Apa itu Cryptojacking?

What is Cryptojacking Featured
Klik di sini untuk melihat rangkuman artikel ini
Apa itu Cryptojacking? Cara Mendeteksi dan Mencegahnya

Cryptojacking adalah jenis kejahatan cyber di mana peretas menggunakan komputer Anda untuk mengambil keuntungan cryptocurrency. Mereka melakukan hal ini karena meskipun cryptomining bisa jadi menguntungkan, tapi juga berimbas buruk terhadap komputer.

Ini alasan mengapa sangat penting untuk mendeteksi cryptojacking sedini mungkin. Beberapa indikasi cryptojacking termasuk komputer yang performanya buruk, perangkat yang overheating, dan penggunaan CPU yang meningkat.

Mengingat bentuk-bentuk kejahatan cyber baru ini tidak meninggalkan jejak pada komputer Anda, maka sulit untuk mendeteksi atau mencegah cryptojacking. Pahami lebih lanjut tentang cara melindungi diri Anda dengan membaca artikel di bawah ini.

Dengan kehadiran cryptocurrency muncul juga jenis kejahatan cyber yang baru yaitu cryptojacking. Anda mungkin bertanya, apa itu cryptojacking, dan bagaimana ancaman ini dapat mempengaruhi saya? Cryptojacking adalah saat seseorang menggunakan komputer Anda secara online untuk menambang cryptocurrency tanpa sepengetahuan Anda.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan arti cryptojacking, cara mendeteksi dan mencegah cryptojacking, serta hal yang sebaiknya Anda lakukan jika hal ini terjadi terhadap Anda tau orang yang Anda kenal.

Untuk menjawab pertanyaan, apa itu cryptojacking, Anda perlu memahami alasan orang-orang menambang cryptocurrency dan cara kerja proses penambangan cryptocurrency.

Apa itu Cryptomining?

Bitcoin MinerSupaya Anda paham betul tentang cryptomining, Anda membutuhkan beberapa pengetahuan umum tentang teknologi digital blockchain. Dalam artikel ini, kami akan fokus pada penambangan Bitcoin karena hal ini merupakan jenis cryptocurrency yang paling umum. Dalam banyak cara, blockchain adalah buku besar digital yang menyimpan semua transaksi cryptocurrency. Anda akan memiliki salinan dari blockchain ini jika Anda punya sebuah sistem dengan perangkat crypto yang terpasang di dalamnya. Hanya saja ingat bahwa tidak semua cryptocurrency berbasis pada teknologi blockchain.

Bagaimana Cara Kerja Sistem Cryptomining?

Untuk membantu Anda supaya paham akan cara kerja penambangan cryptocurrency, mari lihat transaksi Bitcoin. Seorang cryptominer melakukan verifikasi terhadap sebuah transaksi crypto. Penambang mendapat uang dengan melakukan verifikasi terhadap satu “blok” transaksi. Satu blok tersebut sama dengan 1 MB data. Untuk mendapat Bitcoin artinya pengguna hanya perlu melakukan verifikasi terhadap satu transaksi. Di sisi lain, hal ini juga bisa berarti bahwa pengguna perlu melakukan verifikasi terhadap seribu transaksi cryptocurrency. Hal ini bergantung pada kompleksitas dan data transaksi. Saat sebuah blok diverifikasi oleh seseorang maka akan ditambahkan ke digital blockchain.

Cara lain untuk melihat cryptomining adalah sebagai ganti untuk verifikasi yang dilakukan oleh penambang, Bitcoin memberikan mereka upah dengan Bitcoin. Mereka dapat menggunakannya untuk investasi atau pembayaran online.

Mengapa Penambangan Sangat Populer?

Alasan mengapa penambang memilih untuk menambang cryptocurrency adalah bahwa mereka ingin mendapat uang dalam bentuk cryptocurrency. Bitcoin mendapat keuntungan dari cryptomining melalui dua cara. Pertama, dengan memeriksa semua transaksi, cryptominer memastikan bahwa orang-orang tidak menyalahgunakan sistem dengan menghabiskan cryptocurrency yang sama dua kali. Kedua, oleh karena penambang mendapat bayaran dalam bentuk Bitcoin, mereka memperkenalkan cryptocurrency baru ke jaringan sehingga jaringan semakin berkembang.

Apa itu Cryptojacking?

Untuk menambang cryptocurrency, Anda membutuhkan hardware spesial dan banyak daya komputasi, keduanya bisa memakan banyak biaya untuk dibeli. Banyak cryptominer ingin menambang cryptocurrency tapi tidak ingin membayar uang untuk biaya hardware saat ingin mencari sumber untuk ditambang. Keinginan untuk menambang cryptocurrency tapi tidak membayar alat-alat yang diperlukan adalah alasan cryptojacking lahir. Cryptominer mengambil alih sistem orang lain secara online supaya mereka bisa menambang. Mirip dengan sebuah botnet, perangkat Anda digunakan untuk membantu peretas.

Anda mungkin berpikir bahwa Anda tidak akan menjadi korban dari cryptojacking karena Anda tidak punya daya komputasi yang cukup, tapi tidak seperti itu nyatanya. Biasanya, cryptojacker tidak mentarget sistem-sistem spesifik. Selain itu, ada banyak cryptocurrency yang dapat ditambang tanpa sebuah kartu grafik khusus atau hardware spesifik. Faktanya, sebuah cryptocurrency seperti Monero dapat ditambang dengan menggunakan CPU apapun.

Bagaimana Cara Kerja Cryptojacking?

hackerAda dua cara di mana peretas cryptojacking bisa mendapat akses ke daya CPU hardware Anda. Berikut merupakan metode-metode paling umum dalam memasukkan skrip cryptojacking:

  • Peretas memasukkan sebuah skrip cryptojacking yang berbahaya ke hardware Anda saat Anda mengklik sebuah tautan palsu. Hal ini sering kali dilakukan bersama teknik phishing.
  • Peretas meletakkan skrip cryptojacking ke sebuah situs populer sehingga setiap komputer yang mengunjungi situsnya akan memulai cryptomining secara otomatis.

Metode kedua dari cryptojacking sangat sulit untuk dideteksi karena tidak ada kode digital yang diletakkan pada komputer Anda. Dalam kasus ini, skrip dijalankan melalui web browser dan bukan komputer Anda. Maka dari itu sebagian besar program antivirus tidak mendeteksi bentuk cryptojacking ini, yang juga dikenal sebagai penambangan berbasis browser.

Apa Konsekuensi dari Cryptojacking?

Slow computerKode cryptojacking bekerja di belakang sistem tanpa Anda sadari. Daya CPU hardware Anda digunakan untuk menambang cryptocurrency yang membuat hardware Anda semakin lambat dibanding biasanya. Adapun orang lain dalam komputer Anda tanpa sepengetahuan Anda, hal ini selalu berbahaya saat berkaitan dengan data pribadi Anda.

Cara Mendeteksi Cryptojacking

Meskipun sulit untuk melihat jika Anda telah terinfeksi oleh ransomware cryptojacking, ada cara-cara untuk memeriksa jika Anda sudah menjadi korban cryptojacking melalui malware di perangkat Anda. Berikut merupakan indikasi-indikasi paling umum jika perangkat Anda sudah diambil alih atau belum:

Perhatikan Performa Hardware Anda

Mengingat cryptomining memperlambat komputer, hal ini adalah cara termudah untuk tahu jika daya komputasi Anda kemungkinan sudah diambil alih oleh malware dari cryptojacker. Komputer yang lebih lambat tidak selalu berarti Anda menjadi korban cryptojacking, tapi ini adalah salah satu indikasinya.

Periksa Windows Task Manager

Windows Task Manager mengizinkan Anda untuk memeriksa jika ada hal yang mencurigakan di komputer Anda dengan mengawasi program yang bekerja di belakang komputer Anda. Anda sebaiknya memeriksa Task Manager untuk melihat jika ada sesuatu hal asing yang bekerja. Jika terdapat sebuah program yang terlihat berbahaya, Anda bisa menghentikannya melalui Task Manager. Hal ini adalah cara yang bagus untuk mengawasi ancaman cryptojacking guna mencegah penambangan cryptocurrency di hardware tanpa sepengetahuan Anda.

Gunakan Program Antivirus yang Dapat Diandalkan

Pengunduhan pemindai antivirus, seperti Bitdefender, akan membantu Anda dalam mengenali malware cryptomining di hardware Anda. Skrip cryptomining tidak terdeteksi sebagai malware oleh program antivirus tapi jika mereka sampai pada hardware Anda melalui teknik phishing maka mereka bisa terdeteksi. Deteksi ini adalah alasan mengapa program antivirus yang dapat diandalkan menjadi kunci dalam perlindungan perangkat Anda dari cryptojacking.

Periksa Ikon Browser Anda

Jika cryptojacker menggunakan perangkat Anda, Anda akan sadar bahwa ikon jendela internet Anda akan tetap aktif bahkan jika Anda sudah menutupnya.

Periksa Nama File ‘Asing’

Jika Anda memiliki sebuah situs dan ingin melihat jika situsnya telah terinfeksi oleh malware, periksa nama-nama file seperti ccminer.exe. Semua nama yang terkait crypto dan tidak terlihat asing dapat mengindikasikan bahwa keamanan situs Anda telah diretas untuk penambangan cryptocurrency.

Perhatikan Tagihan Listrik Anda

Bukan saja kode malware cryptojacking memperlambat perangkat Anda dengan menggunakan sumber dayanya, tapi hal ini juga meningkatkan biaya tagihan listrik Anda. Hal ini dikarenakan banyak sekali dari sumber daya perangkat Anda yang digunakan terus-menerus. Jika Anda menyadari adanya kenaikan drastis terhadap tagihan bulanan Anda, hal ini bisa jadi karena kode cryptomining yang menggunakan daya komputasi Anda.

Cara Menghindari Cryptojacking

Cryptojacking telah menjadi hal yang hampir mustahil untuk dihindari saat online. Hal ini sebagian besar dikarenakan Anda tidak memiliki kuasa apapun atas file yang terpasang pada situs-situs lain. Bahkan dengan mempertimbangkan hal ini, ada beberapa langkah keamanan yang dapat Anda ambil untuk memastikan sekecil mungkin kemungkinan Anda menjadi korban cryptojacking.

Gunakan Ad-Blocker

adlock logo smallSkrip cryptomining biasanya tersembunyi dalam iklan di situs sehingga jika Anda menggunakan sebuah ad-blockers Anda bisa menghindari beberapa bentuk cryptojacking. Beberapa ad-blocker, seperti Adblock Plus, bahkan memiliki sebuah fitur di mana mereka dapat mengenali beberapa skrip cryptomining.

Gunakan Extension Spesial

Beberapa extension yang mendeteksi skrip cryptoming yang diletakkan peretas di situs termasuk NoCoin dan MinerBlock.

Gunakan Perangkat Lunak Antivirus

Perangkat lunak antivirus berguna jika komputer Anda sudah terinfeksi oleh sebuah skrip cryptojacking. Sama seperti virus-virus reguler atau kode berbahaya, Anda bisa mengasingkan sebuah skrip dan menghapusnya. Di atas itu, banyak perangkat lunak antivirus yang menawarkan pilihan-pilihan pencegahan dengan kemampuan mendeteksi skrip cryptomining.

Gunakan Firewall yang Sudah Diperbaharui

Hal ini khususnya penting jika perangkat Anda adalah bagian dari jaringan komputer lebih besar yang menggunakan sebuah firewall kolektif. Jika Anda menilai bahwa sebuah halaman situs memiliki skrip cryptomining, maka penting bahwa jaringan firewall sudah diperbaharui supaya Anda dan semua orang di jaringan tersebut tidak bisa mengunjungi halaman tersebut menggunakan komputer mereka melalui web. Hal ini akan melindungi jaringan Anda dari penambang cryptocurrency yang ingin menggunakan sumber daya Anda tanpa sepengetahuan Anda.

Matikan Javascript

Kode Javascript adalah skrip paling umum di situs apapun sehingga peretas biasanya menyembunyikan skrip cryptomining di elemen-elemen Javascript. Ada beberapa cara untuk memastikan Javascript seperti dengan menggunakan sebuah extension gratis seperti Quick Javascript Switcher. Anda juga bisa menggunakan sebuah fitur spesial di browser Tor untuk melindungi diri dari cryptojacking.

Jangan Percaya Email dan Pesan Phishing

Jaman sekarang, cryptojacking biasanya terjadi melalui tab yang terbuka di jendela internet Anda. Ini bukan berarti bahwa hal ini tidak bisa terjadi melalui cara lain seperti keamanan sistem Anda yang terinfeksi oleh malware. Hal ini sebagian besar terjadi melalui tautan berbahaya dalam email phishing jadi pastikan untuk tidak pernah menekan tautan di email yang tidak Anda kenali.

Apa yang Dilakukan Jika Anda Menjadi Korban Cryptojacking

Jangan panik jika Anda telah menjadi korban cryptojacking. Jika Anda menemukan bahwa terdapat sebuah skrip cryptomining dalam sistem Anda, Anda sebaiknya menghapus file ini secepat mungkin. Hal ini akan mencegah terjadinya penambangan cryptocurrency di hardware Anda yang menyebabkan sumber daya sistem Anda untuk melambat dan membahayakan data pribadi Anda.

Jika Anda menilai bahwa ada sebuah kode cryptomining di komputer Anda, maka Anda sebaiknya menggunakan sebuah program antivirus untuk memindai drive Anda dan mencari ancaman apapun. Jika file apapun ditemukan dalam pemindaian dan tidak Anda kenali, maka Anda perlu menghapusnya secepat mungkin.

Browser cryptojacking sedikit lebih mudah untuk ditangani karena satu-satunya hal yang perlu Anda lakukan adalah menutup jendela internet. Anda sebaiknya juga mengkonfirmasi dengan Task Manager Anda bahwa tidak ada proses apapun yang bekerja menggunakan banyak sumber daya komputer Anda. Jika terdapat proses yang tidak dikenali, Anda bisa menghentikannya secara manual.

Cryptojacking adalah jenis kejahatan cyber menyesatkan yang sulit terdeteksi. Jika Anda ingin mencari tanda-tandanya dan menggunakan tips di artikel ini, Anda akan mengurangi kemungkinan menjadi korban cryptojacking dan mengurangi akibat yang dirasakan jika hal itu terjadi.

Cryptojacking - Tanya Jawab

Lihat FAQ kami di bawah ini untuk membaca beberapa pertanyaan yang sering muncul terkait cryptojacking.

Cryptojacking adalah sebuah metode yang digunakan oleh penjahat cyber untuk mendapat akses ke komputer Anda supaya mereka dapat menambang cryptocurrency. Mereka melakukan ini karena meskipun cryptomining bisa menguntungkan tapi prosesnya juga berdampak buruk terhadap hardware. Cryptojacking memungkinkan penjahat cyber untuk menggunakan sumber daya komputer Anda guna menambang cryptocurrency. Baca artikel komprehensif kami tentang cryptojacking untuk mengetahui lebih lanjut!

Cryptomining adalah verifikasi transaksi crypto dengan tujuan untuk mencegah penggunaan satu cryptocoin atau cryptounit lebih dari satu kali. Cryptomining memastikan bahwa sistem cryptocurrency tetap jujur dan bebas dari penipuan. Orang-orang menambang crypto karena mereka akan diberikan upah cryptocurrency.

Ada beberapa tanda yang menunjukkan cryptojacking:

  • Komputer yang jauh lebih lambat dibanding biasanya
  • Komputer yang overheating atau kipas angin yang jauh lebih keras dari biasanya
  • Penggunaan CPU atau GPU yang tiba-tiba tinggi. Anda bisa memeriksa hal ini di Windows Task Manager.

Poin-poin yang disebutkan di atas hanya beberapa indikasi bahwa Anda telah menjadi korban cryptojacking. Namun, tanda-tanda yang berhubungan dengan performa dan penggunaan daya komputer Anda adalah cara terbaik untuk mendeteksi jenis-jenis cryptojacking moderen ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa membaca artikel kami tentang cryptojacking.

Cryptojacking adalah jenis kejahatan cyber ganas yang bisanya tidak Anda sadari. Namun ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membatasi kemungkinan terjadinya hal ini terhadap Anda:

  • Gunakan sebuah adblocker
  • Matikan Javascript
  • Gunakan browser extension spesial yang bisa mendeteksi skrip cryptomining, seperti NoCoin dan MinerBlock
Jurnalis seputar teknologi
Nathan adalah seorang jurnalis dengan pengalaman pelatihan internasional dan tertarik dengan upaya pencegahan cybercrime, khususnya jika melibatkan kelompok yang riskan menjadi korban. Di VPNoverview.com, Nathan melakukan riset perihal keamanan cyber, sensor internet, dan privasi online.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar