Apa itu Perangkat Lunak Antivirus dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Antivirus virusscanner featured
Klik di sini untuk lihat rangkuman
Singkatnya: Apa itu Pemindai Virus?

Sebuah pemindai virus, juga yang dikenal sebagai program antivirus atau perangkat lunak antivirus, memastikan bahwa virus-virus tidak punya kesempatan untuk membahayakan perangkat Anda. Internet penuh dengan malware. Perangkat lunak antivirus melawan malware dengan terus-menerus memindai komputer Anda untuk mencari program-program berbahaya.

Sangat penting untuk memasang pemindai virus yang bagus. Perhatikan kesesuaian perangkat lunaknya dengan perangkat Anda, baik itu dalam aspek harga yang baik atau kualitas kinerja programnya yang bagus. Jika Anda ragu akan program yang sebaiknya dipilih, kami dengan senang hati akan memberikan beberapa rekomendasi.

Program antivirus bagus yang patut dicoba adalah Bitdefender. Program antivirus premium ini memiliki beberapa pilihan dan merupakan salah satu pilihan terbaik di pasar saat ini.

Ingin tahu lebih banyak tentang program antivirus? Baca artikel lengkap di bawah ini.

Internet adalah tempat yang bagus untuk berbagi informasi atau memulai percakapan, baik dalam bentuk diskusi politik, berita terbaru, atau GIF lucu binatang favorit Anda. Sayangnya, banyak juga hal buruk yang menunggu kita saat online. Ambil, contohnya, berbagai virus dan malware lain yang tersembunyi di balik pengunduhan dan situs-situs.

Maka penting untuk melindungi diri Anda dari malware. Untuk melakukan itu, pilihan terbaiknya adalah memasang program antivirus yang bagus, juga dikenal sebagai pemindai virus. Ingin tahu apa yang dilakukan pemindai virus, alasan Anda membutuhkannya, dan hal yang perlu dicari saat ingin membelinya? Dalam artikel ini, kami akan membahas semua pertanyaan tersebut dan banyak hal lain.

Apa itu Perangkat Lunak Antivirus?

Program antivirus adalah sebuah program perangkat lunak yang melindungi komputer, laptop, tablet, HP, atau perangkat lain milik Anda yang terhubung ke internet dari serangan malware. Perangkat lunak antivirus, juga dikenal sebagai pemindai virus, mengenali virus lalu kemudian menghentikan dan menghapusnya.

Seiring berjalannya waktu, malware telah berubah dan berkembang. Program-program berbahaya menjadi lebih beragam, dan lebih cerdik. Tentunya, perusahaan-perusahaan yang membuat perangkat lunak antivirus mengikuti perubahan ini. Itu alasan mengapa pemindai virus saat ini adalah program canggih yang beroperasi di tingkat yang berbeda-beda dengan beragam cara. Kami akan membahas hal ini lebih lanjut nanti.

Mengapa Anda Perlu Pemindai Virus?

Computervirus LaptopDengan menggunakan sebuah program antivirus, perangkat Anda dijaga supaya lebih aman. Virus-virus komputer – dan banyak bahaya online lain – akan dihentikan oleh pemindai virus. Hal ini sangat mengurangi kemungkinan rusaknya perangkat Anda atau bocornya data Anda ke pihak yang salah.

Internet penuh dengan malware and virus. Hal ini bisa jadi, contohnya, virus komputer “normal”, computer worm, trojan, keylogger, atau bahkan spyware atau ransomware. Setelah komputer Anda terinfeksi, akan sangat sulit untuk sepenuhnya membuat sistem Anda “bersih” kembali. Sering kali, beberapa kode berbahaya tetap ada di perangkat Anda, bahkan setelah Anda menghapus semua file yang terinfeksi. Alhasil, Anda tidak pernah bisa 100% yakin bahwa virus atau malware sudah sepenuhnya dihapus.

Guna melindungi diri dari jenis ancaman seperti ini, Anda membutuhkan pemindai virus yang bagus. Perangkat lunak antivirus memindai file sebelum Anda membukanya, sehingga virus tidak punya kesempatan untuk menginfeksi sistem Anda. Sebagian besar pemindai virus juga mendeteksi malware non-tradisional. Jenis malware ini tidak selamanya perlu “diaktifkan” untuk menyebabkan masalah, contohnya, dengan membuka sebuah file. Contoh-contoh dari jenis malware ini adalah adware dan spyware.

Bagaimana Cara Kerja Pemindai Virus?

Tujuan pemindai virus adalah untuk melindungi perangkat Anda dari virus dan jenis malware lain. Hal ini dilakukan dengan membandingkan jenis ancaman apapun yang dihadapi dengan “blacklist”. Semua virus yang dikenal oleh program antivirus Anda ada dalam daftar blacklist ini.

Setelah pemindai virus menemukan sesuatu yang sudah masuk blacklist, programnya akan menghentikan file tersebut dan berupaya untuk menghapusnya. Program antivirus memindai sistem Anda dengan berbagai cara:

  • Pemindaian langsung: pemindaian ini terjadi saat program antivirus bekerja di belakang perangkat Anda. Perangkat lunaknya memeriksa setiap file dan program yang Anda klik. Jika pemindai virus Anda menemukan sesuatu yang mencurigakan, maka langsung dilaporkan ke Anda. Oleh karena pemindaian ini terjadi sebelum file-nya dibuka, virus akan dihentikan sebelum menginfeksi sistem Anda, sehingga perangkat dan Anda tetap aman.
  • Pemindaian keseluruhan sistem Anda: pemindaian sistem dilakukan sekaligus dan memeriksa keseluruhan perangkat Anda untuk mencari kemungkinan adanya virus atau malware. Pemindaian lengkap tidak sering diperlukan, khususnya saat pemindaian langsung terus dilakukan. Namun, pemindaian sistem bisa berguna saat Anda memasang program antivirus baru. Pemindaian mingguan yang secara otomatis dilakukan banyak program antivirus juga berguna karena mereka memeriksa kembali keseluruhan sistem Anda untuk mencari virus terbaru. Di waktu yang lain, perangkat lunak antivirus Anda akan aktif, langsung, saat Anda menekan file dengan virus yang tersembunyi.

Daftar blacklist

List with magnifying glassKami sudah menyebutkan blacklist milik program antivirus. Banyak pemindai virus yang bekerja dengan blacklist. Daftar ini berisi segala jenis “definition files”, yaitu file yang sesuai dengan virus yang dikenali. Pada intinya, blacklist, sama sejak dulu, adalah sejenis basis data berisi semua virus yang diketahui oleh pemindai virus.

Selama pemindaian, program antivirus langsung membandingkan file di komputer Anda dengan definition files yang ada di blacklist mereka. Jika ditemukan kecocokan, artinya virus dalam blacklist ada pada file tersebut yang terletak di komputer Anda. Pemindai virus lalu mulai bekerja dan mengasingkan file berbahaya itu.

Deteksi ancaman

Selain itu, banyak program antivirus yang juga menggunakan teknik prediktif, atau dikenal sebagai “heuristics” atau “deteksi ancaman”. Hal ini memungkinkan pemindai virus untuk mengenali bentuk malware baru atau yang dimodifikasi, bahkan jika mereka belum masuk ke dalam blacklist.

Lalu, pemindai virus juga harus bisa mendeteksi jika terdapat masalah saat program bekerja secara mencurigakan. Contohnya, file yang mencoba masuk ke file lain untuk menimpa kode internal mereka. Program antivirus yang bagus akan mengenali perilaku tidak biasa ini dan melawannya.

Kerugian dari heuristics adalah bahwa prediksinya tidak pernah bisa 100 persen akurat. Hal ini pada akhirnya hanya prediksi, dan bukan kepastian seperti saat virus ada dalam blacklist “ditandai hitam dan putih”. Ini artinya bahwa, jika sebuah virus belum masuk blacklist, program antivirus Anda tidak bisa memastikan apakah itu benar-benar virus. Hal ini bisa menyebabkan pemindai virus salah mengambil kesimpulan dan mungkin mengenali file aman sebagai virus. Maka, program antivirus tidak bisa terlalu “agresif”. Jika tidak begitu, Anda akan selalu mendapat notifikasi dan penggunaan perangkat menjadi hal yang menyusahkan.

Apa Saya Bisa Menggunakan Program Antivirus Gratis?

Seperti halnya dengan banyak jenis perangkat lunak yang lain, ada pemindai virus gratis dan berbayar. Jadi iya, Anda bisa mendapatkan dan mengunduh program antivirus gratis untuk melindungi komputer Anda. Tapi hati-hati, ada hal lain di balik itu…

Banyak program gratis yang mengklaim sebagai “program antivirus”, tapi membawa malware. Setelah Anda mengunduh perangkat lunak, kode berbahaya akan masuk ke komputer Anda dan bisa menyebabkan banyak masalah, saat sebenarnya Anda hanya ingin melindungi perangkat. Untuk bisa menghindari hal ini, kami menyarankan Anda untuk memiliki pengetahuan yang banyak, contohnya, dengan memeriksa ulasan terpercaya sebelum mengunduh program antivirus seperti ini.

Selain dari fakta bahwa beberapa program antivirus gratis berisi malware, ada alasan lain untuk waspada akan pemindai virus gratis. Banyak program antivirus gratis yang tidak sebagus versi berbayar. Anda akan perlu, contohnya, memeriksa sendiri bahwa sistem Anda sudah diperbaharui, dan secara keseluruhan Anda kurang terlindungi.

Untungnya, terdapat beberapa program antivirus gratis yang sangat bagus di luar sana. Dalam artikel ini, kami akan membahas salah satunya yang dapat Anda gunakan secara aman.

Perbedaan antara Perangkat Lunak Antivirus dan Firewall

firewall-laptop

Jika Anda pernah mendengar kata “antivirus” sebelumnya, kemungkinan besar Anda juga sudah mendengar kata “firewall”. Banyak orang yang berpikir bahwa dua hal ini sama, tapi hal ini tidak sepenuhnya benar. Mereka mengerjakan tugas yang sedikit berbeda. Maka dari itu, ada baiknya untuk tidak hanya memasang pemindai virus, tapi juga memastikan bahwa Anda punya firewall yang bagus.

Perbedaan antara program antivirus dan firewall terletak pada kapan ancaman malware terdeteksi dan cara menghapusnya. Program antivirus memindai file di komputer Anda untuk mencari malware, sedangkan firewall melindungi Anda dari malware, penjahat cyber, dan hal-hal berbahaya lain di internet sebelum mereka sampai di komputer Anda. Anda dapat melihat firewall sebagai “tembok” sesungguhnya antara Anda dan dunia online. Hanya file dan informasi yang dinilai aman yang dapat melampaui tembok tersebut. Pemindai antivirus, di sisi lain, memindai semua file yang sudah ada di komputer Anda dan menghapus mereka, bahkan jika mereka belum diaktifkan.

Banyak pemindai virus yang memiliki firewall mereka sendiri. Ini artinya Anda memasang keduanya sekaligus. Untuk informasi lebih lanjut tentang firewall dan perbedaan antara firewall dan pemindai virus, silahkan baca artikel kami yang berjudul “Pemindai virus dan firewall: apa perbedaannya?

Beli Perangkat Lunak Antivirus: Apa yang Dicari?

Membeli perangkat lunak baru selalu sulit, khususnya saat Anda perlu membayar. Bagaimana caranya tahu jika Anda mengambil keputusan yang tepat? Apa Anda bisa yakin bahwa pemindai virus yang dipilih lebih bagus dibanding yang lain? Berikut beberapa hal yang mungkin ingin Anda ingat saat memilih program perangkat lunak antivirus terbaik untuk diri sendiri.

Efektivitas

Karakteristik paling penting dari program antivirus yang bagus adalah, tentunya, bahwa mereka melakukan tugasnya dengan baik. Apa programnya mengenali sebagian besar virus yang ada? Apa bisa menghentikan malware sebelum sempat membahayakan komputer Anda? Hal-hal ini sulit untuk diuji tanpa memasang dan menggunakan perangkat lunak tersebut dan, sebenarnya, Anda tidak ingin menguji hal ini sama sekali. Anda hanya ingin tahu kepastiannya. Untungnya, ada banyak ulasan online dari orang-orang yang sudah mengujinya untuk Anda. Perangkat lunak antivirus diuji secara cermat sehingga Anda tahu apa yang perlu diharapkan.

Sistem operasi dan kesesuaian

Saat membeli perangkat lunak, penting untuk memeriksa jika programnya bekerja dengan perangkat Anda. Maka, Anda sebaiknya memeriksa jika program antivirus-nya sesuai dengan sistem operasi Anda. Baik Anda memiliki perangkat Windows, Mac, Linux, Android, atau iOS: asalkan pemindai virus dapat bekerja dengan perangkat tersebut, Anda bisa menggunakannya.

Kegunaan

Program perangkat lunak yang mudah digunakan dan mudah navigasinya menentukan perbedaan kualitas. Interface yang ramah konsumen diperlukan jika Anda ingin menggunakan program tersebut dengan mudah dan menemukan beragam fitur yang ada. Mungkin Anda secara reguler ingin melihat daftar semua hal yang dikerjakan oleh pemindai virus Anda. Mungkin Anda ingin menentukan sendiri jika sebuah file berbahaya atau tidak sebelum pemindai virus ikut campur. Atau, sebaliknya, mungkin Anda tidak ingin sadar sama sekali bahwa ada pemindai virus yang bekerja saat sedang menggunakan perangkat Anda. Semua hal ini berhubungan dengan tingkat ramah konsumen dari programnya dan ketersediaan pilihan dari pemindai virus itu sendiri.

Layanan pelanggan

Selain dari tingkat ramah konsumen pemindai virus, Anda mungkin juga menilai bahwa layanan pelanggan yang bagus sama-sama penting. Apa Anda sudah mengalami masalah? Apa perangkat lunak antivirus tidak bekerja sesuai yang diharapkan? Jika begitu, akan sangat membantu jika tersedia tim bantuan yang dapat menjawab pertanyaan Anda secara cepat dan efisien serta membantu penyelesaian masalah apapun.

Beberapa pengembang perangkat lunak antivirus menawarkan bantuan, sedangkan yang lain tidak. Dari sekian yang menawarkan bantuan, beberapa menawarkan fitur live chat, sedangkan yang lain hanya menawarkan bantuan email. Bantuan email dapat menambah waktu tunggu. Perhatikan kebutuhan Anda dan pertimbangkan hal ini.

Pilihan tambahan

Laptop With LockSetiap pemindai virus mencoba untuk membedakan diri mereka dari pesaing. Mereka melakukannya, di samping cara lainnya, dengan menawarkan pilihan-pilihan tambahan. Selain dari pemindai virus, mereka juga menawarkan pengelola kata sandi, contohnya, atau perlindungan dari penipuan phishing. Layanan lain menawarkan Anda ruang cloud backup saat Anda membeli langganan, atau memberikan diskon untuk layanan VPN.

Selain pilihan tambahan tersebut, kemampuan layanan dalam menyesuaikan pengaturan mereka secara tepat juga menentukan perbedaan. Pengguna pemula mungkin ingin mulai menggunakan layanan secepat mungkin. Pengguna yang berpengalaman atau lebih teknis, di sisi lain, akan menyukai manfaat konfigurasi manual yang ditawarkan.

Harga

Tentunya, harga perangkat lunak antivirus Anda juga faktor yang penting. Idealnya, Anda ingin melindungi perangkat dengan se-optimal mungkin tanpa perlu membayar terlalu banyak untuk kebutuhan tersebut. Anda bisa mempertimbangkan perangkat gratis atau mendapatkan keamanan yang lebih baik dengan pemindai virus berbayar. Seperti yang sebelumnya kami bahas, beberapa pemindai virus gratis bekerja cukup baik, tapi mereka memiliki beberapa resiko yang perlu diperhatikan.

Ulasan

Pendapatan dan pengalaman orang lain dengan program antivirus yang berbeda-beda kemungkinan besar menjadi sumber yang paling berguna bagi Anda. Meskipun Anda mungkin tidak mampu atau bisa menguji beragam pemindai virus, orang lain mungkin bisa. Anda bisa menemukan sejumlah ulasan online.

Di Google Play, contohnya, orang-orang sering kali menilai aplikasi yang mereka unduh. Terkadang mereka memasukkan komentar, yang bisa jadi sumber sangat berguna untuk mengetahui rincian lebih lanjut. Di forum seperti Tweakers, pengguna teknis membahas efektivitas dari pemindai virus tertentu. Hal ini juga bisa menjadi sumber yang bagus jika Anda memahami beberapa bahasanya. Dan di situs-situs resmi seperti milik kami, Anda akan menemukan ulasan yang disusun secara matang dan lengkap berisi pemindai virus terbaik dan paling terkenal. Manfaatkan sumber-sumber ini sebelum menentukan pilihan Anda. Dengan begitu, Anda akan menemukan program antivirus terbaik bagi Anda.

Dua Program Antivirus Bagus

Jika Anda kurang yakin pemindai virus mana yang terbaik untuk Anda beli, kami dengan senang hati akan membantu. Berikut dua pemindai virus terpercaya yang dengan yakin dapat kami sarankan. Satunya versi berbayar sedangkan yang satu lagi merupakan alternatif gratis yang cukup bagus.

Pemindai virus berbayar terbaik: Bitdefender

bitdefender-logoBitdefender menawarkan beragam pilihan langganan dan memiliki perangkat lunak untuk penggunaan pribadi dan bisnis. Perangkat lunak antivirus mereka memastikan bahwa Anda tetap aman dari malware. Anda juga mendapatkan perlindungan webcam dan mikrofon, sehingga pihak asing tidak bisa menguping.

Perangkat lunak diperbaharui secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu terus-menerus memeriksa jika perangkat antivirus sudah up to date atau belum. Lebih dari itu, pemindai virus ini tidak memperlambat sistem Anda. Anda bisa mencoba Bitdefender secara gratis selama 30 hari. Ingin mengetahui lebih banyak dan sekaligus mendapatkan diskon besar? Klik tombol di bawah ini.

Kunjungi Bitdefender

Pemindai virus gratis terbaik: Avast Free Antivirus

avast-logoAvast Free adalah versi gratis perangkat lunak pemindai virus yang dimiliki Avast. Perangkat lunak antivirus ini menawarkan perlindungan “langsung” dan deteksi ancaman yang bagus, sehingga membuatkan menjadi alternatif gratis terbaik dari pemindai virus premium.

Lebih dari 400 juta orang di seluruh dunia menggunakan Avast. Semua komputer ini bekerja layaknya sebuah jaringan raksasa: jika ancaman baru dikenali oleh seorang pengguna, informasi ini langsung dibagikan dengan seluruh jaringan.

Kekurangan dari perangkat lunak gratis ini adalah iklannya. Programnya terus berupaya untuk meyakinkan Anda supaya berpindah ke versi Avast berbayar.

Kunjungi Avast Free

Mulai Gunakan Program Antivirus: Instruksi Tahap per Tahap

Ingin memasang perangkat lunak antivirus di perangkat Anda? Berikut cara melakukannya dengan cepat dan mudah:

  1. Pilih sebuah program antivirus: untuk menemukan pemindai virus terbaik, lakukan riset. Pertimbangkan harga, kesesuaian, efektivitas, dan pilihan ekstra lain yang mungkin ingin Anda gunakan.
  2. Unduh perangkat lunaknya: pilih program langganan dengan penyedia pilihan Anda dan unduh perangkat lunak yang sesuai dari situs resmi penyedia tersebut.
  3. Lakukan pemindaian keseluruhan: langsung gunakan program antivirus baru yang Anda punya. Biarkan perangkat lunak melakukan pemindaian sistem secara keseluruhan, sehingga dapat menghentikan semua virus yang mungkin sudah sembunyi di perangkat Anda.
  4. Biarkan perangkat lunaknya bekerja di belakang: pemindai virus akan lanjut bekerja di belakang perangkat dan campur tangan saat dibutuhkan. Anda bisa lanjut browsing sesuka hati.

Aman Saat Online: Apa Lagi yang Bisa Dilakukan?

Pemindai virus yang bagus akan melindungi perangkat Anda dari sebagian besar jenis malware. Dengan begitu, kemungkinannya lebih kecil bagi virus komputer, keyloggers, atau spyware untuk aktif di perangkat Anda. Namun, ada resiko online yang lain. Jadi, apa lagi yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri saat online?

Firewall

Firewall yang bagus memblokir sebagian besar malware supaya tidak sampai ke komputer Anda. Ini alasan mengapa sebaiknya dipasang firewall yang bagus selain adanya pemindai virus yang bagus. Perangkat Windows secara otomatis memiliki firewall yang dapat diandalkan yaitu Windows Defender. Anda bisa mengelola firewall ini melalui Windows Options. Banyak program antivirus juga yang memiliki firewall tersendiri untuk Anda gunakan.

VPN

Jika Anda tidak hanya ingin menggunakan internet secara aman tapi juga secara anonim, VPN adalah ide yang bagus. VPN (Virtual Private Network) memastikan bahwa alamat IP Anda tetap tersembunyi. Hal ini sangat mempersulit pihak lain, seperti peretas dan situs, tapi juga penyedia internet dan penghuni rumah Anda, yang ingin mengikuti aktivitas Anda saat online.

Ingin informasi lebih banyak tentang VPN? Anda bisa baca di sini untuk tahu tepatnya apa yang dilakukan VPN dan pilihan VPN terbaik saat ini.

Pengelola kata sandi

Jaman sekarang Anda perlu membuat akun pengguna di situs atau platform apapun yang ingin dikunjungi. Lebih dari itu, Anda perlu memasukkan login unik untuk setiap akun tersebut. Kami selalu berusaha menegaskan seberapa pentingnya membuat kata sandi yang kuat dan unik untuk setiap akun, sehingga pihak lain tidak bisa menebak atau memecahkan kata sandi Anda secara mudah. Jika menurut Anda sulit untuk menghafal semuanya, Anda tidak sendiri. Pengelola kata sandi menawarkan solusi yang sempurna untuk ini: Anda bisa langsung simpan semua kata sandi dan akun Anda dalam program ini. Sehingga hal yang perlu Anda ingat hanya kata sandi untuk pengelola kata sandi Anda. Pastikan bahwa Anda memilih pengelola kata sandi yang dapat diandalkan, seperti RememBear atau Blur.

Pembaharuan

Mungkin terkesan berlebihan, tapi meskipun begitu, kami perlu selalu menegaskan pentingnya memastikan bahwa semua perangkat lunak dan aplikasi Anda telah diperbaharui. Pembaharuan akan memastikan bahwa kekurangan keamanan terbaru sudah dibenahi, dan informasi keamanan terbaru sudah dimuat ke dalam program Anda. Hal ini sangat penting untuk pemindai virus karena virus-virus baru perlu ditambahkan ke daftar blacklist secepat mungkin. Tapi penting juga untuk perangkat lunak lain, karena pembaharuan memperbaiki kelemahan kode dan bugs. Jika Anda memastikan bahwa keseluruhan sistem Anda up to date, maka akan lebih aman saat online.

Akal sehat

Selain memasang dan memperbaharui semua lapisan perlindungan ini, sangat penting juga bagi Anda untuk waspada saat online. Pastikan Anda paham tentang beragam jenis penipuan, malware dan kejahatan cyber yang saat ini aktif. Ketahui, contohnya, cara mengenali dan menghindari phishing. Jika Anda punya pemahaman yang baik, Anda bisa lebih aman di internet. Kemungkinannya Anda dapat mengenali perangkat lunak, virus, dan penipuan berbahaya, sehingga lebih aman.

Kesimpulan

Perangkat lunak antivirus membantu Anda dalam melindungi komputer dari virus dan beragam jenis malware. Ada sejumlah pemindai virus yang tersedia di pasar. Beberapa bersifat standard an gratis, sedangkan yang lain menawarkan pilihan lebih banyak tapi Anda perlu membayar untuk layanannya. Sebelum menentukan pilihan, ada baiknya untuk memeriksa apa yang tersedia di luar sana dan program apa yang berguna dan dapat diandalkan. Anda bisa melakukan ini, contohnya, dengan membaca ulasan kami.

Selain pemindai virus, ada cara-cara lain supaya Anda bisa melindungi diri secara lebih baik saat online. Pertimbangkan, contohnya, penggunaan firewall, VPN, atau pengelola kata sandi. Apapun itu, program antivirus adalah langkah pertama yang bagus untuk memiliki keamanan online.

Apa itu Pemindai Virus: FAQ

Punya pertanyaan tentang program antivirus dan cara melindungi perangkat Anda? Klik salah satu pertanyaan di bawah untuk melihat jawabannya.

Program antivirus mengenali malware di komputer Anda lalu kemudian memastikan bahwa malware, baik itu virus komputer atau worm, contohnya, dihapus sebelum menyebabkan masalah apapun. Program antivirus juga dikenal sebagai pemindai virus. Jika Anda ingin melindungi komputer, HP atau perangkat lain milik Anda dengan baik selagi browsing internet, program antivirus harus dimiliki.

Ada program antivirus berbayar dan gratis. Gratis selalu bagus, tentunya, tapi versi berbayar secara umum lebih baik dan/atau kemungkinan besar lebih sesuai dengan kebutuhan Anda. Bitdefender adalah pilihan bagus untuk melindungi perangkat Anda. Ingin mencoba pilihan yang gratis? Maka kami menyarankan Avast Free Antivirus.

Sebagian besar pemindai virus menggunakan kombinasi blacklist dan deteksi ancaman untuk melindungi Anda dari malware. Blacklist adalah koleksi kode yang pemindai virus ketahui sebagai virus. Jika perangkat lunaknya menemukan kode tersebut, kodenya akan dihapus, dan perangkat lunak aman.

Deteksi ancaman adalah teknik prediktif yang digunakan program antivirus untuk menemukan kode mencurigakan di virus-virus baru. Namun, di beberapa situasi, program yang sebenarnya aman akan dianggap virus.

Jurnalis seputar teknologi
Ronella selalu memikirkan cara supaya kita dapat membuat lingkungan digital yang seaman mungkin. Perkembangan digital yang baik juga berarti kita dihadapkan dengan isu-isu keamanan baru. Maka, Ronella ingin menciptakan kesadaran yang lebih tinggi tentang keamanan cyber dan menarik perhatian orang perihal resiko dan perangkap yang sebaiknya dihindari.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar