Ulasan Avast: Seberapa Lengkap Solusi Antivirus Ini?

Review star bar, magnifier, Avast app logo and star showing total review score

avast-logoAvast merupakan program antivirus milik salah satu perusahaan keamanan cyber terbesar di dunia. AVAST Software berbasis di Prague dan mengembangkan beragam jenis perangkat lunak keamanan. Mereka terutama fokus pada layanan antivirus (gratis), yang sudah digunakan oleh 400 juta orang di seluruh dunia. Solusi antivirus terkenal lain yang diproduksi oleh perusahaan ini adalah AVG.

Tentunya, memiliki jumlah pengguna yang besar tidak menentukan kualitas perangkat lunak ini. Apa Avast melindungi Anda dari sebagian besar malware? Apa memperlambat komputer Anda? Bagaimana cara perusahaannya menangani privasi pengguna? Dalam ulasan ini kami akan menjawab pertanyaan ini dan banyak hal lain. Kami menguji Avast Free dan Avast Premium Security. Lalu kami menyimpulkan dengan pernyataan akhir yang mencakup semua hal tentang Avast supaya Anda bisa membandingkan penawaran Avast dengan penyedia lainnya seperti Avira, Kaspersky atau Bitdefender.

Apa Persyaratan yang Harus Dipenuhi Pemindai Virus Bagus?

Program antivirus yang bagus akan membantu melindungi privasi dan keamanan online Anda. Ada banyak perusahaan keamanan cyber, masing-masing menawarkan pemindai virus mereka sendiri. Bagaimana caranya Anda tahu mana yang harus dipilih? Terdapat sejumlah faktor yang dipertimbangkan, dan kami bahas secara merinci untuk setiap ulasan antivirus kami. Pertimbangkan beragam paket perangkat lunak dan fitur-fitur, keamanan, kemudahan penggunaan, kecepatan dan muatan sistem, serta layanan pelanggannya.

Dalam ulasan kami tentang Avast Antivirus, kami mempertimbangkan setiap faktor penentu yang disebutkan di atas. Baca ulasan kami untuk mengetahui keputusan kami.

Pilihan Avast

Avast Antivirus lebih dari sekedar program yang menghapus virus-virus dari komputer Anda. Layanan ini memiliki pilihan yang berbeda-beda untuk membantu pengamanan perangkat Anda. Tentunya, versi gratis Avast tidak memiliki fitur-fitur sebanyak Avast Premium Security. Meskipun begitu, kami pikir ada gunanya untuk menjelaskan sedikit tentang semua pilihan yang ada.

Apa Anda sedang mencari pilihan atau upaya keamanan yang spesifik? Lihat gambaran luas di bawah ini. Apa fitur yang sedang dicari tidak disebutkan pada daftar di bawah ini? Maka Avast mungkin bukan pemindai virus yang tepat untuk Anda.

Avast Free (Fungsi Dasar)Avast Premium Security (Fungsi Tambahan)
Perlindungan langsung melawan virus dan malwarePerlindungan tingkat lanjut melawan ransomware
Pemindai virusPerlindungan dari situs palsu dan phishing
Firewall tingkat lanjut untuk mencegat peretas
Perlindungan webcam
Perlindungan kata sandi yang disimpan di browser Anda
Deteksi titik lemah di jaringan Wi-Fi
Perlindungan HP dan foto-foto jika terjadi pencurian (Android)
Secara efektif menghapus dan mencarik data
Update aplikasi dan perangkat lunak lain secara otomatis

Oleh karena Avast Premium Security sebenarnya adalah kombinasi dari produk-produk Avast sebelumnya, paket ini sangat lengkap. Meskipun pemindai virus Avast yang lama kurang perlindungan anti-ransomware, contohnya, Avast Premium Security menawarkan perlindungan dari jenis-jenis ancaman ini.

Senang dengan penawaran Avast dan ingin langsung membeli program langganannya? Klik pada tombol di bawah ini untuk mengunjungi situs Avast.

Kunjungi Avast

Kemudahan Penggunaan: Seberapa Ramah Konsumen Avast?

Avast adalah salah satu program antivirus paling terkenal di dunia. Oleh karena versi gratisnya, banyak orang yang telah mengunduh perangkat lunak ini untuk melindungi perangkat mereka. Avast bekerja dengan Windows dan Mac serta Android dan iOS. Dalam bagian ini, kami akan menjelaskan lebih banyak tentang tingkat ramah konsumen dari situs Avast, proses pemasangan dan perangkat lunaknya.

Situs Avast

Situs Avast tersedia dalam lebih dari 50 bahasa. Avast menawarkan beberapa produk dan paket. Produk yang berbeda-beda ini dapat ditemukan dalam menu di atas layar.

Beranda Avast utamanya memasarkan perangkat lunak antivirus Avast yang gratis. Anda akan langsung melihat tombol oranye terang untuk mengunduh layanan. Versi berbayar dan produk Avast yang lain tidak langsung kelihatan. Anda perlu mencari di dalam menu atau dengan cara menggulir ke bawah.

Homepage Avast website

Situs Avast sangat jelas dan navigasinya mudah. Beragam produk yang ditawarkan semuanya diperkenalkan melalui teks singkat yang informatif, tombol pengunduhan dan indikasi harganya. Ada pun bagian terpisah untuk penggunaan rumah tangga, untuk bisnis dan untuk mitra, sehingga setiap pengunjung situs dengan cepat bisa tahu harus melihat bagian yang mana.

Proses pemasangan

Pemasangan Avast Antivirus sangat mudah. Proses pemasangan versi berbayar dan versi gratis sama. Anda bisa mencoba Avast Premium Security secara gratis untuk 30 hari. Setelah Anda klik “Unduh”, file pemasangan akan terunduh. Lalu, Anda akan melihat layar dengan sejumlah tahap yang perlu dilalui untuk bisa menyelesaikan proses pemasangan.

Avast installation steps

Instruksi tahap per tahap untuk proses pemasangan di Windows tersedia di bawah ini:

  1. Dari halaman utama situs Avast, buka “Keamanan” lalu pilih “Keamanan Premium”. Jika Anda memilih untuk hanya memasang versi gratis yang terbatas, pilih “Antivirus Gratis”.
  2. Klik tombol “Coba versi ini gratis selama 30 hari” di atas. File pemasangan akan diunduh secara otomatis. Untuk versi gratisnya, klik “Unduh Gratis”.
  3. Klik file pemasangan untuk membukanya dan klik “Ya” untuk mulai pemasangan. Tunggu program dimuat dan layar pemasangan Avast Premium Security muncul.
  4. Klik “Pasang”. Jika Anda tidak ingin mengunduh Avast Secure Browser tambahan, Anda bisa tidak mencontreng kotak di bagian bawah. Program akan terpasang di belakang perangkat. Proses ini mungkin membutuhkan beberapa menit.
  5. Klik “Mulai” untuk melanjutkan.
  6. Sudah punya program langganan? Klik “Aktifkan” untuk memasukkan kode aktivasi Anda. Jika Anda ingin mencoba uji coba 30 hari terlebih dahulu, klik “Mulai uji coba gratis”.
  7. Sekarang Anda bisa melakukan pemindaian pertama untuk memeriksa sistem Anda dan mencari kemungkinan adanya malware. Klik “Lakukan pemindaian pertama” (Run first scan).

Pada akhirnya, pemasangan perangkat lunaknya membutuhkan lebih banyak waktu dari yang diperkirakan. Bukannya membutuhkan waktu dua menit seperti biasa, tapi kami membutuhkan paling tidak 20 menit. Alasannya adalah kami harus mengulan proses pemasangan beberapa kali, karena programnnya tidak terbuka pada awalnya akibat proses pemasangan yang tidak diselesaikan secara benar.

Perangkat lunak antivirus Avast

Setelah melakukan pemindaian pertama saat pemasangan, kami diarahkan ke dashboard. Kami menguji Avast Premium Security di komputer Windows, tapi perangkat lunaknya juga tersedia untuk Mac, Android dan iOS. Jika melihat sekilas, tampilan dashboard-nya terlihat jelas dan tidak penuh.

Perangkat lunaknya tersedia dalam sejumlah bahasa. Jika Anda ingin mengubah pengaturan bahasa dari Inggris ke bahasa lain, Anda pertama-tama perlu memasang bahasa yang diinginkan. Untuk melakukan ini, buka “Menu” lalu “Pengaturan”. Di sini Anda bisa menambahkan bahasa lain di bawah bagian “Bahasa”.

Avast Software

Di dashboard Avast Premium Security, Anda akan melihat beberapa tab di bagian kiri. Tab yang paling penting adalah “Status”. Tab ini pertama kali terbuka secara otomatis. Saat komputer Anda terlindungi, Anda akan melihat layar seperti gambit di atas.

Tab-tab lainnya adalah “Perlindungan”, “Privasi” dan “Performa”. Setiap tab memberikan Anda pilihan yang berbeda-beda untuk mengamankan sistem dan meningkatkan performa Anda. Di sini, Anda bisa melakukan pemindaian virus, contohnya, memperbaharui perangkat lunak Anda, atau menyalakan atau mematikan pelindung webcam. Beberapa pilihan lain dapat ditemukan di bawah “Menu”. Perbedaan utama antara Avast Premium Security dan versi gratis Avast adalah jumlah pilihan yang tersedia untuk Anda.

Banyak ragam pilihan yang tersedia di perangkat lunak Avast

Avast menawarkan banyak ragam pilihan dan fitur yang semuanya dapat ditemukan dalam perangkat lunaknya. Meskipun ini artinya ada paket all-in-one yang bagus, sayangnya ini juga berarti dashboard-nya cukup ramai. Sebelum Anda bisa mengaktifkan sebuah fitur spesifik, pertama-tama Anda harus menemukan di mana pilihan tersebut bersembunyi. Jadi, meskipun fungsi-fungsi dasar langsung terlihat di layar “Status”, pilihan-pilihan tambahan lebih sulit untuk diakses. Pengguna pemula mungkin akan mengalami masalah dengan hal ini.

Kekurangan lainnya adalah Anda punya pilihan pemindaian dan tes yang sangat banyak sehingga Anda sulit untuk menemukan intinya. Setelah selesai satu pemindaian untuk membenahi satu masalah tertentu, Anda langsung disarankan untuk memulai pemindaian berikutnya. Sebelum disadari, Anda sudah diarahkan ke layar yang meminta Anda untuk memilih antara program berbayar yang berbeda-beda untuk layanan yang tidak dicakup dalam Avast Premium Security, seperti AntiTrack Premium, Cleanup Premium dan Driver Updater. Untuk membeli semua produk ini sekaligus, Anda membutuhkan paket Avast Ultimate.

Pemasangan dan situs Avast mudah untuk digunakan. Dashboard-nya, di sisi lain, menawarkan sejumlah pilihan dan maka dari itu terlihat ramai. Namun, kami tetap memberikan Avast nilai 8,0 atas kemudahan penggunaannya karena jumlah fiturnya yang banyak serta perangkat lunaknya yang ekstensif dan otomatis.

Keamanan: Seberapa Aman Avast?

Keamanan tentunya merupakan fitur paling penting dari pemindai virus. Apa Avast bisa menjaga keamanan komputer Anda dari Trojans, serangan malware dan spyware? Seberapa efektif pemindai virusnya? Ini jenis-jenis pertanyaan yang akan kami jawab dalam bagian ini.

Perbedaan utama antara versi gratis dan premium Avast adalah bahwa versi gratisnya hanya melindungi Anda dari virus-virus, spyware dan ancaman serupa yang lain. Maka, dengan versi gratisnya, bentuk lain bahaya online, seperti ransomware, phishing dan peretas, masih bisa tembus. Maka, jika Anda lebih menyukai keamanan optimal, lebih baik Anda menggunakan pilihan Avast yang berbayar.

Sejumlah pilihan keamanan

Avast Premium Security menawarkan segala jenis pemindaian, pelindung dan pemeriksaan untuk menjaga keamanan sistem Anda selama browsing di internet. Selain beragam pemindaian virus, Avast juga memiliki banyak pelindung untuk menjaga keamanan file Anda dan menghentikan serangan cyber. Semua virus yang ditemukan disimpan dalam sebuah “tempat aman”, di mana mereka tidak bisa lagi menyebabkan masalah.

Avast options software

Avast juga menawarkan firewall yang solid. Firewall ini memastikan bahwa tidak ada program berbahaya yang dapat masuk ke komputer Anda via internet. Maka dari itu, peretas akan kesulitan dalam mengakses sistem Anda.

Selain perlindungan dari malware, Avast juga menawarkan sejumlah fitur-fitur tambahan. Pelindung webcam, contohnya, untuk mencegah penjahat yang ingin memata-matai Anda via webcam. Anda juga dapat melindungi data Anda dan bahkan “mencarik” dokumen-dokumen lama untuk menghapusnya secara aman. Singkat kata, Avast memiliki penawaran yang sangat lengkap untuk bagaimana pun caranya melindungi Anda dari ancaman online.

Jaringan langsung keamanan

Avast memiliki jaringan berisi lebih dari 400 juta pengguna. Menurut Avast, perangkat lunak mereka menghentikan sekitar 66 juta ancaman per hari. Dalam beberapa hal, popularitas Avast menjadi kelebihan yang besar. Jaringan besar mereka selalu bertukar informasi tentang ancaman dan virus terbaru, contohnya. Hal ini menjaga supaya semua pengguna Avast tetap aman dari malware yang baru dihadapi oleh salah satu penggunanya.

Nilai keamanan

List with magnifying glassUntuk menguji keamanan Avast, kami sudah melihat lebih dalam ulasan AV-Comparatives. Platform ini mengamati keamanan dari beragam solusi antivirus. Hasil untuk Avast sangat positif.

AV-Comparatives telah menguji beberapa aspek, yaitu persentase malware yang berhasil diblokir, persentase malware yang dapat membahayakan sistem, serta jumlah false positives – hal ini merupakan file-file bersih yang dinilai beresiko oleh pemindai virus.

Avast bekerja dengan sangat baik dalam semua tes. Pemindai virusnya dapat memblokir 99,7% dari semua malware yang digunakan dalam tes. Jadi, hanya 0,3% malware yang berhasil melalui pemindai virus tersebut. Secara rata-rata, 0,48% malware dapat melampaui pemindai virus tanpa terdeteksi, sehingga Avast berhasil mendapatkan nilai di atas rata-rata. Selain itu, Avast hanya menghasilkan 8 false positives. Jumlah ini sedikit lebih rendah dari angka rata-rata yaitu 8,28.

Pada dasarnya, Avast bekerja dengan sangat baik dalam aspek keamanan. Perangkat lunaknya menawarkan sejumlah pilihan dan bekerja secara efektif melawan virus. Namun, karena ternyata Avast menjual data ke pihak ketiga, sayangnya kami terpaksa untuk menjatuhkan nilai akhir untuk aspek keamanan dari 9,0 menjadi 8,0.

Privasi dan Avast

Baik versi gratis dan berbayar dari Avast Antivirus mengumpulkan beragam jenis informasi tentang pengguna. Beberapa data ini dibutuhkan supaya perangkat lunak dapat berfungsi secara baik, sedangkan data yang lain dikumpulkan untuk analisis atau tujuan pengembangan produk di masa depan.

Data pribadi yang dikumpulkan Avast dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu informasi layanan dan informasi perangkat. Kebijakan privasi Avast pada intinya sebagai berikut:

Informasi layanan:

  • Pengenal konten yang terkirim
  • Alamat IP
  • Sampel malware
  • Deteksi
  • URL dan referrers
  • Acara dan penggunaan produk

Informasi perangkat:

  • Pengenal online internet, termasuk ID perangkat
  • Informasi tentang komputer atau perangkat Anda
  • Lokasi
  • Aplikasi (termasuk perangkat lunak keamanan lain dan produk lain Avast)
  • Internet dan koneksi (termasuk informasi jaringan sejumlah perangkat di jaringan yang sama)

Sebagian besar data yang dikumpulkan Avast digunakan untuk memastikan operasi layanan mereka yang lancar. Sampel malware dan deteksi virus, contohnya, digunakan untuk membuat perangkat lunak antivirus mereka se-efektif mungkin. Jika satu pengguna menemukan masalah, masalah yang sama selanjutnya dapat dengan mudah dihindari oleh pengguna lain, sehingga menjadi berguna untuk semua orang.

Sedangkan jenis informasi yang lain jika dibandingkan tidak terlalu vital. Avast mengklaim, contohnya, bahwa mereka perlu mengetahui lokasi Anda untuk menampilkan perangkat lunak mereka dalam bahasa yang tepat. Meskipun begitu, kami harus memasang bahasa-bahasa lain secara terpisah jika ingin mengubah satu bahasa ke bahasa selain Inggris.

Avast menjual data ke pihak ketiga

Di bulan Januari 2020, investigasi gabungan oleh PCMag dan Motherboard menunjukkan bahwa Avast secara tidak langsung telah menjual data pengguna ke pihak lain. Avast tidak berurusan langsung dengan perusahaan seperti Google, Yelp dan Microsoft, tapi menggunakan anak perusahaan seperti Jumpshot.

Dengan begitu, Avast membagikan banyak informasi spesifik ke pihak-pihak lain. Informasi ini termasuk pencarian Google, lokasi pengguna, video YouTube, halaman LinkedIn, dan situs-situs porno yang pernah dikunjungi oleh pengguna. Informasi sensitive ini dikumpulkan dari lebih dari 100 juta perangkat, yang kemudian dijual kembali.

Fakta sebenarnya, pengguna dapat mengindikasikan di pengaturan mereka jika mereka ingin berpartisipasi dalam pengumpulan data atau tidak. Tapi banyak pengguna Avast yang saat itu tidak sadar bahwa data ini kemudian dijual dan tanpa diketahui dibeli. Dalam bahasa lain, Avast tidak transparan tentang prosesnya dan tidak melakukan pengawasan yang cukup terhadap privasi penggunanya.

Sekarang, Avast sudah mengkonfirmasi bahwa mereka tidak lagi menjual data pengguna. Meskipun begitu, kepercayaan terhadap Avast sangat terpengaruh. Banyak pengguna, termasuk kami, yang terkejut saat mendengar beritanya. Mengingat kurangnya transparansi dan kebaruan insidennya, hal ini sangat mempengaruhi penilaian kami. Kami memberi Avast nilai 3 untuk privasi.

Kecepatan & Performa: Seberapa Baik Kinerja Avast?

Pemindai virus dapat sangat memperlambat komputer Anda. Program-program ini dirancang untuk menjaga keamanan sistem Anda, dan hal ini membutuhkan banyak energi. Ini alasan mengapa penting untuk tahu tentang pengaruh program antivirus tertentu terhadap kecepatan komputer Anda.

Avast memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai jenis pemindaian. Dalam bagian ini, kami secara spesifik melihat pemindaian virus yang “pintar” dan cepat serta pemindaian lengkap. Kami juga telah melihat pengaruh dari bekerjanya Avast Antivirus di belakang perangkat.

Muatan sistem Avast

Avast Antivirus mengambil sumber daya CPU sejumlah 0 sampai 0,5% saat sedang bekerja. Saat Anda sedang browsing, penyerapan terkadang naik sampai jumlah 2-3%. Dalam bahasa lain, Anda tidak akan mengalami masalah jika ingin melakukan aktivitas online biasa yang dilakukan setiap hari.

Pemindaian cepat, yang disebut oleh Avast sebagai “smart scan”, meningkatkan penggunaan CPU sampai pada jumlah 20-30%. Meskipun begitu, smart scan hanya membutuhkan beberapa menit saja, sehingga pengaruh pemindaian ini terhadap kecepatan Anda hanya minimal. Akan tetapi, hal ini lebih disebabkan oleh durasi pemindaian yang singkat dibanding karena penggunaan CPU yang sebenarnya.

Muatan sistem jauh lebih tinggi saat melakukan pemindaian lengkap. Meskipun pemindaiannya terjadi dengan cukup cepat dan hanya membutuhkan 15 menit, penggunaan CPU naik drastic. Proses “Avast Service” mengambil 30-40% dari sumber daya CPU komputer kami. Di awal pemindaian, jumlahnya sedikit berkurang yaitu sekitar 20%. Tapi di tahap pemindaian setelah itu, jumlahnya sampai 45% dan terus mengalami fluktuasi setelah itu. Pengaruhnya adalah bahwa muatan keseluruhan sistem sering kali mencapai 70 atau 80%, dengan yang reguler naik sampai 100%.

cpu-usage-full-scan-avast-antivirus

Maka Avast memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecepatan sistem Anda. Muatan sistem, di sisi lain, tidak buruk, jika Anda mempertimbangkan rata-rata penggunaan CPU selama pemindaian lengkap yaitu 30-40% dalam kasus kami. Dan pemindaiannya pun relatif cepat. Namun, hal ini tergantung pada jumlah file yang ada di komputer Anda. Oleh karena Avast tidak menyediakan gambaran luas tentang jumlah file yang sudah pernah dipindai, sulit untuk dibandingkan. Setelah pemindaian, kami hanya mendapatkan pesan “Tidak ditemukan malware”.

Setelah uji kecepatan ini, kami memutuskan untuk memberi Avast nilai 6,5 untuk kecepatan dan performanya.

Harga

Avast memiliki dua penawaran yang berbeda: Avast Free dan Avast Premium Security. Versi gratisnya, Avast Free, tidak akan memberi cas apapun. Anda bisa mengunduh versi ini dari halaman ini. Ingin perlindungan lengkap dan fitur-fitur tambahan dari versi yang berbayar? Maka Anda punya dua pilihan.

Avast Prices

Paket pertama akan dikenakan cas $69,99 per tahun (harga lengkap) dan bisa digunakan di satu perangkat. Anda bisa mencoba versi ini secara gratis untuk 30 hari. Anda perlu memilih antara PC, Mac, Android atau iPhone/iPad untuk mengunduh versi yang tepat.

Paket kedua dikenakan cas $89,99 per tahun (harga lengkap) dan bisa dipasang pada maksimal sepuluh perangkat sekaligus. Berbeda dari program langganan untuk satu perangkat, Anda tidak perlu mengindikasikan jenis sistem operasi yang Anda gunakan. Anda bisa menggunakan program langganan ini di PC, Mac, Android dan iOS.

Pada dasarnya, memilih paket yang lengkap bukan berarti bahwa Anda bisa menggunakan semua layanan Avast. Jika Anda ingin menggunakan Avast Secureline VPN, Cleanup Premium atau Driver Updater Anda perlu membayar biaya tambahan, bahkan dengan paket Premium Security. Jika Anda menginginkan semua pilihan sekaligus, maka pilihan terbaiknya adalah dengan membeli Avast Ultimate. Penawaran ini tersedia mulai dari harga $99 per tahun.

Perbedaan antara versi gratis dan berbayar

Ada cukup banyak perbedaan antara versi gratis dan berbayar Avast. Avast Premium Security memberikan Anda pilihan yang lebih banyak dan perlindungan lengkap yang lebih bagus. Kedua versi ini mencakup pemindaian langsung dan perangkat lunak yang dapat memblokir virus, spyware dan banyak ancaman malware lainnya.

Namun, Avast Premium Security memiliki penawaran yang lebih banyak. Pilihan tambahan berikut ini tidak dicakup dalam versi gratis: perlindungan dari ransomware, situs-situs palsu dan phishing; firewall yang lebih maju; perlindungan webcam; perlindungan kata sandi; perlindungan jaringan Wi-Fi; dan pembaharuan otomatis.

Jadi, meskipun versi gratis Avast tentunya dilihat sebagai pemindai virus standar yang layak dan bisa menghentikan beragam ancaman, versi premium menawarkan pilihan lebih lanjut yang lebih banyak lagi. Dengan begitu, komputer Anda bukan hanya dilindungi dari virus dan malware. Webcam, kata sandi dan perangkat lunak lain milik Anda juga tidak akan rentan lagi.

Layanan Pelanggan Avast

Ada beberapa cara bagi Anda untuk meminta bantuan Avast jika mengalami masalah. Di situs resminya, klik “Dukungan” pada bagian paling atas layar untuk mengakses bagian situs yang tepat. Di situ Anda bisa menemukan sejumlah FAQ dan bantuan tekstual lainnya.

Sedangkan untuk perangkat lunaknya sendiri, ada banyak pilihan yang bisa Anda pilih, sehingga membuat halamannya sedikit ramai. Pertama, Anda bisa memilih antara empat topik berbeda yang mungkin berhubungan dengan masalah Anda: “Installation and activation”, “Refund request”, “Unsubscribe” dan “Sales and billing”. Jika Anda klik salah satu topik tersebut, Anda akan diarahkan ke halaman FAQ yang terkait.

Avast support center

Di bagian bahwa halaman dukungan Anda akan menemukan informasi tambahan tentang semua ragam produk Avast. Tinggal klik di produk Anda dan Anda akan menemukan FAQ dan manual yang lebih banyak lagi.

Jika masih belum menemukan jawabannya, Anda bisa menghubungi tim dukungan mereka. Pertama, Anda perlu mengindikasikan jenis produk yang digunakan dan jika Anda ingin dibantu via chat atau email. Masukan rincian Anda – termasuk nama depan dan belakang, alamat email dan ID pembelian Anda – dan mengirim pertanyaan Anda.

Fungsi chat tidak tersedia pada saat pengujian dilakukan. Sebuah pesan ditampilkan yang menyatakan bahwa kami akan menerima email yang menjawab pertanyaan kami, padahal kami sebenarnya telah mencontreng kotak “chat”. Butuh beberapa hari untuk mendapatkan email tersebut. Avast juga meminta bukti pembayaran dari kami. Setelah itu, mereka menanyakan bukti lebih lanjut bahwa kami menggunakan versi Avast berbayar. Bagi pengguna Avast Free bahkan lebih sulit untuk menghubungi layanan pelanggan dan mendapatkan jawaban. Untuk alasan ini, kami memberi Avast nilai 6,5 untuk layanan pelanggan.

Ulasan: Pengalaman kami dengan Avast Antivirus

KelebihanKekurangan
Avast menawarkan paket antivirus yang lengkap dengan banyak pilihan keamanan dan fitur yang berguna.Bahkan saat menggunakan versi “keamanan premium”, beberapa fitur tambahan akan dikenakan biaya tambahan.
Versi gratisnya sudah menawarkan perlindungan yang sangat bagus.Avast telah menjual data pengguna sebelumnya ke pihak ketiga.
Proses pemasangan Avast sangat mudah dan singkat.Layanan pelanggan Avast bukan yang tercepat dalam merespon pertanyaan pengguna.

Berikut nilai Avast untuk masing-masing komponen:

  • Keamanan: 8,0
  • Kecepatan dan muatan sistem: 6,5
  • Privasi: 3
  • Perangkat lunak dan fitur: 8,0
  • Layanan pelanggan: 6,5
  • Nilai akhir: 7,6

Anda sudah diyakinkan oleh kualitas Avast dan ingin langsung membeli program langganannya? Atau Anda ingin informasi lebih lanjut? Klik tombol di bawah ini untuk mengunjungi situs Avast.

Kunjungi Avast
Avast Antivirus - FAQ

Punya pertanyaan tentang Avast Free atau Avast Premium Security? Di bawah ini, kami menjawab pertanyaan yang paling sering ditanyakan tentang program antivirus ini. Klik salah satu pertanyaan untuk melihat jawabannya.

Avast menawarkan dua program langganan yang berbeda: Avast Free dan Avast Premium Security. Avast Free adalah versi gratis mereka, yang tidak akan mengenakan Anda cas apapun. Avast Premium Security adalah program berbayar, yang memungkinkan Anda untuk memilih antara dua paket. Paket untuk satu komputer seharga $39,99 di tahun pertama dan $69,99 untuk setiap tahun berikutnya. Lalu ada paket untuk lebih dari satu perangkat (maksimal 10) seharga $49,99 untuk tahun pertama dan $89,99 untuk setiap tahun berikutnya.

Anda bisa menghapus Avast dari perangkat Anda dengan mengikuti tahap-tahap di bawah ini:

  • Buka pengaturan Anda dan buka daftar program Anda. Untuk melakukan ini di Windows, klik ikon Windows di sudut kiri bawah layar Anda, lalu klik cogwheel, kemudian “Apps”.
  • Cari Avast Antivirus di daftar program dan klik “Uninstall”.
  • Klik “Uninstall” lagi saat pop-up konfirmasi muncul.
  • Ikuti tahap-tahap untuk mengkonfirmasi lagi bahwa Anda ingin menghapus program.

Penghapusan Avast mungkin memerlukan waktu beberapa menit. Jika tidak bekerja, Anda juga bisa mencoba menggunakan avastclear. Ini merupakan alat penghapus milik Avast.

Selain versi berbayarnya (Avast Premium Security), Avast Antivirus juga memiliki versi gratis. Versi gratis ini, Avast Free, memiliki pilihan yang lebih sedikit dibanding versi berbayar, tapi merupakan alat antivirus standar yang luar biasa untuk bisa menghentikan banyak ancaman online. Baca lebih banyak tentang versi gratis dan berbayar dari Avast Antivirus di sini.

Jurnalis seputar teknologi
Nathan adalah seorang jurnalis dengan pengalaman pelatihan internasional dan tertarik dengan upaya pencegahan cybercrime, khususnya jika melibatkan kelompok yang riskan menjadi korban. Di VPNoverview.com, Nathan melakukan riset perihal keamanan cyber, sensor internet, dan privasi online.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar