun. Dengan VPN, tidak ada pihak yang dapat mengaitkan aktivitas online Anda dengan lokasi atau diri Anda sendiri. Baca lebih banyak tentang manfaat dari browsing anonim ini.

Terakhir, VPN menawarkan keamanan yang bagus. Perangkat lunak VPN mengenkripsi semua data di komputer Anda. Tidak ada peretas atau pihak pemerintah yang bisa membuka traffic terenkripsi tersebut. Informasi pribadi dan traffic internet Anda aman dengan penggunaan VPN.

Penyedia VPN Terbaik untuk Melampaui Penyensoran Online

Kami telah membuat daftar berisi tiga penyedia VPN terbaik yang dapat membantu Anda dalam melampaui sensor. Untuk daftar ini, kami telah menggabungkan daftar penyedia VPN terbaik kami yang umum dengan fitur yang harus dimiliki VPN untuk melawan penyensoran.

Satu kesulitannya adalah beberapa negara sudah mulai memblokir situs penyedia VPN. Kami telah memilih penyedia VPN yang berhasil bertahan dan tersedia (hampir) di semua tempat. Fitur penting lainnya adalah garansi uang kembali. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah mencoba layanan untuk memastikan bisa berfungsi. Jika tidak bekerja sesuai keinginan, Anda bisa membatalkan program langganannya dan mendapatkan kembali uang Anda.

Meskipun ada penyedia VPN gratis yang cukup bagus, kami tidak menyarankan mereka untuk tujuan melampaui sensor online. VPN gratis sering kali tidak aman dan terkadang menjual data Anda ke pihak lain. Selain itu, VPN gratis sering kali memiliki batasan data dan kecepatan.

Berencana untuk menggunakan VPN karena Anda akan liburan di negara yang memblokir banyak layanan? Kami menyarankan Anda untuk memasang VPN sebelum bepergian. Oleh karena, seperti yang disebutkan sebelumnya, situs penyedia dapat diblokir di negara tersebut.

Lampaui Penyensoran dengan ExpressVPN

ExpressVPN berada di peringkat teratas dalam mayoritas daftar kami karena sebuah alasan. ExpressVPN membantu Anda untuk mendapatkan koneksi yang stabil dan aman di manapun Anda berada. Mereka memiliki layanan pelanggan yang bagus dan aplikasi ramah konsumen.

ExpressVPN termasuk mahal tapi Anda akan mendapatkan kualitas terbaik sebagai imbalannya. Anda tidak perlu khawatir tentang penyensoran dengan ExpressVPN karena Anda bisa dengan mudah memasang koneksi yang dapat melampaui restriksi geografis. VPN ini akan memungkinkan Anda untuk mengakses Facebook dan situs lainnya yang diblokir tanpa waktu lama.

Mereka menawarkan garansi 30 hari uang kembali, sehingga Anda bisa menghabiskan waktu untuk menguji coba aplikasi mereka.

ExpressVPN
Penawaran:
Dapatkan diskon langganan tahunan + garansi 30 hari uang kembali!
Dari
$6.67
8.9
  • VPN yang mudah digunakan
  • Cocok untuk browsing, pengunduhan, dan streaming secara anonim (contohnya Netflix)
  • 3000+ server di 94 negara
Kunjungi ExpressVPN

Lampaui Penyensoran dengan NordVPN

NordVPN adalah penyedia VPN yang sangat bagus dan solid, yang tentunya berhak berada di peringkat atas. Mereka menawarkan banyak server di seluruh dunia dengan harga yang masuk akal.

Khususnya jika Anda peduli dengan privasi online, mereka adalah penyedia yang cocok bagi Anda! NordVPN sangat peduli dengan keamanan online Anda dan tidak menyimpan log.

NordVPN membantu Anda untuk melampaui konten yang diblokir secara geografis di seluruh dunia. YouTube, WhatsApp, Skype, situs berita yang diblokir; semuanya bisa diakses dari manapun di dunia saat menggunakan VPN ini.

Mereka juga memiliki garansi 30 hari uang kembali sehingga Anda bisa menghabiskan waktu untuk memeriksa jika layanan mereka sesuai dengan kebutuhan Anda.

NordVPN
Pilihan kami
Pilihan kami
Penawaran:
Hanya $3,29 per bulan untuk program langganan 2 tahun dengan garansi 30 hari uang kembali
Dari
$3.29
9.3
  • Perlindungan luar biasa dan jaringan server yang besar
  • Aplikasi yang bagus dan menyenangkan
  • Tidak ada log
Kunjungi NordVPN

Lampaui Penyensoran dengan Surfshark

Surfshark adalah VPN premium dengan penawaran harga yang menarik. VPN ini sangat cocok untuk melampaui sensor online. Contohnya, Anda dapat menggunakan VPN ini saat berada di negara yang memblokir WhatsApp.

Dengan kecepatan yang baik dan koneksi stabil, Anda bisa mengakses internet secara anonim. Garansi 30 hari uang kembali memberikan Anda kesempatan untuk menguji jika koneksi VPN ini bekerja di negara (tempat liburan) Anda.

Surfshark
Penawaran:
Internet aman dan anonim hanya dengan modal $2,30 per bulan
Dari
$2.30
9.0
  • Sangat ramah konsumen serta bisa bekerja dengan Netflix dan torrent
  • Garansi 30 hari uang kembali. Tanpa syarat tambahan!
  • Harga murah dengan banyak pilihan tambahan
Kunjungi Surfshark

Contoh penyensoran internet

Penyensoran online semakin lama semakin umum terjadi. Negara-negara seperti Cina, Turki, Iran, dan Korea Utara dikenal karena memblokir akses ke media sosial. Facebook, Twitter, YouTube, dan Instagram, contohnya, disensor.

Selain penyensoran media sosial, negara-negara juga memblokir situs-situs tertentu. Negara ini tidak memberikan masyarakatnya akses ke situs spesifik. Bukan saja masyarakatnya terpengaruh atas hal ini, pengunjung juga terpengaruh dengan penyensoran ini.

Di bawah ini kami membahas beberapa contoh penyensoran internet.

Penyensoran Media Sosial

Outlet Media Sosial adalah tempat di mana orang-orang dapat mengutarakan pemikiran dan pendapat mereka yang sebenarnya. Hal ini bisa menjadi ancaman bagi beberapa pemerintah. Media sosial adalah cara yang sempurna bagi kelompok-kelompok besar dengan pemikiran yang sama untuk bersatu.

Pemerintah yang tidak memperbolehkan adanya oposisi khawatir bahwa media sosial dapat menimbulkan perlawanan. Untuk alasan tersebut, mereka akan membatasi atau sepenuhnya melarang penggunaan media tertentu di negara mereka. Untungnya, ada beberapa cara untuk melampaui hal ini dan salah satunya adalah penggunaan VPN.

Penyensoran Facebook dan Twitter

Twitter dan Facebook dilarang di sejumlah negara, seperti Cina dan Korea Utara. Lebih dari itu, ada beberapa kasus di mana negara-negara secara sementara melarang penggunaan platform untuk sharing ini. Sering kali hal ini terjadi sebagai aksi melawan pemberontakan.

Facebook ideal digunakan untuk membuat acara dan mengumpulkan kelompok orang dalam jumlah yang besar. Maka, media ini bisa sangat berguna saat Anda ingin merencakan sebuah protes. Rezim-rezim totaliter, yang tidak mengizinkan perlawanan, akan mengawasi media sosial secara saksama dan di beberapa kasus langsung melarang penggunaannya. Tentu, kami menilai hal ini terang-terangan sebagai penyensoran.

Pelarangan Twitter sering kali terjadi bersamaan dengan pelarangan Facebook. Mirip dengan Facebook, Twitter juga kadang-kadang dilarang atau dibatasi secara sementara. Beberapa pemerintah menganggap Twitter sebagai ancaman karena Anda dapat menggunakannya untuk menyebarkan pesan perlawanan. Penyebaran opini oposisi mereka mungkin luas di Twitter sehingga dapat mengancam rezim mereka. Semua orang bisa mengajukan permohonan untuk menghapus di Twitter. Khususnya, Twitter mengemukakan bahwa 90% permohonan menghapus yang mereka dapat datang dari Turki. Sampai saat ini, Turki belum sepenuhnya memblokir Twitter, hanya sementara.

Meskipun pemblokiran situs sepenuhnya terang-terangan adalah aktivitas penyensoran, kasus lainnya sedikit lebih rumit. Terbukti sulit bagi Facebook dan Twitter untuk memeriksa situs mereka dan mencari konten ilegal, seperti ujaran kebencian dan terorisme. Lebih dari itu, hukum yang berlaku berbeda-beda di semua negara. Beberapa pemerintah telah menekan Facebook untuk menutup beberapa halaman tertentu. Sebagian besar halaman ini bertentangan dengan hukum yang berlaku di negara tersebut.

Anda mungkin tidak melihat pelarangan halaman teroris sebagai bentuk penyensoran, karena hal ini kelihatannya dilakukan untuk melindungi Anda. Namun bayangkan jika pemerintah Anda mengincar anak kucing yang lucu dan melarangnya di semua outlet media sosial, apa menurut Anda hal ini masuk akal? Dapat dipahami bahwa kebijakan pemerintah terkait penyensoran telah memicu pembahasannya yang besar. Untungnya, kami dapat menemukan cara untuk melampaui penyensoran media sosial dengan VPN.

Di Cina, di mana Facebook dan Twitter dilanggar, mereka telah menciptakan alternatif dari layanan tersebut. Layanannya, bernama Weibo, merupakan platform sharing yang besar. Namun, pemerintah Cina mengawasi dan menyensor Weibo. Anda tidak akan bisa berbagi semua hal yang Anda mau di Weibo. Ada daftar panjang berisi kata-kata dan frase yang dilarang. Maka, meskipun layanan ini ditampilkan sebagai alternatif, kenyataannya tidak. Jadi jika negara Anda menawarkan alternatif bagi layanan yang dilarang, ada baiknya untuk selalu memeriksa tingkat kebebasan yang sebenarnya akan ditawarkan oleh platform tersebut.

Penyensoran WhatsApp dan Skype

Skype Blocked Laptop

Aplikasi seperti WhatsApp dan Skype yang menawarkan komunikasi mudah dan gratis dapat menjadi ancaman bagi perusahaan telekomunikasi dan pemerintah. Aplikasi ini menawarkan layanan yang bernama VoIP. Layanan VoIP (Voice over internet protocol) adalah cara berkomunikasi yang gratis, via internet.

Pemerintah yang memblokir penggunaan layanan seperti ini sering kali menyatakan bahwa mereka melakukannya untuk melindungi penyedia telekom dan internet. Atau penyedia internet mungkin memblokir jasa ini karena sering kali mereka juga memiliki perusahaan telekom. Perusahaan-perusahaan ini adalah pihak yang Anda bayar supaya bisa menelpon atau mengirim pesan ke orang lain, akan kehilangan banyak pendapatan saat layanan VoIP diperbolehkan. Jika dilihat dari satu sisi, mereka secara artifisial berupaya untuk menyelamatkan perusahaan yang akan bangkrut.

Ada pun pemerintah yang membatasi penggunaan Skype dan WhatsApp untuk alasan lain. Seperti layaknya media sosial yang sudah disebutkan sebelumnya, Skype dan WhatsApp dapat menjadi ancaman bagi rezim totaliter. Mereka adalah cara berkomunikasi yang mudah dan tidak diawasi. Atas dasar alasan ini, beberapa negara memutuskan untuk melarangnya. Di beberapa kasus, mereka mengizinkan layanan VoIP namun menerapkan spyware supaya dapat mengawasi percakapan orang-orang. Contohnya, di Cina, Anda hanya bisa mengunduh versi Skype yang sudah disesuaikan. Versi ini memiliki spyware yang memungkinkan pemerintah Cina untuk mengawasi chat dan memeriksa kata-kata yang dilarang.

Selain itu, pemerintah Cina telah mengizinkan layanan alternatif asal Cina untuk mengambil alih pasar yang di banyak negara lainnya didominasi oleh WhatsApp. Layanan ini disebut WeChat, dan seperti layaknya Weibo, pemerintah Cina sangat mengawasi layanan ini.

Baca artikel ini untuk mengetahui lebih banyak tentang penyensoran WhatsApp. Ketahui lebih banyak tentang penyensoran Skype di sini.

Penyensoran YouTube

Pemblokiran YouTube sering kali didasari motivasi yang mirip dengan banyak layanan sebelumnya. Kebebasan untuk berbagi apapun yang Anda mau, dan kemungkinan, merangkul audiens yang besar menjadi ancaman bagi rezim totaliter.

YouTube juga menerapkan penyensoran terhadap dirinya sendiri. Saluran yang, menurut YouTube, berisi konten ‘berbahaya’ dibuat lebih sulit ditemukan di platform ini. YouTube juga mencabut iklan-iklan dari video seperti itu.

Namun, di YouTube, ada pun permasalah hak distribusi. Mirip dengan layanan streaming seperti Netflix, YouTube kadang harus berurusan dengan hak cipta dan distributor. Distributor membatasi negara-negara tempat konten mereka dapat ditampilkan. Anda akan melihat pesan seperti ini:

video not available youtube

Hal ini bukan penyensoran tapi Anda juga bisa melampauinya dengan VPN. Tinggal pilih negara yang akan memberikan Anda akses ke video pilihan Anda. Anda bisa baca lebih lanjut tentang proses ini di artikel kami tentang menonton Netflix Amerika di seluruh dunia.

Situs yang Diblokir

Selain penyensoran media sosial, situs-situs individu juga menjadi subyek penyensoran. Mereka mungkin memberikan ancaman terhadap pemerintah atau tatanan sosial di sebuah negara. Ada banyak ragam yang dilarang. Kami akan membahas pemblokiran situs berita karena hal ini adalah pelarangan yang penting terhadap jurnalisme independen.

Penyensoran Situs Berita

Pemblokiran situs berita adalah bahaya yang besar terhadap kebebasan berpendapat. Praktek ini mungkin contoh paling jelas dari penyensoran. Jika suatu negara tidak mengizinkan jurnalisme independen, negara tersebut melanggar kebebasan berpendapat. Sering kali mereka akan memblokir situs berita yang mendukung oposisi, atau situs berita asing. Contoh negara di mana pers sangat disensor adalah Turki dan Iran.

Untungnya, situs-situs beria ini sering kali dapat diakses dengan menggunakan VPN. Efek samping dari pemblokiran situs berita oleh pemerintah adalah bahwa situs berita lainnya akan lebih hati-hati dengan konten mereka sendiri. Mereka menyensor diri sendiri karena tidak ingin diblokir. Dengan begitu, tidak ada outler jurnalistik independen yang tersisa.

Baru-baru ini, negara-negara sudah mulai memblokir situs “fake news”. Hal ini sesuatu yang perlu diperhatikan, karena siapa yang dapat menentukan apa yang palsu dan apa yang tidak? Contohnya, Uni Eropa telah membuat satuan tugas yang akan memeriksa internet untuk mencari berita palsu, khususnya terkait berita palsu dari Rusia. Berita palsu bisa sangat berbahaya tapi penyensoran mungkin lebih berbahaya. Meskipun penyebaran informasi yang salah semakin menjadi permasalahan, kita harus hati-hati akan pemerintah yang terlalu ingin memblokir situs-situs.

Penyensoran Situs Pornografi

Situs pornofgrafi adalah jenis situs lain yang mengalami banyak penyensoran. Beberapa negara tidak mengizinkan materi cabul apapun di internet. Tidak semua pemerintah dan budaya sepakat apa yang tergolong cabul dan apa yang tidak. Meskipun satu negara hanya melarang situs pornografi, negara lain mungkin melarang situs yang menjual bikini. Untuk menerapkan seperangkat moral tertentu terhadap masyarakat dari negara mereka, maka negara ini menggunakan penyensoran.

Penyensoran Google

Google akan memblokir situs tertentu jika mereka menilai bahwa termasuk dalam kategori penyensoran yang lazim. Halaman-halaman ini melanggar hukum di sebagian besar negara, seperti terorisme atau pornografi anak. Namun, mereka menegaskan bahwa mereka tidak ingin mendukung penyensoran bermotif politik. Oleh karena Google tidak akan menyetujui semua permintaan yang diterimanya, beberapa negara memutuskan untuk memblokir aplikasi mereka. Contohnya, Cina saat ini melarang semua aplikasi Google.

Gunakan Tor untuk Melampaui Penyensoran

Tor (the Onion Router) adalaj jaringan online yang berfungsi sebagai browser internet. Ini digunakan untuk komunikasi yang terenkripsi dan anonim. Jaringan Tor berisi ribuan server di seluruh dunia. Tor bekerja dengan lapisan enkripsi yang berbeda-beda. Traffic data dipotong menjadi bagian-bagian kecil yang kemudian dienkripsi dan dikirim melalui sejumlah server sebelum akhirnya sampai di pengguna.

Proses ini membutuhkan beberapa waktu dan oleh sebab itu, browser Tor mungkin relatif lambat. Namun seberapa lambat browser ini, tidak akan ada pihak yang bisa melihat aktivitas Anda saat online. Anda bisa menelusuri internet secara anonim dan tidak ada yang tahu siapa Anda dan asalnya dari mana. Dengan begitu, tidak ada yang bisa membatasi Anda.

Tor adalah gerbang bagi hal yang dikenal sebagai “web gelap”. Ada banyak situs di web gelap yang tidak dapat Anda kunjungi di browser normal. Orang-orang menggunakan Tor dan web gelap karena mereka tidak mengalami penyensoran apapun.

Namun, web gelap memiliki sisi gelap dan sering kali diasosiasikan dengan tindakan kriminal. Web gelap tidak diatur dan mudah untuk merancang malware di sana. Bagi sebagian besar orang yang ingin tetap anonim saat online, VPN akan menjadi pilihan yang lebih mudah, baik, dan aman dibanding Tor.

Tor berfungsi sebagai sebuah mesin pencarian, yang artinya hal ini bisa menjadi solusi untuk melampaui restriksi terhadap layanan yang Anda akses via browser, seperti Twitter dan YouTube. Akan tetapi, hal-hal yang beroperasi di luar browser tidak akan terpengaruh oleh Tor. Maka, melampaui batasan terhadap program seperti Skype dan aplikasi situs seperti Twitter dan Facebook hanya dapat dilakukan dengan VPN. Kami tetap ingin menyarankan pnenggunaan VPN dibanding penggunaan Tor, karena manfaat tambahan dari kebebasan, anonimitas, dan keamanan penuh yang ditawarkannya.

Kesan Akhir: Bagaimana Cara Saya Melampaui Penyensoran Online?

Beberapa pemerintah menyensor aktivitas online. Outlet seperti media sosial dan situs berita adalah aman bagi kekuasaan mereka. Oleh karena itu, situs dan layanannya dilarang di negara-negara tertentu.

Cara untuk mendapatkan akses ke situs-situs yang dibatasi adalah dengan menggunakan VPN. Hal ini memungkinkan Anda untuk merubah lokasi virtual Anda. Meskipun Tor dapat berguna untuk mengunjungi situs yang diblokir, kami menyarankan VPN untuk kebebasan internet secara umum.

Lampaui Penyensoran Online - Tanya Jawab

Punya pertanyaan terkait cara melampaui penyensoran online? Di bawah ini, kami telah membuat daftar pertanyaan yang paling umum ditanyakan. Langsung klik pertanyaan untuk melihat jawabannya.

VPN dapat membantu Anda dalam melampaui penyensoran online. Perangkat lunak VPN mengenkripsi semua traffic internet Anda dan menyembunyikan alamat IP pribadi Anda. Anda bisa memilih server di negara lain.

VPN mengirimkan traffic Anda via sebuah server di negara tersebut dan Anda mengakses internet dengan alamat IP dari server tersebut. Situs-situs akan mengira Anda tengah mengakses situsnya dari negara yang sudah Anda pilih. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah melampaui penyensoran internet di negara Anda.

Di negara-negara dengan rezim yang ketat seperti Cina, Turki, Korea Utara dan Iran, Anda akan melihat banyak penyensoran internet. Negara-negara ini dikenal karena secara reguler memblokir situs dan media sosial. Untungnya, ada cara untuk melampaui bentuk penyensoran ini. Baca lebih lanjut di artikel ini.

Kami menyarankan ExpressVPN untuk melampaui penyensoran internet. VPN ini memiliki fitur keamanan yang luar biasa. Pilihan server mereka yang banyak memungkinkan Anda untuk mengakses konten yang disensor dari mana pun di dunia.

Jurnalis seputar teknologi
Ronella selalu memikirkan cara supaya kita dapat membuat lingkungan digital yang seaman mungkin. Perkembangan digital yang baik juga berarti kita dihadapkan dengan isu-isu keamanan baru. Maka, Ronella ingin menciptakan kesadaran yang lebih tinggi tentang keamanan cyber dan menarik perhatian orang perihal resiko dan perangkap yang sebaiknya dihindari.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar