Pemasangan VPN di Apple TV

Installare una VPN su Apple TV
Klik di sini untuk melihat rangkuman artikel ini
Pasang VPN di Apple TV: Rangkuman Singkat

Ingin pasang VPN di Apple TV Anda secara cepat dan aman? Kami sarankan untuk memasang hotspot virtual di laptop atau PC Anda. Anda bisa baca lebih banyak di dalam artikel kami tentang pemasangan VPN di router virtual untuk Windows.

Anda juga bisa pasang VPN langsung di router. Untuk Apple TV, kami menyarankan penggunaan ExpressVPN.

Untuk tahi lebih banyak hal tentang penggunaan VPN dengan Apple TV, baca artikel lengkap kami di bawah ini.

Banyak orang menggunakan Apple TV (ATV) untuk nonton film, acara serial, dan TV. Dengan Apple TV, Anda bisa streaming konten online langsung di layar TV. Meskipun ATV memiliki fitur-fitur bagus, perangkat ini juga memiliki beberapa resiko keamanan. ATV biasanya menggunakan koneksi internet yang tidak aman. Namun, Anda bisa mengamankan ATV dengan menggunakan Virtual Private Network (VPN).

Keuntungan tambahan dari VPN adalah layanannya memungkinkan Anda untuk mengakses lebih banyak film dan serial. Dengan VPN (atau dengan menyesuaikan pengaturan DNS Anda), Anda bisa mengubah lokasi Apple TV secara ‘virtual’ sehingga bisa nonton film dan serial dari negara-negara lain.

Bagaimana Cara Memasang VPN di Apple TV?

Sayangnya, tidak ada aplikasi VPN yang tersedia untuk Apple TV. Supaya Apple TV Anda bisa menggunakan koneksi VPN, Anda perlu mengambil langkah solusi. Kami akan tunjukkan caranya tahap demi tahap. Ada tiga cara untuk menggunakan VPN di Apple TV:

  • Dengan memasang VPN di router Anda
  • Dengan memasang VPN di router virtual
  • Dengan menyesuaikan pengaturan DNS Anda dengan VPN di Apple TV. Hal ini tidak akan menjanjikan bentuk perlindungan VPN apapun, tapi akan memungkinkan Anda untuk menghindari blokir geografis.

Pasang VPN di Router Untuk Apple TV

Cara pertama untuk menggunakan VPN di Apple TV adalah dengan memasangnya di router Anda. Ini akan mengarahkan semua traffic internet dari Apple TV Anda supaya melalui router tersebut. Keuntungan dari cara ini adalah bukan hanya Apple TV Anda yang akan mendapat keamanan VPN, tapi semua perangkat lain yang terhubung ke router itu juga.

Apple TV VPN router internet connection

Untuk memasang VPN di router Anda, router tersebut harus cocok. Router yang cocok adalah yang punya firmware DD-WRT. Firmware merupakan sistem operasi router, yang menentukan apakah Anda bisa memasang VPN di perangkat tersebut atau tidak. Anda bisa dengan mudah mengunduh firmware itu sendiri dan memasangnya di router Anda.

Kebetulan, hal ini tidak selalu dibutuhkan, karena jaman sekarang ada beberapa router dengan firmware yang mendukung pemasangan VPN. Selain itu, ada banyak penyedia VPN yang menjual router dengan firmware DD-WRT. Pastikan untuk memeriksa situs penyedia VPN Anda guna melihat apakah mereka menjual router ini.

Setelah punya router yang sesuai, Anda bisa mulai memasang VPN Anda. Untuk melakukan hal ini, buka halaman administrator router. Anda bisa mengakses halaman ini dengan memasukkan alamat IP router Anda di bar pencarian browser. Lalu, log in dengan informasi login yang sesuai untuk router Anda.

Saat sudah masuk, Anda bisa menyesuaikan pengaturan VPN. Setelah selesai, Anda bisa langsung menghubungkan Apple TV ke router, dan perangkatnya akan terlindungi.

Pasang VPN di Router Virtual Untuk Apple TV

Cara kedua untuk menggunakan VPN di Apple TV Anda adalah dengan memasangnya di router virtual. Hal ini bisa dilakukan di Windows dan MacOS. Router virtual adalah hotspot Wi-Fi yang bisa Anda pasang di komputer. Dengan begitu, komputer Anda berfungsi sebagai router dan menggunakan koneksi internet sendiri.

Jika Anda pasang router virtual ini dengan VPN, Anda akan mendapat koneksi internet yang aman untuk semua perangkat yang terhubung ke router virtual itu. Hal ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan Apple TV Anda ke router virtual, sehingga semua traffic internet Anda di perangkat tersebut akan terlindungi.

Apple TV VPN virtual router connection

Untuk memasang koneksi VPN di router virtual (atau hotspot Wi-Fi), ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Beli program langganan dari penyedia VPN yang bagus dan buat akun. Kami sarankan penggunaan ExpressVPN untuk Apple TV.
  2. Pasang koneksi VPN di komputer yang ingin Anda gunakan sebagai router virtual.
  3. Pasang hotspot Wi-Fi di komputer Anda.
  4. Hubungkan Apple TV Anda ke hotspot Wi-Fi.

Setelah Apple TV terhubung ke hotspot, Anda bisa dengan aman streaming video. Selamat menikmati!

Buka Konten yang Diblokir Secara Geografis Menggunakan DNS dan VPN

Cara lain untuk membuka blokir batasan geografis di Apple TV Anda adalah dengan mengubah pengaturan DNS saat menggunakan VPN. Namun, mohon diingat bahwa solusi ini tidak akan memberi perlindungan yang biasanya disediakan VPN. Sebaliknya, Anda hanya bisa mengubah lokasi virtual Apple TV Anda.

Untuk memasang DNS di Apple TV, Anda butuh paling tidak Apple TV generasi keempat atau yang lebih tinggi (yang dirilis pada tahun 2015 atau setelahnya). Lalu Anda perlu melalui beberapa tahap. Kami akan menjelaskan setiap langkahnya secara lebih mendalam nanti.

  1. Buat hostname DDNS.
  2. Daftar hostname DDNS tersebut dengan penyedia VPN Anda.
  3. Pasang konfigurasi DNS di Apple TV Anda.

Untuk menyederhanakan proses ini, kami akan tunjukkan cara memasang DNS menggunakan ExpressVPN. Dengan begitu, kami bisa menjelaskan tahapan proses pemasangan DNS.

1. Buat hostname DDNS

Pembuatan hostname DDNS dilakukan melalui sebuah penyedia layanan DDNS. Hal ini merupakan layanan yang memungkinkan Anda untuk secara mudah mengaitkan alamat IP ke sebuah nama domain. Ada beberapa penyedia DDNS gratis, contohnya Dynu.

Untuk membuat DDNS, pertama-tama Anda perlu membuat akun gratis dengan layanan tersebut. Dalam kasus Dynu, Anda bisa melakukannya dengan membuka halaman ini dan mengisi informasi Anda. Lalu Anda perlu mengkonfirmasi akun Anda via email. Saat kami coba, email ini masuk ke folder spam, jadi pastikan untuk memeriksa folder itu juga jika pesannya tidak muncul di kotak surat Anda.

Setelah punya akun dengan penyedia DDNS, Anda bisa log in dan buat hostname. Dengan Dynu, caranya seperti ini:

  1. Log in ke situs Dynu.
  2. Klik “DDNS Services”.
  3. Klik “+ Add”.
  4. Isi hostname di bagian kiri “Option 1” (contohnya “petersappletv”) dan secara acak pilih “Top Level” dari daftar tersebut. Kali ini, kami memilih “ddnsfree.com”. Hostname Anda merupakan kombinasi dari dua bagian, maka milik kami menjadi “petersapplet.ddnsfree.com”.
  5. Klik tombol “+ Add” hijau di bagian bawah halaman.
  6. Anda akan diarahkan ke halaman di mana Anda bisa mengedit beberapa pilihan. Matikan “Wildcard IPv4 Alias” dan “Wildcard IPv6 Alias” lalu nyalakan “Enable IPv6 Address”. Setelah itu klik “Save”.

Penjelasan di atas bekerja untuk Dynu, tapi mungkin tidak bekerja dengan penyedia DDNS lain. Penyedia apapun yang Anda gunakan, pastikan Anda memilih pengaturan yang tepat.

2. Daftar hostname dengan penyedia VPN Anda

Setelah membuat hostname dengan penyedia DDNS, Anda perlu mendaftarkan DDNS tersebut dengan penyedia VPN Anda. Dalam kasus ExpressVPN, caranya seperti ini:

  1. Buka situs ExpressVPN dan log in ke akun Anda dengan cara menekan “My Account”.
  2. Pada sidebar di bagian kiri, klik “DNS settings”.
  3. Gulir ke bawah sampai pada bagian yang bernama “Dynamic DNS Registration”.
  4. Masukkan hostname Anda di bawah “Dynamic DNS Hostname” dan klik “Save Hostname”. Pada saat kami coba, kami memasukkan “petersapplet.ddnstree.com” sebagai nama host.

3. Pasang DNS di Apple TV Anda

Setelah mendaftarkan hostname Anda dengan ExpressVPN, Anda perlu memasukkan alamat IP server DNS di Apple TV Anda. Alamat IP ini bisa ditemukan di situs penyedia VPN Anda. Ikuti langkah-langkah berikut (sekali lagi, kami menggunakan ExpressVPN sebagai contoh):

  1. Buka “My subcriptions” di halaman akun ExpressVPN Anda.
  2. Di bawah “Set up your devices”, klik “More”.
  3. Klik “Apple TV”.
  4. Anda akan melihat alamat IP DNS di bagian kanan layar. Tulis alamat IP tersebut.
  5. Nyalakan Apple TV Anda dan buka “Settings”.
  6. Buka “Network” dan klik “Wi-Fi” atau “Ethernet”, tergantung dari koneksi Anda. Jika Apple TV terhubung via Wi-Fi, Anda akan melihat “Wi-Fi”. Jika Apple TV terhubung via kabel internet, maka akan muncul “Ethernet”.
  7. Buka “Configure DNS” dan pilih “Manual”.
  8. Anda akan melihat DNS Anda saat ini. Penting: catat informasi DNS tersebut untuk jaga-jaga jika Anda tidak ingin menggunakan DNS VPN lagi nanti.
  9. Masukkan alamat IP DNS yang Anda dapatkan dari situs ExpressVPN dan simpan.
  10. Restart Apple TV. Anda bisa melakukannya dengan membuka “System” di bawah pilihan pengaturan dan restart Apple TV dari situ.

Sekarang Anda sudah selesai memasang Apple TV via DNS.

VPN Terbaik Untuk Apple TV

Jika Anda masih mencari layanan VPN yang bagus untuk Apple TV, kami sarankan untuk menggunakan ExpressVPN. ExpressVPN adalah VPN terbaik saat ini. Layanannya cepat, punya banyak server, dan mudah digunakan. Hal yang terakhir itu membuat ExpressVPN dapat diakses oleh orang-orang yang tidak punya banyak pengalaman VPN. Layanan ini bekerja sempurna untuk penelusuran, pengunduhan dan streaming secara anonim (termasuk Netflix) di Apple TV Anda. Lebih dari itu, keamanan ExpressVPN juga solid. Anda bisa mencoba penyedia VPN premium ini selama sebulan, karena mereka menawarkan garansi selama 30 hari untuk semua program langganan mereka.

ExpressVPN
Penawaran:
Dapatkan diskon langganan tahunan + garansi 30 hari uang kembali!
Dari
$6.67
8.9
  • VPN yang mudah digunakan
  • Cocok untuk browsing, pengunduhan, dan streaming secara anonim (contohnya Netflix)
  • 3000+ server di 94 negara
Kunjungi ExpressVPN

Ingin menggunakan VPN lain? Cek daftar kami tentang VPN terbaik untuk Apple TV.

Kenapa VPN Berguna Untuk Apple TV Anda?

Ada beberapa keuntungan dari pemasangan VPN di Apple TV. Tiga keuntungan terbesarnya adalah peningkatan privasi, keamanan, dan kebebasan online.

Peningkatan privasi

Jika menggunakan VPN, Anda sedang mengamankan anonimitas Anda di internet. Hal ini bekerja seperti berikut: setiap perangkat, termasuk Apple TV Anda, punya alamat IP yang unik. Ini seperti kode zip, tapi untuk koneksi internet Anda. Alamat ini memungkinkan pihak ketiga untuk melacak identitas dan sejarah nonton Anda di Apple TV. Jika tidak mau hal ini terjadi, gunakan VPN. VPN menyembunyikan alamat IP dan mengenkripsi semua traffic internet Anda.

Mohon dicatat bahwa peningkatan privasi ini tidak berlaku saat Anda menggunakan metode DNS. Hal tersebut tidak memberikan Anda keamanan dan privasi yang lebih banyak di Apple TV. Layanannya hanya memberi Anda lebih banyak kebebasan untuk nonton film dan acara yang juga lebih banyak. Untuk keamanan dan privasi yang lebih baik, Anda sebaiknya memasang VPN di router (virtual) Anda.

Peningkatan keamanan untuk Apple TV

Laptop With LockSelain tambahan privasi, VPN di Apple TV juga meningkatkan keamanan online. Data online Anda akan jauh lebih aman saat menggunakan VPN. Seperti yang dijelaskan di atas, VPN mengenkripsi traffic internet Anda. Saat pihak lain mencegat traffic internet Anda, mereka hanya akan melihat kumpulan angka dan huruf acak. Mereka tidak bisa melakukan kejahatan dengan informasi seperti itu.

Keuntungan dari VPN adalah pihak situs, peretas, pemerintah, dan pengawas hak cipta tidak bisa melihat aktivitas Anda di internet. Maka, Anda bisa menggunakan Apple TV secara aman dengan VPN.

Peningkatan kebebasan untuk Apple TV

Terakhir, VPN memungkinkan Anda untuk membuka blokir konten di Apple TV. Dengan VPN, Anda bisa mengarahkan ulang traffic internet melalui negara lain. Hal yang perlu Anda lakukan adalah terhubung ke server VPN di luar negeri. Ini artinya data online Anda akan dikirim menggunakan alamat IP dari server VPN, yang membuat Anda terlihat seakan-akan sedang berada di negara lokasi server tersebut. Hal ini berguna jika Anda ingin melihat konten atau situs yang biasanya tidak tersedia di negara Anda. Contohnya, Anda bisa gunakan VPN untuk nonton Netflix versi asing.

Singkat kata, dengan menggunakan VPN di Apple TV, Anda bisa meningkatkan kebebasan, keamanan, dan anonimitas online Anda. Berdasarkan semua keuntungan di atas, kami sangat menyarankan penggunaan Apple TV dengan VPN. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memasang VPN di router Anda.

Kesan Akhir

Untuk merangkum, VPN memiliki beberapa keuntungan saat digunakan bersama dengan Apple TV. Cara paling mudah untuk memasang VPN di Apple TV Anda adalah melalui router virtual di komputer Windows atau Mac(OS) Anda. Kami menyarankan penggunaan ExpressVPN untuk Apple TV. Ikuti instruksi dalam artikel ini guna memasang VPN untuk Apple TV dan nikmati semua fitur-fitur tambahannya.

Pemasangan VPN di Apple TV: FAQ

Punya pertanyaan tentang pemasangan VPN di Apple TV? Klik FAQ di bawah ini untuk melihat jawabannya. Apa pertanyaan Anda tidak terdaftar, dan juga tidak ada di artikel? Kirim pertanyaan Anda melalui kolom komentar di bawah.

Ada tiga cara untuk memasang VPN di Apple TV:

  • Pasang VPN di router dan hubungkan Apple TV Anda ke router tersebut.
  • Pasang VPN di komputer Windows atau Mac Anda, pasang hotspot Wi-Fi, dan hubungkan Apple TV ke “router virtual” tersebut.
  • Sesuaikan pengaturan DNS di Apple TV Anda (pilihan yang paling tidak aman).

Untuk informasi lebih lanjut, baca manual lengkap kami di sini.

VPN mengamankan koneksi internet Apple TV Anda. Selain itu, penggunaan VPN meningkatkan privasi online. VPN juga bisa digunakan untuk melampaui blokir geografis. Contohnya, Anda bisa nonton konten yang biasanya hanya bisa Anda tonton di luar negeri, seperti katalog Netflix versi asing.

VPN terbaik untuk Apple TV saat ini adalah ExpressVPN. VPN ini sangat cepat, sehingga Anda bisa nonton acara dan film favorit Anda tanpa penundaan atau lag. Selain itu, keamanan ExpressVPN unggul.

Router virtual merupakan sebuah perangkat yang mengirim sinyal Wi-Fi tanpa router asli. Contohnya laptop atau smartphone Anda: Anda bisa memasang hotspot Wi-Fi di perangkat tersebut, sehingga perangkat lain bisa mengakses internet. Perangkat yang digunakan sebagai hotspot kadang disebut sebagai router virtual.

International security coordinator
Marko has a Bachelor's degree in Computer and Information Sciences. He coordinates and manages VPNOverview.com's team of international VPN researchers and writers.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar