CyberGhost vs Surfshark: Penyedia Mana yang Lebih Bagus Dipilih?

CyberGhost vs Surfshark Featured
Klik di sini untuk melihat rangkuman artikel ini
CyberGhost vs Surfshark: Rangkuman

Jika Anda masih ragu pilihan VPN yang lebih bagus di antara CyberGhost dan Surfshark, ada baiknya untuk melihat kelebihan dan kekurangan mereka secara bersamaan. Kami telah membandingkan dua penyedia ini menggunakan beragam kategori. Kategori yang termasuk adalah kecepatan, keamanan, privasi, harga, kemudahan penggunaan, dan layanan pelanggan. Pemenang dari setiap kategori telah kami tampilkan di bawah ini:

  • Keamanan: Surfshark
  • Kecepatan: Surfshark
  • Privasi: Surfshark
  • Harga: CyberGhost
  • Kemudahan penggunaan: Surfshark
  • Layanan Pelanggan: Surfshark

Seperti yang bisa Anda lihat, Surfshark unggul hampir di semua kategori. Klik tombol di bawah untuk mengakses situs Surfshark.

Di bawah ini, Anda bisa membaca lebih banyak tentang karakteristik khusus dari kedua penyedia VPN dan perbandingan mereka.

Dalam artikel ini, kami membandingkan CyberGhost dan Surfshark. Kedua VPN mudah digunakan dan cocok untuk streaming Netflix, contohnya, atau mengunduh torrent. Namun mana pilihan yang lebih bagus?

CyberGhost atau Surfshark: Fungsionalitas, Fitur dan Pilihan Tambahan

Di bawah ini, kami lebih mendalami fitur-fitur spesifik dari masing-masing VPN dan menjelaskannya pada gambaran luar kedua penyedia VPN di bawah ini.

FiturCyberGhostSurfshark
Server6.800+ server di 89 negara3.200+ server di 65 negara
Kemampuan torrent/P2P
Netflix
Koneksi simultan7Tidak ada batas
Sistem operasiWindows, Mac, iOS, Android, LinuxWindows, Mac, iOS, Android, Linux
ProtokolOpenVPN, IKEv2/IPsec, WireGuardOpenVPN, IKEv2/IPsec, WireGuard, Shadowsocks (proxy)
HargaMulai $2,25 per bulanMulai $2,49 per bulan
Kebijakan loggingTidak ada logTidak ada log
Garansi uang kembali45 hari30 hari
Uji kebocoran DNS
Tor over VPN
Server yang digelapkan
VPN ganda
IP dedicated
Tombol mati daya
Split tunneling
Adblocker
Server diskless
Pemblokir situs berbahaya
Pemblokir pelacak online
Server beralamat IP statis
Mesin pencarian anonim
Notifikasi kebocoran email
Automated HTTPS redirect
Pilihan pemadatan data
Tautan ke situsKunjungi CyberGhostKunjungi Surfshark

Di bawah ini, Anda akan menemukan penjelasan singkat tentang fitur-fitur yang disebutkan di atas:

  • Server: Menunjukkan jumlah server VPN yang tersedia.
  • Kemampuan torrent/P2P: Jika dicontreng, artinya penyedia VPN memungkinkan pengguna untuk mengunduh torrent via jaringan VPN mereka.
  • Netflix/Streaming: Mengindikasikan jika VPN tersebut bekerja dengan Netflix Amerika.
  • Koneksi simultan: Menjelaskan jumlah perangkat yang dapat Anda hubungkan dengan VPN tersebut secara bersamaan di satu program langganan. Surfshark tidak memiliki batasan.
  • Sistem operasi: Mengindikasikan sistem operasi apa yang sesuai dengan VPN tersebut.
  • Protokol: Ini adalah enkripsi VPN.
  • Harga: Menjelaskan harga bulanan dari program langganan termurah yang ditawarkan oleh masing-masing penyedia VPN.
  • Kebijakan logging: Mengindikasikan jika penyedia VPN tersebut melacak data tertentu dari Anda atau tidak.
  • Garansi uang kembali: Menyatakan periode waktu di mana Anda masih bisa meminta kembali uang Anda jika memilih untuk membatalkan program langganan. Mohon diingat bahwa periode waktu ini bisa lebih singkat jika Anda membeli program langganan satu bulan saja.
  • Uji kebocoran DNS: Menjelaskan jika VPN tertentu memiliki fungsi uji kebocoran DNS. Fungsi ini memungkinkan Anda untuk memastikan jika alamat IP Anda sedang bocor.
  • Tor over VPN: Jika penyedia tersebut memiliki Tor over VPN, ini mengindikasikan bahwa penyedia tersebut menyediakan server khusus yang bagus digunakan dengan browser Tor.
  • Server yang digelapkan: Digelapkan artinya tersembunyi. Jika sebuah penyedia VPN memiliki server jenis ini, Anda dapat mengakses internet yang bebas bahkan saat berada di negara yang rezim pemerintahnya sangat ketat.
  • VPN ganda: Jika penyedia VPN memiliki server VPN ganda, Anda bisa terhubung dengan dua server VPN sekaligus. Hal ini mempersulit seseorang untuk mengetahui alamat IP dan lokasi asli Anda.
  • IP dedicated: Alamat IP dedicated adalah alamat IP yang digunakan hanya oleh pengguna tunggal. Jika VPN memiliki pilihan ini, maka Anda bisa meminta IP statis untuk penggunaan pribadi, sering kali membutuhkan biaya tambahan.
  • Tombol mati daya: Menunjukkan jika VPN tertentu memiliki tombol berhenti darurat. Dengan fitur ini, jika VPN mengalami malfungsi, akses internet Anda akan terhenti (sementara) sehingga data Anda akan tetap aman.
  • Split tunneling: Jika sebuah penyedia VPN memiliki split tunneling, Anda bisa mengatur aplikasi apa saja yang akan terhubung ke internet melalui VPN.
  • Adblocker: Mengindikasikan jika VPN tersebut memiliki fungsi adblocker sendiri.
  • Server diskless: Apakah VPN tersebut memiliki server diskless? Jika ya, jaringan VPN tersebut menggunakan server RAM diskless yang tidak bisa menyimpan data apapun.
  • Pemblokir situs berbahaya: Dengan pilihan ini, VPN tersebut dapat memblokir akses ke situs-situs berbahaya.
  • Pilihan custom DNS: Apakah fitur ini dicontreng? Maka VPN tersebut memungkinkan Anda untuk memasang DNS records Anda sendiri.
  • Pemblokir pelacak online: VPN yang memiliki fitur pemblokir pelacak online dapat memblokir pelacak yang ada di situs-situs tertentu.
  • Server beralamat IP statis: Surfshark memiliki server dengan alamat IP tetap. Namun sayangnya, server ini digunakan bersama dengan pengguna lain.
  • Mesin pencarian anonim: Surfshark menawarkan mesin pencarian anonim mereka sendiri.
  • Notifikasi kebocoran email: Surfhsark memiliki fungsi notifikasi yang akan memperingatkan Anda jika alamat email Anda telah bocor. Hal ini bekerja mirip dengan situs haveibeenpwned.
  • Automated HTTPS redirect: fungsi automated HTTPS redirect memastikan bahwa Anda secara otomatis akan terhubung ke versi HTTPS dari sebuah situs, bukannya versi HTTP.
  • Pilihan pemadatan data: Pilihan ini dapat mengurangi penggunaan data Anda dengan memadatkan gambar-gambar tertentu saat sedang browsing.

CyberGhost vs Surfshark: VPN Mana yang Lebih Aman?

Keamanan dari penyedia VPN dapat dirangkum menjadi beberapa poin: protokol yang ditawarkan, jenis server yang digunakan dan pilihan tambahan yang dimilikinya, seperti kemampuan untuk memblokir pelacak online dan hal lainnya.

  • CyberGhost dan Surfshark sama-sama menawarkan OpenVPN, IKEv2/IPsec dan WireGuard sebagai protokol VPN. WireGuard dikatakan akan menjadi protokol terbaik yang baru, namun saat ini masih dalam fase pengembangan.
  • Shadowsocks tersedia sebagai “protokol” dengan Surfshark, namun hal ini hanyalah proxy. Proxy digunakan di negara-negara yang melarang penggunaan VPN. Sayangnya, Surfshark tidak menjelaskan dengan baik tentang hal ini dalam aplikasi mereka, sehingga menjadi sedikit kekurangan karena Anda akan mengira bahwa Shadowsocks adalah protokol layaknya yang lain.
  • Kedua penyedia ini menggunakan enkripsi 256-bit. Lebih dari itu, tombol mati daya tersedia di dua penyedia ini yang akan mematikan koneksi internet saat koneksi VPN tiba-tiba terputus.
  • Surfshark, berbeda dari CyberGhost, memiliki fitur VPN ganda. Surfshark juga memiliki beberapa fungsionalitas tambahan untuk lebih melindungi privasi Anda. Contohnya, notifkasi yang akan muncul jika kata sandi atau data Anda yang lain terancam atau kemungkinan diretas. Namun, hal yang terakhir itu bukanlah perbedaan yang penting karena Anda juga bisa memeriksa kebocoran email dengan situs-situs seperti haveibeenpwned. Selain itu, Surfshark memiliki server RAM diskless yang tidak menyimpan data apapun.
  • Saat ini, CyberGhost tidak bekerja di Cina karena penggunaan VPN di sana diblokir. Selan itu, CyberGhost memperlihatkan informasi terkait perangkat tempat VPN dipasang pada bagian halaman akun. Contohnya, Anda bisa melihat jika VPN Anda telah dipasang di smartphone atau desktop, dan tipe smartphone atau desktop yang digunakan. Informasi seperti ini sangat sensitif untuk privasi, dan alhasil kami percaya bahwa memperlihatkan informasi seperti itu tidak bagus untuk keamanan.

Pada dasarnya, kami melihat adanya perbedaan yang jelas antara CyberGhost dan Surfshark dalam aspek keamanan. Kedua penyedia ini sangat aman, namun Surfshark tidak melacak jenis perangkat yang Anda pasangkan VPN. Menurut kami, hal ini memberikan keunggulan bagi Surfshark.

Unggul soal keamanan: Surfshark

VPN Provider vs Provider Winner Security Banner Surfshark


CyberGhost vs Surfshark: Penyedia Mana yang Unggul Soal Kecepatan?

Untuk memandingkan kecepatan, kami telah melakukan uji kecepatan terhadap dua penyedia ini. Namun sebelumnya kami telah menguji koneksi internet kami sendiri tanpa VPN untuk dijadikan sebagai tolak ukur dasar. Berikut gambar berisi kecepatan koneksi kami sebagai tolak ukur.

Speedtest no VPN

Kami lalu menguji server internasional dan lokal milik CyberGhost dan Surfshark. Tabel di bawah ini berisi gambaran luas akan hasilnya dan nilai terbaik adalah yang ditebalkan.

Metrik kecepatanCyberGhostSurfshark
Kecepatan pengunduhan server lokal (Mbps)441.67381.40
Kecepatan pengunggahan server lokal (dalam Mbps)214.62265.15
Ping server lokal4 ms4 ms
Kecepatan pengunduhan server internasional (dalam Mbps)122.07372.46
Kecepatan pengunggahan server internasional (dalam Mbps)17.3019.02
Ping server internasional78 ms78 ms

Hasilnya menunjukkan bahwa Surfshark dan CyberGhost sangat cepat. Dibandingkan dengan VPN lain, dua penyedia ini termasuk dalam daftar VPN yang paling cepat, dan tidak ada perbedaan besar dengan yang lain. Surfshark lebih cepat saat menggunakan server internasional dan CyberGhost lebih cepat dengan server lokal. Meskipun begitu, kami melihat dari hasilnya bahwa CyberGhost jauh lebih cepat dibandingkan CyberGhost saat terhubung ke server internasional. Maka, kami memberi keunggulan bagi Surfshark untuk aspek kecepatan.

Unggul soal kecepatan: Surfshark

VPN Provider vs Provider Winner Speed Banner Surfshark


CyberGhost vs Surfshark: Bagaimana Cara Penyedia VPN Menjamin Privasi Pengguna?

Selain aspek kecepatan, penting pula bahwa data pribadi Anda tidak jatuh ke tangan pihak ketiga karena penyedia VPN. Apakah kedua penyedia VPN ini menyimpan log, dan jika ya, apa yang dilakukan dengan data tersebut?

CyberGhost

  • CyberGhost tidak menyimpan log apapun. Namun, penyedia ini menyimpan data anonim untuk meningkatkan jasa VPN mereka. Contohnya, jika perusahaan mengetahui seberapa sering server mereka digunakan maka pihak perusahaan bisa menghindari masalah overloading.
  • CyberGhost sesekali mengeluarkan sebuah “laporan transparansi”. Laporan ini melihat seberapa sering CyberGhost mendapatkan permintaan dari pihak lain untuk mengakses data pribadi para pengguna mereka. Laporan ini menunjukka bahwa CyberGhost tidak menyediakan informasi tersebut saat diminta, bahkan mereka tidak menghiraukan permintaan dari agensi pemerintah.
  • Untuk setiap program langganan Anda, CyberGhost menunjukkan jenis perangkat yang Anda gunakan untuk memasang VPN di bagian halaman akunnya.

Surfshark

  • Surfshark juga tidak menyimpan log apapun. Namun, Surfshark menyimpan data anonim yang membantu peningkatan kualitas perangkat lunaknya. Lebih dari itu, seperti CyberGhost, Surfshark juga menggunakan data tersebut untuk menentukan seberapa sibuk server-server mereka.
  • Surfshark telah berpindah ke jaringan server diskless. Ini artinya tidak ada data pengguna yang disimpan di server mereka karena data hanya akan ada sementara dalam bentuk RAM.

Fakta bahwa CyberGhost tidak menggunakan server diskless memberikan kami alasan untuk memberi keunggulan dalam aspek privasi kepada Surfshark. Lebih dari itu, meskipun CyberGhost mengatakan bahwa pihaknya tidak menyimpan log apapun, masih terbayang kemungkinan bahwa mereka tetap menyimpan data.

Unggul soal privasi: Surfshark

VPN Provider vs Provider Winner Privacy Banner Surfshark


CyberGhost vs Surfshark: Penyedia Mana yang Biayanya Paling Sedikit?

Surfshark dan CyberGhost sering kali dipilih berkat harga mereka yang sangat murah. Mohon untuk melihat tabel di bawah ini untuk mengetahui perbandingan harganya (Anda bisa melihat penawaran harga per bulan).

LanggananCyberGhostSurfshark
1 bulan$12,99$12,95
6 bulan$6,49
Program 1 tahun$3,99
Program 2 tahun$3,49$2,49
Program 3,25 tahun (39 bulan)$2,25

Mohon dicatat: bahwa harganya berubah berdasarkan penawaran yang tersedia.

Unggul soal harga: CyberGhost

VPN Provider vs Provider Winner Price Banner CyberGhost


CyberGhost vs Surfshark: Mana yang Lebih Mudah Digunakan?

Ulasan kami sebelumnya tentang CyberGhost dan Surfshark telah menunjukkan bahwa kedua penyedia ini memiliki tingkat kemudahaan penggunaan yang baik. Apa yang berbeda di antara mereka?

  • Untuk menemukan daftar server CyberGhost, Anda perlu membuka sepenuhnya membuka perangkat lunak mereka. Biasanya, daftarnya berada di taskbar (menurut kami ini menganggu), namun Anda perlu ‘membesarkan’ window browser supaya bisa melihat daftar yang berisi semua server CyberGhost. Dengan Surfshark, daftar server langsung terlihat dan jauh lebih mudah untuk ditemukan.
  • Situs Surfshark dan CyberGhost sama-sama memiliki pusat informasi tempat Anda bisa menemukan informasi terkait fungsi-fungsi yang ditawarkan oleh VPN tersebut. Ada juga manual untuk fungsi-fungsi tersebut. Situs Surfshark dapat digunakan dengan baik dan up to date. Namun, di situs CyberGhost, kami menemukan beberapa informasi yang sudah tidak lagi relevan.
  • Pada prinsipnya, proses pemasangan aplikasi dari kedua VPN ini mudah dan sangat sederhana.

Gambar tampilan perangkat lunak CyberGhost dan Surfshark tersedia di bawah ini.

Screenshots CyberGhost and Surfshark Software

Unggul soal kemudahan penggunaan: Surfshark

VPN Provider vs Provider Winner Ease of Use Banner Surfshark


Layanan Pelanggan: Bagaimana Cara Penyedia Menangani Masalah Anda?

Tentunya masalah dapat timbul yang tidak bisa Anda selesaikan hanya dengan melihat informasi di situs penyedia VPN. Bagaimana cara layanan pelangganan CyberGhost dan Surfshark merespon hal ini?

  • Baik CyberGhost maupun Surfshark sama-sama memiliki perwakilan layananan pelanggan yang bisa Anda tanyakan pertanyaan via fitur live chat. Kami dengan cepat dapat terhubung dengan seorang staff saat kami bertanya.
  • Staff Surfshark menjawab secara jelas dan juga berpengetahuan. Hal yang sama dengan staff CyberGhost, namun staffnya tidak tahu akan adanya informasi yang sudah tidak relevan di halaman helpdesk mereka. Fakta bahwa kami harus memberi tahu hal ini ke staff mereka bukanlah nilai plus.
  • Dengan kedua penyedia ini, layanan pelanggan hanya tersedia dalam bahasa Inggris.
  • Pusat bantuan online dari kedua penyedia VPN ini berguna, namun Surfshark sedikit lebih up to date.

Unggul soal Layanan Pelanggan: Surfshark

VPN Provider vs Provider Winner Customer Service Banner Surfshark


Keputusan Akhir Kami: Kapan CyberGhost Pilihan yang Lebih Baik dan Kapan Surfshark Lebih Baik?

Perbandingan kami menunjukkan bahwa Surfshark memiliki keuntungan atas CyberGhost dalam semua kategori.

Mohon melihat gambaran luas di bawah ini untuk melihat VPN yang unggul di setiap kategori:

  • Keamanan: Surfshark
  • Kecepatan: Surfshark
  • Privasi: Surfshark
  • Harga: CyberGhost
  • Kemudahan penggunaan: Surfshark
  • Layanan Pelanggan: Surfshark

Jika kami harus memilih pemenang umum, kami akan memilih Surfshark (tentunya). Ingin berlangganan dengan salah satu dari dua penyedia VPN ini? Maka, lihat kotak di bawah ini untuk mengakses situs Surfshark atau CyberGhost.

Surfshark
Penawaran:
Internet aman dan anonim hanya dengan modal $2,30 per bulan
Dari
$2.30
9.0
  • Sangat ramah konsumen serta bisa bekerja dengan Netflix dan torrent
  • Garansi 30 hari uang kembali. Tanpa syarat tambahan!
  • Harga murah dengan banyak pilihan tambahan
Kunjungi Surfshark
CyberGhost
Penawaran:
Coba CyberGhost seharga $1.99 per bulan!
Dari
$1.99
8.8
  • Sangat ramah konsumen
  • Kualitas tinggi dengan harga rendah
  • Torrent dan Netflix bisa bekerja
Kunjungi CyberGhost

Ingin melihat perbandingan VPN yang lain? Klik salah satu tautan di bawah ini:

Jurnalis seputar teknologi
Ronella selalu memikirkan cara supaya kita dapat membuat lingkungan digital yang seaman mungkin. Perkembangan digital yang baik juga berarti kita dihadapkan dengan isu-isu keamanan baru. Maka, Ronella ingin menciptakan kesadaran yang lebih tinggi tentang keamanan cyber dan menarik perhatian orang perihal resiko dan perangkap yang sebaiknya dihindari.
Kumpulkan sebuah komentar
Kumpulkan sebuah komentar