Cara Mengakses TikTok di Negara-Negara Yang Melarangnya

Smartphone with TikTok logo on top of a backdrop of a map of the world
Klik di sini untuk melihat rangkuman artikel ini
Rangkuman: Menggunakan TikTok di Negara yang Memblokir Aplikasinya

TikTok dilarang di India karena negaranya percaya bahwa aplikasi ini merupakan ancaman bagi keamanan nasional serta privasi dari masyarakat India. TikTok adalah sebuah perusahaan asal Cina, yang telah membuat masyarakat khawatir jika informasi pribadi mereka akan berakhir di tangan pemerintah Cina. Banyak negara yang sudah mempertimbangkan untuk menyensor atau melarang aplikasinya karena kekhawatiran tersebut.

Meskipun begitu jika Anda tinggal di sebuah negara yang telah melarang TikTok, Anda masih bisa mengunduh aplikasinya. Berikut tiga cara untuk melakukannya:

  1. Mengubah Pengaturan Lokasi App Store di perangkat iOS Anda.
  2. Mengunduh file APK di perangkat Android Anda.
  3. Menghapus isi telepon Anda dan menggunakan VPN untuk mengakses TikTok di area Anda.

Satu VPN yang kami sarankan untuk digunakan saat mengakses TikTok adalah NordVPN:

Baca artikel kami selengkapnya di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut pelarangan TikTok dan cara melampauinya.

Sejak bulan Juni 2020, TikTok telah dilarang di India. Menurut pihak resmi India, alasan pelarangan ini adalah untuk melindungi data dan privasi dari masyarakatnya. Amerika Serikat juga mempertimbangkan pelarangan aplikasi ini mulai tanggal 12 November, 2020 dan seterusnya, jika Divisi Amerika Serikat dari perusahaan tersebut tidak dibeli oleh Microsoft atau perusahaan Amerika lainnya. Alasan resmi dari pelarangan di Amerika Serikat adalah perihal keamanan nasional.

Jika Anda merupakan salah satu dari 120 juta pengguna TikTok di India atau 80 juta penggunanya di AS, ada cara untuk melampaui larangan. Gunakan VPN di telepon baru atau aplikasi web untuk mengakses jaringan sosial TikTok.

Apa itu TikTok?

Logo TikTok

TikTok adalah jaringan sosial untuk video sharing di mana para penggunanya dapat mengunduh video mereka sendiri melalui HP mereka. Video-video ini dikelompokkan menjadi kategori yang berbeda-beda supaya bisa ditemukan saat browsing dan orang-orang bisa berinteraksi.

TikTok dimiliki oleh perusahaan teknologi internet di Beijing, ByteDance, yang ditemukan pada tahun 2012. Lima tahun setelah itu, aplikasi ini diluncurkan untuk Android dan iOS pada pasar di luar daratan utama Cina. Setelah merging dengan Musical.ly di bulan Agustus 2018, TikTok tersedia di seluruh dunia. TikTok memiliki kantor yang tersebar di seluruh dunia dan secara cepat bertambah popularitas dengan jumlah penggunanya yang lebih dari 1 milyar orang dalam kurun waktu kurang dari 4 tahun.

Salah satu alasan kenaikan popularitas dari aplikasi ini adalah penggunaan TikTok oleh selebriti dan juga influencer. Mulai dari Jimmy Fallon sampai dengan Jessica Alba dan Will Smith, banyak nama-nama terkenal yang menggunakan aplikasi ini. Merger dengan Musical.ly juga telah meningkatkan popularitas TikTok. Aplikasi ini sekarang bahkan melahirkan selebriti-selebriti TikTok baru, seperti Zach King, Loren Gray, dan Charli D’Amelio.

Mengapa Beberapa Negara Melarang TikTok?

TikTok sudah dilarang di India dan mungkin juga akan dilarang di Amerika Serikat. Menurut pernyataan resmi dari pihak India, aplikasi ini dilarang karena merupakan ancaman terhadap privasi masyarakatnya dan data pribadi mereka. TikTok adalah salah satu dari 59 aplikasi yang dilarang di India pasca adanya konflik perbatasan.

Menurut The Economic Times, Menteri Teknologi Informasi India membuat pernyataan sebagai berikut:

“Kumpulan dari data-data ini, proses mendapatkannya dan pengelompokkannya berdasarkan elemen-elemen berbahaya bagi keamanan nasional dan pertahanan India, yang pada akhirnya berkaitan dengan kedaulatan dan integritas India, adalah isu yang sangat mengkhawatirkan dan memerlukan upaya tindakan darurat.”

Kekhawatiran tentang pengumpulan data ini menjadi alasan utama bagi AS untuk mempertimbangkan pelarangan TikTok di negaranya. Meskipun TikTok menyangkal terkait berita bahwa data dari aplikasinya disebarkan ke pihak pemerintah Cina, AS sudah membatasi pengguna jasa ini dari menggunakan aplikasinya.

Keterlibatan pemerintah Cina

Kekhawatiran ini datang dari asumsi bahwa perusahaan-perusahaan Cina tidak mampu menolak permintaan Partai Komunis akan data pengguna mereka. TikTok telah menyatakan bahwa semua data AS disimpan di AS sehingga tidak dapat menjadi subyek hukum dan regulasi Cina.

Meskipun terdapat pembicaraan di Australia untuk melarang aplikasi ini, pemerintah federal negara tersebut telah memutuskan untuk tidak melakukannya setelah menyatakan bahwa TikTok bukanlah ancaman bagi keamanan nasional mereka. Di tahun 2018, Indonesia dan Bangladesh memblokir TikTok di negara mereka, namun upaya pelarangan tersebut sekarang sudah ditiadakan. Alasan atas pelarangan terkait dengan konten aplikasi yang tidak pantas dan menghujat. Menurut bdnews24.com, hal ini sudah diselesaikan saat TikTok memberlakukan upaya penyensoran tertentu di kedua negara tersebut.

LokasiStatus PelaranganAlasan
IndiaDilarang sejak Juni 2020Ancaman keamanan data
IndonesiaDisensorKonten tidak pantas
BangladeshDisensorKonten tidak pantas
AustraliaSaat ini tidak dilarangMenginvestigasi kecurigaan mereka
Uni EropaSaat ini tidak dilarangMenginvestigasi kecurigaan mereka
Amerika SerikatPelarangan ditunda sampai 12 November 2020Ancaman keamanan data

Mengapa TikTok dilarang di India?

TikTok Logo in front of India on map

TikTok dilarang di India karena pihak pemerintah mengumumkan bahwa aplikasi ini merupakan ancaman bagi keamanan dan integritas dari negaranya. Pelarangan aplikasi ini terjadi setelah meningkatnya ketegangan terkait konflik perbatasan antara Cina dan India. Pada bulan Juni, kedua negara mengerahkan pasukan tambahan ke kawasan Ladakh, yang mengakibatkan sejumlah perseteruan dan kematian.

Dengan estimasi jumlah pengguna sebesar 120 juta di India, negara ini adalah pasar asing terbesar bagi TikTok. Aplikasi lain yang telah dilarang di India termasuk Clash of Kings, Weibo, Club Factory, dan Shein.

Status pelarangan TikTok di India: dilarang

Apakah TikTok dilarang di Indonesia?

Meskipun TikTok pernah dilarang sebelumnya di Indonesia selama satu minggu pada tahun 2018 silam, larangan tersebut sudah dicabut setelah pihak perusahaan setuju untuk menyensor beberapa kontennya. Alasan dari pelarangan tersebut adalah kekhawatiran terkait pornografi, konten tidak pantas, dan yang menghujat.

Status TikTok di Indonesia saat ini: disensor

Apakah TikTok dilarang di Bangladesh?

Setelah pernah dilarang secara singkat di Bangladesh, TikTok sekarang aktif kembali di negara tersebut dan memberlakukan beberapa sensor. Penyensoran ini termasuk penghapusan 10 video yang tidak disetujui oleh pemerintah. Pihak resmi dari Bangladesh telah menyatakan bahwa mereka tidak memiliki rencana ke depannya untuk melarang aplikasi ini.

Status TikTok di Bangladesh: disensor

Apakah TikTok dilarang di Australia?

TikTok Logo in front of Australia on map

TikTok saat ini tidak dilarang di Australia. Pemerintah Australia saat ini tengah melakukan investigasi terhadap aplikasi TikTok untuk mengetahui jika kebijakan privasi dan data sharing mereka adalah ancaman bagi keamanan Australia.

Status TikTok di Australia: tidak dilarang

Apakah TikTok dilarang di Uni Eropa?

Seperti Australia, TikTok tidak dilarang di Uni Eropa, namun sedang dikritik oleh kelompok perlindungan data yang mulai mencari tahu tentang kebijakan privasi aplikasi ini pada bulan Juli 2020. Kekhawatiran dari Uni Eropa sama dengan negara-negara lainnya terkait pengelolaan informasi pengguna serta cara mendapatkannya dan penggunaannya.

Status TikTok di Uni Eropa: tidak dilarang

Apakah TikTok dilarang di Amerika Serikat?

TikTok Logo in front of USA on map

Presiden Trump telah mengancam akan melarang TikTok di Amerika Serikat mulai November ini karena memiliki “resiko terhadap keamanan nasional”. Negara ini kemungkinan besar akan memerintahkan Apple dan Google untuk menghapus TikTok dari app store mereka, metode yang sama seperti yang terjadi di India. AS juga telah menghubungi pihak TikTok untk meminta mereka supaya berhenti memberikan akses ke pengguna AS dengan menggunakan ancaman litigasi. Pelarangan TikTok di AS dapat dihindari jika penjualan TikTok AS terjadi sebelum tanggal 12 November, 2020.

Status TikTok di AS saat ini: Penantian larangan sampai 12 November 2020

Apa Respon TikTok Terhadap Kekhawatiran Tersebut?

Perusahaan di balik TikTok telah merespon pertanyaan-pertanyaan terkait data dan keamanan dengan pernyataan mereka bahwa pemerintah Cina tidak memiliki akses ke informasi yang dikumpulkan oleh aplikasi. Pemimpin cabang perusahaannya di India, Nikhil Gandhi menyatakan pernyataan berikut dalam sebuah tulisan di blog:

“Kami belum pernah membagikan informasi pengguna kami di India dengan pemerintah asing mana pun, kami juga tidak menggunakan data tersebut untuk tujuan apapun yang dapat membahayakan integritas India. Lebih dari itu, bahkan ke depannya kami diminta, kami tidak akan memberikannya.”

TikTok juga telah mengkritik klaim dari pemerintahan Trump bahwa aplikasi ini mengancam keamanan, menyatakan bahwa tuduhan tersebut tidak memiliki dasar.

Cara Memasang TikTok di Negara Yang Melarangnya

Masih ada beberapa cara supaya Anda bisa mengakses TikTok jika Anda tinggal di negara yang telah melarang aplikasi ini. Selain menggunakan VPN untuk mengakses versi browser dari TikTok, Anda juga bisa menjadi aplikasi ini di luar app store resmi.

Cara mengunduh dan memasang TikTok di iPhone

Jika Anda memiliki iPhone dan tinggal di negara yang telah melarang TikTok, Anda perlu mengikuti tahapan di bawah ini untuk mengakses aplikasi di HP Anda:

  1. Buka App Store dan klik pada foto profil Anda di bagian kiri layar.
  2. Pilih nama dan email Anda dari pengaturan akun.
  3. Pilih “Country/Region” (Negara/Kawasan) dan tekan tombol “Change Country or Region” (Ubah Negara atau Kawasan).
  4. Gulir ke bawah untuk melihat pilihan yang tersedia dan pilih negara yang tidak melarang aplikasinya.
  5. Tekan “Agree” (Setuju) untuk syarat dan ketentuan lalu pilih metode pembayaran “None” (Tidak ada).
  6. Masukan sebuah alamat dari negara pilihan Anda di bagian alamat tagihan.
  7. Tekan “Next” (Lanjut) lalu “Done” (Selesai).

Sekarang lokasi Anda di App Store sudah diperbarui, Anda seharusnya bisa menemukan dan memasang aplikasi TikTok di perangkat Anda.

Cara mengunduh dan memasang TikTok di Android

Install TikTok on Android Mobile Phone

Berbeda dari pengguna iPhone, orang-orang yang menggunakan perangkat Android bisa dengan mudah mengunduh dan memasang TikTok di HP mereka dengan mencari file APK resmi di internet dan mengunduhnya ke HP mereka. Jika Anda menggunakan HP Android, Anda bisa langsung mencari dari browser HP Anda dengan kata kunci “TikTok APK” dan temukan file yang dapat diunduh.

Satu-satunya kekurangan dari penggunaan file APK adalah Anda mengunduh versi tertentu dari aplikasi tersebut. Ini artinya, jika ada pembaharuan untuk TikTok, Anda perlu mencari file APK terbatu di internet untuk menggantikan versi file yang saat ini Anda miliki dibanding hanya perlu mengunduh aplikasi secara langsung melalui Play Store.

File APK sangat aman untuk digunakan, selama Anda memastikan bahwa Anda mengunduhnya dari sumber yang terpercaya dan file-nya benar-benar berisi hal yang ingin Anda pasang. Anda perlu membuka bagian pengaturan dan mengaktifkan pilihan keamanan untuk memungkinkan Anda supaya bisa memasang aplikasi pihak ketiga.

Beberapa sumber terpercaya untuk menemukan file APK TikTok termasuk:

Cara Menggunakan TikTok di Negara-Negara yang Melarangnya

Pengguna lama TikTok masih bisa mengakses konten mereka di negara-negara yang melarang aplikasinya. Namun, pengguna-pengguna baru tidak bisa lagi mengunduh aplikasi melalui app store pada umumnya di smartphone mereka. Satu-satunya cara untuk melampaui hal ini adalah dengan menggunakan VPN untuk mengakses jasa mereka di HP atau komputer Anda. Beberapa VPN top kami adalah NordVPN, ExpressVPN, dan CyberGhost.

Jika Anda ingin mengakses TikTok via VPN, Anda perlu melakukan reset ulang di HP Anda. Reset ini diperlukan, karena aplikasi ini diblokir oleh hardware ID perangkat HP. Pengaturan ulang HP akan menghapus hardware ID Anda. Jika Anda ingin informasi lebih lanjut tentang VPN dan penggunaannya, cek artikel ini.

Apakah TikTok akan Tetap Dilarang?

Sulit untuk mengetahui apabila TikTok akan tetap dilarang di negara-negara tertentu, karena setiap situasi dipengaruhi oleh kondisi politik yang rumit di kawasan masing-masing. Larangan di AS dapat dihindari jika penjualan TikTok AS berhasil terjadi sebelum 12 November. India memiliki kondisi yang berbeda-beda, di mana sepertinya pelarangan dapat terus diberlakukan ke depannya.

Negara-negara lain mungkin juga memutuskan untuk melarang aplikasi ini jika mereka melihat adanya resiko keamanan yang nyata bagi masyarakat mereka. Lama durasi larangan ini akan bergantung pada hasil temuan riset dan respon dari TikTok akan kekhawatiran yang muncul.

Alternatif TikTok Terbaik di India

Pengguna TikTok di India memiliki sejumlah aplikasi alternatif yang dapat dipilih. Meskipun mereka tidak menawarkan fitur-fitur yang sama seperti TikTok, aplikasi ini dengan cepat menjadi pilihan populer bagi pengguna yang sedang mencari cara untuk berbagi video buatan mereka dan mendapatkan reaksi dari video-video tersebut.

Doobido

Doobido merupakan sebuah aplikasi sosial buatan India untuk video sharing yang memungkinkan Anda untuk berbagi video dengan orang lain. Orang-orang yang menggunakan Doobido dapat membuat profil untuk membuat video mereka sendiri yang bisa dinikmati oleh pengikut mereka. Video-video dikelompokkan menggunakan kategori yang berbeda-beda, sehingga lebih mudah untuk mencarinya. Doobido adalah salah satu aplikasi India paling populer dan dengan cepat mendapatkan kenaikan jumlah pengunduhan karena adanya larangan TikTok. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat iOS dan Android.

Lomotif

Lomotif Logo

Lomotif menawarkan beberapa fitur yang tidak tersedia TikTok, seperti kemampuan untuk membuat slideshow dan menggunakan hyperlapse di video. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk membuat kolase dan montase, mengedit video klip, dan menambahkan music. Anda bisa mengedit video menggunakan editor yang sudah tersedia dan menambahkan GIF, emoji, stiker, dan filter. Lomotif juga memiliki bagian komunitas di mana Anda bisa mengunggah video dan mencari teman lain di aplikasinya. Aplikasi ini tersedia di Android dan iOS.

Alternatif TikTok Terbaik di Amerika Serikat

Ada beberapa alternatif bagus selain TikTok yang bisa Anda pertimbangkan bahkan jika larangan terhadap TikTok tidak terjadi di bulan November. Semua aplikasi di bawah ini tersedia untuk Android dan iOS.

Triller

Dengan Triller, Anda bisa membuat dan membagikan video-video menggunakan filter dan alat editing yang berbeda-beda. Beberapa penggunaan Triller yang populer termasuk membuat video music dengan teknologi AI editing mereka dan membuat video menari atau lip syncing. Triller memiliki lebih dari 26 juta pengguna di seluruh dunia dengan lebih dari 120 juta pengunduhan.

Apa Resiko dari Penggunaan TikTok?

Pelarangan berbasis negara terhadap aplikasi media sosial yang kelihatannya normal tidak terjadi tanpa alasan. Pengguna TikTok tengah menghadapi beberapa resiko yang nyata. Hal ini termasuk kerentanan keamanan yang ada dalam beberapa versi dari aplikasi ini. Meskipun isu-isu tersebut sering kali dibenani oleh TikTok, tetap saja perangkat dan informasi Anda menjadi lebih rentan selama isu tersebut masih ada.

Kekhawatiran lain yang ada adalah tingkat akses yang dibutuhkan aplikasi untuk berfungsi. Hal ini termasuk akses clipboard iOS 14 yang digunakan untuk menandai pengguna yang memberikan komentar yang sama ke sejumlah akun di satu perangkat yang sama. Namun, Apple sudah menghilangkan fitur tersebut dan membenahi masalahnya.

Kekahwatiran lainnya tentang TikTok termasuk penyensoran di negara-negara tertentu, tantangan yang berbahaya, konten yang diblokir, dan kerentanan anak-anak kecil saat menggunakan aplikasi ini.

Cara Melindungi Diri Sendiri di TikTok

Jika Anda ingin tetap menggunakan TikTok namun juga ingin tetap seaman mungkin, ada beberapa pengaturan yang bisa Anda sesuaikan di dalam aplikasinya. Berikut beberapa contohnya:

  • Ubah menjadi akun private
  • Pilih keluar dari personalized data
  • Aktifkan metode restricted
  • Ubah pilihan “allow others to find me” (izinkan orang lain menemukan saya)
  • Ubah semua pengaturan keamanan menjadi “Friends

Meskipun beberapa perubahan pengaturan ini tergantung dari preferensi pribadi, orangtua sebaiknya memperhatikan beberapa pilihan di atas untuk melindungi anak mereka saat sedang menggunakan aplikasi ini.

Kesimpulan

TikTok masih mungkin diakses, bahkan jika Anda tinggal di negara yang telah memutuskan untuk melarang aplikasi tersebut. Anda bisa mengunduh aplikasinya melalui file APK atau mengubah pengaturan App Store iOS Anda. Pilihan lain adalah dengan menggunakan VPN untuk mengubah lokasi Anda sehingga Anda bisa mengakses aplikasi dari perangkat Anda. Khususnya pengguna baru yang tidak akan bisa menggunakan aplikasi TikTok tanpa mengikuti tahapan yang telah kami jelaskan dalam artikel ini.

Untungnya, ada banyak sumber yang tersedia untuk membantu Anda supaya tetap terhubung dengan TikTok bahkan jika Anda tinggal di negara yang melarang aplikasinya. Anda hanya perlu lebih kreatif dan melakukan sedikit riset untuk menemukan cara supaya bisa tetap menggunakan aplikasi ini.

Namun pada waktu yang bersamaan, penting untuk memperhatikan resiko privasi yang dimiliki oleh TikTok. Lindungi data Anda di aplikasi ini dan hati-hati akan apa yang Anda bagikan, baik itu di TikTok ataupun di internet. Selama Anda melakukan hal-hal ini, Anda bisa menikmati waktu Anda menonton dan membuat video-video terbaik.

Pelarangan TikTok dan Cara Melampauinya: FAQ

Baca beberapa FAQ kami di bawah ini untuk mengetahui lebih banyak tentang TikTok dan alasan pelarangannya di beberapa negara. Klik salah satu pertanyaan untuk melihat jawabannya.

Ya, Anda masih bisa mengunduh TikTok di HP Anda dengan mengubah pengaturan lokasi di iPhone atau mengunduh file APK di HP Android. Jika Anda ingin mengakses jasanya, Anda akan membutuhkan VPN.

TikTok memiliki banyak resiko privasi, seperti layaknya aplikasi media sosial lain yang menghubungkan Anda dengan komunitas besar pengguna internet. Jika Anda khawatir saat menggunakan TikTok di HP Anda atau membiarkan anak Anda menggunakan TikTok, Anda bisa menyesuaikan pengaturannya untuk melindungi privasi Anda.

TikTok dilarang di sejumlah negara atas dasar alasan yang berbeda-beda. Pelarangannya di India diakibatkan pihak pemerintah melihat aplikasi tersebut dan metode pengumpulan datanya sebagai ancaman terhadap pengguna dan juga keamanan nasional.

Negara lain tengah melakukan investigasi terhadap aplikasinya karena kekhawatiran yang serupa. TikTok juga disensor di bagian-bagian dunia tertentu, karena videonya berisi ideologi dan nilai kehidupan yang dilihat bertentangan dengan regulasi di negara-negara tersebut.

Beberapa VPN terbaik untuk penggunaan TikTok adalah ExpressVPN, NordVPN, dan Surfshark. VPN ini tersedia untuk komputer Anda, serta perangkat iOS dan Android.

Beberapa fitur yang perlu Anda cari dari penyedia VPN termasuk kebijakan no log yang ketat, pilihan lokasi server berkualitas yang banyak, layanan pelangganan yang responsif, dan bandwidth tanpa batas. Garansi uang kembali juga menjadi pilihan yang bagus jika ternyata VPN yang dipilih tidak sesuai dengan keinginan Anda.

Jurnalis seputar teknologi
Ronella selalu memikirkan cara supaya kita dapat membuat lingkungan digital yang seaman mungkin. Perkembangan digital yang baik juga berarti kita dihadapkan dengan isu-isu keamanan baru. Maka, Ronella ingin menciptakan kesadaran yang lebih tinggi tentang keamanan cyber dan menarik perhatian orang perihal resiko dan perangkap yang sebaiknya dihindari.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar