Ulasan AVG: Apa Penyedia Antivirus Ini Sepadan Uang Anda?

Review star bar, magnifier, AVG logo and star showing total review score

AVG merupakan program antivirus dari AVG Technologies, sebuah penyedia antivirus asal Ceko yang dibeli oleh perusahaan antivirus lain asal Ceko di tahun 2016, yaitu AVAST Software. Avast Software juga menawarkan program antivirusnya sendiri, Avast Antivirus. AVG menjadi terkenal karena menyediakan pemindai virusnya secara gratis sebagai bagian dari Windows Vista Security Center. Alhasil, banyak orang yang dulu pernah menggunakan program antivirus gratis milik AVG. Namun, seberapa bagus kinerja AVG saat ini jika dibandingkan dengan penyedia antivirus seperti Kaspersky, Avira, atau Bitdefender?

Paket dan Harga

AVG memiliki versi gratis yang disebut AVG Antivirus FREE. Layanan ini juga memiliki AVG Internet Security, yang berisi sebagian besar dari fungsionalitas antivirus yang sebenarnya. Selain itu, ada AVG Ultimate, yang sesuai dengan namanya, merupakan paket paling unggul. Namun, fungsi-fungsi tambahan dalam paket ini utamanya berisi pembersih PC dan hal serupa, sehingga masuk kategori alat berguna dibanding fitur-fitur keamanan yang sebenarnya.

Sebelum masuk lebih dalam, kami telah menyediakan sebuah gambaran luas atas tiga versi fitur-fitur mereka bagi Anda pada tabel di bawah ini. Untuk setiap versi selanjutnya kami menyediakan fitur-fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh versi sebelumnya.

AVG AntiVirus FREE
(Fitur Dasar)
AVG Internet Security
(Fitur Tambahan)
AVG Ultimate
(Fitur Tambahan)
Perlindungan malware langsungFirewall tingkat lanjutPembersih PC
Firewall dasarTambahan lapisan perlindungan melawan ransomwarePengoptimalan startup
Pemindaian virusEnkripsi folder untuk melawan para pengintipAVG SecureVPN
Perlindungan untuk webcam Anda supaya tidak diakses pihak eksternalProfil baterai
Perlindungan dari pengambil alihan sistem oleh aplikasi yang tidak terpercayaFitur antitheft
Penyaring phishing dan spam
Perlindungan melawan situs-situs palsu (mencegah kebocoran DNS)

Paket-paket yang ditawarkan oleh AVG (lihat di bawah) termasuk versi gratis, begitu pun versi AVG Internet Security dan AVG Ultimate yang berbayar. Versi yang terakhir mencakup pembersih PC dan VPN. Oleh karena kedua fitur terakhir bukanlah standar dalam paket antivirus, kami memilih untuk mengulas AVG Internet Security dibanding AVG Ultimate. Selain itu, untuk persoalan VPN, kami rasa lebih baik untuk memilih penyedia spesialis VPN seperti ExpressVPN atau CyberGhost.

Ada satu fitur yang dimiliki beberapa pemindai virus, tapi tidak dimiliki AVG. Hal ini adalah pemindai kerentanan, yang memungkinkan Anda untuk mengenali titik-titik lemah di sistem Anda. Fitur ini berguna karena menyediakan perlindungan tambahan melawan peretas. Kemampuan untuk mengenali diri sendiri dengan tahu titik kerentanan juga merupakan manfaat tambahan.

AVG Internet Security dikenakan harga $89,99 untuk program langganan satu tahun. Jika Anda perlu melindungi lebih dari satu perangkat, program langganan untuk maksimum 10 perangkat juga tersedia dengan harga $119,99 per tahun. Tidak ada program langganan yang tersedia untuk jumlah perangkat yang lebih sedikit, tapi tentunya Anda tidak perlu menggunakan sepuluh perangkat.

Lihat tabel di bawah ini untuk mengetahui gambaran luas akan fitur-fitur yang dimiliki setiap paket dan harga mereka:

AVG features comparison

Catatan: Kelihatannya untuk alasan pemasaran, tapi AVG mengenakan cas harga yang berbeda jika Anda melakukan pembaharuan dari perangkat lunak gratis, dibanding saat Anda membeli perangkat lunak langsung dari situsnya. Selain itu, selama promosi diskon harga-harga bisa jadi sangat rendah, seperti yang bisa dilihat dari gambar di atas.

Ingin langsung berlangganan dengan salah satu paket AVG? Klik pada tombol di bawah ini untuk mengunjungi situs AVG.

Kunjungi AVG

Keamanan: kualitas antimalware dan fitur-fitur antivirus

VPNOverview menggunakan indeks kualitas untuk mengakses fitur-fitur keamanan dari program antivirus. Indeks ini berdasarkan rata-rata yang dipertimbangkan dalam hasil riset AV-Comparatives, sebuah agensi pengujian independen untuk perangkat lunak antivirus.

Perhitungan kami menunjukkan bahwa AVG mendapatkan nilai di atas rata-rata untuk urusan memblokir malware. Hanya 0,3% ancaman saat ujian yang berhasil melampaui perlindungan, sedangkan hasil rata-rata penyedia yang sudah diuji adalah 0,5%.

Meskipun begitu, tercatat 8 false positives, yang artinya bahwa file tidak berbahaya tertentu dikenali sebagai file berbahaya oleh AVG. Angka ini berada sedikit di bawah rata-rata yaitu 8,3. Alhasil, berkat nilai keamanan yang bagus dan digabung dengan angka false positives di sekitar rata-rata, AVG secara keseluruhan mendapat nilai keamanan yaitu 9,0.

Versi Gratis

Nilai AV-Comparatives untuk fitur-fitur keamanan dari versi gratisnya sama seperti versi yang berbayar. Perbedaan dari dua versi ini ada pada perlindungan lebih bagus yang disediakan oleh versi berbayar dalam melawan situs-situs palsu dan fitur keamanan tambahan yang ditawarkannya. Dalam kasus ransomware, contohnya, ini berarti bahwa file berbahaya perlu melampaui tantangan tambahan untuk bisa mengakses file Anda.

Privasi

Sayangnya, di akhir tahun 2019, menjadi jelas bahwa sebuah anak perusahaan Avast telah menjual jutaan data pengguna ke pihak ketiga. Anak perusahaan ini sejak saat itu telah dibubarkan dan Avast telah membuat beberapa janji untuk tidak lagi mengumpulkan atau menjual data non-esensial.

Namun, kami tidak sepenuhnya percaya akan permintaan maaf dan janji mereka untuk memperbaiki layanannya. Apa yang menghentikan perusahaan Ceko untuk melakukan trik yang sama, lalu meminta maaf sekitar lima tahun lagi karena telah melanggar privasi orang-orang? Kami tidak berasumsi bahwa hal serupa akan terjadi lagi, tapi tentunya hal tersebut mempengaruhi penilaian akhir kami. Nilai untuk kebijakan privasi AVG maka sayangnya adalah 3, sebagian karena skandal yang muncul di media baru-baru ini.

Kemudahan Penggunaan

AVG tersedia dalam bahasa Inggris, serta 23 bahasa lain. Layanan ini mendukung sistem operasi Windows, MacOS, Android, dan iOS.

Situs dan Perangkat Lunak

Situs AVG ramah konsumen. Saat mengunjungi situsnya, Anda langsung melihat tombol untuk mengunduh program antivirus yang gratis. Sedikit lebih sulit untuk menemukan versi berbayar, yang bisa diakses via menu di bagian sudut kanan atas layar. Hal ini menunjukkan, setidaknya pada saat pertama kali melihat, bahwa AVG utamanya ingin menarik perhatian pengguna dengan versi gratis mereka.

AVG Website Homepage

Setelah mengunduh alat pemasang, pemasangan AVG selanjutnya sudah jelas. Anda mengunduh alat pemasang dari www.avg.com, menekan pada alat pemasang dan pemasangan akan dilakukan dengan sendirinya. Jika Anda sudah memasang versi gratisnya, peningkatan ke versi berbayar dapat dilakukan dengan satu klik saja.

Lalu usai proses pemasangan, penggunaan perangkat lunaknya sangat intuitif. Fungsi program dapat diakses mulai dari layar awalnya, yang bekerja sebagai dashboard pusat. Dari situ Anda bisa melakukan pemindaian dan menekan beragam komponen AVG, termasuk perlindungan web dan email.

Sedangkan untuk versi gratisnya, oleh karena pertimbangan komersil, ada beberapa fitur yang mengganggu. Contohnya, pesan-pesan sering muncul tentang file fi komputer Anda yang mungkin beresiko. Jika Anda klik pesan tersebut, pop-up akan muncul di mana Anda bisa membeli versi berbayar:

AVG Upgrade Choose Your Subscription

Ini mungkin juga alasan mengapa produk berbayar AVG tidak ditampilkan di situs secara langsung. Namun, saat menggunakan versi gratis, Anda akan menemukan banyak kesempatan untuk berubah menggunakan program langganan yang berbayar.

Fungsionalitas Dasar

Versi gratis AVG menyediakan perlindungan malware langsung untuk PC Anda, serta kemampuan untuk melakukan pemindaian manual. Adapun firewall untuk browser dan koneksi internet Anda. Dashboard versi gratisnya terlihat seperti ini:

AVG Free dashboard

Banyak Kebebasan bagi Pengguna

Seperti yang dapat dilihat dari bagian abu-abu pada gambar di atas, versi berbayar memiliki perlindungan ransomware tambahan, serta firewall yang lebih maju untuk jaringan wireless. Lebih dari itu, versi berbayar memiliki fitur yang melindungi Anda dari aplikasi yang ingin mengambil alih kamera dan/atau mikrofon Anda.

Pemblokir spam dan phishing juga termasuk dalam layanannya, di samping adanya perlindungan melawan hijacking DNS. Hal yang terakhir ini mencegah pengguna dari menjadi korban situs-situs palsu saat sedang belanja online. Gambar dashboard versi berbayar tersedia di bawah ini:

Printscreen AVG dashboard paid

Anti-Ransomware

Fitur anti-ransomware AVG bekerja secara individual dalam melindungi folder-folder dari ancaman eksternal. Hal yang berguna dari fitur ini adalah bahwa perlindungannya aktif secara otomatis untuk semua folder. Dengan begitu, Anda tidak akan secara tidak sengaja melupakan sebuah folder. Namun, Anda juga bisa memilih untuk menentukan sendiri jika sebuah folder harus dilindungi atau tidak. Jadi, masih ada kemungkinan bagi Anda untuk melakukan apa saja yang Anda inginkan dengan file Anda. Jika tidak seperti ini, fitur tersebut bisa melampaui tujuannya dengan membatasi kebebasan Anda.

Anti Pengintip

Selain menghentikan ransomware yang ingin mengakses folder Anda, programnya juga memiliki fitur anti pengintip, yang melindungi data rahasia dari para pengintip. Ada pun sebuah fitur berguna untuk memberikan akses bagi aplikasi-aplikasi spesifik ke file-file tertentu. Dengan fitur ini Anda bisa memilih program mana yang bisa atau tidak bisa membuat perubahan terhadap file Anda. Jadi, jika Anda hanya ingin bisa membuka data identitas dengan aplikasi Office, Anda bisa menentukannya secara lebih rinci. Aplikasi lain akan ditolak aksesnya secara otomatis.

Layanan Pelanggan

Secara umum, layanan pelanggan AVG cukup mudah dijangkau. Namun, seberapa mudah layanan ini sebenarnya, tergantung Anda yang memiliki program langganan atau tidak. Anda juga perlu memasukkan beberapa rincian sebelum Anda diarahkan ke chat, yang tidak terkesan sangat ramah konsumen. Namun setelah Anda diarahkan ke chat, pertanyaan Anda terjawab dalam hitungan beberapa menit saja.

Berkat kombinasi solusi yang bagus dan sedikit gangguan, kami memberi AVG nilai 6,5 untuk layanan pelanggan.

Penilaian Terakhir untuk Kemudahan Penggunaan

Dalam aspek tingkat ramah konsumen, AVG merupakan produk dengan dua sisi berbeda. Di satu sisi, semua fungsi mudah digunakan dan ditemukan. Perangkat lunaknya juga indah dilihat, berkat rancangannya yang bagus, dan layanan pelanggannya cukup baik. Di sisi lain, pop-up dan pesan komersil bisa sedikit mengganggu. Maka dari itu kami memberi AVG cukup nilai 7,0 untuk kemudahan penggunaannya.

Kecepatan dan Muatan Sistem

Di versi gratis, smart scan membutuhkan waktu kurang dari satu menit. Dalam kasus kami, pemindaian lengkap membutuhkan 11 menit dan 40 detik. Namun, kecepatan dari pemindaian lengkap biasanya tergantung pada jumlah data di dalam hard drive Anda. Pada dasarnya, semakin banyak file yang Anda miliki di hard drive maka semakin banyak file yang perlu dipindai. Kekurangannya adalah tidak ada bar progress untuk pemindaian, fitur yang sering kali disediakan pada pemindai virus lainnya.

Selain keamanan, pengalaman pengguna tentunya penting. Kami telah membahas kemudahan penggunaan perangkat lunaknya, tapi jumlah sumber daya PC yang digunakan oleh perangkat lunak juga relevan. Akan sangat mengganggu jika program antivirus memperlambat komputer Anda sampai pada titik di mana perangkat tidak bisa lagi digunakan.

Saat AVG bekerja di belakang, perangkat lunaknya menggunakan sumber daya sistem yang sangat kecil. Penggunaan prosesor dibulatkan menjadi 0%, ditto untuk hard disk. Penggunaan RAM maksimal sekitar 180 MB, hal yang masuk akal. Akibatnya, saat AVG diam (penggunaan pasif), Anda sulit menyadari keberadaannya di belakang perangkat.

Selama pemindaian, penggunaan prosesor mencapai sekitar 10%, dengan beberapa pemuncakan setinggi 14%. Penggunaan RAM kurang lebih sama, tapi penggunaan disk naik drastic. Hal ini masuk akal, tentunya, karena file di hard drive sedang dipindai untuk mencari virus.

Singkatnya, AVG telah menggabungkan durasi pemindaian yang luar biasa dengan masalah minimal saat bekerja di belakang perangkat Anda. Namun, kurang jelas sebenarnya apa yang dipindai. Maka hasil nilainya 8 untuk kecepatan dan performa AVG.

Perbedaan dan Persamaan Performa Antara Versi yang Berbeda

Penggunaan sumber daya lebih tinggi di versi berbayar dibanding versi gratis, hal yang masuk akal, karena ada beberapa fungsi tambahan yang bekerja di versi berbayar. Durasi pemindaian versi berbayar AVG dapat dibandingkan dengan yang versi gratis.

Perangkat lunak versi gratis dan kemudahan penggunaannya pada dasarnya sama seperti versi berbayar. Satu-satunya perbedaan adalah fitur-fitur tertentu tidak tersedia untuk versi gratis karena Anda perlu membayar untuk hal-hal tersebut. Singkat kata, perbedaan antara versi gratis dan versi berbayar tidak terlalu banyak. Bahkan pop-up untuk upgrade juga masih ada saat menggunakan versi berbayar, karena ada banyak fitur-fitur tambahan lain yang bisa Anda beli.

Penilaian: Keseluruhan

AVG memiliki sejumlah kelebihan yang jelas, tapi juga beberapa kekurangan. Lihat tabel di bawah ini untuk mendapat gambaran luasnya:

KelebihanKekurangan
Paket lengkap AVG menawarkan perlindungan penuh dengan banyak ragam fiturTerus-menerus muncul pop-ups yang sangat mengganggu
Versi gratis juga menyediakan perlindungan yang luar biasaAVG menjual data pengguna ke pihak lain
Perangkat lunak AVG sangat ramah konsumenMenghubungi layanan pelanggan perlu usaha yang banyak

Untuk penilaian keseluruhan, kami telah menggabungkan semua nilai untuk keamanan (sebesar 0,5), kecepatan dan muatan sistem (sebesar 0,2), privasi (sebesar 0,1), kemudahan penggunaan (sebesar 0,1) dan layanan pelanggan (sebesar 0,1). Jika nilai privasi Avast dan AVG lebih bagus, nilainya mungkin sudah di atas 8, tapi pada akhirnya, nilai yang didapat adalah 7,8. Rangkuman nilainya ada di bawah ini:

  • Keamanan: 9
  • Kecepatan dan muatan sistem: 8
  • Privasi: 3
  • Kemudahan penggunaan: 7
  • Layanan pelanggan: 6,5
  • Keseluruhan: 7,8

Terpukau dengan fitur-fitur dan kualitas AVG, dan ingin langsung berlangganan? Klik tombol di bawah ini untuk mengunjungi situs AVG.

Kunjungi AVG
AVG Antivirus – FAQs

Punya pertanyaan yang butuh jawaban cepat dan jelas? Lihat FAQ di bawah ini dan masalah Anda mungkin akan cepat terselesaikan.

AVG tersedia dalam tiga paket yang berbeda, AVG Anti-Virus FREE, AVG Internet Security seharga $89,99 per tahun dan AVG Ultimate seharga $119,99 per tahun.

Catatan: Untuk alasan pemasaran dan guna menganjurkan Anda agar melakukan upgrade, AVG kelihatannya menerapkan harga yang berbeda jika melakukan upgrade dari versi gratis dibanding harga yang tersedia di situs. Sering kali ada juga diskon untuk pembeli pertama kali, untuk tahun pertama saja, seperti yang bisa dilihat dari gambar di artikel ini.

Di Windows 10, AVG bisa dihapus dengan cara berikut:

  1. Klik kanan tombol “Start” di sudut kiri bawah layar Anda untuk membuka menu konteks
  2. Pilih “Apps and Features”
  3. Layar “Apps and Features” terbuka
  4. Pilih AVG Antivirus FREE atau AVG Internet Security atau AVG Ultimate
  5. Klik kanan “Uninstall”

Untuk Mac, AVG dapat dihapus dengan tahap-tahap ini:

  1. Buka AVG
  2. Di bar menu pada bagian atas layar Anda, klik AVG Antivirus atau AVG Internet Security
  3. Klik “Uninstall AVG Antivirus” atau “Uninstall AVG Internet Security”
  4. Klik “Uninstall”
  5. Masukan rincian akun Anda
  6. AVG dihapus

Ya, AVG Antivirus FREE adalah versi gratis dari penyedia ini. Paketnya menyediakan perlindungan dasar untuk melawan virus dan malware. Anda juga bisa melakukan upgrade dari versi gratis ke versi berbayar, yaitu AVG Internet Security.

Jurnalis seputar teknologi
Nathan adalah seorang jurnalis dengan pengalaman pelatihan internasional dan tertarik dengan upaya pencegahan cybercrime, khususnya jika melibatkan kelompok yang riskan menjadi korban. Di VPNoverview.com, Nathan melakukan riset perihal keamanan cyber, sensor internet, dan privasi online.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar