Honey Membantu Menghemat Uang Anda – Tapi Dengan Apa Biayanya?

Honey and Privacy Featured

Honey logoBelanja online menjadi suatu hal yang populer, tentu bukan hal yang mengejutkan. Sangatlah mudah untuk klik ‘beli’ dan paket akan sampai ke pintu rumah anda keesokan harinya. Banyak sekali diskon online yang bisa anda temukan. Diskon $20 pada Nintendo keluaran terbaru, diskon 10% pada baju favorit anda – setiap dollar yang anda hemat adalah dollar yang anda menangkan. Hal ini yang menjadi nilai tambah yang Honey tawarkan. Program ini melacak melalui internet untuk kode kupon aktif pada produk yang anda ingin beli maka dari itu anda tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah banyak. Cukup berguna, akan tetapi apakah Honey betul – betul menakjubkan?

Pada artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang Honey, bagaimana cara bekerjanya pada belanja online, bagaimana mereka menciptakan uang dan bagaimana aplikasi penghematan uang ini memperlakukan data pribadi dan kerahasiaan anda.

Apa itu Honey?

Honey adalah sebuah ekstensi browser yang membantu anda menghemat uang pada saat belanja online. Didirikan pada tahun 2012 di Amerika, Honey mencari di internet kode kupon yang sudah ada yang membuat anda membeli produknya dengan harga yang lebih murah. Ada beberapa aplikasi yang bekerja mirip, seperti PriceScout dan InvisibleHand. Honey, akan tetapi adalah yang paling terkenal.

Aplikasi mampu menghemat uang dengan cara mencari harga terbaik pada situs. Tujuan mereka adalah menjadikan belanja online murah dan secepat mungkin. Honey, terutama, memiliki aplikasi untuk handphone dan ekstensi browser pada komputer anda. Ekstensinya bekerja dibalik browser anda maka dari itu anda hanya melihatnya pada saat anda membutuhkannya. Kapanpun anda belanja online, maka anda dapat klik ekstensi Honey pada atas browser anda untuk melihat diskon apa saja yang tersedia.

Bagaimana Honey bekerja

Honey money savedHoney melakukan perubahan pada pengalaman berinternet anda. Pertama, akan menambahkan tombol pada halaman situs yang anda kunjungi, yaitu sebagian besar adalah situs belanja. Dengan tombol ini, anda dapat menghemat pada beberapa produk pada “daftar belanja”. Ini berarti Honey akan segera memeriksa harga pada produk tersebut dan memberitahukan anda apabila dari daftar anda ada yang lebih murah maka dari itu anda bisa membelinya dengan harga yang lebih murah.

Opsi lainnya yang bisa ditemukan di Amazon, marketplace online besar yang bekerja sama dengan Honey. Disitu, Honey akan memeriksa apakah harga yang anda akan bayar pada produk tertentu adalah yang paling murah di Amazon. Terkadang, produk sama akan diunggah beberapa kali ke Amazon dan dengan harga yang berbeda. Dengan Honey, anda akan selalu menemukan opsi yang paling murah tanpa harus anda memeriksanya satu per satu.

Bahkan lebih lanjut lagi di Amazon, Honey dapat membantu anda, ketika sudah memenuhi belanjaan anda pada situs belanja dan akan ingin membayarnya, cukup klik logo Honey pada browser Anda. Honey akan mencarikan kode kupon terbaik. Aplikasi simpel dan berguna, terlihatnya. Akan tetapi pertanyaannya adalah: apakah ada jebakannya? Honey sekarang memiliki lebih dari 17 juta anggota. Bagaimana caranya mereka bisa sukses? Dan bagaimana mereka mendapatkan uang untuk menjalankan usahanya apabila jasa mereka semuanya gratis?

Iklan Honey: YouTube

Apabila anda pernah mendengar ekstensi Honey sebelumnya, kemungkinan besar karena mereka bekerja sama dengan salah satu influencer online favorit anda. Honey mensponsori banyak YouTuber terkenal yang membahas ekstensi mereka pada videonya. Mereka akan menyebut betapa hebatnya diskon yang bisa didapatkan bersama Honey, dan mendorong penonton untuk download ekstensi honey dan “cukup dua klik”. Ini adalah sebuah contoh video sponsor, pada kasus kali ini adalah MrBeast, YouTuber terkenal dengan hampir 30 juta subscriber.

Selain kontak langsung dengan influencer, Honey juga memasarkan jasanya dengan membeli jatah iklan pada YouTube. Anda mungkin pernah melihat iklannya pada memulai (atau pas di tengah) video. Karena iklan dan sponsornya mereka pada platform seperti YouTube maka mereka bisa membangun merek mereka dan mendapatkan ribuan (atau bahkan jutaan) pengguna baru.

Honey dan Uang

Honey mungkin adalah sebuah ekstensi gratis, akan tetapi bukan berarti mereka tidak berhubungan dengan uang sama sekali. Beberapa video yang disponsori oleh Honey bahkan mengeluarkan uang ribuan dollar. Pada tahun 2019, PayPal menyatakan bahwa mereka membeli Honey untuk sejumlah empat juta dolar – akuisisi terbesar mereka sejauh ini. Bagaimana cara software gratis bisa sangat berharga?

Bagaimana cara Honey mendapatkan uang

Semua bisnis yang sukses harus memiliki sebuah strategi finansial: sebuah cara bagaimana mereka mendapatkan uang dan agar usahanya bisa selalu berkesinambungan. Strategi yang dipergunakan Honey adalah komisi dan berafiliasi. Rekan mereka, penjual yang memberikan kode diskon untuk digunakan dan memberikan komisi pada tiap pengguna Honey yang membeli dengan menggunakan kode promosinya. Dengan kata lain, apa bila anda membeli sesuatu pada situs belanja X menggunakan kode Honey maka Honey menerima uang dari situs belanja X tersebut, melalui cara tersebut, mereka dapat menuntut, lalu mereka dapat menyimpan Honey secara gratis tanpa menjual data penggunanya.

Honey jelas lebih daripada database simpel untuk kode kupon. Banyak situs, toko, dan bisnis lainnya yang sudah bekerja sama dengan Honey. Kerjasama ini menghasilkan komisi untuk Honey, menciptakan ekstensi adalah suatu bentuk sumber uang yang terbesar. Dengan kata lain, kode tersebut digunakan bukan hanya sekedar kode yang diambil dari internet. Mereka adalah promosi aktif yang dapat membantu orang yang bekerja di Honey untuk mencari penghidupan.

Honey Gold

Moneybag with dollar sign on computerDibandingkan hanya memberikan anda dengan kode diskon, Honey melakukan tahapan yang lebih lagi. Mereka memiliki sebuah program loyalitas khusus yang membuat anda mendapatkan poin. Lebih sering anda menggunakan ekstensi, maka lebih cepat anda dapat mengumpulkan ‘poin’ melalui sistem ini yang dinamakan Honey Gold. Pada saat anda mencapai poin yang cukup (1000 Honey Gold), maka anda dapat menukarkan dengan kartu hadiah pada banyak toko online termasuk Amazon dan eBay.

Sistem hadiah sederhana ini menimbulkan rasa loyalitas terhadap penggunanya. Mereka menginginkan Honey Gold maka mereka dapat menerima kartu hadiah – dan makanya mereka akan lanjut menggunakan Honey.

Kenapa PayPal membeli Honey

PayPal membeli Honey pada akhir 2019. Akuisisi ini terjadi dengan harga tidak kurang dari empat juta dolar. Honey mengeluarkan pernyataan perihal bagaimana ini dapat mempengaruhi penggunanya. Yang paling nyata, bagaimana mereka dapat lanjut bekerjasama dengan pedagang dan memberikan opsi pembayaran lainnya. Pengguna sekarang bergabung dengan Honey melalui akun PayPal. Terlebih lagi, Honey secara terang – terangan menyebutkan bahwa tidak akan ada perubahan tentang cara mereka menghadapi rahasia penggunanya. Disini kita akan membahas lebih detail pada seksi berikutnya.

Bagi Honey, menjadi bagian dari keluarga PayPal memiliki beberapa keuntungannya tersendiri. Lalu apa yang PayPal dapatkan dari ini semua? Honey mungkin gratis akan tetapi bukan artinya mereka tidak menghasilkan uang. Seperti yang sudah disebut, Honey mendapatkan komisi ketika anggotanya membeli sesuatu menggunakan kode diskonnya. Lebih dari kemungkinan pendapatan uang ini, PayPal terutama ingin mendapatkan teknologi Honey. Menurut perusahaan ini, teknologinya dapat membantu PayPal untuk menjangkau pelanggan dan mempersonalisasikan pengalaman belanja. Pertanyaannya adalah: bagaimana cara personalisasi pengalaman belanja dan privasi dapat saling melengkapi?

Apa Yang Honey Tahu Tentang Anda?

Didunia yang tampaknya tidak ada yang ‘gratis’, memiliki ekstensi gratis seperti Honey tampaknya tidak menghasilkan duit dari anda atau bahkan tampaknya mustahil. Apa yang terjadi disini? Kita bahas lebih lanjut

Mengumpulkan data pengguna

Untuk menjalankan fungsi jasanya, Honey butuh untuk mengumpulkan data penggunanya. Pada akhirnya, mereka mengetahui keberadaan anda di internet untuk memberikan anda kode diskon yang sesuai. Akan tetapi, karena Honey sudah berkembang menjadi sebuah pencarian diskon yang simpel, mereka mendapatkan lebih banyak lagi data pengguna terutama melalui cookies. Pada saat anda menginstal ekstensinya, anda dapat melihat layar berikutnya yang mengharapkan anda untuk menciptakan sebuah akun.

Creating an account with Honey

Apabila anda memilih untuk menciptakan akun Honey, maka aplikasinya dapat mengambil banyak informasi tentang anda. Apa saja yang mereka ketahui? Pada ketentuan rahasianya mereka menyebutkan sebagai berikut:

Informasi pribadi:

  • Login anda, apabila anda memilih untuk menggunakannya (termasuk email, nama pengguna dan kata sandi)
  • Data apapun yang anda pilih untuk dibagikan pada profil anda, seperti nama, link sosial media dan profil (apabila anda mendaftar melalui akun Google atau Facebook, mereka dapat melihat pada akun tersebut, akan tetapi hanya jika mereka dapat dilihat secara umum)
  • Komunikasi apapun bersama Honey baik itu email atau lewat media lainnya.
  • Informasi bank atau kartu kredit jika anda memberikan informasi tersebut pada aplikasi Honey Mobil atau Honey Pay.
  • Barang yang anda taruh pada daftar belanja.
  • Kupon, kode promo dan perjanjian lain yang anda bagikan dengan Honey.
  • Teman yang anda rekomendasikan ke Honey.
  • Toko yang anda pilih untuk ikuti menggunakan Honey Tracker.

Informasi teknis:

  • Tipe perangkat anda
  • Identitas unik perangkat anda
  • Sistem operasi
  • Alamat IP
  • Penanda acara
  • Log kesalahan

Anda dapat melihat, banyak informasi pribadi yang mereka kumpulkan tergantung apabila anda ingin bagikan bersama mereka atau tidak. Lebih banyak yang anda bagi, maka lebih efektif aplikasinya dan lebih sedikit privasi yang anda miliki. Terkadang data yang mereka ambil adalah anonim dan terkumpul untuk membantu mereka menganalisa jasanya.

Dibalik itu semua, Honey berjanji untuk tidak melacak sejarah pada mesin pencarian, email dan situs lainnya selain dari situs ritel.

Pada situs ritel yang sudah disetujui, Honey akan mengambil informasi tentang situs tersebut (nama ritel, jumlah yang membaca halamannya) dan juga harga dan ketersediaan barangnya. Mereka dapat menggunakan informasi ini dan juga informasi yang sudah mereka kumpulkan tentang anda untuk memberikan rekomendasi personal, seperti memperkenalkan penawaran produk yang disponsori. Dengan kata lain, mereka melacak kebiasaan belanja anda dan menyesuaikan pengalaman belanja dengan anda.

Berbagi data pengguna

Businessmen shaking handsHoney berjanji tidak akan menjual data pribadi anda. Seseorang mungkin dapat berargumen bahwa ‘data pribadi’ tidak termasuk semua data yang mereka kumpulkan: yaitu informasi tentang produk yang anda beli atau lihat secara pribadi? Info ini, disebut juga metadata dan sangatlah berharga. Faktanya adalah Honey menggunakannya untuk menunjukkan penawaran khusus dan dicocokkan dengan pengalaman yang sesuai anda inginkan. Tetap saja, menurut ketentuan privasinya, maka Honey tidak menjual informasi ini. Akan tetapi mereka akan berbagi dengan pihak lainnya, termasuk:

  • Kepada penyedia pelayanan, yang membantu mereka dalam mempertahankan produk, marketing, permasalahan legal, perlindungan keamanan, proses pembayaran dan lainnya.
  • Kepada toko tempat anda belanja, yang membutuhkan informasi alamat anda daan dapat mengirimkan produk yang sudah anda beli (hanya pada saat anda menggunakan aplikasi Honey Mobile)
  • Perusahaan induk, PayPal dan afiliasi dan anak perusahaannya

Selain dari mereka, Honey mungkin membagi informasi kepada pihak lain, sebagai contoh pada saat mereka dibutuhkan secara hukum. Ini mungkin dapat dibagikan secara anonim dengan lainnya. Satu hal lagi yang perlu dibicarakan tentang topik ini, bahwa mereka mungkin membagi informasi “pada saat mereka yakin pada hati nurani mereka bahwa diperlukan untuk menjaga hak mereka, menjaga keamanan anda atau menjaga keamanan orang lain atau penyelidikan penipuan”. Meskipun pernyataan ini nampaknya sengaja dibuat samar untuk menutupi situasi yang tidak terduga, ini juga memberikan Honey ruang untuk berbagi data pengguna jika mereka menginginkannya.

Semua informasi ini dapat ditemukan pada ketentuan privasi perusahaan, yaitu dapat dilihat secara umum pada situsnya. Honey mengumpul dan membagi cukup banyak tentang informasi anda, yang mungkin bisa menyebabkan masalah apabila anda menilai tinggi kerahasiaan online anda. Akan tetapi setidaknya Honey terbuka atas ketentuannya.

Apakah Honey Mengikuti Segala Langkah Anda?

Dengan rekomendasi personal Honey untuk penggunanya, anda mungkin berpikir bahwa seberapa dalam mereka mempelajari tabiat belanja anda. Informasi apa saja yang mereka gunakan untuk memberikan anda penawaran personal? Sebagian orang berpikir apakah Honey adalah sebuah spyware yang melacak segala yang anda lakukan online untuk dapat menghasilkan keuntungan darinya. Perusahaannya mendengar keluhan ini dan menjawabnya pada sebuah video YouTube spesial. Pada video ini mereka melakukan tes pendeteksi kebohongan pada pegawainya.

Pegawainya berbicara bagaimana mereka tidak menjual data pribadi anda seperti alamat email. Mereka menegaskan bahwa Honey menghasilkan uang melalui komisi dan mengakui bahwa mereka saling menggunakan jasanya sendiri. Video ini adalah semua langkah marketing yang cerdas, karena memperlihatkan video tes pendeteksi kebohongan yang sedang terkenal. Apakah ini cukup bermanfaat untuk mencari tahu apakah Honey sudah jujur, maka ini masih dalam perdebatan. Rekamannya dapat di edit, pada akhirnya. Terlebih lagi, meski ekstensinya tidak menjual data anda, bukan berarti mereka tidak bisa melihat data anda buat diri sendiri – mereka jelas bisa.

Apakah Honey itu spyware?

Eye on LaptopUntuk membahas ini secara detail, kita menyelidiki hal ini sendiri. Beberapa orang takut bahwa Honey mungkin adalah sebuah Spyware. Spyware adalah sebuah bentuk malware yang dapat mempengaruhi komputer, handphone, atau perangkat lainnya dan mengumpulkan informasi atas anda. Ini benar – benar mengintai anda setiap kali anda menggunakan perangkat anda, membaca sejarah browser, sejarah download, informasi apapun seperti data registrasi dan detail bank dan email anda.

Biasanya, spyware akan secara nyata akan melambat perangkat anda. Semenjak, malware akan selalu mengikuti apapun yang anda lakukan, maka akan menggunakan banyak memori kerja. Browsing, streaming, dan klik akan terasa jauh lebih lambat. Ketika kita instal Honey, ini tidak terjadi.

Untuk memastikan, kita melihat proses aktif pada komputer kita untuk memastikan apakah software Honey bekerja pada latar belakang perangkat kita. Ini tidak terjadi, secara singkat, Honey bukanlah spyware meskipun mengambil data anda seperti yang sudah dibahas dan pada ketentuan privasinya.

Aktifitas Honey pada browser anda

Kita dapat menyimpulkan bahwa Honey tidak mengikuti segala langkah yang anda lakukan pada perangkat anda. Dengan demikian, ini tidak mempengaruhi keamanan umum dan privasi anda. Meski demikian, karena ini adalah sebuah ekstensi browser, maka akan cukup menarik untuk melihat cara kerjanya pada browser. Kita dapat menginstal Honey pada Firefox-browser dan mencoba untuk melihat seberapa banyak programnya melihatnya. Dengan melihat dari task manager di browser, kita dapat melihat seberapa aktif Honey pada saat kita menjelajah.

Honey adalah sebuah ekstensi browser yang dapat terlihat aktif setiap saat, meskipun terkadang hanya terlihat sedikit aktivitasnya. Pada saat mengunjungi situs retail, seperti Amazon maka energi Honey langsung meningkat. Ini artinya mereka segera mencari diskon yang tepat, mengenali bahwa anda sedang mengunjungi situs toko yang tepat. Tidak ada hal yang aneh dari ini: ini justru adalah hal yang diharapkan dari Honey.

Pada saat mengunjungi situs bukan retail, sebagai contoh website kita sendiri atau halaman informatif lainnya yang dapat ditemukan pada pencarian situs Google, maka energi dari Honey tepat rendah. Meskipun aplikasinya telah memeriksa apakah situsnya termasuk retail, bukan berarti tidak melakukan apapun pada saat sudah menentukan bahwa ini bukan retail. Tidak terjadi apa – apa pada saat anda menggunakan sosial media seperti Twitter dan YouTube, atau salah satunya. Honey nampaknya tidak membaca gerakan anda disini.

SITUS YANG DIKUNJUNGIENERGI HONEY
Situs retail (Amazon)Sedang/Tinggi
Situs nonretail (VPNoverview)Rendah/nol
Platform sosial media (YouTube, Twitter)Rendah/nol

Pada saat Honey menjadi sangat aktif, maka memorinya bertambah. Ini artinya aplikasinya sedang menyimpan informasi tentang aktifitas belanja anda, yang memang dikenal untuk melakukan hal ini. Pada saat melakukan ini, maka pastinya berpengaruh pada rahasia diri anda dan bukan berarti hal yang salah. Pada akhirnya, dengan menggunakan Honey maka anda setuju untuk mengizinkan melihat alur pergerakan online anda dan memeriksa setiap situs belanja yang anda gunakan. Ekstensinya menciptakan sebuah profil dari data anda yang mereka gunakan untuk menciptakan pengalaman personal untuk anda. Karena itulah jumlah memori untuk ekstensinya bertambah.

Pemikiran Akhir

Honey adalah aplikasi penghemat uang yang sangat populer dikalangannya. Jasa mereka bertujuan untuk mencari yang terbaik dan diskon yang relevan untuk penggunanya. Mereka juga memiliki sistem cashback dimana pengguna dapat menerima kembali sebagian uang yang sudah mereka keluarkan untuk pembelian produk baru melalui Honey. Untuk Honey dapat bekerja sesuai dengan fungsinya, maka mereka perlu mengambil beberapa data pribadi anda. Anda dapat memilih apa saja data yang anda ingin bagikan seperti email, sosial media, dan informasi sensitif lainnya. Untuk penggunaan umum, maka Honey akan menggunakan data untuk menyesuaikan dan mempersonalisasi pengalaman belanja anda.

Perihal privasi, maka Honey bukanlah ekstensi yang tepat untuk digunakan. Apabila anda ingin tetap anonim pada online atau hanya tidak ingin berbagi kebiasaan belanja anda kepada orang lain maka kita sarankan untuk jauh – jauh dari Honey. Akan tetapi, tujuan dari ekstensi ini bekerja sesuai ciptaannya dan bekerja sebaik mungkin. Tidak terlihat bahwa ini adalah spyware dan hanya aktif bekerja pada saat anda berada pada situs retail atau situs toko. Ekstensi ini tidak menjual data anda kepada orang marketing (atau kepada orang lain, untuk masalah itu) tapi menjalankan tugas seorang marketing sendiri. Dengan memberikan pengalaman personal kepada anda, Honey mencoba mengajak anda untuk terus menerus belanja online maka Honey atau partner tokonya mendapatkan keuntungan darinya. Silahkan menggunakan Honey, selama anda tahu bahwa perusahaan ini akan mengetahui banyak tentang anda dan juga bagaimana anda belanja online.

Analis keamanan cyber
David adalah seorang analis keamanan cyber dan salah satu pendiri VPNoverview.com. Tertarik dengan fenomena “identitas digital”, dan khususnya peduli dengan hak atas privasi serta perlindungan data pribadi
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar